Sabtu, 10 November 2012

Amniotic membrane , sebagai pilihan pengganti tandur kulit pada luka granulasi.

ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | amniotik membrane | suatu alat atau bahan pengganti tandur kulit atau skin graft yang di buat dari amnion placenta yang di olah dan di proses oleh ahli ahli nasional yang berasal dari rs dr sutomo surabaya . Ini merupakan suatu alternatif yang cukup baik dan prospek kedepannya . Hanya saja perlu penelitian yang lebih banyak dan bukti-bukti yang lebih terbarukan tentang hasilnya.


Namun bagai manapun saya selaku praktisi di bidang kesehatan dan kedokteran sangat berbangga hati masih ada product anak bangsa kita yang berani membuat terobosan-terobosan seperti ini.berpikir produktif bukan konsumptif yang selama ini kerap dilakukan oleh indonesia ini...

Jika selama ini kita untuk menutup luka bekas operasi yang luas tidak bisa melakukan penutupan langsung maka kita akan mengambil tandur kulit atau skin graft dari paha penderita baik tandur yang tipis atau maupun agak tebal.Jika ingin mengambil full tandur kulit maka diambil dari daerah kulit yang kendur seperti daerah lipat paha.

Jadi jika masa tumor besar sehingga kemungkinana untuk menutup diperlukan tandur kulit maka daerah paha penderita telah di persiapkan sebelum operasi dilakukan misalnya mesti di kompres alkohor dan di persiapkan mencukur bulu kaki  dan lain sebagainya.Lalu alan untuk skin graft juga harus di siapkan seperti pisau khusus humbi knife guna mengambil tandur kulit. Pisau humbi ini biasanya di rumah sakit besar tersedia tapi kalau di perifir agak sulit dijumpai.Keunggulan pisau ini dapat di kendalikan ketebalan kulit yang akan di ambil.

Kemudian setelah kulit di dapat lalu di perlebar dengan membuat lobang atau rongga - rongga sehingga luas permukaan kulit makin luas . Permasalahan lain yang timbul akibat ini adalah bekas luka dan nyeri yang akan timbul setelah pengambilan tandur kulit. Ini juga merupakan problem yang mengincar.



Amniotic membrane tersebut juga dapat sebagai pengganti tandur kulit pada luka yang telah mengalami granulasi , sehingga luka cepat menyembuh dan tidak terjadi regangan atau tarikan kulit.

Amniotic membrane ini tersedia dalam berbagai ukuran dan harganya bervariasi dari lima puluh ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah.

Keberadaan amniotic membrane ini jika memberikan hasil yang baik akan mengurangi cost , mengurangi lamanya operasi , dan mengurangi nyeri dan bekas luka yang timbul akibat operasi.sangat bermanfaat bukan..semoga penemuan ini sangan membantu untuk masyarakat indonesia dan dunia ..semoga.

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | amniotik membrane | membran untuk skin graft | pengganti skin graft | tandur kulit buatan | tandur kulit murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..