Minggu, 25 November 2012

Mengenal bentuk-bentuk gangren diabetik pada kaki

Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB | bentuk-bentuk gangren diabetik | perlu bagi kita untuk memahami beberapa bentuk diabetik pada kaki atau lazim di sebut diabetic foot.mulai dari ulkus , kelainan bentuk sendi kaki dan gangrene kering dan basah.Dengan memahami bentuk fisik luka pada kaki dapat lebih di pahami apa yang harus di jaga dan dilakukan terhadap kaki penderita diabetik selain mengontrol luka .






Ulkus diabetik merupakan ulkus yang timbul akibat kurang baiknya aliran pembuluh darah perifer karena dibetes yang di alami penderita dengan atau tanpa disertai infeksi

Seyogyanya penderita diabetes sekitar 15 % akan berlanjut dengan kejadian ulkus di kaki , dan mesti mendapat perawatan yang baik dan serius so.. tentunya pasien seperti ini perlu dirawat inap di rumah sakit atai di rawat oleh petugas kesehatan terlatih di rumah.

Kondisi ini mau tidak mau menjadi permasalahan biaya yang serius , sebab biaya pengobatan akan terus berlangsung sampai penyakit reda atau membaik di satu sisi , dan disisi lain penderita sulit  bekerja atau tidak produktif untuk jangka waktu tertentu.

sendi Charcot's




Secara garis besar ulkus pada kaki penderita diabetes di bagi atas :

1. Ulkus DM yang terdiri dari :

    a. Ulkus yang terjadi karena sumbatan aliran darah


Ulkus DM arteriosclerotik

Dengan perawatan yang baik ulkus pada kaki penderita diabees akan menyembuh dengan sendirinya hanya saja gula darah penderita ini juga harus di kontrol.


    b. Ulkus yang terjadi karena gangguan sensasi syaraf


Ulkus DM neuropatik

Penderita ulkus dm neuropatik , terjadi karena penderita sudah kehilangan sensori terutama di telapak kakinya sehingga jika terinjak benda tajam atau panas sudah tidak di rasa oleh penderita , dan tiba-tiba kaki penderita sudah luka dan berbau tidak sedap.Terhadap penderita seperti ini pencegahan untuk terjadinya kemungkinan luka yang tidak di ketahui , maka penderita harus memakai alas kaki kemana , mana dan menjaga diri sebaik-baiknya dari kemungkinan luka atau terjatuh , kecelakaan dan lainnya.

    c. Ulkus yang terjadi karena gabungan keduanya




Kombinasi sklerotik dengan neuropatik



2. Sendi charcot's / kerusakan sendi kaki

    Sudah ditampilkan di atas tadi gambarnya.

3. Gangren DM terdiri dari :


    a. Gangrene kering (  dry gangrene )


Untuk kasus seperti ini sebaiknya tindakan amputasi tidak bisa ada choice lain. karena jaringan mati sudah tidak mungkin membaik lagi atau jika di biarkan berjalan lebih lama akan terjadi auto amputasi alias bagian yang hitam akan copot dengan sendirinya.

    b. Gangrene basah (  wet gangrene )


Pada kasus seperti ini masih ada tempat untuk perawatan luka dengan telaten dan rutin sampai terbentuk jaringan granulasi dan menutup secara primer atau dengan bantuan tandur kulit. hanya saja perlu spare waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih besar tentunya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..