Selasa, 27 November 2012

Kejepit resleting pada kemaluan anak laki-laki ...siapa takut

Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB | Kemaluan anak terjepit resleting | Sering karena terburu-buru kepingin buang air kecil khususnya pada anak-anak yang belum di sunat , dimana kulit preputium atau sering di sebut kulub terjepit diantara risleting yang menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa , bisa sampai menjerit kesakitan.atau bahkan waktu menutup atau menaikkan resleting setelah buang air.




Pernah beberapa kali kami menjumpai anak kecil yang dibawa ke igd dengan keluhan kejepit kulit kemaluan pada resleting dengan kondisi risleting yang sudah di potong dan menempel pada kemaluan . Bahkan ada yang saking paniknya orang tua pasien menggotong celana anaknya juga.Lalu dengan muka cemas mengharap segera di tolong untuk dilakukan tindakan apakah mesti di operasi dengan pembiusan ditidurkan atau di bius lokal.

Setelah dilaporkan oleh perawat jaga , saya langsung melihat pasiennya dan menanyakan apakah terjepit risletingnya sewaktu mau pipis atau setelah pipis.Karena ini perlu di tanyakan kenapa untuk memastikan keputusan tindakan yang akan di lakukan.Dari pengalaman penulis bahwasanya jepitan tersebut lebih sering terjadi sewaktu membuka risleting karena terburu-buru.

Satu kesalahan yang sering dilakukan orang tua atau penolong di lokasi kejadian atau di rumah adalah berusaha memaksa untuk membuka risleting tersebut kearah bawah , sudah pasti sulit dan tidak bisa karena jepitan akan semakin keras seiring juga denga tangisan dan jeritan sang anak.Dan jika pasiennya tampak tenang kita bisa kembali menutup risleting tersebut kearah atas dengan perlahan dan jepitan akan lepas dengan sendirinya.Umumnya anak laki-laki tanggung akan meronta-ronta kesakitan dan akan semakin sulit jika kita mesti melakukan pembiusan lokal.

Jadi dari beberapa kali kasus seperti ini yang penulis tangani dan bantu semuanya tanpa memaerlukan pembiusan baik umum atau lokal.Karena itu memakan waktu dan biaya so...jangan panik pastikan anak anda mengalami jepitan sewaktu membuka atau menutup . Jika sewaktu membuka kembali tutupkan risleting tersebut.dan begitu juga sebaliknya jika sewaktu mau menutup , tarik kembali risleting ke arah bawah .

Pemberian minyak dan pelicin itu sah-sah saja namun prinsip utama yang perlu dilakukan adalah menanyakan
arah tarikan risleting sebelum menjepit kulit kemaluan.

Demikian semoga ini bisa membantu anda dalam keadaan panik menghadapi kasus seperti ini , selamat mencoba.

keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , cara melepas jepitan risleting pada kulit kemaluan , risiko terburu-buru membuka risleting celana , jepitan risleting pada kemaluan anak laki-laki,terjepit risleting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..