Minggu, 14 April 2013

Kapan sebaiknya pasien cedera kepala di lakukan CT- Scan kepala ??? part 1

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Cedara kepala | merupakan rudapaksa pada kepala dengan gaya yang datang dari arah manapun.Selama ini petugas yang bertugas di IGD sering ragu terutama pada rumah sakit yang ada fasilitas CT - Scanning . Begitu juga bagi dokter pemberi pelayanan primer baik di klinik maupun di Puskesmas dan praktek-praktek pribadi , kerap terjadi keraguan apakah kasus ini mutlak harus di kirim atau di rujuk ke rumah sakit dengan fasilitas CT - Scan ? Ada beberapa indikasi yang bisa jadi pertimbangan kita sebelum melakukan Head CT - scan pada pasien- pasien yang mengalami cedera kepala .





Beberapa indikator yang mesti jadi pertimbangan untuk dilakukan head CT - Scan pada cedera kepala :

1. Pasien dengan sakit kepala hebat jika di hitung dengan VAS harus di atas 6

2. Pasien dengan penurunan kesadaran GCS 13 kebawah

3.Pasien dengan muntah proyektil hebatdan berulang.

4. Pasien dengan riwayat pingsan lalu sadar dan kemudian kembali pingsan

5. Pasien dengan serangan kejang-kejang setelah kecelakaan

6.Pasien dengan luka terbuka dengan teraba dan tampak patah/pecah pada tulang tengkorak kepala

Bagi yang akan melakukan konsultasi atau bertanya di postingan ini harap di lakukan pada postingan part 2 dengan judul yang sama pada blog ini ....karena kolom konsultasi pada postingan ini telah full sehingga comen anda dan jawaban kami tidak dapat di publish pada postingan.....tks

239 komentar:

  1. dokter...ini dari ibu lisda lagi, semoga anda tidak bosan dengan pertanyaan2 saya he3x saya benar2 merasa beruntung sekali menemukan blok ini :)

    tanggal 9 april kemarin, anak saya yg berusia 5 tahun kepalan bagian belakangnya terbentur ayunan di sekolah sekitar jam 10 pagi. tidak ada pendarahan di kepala bagian luar, hanya lecet
    kecil saja.

    tapi sekitar jam 11.30 siang dia mulai kelihatan lemes+mengeluh pusing dan muntah 1x. lalu jam 12 siang dia muntah lg 1x, sehingga saya membawanya ke ugd. di perjalanan sekitar jam 12.30 dia muntah lg 1x (jadi total dia muntah 3x). di rumah sakit sekitar jam 4 sore dilakukan CT Scan, dan alhamdulilah hasilnya bagus. dan anaknya sendiri memang dari jam 2 siang sudah mulai aktif+lari2an, sudah tidak mengeluh pusing+mual lg.

    tapi tetap saja saya agak khawatir karena menyangkut kepala belakang. yang ingin saya tanyakan adalah...
    1. apakah hasil tersebut benar2 bs kita jadikan pedoman kalo di kemudian hari tidak akan ada efeknya? karena ada beberapa kasus yang memang setelah kejadian tidak apa2, tapi beberapa tahun kemudian baru terlihat efeknya.

    2. jarak antara kejadian+CT Scan adalah 6 jam....dalam rentang waktu tsb misalkan memang ada cedera di kepala, apakah memang sudah bs terlihat?

    sekali lg terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu lisda semoga keberadaan blog ini juga bermanfaat untuk yang lain.Pada cedera kepala ada 2 kemungkinan yang akan terjadi dan dua-duanya akan menimbulkan sakit kepala hebat dan mual muntah yang berulang.yaitu oedem atau bengkak otak dan perdarahan didalam ruang tengkorak kepala.

      Mulai usia 1 tahun tulang tengkorak kita telah menyatu dengan kuat sehingga setiap adanya penambahan volume di rongga tengkorak kepala akan menninggikan tekanan didalam rongga kepala.Tekanan yang naik inilah yang akan menimbulkan gejala mual muntah dan sakit kepala.

      pembuluh darah pada anak sangat elastis dan tidak mudah robek dibanding pembuluh darah pada orang dewasa dan tua , sehingga benturan yang sangat hebat atau transeksi robek karena benda tajam yang lebih memungkinkan untuk terjadinya robekan pada pembuluh darah di dalam rongga tengkorak pada anak.

      Tindakan ibu telah tepat dengan melakukan Head CT scanning pada anak dengan gejala sakit kepala dan muntah-muntah sampai 3-4 kali.Dan hasilnya cukup baik dengan tidak adanya terlihat perdarahan di dalam rongga kepala anak.Dan secara tampilan fisik kondisi anak ibu juga sudah mulai membaik.Sehingga tidak perlu dilakukan tindakan operasi.

      mungkin perlu juga ibu lisada ketahui jika terdeteksi pun dengan ct scan pada kepala adanya perdarahan itu juga belum akan di operasi kalau perdaran hanya sedikit missal hanya 10=20 cc , garis tengah otak tidak bergeser ke satu sisi secara bermakna sering jadi patokan > 5 mm dan gejala tidak memberat atau bertambah hebat kondisi seperti ini masih di lakukan perawatan untuk observasi dan memantau perkembangan.selama 2x 24 jam di rumah sakit. lalu di lakukan ct scan ulang setelah beberapa hari berikutnya,guna melihat perkembangan.

      sementara pada anak ibu sepertinya tidak perlu dilakukan observasi untuk di rawat dan hanya perlu waspada jika terjadi tanda-tanda peninggian tekanan dalam otak tadi seperti muntah dan sakit kepala yang hebat harus segera kembali di konsultasikan dengan dokter segera.Jika tidak di jumpai adanya gejala peninggian tek tadi tidak perlu di ct scan ulang.

      Saya pernah menjumpai kasus pada orang tua dan kebetulan keluarga kami manives perdarahan otak muncul setelah satu bulan yang terdeteksi dengan scanning kepala.Sebelumnya penderita tidak ada merakan sakit kepala. Namun kasus ini pada orang tua yang nota bene pembuluh darahnya sudah lebih rapuh dibanding anank-anak.

      Jangka panjang benturan pada kepala jika ada perdarahan dan luka pada otang memang bisa menimbulkan gejala ikutan akibat jaringan penyembuhan yang merusak sel otak. Itu sangat tergantung lokasi yang terkena.Namun pada kasus hanya oedem tanpa perdarahan jarang kami menjumpai gejala ikutan.

      Sebagai catatan Operasi craniotomi atau membuka tulang tengkorak juga lebih beresiko untuk munculnya gejala ikutan.Namun apapun itu tentu technologi kedokteran terus berkembang dan technik operasi juga semakin maju yang akan meminimalkan resiko tsb.tq



      Hapus
    2. terimakasih dok atas penjelasannya yg begitu detail. sekarang saya sudah bisa jadi lebih tenang. terimakasih banyak

      lisda

      Hapus
  2. Dok, saya asep setiawan dari kendari.
    Tanggal 6 juni2013, Anak saya jatuh, dengan posisi kepala bagian belakang yang kena lantai. Anak nangis dan beberapa saat kemuduan mengalami kejang kurang lebih 1 menit, setelah itu pingsan sekitar 10 menitan setelah di bawa kerumah sakit ( tidak ada luka maupun benjolan di kepalanya) setelah sadar anak saya muntah sedikit( muntahnyantidak berulang)
    Setelah itu anak saya aktif kembali tidak ada keluhan dan tidak menunjukan berubahan yang menghawatirkan.
    Tanggal 7 juni 2013 , karena kekhawatiran saya, kemudian anak saya bawa ke rumah sakit di makkasar yang ada fasilitas ct scanya, setelah sampai di rumah sakit anak saya langsung ditujuk untuk ct scan, tetapi anak saya rewel dan ct scant gak bisa dilakukan sampai dua kali. Setelah 5 hari di rumah sakit dan dilakukan observasi tidak menunjukan gejala menghawatirkan.
    Mohon tanggapan dokter tentang anak saya?....
    Dan kalau harus dilakukan ct scan, bagai mana mengatasi anak yang rewel untuk di ct scan!...

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas asep ...Kondisi benturan kepala dengan kejang , pingsan dan muntah . Sudah benar keputusan ibu dan dokter yang memeriksa keadaan kepala anak dengan CT scan untuk memastikan adanya pembengkakan , perdarahan atau bagian tulang yang rusak. Ketiga keluhan diatas adalah gejala yang paling sering dan paling memungkinkan dari suatu gejala peninggian tekanan didalam rongga kepala atau disebut TIK.

      Didaerah yang tidak memiliki sarana CT scan biasanya kita dilakukan observasi selama min 2 x 24 jam jika muncul gejala peninggian tekanan di dalam otak TIK maka penderita tetap mesti dilakukan pemeriksaan CT scan.

      Namun jika diatas waktu tersebut penderita tidak menunjukkan gejala peninggian TIK seperti sakit kepala hebat , muntah , dan penurunan kesadaran maka pasien bisa pulang dengan catatan bahwa jika muncul gejala diatas pasien harus segera datang ke IGD RS.

      Disisi lain untuk bisa dilakukan CT scan memang pasien harus dalam keadaan tenang dan tidak bergerak aktif namun cukup sering pasien anak dapat di lakukan oleh ahli radiologinya , banyak tehnik untuk membuat pasien tenang dapat dilakukan dan itu tentu dokter bagian ct scan lebih mengetahuinya. seperti pasiennya di tidurkan dll.

      Namun jika itu juga tidak mungkin dilakukan .. setelah melihat kondisi anak yg aktif , dan tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan dilakukan pengawasan saja di rumah tanda-tanda di atas . Karena kalaupun ada perdarahan didalam dan tidak bertambah maka perdarahan tersebut akan di serap lagi untuk waktu tertentu.

      Namun perlu di waspadai 3 keluahan peningkatan TIK diatas tadi.tks

      Hapus
  3. Dokter Ramzi, nama saya Fara, saya punya anak umur 20 bulan dan sedang aktif - aktifnya, anak saya cenderung hiperaktif, 2 hari yang lalu anak saya kepentok tembok saat sedang main di tempat tidur dan benjol lumayan besar di jidat sebelah kiri dan ada biru - birunya, masalahnya ini adalah ketiga kalinya dia benjol di tempat yang sama. Jarak antara benjol pertama dan kedua sekitar 4/5 bulan yang lalu, kejadian kedua sekitar 3 minggu yang lalu, dan yang terakhir 2 hari lalu.

    Saya observe perkembangan anak saya selama 2x24 jam, dia tidak demam, tidak muntah, tidak kejang, tidak hilang kesadaran / pingsan, tidak ada cairan apapun yang keluar dari rongga hidung / telinga, pergerakan mata normal, dan masih seaktif biasanya, makan dan tidurnya juga normal. Saya juga sudah memberikan salep trombopop dan kompres air dingin untuk mengecilkan benjolnya

    Yang mau saya tanyakan, apa perlu saya melakukan CT-Scan untuk anak saya? karena jujur saya takut anak saya kenapa napa, tapi saya juga takut akan dampak radiasi CT Scan buat anak saya dok, dan anak saya selalu menangis ketakutan setiap pergi ke RS, sementara untuk CT Scan yang saya tau kan harus diam tenang selama beberapa menit, selain itu kalau tidak salah ct scan itu juga lumayan mahal, dan apakah harus di lakukan berulang?. Terima kasih sebelumnya dokter

    Fara

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak fara ..terima kasih sudah menyambangi blog saya ..

      Cedera kepala yg berulang pada anak 20 bulan sebaiknya harus di hindari dan di cegah . misalnya dengan menghindari benda keras seperti lantai , kayu , meja , besi dan lemari dari kemungkinan kontak langsung dengan anak dengan cara melapisis atau menyimpan dan jauh dari area bermain dan bergerak anak.

      Jadi meski kondisi anak tetap baik namun udema dan perdarahan atau infeksi yang minimal sekalipun akibat benturan bisa menyebabkan kerusakan sel 2 syarah yang kecil sehingga menyebabkan kerusakan-kerusakan atau gangguan -gangguan yg tidak kita sadari di kemudian hari.

      Jika melihat kondisi anak mbak fara , pada kondisi yang terakhir saya bisa yakini tidak ada tanda-tanda peninggian tekanan intra kranial atau peninggian tekanan di dalam otak seperti sakit kepala , muntah dan penurunan kesadaran.Dan benjolan yang terjadi hanyalah di luar tulang tengkorak kepala. Jadi menurut pengalaman pada pasien yang pernah kami tangani kondisi seperti ini setelah di awasi atau di observasi 2 x 24 jam bisa di pulangkan dengan catatan jika terjadi peninggian TIK harus segera di bawa ke IGD.Dan pasien tidak di lakukan pemeriksaan CT Scan.

      CT scan juga banyak macam dan jenisnya mbak fara sehingga harganya juga bervariasi . berkisar 500 ribu hingga 1 jutaan . dan jika ada perdarahan dan temuan lain atau pasien di lakukan operasi maka memang perlu dilakukan pemeriksaan ulang guna melihan kemajuan pengobatan atau hasil dari operasi ... terima kasih.

      Hapus
  4. Dok saya mau tanya, saya punya keluhan atas rasa pusing di kepala hingga menyebabkan mual dan mutah-muntah saat belajar atau berpikir beberapa menit saja. Ini terjadi sudah sejak lama dok, saya memang punya riwayat benturan dikepala belakang saat saya berusia 3 atau 4 tahun, dan yang saya rasakan dewasa ini saya semakin pelupa, dan saat tidur pun saya merasakan di dalam kepala saya seperti ada bunyi yang terasa sampai ke telinga. Mohon penjelasannya dok,,
    Sebelumnya Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..rasa pusing sampai muntah 2 sering dialami pasien yang dikenali dengan nama vertigo . penyebabnya bermacam terutama makanan seperti coklat , lemak dan lain-lain.

      Benturan saat usia 3-4 tahun yg lalu sebenarnya tidak berkorelasi langsung dengan kejadian sekarang. karena sudah berlangsung cukup lama.

      Jika sakit kepala hebat dan muntah-muntah masih terus berlangsung sebaiknya dilakukan pemeriksaan CT scan kepala.dan masalah pada Telinga dapat di konsultasikan ke dr THT untuk memastikan apakah ada kelainan pada organ-organ dalam telinga. tks

      Hapus
  5. Terima kasih banyak dokter atas penjelasannyanya saya jadi lumayan lega, Alhamdulillah sampai saat ini anak saya tetap beraktivitas secara normal.

    Fara

    BalasHapus
  6. dok saya mau tanya masalah kepala saya yang sering baget sakit, tiap kali kepala saya sakit perut saya mual dan sakit juga ga lama kemudian saya muntah2.. dan kalo lagi sakit bgt semua pandangan saya jadi kaya ada 2 gtu... saya juga pernah jatuh di motor pas kepala saya lagi sakit,, dulu sih saya pernah jatuh di tangga sampe pingsan terus saya pernah di pukul bagian belakang kepala sampai keluar darah di hidung saya...
    kenapa ya dok,, tolong penjelasannya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal dan selamat sore ya , maaf agak telat jawabnya , cedera kepala sering benyebabkan pusing dan berputar jadi penyebab mual dan muntah itu adalah pusing yang hebat tersebut.bisa saja ada hubungan dengan cedera kepala yang telah berlangsung lama . cuma saya kurangtahu sudah berapa lama terjadi benturan tersebut? untuk lebih pasti dapat dilakukan pemeriksaan CT scan agar lebih pasti kelainan yang ada.tks

      Hapus
  7. Dok,mau tanya suami saya kmrn jatuh terpeleset dr tangga. Kepala bag belakangnya terbentur dan benjol lalu sudah dibawa ke igd mnrt dktr ga usah ct scan tp kami memutuskaan utk tetap di scan. Hasilnya di blg bagus ga ad apa apa. Sewaktu jatuh suami saya tdk pingsan dan ga muntah jg. Mnrt dktr perlukah dilakukan scan ulang setelaah bbrp hari? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya mbak ...cedera kepala termasuk kelainan yang harus di waspadai meski tidak di jumpai adanya tanda2 perdarahan otak seperti pusing dan pingsan.dan suami mbak telah dilakukan ct scan dengan hasil tidak dijumpai adanya kelainan sehingga tidak perlu dilakukan tindakan apa - apa . Biasa kita awasi 1 x 24 jam jika tidak ada masalah pasien boleh pulang itupun dengan nasehat jika di jumpai adanya kelainan dan tanda 2 peninggian di tek didalam otak maka harus segera di bawa kembali ke rumah sakit. jadi jika tidak di jumpai tanda - tanda perdarahan tsb menurut saya tidak perlu dilakukan pemeriksaan ct scan ulang. demikian tks.

      Hapus
  8. dok saya viny dimanado,saya mau tanya perihal sakit dikepala yang sering saya alami. tepatnya dikepala bagian kiri sejak 5 thn lalu saya sudah sering terganggu tapi saya pikir hanya migran biasa tapi semakin lama semakin aneh rasanya dan sekarang sering mempengaruhi mata kiri,hidung,pipi kiri bahkan sampe kepela bagian belakang dan leher terserang, beberapa kali saya mimisan bahkan pernah 8 hari berturut2 dan itu terjadi saat sakit kepalanya sudah berlarut2. setelah beberapa kali konsul ke dokter saraf dan THT juga klinik mata, dok saraf menyarankan konsul ke THT n mata dulu, diklinik mata belum melihat adanya gangguan,diagnosa yang agak specifik hanya dr THT dimana ada pembengkokan tulang hidung dan hrs operasi tp setelah sy konsul ke dr THT bahkan RS khusus THT dimakassar malah tidak disarankan untuk operasi karena diagnosa yg dilakukan belum mengharuskan operasi.
    saya bingung dok harus bagaimana lagi apalagi dimanado banyak kasus yang salah diagnosa dan akhirnya fatal,beberapa teman saya sdh mengalami. Saya sdh pernah scan kepala,rotgen hidung dan sdh banyak obat2an yg diberi tp kesannya hanya penghilang rasa sakit,
    menurut dokter saya terserang sakit apa ya?dan baiknya saya harus melakukan apa? makasih dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak viny...kami ikut prihatin atas apa yg mbak viny alami memang mencari penyakit dan menjumpai dokter yg tepat dan sangat mengenali jenis penyakit mbak tentu tidak mudah.

      Saya tentu tidak bisa menilai dengan lengkap permasalahan mbak viny , namun dari keterangan dan keluhan-keluhan mbak saya lebih cenderung merupakan keluhan didaerah kepala dan syaraf..sehingga mesti konsentrasi mesti di tujukan ke kepala dan syaraf .. apakah sudah dilakukan pemeriksaan ct scan atau yg lebih baik ? seperti mri atau ct angiografi atau konsultasi kebagian bedah syaraf dll tks.

      Hapus
  9. Selamat siang Dokter Ramzi, salam kenal.
    Nama saya yuni dan anak saya berumur 1 tahun. 2 bulan yg lalu anak saya pernah jatuh dari kereta dorong & kepala duluan kepentok pinggiran lemari. Timbul benjol lumayan besar di jidat sebelah kiri dan ada biru - birunya,

    Pada saat itu langsung nangis & langsung sy kompres air anget, saya beri susu formula kebetulan pas jam bobok siang & langsung bobok sambil tetep saya kompres. Dari kompres air anget, komptes dengan abu anget yg dibungkus kain, dikompres parutan kencur itu saran2 dari tetangga.

    Dia tidak demam, tidak muntah, tidak kejang, tidak hilang kesadaran / pingsan, tidak ada cairan apapun yang keluar dari rongga hidung / telinga, pergerakan mata normal, dan masih seaktif biasanya, makan dan tidurnya juga normal dok.

    Pada akhirnya saya berikan trombopop lama kelamaan mengecil. Namun kondisi sekarang selang 2 bulan masih ada benjolan kecil & berwarna abu. Kenapa ya dok, apakah perlu saya periksa ke dokter bedah atau bagaimana dok... benjolan kecil itu nanti bisa hilang sendiri selang berapa lama dok.

    Mohon penjelasannya & terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf sebelumnya ya mbak yuni saya baru balas sekarang dan salam kenal juga ya ..benturan pada kepala anak terkena lemari mekanisme traumanya tidaklah terlalu berat menurut hemat saya ..jika ada bengkak dan biru di luar tulang tengkorak dengan anak menangis kuat jelas menggambarkan kondisi anak anda tidak buruk , justru jika anak anda diam saja mesti di takutkan oleh anda dan dokter anda.Jika saat ini keadaan semakin membaik maka sebaiknya anda awasi saja jika tidak ada kelauhan anda tidak perlu konsultasikan ke dokter..tks

      Hapus
  10. dok saya hani usia 20th. 10 bulan yg lalu saya jatuh saat main futsal dan kepala duluan yg jatuh lalu saya pingsan sekitar 30 detikan dan ternyata benjol sebesar bola pingpong di kepala belakang agak kanan ke atas,lalu saya dibawa ke klinik dekat kampus saya lalu saya disarankan untuk rontgen dan katanya tidak apa2 tidak ada retakan,lalu leher rahang kepala saya sakit bila menengok dan makan dan kata dokter itu karna saraf leher kejepit saat jatuh .lalu saya diberi obat,dan kemarin malam saya terbangun karena sakit kepala di daerah benjol yg dulu,dan skrg kadang kadang kepala daerah benjol itu sering nyud nyudan menurut pa dokter apa yang harus saya lakukan?terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya hani , anda pernah terjatuh dan mengalami pingsan selama 30 detik , ini adalah masalah yg seharusnya di sikapi dengan serius , saat itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan head ct scan dan pembuatan foto daerah tulang leher dari arah samping terutama. Tapi mengingat ini sudah berjalan selama lebih dari 10 bulan mungkin tidak banyak kelainan lama yg akan di dapat , hanya saja untuk sekedar skreening untuk memastikan ada kelainan yg bisa itu boleh saja.Namun perlu anda ingat juga bahwa radiasi dari pemeriksaan head ct scan cukup tinggi. tks.

      Hapus
  11. dok saya theo umur saya 18 tahun ahkir2 ini saya sering sakit kepala di bagian kiri,suka sulit konsentrasi,keseimbangan agak kurang penyebab nya apa ya dok mohon jawabnya apa perlu dilakukan ct scan ,terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas theo.. sakit kepala , sulit konsentrasi dan kurang keseimbangan tidak menggambarkan kondisi yang spesifik . jika melihat keluhan anda saya lebih cenderung hal-hal lain di luar fisik otak itu sendiri.sebab keluahan anda lebih ke arah psikis.coba konsultasi ke ahli neurologi atau atau psikiater mungkin ada hal-hal psikis yang menggagu anda. memang pilihan ct scan bisa anda lakukan namun ini lebih guna menenagnkan anda bahwa besar kemungkinan kelainan fisik otak tidak di jumpai, tks

      Hapus
  12. Assalamualaikum Dok...
    Nama Saya Juju Jumana, anak Saya yg baru kelas 1 SMP, kemarin tgl.20 agustus mengalami kecelakaan sewaktu pulang karnaval acara hut kemerdekaan, katanya sih disrempet oleh temannya, hingga jatuh. Saya sendiri tidak tau persis kejadiaanya karena Saya di rumah. Singkat cerita anak Saya tersebut sempat dirawat di Puskesmas selama 1 hari 1 malam. Awalnya ketika masuk ke Puskesmas, sekitar pukul 18.30 wib, dari telinga bagian kanan anak Saya ada keluar darah sedikit, namun setelah ditangani dan di rawat oleh pihak Puskesmas, sekitar pukul 11 malam darah dari telinga sudah mamppet tidak keluar lagi. Singkat cerita, paginya dokter puskesmas memeriksa anak Saya dan hasil pemeriksaan, dokter menyatakan bahwa anak Saya dalam kondisi baik dan sudah bisa pulang apgi itu juga. Namun dokter menyarankan kepada Saya agar secepatnya anak Saya tsb di rontgen untuk menjaga hal-hal yg tidak di inginkan. Maka pagi itu juga Saya minta surat rujukan ke dokter untuk berangkat ke RSU guna melaksanakan rontgen. Sampai di RSU, Saya disarankan periksa dulu ke dokter spesialis bedah, katanya selain untuk dilakukan pemeriksaan juga mendapatkan pengantar rontgen dari dokter bedah, namun karena dokternya sudah pulang akhirnya pihak rumah sakit menyarankan agar anak saya sementara istirahat di rumah dan bisa kembali besok. Sekarang anak Saya sudah dirumah sekitar 3 hari, dan alhamdulilah menurut pengamatan saya yg awam anak saya sudah sehat kembali, karena anak saya tsb sudah bisa aktifitas seperti biasa. Darah dari telinga kananpuun sudah tidak keluarga lagi, keluhan2 seperti pusing, moal, sakit di kepala juga sudah tidak ada. Namun kata anak Saya, dibagian telinga kanan terasa seperti ada yg mengganjal, terasa sakit sih tidak cuman terasa risih karena ada sesuatu yg mengganjal di telinga...

    Mohon saran dokter, Saya selaku orang tuanya, harus bagaimana, dan apa yg Saya harus saya lakukan ?

    Sebelumnya terima kasih atas saran & nasehat dokter....

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang ibu dan salam kenal ..ya . kondisi perdarahan pada telinga setelah kecelakaan bisa disebabkan oleh patah atau pecahnya tulang dasar tengkorak.tapi bisa juga hanya robekan pada gendang telinga. jika perdarahan aktif dan di curagai adanya suatu kecurigaan akan fraktur dasar tengkorak biasanya dijumpai adanya cairan otak yg ikut keluar itu bisa di deteksi dengan pemeriksaan halo test oleh dokter bedahnya.

      jika saat ini anak sudah tidak berdarah lagi dari kupingnya , pusing sudah tidak ada dan tanda-tanda peningkatan tek di dalam otak tidak di jumpai.pemeriksaan penunjang seperti x ray dapat di lakukan jika keluarga khawatir ada fraktur dll , namun pemeriksaan yg golden standar adalah Head ct - scan.namun pemeriksaan ini tentu harus jelas indikasinya dan benar. tks

      Hapus
  13. dokter Ramzi, saya chintia, umur saya 17 th..
    dok, saya sering sakit kepala. sudah beberapa hari ini, saya merasakan sakit yang luar biasa.. kepala saya terasa seperti di impit benda berat,,
    terkadang sakitnya menyeluruh dan terkadang hanya sebelah kepala.. jarang berhenti sakitnya dok.. bangun tidur pun terasa sakit sekali. saya juga ada merasakan mual..
    apa ini ada pengaruh dari obat-obatan dok? karena skitar 5-6 bulan yang lalu saya baru sembuh dari hepatitis. saya minum obat dokter tidak sampai seminggu.. karena saya mencoba obat tradisional... sblum hepatitis saya jg demam.. kelelahan yaa minum obat dokter juga..
    dan sakarang pun rambut saya rontok dok,, bnyak sekali.. sampai-sampai rambut ini sudah menipis.. sebelumnya tidak pernah seperti ini dok.. saya merasakan rambut saya tidak sehat begini semenjak saya baru mau sembuh dari hepatitis.. tp akhir" ini yang parah rontoknya.. tidak disisir,, hanya di raba dengan tangan saja rontoknya banyak.. apalagi disisir dok.. apakah ini semua ada pengaruhnya dari obat..??
    atau ada hal yang lain dok???
    mohon dibalas ya dok:)
    sebelumnya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya chintia , kami ikut sedih dengan penyakit yang anda derita ..namun perlu anda ketahui setiap penyakit pasti ada obatnya namun memang benar kita mesti mencarinya. Dari penuturan anda bahwa nada menderita hepatitis , demam , sakit kepala dan rambut rontok..Dari semua yang anda sampaikan tadi saya menduga penyakit utama anda adalah hepatitis tersebut ..dimana kita mesti tahu bahwa hepatiis adalah penyakit penurunan daya tahan tubuh berupa bersemayam dan berkembangnya virus hepatitis di tubuh anda. Untuk dapat sembuh pertama dan yg utama mesti anda lakukan adalah istirahat total atau di sebut bed rest , ini maksudnya anda tidak boleh turun dari tempat tidur bisa sampai berminggu atau berbulan. virus ini bersarang di dalam sel hati anda.

      Sedangkan obat-obatan pada penyakit yg di sebabkan oleh virus hanyalah berfungsi sebagai supportif atau penyokong semata. seperti obat pengurang demam , vitamin dan peningkat daya tahan tubuh dan sisitim immun.

      Rambut anda yg rontok adalah efek dari demam anda yang berlangsung cukup lama , jadi tidak perlu anda takutkan karena setelah sebulan anda bebas demam maka rambut anda akan tumbuh kembali ..upaya untuk menguranginya mungkin kepala dan rambut ada harus sering di basahkan dan di jaga dari tarikan yang kuat seperti kena sisir atau di tarik-tarik.

      Setiap sakit yang di sertai demam dan infeksi virus memang selalu menyebabkan sakit kepala yg hebat dan ini pernah juga saya rasakan sewaktu terkena serangan virus demam berdarah memang sakitnya seperti rasa akan pecah namun jika nyeri hebat sekali dapat anda mengkonsumsi obat pengurang nyeriyg hebat..tks

      Hapus
  14. selamat siang dok, saya azim dari nganjuk
    mau tanya dok tentang penyakit suami saya, sejak awal pernikahan dia sering sakit kepala kalo di periksakan katanya itu sakit darah rendah namun akhir tahun ini dia sering sekali sakit kepala dan sakit kepalanya itu sampai dia menjerit sekeras kerasnya tanpa kesadaran dia menjedukan kepalanya ke tembok bahkan kadang sampai menggigit giginya, mungkin karna gak tahan dengan sakitnya itu akhir nya saya bawa ke puskesmas dan dirwat semlm paginya sudah boleh pulang, katanya itu sakit vertigo, namun 3 bulan kemudian penykit itu kembali dan saya bawa ke dokter, dan dokter bilang itu katanya darah rendah dan akhirnya saya kasih susu tiap pagi dan malam namun setelah 2 bulan penyakit itu kembali lagi terus saya periksa ke dokter umum, katanya itu penyakit gejala tipes, dan katanya penyebab pusing2 yang berlebihan sampai gak sadar itu pemicunya karna kurang makan yang manis, saya bingung dok dengan penyakit suami saya mungkin vertigo mungkin gejala tipes karna setiap dokter ngasih penjelasannya beda2 mohon dok sarannya ini penyakit apa dan harus bagaimana mengatasinya
    terima kasih seblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak azim..sakit kepala adalah gejala yg akan selalu muncul pada hampir sebagian besar penyakit , jadi keluhan sakit kepala tentu sangatlah tidak spesifik.Jadi sangat banyak kemungkinan diagnosa yg akan di cari. saya kurang yakin jk suatu penyakit yg telah berlangsung lama suatu peny tifus , namun jk penyakit tifus muncul baru itu bisa saja terjadi.

      Pemeriksaan yg serius dan tajam tentu tidak bisa secepat yg kita harapkan , pemeriksaan lab , ct scan , mri , ct angiografi , atau angiografi untuk melihat kelainan yang mendasari penyakit suami anda mesti di cari dengan teliti ..saya lebih menyarankan anda untuk pemeriksaan yg lebih serius demikian tks

      Hapus
  15. selamat sore dok,saya nina
    saya mau tanya,akhir2 ini saya jadi pelupa,dan susah mengingat sesuatu,kadang ingin menyebutkan nama teman saya sendiri saya lupa sesaat setelah beberapa saat saya ingat kembali..dan kepala bagian belakang sebelah kiri sering terasa sakit,seperti kram.yang ingin saya tanyakan apakah hal ini di mungkinkan karena benturan pada kepala bagian belakang yang saya alami sekitar 4 th yang lalu??
    waktu itu kepala bagian belakang saya terbentur tembok,setelah terbentur saya langsung tidur dan badan saya mulai demam,kepala sangat pusing,kemudian selama 2 hari 2 malam saya mengalami penurunan kesadaran,ada sebagian yang saya ingat selama 2 hari 2 malam itu,tapi banyak hal yang saya lupakan,tapi setelah itu saya sadar kembali dan beraktivitas seperti biasa,meskipun masih sering terasa pusing,saat itu ibu menyarankan saya untuk menjalani st scan,namun saya menolak karena saya merasa sudah baikan,hanya pusing biasa selama kurng lebih 1 bulan.
    mohon penjelasan dokter apakah sekarang saya sering mengalami penurunan daya ingat ada hubungannya dengan kejadian itu?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak nina , saya ikut prihatin dengan penderitaan yg anda alami . Memang besar kemungkinan bahwa benturan yg dulu itu bisa menyebabkan gangguan anda sekarang , kerusakan pada otak bisa bersifat permanent jadi jika trauma benturannya terjadi 4 thn yg lalu tentunya telah banyak hal terjadi dalam perjalanan waktu tersebut . Kerusakan pada otak sangat tergantung luas dan lokasi jaringan yang mengalami trauma. Kerusakan di depan akan menimbulkan efek yg berbeda dengan kerusakan di otak bagian belakang . Setiap jaringan di otak kita terhubung dan terkoneksi melalui hantaran listrik seperti gambaran kasar jaringan listrik di perkotaan. sehingga kerusakan sekecil apapun tetap akan menyebabkan hantaran rangsang oleh listrik tubuh melalui jar syaraf tersebut terganggu . Makanya ada penyakit epilepsi atau kejang ayan yg terjadi karena trauma pada otak..Apalagi dari penuturan anda saat kejadian ada riwayat penurunan kesadaran .

      Jika anda berencana untuk melakukan pemeriksaan ct scan bisa saja , tapi banyak hal yang harusnya saat kecelakaan bisa terlihat , saat ini tidak dpt di temukan lagi. namun jika ada gejala - gejala baru sebaiknya anda lakukan pemeriksaan ct scan atau mri untuk memastikannya tks

      Hapus
  16. selamat malam dok,salam kenal.saya berusia 26 tahun.sudah sebulan ini saya mengalami sakit kepala hebat sampai muntah.dan itu terjadi setiap hari.sebelumnya sy pernah kecelakaan motor,kepala sy terbentur keras sampai leher belakang sy biru dan sy mengalami demam dan sakit kepala selama 3 hari tapi sy tidak memeriksakannya ke rumah sakit.sy hanya meminum obat sakit kepala dan mengoleskan balsem pada bagian belakang leher.setelah kejadian itu sy sering sakit kepala sampai muntah tetapi tidak sampai seperti sekarang.apa sy harus melakukan CT SCAN untuk mengetahui keadaan kepala sy dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...kami ikut prihatin dengan apa yg anda alami dan sebaiknya anda serius dalam menangani penyakit yg anda alami , apalagi ini terjadi karena trauma. apalagi benturan di belakang kepala sering cukup berbahaya yang bisa mengenai cerebellum dan tulang leher yg nota bene menyimpan medulla oblongata suatu organ otak yg sangat ditakuti jika mengalami trauma oleh para medisians.

      Sebaiknya anda lakukan pemeriksaan Head ct scan dan foto tulang leher jika tidak terbukti ada kelainan pada organ tersebut mungkin anda akan lebih nyaman secara psikis. dan oedem atau bengkakpada jar otak akan mengalami regresi secara perlahan tks

      Hapus
  17. Selamat sore Dok. Saya Wiedy 34 tahun. Saya sering mengalami sakit hebat di kepala bagian kiri atas sejak 10 tahun lalu. Saya juga pernah jatuh dan kepala saya terbentur. Sekarang ini jika sakit kepala saya kambuh hanya dapat di atasi oleh obat yang namanya analsik. Apakah saya perlu melakukan citiscan? Mohon saran dan penjelasan dari Dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ... sakit kepala 10 tahun yl , ada riwayat trauma kepala dan hilang dengan obat analsik. CT scan bisa saja di lakukan namun gambaran dari kelainan saat trauma mungkin tidak banyak yang bisa di lihat. Jika ada kelainan lain yg mendasari kelainan di dalam rongga otak sendiri spt tumor bisa dilihan dengan head ct scan menggunakan zat kontras.

      Coba konsultasikan dengan dokter syaraf jika ada kemungkinan migrain atau jika ada tanda-tanda kebas pada ekstremitas dapat juga dilakukan usg doppler pada arteri di daerah leher mana tahu ada aliran yang kurang baik pada arteri di daerah leher yang mendarahi otak . tks.

      Hapus
  18. Selamat malam Dr, Ramzi yang baik hatinya.
    Panggil saja saya Dono, 10 tahun yang lalu saya dikeroyok orang dan pukulannya tepat di kepala, dan sampai sekarang kadang2 merasa kesakitan dan seperti ada yang ngganjal di belakang mata kanan saya. lama-kelamaan mata kanan saya semakin menonjol. apa yang harus saya lalukan dokter?

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas dono cedera kepala yg telah berlangsung 10 tahun , namun sepertinya tidak begitu menggangu sehingga jarang di bawa berobat. Saya berpikir kondisi ini sangat kecil pengaruhnya terhadap kelainan pada mata anda saat ini. Jadi menurut hemat saya sebaiknya anda periksakan mata anda ke dokter spesialis mata apakah ada kelainan pada mata anda sehingga menonjol . Apakah ada kelainan penglihatan yg cenderung bertambah.? atau mungkin kelainan-kalainanlain yg berhubungan dan kelenjar thyroid yg juga bisa menyebabkan tonjolan pada mata kearah luar. tks

      Hapus
  19. Selamat siang Dok, istri saya umur 47 thn, punya keluhan diawali dari thn 2011,telinga berdenging terus, sudah diperiksa di spesialis tht, selang beberapa hari kepala menjadi pusing kata dokter umum kena vertigo, sempat opname beberapa hari di rsu. Semenjak itu, telinga istri saya permanen berdenging terus, terkadang sakit kepala hingga sampai pikiran nglantur (semacam depresi/stress), akibat suara dengingan tsb. Sudah konsultasi dg dokter spesialis tht dan syaraf, katanya tidak bisa disembuhkan, disarankan untuk diabaikan saja. Menurut Dokter apakah perlu dipastikan dengan melakukan ct scan, untuk upaya penyembuhan istri saya ? Mohon saran dan penjelasannya. Terima kasih.

    BalasHapus
  20. Selamat malam dan salam kenal ya , istri anda mengalami telinga berdenging ( tinitus ) disebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah sebab karena mengkonsumsi beberapa obat dalam jangka waktu yg lama .seperti obat malaria jenis chloroquin . Kemudian ada juga penuturan anda yg mengatakan bahwa istri berpikir atau berbicara ngelantur seperti orang stress , mungkin perlu juga dipikirkan untuk mencari faktor-faktor psikis yg mendasari kelainan atau sakit kepala istri. seperti faktor 2 ekonomi , kehangatan keluarga , dan kehidupan rumahtangga yg mesti di evaluasi. terkadang tanda awal kelainan ini bisa berupa sang istri seperti mendengar suara 2 yg oleh orang lain tidak terdengar dan berasal dari alam pikirannya sendiri.

    Pemeriksaan CT scan bisa saja anda lakukan untuk memastikan tidak ada kelainan - kelainan lain pada bagian dalam rongga tengkorak sperti tumor , avm , infark atau yg lainnya.

    BalasHapus
  21. Selamat pagi dok.. Ibu saya usia 58 tahun mgg lalu duduk di kursi plastik tetapi kursinya patah, kemudian jatuh terduduk dan bagian kepala belakang kiri terbentur TV. Tidak ada muntah, pusing, cuman terasa nyeri di bagian tulang ekor dan kepala yang terbentur. Kondisi sekarang sehh baik baik saja dok.. Yg sy mau tanyakan perlukah dilakukan pemeriksaan ct scan karena tidak ditemukan indikasi untuk ct scan spt yg di atas? Mengingat usia ibu jg apakah tidak berbahaya radiasi yg ditimbulkan? Sekian dan terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya...mas anton..saya ikut prihatin dengan kejdian yg menimpa ibu anda.benturan akibat jatuh terduduk dan bagian kepala belakang terbentur , memang jika benturan keras dapat membahayakan nyawa karena ada batang otak dan medula oblongata di sana.Namun dari penuturan anda bahwasanya kondisi ibu anda masih baik dan tidak ada pingsan dan muntah patut di sukuri. Namun rasa nyeri di bokong mungkin perlu dilakukan pemeriksaan foto tulang belakang seperti foto lumbosaccral untuk memastikan adanya kompressi frakture pada tulang belakang.

      Untuk ct scan jika tidak ada keluhan yang hebat menurut saya tidak perlu namun tetap mesti di waspadai jika ada trend keluhan yang peninggian tek intra kranial yg meningkat spt pusing , muntah , pingsan dll.Karena pemeriksaan ct scan memang cukup mahal dan tentu akan terpapar radiasi meski vol sudah di perhitungkan dalam batas tolerans tks

      Hapus
  22. halo dok, sebelumnya saya merasa beruntung menemukan postingan ini, karena tidak banyak penulis artikel yang enggan menanggapi semua pertanyaan dari pembacanya, semoga anda juga melakukanyya untuk pertanyaan saya ini :)

    Saya ingin bertanya mengenai adik perempuan saya (5 tahun) yang terlahir premature (+/-8bln) yang menurut saya berhubungan dengan tingkah lakunya sekarang yang hiperaktif.
    dan akibat ke-hiperaktifitasan-nya itu, dia seringkali terjatuh dan kepalanya terbentur.
    dan dia sekarang (5 thn) masih belum bisa merangkai kalimat (yang seharusnya sudah) dan ini menjadi masalah dalam proses belajarnya di sekolah.

    Pertanyaan saya, apakah harus dilakukan CT SCAN? Kalau "iya", parameternya apa?
    jika tidak, apa yang seharusnya kami lakukan?

    Terimakasih sebelumnya.
    Jazakumullah khairan katsiran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass wr wb . selamat malam dan salam kenal ya ...semoga apa yg kami sharing ini bermanfaat untuk semua kita dan juga dapat nerbagi dengan yg membutuhkan , adik perempuan anda saat ini usia 5 tahun terlahir prematur 8 bln , hiperaktif dan sering terjatuh dan terbentur kepalanya sehingga sulit berbicara dan merangkai kalimat shg kurang maju dalam mengikuti pelajaran di sekolah . Secara harfiah lehir premature jika saat lahir menagis kuat dan bergerak aktif atau dari pemeriksaan klinis dengan penilaian skoring apgar dia baik tentu itu tidak berhubungan dengan kondisi sekarang . Namun jika saat lahir kondisi scoring apgarnya atau keadaan umumnya jelek seperti diam saja bibir biru dll maka ini bisa berpengaruh terhadap perkembangannya.

      Sebenarnya anak yg aktif itu baik-baik saja karena banyak anak yg seperti itu ..namun jika sering jatuh dan kepala sering terbentur itu tentu masalah ...dan berhubungan dengan kemampuan perkembangannya di belakang hari. Seyogyanya untuk anak yg aktif keluarga mesti menyiapkan tempat bermain yg aman bagi anak jika terjatuh atau terbentur misalnya memasang busa di lantai tempat bermain , menutupi dinding dan benda yg keras dengan bahan yg lembut dll.

      Kejadian yg telah berlangsung cukup lama sulit di interpretasi dengan CT scan , jadi kalo boleh kami sumbang saran sebaiknya anda berkonsultasi dulu dengan bagian anak terutama neurologi anak atau tumbuh kembang anak. lalu setelah itu dr spesialis anaknya yg akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan yg di perlukan , mungkin ct scan bisa juga akan di periksa sp anak nantinya . sebab nanti jika anda lakukan sendiri pada hal mungkin tidak di perlukan oleh dokternya kan percuma tks ya..semoga ini dapat membantu .

      Hapus
  23. Ass wr.wb
    Saya beruntung menemukan blog ini,blog ini sangat bermanfaat untuk semuanya :)

    Saya ibu aulia ,saya mau tanya nih dok ,anak saya keysha 2thn,kmrin tepatnya hari rabu mengalamin musibah jatuh dari atas meja,mejanya itu setinggi kulkas 1 pintu.
    Alhamdulillah anak saya langsung nangis,tdk kejang,tdk muntah,tdk pingsan dok,tapi langsung benjol dok,benjolnya tadi pagi sudah mengempes,yg saya takutin adanya pendarahan / memar dibagian dalam otak.
    Sore harinya anak saya aktif lagi seperti biasanya dok,saya cemas takut terjadi apa2 sama anak saya , saya manggil tukang urut u/ urut seluruh badn anak saya,setelah diurut knpa anak saya jadi sering kencing??,padahal sebelum diurut keysha jarang kencing dok.
    Kalau saya pegang pala anak saya dia selallu menolak (apakah dia trauma??)
    Atau ada memar?
    Apa perlu dilakukan ct scan?

    Makasih sebelumnya ya dok

    BalasHapus
  24. Ass wr.wb
    Saya beruntung menemukan blog ini,blog ini sangat bermanfaat untuk semuanya :)

    Saya ibu aulia ,saya mau tanya nih dok ,anak saya keysha 2thn,kmrin tepatnya hari rabu mengalamin musibah jatuh dari atas meja,mejanya itu setinggi kulkas 1 pintu.
    Alhamdulillah anak saya langsung nangis,tdk kejang,tdk muntah,tdk pingsan dok,tapi langsung benjol dok,benjolnya tadi pagi sudah mengempes,yg saya takutin adanya pendarahan / memar dibagian dalam otak.
    Sore harinya anak saya aktif lagi seperti biasanya dok,saya cemas takut terjadi apa2 sama anak saya , saya manggil tukang urut u/ urut seluruh badn anak saya,setelah diurut knpa anak saya jadi sering kencing??,padahal sebelum diurut keysha jarang kencing dok.
    Kalau saya pegang pala anak saya dia selallu menolak (apakah dia trauma??)
    Atau ada memar?
    Apa perlu dilakukan ct scan?

    Makasih sebelumnya ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal bu aulia ya...saya ikut prihatin dengan apa yg menimpa anak anda . melihat paparan anda tentang kondisi anak anda saya yakin kondisinya baik , hanya ada hematom sub galeal atau penumpukan darah di luar tengkorak kepala. Mohon anda jangan mengurut atau menekan atau mengetok2 kepala anak anda karena ini jelas tidak baik untuk kondisi anak yg baru mengalami cedera . Sebenarnya jika tidak ada gejala yg menuju ke peninggian tek intra cranial maka tentu ibu tidak pelu chawatir dan pemeriksaan ct scan untuk emergensi tidak ada namun jika anda ingin kepastian tentang kondisi tulang kepala atau ada perdarahan lain boleh saja di lakukan . secara pengalaman dan pengetahuan saya tidak ada hub setelah di pijit atau di urut dengan banyaknya urin , saya yakin anak anda menghindar karena takut sentuhan tangan anda pada kepala sang buah hati akan menimbulkan rasa nyeri , apalagi masih ada bengkak di kepala anak. tks

      Hapus
  25. selamat mlm dok,
    kenalkan nama saya iin, 2 hr yg lalu saya temukan benjolan lunak di kepala atas samping kiri anak saya yg brusia 14 bulan..diameter sekitar 5 cm..tdk ada luka memar / terbuka, tdk muntah tdk kejang & anak masih bergerak aktif seperti biasa..apa yg hrs saya lakukan? saya hrs periksa ke dokter anak / dokter bedah saraf? dengan kondisi tersebut apa perlu ct scan?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya iin , terimakasih atas komentar anda ada benjolan di kepala anak anda dengan diameter 5 cm , kondisi anak masih baik dan tidak ada muntah dan kejang. saya belum dapat informasi apakah benjolan itu timbul menurut anda karena ada benturan atau trauma ? kami pikir sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu apakah ada hal yg memerlukan perhatian serius.Menurut kami melihat kondisi anakanda yg relatif aktif den tidak da keluhan, maka melakukan pemeriksaan ct scan sebaiknya tidak dilakukan tks

      Hapus
  26. Dok, saya Dewi Crisnawati asal dari Pekanbaru umur saya 20tahun
    Saya sering merasakan sakit kepala kdang disebelah kiri kdang menyeluruh .. Sekarang saya jdi susah mengingat dan pelupa, kdang jempol sebelah kiri saya bergerak sendiri, rambut saya jadi rontok, susah konsentrasi penglihatan juga mulai berkurang dok gejala sakitnya sudah 3 tahunan dok .. Dulu waktu masih kecil kepala saya sering kebentur dok . Apa ada pengaruh ? Dan ini apa perlu dilakukan ct scan ?

    BalasHapus
  27. Salam kenal dok, saya dewi usia 20tahun asal dari Riau

    Sudah 3tahun ini saya sering merasakan sakit kepala kdang disebelah kiri trkadang menyeluruh, saya juga susah konsentrasi dan mengingat sesuatu ,jari sebelah kanan saya sering gerak sendiri, dan penglihatan saya jadi kurang dok

    Waktu kecil kepala saya sering kebentur, saya mau tanya apa ada pengaruhnya dok ? Dan apa harus dilakukan ct scan? Mohon jawabannya dok, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya dewi anda berasal dari pekanbaru riau , sering merasa pusing dan jari kanan anda sering bergerak sendiri.serta penglihatan juga berkurang sudah dialami sejak 3 tahun yl.waktu kecil kepala sering terbentur. Anda saat ini berusia 20 tahun usia yg masih sangat muda . mungkin harus di pastikan apakah ini berkaitan dengan trauma kepala anda sewaktu kecil dulu . atau ini lebih bersifat psikis dan alam bawah sadar. sebab konsentrasi yg sering menurun akibat problema yg rumin baik di keluarga , lingkungan , teman , sahabat dll. atau permasalahan kerja atau kuliah yg belum terselesaikan secara baik . jadi mesti anda gali dulu ada apa tidak hal-hal yang diatas atau di luar itu yg mengganggu dan berpotensi menimbulkan masalah anda. Jika tidak bari kita menelaah masalah organik yg mungkin terjadi akibat trauma yg lama sewaktu anda kecil. anda bisa berkonsultasi ke ahli neurology yang ada di pekanbaru, Dimana anda berdomisili di pekanbaru ?..tks

      Hapus
  28. Selamat pagi dok,

    Saya sangat bersyukur menemukan blog ini, sungguh bermanfaat..
    Perkenalkan nama saya deby. Dok beberapa tahun yang lalu saya pernah terjatuh di rumah dan tepat belakang kepala saya terbentur, kejadiannya sangat cepat. Seingat saya, saya terbangun di lantai dengan kepala yang amat sakit dan pusing, saya sedang sendiri waktu itu. Esoknya saya dibawa ke dokter, dokter memberikan obat dan hanya menyuruh untuk tidur tidak memakai bantal selama beberapa hari. Saya juga lupa berapa hari saya merasakan sakit itu, saya hanya ingat kepala bagian belakang saya bengkak/benjol, ibu saya pun tergolong orang yang tidak tahu harus melakukan apa dan tidak terpikir u/ pemeriksaan lebih lanjut.
    Belakangan saya menyadari bahwa bagian belakang kepala saya tidak rata, seingat saya tepat pada bagian saya terjatuh dulu.
    Dok, walau telah beberapa tahun yang lalu, apa perlu dilakukan pemeriksaan seperti ct scan pada kepala saya? Apa kira-kira ada kemungkinan berpengaruh pada pusing yang agak sering saya alami?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya mbak deby...terima kasih anda telah walking ke blog kami , semoga ini dapat membantu permasalahan kesehatan yg anda alami.Anda mengalami kecelakaan terjatuh dan mengalami benturan di bagian belakang kepala. anda mengalami gangguan kesadaran dan lupa , di jumpai bengkak dan pusing. Kejadian ini anda alami selama beberapa tahun. Saat ini anda merasa bagian belakang tidak rata. Apakah perlu dilakukan pemeriksaan ct scan.? karena sering pusing hingga saat ini. Jika pusing anda sangat mengganggu sehingga anda sulit beraktifitas sehari-hari , sebaiknya anda lakukan pemeriksaan head ct scan , apalagi anda merasa ada bagiang lekuakan pada tulang kepala bagian belakang. seharusnya saat itu anda langsung melakukan pemeriksaan minimal foto kepala kalau saat ini mungkit jika terjadi impresio farktur atau patah tulang kepala ada bagian yg masuk kedalam terlalu ekstrim mungkin masih bisa terlihat. coba konsultasikan keluhan anda ke bagian neurology. jika saya boleh tahu dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  29. Salam kenal Dok,

    Saya mau bertanya dok.. kenapa ya saya sering mengalami sakit kepala dikepala bagian belakang? Kalau lagi naik motor, apbl ada polisi tidur atau jalanan yg tidak rata kepala saya langsung sakit di bagian belakang? dan terkadang jg sakit kepala saya keseluruhan, saya jg terkadang tdk bs mencium bau2 menyengat kpla saya lgs sakit dok..? kira-kira kenapa ya dok? Apa perlu dilakukan CT Scan? Tks Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...shindy...anda sering mengalami sakit kepala , terutama saat berkendaraan..memang anda mesti berhati-hati jika berkendaraan sebab kondisi ini bisa sangat membahayakan keselamatan jika anda tengah mengendarai kendaraan . sebaiknya anda sementara jangan mengendarai kendaraan sendiri ..dan anda periksakan dulu permasalahan sering sakit kepala tersebut bisa saja anda melakukan pemeriksaan head CT scan tapi saran saya sebaiknya anda konsul dulu ke dokter neurology...jadi setelah dilakukan pemeriksaan ct scan bisa anda konsultasikan..apakah anda pernah terbentur pada kepala....tks

      Hapus
  30. Selamat siang dok, salam kenal, saya Ike, ibu dari seorang putra berusia 4 tahun.
    Di bulan April 2013 anak saya tertiban motor (motor dalam posisi diam bukan berjalan). 'Beruntung'nya posisi jatuh motor dengan stang sebagai penyangga di lantai sehingga body motor tidak meniban anak saya. Namun sebelum stang itu ketahan di lantai pergerakannya menyebabkan kepala belakang kanan (sejajar dengan daun telinga bawah) anak saya terkena ujung rem tangan. Hal ini menyebabkan luka kecil namun tidak membuat darah deras mengalir. Setelah kejadian itu anak saya menangis histeris, mungkin karena kaget dan perih akibat luka tersebut. Tapi setelahnya mereda dan tidak ada reaksi seperti muntah, demam, aktivitas menurun, dsb. Namun 2 hari kemudian (menyesuaikan dengan jadwal praktik dokter anak) saya tetap periksakan anak saya. Dokter tidak menyarankan untuk ct scan dan mengatakan tidak ada yang perlu dikuatirkan karena gejala2 itu tidak muncul. Setelahnya memang anak saya baik-baik saja. Penyembuhan lukanya normal, benjolan memarnya sembuh.
    Namun saya kembali teringat dan muncul kekhawatiran lagi ketika hari Kamis tengah malam lalu anak saya tiba-tiba rewel mengeluhkan sakit kepala (dia menunjuk pada kepala samping kanan dekat pelipis), lalu mengatakan mau muntah. Setelah muntah, kembali ditidurkan dia mengeluhkan sakit lagi, dan menunjuk ke dua sisi kepalanya. Kemudian muntah lagi. Setelah itu baru bisa tertidur. Pagi harinya dan sampai hari ini tidak ada keluhan tentang sakit kepala.
    Kondisi sebelum sakit kepala adalah sedang batuk pilek selama hampir 2 minggu. Hari Selasa malam suhu tubuh 36,7 derajat Celcius, terasa hangat bila diraba. Saya hanya balurkan bawang merah dan minyak telon. Hari Rabu suhu tubuh normal, 35-36. Sore hari sebelum sakit kepala itu memakan krekers kentang berbumbu dalam kemasan.
    Hari Jumat saya tetap ke dokter (dokter yang berbeda dari dokter anak langganan) memastikan semua asumsi saya. Dokter melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memutar kepala ke kanan kiri, menekuk kaki, mengecek mata, tenggorokan dan amandel, gigi, telinga, dll.
    Dokter mendiagnosa anak saya terkena virus yang menyebabkan batuk pilek, demam, pusing, dan muntah. Bukan karena efek benturan. Dokter mengatakan jika karena benturan muntahannya spontan, menyembur dan tidak bisa ditahan. Proses muntah anak saya tidak seperti itu.
    Yang ingin saya tanyakan, masih perlukah ct scan, mengingat 2 dokter belum menyarankan? Apakah ada kemungkinan efek benturan kepala baru muncul setelah jangka waktu yang lama?
    Terima kasih atas penjelasannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya ibu meiske , mohon maaf sebelumnya baru sempat menulis sekarang dan kami ikut prihatin atas masalah anda..dari penuturan ibu yang cukup panjang tentang putra anda yg berusia 4 tahun dan telah mengalami kecelakaan kira2 8 bulan yg lalu...secara klinis memang tidak terlihat adanya gangguan peninggian tekanan di dalam rongga otak akibat perdarahan atau oedem otak pada putra anda.akibat benturan tersebut.Memang kadang ada manifest peninggian tek di rongga otak akibat perdarahan yang berlangsung lambat namun itu lebih memungkinkan pada orang tua..dan tidak sampai selama itu paling dalam 1 bulan atau 2 bulanan. gejala yang muncul jika perdarahan tentu juga terlihat jelas dan spesifik ..Kami lebih setuju bahwa putra anda hanya mengalami infeksi biasa dan tidak memerlukan dilakukan pemeriksaan ct scan.tks ya

      Hapus
    2. Assalamualaikum.... dokter. Saya mau tanya. Seminggu yg lalu ayah saya terkena benturan di kepala sebelah kanan dan mengeluarkan darah cukup banyak... tapi ayah saya tidak kehilangan kesadaran hanya saja pusing.. dan ayah saya tidak mau di bawa ke dokter...hanya di obati pake obat merah. Dan minum obat pusing biasa. Sekarang lukanya sudah kering tapi masih sering pusing... kira2 bahaya gak ya dok? Apa perlu di ct scan? Mohon penjelasannya... terima kasih sebelumnya...

      Hapus
    3. Wass ...dan salam kenal ya..ayah anda seminggu yg lalu mengalami kecelakaan dan mengalami pusing tapi tidak ada pingsan . Saat ini masih terasa pusing meski luka telah kering . Perlu kita pahami bahwa luka di kulit tidak berkorelasi dengan cedera di dalam otak. Namun jika nyeri yang timbul tidak bertambah hebat yang disertai muntah-muntah maka masih ada tempat untuk di awasi saja di rumah karena pemulihan bengkak yang terjadi di jar otak bisa di contohkan dengan benturan pada tangan yang mengalami bengkak dan akan makin berkurang sampai beberapa hari kemudian . begitu juga jar otak akan mengalami bengkak untuk waktu beberapa hari sebelum kembali ke ukuran normalnya.maka seperti itu juga kejadian di dalam rongga tengkorak kita yg rigit dan vol otak yg menambah akan menimbulkan rasa pusing.

      Jadi kesimpulannya jika ada peningkanan sakit kepala dan ada tanda-tanda disertai muntah. mungkin perlu dilakukan ct scan. Namun jika trendnya makin berkurang mungkin masih ada tempat untuk tidak dilakukan ct scan kepala. tks.

      Hapus
    4. selamat malam dok, saya faisal umur saya 22 tahun, 2 hari yang lalu saya jatuh terbentur kepala bagian belakang, yang saya ingat saya merasa ngantuk dan tertidur tapi orang2 yang menolong saya bilang klo saya sadar, bahkan bisa jalan kaya biasa, mungkin pikir mereka seperti normal saja tdak terjadi apa2.... nah setelahnya saya bawa ke IGD RS trus selama perjalanan saya muntah, hanya saja muntah normal biasa,, trus dorter yang periksa bilang klo muntah normal dan 2 hari kedepan terlihat membaik itu menunjukan penyembuhan,, awalnya orgtua saya mengajukan unutk CTScan, namun dokternya blg demikian yaa mereka ( orang tua saya ) setuju, yang saya tanyakan apakah efek dari jatuh tersebut berdampak panjang atau efeknya bru terlihat setelah bertahun2... menurut teman saya seperti itu.... saya jdi khawatir...

      Hapus
    5. Selamat malam dan salam kenal ya...mas faisal..anda mengalami benturan pada kepala akibat kecalakaan lalu lintas..ada banyak kriteria yang bisa di gunakan untuk mendiagnosa bahwa anda belum atau tidak mengalami cedera kepala sedang atau berat. secara pemeriksaan klinis pada , tubuh kita bisa dari bentuk luka , rangsang nyeri , suara atau pada mata. semua ini adalah hal-hal yang mesti dilakukan oleh dokter yg bertugas di igd. Jika ada perdarah atau bengkak yg berlebihan pada otak maka gejalanya tidak akan pernah berkurang .dan sangat jarang sampai bertahun - tahun. jadi anda tidak mesti terlalu mengkhawatirkan tapi mesti tetap waspada jika ada nyeri kepala yg makin menghebat, muntah 2 dll.tks

      Hapus
  31. assalamualaikum dokter

    nama saya fida..
    dulu anak saya pada saat usia 2 tahun pernah jatuh dari kursi dan kepala belakangnya membentur lantai. 1 jam kemudian dia mimisan dan langsung saya bawa ke rumah sakit. anak saya menjalani rawat inap selama 3 hari. setelah 3 hari menurut dokter anak, anak saya sudah bisa pulang. saat itu saya tidak berpikir untuk melakukan ct scan. di samping saya masih awam, dokter anak di RS tsb juga tidak menganjurkan ct scan.
    saat ini anak saya berusia 6 tahun. alhamdulillah tidak ada keluhan atas kejadian tersebut. jika dia mengalami pusing biasanya saat flu atau saat demam dan sakit panas. saya berencana melakukan ct scan saat ini, sekedar memastikan tidak ada after effect dari kejadian 4 tahun yang lalu. pertanyaan saya :

    1. masih bisakah saya melakukan ct scan sekarang, walaupun tidak ada keluhan dan jarak antara ct scan dan kejadian lebih dari 4 tahun untuk sekedar memastikan anak saya baik2 saja ?
    2. jika bisa, ct scan di bagian mana yang perlu saya lakukan ?

    terima kasih banyak dokter atas waktu dan jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...mbak fida ...anda ingin melakukan pembuatan head ct scan pada anak anda yg telah terjadi 2 tahun yang lalu , sementara saat ini anak anda tidak memiliki keluan yang berhubungan dengan trauma 2 tahun yang lalu.Jika memang tidak ada keluhan kami lebih cenderung untuk tidak perlu melakukan pemeriksaan ct scan kepala karena kejadian yg telah terjadi 2 tahun yang lalu banyak yg sudah tidak terlihat lagi. tks

      Hapus
  32. maaf dok,mau tya 2hri yang lalu saya jatuh,kepala saya terseret motor,,sampai rambut saya lepas,,tapi hya sobek lalu dijahit,kata dokter saya tidak apa apa,karena saya waktu kejadian tidak pingsan dan mutah,hanya pusing sedikit,apa perlu dok,saya melalukan citiscan,trimakasih sebelumnya dok
    .ambar dibantul

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malamd dan salam kenal ya mbak ambar di bantul ...anda 2 hari yg lalu mengelami kecelakaan dan terjadi benturan pada kepala disertai adanya luka robek . anda tidak pingsan dan pusing , jika benturan yang terjadi tidak kuat saya sarankan anda perlu waspada minimal untuk 1 minggu ke depan jika stabil dan tidak ada keluhan yang bermakna kami pikir tidak perlu dilakukan pemeriksaan ct scan. sebaiknya anda selalu berkonsultasi dengan dokter di tempat anda berada . Namun tentu semua anda yang merasakannya apakah kekuatan benturan anda rasakan ringan atau saat kecelakaan kendaraan anda cepat sebelum kecelakaan tsb. mekanisme of injury perlu juga menjadi pertimbangan bagi anda saat kecelakaan terjadi. tks ya.

      Hapus
  33. dok, ibu sy (48) th 2 hari yang lalu jatuh dari tempat tidur kemudian terbentur kursi. kepala bagian atas benjol kemudian pusing dan mual-mula namun tidak sampai pingsan dan telapak kakinya sakit dan tidak bisa berjalan sampai saat ini. saya takut melihat kasus yang hanya terbentur sedikit kemudian pendarahan diotak. apakah perlu di ct scan? apa dampak dari ct scan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...siska ...orang tua anda barusan mengalami benturan dan pusing , namun tidak pingsan atau kesadaran masih baik...tapi gak bisa jalan..sebaiknya anda pastikan kenapa tidak bisa jalan mungkin ada nyeri dan bisa juga karena cedera otot atau tulang . jika cedera kepala dengan perdarahan pasien masih dapat berjalan jika sadar tentunya.

      Jika ada gangguan kesadaran dan yg lainnya sebaiknya dilakukan pembuatan ct kepala..perlu disadari bahwa pemeriksaan ct scan tentu atas indikasi yg jelas , sebab jika dilakukan pemeriksaan ini ada kemungkinan terpapar radiasi dan pada ct scan radiasinya cukup besar..tks

      Hapus
  34. Selamat pagi,Dok..
    Salam kenal,
    Saya Wiwit (40th). Sy sdh mengalami pusing sejak SMA dan biasanya diatasi dengan minum panadol yg dosisnya makin bertambah sampai 4 biji saat sy berumur 34th. 2 tahun lalu, sy mengalami pusing hebat sampai hilang kesadaran 10 menit, dan sejak itu kejadian serupa sering terjadi saat sy mengalami kelelahan serta goncangan banyak pd kepala (saat traveling)., selain itu terkadang pandangan tiba2 kabur. Sy sdh ke dokter mata dan saat ini menggunakan kacamata, sy jg sdh ke dokter syaraf dan dirongsen bag.leher dgn hasil penyempitan FIV cervical 4-5 dextra. mmg sekitar 5-6 tahun lalu sy pernah terbentur. Terapi dr dokter syaraf saat itu adalah sy menggunakan penyangga leher selama 3 bulan. Setelah dilepas, bbrp bulan pusing sy membaik namun setengah tahun ini kembali kambuh dan makin hebat sy rasakan. Karena kesibukan sy hanya mengobati dengan menebus resep lama, dan akhirnya berhenti minum obat karena sdh merasa putus asa. Sempat berobat akupuntur, namun belum ada hasil yg bagus. Apakah sy perlu mencari second opinion dan apakah ct scan perlu sy lakukan dalam kasus sakit kepala ini ? Demikian, terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya wiwit ... anda sering mengalami pusing lebih 20 tahun yl. dijumpai adanya penyempitan pada tulang belakang C 4-5 dan setelah pakai penyangga anda merasa baikan. namun 6 bulan berikutnya lagi anda mengalami gangguan tsb kembali. Mungkin anda mesti melakukan pemeriksaan yang lebih lengkap dan tuntas. konsultasi ke neurology , orthopedi atau bedah syaraf mungkin perlu anda lakukan karena menyangkut tulang belakang . Jika boleh tahu di mana anda berdomisili.? pemeriksaan yang lengkap seperti MRI , CT Scan kepala , lumbal pungsi atau mungkin ct angiografi mungkin di perlukan pada kasus anda tks..

      Hapus
  35. Salam, dokter
    Terima kasih atas penjelasan dokter sebelumnya mengenai sakit kepala saya yang berkepanjangan. Saat ini belum membaik. ya. Saya tinggal Yogyakarta, sekiranya memang diperlukan pemeriksaan lengkap sebagaimana yang dokter sarankan, apakah ada rekomendasi ke bag.apa dahulu dan pemeriksaan apa ? Mengingat sy harus meluangkan waktu, kira2 berapa lama untuk melakukan pemeriksaan lengkap tsb.dan perkiraan biayanya ? Selain sy, kebetulan pasangan sy juga mengalami sakit sejenis yaitu nyeri bagian belakang tepatnya di atas pantat lebih ke arah pinggang kiri. Beliau pernah jtuh tahun 2005 tapi hanya diurut saja, sejak itu nyeri bag.belakang terasa timbul tenggelam, terkadang sangat sakit apabila sudah selesai lembur kerja yg posisinya terlalu banyak duduk. Minggu lalu kembali terpeleset dengan posisi pantat yang menahan. Hingga saat ini masih terasa sakit bahkan agak susah digerakkan. Sudah 2 x ke dokter berbeda dan dinyatakan cedera otot yang diperparah over weight. Terapi yang dilakukan adalah alternatif dengan pemijatan di area paha sampai kaki, sudah ke 4 x tapi belum membaik. Apa sebaiknya yang dapat beliau lakukan untuk mengetahui lebih jelas tentang back pain tsb ? Bagaimana untuk mengurangi berat badan sementara dokter menyarankan tidak boleh melakukan olahraga karena khawatir semakin memperparah cideranya ? Apakah diperlukan pemeriksaan rongsen atau lainnya dan bag.iknya (neurological, spain, atau lainnya) ? Demikian, mohon dapat dibantu, terima kasih sebelum dan sesudahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore ya shie..salam untuk jogja ....dari penuturan anda dan pasangan anda sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter ahli bedah orthopedi dengan sub spesialisasi tulang belakang atau spine surgery. Karena permasalahan di tulang belakang tersebut cukup komplek dan rumit dimana didalam rongga spina vertebralis tersebut berjalan syaraf spinal yang akan keluar cabang-cabangnya di setiap persambungan tulang belakang tersebut. Jepitan syaraf bisa terjadi , perkapuran sendi bisa terjadi stenosis rongga spinal bisa terjadi , tulang yang tumbuh tajam di antara sendi dapat terjadi dll. pemeriksaan yg lengkap seperti ct tulang belakang , MRI dll perlu dilakukan pada kasus anda tks.

      Hapus
  36. Malam dok,sy mw konsul,anak sy 2th 3bln baru saja jatoh dari 2 anak tangga dan kepala belakang terbentur lantai dan langsung keluar darah dari hidung,krn panik sy lansung bwa ke igd,tp dr igd tdk menyarankan untuk scan kepala krn mimisan hnya sekali dan tdk berkelanjutan serta aktif,plg dari rs memang anak sy aktif,yg jd pertanyaan apakah sy tetep perlu melakukan scan untuk anak saya.?dan bahayakah kasus pd anak saya untuk perkembangan selanjutnya mengingat mimisan yg terjadi wlp tdk disertai penurunan kesadaran atau pun muntah,mohon jawababbya dok,krn sy msh cemas.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas firman ...anak anda baru saja jatuh dari tangga dan bagian belakang terbentur serta berdarah dari hidung atau mimisan.dan saat ini mimisan sudah berhenti serta telah di bawa ke dokter IGD . Jika saat ini andak anda masih aktif dan tidak ada muntah serta gangguan kesadaran sebaiknya anda tidak perlu cemas karena malam ini yang penting anda selalu awasi anak anda , jika anak tidur dengan baik dan tidak gelisah awasi saja jika keadaan berubah jadi gelisah nantinya maka anda mesti segera kembali ke igd lagi . pemeriksaan CT scan yg tidak sesuai indikasi tentu juga tidak baik karena radiasi yang akan mengenai tubuh anak anda mesti di waspadai juga .

      Jika dalam 2 mgg nantinya kepala anak anda mengalami sakit yang makin hebat dan keluhan-keluhan lain yang meningkat mungkin pemeriksaan ct scan dapat di pertimbangkan kembali ...tks

      Hapus
  37. Selamat pagi doct. Saya zee dari sabah, ada berapa soalan untuk doct. Pada malam jumaat suami sy telah mengalami kecederaan di bahagian kepala. Dan setelah dibuat ct scean terdapat pendarahan dan retakan bhagian depan kepala. Walaubagaimanapun menurut pakar bedah, suami tidak perlu melakukan pembedahan kerana keadaan suami nampak baik.. Dia dibenarkan pulang jam 8.30 pagi.. Apa yang merisaukan, tiba di rumah suami telah muntah, dia muntah dalam jam 10 pagi, dan ke esokan pula jam 5.30 pagi hari sabtu, dan hari ne hari minggu 2 mac 2014 jam 10.30 muntah lg sekali. Apa yang perlu saya lakukan. Sumi kerap rasa mengantuk, pening2, dan rasa seperti mahu muntah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya zee dan salam kenal , anda tinggal di sabah malaysia . Suami anda mengalami kecelakaan lalu lintas dan mengalami benturan pada kepala bagian depan anda sudah bawa suami anda ke dokter bedah dan telah di lakukan pemeriksaan head CT scan dengan hasil ada perdarahan dan retakan pada tulang kepala bagian depan. namun secara mata langsung terlihat kondisi suami nampak baik.kondisi suami anda sudah berulang kali mengalami muntah dan sakit kepala.

      Perlu kami gambarkan bahwa cedera kepala adalah permasalahan yang serius artinya meski dirawat di rumah anda harus berhati-hati apalagi dari CT scan kepala tanpaka adanya perdarahan dan garis fraktur . Mungkin pada saat dokter anda memeriksa perdarah masih berlangsung dan yang terbaca oleh ct scan adalah x ray pada saat itu , setelah itu siapa yg tahu kan. jika jumlah darah sedikit misalnya < 20 cc sehingga tidak menggeser garis tengah brain menurut ct scan dokter akan berpikir masih baik prognosanya. Namun setelah itu tentu tidak bisa di prediksi. fraktur pada tulang tengkorak kepala menggambarkan kerasnya benturan yang terjadi . Jika kondisi seperti ini saya lebih anjurkan anda untuk kembali ke ahli bedah kembali untuk kontrol dan evaluasi . Jika di perlukan di lakukan screening ulang dengan pemeriksaan ct scan kepala ulang. Dengan alasan bahwa anda benar-benar khawatir dan takut jika menghadapi situasi ini di rumah.

      Kami lebih cenderung menganjurkan anda untuk konsultasi ke ahli bedah syaraf atau neurosurgeon di kota sabah , mungkin lebih mambantu tks

      Hapus
  38. Dok saya frahesta. saya ingin bertanya, baru saja teman saya 18th jatuh dikamar mandi dan kepala bagian belakang terbentur cukup keras dan sempat hilang kesadaran, kepala dan tulang belakangnya terasa sangat sakit dan dia mengalami amnesia sesaat, Bagaimana pendapat dokter?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb , selamat malam dan salam kenal ya frahesta ,teman anda usia 18 tahun mengalami benturan keras dan terbentur pada bagian belakang . ada riwayat amnesia atau lupa sebelum atau sesudah kejadian ? dan kejadian sudah berapa lama ? jika ada riwayat kesadaran menurun dan sakit kepala hebat di sertai muntah sebaiknya dilakukan pemeriksaan CT scan kepala..head CT scan. kemungkinan yang didapat dari ct scan kepala adalah adanya oedem pada sisi benturan , patah atau retak pada tulang kepala , atau adanya perdarahan serta lokasi dari perdarahan tersebut. tks. Dan apakah anda sudah berkunsultasi ke ahli neurologi atau ahli bedah ? tks

      Hapus
  39. Assalamualaikum wr wb, selamat pagi dok mohon saran 4 hari yang lalu tepatnya tgl 13 Maret 2014 anak saya 4 thn disekolah didorong temenya kepalanya terbentur ujung pintu robek dan berdarah saat kejadian saya tidak ada ditempat lalu dibawa ke puskesmas dan ditindak dengan jahitan 3 saya khawatir efek beberapa tahun kedepan tindakan apa yang harus saya lakukan pada anak saya karena hingga saat ini kami masih belum melakukan apapun karena menunggu hingga senin tgl 24 Maret 2014untuk buka jahitan saat ini anak kami tidak ada keluhan dan anak kami beraktifias seperti biasanya mohon saran dan tindakan apa yang harus kami lakukan terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr.wb. selamat malam dan salam kenal ya mbak cici , anak anda memgalami benturan dan mengalami luka serta telah di jahit . Kondisi anak anda saat ini baik dan telah beraktifitas seperti biasa. Jika secara klinis tidak di jumpai adanya keluahan hebat seperti nyeri kepala hebat , muntah atau gangguan kesadaran. secara teoritis anda cukup awasi ketat di rumah , sampai dijumpai adanya tanda-tanda diatas. bisa saja di awasi untuk waktu yang panjang sampai diatas 1 bulan.Karena pernah kita menjumpai perdarahan yang berlangsung sedikit-sedikit.dan baru mulai ada keluhan setelah 1 bulan dari saat terbentur. Namun pada anak jarang kita jumpai perdarahan yang lama seperti diatas.

      Pemeriksaan ct scan kepala adalah yang paling informatif dan paling logis dilakukan untuk diagnosa pasti kelainan di rongga kepala.Jika anda khawatir bisa saja anda meminta dokter untuk melakukan pemeriksaan head ct scan. Namun saya yakin keputus dokter tentu sangat rasional jika tidak melihat adanya indikasi pemeriksaan ct scan kepala. tks

      Hapus
  40. Assalamualaikum wr wb, selamat sore dok. mohon masukannya, nenek saya dari hari Rabu malam hingga saat ini sedang tidak sadarkan diri di RS, hasil keseluruhan bagus, hanya saja sebelumnya memang kadar glukosanya rendah dan tekanan darahnya tinggi, tp saat ini kondisi beliau sudah stabil tapi belum juga sadar. CT Scan pun sudah dilakukan, dan hasilnya pun baik. Pertanyaan saya, apabila saat CT Scan tidak ditemukan kejanggalan apapun atau bisa dikatakan hasilnya baik, apakah perlu dilakukan MRI?
    Mohon penjelasannya.. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb ..selamat malam dan salam kenal ya..nenek anda sudah mengalami koma sejak 6 hari yang lalu dan telah di lakukan perawatan di rumah sakit serta di lakukan pemeriksaan head ct scan . nenek anda penderita hypertensi dan mungkin juga menderita diabetes melitus.Memang mesti anda pahami bahwa banyak hal yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesadaran apalagi pada orang tua yang sangat sensitif terhadap perobahan sistemic seperti kadar gula yang tinggi atau drop terlalu rendah , kadar elektrolit tubuh yang terganggu , hypertensi yang secara umum adalah menggambarkan sumbatan-sumbatan pada hampir seleruh pembuluh darah yang disebabkan oleh hypertensi dan di perberat juga oleh diabetes stroke sumbatan atau stroke akibat perdarahan di otak adalah salah satu saja dari penyebab orang tidak sadarkan diri.
      jadi ct scan akan membaca kondisi pada saat itu untuk melihat apakah ada darah , abses atau iskemic yang terjadi jika sudah cukup lama.

      mungkin kami perlu tahu kapan dilakukan pemeriksaan head ct scan pada nenek anda ? iskemik yang sedang berlangsung atau baru terjadi bisa saja tidak terlihat pada ct scan saat ini tapi beberapa hari berikutnya baru bisa terlihat.

      Berdasar pengalaman kami untuk cedera kepala sensitiftas ct scan dengan MRI hampir sama namun secara eviden base yang true kami juga kurang punya pengalaman . sebab di senter 2 yang ada selama ini untuk cedera kepala ct scan cukup baik untuk mendiagnosa penderita gangguan kesadaran.

      Namun ggn kesadaran akibat kadar gula yang terlalu rendah atau terlalu tinggi , ggn elektrolit atau infeksi yg hebat seperti sepsis tentu tidak terdeteksi secara spesifik dengan ct scan ..tks

      Hapus
  41. Assalamu alaikum wr.wb. selamat malam dok,
    Saya Fitri, sekitar dua minggu yang lalu saya mengalami kecelakaan motor dan sempat hilang kesadaran, saya sadar setelah berada di puskesmas. Kepala bagian belakang-kanan saya benjol & benjolannya besar, sekarang mulai menyusut tetapi masih ada benjolan. Saat dirujuk ke rumah sakit keluarga saya ingin dilakukan tindakan ct scan tetapi tetangga saya yang kebetulan bekerja di rumah sakit tersebut mengatakan tdk usah karena tdk ada masalah. Jadi saya segera di bawa pulang. Namun sebagian teman saya menyarankan untuk pemeriksaan ct scan kepala karena ditakutkan belakangan dapat mempengaruhi saraf. Bagaiamana menurut pendapat dokter? mohon pencerahannya. terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak fitri...anda mengalami cedera kepala dan tidak sadar . kami belum mendapat informasi bagaimana keadaan anda saat ini ? anda mengalami pingsan berapa lama ? memang anda secara individual berhak untuk mendapatkan pemeriksaan yang canggih untuk mengetahui kondisi isi rongga kepala setelah mengalami trauma. sedang dokter tentu melakukan pemeriksaan atas indikasi medis. Jika saat ini anda masih merasa kurang enak terutama pada bagian kepala anda bisa meminta dokter untuk melakukan pemeriksaan head ct scan. coba berkonsultasi dengan dokter spesialis neurology atau dr bedah syaraf . semoga penuturan anda yang mengalami riwayat pingsan dan nyeri kepala yg hebat dapat sebagai indikasi medis untuk melakukan pemeriksaan head ct scan tks

      Hapus
    2. Selamat malam dok, salam kenal. Saya Melva seorang mahasiswa. 2 hari yang lalu, sebuah besi terjatuh dan mengenai kepala saya bagian belakang sebelah kiri persis dibelakang telinga. setelah dilihat, ada memar dengan warna merah samar. Setelah itu saya pusing namun sadar penuh dan tidak muntah. Apa penyebab pusing-pusing yang saya alami yah dok, ada teman yang mengatakan kemungkinan pusat keseimbangan di telinga saya yang terganggu, benarkah demikian?terimakasih banyak dokter

      Hapus
    3. Selamat malam ya melva dan salam kenal >>>terima kasih udah menyambangi blog kami , anda mengalami cedera kepala akibat benturan di belakang . Seberapa keras mekanisme injurinya ? maksudnya besar dari besinya karena ini akan sangat berpengaruh..Memang benar pada telinga tengah ada pusat keseimbangan..Namun mesti kita sadari bahwa benturan pada kepala sangat tergantung pada mekanisme benturannya. Karena otak kita adalah benda yang sangat lembut dan sangat rawan terhadap goncangan.

      Benturan pada otak di sisi kanan akan di hantarkan ke sisi kiri , bahkan sering malah bengkak dan perdarahan yang terjadi pada counter coup atau pada sisi yang berlawanan bisa lebih berat dari sisi yang mengalami benturan . Dan mesti di ketahui bahwa efek hantaran ini akan berbeda pada benturan di tempat lain..tks

      Hapus
  42. Selamat malam dan salam kenal ya mas jumadiansyah, mohon maaf agak telat merespon pertanyaan anda ...anak anda usia 1,5 tahun sudah mengalami pingsan berulangkali ( 3x red) . Keadaan pingsan yang terjadi tiba-tiba tentu akan sangat membingungkan anda dan keluarga apalagi yang terjadi secara tiba2. Biasanya keadaan gangguan kedaran di otak bisa terjadi oleh berbagai sebab . Bisa karena hantaran listrik otak yang kurang baik seperti epilepsi , ini khas dengan riwayat trauma pada kepala atau kelainan bawaan.Bisa juga karena otak mengalami kekurangan oksigen yang akut atau kronik oleh berbagai sebab bisa karena gangguan hantaran , saluran atau memang kadar oksigen yang rendah akibat rendahnya hemoglobin di darah . Bisa juga oleh karena berkurangnya aliran ke otak oleh proses steal syndrome atau syndroma curi oleh pembuluh darah lain .

    Semua itu mesti di cari penyebabnya secara teliti dan melalui proses yang bertahap tentunya.. Pemeriksaan ct scan kepala boleh juga di lakukan meski juga pada anak usia 1,5 tahun. Efek negatif sangat individual dan jika masih dalam dosis radiasi yang standar tidak masalah , asal tindakan ini dilakukan atas indikasi medis. Tindakan CT angiografi juga dapat dilakukan untuk melihat gambaran aliran darah . Coba konsultasikan segera kasus anak anda dengan dokter anak terdekat atau dokter neurologi anak , maaf jika boleh tahu dimana anda berdomisili..? tks

    BalasHapus
  43. selamat siang dok,,,, saya zanu saya mau tanya dok kemaren istri saya jatuh terpeleset dan kepala bagian belakang tebentur lantai.. setelah itu istri sya langsung pusing dan muntah 1x, tapi beberapa hari pusing nya itu belum sembuh tambah lagi bagian leher jadi kaku katanya sakit untuk di gerakin,,, terus perutnya sama juga,,, dan matanya juga sakit katanya sakitnya kaya bengkak tapi tidak bengkak,,,,

    dok apakah saya perlu melakukan CT scaan dok?, makasih dok sebelumnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...mas zanu...istri anda terpeleset dan terbentur bag belakang kepala , pusing dan muntah beberapa hari makin meningkat diserta rasa bengkak pada seluruh tubuh, sebaiknya anda konsultasi dengan dokter bedah syaraf atau dokter bedah , jika gejalanya semakin menghebat tidak ada salahnya anda mohon izin untuk dilakukan pemeriksaan CTscan ke dokter bedahnya . Karena melihat gejalanya bisa jadi ada hal-hal serius yang akan terdeteksi dengan cepat nantinya tks

      Hapus
  44. Selamat malam dok,,, saya adi 20 thn mau tanya 3 bln yg lalu tgl 1 januaari saya mengalami musibah benturan tepat dikepala atas kening saya,, pada saat kejadian saya tdk mengalami muntah" ataupun kehilangan kesadaran, tp waktu itu dri hidung keluar darah dan setelah kejadian saya langsug berobat ke dokter, stlh kejadian sayamengalami kaku leher selama 1 bln,, setelah diberi obat saya tidak mengalami pusing" hanya saja saat melihat ke langit" bagian pangkal leher saya sedikit nyilu hingga sekarang,, oiya karna saya hobi olahraga 1 bln stlh kejadian saya langsung berolahraga berat seperti biasa saya lakukan, sprint 100m, push up joging 3km, tidk mengalami gangguan berarti, tp sekitar 1 minggu saat berolahraga sprti yg biasa saya lakukan hanya dibagian push up pada saat hitungan ke 30 tiba" kepala saya sakit sebelah kanan berdenyut" hebat tp tidak sampai 1 menit hilang, padahal sebelumnya bisa sampe 50 tanpa masalah di beberapa hari sebelumnya, ketika saya lanjut ke angkat barbel tidk mengalami pusing" tersebut,,

    Saya bingung dengan kejadian yang saya alami dok, tentang apa yg hrus dilakukan dn apakah harus melakukan ct scan? Saya tidk mengalami gangguan lain selain yg saya sebutkan, apakah ini efek trauma dr benturan yg terjadi sebelumnya, makasih dok sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mas adi , anda mengalami benturan pada kepala dan pusing namun tidak muntah dan pingsan. Saat ini sudah berlangsung kira - kira 3 bulan yg lalu. dan saat ini anda telah berlatih kembali tanpa ada keluhan yang cukup berat kecuali saat 1 mgg yg lalu saat anda push up dan kepala anda tiba-tiba mengalami saki sebelah .

      Mungkin anda perlu melakukan olahraga dengan endurence yang di naikkan secara bertahap jika telah anda lakukan demikian tapi rasa pusing pada kepala anda masih terasa maka mungkin pemeriksaan ct kepala kontras atau ct angiografi perlu dilakukan untuk melihat kelainan jaringan otak atau pembuluh darah di otak..tks

      Hapus
  45. Pagi dokter. Saya mau tnya.. 2 hr yg lalu anak saya umur 8bln br aja jatuh dr tmpt tidur & posisi jatuhny telentang. Bgitu jatuh anak saya langsung nangis & saya periksa2 tdk ada bagian yg sakit,lebam atau lecet.. perilakuny pun normal sperti biasany smpe 3hr ini. Tp terus saya amati&di hr yg sama stlh jatuh dibelakang kpalany diatas leher ada benjolan kecil. Saya pencet dia tdk ksakitan udh saya ksh trombopop tetep msh ada..

    saya jd khawatir takut tjadi penggumpalan darah... tp anak saya sampai saat ini tdk menunjukkan gejala2 yg aneh. Saya hrs gmn ya dok? Apa hal tsb hrs di ct scan? Smntara ct scan dmpakny sangat buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya mbak dyan ...anak anda usia 8 bulan, terjatuh dari tempat tidur 2 hari yg lalu , anak anda langsung menangis sampai hari ketiga anak beraktifitas seperti biasa . Namun saat ini anda meraba ada benjolan kecil yang tidak sakit.

      Dari penuturan anda kami merasa yakin bahwa anak anda mengalami benturan yang menimbulkan goncangan ringan pada isi rongga otak. , apalagi anda telah memeriksakan ke dokter dan tidak di jumpai adanya lebam atau luka lecet. Kata kuncinya jika anak beraktifitas biasa tanpa sakit , pingsan dan muntah ada baiknya ada sedikit bisa bernafas lega. dan biasanya untuk kasus seperti ini anda bisa melakukan pengawasan terhadap gejala@ di atas di rumah . Jika ada di jumpai tanda 2 di atas maka segera di lakukan pemeriksaan ke RS / igd .

      Mengenai benjolan pada leher menurut hemat kami bisa jadi benjolan itu sudah ada sebelum kejadian. Menurut pikiran dan pengamatan kami bahwasanya anak anda belum meiliki indikasi untuk dilakukan pemeriksaan ct scan secara medis dan ini sesuai dengan apa yang telah di sampaikan oleh dokter yg memeriksa anak anda sebelumnya. .

      Efek dari ct scan adalah radiasi yang tentu walau sekecil apapun adalah tidak baik untuk anak, jadi kalau tidak ada indikasi secara medis lebih baik anda menunda untuk melakukan pemeriksaan tersebut...tks

      Hapus
  46. Dear Dokter..

    Saya mau bertanya, kemarin saya terpeleset dan jatuh, karena kejadiannya begitu cepat yang saya ingat benturan di kepala cukup kuat karena pandangan saya seperti muter, saya pejamkan sejenak lalu saya bangun karena sebelumnya saya berniat menolong anak saya yang juga terpeleset karena adanya bocor di rumah pada lokasi yang tidak biasa.
    Anak saya menangis dan tidak lama sudah ceria kembali. untuk anak saya tidak ada muntah dan gejala lain yang mengkhawatirkan.
    Untuk saya nya sendiri langsung di bantu orang rumah untuk rebahan di kasur tanpa bantal, 1 jam kemudian setelah agak tenang karena saya terus terang sangat panik, saya minta di antar ke UGD. Dokter jaga yang periksa melakukan cek standard saja , tensi saya naik menjadi 130 katanya hal ini biasa karena shock/panik...dan menurutnya so far tidak ada indikasi yang mengkhawatirkan, lalu saya di beri resep obat penghilang nyeri dan vit untuk otak, yang belum saya tebus :)
    Kondisi saya sebenarnya terasa baik2 saja, hanya leher saya terasa nyeri/kaku untuk menoleh seperti otot yang ketarik, serta sikut saya yang memar berat, sepertinya karena menahan tubuh yang jatuh kemarin.
    Tidak ada muntah sama sekali.. pusingnya juga tidak terlalu mengganggu hanya perlahan2 baru dapat saya rasakan nyeri seperti memar di kepala kiri belakang (semoga tidak apa2 huuhu). Observasi 3 x 24 jam untuk pantau kondisi kata dokternya.
    Apa saya harus CT Scan Dok? terus terang saya takut untuk poses CT scan ini karena saya phobia ruang tertutup (kalau tidak salah kita di masukan ke dalam kapsul gitu kan ya dok kepala nya?)
    Mohon pendapat dokter dan perawatan seperti apa untuk pasca cedera kepala seperti saya ini.

    Terima kasih Banyak Dok, blog ini sangat bermanfaat semoga bisa terus memberi pencerahan...

    Wassalam,
    Riri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mbak riri di jakarta, anda mengalami kecelakaan dan terjatuh sejak beberapa hari yang lalu saat menggendong anak akibat lantai yang licin di rumah..anda mengalami rasa pusing tapi tidak muntah.sementara anak anda menjerit kesakitan dan setelah itu berlaku biasa lagi.

      Anda sudah ke ugd rs dan sudah jumpa dokter jaga serta telah di beri obat meski belum di ambil..ada nyeri pada leher belakang dan memar..

      Memang permasalahan utama anda adalah benturan pada kepala yang keras dapat menyebabkan goncangan pada komponen jaringan syaraf diotak..tergantung daerah yang terbentur . Dikepala belakang adalah daerah batang otak atau medula oblongata yang sangat berbahaya jika terbentur , lalu mengalami bengkak dan berdarah.. namun mesti di ketahui kondisi rawannya akan terjadi sangat cepat .

      Untuk kasus anda yang telah berlangsung cukup lama 3 hari dengan gejala yang makin berkurang tentu kecil kemungkinan suatu perdarahan. Jika boleh kita membuat assumsi kepala dan otak kita ini seperti agar-agar di dalam mangkok jika mangkok di pukul atau di benturkan maka otak akan terguncang dengan kuat yang terjadi tentu agar-agar akan pecah atau mengembung . Jika otak kita terbentur dan robek maka perdarah bisa terjadi , namun jika masih utuh maka jaringan otak akan membesar atau bengkak , nah ini akan menimbulkan tekanan yang meningkat pada rongga yang statis maka akan terjadi peninggian tek dalam otak dan muncul rasa mual , muntah , nyeri yang hebat dan disertai dengan penurunan kesadaran pada kasus yang terus berlanjut.

      Jika saat ini keluhan anda mulai berkurang yang perlu anda lakukan adalah wait and see dan anda mesti melakukan observasi sendiri terhadap ketiga gejala di atas jika terjadi trend peningkatan gejala sebaiknya segera anda konsultasikan lagi dan mungkin indikasi medis telah ada bagi anda untuk melakukan pemeriksaan ct scan. Jadi jika sudah ada indikasi medis maka pemeriksaan ct scan harus dilakukan. o ya..ruangan c t scan tentu tidak seseram yang anda bayangkan..tks

      Hapus
  47. Wah terima kasih atas jawabanya Dok,
    Kejadiannya sampai dengan hari ini memasuki 2x24 jam..
    besok jam 3 sore masuk waktu 3x24 jam... hehe..semoga semua semakin membaik.
    Rencananya saya akan konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter Syaraf di hari Senin atau Selasa :)

    Terima kasih banyak atas pencerahanya ya Dok :)

    Wassalam,
    Riri

    BalasHapus
  48. Malam pak dokter.. Saya selling,33th.
    Td malam anak saya 1,5th terjatuh terbentur kepala belakang.. Pas terjatuh lgsg nangis,, keras sambil diikutin ngamuk, dan muntah2.. Lumayan banyak.. Kejadiannya jam 11 mlm,anakku terakhir mkn mlm jam 7.30 mlm... Haruskah di bawa ke rs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya selling ...anak anda terjatuh dan mengalami benturan pada bagian belakang kepala ...usia 1 tahun 6 bulan , saat jatuh langsung menangis kuat dan di ikuti muntah 2 yg banyak , saat ini bagaimana kondisinya ? karena jika kesadaran anak baik dan bermain seperti biasa menurut saya cukup dia wasi di rumah untuk observasi namun jika anak sering merengek dan gelisah disertai dengan muntah yang terus berlangsung mesti anda konsultasikan ke dokter anak atau ke igd.

      Hapus
  49. Dok,anak saya perempuan umur 4 bulan 1 minggu tadi pagi kepentok selot pintu pada saat saya menggendong hendak memindahkan anak saya yang tengah tidur dikamar orang tua menuju kamar saya. Ketika hendak melewati pintu kamar orangtua tua anak saya yang tengah tidur terpentok selot pintu tampaknya terkena di kepala sebelah kIri yg letaknya tepat dibagian kepala dibelakang telinga bagian atas karena dibagian situ merah dan benjol.. Saat kejadian anak saya yang tertidur langsung menangis keras. Ketika menangis saya langsung beri susu botol dan ia tertidur lg. Yg menjadi pertanyaan saya mengingat anak umur 4 bln tulang2nya masih pada lembek, apakah saya harus ke dokter dan apakah kejadian tsb dpt mempengaruhi perkembangan anak saya dimasa mendatang? Satu jam setelah kejadian saya coba tekan bagian yg terpentok tadi bbrp kali, pertama ketika anak saya tidur dia tidak menunjukkan reaksi kesakitan, yang kedua ketika anak saya menyusu lagi saya tekan dan tidak menimbulkan reaksi kesakitan juga, dan merah pada bagian tersebutpun sudah hilang (ketika dicheck satu jam kmudian) namun jika diraba masih terdapat tekstur tebal spt keras (masih benjol mgkn). Ukuran benjolnya sekitar sebesar uang logam seratus rupiah.. Mohon jawabannya soalnya sy parno bgt..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya zahra..kepala anak anda terbentur dan mengalami hematom pada sisi kiri , dan anak anda langsung menangis , saat ini sisi yang mengalami benturan masih bengkak dan terasa sakit . benjolan sebesar coin uang seratus rupiah ...kami turut prihatin dengan kejadian tersebut , dan melihat gejala dan proses perkembangannya , menurut hemat kami anda cukup mengawasi perkembangan anak dalam 2 x 24 jam jika kondisi stabil anak tetap ceria dan bermain , serta anak dapat tidur dengan baik ...cukup dilakukan pengawasan saja di rumah , yang perlu di awasi jika anak berobah rewel dan selalu menangis tanpa sebab yang jelas , muntah berulang-ulang dan anak diam saja , mungkin itu saat nya anda harus konsultasi ke dokter anak tks

      Hapus
  50. assalamualaikum
    siang dok...
    saya mau nanya ...
    kepala saya kejedot pintu pada saat mau naik angkot dan langsung mimisan dan pada waktu itu kepala saya pusing banget . ....
    kira kira kenapa ya dok.?
    mohon solusinya dok...
    terimakasih
    wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb dan salam kenal ya...anda mengalami benturan pada kepala saat naik angkot dan mengalami pusing serta mengalami perdarahan pada hidung. Mungkin mesti anda informasikan bagian mana dari kepala anda yang mengalami benturan dan seberapa kuat. sebab benturan pada kepala bag atas dengan kekuatan sepertu itu tentu tidak berhubangan dengan cedera pada dasar tengkorak atau hidung. Lalu sudah berapa lama keadaan ini terjadi ? kami perlu informasi berapa lama dan bagaimana kondisi anda terakhir ? tks

      Hapus
  51. Selamat siang dokter, saya usia 19 th. sebulan yang lalu ubun-ubun saya terbentur kusein pintu dari semen, hampir saja pingsan karena memang sakit sekali. beberapa hari kepala saya pusing. lalu pusingnya hilang. belakangan ini pusingnya muncul lagi disertai mual-mual dan hampir setiap hari. rasanya seperti melayang-layang hilang kesadaran tp tidak pingsan, sering melamun, dan mual-mual. mohon jawabannya dokter. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda sering mengalami pusing setelah benturan pada ubun-ubun kepala 1 bulan yang lalu..disertai mual dan muntah..melihat keluhan anda sepertinya ada memar otak atau peninggian tekanan di dalam rongga kepala yang masih berlanjut oleh karena pertambahan volume seperti oedem pada otak. sebaiknya anda konsultasikan keluhan anda ke ahli bedah syaraf atau otak dan mungkin di perlukan pemeriksaan ct scan kepala atau MRI kepala tks.

      Hapus
  52. Assalamu'alaikum Dok,, salam kenal ..... ada yang mau saya tanyakan tentang putri kecil saya Dok yang sekarang usianya menginjak 18 bulan. Di usianya yang sekarang ini dia masih belum bisa duduk apalagi berjalan, menurut saya konsentrasinya juga kurang karena kalau di beri benda dideoannya dia tidak ada respon sama sekali seolah-olah dia tidak melihat apa-apa dipanggilpun juga begitu. saya pernah ke dokter syaraf katanya tidak apa-apa trus ada yang menyarankan untuk di CT SCAN. sebenarnya putri saya ini kenapa ya Dok ???? apa perlu di CT SCAN ??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb selamat siang dan salam kenal ya evi..anak anda usia 18 bulan , namun pada usia sekarang anak anda belum bisa duduk apalagi berjalan , kurang respon melihat dan mendengar . anda sudah ke ahli bedah syaraf dinyatakan tidak ada kelainan.

      Dari penuturan diatas kami ingin menegaskan kembali apakah memang anak anda tidak bisa mendengar atau melihat ? atau mungkin pendengaran dan penglihatan anak normal hanya beliu tidak merespon , tidak peduli karena asik bermain sendiri atau nonton tv. Jika ada gangguan penglihatan dan pendengaran itu adalah permasalahan yang sangat sulit . karena orang yang tidak melihat akan mempunyai kelebihan pada pendengarannya. Coba anda periksakan ke dokter mata . namun jika anak tidak peduli dan asyik sendiri ini di bagian anak atau pediatri disebut dengan autism. Nah keadaan ini memerlukan penanganan yang serius.

      Coba anda konsultasikan keadaan ini ke dokter anak , agar tidak salah target pengobatan , lalu mengenai kemampuan anak yang kurang mampu untuk duduk dan berdiri sebaiknya anda periksakan dan konsultasikan ke ahli anak khusus tumbuh kembang anak , sebab mencari penyebab perlu waktu yang panjang dan pemeriksaan yang beragam , jika anda tidak keberatan di mana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  53. siang dok,
    butuh sharing n masukanny ya bun, baby ku umur 7 bln, jatuh dari tmpat tdr sktr 60cm, pas jatuh nangis, gak ada gejala muntah, gak ad keluar darah, gak demam, gak rewel, masih aktif kayak biasa, dan sudah 5 hari tidak ada gejala berbahaya, tetapi yang jadi masalah, di bekas jatuhnya di kepala atas kanan bukan benjol memar yang muncul, melainkan tulang kepalanya agak masuk ke dalam, seperti pesok kaleng remuk, ukurannya bulat tidak terlalu besar. Aku bawa ke dokter, kata dokter tidakn ada masalah, tetapi d suruh ct scan takut ada masalah pendarahan d dalam saraf. Menurut bunda smua bagaimana yah. Apa ada yg pernah mengalami seperti baby saya.
    Terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya ...bayi anda usia 7 bulan terjatuh dari tempat tidur setinggi 60 cm... menangis , tidak muntah dan aktif sampai sekarang . Namun dari pemeriksaan anda merasa yakin adanya permukaan tulang cranium kepala anak anda yang masuk kedalam seperti kaleng remuk atau disebut dengan impressio frakture. apakah head ct scan sudah dilakukan ? jika belum sebaiknya dilakukan pemeriksaan head ct scan terlebih dahulu untuk memastkan tidak ada perdarahan intra cranial , oedem dan pendorongn garis tengah otak . atau memastkan tidak adanya serpihan tilang yang tajam dan akan menusuk jaringan otak nantinya..

      Kasus impresio fraktur bukanlah kasus yang jarang atau langka artinya banyak dialami manusia dan dari segala usia. Ahli bedah atau ahli bedah syaraf sering melakukan operasi jika ada indikasi yang berpotensi untuk membahayakan nyawa , maka pilihan tersulit tentu mesti di ambil . Meski secara klinis bayi anda tampak baik saja. jadi pastikan lebih dahulu kemungkinan yg membahayakan tadi .

      oh ya dimana anda berdomisili ? salam dari kami >>dr ramzi tks

      Hapus
    2. Mlm dok,
      Saya akan melakukan head ct scan besok pagi, dan saya jg sudah konsultasi kepada 2 dokter berbeda yg menyarankan untuk dilakukan ct scan. Dan menurut ke2 dokter mengatakan bahwa kemungkinan besar tidak terjadi pendarahan karena tidak ada gejala tersebut selama 5 hari sejak kejadian. Seandainya terjadi pendarahan dok, berapa lama gejala tersebut baru muncul dan apa gejalanya. Kalau dilakukan bedah saraf, bedah seperti apa yg akan dilakukan dok, dan apa pengaruhnya bagi tumbuh kembang bayi?
      Saya berlokasi di Jakarta dok.
      Terima kasih banyak Dok.

      Hapus
    3. Selama pagi ya ... sebaiknya memang dilakukan ct scan saya juga setuju..Kita tidak bisa pastikan , perlu juga anda ketahui bahwa tulang kepala anak usia 1 tahun masih belum menyatu dengan baik (kuat ) sehingga relatif lebih lentur , nah jika ada benturan yang menyebabkan bagian tulang masuk kedalam tentulah tekanan akibat benturan itu begitu kuat. Memang perdarahan sangat jarang terjadi pada cedera kepala anak , namun cedera massa otak baik white dan gray matter mesti di pertimbangkan beserta saluran cairan otak , jika nantinya ada inflamasi atau radang yang akan menjadi masalah ikutan dalam tumbuh kembang anak. Bedah syaraf tentu tergantung temuan dari ct scan , namun melihan aktifitas anak tentu besar harapan anda dan kita semua tidak menggambarkan adanya temuan yang buruk. sebaiknya anda konsultasikan dan gali informasi sebanyak mungkin agar perkembangan anak anda tidak terganggu ..tks

      Hapus
  54. Selamat pagi dok.
    Saya mau tanya dok. Anak saya umur 4 tahun kemarin sore jam 16.30 jatuh dari tangga setinggi 2meter, kepala belakang sebelah kanannya ada benjolan besar. Setelah jatuh anak saya nangis keras dok, kemudian saya bawa ke tukang urut untuk di urut badannya.sehabis di urut anak saya minta tidur. Dari jam 17.00 sampai jam 18.30 anak saya tidur, bangun tidur anak saya pusing dan muntah-muntah. Habis muntah saya kasih obat muntah dan saya kasih makan lagi. Setelah makan anak saya minta tidur lagi. Sampai sekarang belum saya bawa ke Rs. Apakah anak saya harus ct-scan dok. Tolong masukannya doc?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya yudi...anak anda usia 4 tahun terjatuh dari tangga setinggi 2 meter kemaren sore .Pagi ini bangun tidur mengalami pusing dan muntah-muntah.dan selalu mengantuk . mohon maaf ya jika boleh kami tahu di daerah mana anda berdomisili ?

      Bagaimanapun kondisi orang yang mengalami trauma apa lagi pada kepala , sebaiknya jangan tidak dilakukan tindakan - tindakan pijit , massage , urut dll sebagainya , karena akan menyebabkan kondisi cedera kepala yang makin berat Jika kondisi anak , diam dan tidak seperti biasanya disertai muntah dan pusing maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan head ct scan . Kami khawatir ada sesuatu yang mesti diwaspadai..di dalam rongga kepala anak anda...tks

      Hapus
  55. Selamat malam dok, tadi pukul 23.00 kakak saya berumur 35tahun jatuh. Pertama ibu saya didapur melihat banyak air tergenang gara2 lupa mematikan kran air,lalu ibu saya memanggil kakak saya. Kakak saya kaget dan lansung berlari ke dapur. Terus dia terpeleset karena dia ga tau kalau dijalan menuju dapur banyak tergenang air, saya ga liat sih gimana dia pas jatohnya. Tapi pas saya lansung liat saat kakak saya teriak2 kesakitan, ternyata dia sudah dalam posisi terlentang di lantai sambil nangis2 kesakitan. Sepertinya kepalanya terbentur keras ke lantai. Waktu kami menidurkan dia di kasur,ibu saya lansung meraba pelan kepala kakak saya, ternyata kepalanya bengkak sebesar gumpalan tangan orang dewasa,lalu dia muntah dok.Suami kakakku lansung menyarankan agar dioles kepalanya pakai air jahe dan apaa gitu saya lupa. Setelah diobati, kakak saya terus bertanya-tanya ke orang orang yang menemaninya di kasur "tadi saya kenapa?" lalu kami menjawab "jatoh rin.." kakakku bertanya lagi "jatoh dimana?" "jatoh di jalan sebelum ke dapur". Kakakku terus terusan nanya kayak gitu padahal sebelumnya sudah dijawab oleh kami yang dekat dia. Itu kenapa ya dok? Saya dan keluarga sangat panik apalagi melihat dia bertanya terus, sekeluarga jadi tambah panik. Tadi sudah coba kepalanya pakai Thrombopot *gitulah nulisnya* terus sekarang dia udah tidur tapi kita sekeluarga masih ga tenang. Itu kira-kira parah banget ga dok?Baiknya gimana ya dok? Maaf kalo kepanjangan hehee karena saya panik banget ngeliat kakak saya nanya nanya terus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya yoanditha ...kimi ikut prihatin terhadap kejadian yang menimpa kakak anda ...jatuh di lantai adalah kasus yang sering kita jumpai , licin dan terburu- buru adalah kata kunci yang mesti di perhatikan..kakak anda mengalami benjolan sebesar genggaman orang dewasa di sertai dengan muntah kemudian juga mengalami lupa saat kejadian atau sering disebut amnesia ada yang lupa sebelum kejadian ( amnesia retrograde ) ada juga setelah kejadian ( amnesia antegrade ) atau dua-duanya. Melihat gejala@ diatas maka dugaan kita adalah terjadi benturan yg keras dan kuat. Untuk tahu pasti gejalanya tentu mesti dilakukan pemeriksaan oleh dokter di UGD atau di rumah sakit selain pemeriksaan fisik juga pemeriksaan penunjang . Menurut hemat kami sudah ada indikasi untuk dilakukan pemeriksaan penunjang head CT scan juga . Jadi jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan tsb ( segera). obat oles tidak banyak membantu dalam kasus bengkak seperti itu ya...tks

      Hapus
  56. Siang Dok saya Tini...saya mau tanya ponakan saya umurnya 4 tahun jatuh dr motor semalam, abis jatuh ada benjolan di kepala belakangnya....setelah jatuh dia ga muntah cuma nangis dan saya tanya dia masih jawab cuma pas sampai rumah dia muntah2...saya sudah bawa ke dokter di kasih obat tp krn dia msh muntah dan ga mau makan obatnya keluar lg...hari ini msh muntah tp ga sering.....itu gmn ya Dok apakah bahaya?skrg dia jadi lemes ga seperti biasanya..apakah perlu di ct scan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya tini..perlu kita semua pahami bahwa cedera kepala tidaklah sesederhana yang kita lihat , jadi jika tidak ada muntah saat kecelakaan tetap mesti kita awasi sampai 2 x 24 jam dan jika tampak ada gejala muntah , sakit kepala hebat dan penderita bersikap yang tidak lazim mesti di waspadai ada sesuatu yang tidak biasa. saran kami segera dilakukan konsultasi ke dokter bedah atau bedah syaraf terdekat untuk pemeriksaan dan pembuatan head CT scan . tks

      Hapus
  57. Assalamualaikum wrwb. Dok, saya mau nanya. Empat tahun yang lalu kepala saya terkena pukulan linggis yang hebat pada saat sy tertidur, mungkin sktr 3 kali pukulan. Saya sempat menjerit kuat, tetapi tidak pingsan dan tidak terjadi pendarahan. Hanya muncul benjolan/bengkak di kepala bagian atas dan samping kanan (di bagian yang kena pukulan). Paginya saya bawa ke dokter dan ditanya dokter apakah Anda pingsan, terjadi pendarahan, muntah-muntah, hilang keseimbangan dan ingatan? Semuanya tidak sy alami, hanya sakit pd kepala sy saja yg bengkak dan pd saat sujud sholat agk goyang mau jatuh/ keseimbangan terganggu. Pada waktu itu dokternya agk heran juga krn kena pukulan keras bbrp kali tapi tdk mngalami gejala yg disebutkn td. Selanjutnya kepala sy diperiksa dan dilihat oleh dokter itu dan dokter itu bilang kepala sy tdk apa2, hnya trjadi luka dibagian luar tengkorak, di bawah kulit kepala. Saya brsyukur tdk trjadi apa2. Namun, satu tahun terakhir ini kepala sy sering pusing dan migrain sampai bagian mata dan leher dan di bagian yg kena benturan itu sering nyeri walaupun tdk terlalu hebat. Apalagi kalau habis nelp pakai hp atau habis di depan komputer, sering pusing. Apakah ini efek dari benturan 4 tahun yg lalu ya Dok? Apakah syaraf2 di kepala sy ada gangguan ya Dok? Bagaimana cara pengobatannya/mengatasinya agar tdk sering pusing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb ..Selamat malam dan salam kenal ya nurul ...kami turut prihatin dengan apa yang menimpa anda dan cukup salut dengan apa yang anda alami , sebab pukulan dengan linggis adalah akan menimbulkan efek yang sangat hebat pada kepala meski hanya dengan aynan ringan , syukurlah anda sejauh ini terlihat cukup baik dan ini mesti di sadari. Dari penuturan anda kami menilai sudah cukup lama sampai 4 tahun baru memunculkan gejala pusing dan migrai.

      Disisi lain banyak penyakit yang akan memberikan gejala sakit kepala , demam , infeksi , aliran darah yang kurang baik , gangguan keseimbangan , telinga , kepala , mata dll. coba anda periksakan secara bertahap dan hati-hati untuk hunting apa penyebab pasti sakit kepala anda ya...tks

      Hapus
  58. assalamualaykum dokter
    saya mau tanya dok, bisa dijelaskan dok tentang hasil foto ronsen
    misalnya difoto ronsen kan ada bagian yg berwarna bening hitam putih dsbgainya dok
    makasi dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb , selamat malam dan salam kenal ya ramela ria...anda terlihat hobby edukasi atau pendidikan ...memang benar bahwa jika kita sering melihat foto x ray akan memberikan warna hitam dan putih saja . Kadang agak kehitaman atau agak ke putihan , buram , abu-abu dll.

      jika x ray tergambar hitam pada hsl foto nya ini sering adalah udara , shg paru - usus dan lain nya kan memperlihatkan gambaran hitam . sedangkan kulit dan otot itu tidak akan tergambar pada x ray biasa. Putih adalah gambaran cairan dan tulang . Lalu warna atau gambaran lain diantaranya itu bisa beragam dengan kemampuan ekspertise dari dokter yang membacanya tks..

      Hapus
  59. asalamualaikum dok ....mau bertanya dok....kepala saya pusing campur nglieng2 rasanya pas kumat itu mau jatuh dok kayak tidak punya keseimbangan gitu ,kadang kambuh kadang sembuh terjadi bergiliran dalam sehari2...serta badan lemas bawaanya mau tidur terus,n di bagian perut kadang rasanya nyeri kandang tidak,ini terjadi sudah 5 bulanan dok dan saya tidak punya riwayat kejadian yang menimpa di kepala dok? sebelummnya terimakasih atas jawabannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb , salam kenal ya mas kabul...Sakit kepala adalah muara atau terminal dari banyak penyakit yang menimpa tubuh kita , demam , darah tinggi , kurang darah dan lainnya akan berakhir dengan sakit kepala. Jadi jika anda tidak ada riwayat trauma dan tanpa adanya tanda-tanda peninggian tekanan di dalam rongga kepala menurut hemat kami anda belum perlu terburu minta di lakukan pemeriksaan head CT scan . Lebih baik anda konsultasikan dahulu kedokter konsultan neurology atau syaraf mengenai keluhan nyeri kepala yang anda alami. kadang rasa nyeri perut dan lemas yg anda rasakan juga menggambarkan kelainan lain di rongga perut anda coba periksakan kondisi tubuh anda ke dokter terdekat terlebih dahulu tks

      Hapus
  60. siang dok , Elisa di surabaya umur saya 18 tahun sejak kelas 2 smk saya sering mengalami sakit kepala di bagian belakang maupun di bagian samping dok ..waktu itu saya pernah jatuh hingga kepala saya terbentur keras dan saya juga sering terbentur tembok yang cukup keras
    Kemarin pulang kerja saya coba periksakan ke dokter terdekat di sby karena sering sakit typ malam atau sore harinya ...dokter tida bisa memastikan apa sakitnya cuma di kasih obat saja , tapi ketika saya minum obat tersebut saya tidak merasa enakan malahan kepala saya semakin sakit cuma saya bisa tidur lebih cepet dari yang sebelumnya ..dan 2 hari ini saya coba tidak konsumsi obat tersebut alhasil kepala saya tidak begitu sakit dok ya sakit cuma tidak terlalu ,,,
    menurut dokter apakah saya harus melakukan ct scan atau bagaimana ?
    Mohon sarannya , Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..elisa..anda sering merasa sakit di bagian belakang kepala dan samping...dan pernah riwayat jatuh serta terbentur pada kepala..anda pernah konsultasi ke dokter dan di beri obat mungkin suatu pereda nyeri.dan anda merasa nyerinya berkurang. jika boleh tahu kedokter apa anda berkonsultasi ? jika boleh kami sarankan anda baiknya berkonsultasi ke dokter neurology sehingga perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan jika di butuhkan tentu bisa di lakukan pemeriksaan head ct scan..tks

      Hapus
  61. Maaf, saya gaptek, saya membutuhkan jawaban dari :
    1. Metode apakah yang paling aman untuk pemeriksaan kepala dan otak, khususnya untuk anak kecil akibat benturan?
    2. Minimal menginjak umur berapakah seorang anak bisa menggunakan metode tersebut sehingga tidak mendapati efek samping yang negatif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak...metode pemeriksaan yang di gunakan di bidang kedokteran tentu termasuk aman karena telah dilakukan uji coba . jika kita tunjuk nama maka x ray dan head ct scan akan memberikan hasil yang berbeda dengan spesifikasi yang di butuhkan oleh dokter yang meminta..semua menggunakan sinar yang tentu memiliki radiasi namun pada kadar tertentu yang masih dapat di toleransi sesuai dosis , jika berlebihan atau jangka panjang baru perlu kewaspadaan. namun saat ini untuk cedera kepala untuk semua umur head ct scan masih jadi pilihan para petugas medis ..semua usia dapat dilakukan pemeriksaan head ct scan..tks

      Hapus
  62. siang dok saya arya,,1 tahun yang lalu adek permpuan saya pernah mengalami kecelakaan dengan benturan di kepala,pada saat itu adek saya sempat muntah2 darah dan tidak sadar selama 3hari,setalah kurang lebih 1 mungu dirumah sakit adek saya dinyatakan sembuh dan tanpa ada cedera di kepalanya,,cuman kemarin pukul 3 sore adek saya mengalamai kejang2 dan tidak sadarkan diri,,dan setelah dibawa kerumah sakit ternyata pihak rumah sakit mengatakan bahwa itu adalah efek dari kecelakaan 1 tahun yang lalu.yang mau saya tanyakan apa bener dok efek kecelakaan 1tahun yang lalu bisa kambuh lagi,,terus gimana cara penanganyanya dok,apa harus dilakukan operasi?? mohon jawaban dokter karna sampai imel ini dibuat adek saya belom sadar juga,,terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..adik anda perna mengalami kecelakaan dan pingsan dan muntah2 selama 3 hari..satu tahun yang lalu.kejadiannya dan saat ini adik anda mengalami kejang@ dan tidak sadar..kecelakaan 1 tahun yg lalu bisa saja menyebabkan kejang dan gangguan ke sadaran meski kejadiannya tidak sering. Dan untuk mengetahuinya anda mesti melakukan pemeriksaan yang lengkap dan canggih spt ct scan dengan kontras , mri atau ct angiografi. , banyak hal bisa terjadi akibat benturan yang lalu. sebaiknya anda konsultasikan keadaan adik anda ke ahli neurology atau bedah syaraf...tks

      Hapus
  63. Malem dok,
    Saya mau tnya kmren saya jatuh dr motor dgn kondisi helm terlepas dan terkna kepala. sehabis jatuh saya pusing, mual/muntah, gemetaran, dan kluar keringet dingin..
    Sekarang saya jd agak suka pusing tp tdk mual lg dan dr bagian leher ke kepala terasa nyeri dan spt kesemutan..
    Apakah itu masih wajar? Dan apa saya perlu melakukan ct scan?
    Terima kasih..

    BalasHapus
  64. Selamat sore dan salam kenal , anda mengalami kecelakaan dan mengalami sakit dan mual serta kesemutan , jika sampai 2 minggu keluhan anda masih ada atau cenderung meningkan mungkin anda harus konsultasi ke dokter bedah syaraf atau neurology untuk perencanaan pemeriksaan head CT scan..kepala..saat ini anda bisa melakukan pengawasan saja terlebih dahulu..

    BalasHapus
  65. Hallo dok, akhir-akhir ini saya mempunyai masalah dnegan kepala saya,bentuk dan stuktur tulang tengkorak saya berubah. pada bagian kiri sebelah atas telinga sambungan antar tulang seperti melebar dan membuat lekukan. pada bagian belakang seperti ada benjolan dok dan benjolan tersebut keras seperti tulang tengkorak saya, umur saya 20 tahun, apakah pertumbuhan tersebut merupakan sesuatu yang normal ataukah saya harus mengecek kondisi kepala saya, saya merasakan sakit kepala sebalah kiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya...anda mengalami benjolan pada tulang tengkorak atau tulang cranium kepala , benjolan pada tulang kepala tentu mesti di teliti sedemikian rupa apakah memang berasal dari tulang atau jaringan lunak yang menempel di permukaan tulang . pembesaran tulang yang berasal dari tulang bisa berasal dari tumor jinak dan tumor ganas tulang., jika dari jaringan lunak , pembesaran Kelenjar getah bening atau kista yang terlalu tegang. untuk mengetahui pasti tentu sebaiknya di lakukan pemeriksaan kepala anda oleh dokter jika dirasa meragukan baru akan di putuskan nantinya dengan pemeriksaan penunjang spt x ray , ct scan atau MRI..apalagi saat ini jika anda memiliki keluhan sering sakit kepala berulang tks

      Hapus
  66. Asalamualikim dokter Ramzi semoga Allah selalu memberibk esehatan kpd dokter dan kel, nama saya Achmad usia 22 tahun pria, keluhan saya sekitar maret 2014 saya mengalami demam seperti mau flu, dan keesokan harinya demamnya hilang tetapi terasa nyeri di dada kiri saya seperti tertusuk2 dari dalam, rasa itu berlangsung 2miggu dan tiba2 saya merasa sesak nafas seperti kehabisan udara. Setelah saya dibawa ke IGD saya di rontgen ekg dan cek oksigen alhamdulilah normal dan saya hanya diberi obat nyeri, setelah mengkonsumsi nya nyeri saya sudah mulai berkurang dan tetapi ketika ingin tidur malam rasa sesak itu timbul lagi. Kadang akan semakin parah jika badan saya di miringkan ke kanan.

    lalu saya putuskan kembali ke dokter spesialis penyakit dalam, dan saya di diagnosa mengidap gerd asam lambung, saya diberi obat tetap sampai obat habis tidak ada begitu perubahan.

    dan 3 hari yang lalu ketika saya saur kepala saya terasa kesemutan hebat, lalu saya tidurkan. Ketika bangun kepala masih terasa seperti kesemutan dok dan malamnya mata saya mendadak kabur tidak bisa melihat, kuping saya tersumbat seperti naik pesawat, dan tangan kanan saya terasa geli, geli sekali dari telapak sampai bahu. dan penglihatan saya juga pernah melihat semuanya menjadi warna ungu, dan kantong kemih saya yang kanan terasa sangat sakit

    Dan tadi sore saya seperti terkena serangan panik, kepala saya pusing dan kesemutan seluruh pala sampai kehidung, tangan dan kaki saya kesemutan, nafas sesak dan seperti ingin pingsan.

    lalu saya dibawa ke dokter ahli penyakit dalam dan di rekomendasikan untuk ct scan otak, menurut dokter tes apa lagi yang harus saya lakukan? Terimakasih banyak dok dan maaf jika terlalu banyak bertanya wasalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal yan ahmad...anda mempunyai keluhan yang cukup banyak dan berfariatif dan lebih sering melibatkan sisi sebelah kanan sehingga kami memprediksi kelainan anda cenderung sistemik atau menyeluruh yang melibatkan komponen syaraf yang berpusat di otak . Sebenarnya untuk basic mencari kelainan pada kepala itu cukup mumpuni , sebagai pemeriksaan awal . namun masih ada lagi pemeriksaan yang dapat di lakukan jika dengan head ct scan belum di jumpai kelaianan pada kepala anda , seperti pemeriksaan MRI , atau CT angiografi untuk melihat aliran pembuluh darah di dalam rongga otak . Namun usia anda masih sangat muda maka sebaiknya asal kelainan yang anda alami mesti dicari hingga ke akarnya agar tuntas . Sebab menurut kami timbulnya rasa kesemutan paling sering berhubungan dengan aliran darah yang kurang baik dan gangguan pada syaraf...tks

      Hapus
  67. Siang Dok..saya nita,tolong tanya dok..sbelumnya anak saya sudah batuk pilek lalu kemarin malam pkul 19.30 anak saya umur 20bln terjatuh dr tmpat tdr kira2 dr ketinggian 1mtr. Saat itu dia dlm keadaan berdiri,lalu terjatuh ke lantai posisi terlentang. bunyinya cukup keras. anak saya menangis, langsung saya angkat dan saya beri minyak banleng pada kepala bagian belakang dan saya tekan2. Stelah itu saya gendong, dan tdk mnangis lg. Saat itu dia memang sudah mengantuk wktunya tdr..tdk lama saya gendong,dia tertidur, tp tengah malam sering terjaga (hari2 sbelumnya jg bgitu dikarenakan hidungnya buntu krna flu itu td) dia sempat bilang sakit sambil memegang krpala bagian belakangnya. Paginya saya pijatkan,tukang pijatnya mengurut bagian tengkuk leher blakang dan sluruh badan (kpala tdk) katanya ada benjolan di leher blakangnya. Siang ini saya rebahkan diranjang, anak saya masi bilang sakit2, akhirnya saya gendong smpe tertidur. Anak saya tidah muntah,maupun demam dok..mau main sperti biasa
    Sebaiknya bagaimana ya dok..saya masi aja khawatir..haruskah di CT-Scan??
    Apakah hal ini dapat berpengaruh negatif di kehidupannya kelak?
    Terima kasih buat jawabannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal .ya nita..anak anda usia 20 bulan terjatuh posisi telentang ke lantai dari ketinggian 1 meter dan kondisi saat ini tidak ada muntah dan pingsan serta bermain seperti biasa . Permasalahannya anda memanggil tukang urut , sehingga bagian kepala dan leher di massage , dimana hal tersebut dapat memperberat cedera jika ada bagian yang retak atau patah seperti di tulang leher . Itu bisa memperberat cedera sehingga kami tidak menganjurkan dilakukan pemijatan. Dirumah sakit jika di jumpai adanya kecurigaan cedera kepala atau leher , mesti di pasang penyokong leher atau neck support yang rigit atau keras. tks

      Hapus
  68. Selamat malam dok. salam kenal.
    adik saya (usia 3 tahun ) terjatuh dari motor dan kepalanya terbentur. akibat dari benturan tersebut terdapat benjolan dibagian kepala belakang dan garis luka yang menyebabkan pendarahan cukup hebat. Saat dibawa ke UGD adik saya hanya dijahit lukanya dan diberikan resep obat. Dokternya tidak menyarankan untuk dilakukan CT Scan. Saat kejadian tersebut adik saya tetap sadar (nangis) dan bisa merespon pertanyaan-pertanyaan saya. setelah 13 jam ini, adik saya tidak menunjukan gejala seperti mual atau pusing hanya darahnya masih terus keluar (merembes perban) walaupun tidak sebanyak pada saat kejadian.


    Yang ingin saya tanyakan adalah, perlukah adik saya melakukan CT Scan? dan adakah akibat-akibat dari luka tersebut untuk kedepannya? Mengingat pendarahannya sangat hebat.

    Terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya aisah..adik anda terjatuh dari sepeda motor dan mengalami luka telah dijahit dan di obati. saat ini kondisi pasien baik saja dan tidak tksada gejala mual atau muntah. Jika kondisi tidak ada masalah maka tentu cukup dilakukan observasi dan pengawasansecara teliti. Perdarahan yg berasal dari jaringan lunak kepala maka perdarahan tersebut sebaiknya di kontrol dengan jahitan ulang atau dengan tekanan. pemeriksaan head CT scan dengan kondisi seperti diatas belum memerlukan pemeriksaan USG

      Hapus
  69. Salam dokter....
    Senang sekali saya bisa menemukan artikel ini.....
    Dok, sekitar 1 bulan yang lalu anak saya usia 17 bulan jatuh dari sofa dengan posisi miring. Pada saat jatuh saya tidak tahu kalo kepalanya terbentur lantai. Setelah jatuh anak saya menangis keras sekali, saya kasih asi lalu tidur sekitar 1 jam. Bangun tidur 1 jam kemudian anak saya memgang kepalanya sambil menangis. Saya langsung memgang kepala yang dia tunjuk, ternyata ada benjolan lunak sebesar koin. Saya panik, langsung saya komprea pakai es sekitar 2 jam. Habis saya kompres benjolan lunak itu masih ada, tapi dia tidak nangis kalo saya pegang, kemungkinan tidak sakit. Yang bikin saya khawatir sampai sekarang benjolan lunak itu masih ada. Saya pegang anak saya tidak bereaksi kesakitan atau menangis. Yang ingin saya tanyakan, benjolan lunak itu apa ya dok? Mungkinkah anak saya mengalami pendarahan otak? Berbahayakah dok kalau benjolan lunak tersebut tidak hilang sampai dia dewasa? Adakah obat untuk menghilangkan benjolan lunak tsb?
    Terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak mita..anak anda mengalami benturan namun kondisi saat in kesadaran penuh dan dijumpai adanya benjolan sebesar koin yang tidak berkurang setelah 1 bulan. dari penuturan anda kami berasumsi bahwa benjolan yang dialami anak anda bukan perdarahan otak atau perdarahan di dalam rongga tulang kepala , melainkan benjolan dibawah kulit dan diluar tulang atau sering di sebut sub galeal hematom..jika kecil biasanya di serap , namun jika sudah lama dan lembek bisa di sedot atau di insisi untuk mengeluarkan hematomnya...namun jika anda tsabar menunggu bisa di awasi beberapa minggu lagi , hanya perlu di waspadai adanya darah di bawah kulit adalah sumber infeksi yang potensil jadi harus di awasi dengan seksama..tks

      Hapus
  70. Selamat malam dok, saya ingin menanyakan mengenai sakit kepala yang saya rasakan, saya berusia 19tahun, 3 minggu yg lalu saya mengalami kecelakaan motor saya yang mengendarai motor dan teman saya yg menjadi penumpang terlempar dan mengalami jaitan di kepala berjumlah 5 jahitan dan sempat dirawat icu tetapi saya baikbaik saja, saat kejadian tidak ada yang saya rasakan, tetapi 2 jam setelah kejadian saya muntah tanpa rasa mual, kemudian setiap malam saya sering terbangun karena kaget, 4 hari setelah kejadian saya mencoba untuk menulis dan saya takut sekali karena saya lupa bagaimana urutan menulis yang biasa saya lakukan dan merasa sangat kebingungan sampai merasakan pusing, hingga skrng saya masih merasa aneh dengan cara saya untuk menulis, kepala saya awal nya hanya terasa berdenyut dan akan terasa sakit jika ada yang bertanya mengenai kronologis kejadian dan semua yang berhubungan dengan kejadian, hingga saat ini rasa sakit di kepala semakin terasa, semakin berdenyut dan terasa seperti keram hingga ke wajah, tangan dan kaki terasa kaku, bagian kepala yang sakit hampir seluruhnya, tetapi terasa paling sakit itu di bagian belakang bawah maupun belakang atas, sakitnya pun kadang seperti ditusuk tusuk dan membuat mual hingga muntah jika linu nya sedang menyerang, saya sudah berkonsultasi ke dokter internis dia mengatakan tidak terjadi masalah apa apa dengan keluhan saya itu, dan dia memberikan saya obat brainact, danalgin dan mertigo, dan mengatakan untuk kembali melakukan kontrol 2minggu mendatang, tetapi saya masih ragu dengan diagnosa dokter yang mngatakan tidak terjadi masalah apa apa, jika menurut dokter sakit kepala yang saya rasakan ini karena apa? Dan apakah sudah mencapai perlu untuk melakukan ct scan? Atau pemeriksaan lebih lanjut apa yang perlu dilakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya sansan ...pada orang yang mengalami kecelakaan dan benturan di kepala salah satu gejala yang kerap terjadi adalah lupa atau di sebut amnesia saat kejadian atau sebelum kejadia atau sesudah kejadian atau gabungan dari hal hal diatas..anda pernah di rawat di ICU dengan kondisi muntah yang proyektil..jika saya boleh menyarankan maka sebaiknya anda minta di lakukan head ct scan . sebab selain perdarahan ada kemungkinan contusio otak atau bengkak pada otak akibat benturan yang memerlukan waktu untuk berkurang..namun pilahan ct scan sebaiknya anda lakukan untuk memastikan kondisi intra cranial otak tida ada perdarahan tks

      Hapus
  71. Sore dok, saya widya usia 21 tahun 5 hari yang lalu saya kecelakaan ditabrak motor saya dijahit 3 jahitan di kepala kiri bagian belakang, saya pinsan selama 2jam. Sekarang saya sering pusing n mual dok tidak muntah. Menurut dokter apa yang harus saya lakukan, makasi dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..widya..anda mengalami kecelakaan lalin luka di belakang kepala dan sering pusing ada riwayat pingsan atau tidak sadarkan diri. kondisi saat ini apakah pusing atau sakit kepalanya bertambah hebat jika iya anda sebaiknya minta i lakukan head ct scan .. namun jika makin berkurang sebaiknya dilakukan observasi atau pengawasan di rumah dengan catatan jk keluhan menghebat segera di bawa lagi ke igd rs terdekat..tks

      Hapus
  72. Selamat pagi dok, saya Serly usia 20 tahun dari tangerang. Saya 2 hari yg lalu kecelakaan motor dan kepala kiri bagian belakang saya terbentur hingga benjol setelah kejadian kepala saya diberi es batu benjol sudah hilang tapi sehari setelah kejadian ketika saya tidur kekiri atau kekanan penglihatan saya berputar seperti keleyengan hingga membuat saya mual 1x. Menurut dokter serius kah benturan saya? Dan apa yg harus saya lakukan agar tidak menimbulakan keseriusan pada benturan saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya serly , anda berdomisili di tanggerang , apa di kota tanggerang ? karena saya pernah juga bertugas di RSUD tanggerang . Pada cedera kepala memang salah satu kelainan yang sering timbul adalah pusing seperti berputar atau yg sering juga di sebut vertigo. Biasanya terjadi akibat memar pada otak akibat benturan pada kepala dan rasa tersebut akan berkurang seiring dengan berkurangnya pembengkakan ..Anda mesti istirahan dan kurangi berpikir berat sementara waktu . jika masih terasa atau intensitas pusing makin hebat sebaiknya anda konsultasikan ke dokter bedah syaraf atau dokter neurology..tks

      Hapus
    2. Salam kenal juga dok :) ternyata dokter pernah bertugas di RSUD Tangerang, saya di kabupaten dok tepatnya di teluknaga, tapi setiap saya kuliah saya melewati RSUD tangerang. Makasih dok sebelumnya sudah merespon pertanyaan saya dgn cepat saya merasa kebantu sekali, saya memang sudah 2 hari ini berbaring di kamar saja, pusing sudah tidak separah awal yg saya rasakan dok, tapi saya minum obat penambah darah (sangobion) karena saya pikir awalnya saya darah rendah, menurut dokter apakah baik minum obat penambah darah? Atau saya hentikan dok?

      Hapus
    3. selamat malam ya , boleh saja anda mengkonsumsi obat-obat vitamin sebaiknya dari jenis vitamin b complek yang tinggi dan obat2 vitamin untuk otak , obat penambah darah bukan untuk orang yang darah rendah itu berbeda . Maksudnya darah rendah itu tekanan darahnya yang dibawah normal atau di sebut hypotensi sedang jika darah tinggi hypertensi.Kalau obat vit penambah darah seperti SF dan lain-lain adalah untuk orang dengan Hemoglobin yang rendah dimana pasiennya akan terlihat pucat dan kurang bertenaga karena hb kecil dari 9 gr %. demikian dulu ya tks

      Hapus

  73. slmt mlm dok,,sy jonly wktu 3 hari lalu sy kecelakaan sendiri krn mabuk tapi sy lupa bgmn kecelekaannya , tapi sy msh bisa bangun naik kmbali motor dan ke rs terdekat ,dr rs hanya membersihkan luka2 dan ksh resep .di bag kepalah tdk ada benjol/bengkak hnya luka2 diwajah saja dan kaki yg terasa sakit ,sampai di rmh sy muntah mngkin krn msh mabuk dan esoknya sy diksh mnm obab yunan baiyao oleh mertua sy selisih 2 jam dgn obat dokter dan skrg saya kadang rasa mual tp gak mau muntah kepalah biasa saja tdk rs sakit. apakah tidak ada efek di hari2 berikut ya dok? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya jonly...anda mengalami KLL mengalami muntah setelah sampai rumah . sudah di bawa berobat ke rs dan di lakukan perawatan luka. Jika mual karena pusing hebat akibat benturan maka ini mesti di waspadai sebagai cedera kepala yang berpotensi ada kelainan di dalam rongga kepala. jika kepala tidak sakit mungkin mual yang muncul adalah mual yg berasal dari masalah sal cerna..Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir dan juga saat ini belum perlu di buat ct scan kepala. namun sebaiknya anda beristirahat dan awasi sakit kepala , jika sakit kepala dan mual menjadi hebat segera konsultasikan kembali ke dokter terdekat tks

      Hapus
  74. Ozy 35th .Dok saya inigin bertanya -+15tahun yg lalu saya pernah kecelakaan ringan dlm mobil kepala kebentur plafon mobil dan sy ke dr ahli saraf krn merasa seperti tdk enak dgn leher dan kepala sy dan sy overdosis obat dokter nama obat haloperidol ,karena tulisan dr apoteker krg jelas seharusnya mnm ¼ ,sy mnm 1butir 3x berturut mnmnya dan efeknya saya jadi kejang2 kaki dan tangan sy seperti tertarik gak tenang dan suka jalan2 terus ngomong jg gak jelas dan sy dibawahkan ke rmh sakit 1 mggu dirawat dan mulai pulih tapi jalan saya masih blm normal kata org leher sy agak miring tapi sekarang sdh normal kira2 apa yg sy alami apakah tdk ada efek? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang ya mas ozy dan salam kenal ...anda mengalami kecelakaan dan mengalami over dosis obat analgetik jenis haloperidol pada 15 tahun yg lalu. hingga menimbulkan kejang dan gangguan bicara..Namun saat ini sudah berasa normal. berdasar analisa yang kami lihat dari keluhan anda kami merasa efek jangka pendek dan jangka panjang telah terlewati mengingat waktu yang telah terlalu lama. kecuali jika kejadian pendek missal 6 bulan - 1 tahun.

      obat misalnya akan menimbulkan efek samping jika masih ada kadar obat dalam darah , masalahnya dosis atau kadar obat dalam darah biasanya akan habis dalam hitungan hari atau minggu. Sementara cedera kepala biasanya di observasi dalam beberapa hari atau minggu . kalaupun ada gejala ikutan paling sudah terpantau dalam beberapa bulan saja. tks..

      Hapus
  75. Sore Dok, saya Kemas dari Tangerang. Setahun yang lalu istri saya terjatuh dikamar mandi yang mengakibatkan kepala belakangnya terbentur dan mengeluarkan darah dari mulut. Setelah melihat hasil CT-Scan dokter bagian syaraf menyarankan istri saya dioperasi, namun karena alasan takut istri sya minta rawat jalan. Yang mengkhawatirkan saya, sampai dengan saat ini jika pikiran istri saya sedang terbebani, maka akan mengalami pusing yang hebat disertai keluar darah dari mulut. Apakah ada alternatif lain agar istri saya bisa sembuh permanen tanpa operasi, karena saya sudah berusaha semaksimal mungkin membujuk istri saya untuk dioperasi, tapi dia tetap bersikukuh pada pendiriannya. Mohon solusinya dok, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya mas kemas..istri anda mengalami benturan pada belakang kepala dan setelah di periksakan ke ahli neurology di anjurkan operasi , apakah sudah dikonsultasikan ke bedah syaraf ?..

      Sebenarnya mesti kita pastikan dulu apa indikasi dilakukan bedah biasanya adalah perdarahan jumlah yang cukup besar atau oedem otak yang berat sehingga mesti menggeser garis tengah otak atau ada bagian tulang tengkorak yang tertekan kedalam atau impressio fx..

      Operasi adalah udalah salah satu upaya menyelesaikan masalah termasuk kedaruratan , jadi tidak ada jaminan bahwa setelah operasi juga akan terjadi penyembuhan seperti semula. perbedaan waktu saat dokter berbicara untuk operasi sampai setuju operasi bisa saja merobah hasil atau prognosa. Jadi besar kerusakan anatomi dari jaringan kepala dan otak yang akan menentukan hasil atau prognosa nantinya..tks

      Hapus
  76. Assalamualaikum dok,... tanggal 17 agustus anak sy ( umur 8 bulan) jatuh dari tempat tidur setinggi 60 cm. tidak benjol, tidak muntah2 cuma nangis aja, tanggal 19 jatuh lagi dari tempat tidur setinggi 30 cm. 2 jam kemudian muntah2 sampai 2x, dua jam kemudaian muntah2 lagi 2x jg. udah sampai 2 hari masih muntah2 jg tapi cuma dikit muntahnya. selama 2 hari itu mencret terus. dalam sehari bisa 5x mencret. bahkan lebih... mohon solusinya dok. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wassalamualaikum wr wb ...selamat siang dan salam kenal ya mas hanif , anak anda 2 kali jatuh dan saat ini mengalami muntah2 namun ada juga mengalami mencret-mencret..frekwensi 5 x. Dari penuturan anda bahwa anak anda mengalami muntah adan ada mencret saya berprasangka bahwa ini suatu kasus yang super impose atau bisa menimbulkan kesalahan diagnosa ..namus mesti di cermati muntah pada cedera kepala di sertai gangguan kesadaran dan sakit kepala yang hebat.jika itu tidak ada maka bisa di duga adanya kelainan lain seperti penyakit diare yang menyertai dan berada diluar kontek cedera kepala..tks

      Hapus
  77. Assalamualaikum wr.wb dokter, saya Fio dr Jambi,,,, anak cowok saya br brusia 1 thn 1 bln, td pagi sktr jam 10 trajtuh dr kursi, posisi awalny dia saya berdirikan di kursi makan keluarga dan saya pegang sblh tangan smbl saya mbt susu, lalu tiba2 dia trjatuh krn lepas dr pegangan saya, posisi jatuhny menyamping ke kanan, lsg jatuh dr berdiri dkursi ke lantai dan kepala samping kanan terbentur keras, kira2 tinggi kepala jatuh lsg ke lantai -+ 1 meter,,sm sprti boneka yg dberdirikan dkursi lalu djatuhkan menyamping ke kanan tanpa ada reflek pertahanan, sprti itu anak saya terjatuh, lalu anak saya menangis kencang, smp saat ini Alhamdulillah tidak ada muntah atau gangguan yg lain terlihat,cm dia skr lg tdr sjk jam 1 siang td,smpt bgn sbtr minum ASI dan tdr lg,,,lalu di kepalany cm trlihat merah dkt,dan tdk benjol biru besar, tp justru itu yg mbt saya cemas dokter, krn setau saya, lbh baik trlihat benjol besar krn itu tanda pendarahan luar otak drpd yg tdk ada benjol besar, dan saya takut adany perdarahan didlm,,,2 hr sblmny anak saya sempat trjatuh dr ayunan plastik mainan krn kecerobohan saya, dia trbalik ketika saya dorong dan trjtuh dg posisi menyamping ke kanan jg,tp lantai dbw di alas dg lantai mainan trbuat dr busa yg biasa dpakai utk arena bermain anak2, dan anak saya tdk menangis, swktu dia brumur 11 bln, dia sempat terkena tepi t4 tidur yg trbuat dr kayu,dan kepal sblh kanany trbentur lg dan dia menangis,,,,lalu swkt dia umur 8 bln, trjatuh dr t4 tdr stinggi -+50 cm dan terdpat benjolan sebesar dan seluas telapak tangan anak umur 5thn di kepala sblh kanan smp belakan dkt......
    Saya sgt cemas dg sering ny kepala sebelah kanan anak saya yg trbentur ke lantai dokter,,,
    Apa sebaikny yg saya lakukan,? Apakah ada dampak negatif dr kejadian ini dokter dan sdh 4 x kepala anak saya yg sebelah kanan terbentur,,,,
    Tlg jawabanny doktr krn saya cemas dan bingung dg kejadian ini...
    Sblmnya saya sampaikan terma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb , selamat malam dan salam kenal ya mbak fio di jambi ...anak anda usia 1 tahun mengalami benturan kepala berulang sampai 3 x namun saat ini kondisi baik saja .anak yang sehat di usia 1 tahun lebih tersebut tentu sangat aktif apalagi si anak sudah mulai dapat berjalan . keadaan seperti ini tentu memerlukan waspada yang tinggi dari orang tua agar anak tidak sampai mengalami cedera di tubuh di rumah . sebab cedera kepala yang berulang tentu bagaimanapun adalah tidak baik untuk anak . mungkin kerusakan yang menimbulkan gejala akut tidak terjadi namun anda mesti mewaspadai cedera kronis yg dapat terjadi akibat benturan yang berulang2. masalahnya cedera ringan tentu tidak mudah untuk terdeteksi dengan pemeriksaan ct scan atau cedera lama yang telah membaik juga tidak dapat di lihat dengan pemeriksaan head ct scan. Jadi sebaiknya menghindari cedera kepala yang berulang pada anak . Setiap anak jatuh biasanya kepala sebagai bagian yang besar dan lebih berat akan mudah terbentur.

      Perlu dilakukan upaya - upaya pencegahan agar tidak terjadi benturan semisal melapisi lantai dan dinding rubmah atau bagian keras lainnya dengan bahan-bahan yang yang lunak dan lembut. Menyimpan sementara furniture yang akan membahayakan anak ke ruangan lain atau ruang yang terkunci, Barang-barang berat , tidak stabil dan mudah dijangkau dan jatuh akan menyebabkan terjadinya kemungkinan akan membahayakan anak sebaiknya di simpan di tempat yg sulit di jangkau. Begitu juga benda - benda tajam , api dan colokan listrik mesti di tempatkan pada tempat yang sulit di jangkau tks ya

      Hapus
  78. malam dok, saya mau tanya kemarin saya jatuh dri sepeda motor dengan posisi jatuh kebelakan dan kepalla bagian belakang saya terbentur, beberapa jam setelah jatuh itu saya cuma pusing dan leher sampai tangan saya rasanya lemas tapi saya nggak muntah, cuma kayak masuk angin gitu dok sekarang leher saya rasanya ketarik dok waktu dibuat tidur maupun bangun dalam posisi terlentang.
    tolong jawabanya dok...
    terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...sofya anda jatuh dari sepeda motor 1 hari yang lalu namun berdasarkan keluhan anda tidak di jumpai adanya tanda-tanda peninggian tekanan di dalam rongga kepala. , sebaiknya anda periksakan juga leher anda biasanya benturan kepala hampir selalu di sertai dengan cedera pada leher. Pastikan dengan pembuatan foto x ray cervical atau leher.Jika tidak ada masalah maka anda cukup makan pengurang nyeri dan anti inflamasi agar nyeri dan bengkak cepat hilang....tks

      Hapus
  79. Slamat malam dok
    saya pangondian siahaan 24 tahun
    mau tanya dok
    Dua hari yg lalu saya mngalami benturan kpala didepan telingah(temporal lobe.daya blum priksa atau ct scan,karna pada saat kjadian saya cuman lemas dan tidak pinsan,tapi setlah 2 hari ini bengkak n trasa denyutdenyut.apa tu berbahaya dok?
    Tolong kterangannya dok
    selamat malam,email pangondiansiahaan@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...anda mengalami benturan pada daerah temporalis dan ada hematom sejak 2 thn yg lalu. dan 2 hari ini mengalami bengkak dan berdenyut - denyut. apakah sebelum 2 hari ini adanyeri atau hal lain yang mengganggu ?. karena jika nyeri itu baru muncul lagi dalam 2 hari ini besar dugaan kami itu tidak berhubungan dengan benturan yang terjadi 2 tahun yg lalu . tapi jika terjadi terus menerus maka bisa kita duga itu berhubungan dengan benturan 2 tahun yg lalu. mestinya hal ini tidak begitu mengancam untuk life saving namun tentu jika anda merasa terganggu sebaiknya konsultasikan dengan ahli neurology terlebih dahulu. tks..

      Hapus
    2. Trimakasih dok,
      Kjadian tu 2 hari yg lalu bukan 2 tahun dok.
      Tpt 14-09-2014
      Tp skarang bngkaknya sudah sembuh dok,tp kalau ddtkan agak kuat agak terasa sakait,padahal uda 10 hari,knapa ea dok?

      Hapus
    3. oh ya maaf kalau kejadian 2 hari yg lalu ...tentu yg mesti di lakukan adalah melakukan evaluasi karena nyeri tersebut akan masih terasa hingga 2 atau 3 minggu kedepan..dan jika ada perdarahan jika minimal akan diresorbsi secara bertahap ...

      Hapus
  80. Selamat malam dok.
    Saya airin usia saya 22 tahun. Dulu sekitar usia saya 10th. Saya pernah terpeleset dan kepala bagian belakang saya kejedut lantai sampai saya pingsan. Setelah sadar saya nangis karena mengeluh sakit dikepala. Sekarang diusia saya saat ini saya susah untuk mengingat sesuatu. Sering lupa. Dan klo dipaksa untuk ingat malah jadi sakit kepalanya yg dibelakang. Apa ini da hubungannya dengan kejadian waktu saya terpeleset ya dok ?? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya airin ...anda mengalami benturan pada belakang kepala dan ada riwayat pingsan , Saat ini anda sering merasa sakit kepala terutama saat berpikir...kami tidak bisa pastikan namun bisa jadi ada berhubungan misalnya terjadi perdarahan yang minimal dan kemudian peradangan otak yang menyebabkan adanya hantaran listrik atau kerusakan sel - sel otak..tks

      Hapus
  81. Malam dok, kemarin saya tertimpuk batu dengan anak kecil yg nakal, lalu kena kepala saya... Sampai benjol dan sakit sekali... Jika saya menaikan pelipis kepala saya berbunyi krek itu kenapa ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak artha ...anda mengalami lemparan batu pada kepala benjol dan sakit sekali permasalahan sekarang saat anda menaikkan pelipis ada binyi krek....perlu anda ketahui bahwa komponen kepala selain jaringan otot dan kulit ada komponen tulang yang menjadi tempat mennempel otot atau tendon sehingga bila ada tempat menempel otot pelipis itu ke tulang yang sompel bisa saja menimbulkan bunyi ...untuk mengetahui adanya kelainan pada tulang sebaiknya di lakukan foto x ray kepala atau head ct scan..tks

      Hapus
  82. Malam dok... saya wanita 30thn. 2 thn lalu saya terpeleset di kamar mandi dan kepala bagian kanan saya terbentur tembok kamar mandi. Saat kejadian tidak ada lecet atau pun pendarahan di bagian luar, hanya bengkak di bagian yg terbentur. Sktr 4-5 jam kemudian kepala saya terasa pusing dan berat sekali dan saya hanya memberikan minyak tawon di bagian yg bengkak. Sekarang saya merasakan nyeri (bila tersentuh) di sekitar daerah yg terbentur tp tidak pusing. Kira2 apa yg terjadi dgn kepala saya dok?
    Mohon pendapat dan saran ny y dok...
    Terima kasih dok.
    Selamat malam dok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya ...anda mengalami cedera kepala saat terjatuh dari kamar mandi 2 tahun yl. saat ini terasa bagian kepala yg terbentur amat nyeri terutama bila tersentuh..melihat kejadiannya yang sudah cukup lama saya kurang yakin ini terjadi akibat benturan yang lama ..mungkin saja ada trauma baru pada daerah benturan yg lama atau hal-hal lain yg akan terjadi spt infeksi atau abses di sekitar tempat yg terbentur. coba anda konsultasi lagi kedokter jika masih teerasa sakit setelah anda mencoba obat pengurang sakit oral...tks dulu ya

      Hapus
  83. Assalamualaikum dok, saya ana dari tangsel mau tanya, anak saya umur setahun jatuh dari ketinggian 70cm sehingga muncul benjolan di dahi tengahnya. Saat jatuh menangis keras tapi setelah disusui diam, tidak ada tanda kegawatdaruratan dan anaknya tetap aktif spt biasa sampai saat ini. Benjolan itu saya beri minyak tawon lalu mengempis tp tidak hilang sepenuhnya. Beberapa hari kemudian sisa benjolnya saya kompres es lalu kompres dengan nasi hangat, dan sisa benjolnya mengecil lagi tapi tidak smua, masih ada sisanya. Apakah perlu ct scan utk memeriksa sisa benjolan yg tidak hilang itu dok? Karena sudah dua minggu dari kejadian. Adakah home treatment yg bisa membantu mengempiskan sisa benjolan tsb? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb , selamat malam dan salam kenal ya ana dari tangerang selatan. anak anda terjatuh dari ketinggian 70 cm , menangis kuat dan ada hematom yang makin mengecil 2 mgg yl.saat ini kondisi stabil dan anak bermain normal ..melihat keluhan yang anda sampaikan kami menilai kondisi cukup stabil . menurut hemat kami kondisi seperti ini belum memerlukan pemeriksaan head ct scan . namun mesti selalu anda perhatikan secara baik perkembangan anak di rumah . Pengobatan secara oral yang perlu adalah anti biotik silakan konsultasikan ke dokter terdekat untuk jenis dan dosisnya. hal ini untuk mencegah infeksi pada tempat yg hematom. selain itu kami rasa tidak perlu di beri obat-obatan.tks

      Hapus
  84. Dok saya mau tanya,anak saya umur 3th terjatuh dari atas mobil pickup dg posisi terlentang, langsung menangis, tdk muntah dan bbrp menit kemudian beraktifitas seperti biasa hanya saja di bagiankepala samping kiri belakang terdapat benjolan besar, apa yg harus saya lakukan dok? Perlukah rontgen atau scan? Kalo konsultasi sebaiknya ke dokter anak atau ke dokter àpa dok?? Misalnya ada sedikit retak atau pendarahan apa bisa sembuh sendiri dok,? Karena anak saya tdk mengalami pingsan, mual dàn muntah. Tolong dijawab ya dok karena saya takut sekali, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya angga , anak anda terjatuh dari mobil pick up yang sedang jalan atau berhenti ?. melihat keadaan umum saat ini kondisi baik hanya di jumpai adanya hematoma. Jika anda khawatir dengan keadaanya dapat di lakukan pemeriksaan head ct scan . namun ini tentu tidak mutlak. Untuk konsultasi sebaiknya anda bawa ke bagian neurology atau neurologi anak atau ke ahli bedah syaraf. Jika ada retak yang tidak bergeser tentu tidak perlu dilakukan tindakan , jika ada perdarahan yang minimal dan tidak menggeser otaknya atau tidak sampai menyebabkan peninggian tekanan di dalam tulang kepala juga akan di lakukan perawatan dengan obat-obatan saja. tks

      Hapus
    2. Terimakasih atas balàsannya dok... Mobilnya posisi berhenti dok dan skr sudah 3 hari dari jatuh dan anak saya biasa saja. Hanya saya ngeri dok karena lumayan tinggi dan kena kepala bagian bélakang. Mungkin nggak dok skr nggak papa tp dikemudian hari baru ada efeknya? Kalo observasi 3 hari ini baik2 aja dok. Terus bedanya scan sama rontgen kepala apa ya dok? Terimakasih banyak ya dok atas balàsannya.

      Hapus
    3. kami berharap ananda tercinta anda tentu baik-baik saja..pemeriksaan head scan tentu lebih baik untuk melihat perdarahan dan kelainan jaringan di dalam otak . sementara pada foto x ray lebih hanya untuk melihat kelainan tulang saja. kadang resiko munculnya kelainan jangka panjang atau long term selalu ada . namun jika memang tidak ada masalah pendarangan atau infeksi paska benturan tentu kita sangat berharap tidak muncul gejala ikutan ini. tks

      Hapus
  85. Selamat pagi dok
    Saya san umur 26 tahun. Sebelumnya saya mohon maaf bila comment terhadap posting dokter tidak. berhubungan dengan apa yang saya mau share. Dan ini tulisan saya pertama kali di blog umum, saya mencoba terbuka.
    Riwayat saya pernah jatuh pada umur 10 tahun dari atap rumah, kira-kira seingat saya kepala kena benda keras dan mengakibat kan sekarang sering pusing mual dan telinga mengeluarkan suara menggangu sekali. Lalu umur 15 saya pernah dipukul benda keras dibagian belakang pula yg mengakibatkan pendarahan bagian luar disertai muntah-muntah juga. Dan tepatnya pada tanggal 17 mei 2014 saya terjatuh saat kerja, jatuh dari stage (panggung) yang saya rasakan kepala bagian belakang kena anak tangga (besi tumpul), mengakibatkan saya pingsan muntah dan pingsan kembali sadar muntah kembali. Pada saat itu kejadian terletak jauh dari RS.
    Mungkin saya cuma bisa share di blog ini, terimakasih dokter Ramzi
    Semua itu saya tidak berani bilang siapa-siapa mau pun orang terdekat makanya saya cuma bisa cari-cari info via internet tentang ini
    Menurut teman saya kejang-kejang namun saya tidak ingat semua. Cuma pada saat itu, saya merasa baik-baik saja dan meminta pulang, saat saya sampai bandung saya tidak sadarkan diri kembali dimobil, saya di bawa teman ke IGD salah satu RS dibandung. yg jelas, saya tidak ingat tepat pada saat itu, pusing hebat dan badan kaku lalu muntah. Dan sampai saat ini keluhan itu dan keluhan dari saya kecil masih saya rasakan
    Seingat saya ada suatu hari saya check up, saya diperiksa beberapa dokter yaitu dokter jaga IGD, saraf, THT, penyakit dalam
    Dan saya lupa diagnosa dokter-dokternya, yang saya ingat saya disuntik oleh dokter saraf dibagian leher 2 titik berikut pinggung dan bilang kalo dalam dekat ini masih ada keluhan dan bertindak aneh, pelupa tolong check up kembali lalu saya di rujuk ke dokter THT dia bilang dilihat dr hasil ct scan kepala atas dan hasil ct scan keseluruhan kepala berikut menurut dokter ct scan ada pendarahan dibagian kepala tepatnya lebih mendekati saraf2 otak dan dalam rongga kepala ada beberapa cairan yg saat banyak yg mengakibatkan anda sulit menjaga keseimbangan dan melihat dan juga ada pergeseran tulang bagian leher
    Saat ini saya jujur merasa takut atas semuanya maka saya putuskan berobat jalan. Selain dengan biaya yang berat menurut saya dan juga ketakutan yang saya miliki
    Saat ini mungkin saya cuma perlu ketenangan dalam pikiran yang terkadang saya nilai saya seperti orang "gila"
    karena saat ini saya takut dengan diagnosa nya nanti.
    Saya pelupa
    Saya merasa makin lemah
    Saya sering melamun dan kehilangan kesadaran
    Kurang fokus terhadap suatu saat
    Saya sulit tidur, hanya bisa istirahat bila minum penenang dari dokter tersebut dan saya tidak selalu minum itu. Saya tidak mau ketergantungan obat jadi saya minum bila tidak kuat dengan rasa sakitnya
    Itu sebabnya saya lebih memilih tidak merasakan keluhan itu semua dengan terus bekerja dan merasa menjadi orang sehat
    Dan ini sebabnya saya cuma bisa share via blog dokter ramzi
    Thanks....
    -San Gumilang-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya san , kami ikut prihatin dengan keluhan yang anda rasakan dan telah berlangsung lama . memang benar bahwa seharusnya anda membicarakan permasalahan anda ini dengan keluarga sehingga beban pikiran anda bisa menjadi lebih ringan dan rileks . Ini di sebut ventilasi atau membuka sesuatu yang sebenarnya ingin anda ceritakan atau sampaikan ke orang lain namun anda merasa malu dll. jadi cukup posistif jika pada kesempatan ini anda buka melalui dunia internet ini dan di blog ini sehingga semua kita dapat mendengar dan mengetahui keluhan dan penderitaan yang anda rasakan .

      Memang benturan pada kepala yang keras dengan adanya riwayat perdarahan dan berulang-ulang akan mengganggu atau menyebabkan kerusakan bagian otak yang terkena baik pada saat itu juga atau beberapa lama setelah itu bahkan hingga telah terjadi penyembuhan dari luka atau robekan di otak . nah kondisi seperti ini tentu akan menyebab kan terjadinya gangguan hantaran listrik di otak yang terkena , sepertu pusat daya ingat yg rusak akan menyebabkan anda sering lupa , pusat gerak sehingga menyebabkan gerakkan anda menjadi sulit di kontrol , dan pusat - pusat lainnya .

      Terima kasih anda telah menyampaikan di blok kami , semoga ini bermanfaat bagi perbaikan anda , tetaplah bersemangat untuk sembuh, bekerja dengan konsentrasi yang tinggi dan yakinlah masih ada yang maha kuasa yang akan memberikan kebaikan dan kesembuhan pada diri anda..tks ya

      Hapus
  86. malam dok; saya iwan mau nanya, anak saya usia 4 tahun kepala bagian kananya terbentuh mainan putar terbuat dari bahan besi, cuman nangis sebentar, setelah pulang jam sekitar jam 18.00 badannya panas dan ke kepanya masih sakit, jam sekitar jam 22.30 dia tidur & badannya masih panas, jam 01.00 dia terbangun karna haus setelah minum dia muntah2 satu kali & badannya masih panas.
    apakah perlu di ct scan , atas jawabannya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...mas iwan ...anak anda mengalami benturan pada kepala akibat gitar mainan yang terbuat dari besi , lalu mengalami demam dan muntah . mungkin saya perlu informasi yang lebih lengkap apakah benturan tersebut keras dan bahan besi gitar tersebut besar atau berat ?. memang cedera kepala sulit kita prediksiatau di perkirakan. Sesuatu yang tampaknya biasa e malah akibatnya berat. Sebaiknya anda over estimed pada kasus cedera kepala ketimbang anda mendelay sehingga jadi telat. Segera konsultasikan ke dokter neurology anak atau bedah syaraf tentang kondisi anak anda dan jika di perlukan bisa saja di lakukan pemeriksaan CT scan . tks

      Hapus
  87. Malam dok. Nma saya aulia. Anak saya umur 1 th jatuh telentang saat berdiri sambil berpegangan ditempat tidur. Dia nangis kencang terus saya kasih asi langsung muntah dok. 1 jam kemudian dia muntah terus tiap jam. Tapi sekarang sdh berhenti muntah. Cuma kadang batuk seperti mau muntah. Misalnya besok pagi sdh tidak muntah masih perlukah dibawa kedokter? Anaknya masih aktif dan lincah seperti biasa dok, cuma muntah aja. Apa perlu ct scan. Atas jwbnnya diucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamatpagi dan salam kenal ya..anak anda usia 1 tahun jatuh dari tempat tidur , menangis kuat dan muntah-muntah , jika muntah sudah berkurang dan anak bermain aktif berarti peninggian tekanan di dalam intra kranial tidak meninggi namun kondisi ini mesti di awasi ketat hingga beberapa hari kedepan. jadi pilihan observasi masih memungkinkan pada anak..ct scan adalah pilihan tapi mesti sesuai permintaan dokter..coba konsultasikan ke dokter masalah keluhan anda..tks

      Hapus
  88. Siang dok. Anak saya usia hampir 6 th 2 hari lalu terjatuh di sekolah lalu kepalanya terbentur tembok sehingga robek. Di bagian belakang. Lgsg dibawa ke ugd dan dijahit 3 jahitan. Kondisi anak baik2 saja, tidak menunjukan gejala2 gegar otak.beraktivitas spt biasa, bahkan diantidak menangis waktu terbentur. Pertanyaan saya, apakah kemungkinan yg bisa terjadi di masa mendatang? Apakah berbahaya? Dokter menyarankan untuk observasi di rumah saja sebelum memutuskan utk ctscan. Apakah observasi di rumah saja sudah menjamin? Terimakasih untuk waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anak anda usia 6 tahun jatuh telentang dan luka pada kepala sejak 2 hari yg lalu telah di bawa ke igd dan di jahit . kondisi dari kecelakaan hingga saat ini baik - baik saja dan dokter belum menganjurkan head ct scan dan hanya menganjurkan observasi di rumah saja.

      Kami berpikir juga seperti dokter tersebut , pasien yang tidak ada keluhan dan beraktifitas biasa tentu menggambarkan kondisi dalam rongga kepala yang sebenarnya . jika ada perdarahan atau bengkak yg di kenal dengan gegar otak , atau adanya bagian tulang yang penyok tentu akan ada peninggian tekanan di dalam otak dan akan berujung pada adanya nyeri kepala hebat , muntah2 dan kesadaran yang semakin memburuk.

      Perlu juga anda ketahui bahwa observasi artinya melakukan pengamatan atau pengawasan di rumah . jadi semua penghuni rumah haru care ,harus tahu segera , dan harus waspada terhadap kemungkinan akan terjadinya peninggian tekanan dalam otak paska benturan . jadi buka jaminan bahwa kondisi kepala anak tidak ada apa-apa . saat penderita mengalami keluhan nyeri maka saat yang tepat dilakukan head ct scan adalah pada saat itu. karena kemungkinan akan ada yang kita lihat dari head ct scan saat itu . jika kita lakukan head ct scan saat penderita tidak ada keluhan justru bisa saja kita tidak menjumpai apapun atau kelainan seperti perdarahan belum ada atau belum terbaca karena jumlah yang masih sedikit . dan parahnya lagi kita sudah merasa yakin bahwa tidak ada kelainan pada kepala anak padahan proses pada kepala tengah atau sedang terus berlangsung ..disini perlunga pihak keluarga mengerti dan memahami edukasi serta tujuan dari observasi tentang hal-hal yg mungkin terjadi pada penderita atau anak anda tsb.tks

      Hapus
  89. Selamat pagi dok. Saya iin usia 21 tahun. Baru saja saya terjatuh dari kursi dok. Saya terjatuh dari posisi berdiri diatas kursi kmudian krna kursinya ambruk saya terjatuh ke belakang dan kepala bagian atas kiri saya terbentur pinggiran tembok yang tidak rata dan berdarah cukup banyak. Saat dilihat orang tua saya tadi ada luka di kepala dan diberi tih ta yao gin. Tidak ada keluhan pusing dok hanya saja perih dan nyeri di bagian yang terbentur, dan tadi setelah jatuh terasa mual dan gemetar mungkin karena kaget. Kira2 bahaya tidak ya dok? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya iin , anda baru saja terjatuh dan terbentur pada kepala luka dan di beri obat oles . anda saat ini merasa mual dan gemetar . pada cedera kepala memang mesti hati-hati dalam menilai , jadi anda harus tetap waspada terhadap gejala dan simptom yang mungkin akan muncul belakangan seperti muntah yang menyemprot dan berulang , rasa pusing seperti berputar , sakit kepala yang semakin menghebat , ini tidak boleh menjadi terlambat atau terlalaikan makanya selalu untuk penderita cedera kepala rumah sakit selalu menganjurkan untuk di lakukan observasi atau rawat untuk menilai gejala dalam 24 jam pertama . namun jika kondisi tidak hebat dapat dilakukan observasi di rumah dengan catatan tentu harus segera ke igd rumah sakit terutama yang ada vasilitas ahlibedah syaraf atau ahli bedah umum dan Head ct scan dan juga jarak dari rumah ke rs tentunya tidak jauh..tks

      Hapus
  90. selamat malam dok,nama saya muhamad rusdiantoro kemaren sore saya bermain futsal dan kaki saya disleding sama keeper,saya terjatuh kepala saya dekat ubun ubun kebentur kelantai habis kebentur saya kepinggir dan tidur habis itu saya gag tau inget apa apa, tp saya gag pingsan. terus gag tau tiba tiba saya udah dirumah n saya berjalan n bicara waktu itu saya berasa sedang mimpi tp nyambung diajak ngomong balez sms n bbm,terus malam nya diajak ngobrol keluarga,karna melihat saya berubah tingkah lakunya..saya kayak berhalusinasi n kayak habis kena hipnotis..kepala saya memar...sekarang saya mulai sadar n ternyata kejadian kemaren tidak mimpi n nyata.tp saya radak ingat kejadian kemaren yg saya kira waktu itu aku kira bermimpi.s..itu gmna dok...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas rusdiantoro , anda mengalami benturan saat main footsal dan mengalami cedera kepala yang di buktikan dengan anda mengalami amnesia retrograde atau lupa saat kejadian kecelakaan dan di jumpai adanya memar pada kepala.dan bisa juga anda mengalami pingsan atau ggn kesadaran . kondisi seperti ini bisa saja disertai dengan brain injury baik bengkak atau perdarahan . Jika anda merasakan hal nyeri yang hebat dan makin bertambah hebat atau pusing yg di sertai mual 2 atau muntah maka sebaiknya anda konsultasikan ke dokter bedah atau dokter ugd agar di lakukan pemeriksaan kepala dan head ct scan kepala tks

      Hapus
  91. Selamat malam dok, saya donni 24 thn. Td sore kepala saya kejatuhan balok kayu dan kepala saya "dekok" dan mengeluarkan darah. Kemudian saya periksakan ke poliklinik. Setelah dicek dokter, kepala saya katanya tidak terlalu parah lukanya.diameter luka "dekok" 1 centimeter. Dokter memplaster luka kepala saya dan memberikan obat untuk menghilangkan rasa senut-sebut. Waktu kejadian, saya tidak pingsan dan tidak muntah, hanya saja rasa senut-senut terasa dibagian luka. Apakah ada kemungkinan penggumapalan darah dibagian luka?. Terus apa dampaknya jika saya tidak melakukan head ct scan?? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas donni ...anda mengalami trauma akibat balok kayu ..seberapa besar baloknya ? luka dan telah di rawat di poliklinik dan hanya mengalami sakit pada daerah luka . riwayat pingsan dan muntah tidak ada. pada cedera kepala yang di takutkan adalah adanya benturan yg kuat sehingga tulang tengkorak kepala retak atau pecah dan ada bagian tulang yang tertekan kedalam sehingga mencederai otak , atau adanya bengkak pada jaringan otak sehingga tekanan di dalam tulang tengkorak meningkat atau adanya perdarahan didalam yg juga akan berakibat tekanan didalam tlg tengkorak kepala meningkat sehingga menimbulkan sakit kepala hebat dan ggn kesadaran serta muntah2. jika di biarkan kondisi ini akan berlanjut dengan kematian dan pilihan pada kasus ini adalah operasi pada kepala atau di sebut burr hole atau craniotomi tks

      Hapus
  92. Assalamualaikum wr.wr

    saya leni berusia 18 tahun. kemaren hujan lebat dan di kost saya terkena rembesan air hujan pada keramiknya. sekita pukul 2an saya bermaksud mengambil nasi dikamar saya berlari-lari kecil melalui dapur di kost lantai tiga saya. ketika saya berlari yang saya ingat saya menginjak beberapa genangan air di keramik akibat hujan. dan akhirnya saya terjatuh dengan posisi kepala terdahulu menyentuh keramik, beberapa saat saya masih sadar dan dapat melihat sekitarnya. tapi beberapa menit kemudian mata saya sama-samar yang saya dengar hanya teriakan teman-teman kost dan bberapa menit kemudian saya berada di kamar. beberapa saat saya diam sulit untuk melihat keadaan diluar sehingga saya hanya memejamkan mata saja. kepala saya saat itu benjol disebelah kiri dengan ukuran sangat besar. kemudian saya pergi kerumah sakit ditanya apakah saya mual? saya jawab tidak. apa pusing? saya jawab sedikit. lalu kemudian saya diperbolehkan pulang dengan membawa obat piracetam dan analsik. pagi ini saya bangun dengan keadaan sakit pada leher sehingga saya hanya berbaring. badan bagian kiri saya juga semuanya teraasa sakit dan berat untuk digerakkan. benjolan dikepala sdh agak mengecil, apakah ada hubungannya kepala terbentur dengan sakitnya leher saya ini dok apa kah perlu dilakukan ct scan? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mbak marleni ...jika boleh tahu anda berdomisili di daerah mana....? memang harus waspada saat berjalan dan kepala membentur lantai saat anda terpeleset . dan mesti diketahui jika benturan tersebut mengenai bagian belakang kepala dan tidak jarang menyebabkan akibat fatal. anda sudah ke dokter atau igd dan apasaja pemeriksaan yg telah dilakukan ?.

      Pada cedera kepala kerap sekali di ikuti dengan cedera leher sehingga setiap cedera kepala kami biasanya melakukan evaluasi terhadap kondisi tulang leher agar tidak terlewatkan dan mesti dipasang bidai leher atau servical support. sampai terbukti tidak ada cedera.

      anda mengalami benturan pada kepala bagian kiri , dan anda juga mengalami lemah dan berat untuk di gerakkan . Normalnya jika ada benturan pada bagian kiri kepala dan manifest perdarahan di kiri maka bagian tubuh yang lemah adalah sebelah kanan begitu juga sebaliknya. namun bisa saja terjadi benturan di sebelah kiri tapi ada hantaman balik ke sebelah kanan dan muncul bengkak di kanan maka lemah bisa di rasa pada bagian kiri.

      Namun jika anda masih merasa lemah dan pusing anda bisa memeriksakan diri ke dokter bedah atau dokter neurology.. jika perlu dilakukan pemeriksaan head ct scan dan foto x ray cervical ( tlg leher ).tks

      Hapus
    2. Saya berdomisi di malang saat ini dok. Saya sudah ke ugd setelah jatuh saya langsung dibawa ke rs kemudian diberikan obat vit otak dan pereda nyeri.
      Setelah itu saya periksakan kembali diri saya ke dokter saraf sesuai saran dokter. Saya didiagnosa mengalami trauma pasca jatuh. Dan diberikan obat antidepresi dan obat penenang namun belum dilakukan ct scan.

      Seharus setelah saya mengonsumsinya saya mulai merasakan sakit kepala yang sangat sehabis minum obat jika tidak saya bawa tidur. Bahkan membuat badan dan saya tidak konsentrasi. Selebih itu saya juga mengalami muntah setelah itu namun hanya sekali. Nafsu makan saya menurun Dan pencernaan saya juga mengalami gangguan kalau saya buang air besar yang keluar berbentuk cairan sehingga seusai nya saya merasa lemah. Apakah itu efek dari obat atau apa dok ? Terimakasih

      Hapus
    3. Salam kenal ya mbak marieni , saat menulis di blog ini apakah anda merasa sakit kepala atau pusing jika tidak perkiraan saya mungkin cedera kepala anda perlu diawasi atau di observasi saja .

      muntah , mual , gastritis dan gangguan bab bisa karena obat yang anda makan sehingga mesti anda hentikan ...sementara karena ada obat tertentu dapat menyebabkan nyeri lambung seperti jenis-jenis obat pengurang nyeri , antibiotik atau vitamin 2. tks

      Hapus
  93. Hy dok,saya Febri saya berumur 15 tahun..
    Teman saya 2 minggu yang lalu kebentur lingiran tembok,dan itu menyebabkan kepalanya sobek dan harus dijahit 10x,
    Pertanyaannya dok..
    Apakah rambutnya akan tumbuh di bagian kepala yang sudah dijahit itu dok?
    Maaf kalo pertanyaannya menyimpang dari temannya
    Heheheh..
    Solusinya ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya febri , teman anda mengalami kecelakaan dan luka robek pada kepala akibat benturan telah mendapat jahitan 10 jahitan. saat ini kondisi teman anda bagaimana sebab yang di takutkan adalah cedera pada kepala yang bisa berakibat kurang baik. Untuk rambut tentu saja saat menjahit biasanya ada bagian rambut yang di cukur agar mudah di jahit dan mudah di bersihkan . namun tentu rambut tersebut akan tumbuh kembali sesuai dengan pertumbuhan rambut kepala yang lain . jika mengganggu teman ada dapat menggunakan topi dulu agar tidak mengganggu penampilan tks

      Hapus
  94. Assalamu Alaikum Dokter, nama saya Abu sudah hampir 3 pekan ini kepala saya sakit nyeri di bagian belakang sampai ke leher dan pudak. Saya sudah periksa ke dokter saraf dan hanya di kasih obat. Sepekan saya konsumsi obat itu rasanya ada perubahan/agak baikan. Kemaren kepala belakang saya kembali nyeri dan saya merabanya ketemu titik nyerinya, semakin di tekan semakin sakit. Saya mencoba untuk mengurut-urut berharap bisa baikan, saya kompres dengan air hangat. Malah yang terjadi berubah menjadi benjolan seperti orang yang baru kejeduk dan rasanya semakin sakit. Sekedar informasi, 4 tahun lalu saya pernah trauma kepala bagian belakang karena kepleset di lantai tapi saya tidak apa2 hanya benjol dan agak pusing sampai beberapa hari setelah itu normal kembali. Dan saya belum pernah Ct-Scan biar sekali. Pertanyaan saya apa bisa trauma kepala 4 tahun lalu bisa kambuh ? kenapa bisa kepala saya benjol hanya harena saya pijat pada daerah yang nyeri tadi ? ada saran dari dokter ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb selamat siang dan salam kenal ya mas abu fauzan..nyeri pada kepala dan nyeri leher sering merupakan penyakit yang berkorelasi atau merupakan keluhan hampir pada sebagian penyakit sistemik tubuh. Nyeri pada kepala intra cranial atau didalam rongga kepala gambarannya jelas berupa keluhan yang berkorelasi dengan peninggian tekanan intra cranial seperti muntah nyemprot yang berulang , sakit kepala yang hebat dan ada tendensi terus meningkat dan gangguan memori sampai gangguan kesadaran. Jarang berkorelasi dengan leher.Jadi kalau nyeri di daerah leher biasanya ada korelasi dengan jaringan di luar tulang kepala atau cranium. Bisa otot , periosteum , nervus atau pembuluh darah yang diluar tulang rangka kepala dan bisa juga oleh sebab - sebab lain. seperti kelenjar sprain otot atau karena trauma akibat ururt yang dilakukan atau infeksi di daerah leher belakang . Trauma 4 tahun yang lalu sangat kecil kemungkinan muncul lagi jika tidak ada gejala reinjury kembali. kadang kelainan pada tulang belakang , spinal atau artery vertebralis di tulang belakang harus menjadi perhatian untuk mencari kemungkinan-kemungkinan penyebab tks

      Hapus
  95. selamat siang dok,perkenalkan saya dedy,begini dok saya mau bertanya soal gegar otak,begini ceritane...saya puny adik usia sekitar 17 th,2 minggu kemarin mengalami kecelakaan lalulintas,selanjutnya di bawa kerumah sakit secepatnya langsung masuk keruang igd dan langsung di CT scan,hasilnya pembengkaakan otak dan sedikit trauma tulang tengkoraknya akibat benturan.selanjutnya masuk ruang icu dengan keadaan tidak sadarkan diri selama 1 minggu baru sadar,setelah itu disuruh pindah ke ruang khusus setelah di ruang khusus selama 1 minggu,keadaan membaik cukup cepat sekarang sudah bisa duduk walau tidak lama,makan,komunikasi walau belum bisa bicara,yang saya mau tanyakan kenapa ya sampai saat ini kok susah untuk berbicara apa ya penyebabnya dan bagaimana cara terapi supaya cepat merespon berbicaranya...kendala hanya di bicara saja untuk yang lain sudah berjalan normah syaraf2 dan lain-lain kata dokter pembimbing sudah baik....mohon pencerahannya dok


    thanks

    dedy

    BalasHapus
  96. dok, saya mohon pertanyaan saya yg sebelumnya dibalas ya terima kasih

    BalasHapus

leave a comment please..