Senin, 05 November 2012

Apa fungsi drain setelah operasi dok....

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | drain | Setelah operasi sering kita jumpai ada selang yang menempel pada daerah operasi atau karet sarung tangan yang menempel sedikit pada salah satu sudut bekas sayatan atau pojok tempat jahitan . Kadang masih terdapat cairan warna kemerahan , kadang agak bening atau terkadang juga keputihan.sebenarnya apakah ada manfaatnya ?



Drain seperti akar kata dari bahasa Inggris yaitu drainage yaitu mengalirkan , jadi dalam hal ini drain ini di pasang untuk mengalirkan segala sesuatu dalam bentuk cairan dari suatu rongga di dalam tubuh dan memindahkannya keluar tubuh.

Banyak cara yang dilakukan untuk menjadi sarana atau alat drainage tersebut , mulai dari yang sederhana seperti dengan meninggallkan kain kassa yang di basahi betadin terutama pada luka insisi abces di kulit , lalu dengan menggunakan karet sarung tangan atau hand scund yang di potong seperti pita dan di buat berlobang - lobang dan di tinggalkan pada daerah luka sebelum di tutup , ini di sebut penrouse drain.Adapula yang menggunakan selang atau tube dari plastic atau silicon yang bisa dicabut sewaktu-waktu.Diabeter atau besarnya selang sangat tergantung sesuai dengan kebutuhan.Di sebut tube drain





Penrouse drain pada bekas insisi tumor jinak payudara


Penrouse drain pada bekas insisi tumor jinak payudara


Tube drain pada bekas operasi amputasi pada tungkai bawah sebelah kanan


Tube drain pada bekas operasi pengangkatan kelenjar gondok yang tidak beracun,

Tube drain sebaiknya berdiameter besar jika kita menyalirkan benda cair dalam jumlah banyak supaya cepat bisa keluar dan lancar. Begitu juga jika cairannya lebih kental dengan viscositas yang tinggi seperti darah atau nanah maka sebaiknya diameter tube drain yang di pakai adalah diameter terbesar yang bisa tersedia.

Pada operasi yang sering kami laksanakan sampai saat ini memang masih menggunakan NGT atau maag slang dengan nomor 18 keatas untuk pasien dewasa . Sementara untuk anak dan bayi di  gunakan drain yang lebih kecil nomornya.

Drain pada daerah seperti di leher atau jaringan soft tissue sebaiknya di vakuum supaya semua darah , pus atau sisa cairan pencuci waktu operasi dapat keluar semua atau sampai bersih.Sementara pada tube drain di daerah perut tidak boleh di vakumm karena dapat mencederai jaringan atau organ lembut di dalam rongga perut seperti usus , pancreas , omentum , jaringan penggantung usus dan yang lainnya.

keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | manfaat drain | guna drain | fungsi tube drain  | faedah penrouse drain .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

leave a comment please..