Kamis, 18 April 2013

5 kesalahan dalam penanganan patah tulang paha ( femur ) tertutup

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | patah tulang paha | terjadinya patah pada tulang paha secara umum lebih memerlukan penanganan serius jika di bandingkan dengan patah pada tulang-tulang ekstremitas lain. Sering terjadi patah tulang paha di perlakukan sama dengan patah tulang tungkai bawah atau tibia dan tulang lengan atas dan bawah. berikutdi tampilkan beberapa kesalahan yang kerap di lakukan oleh individu atau komunitas dalam menatalaksanakan kasus patah tulang paha ini .








Beberapa kesalahan tersebut adalah :

1 . Membiarkan penderita dengan patah tulang paha terbaring dirumah tanpa penanganan.
   
Ini sering dilakukan oleh keluarga yang anggota keluarganya mengalami patah tulang paha dengan harapan patahanya menyambung kembali . namun banyak dari keluarga kita kurang memahami bahwa pada paha tarikan otot sangatlah kuat sehingga tindakan konservatif dengan membiarkan pasien tergeletak dan hanya dilakukan pemasangan bidai bambu dan dilakukan manipulasi dan message oleh dukun atau tukang urut atau sinshe dengan memberikan obat temple dan lain sebagainya akan menjadi kesalahan yang fatal akhirnya.

Jika kejadian patah ini pada tulang tungkai bawah sebut tibia dan fibula , maka mungkin dengan pemasangan bidai bambu atau kayu dengan obat-obat oles atau temple dan pasien berbaring selama 1 bulan mungkin akan memberikan hasil yang baik.Tapi pada patah tulang paha maka kemungkinan jelek yang sering terjadi adalah penyembuhan akan bengkok , memendek dan jalan akan pincang . Begitu juga jika terlalu lama berbaring maka akan terjadi kaku sendi , sehingga sendi penderita tidak dapat di bengkokkan .Terutama tentunya sendi lutut dan sendi panggul.betapa tersiksanya bisa kita bayangkan untuk buang air besar saja jadi begitu sulit.

Medical Supply Depot

 2 . Minta dipasang gips atau semen atau bidai pada patah tulang paha.

Kenapa di bilang salah karena gips , bidai atau semen pada paha hanya bisa mengunci sendi lutut tapi tidak memegang sendi panggul.Jadi hasil akhir yang akan terjadi juga akan muncul pemendekan dan bengkok sehingga jalan bisa menjadi pincang.

Sesederhana pilihan penanganan pada patah tulang paha adalah pemasangan alat traksi atau tarikan. Traksi di bedakan atas 2 macam yaitu traksi kulit dan dan traksi tulang . Traksi kulit dengan memasang plester type dari mata kaki sampai ke paha pada kedua sisi . Lalu di tarik dengan beban sesuai dengan berat badan penderita sekitar 1/9 sd 1/7 dari Berat badan. Namun perlu di ingat traksi kulit ini tidak bisa dilakukan terlalu lama dan terlalu berat karena resiko kerusakan atau irirtasi pada kulit.

Yang paling aman sering adalah dengan skletal traksi namun mestu di pasang stennment steel pin pada tulang baik diujung bawah tulang paha maupun pangkal atas dari tulang tibia .Lalu dipasang tali penarik dan digantungkan beban seperti pada traksi kulit.

3 . Membiarkan orang tua dengan patah tulang paha karena alasan sudah tua dan beresiko untuk operasi

Jujur saja banyak keluarga yang membiarkan orang tua yang mengalami patah pada tulang paha baik batang paha , leher atau kepala dari tulang paha dengan alasan sudah terlalu tua sehingga beresiko untuk di lakukan operasi . Memang benar kondisi tua tentu resiko operasi lebih besar namun kemajuan pengetahuan dan ahli anestesi juga sudah dapat meminimalisir resiko yang akan di hadapi selama dan paska operasi tersebut.

terkadang kita harus memutuskan untuk bersepakat di lingkungan keluarga besar dan memberikan keputusan karena sudah tua seehingga tidak perlu dioperasi. orang tua di hilangkan haknya untuk beraktifitas.Padahal sebelum terjatuh beliau masih dapat berjalan dengan baik. Justru dengan membiarkan terbaring dan setelah agak baikkan nanti orang tua tersebut hanya akan bisa merangkak di lantai rumah . bagaimana perasaan kita sebagai anak ...mohon di pertimbangkan,

4 . Sering menunda membawa ke pusat - pusat kesehatan atau rumah sakit.

Keadaan ini sangat sering kita jumpai di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain , di mana penderita datang ke rumah sakit setelah sekian bulan atau setelah bertahun dimana penderita telah pincang berjalan . dengan pasrah penderita mohon untuk dilakukan penanganan medis. Padahal semua juga sudah tahu bahwa patah tulang yang telah membentuk tulang muda dan menyatu akan menimbulkan permasalahan yang sulit dan tindakan operasinya jadi beberapa tahap apalagi jika pemendekan lebih dari 2 cm selain di refrakturasi atau di patahkan ulang lalu tulang yang sudah memendek tersebut mesti di tarik dengan beban selama beberapa waktu agar bisa di jumpakan ujungnya pada saat operasi pemasangan plate.

Pernah kami menjumpai kasus yang telah di tangani oleh dukun patah selama 1 tahun dan fragmen patahan tidak menyatu akhirnya membentuk sendi palsu atau pseudo joint di atas lutut.Pada saat di operasi di antara tulang tersebut ada jaringan yang memisahkan sehingga tidak dapat menempel antara tulang satu dengan yang lainnya. Sehingga kalau tidak di operasi mungkin tidak akan pernah menyatu.Dan insyallah terhadap penderita tersebut setelah dilakukan operasi penderita sudah dapat berjalan dengan baik.

Tampak adanya garis patahan yang tetap ada meski patahan telah terjadi bertahun , dan secara visual langsung tanpang patahan masih goyang , mengalami rotasi atau berputar pada porosnya dan membentuk sudut . Dan hebatnya permukaan dari tulang yang mengalami patah dan tidak healing tersebut saat operasi benar-benar memiliki bentuk seperti sendi pada umumnya , namun tentu tidak sempurna dengan bentuk yang tidak beraturan namun tulang rawan permukaan terbentuk sesuai dengan bentuk asli tulang sendi dan hebatnya lagi permukaan sendi ini juga memproduksi cairan sendi .

5 . Phobia yg berlebihan mendengar kata operasi ...

Hari gini dengan media dan informasi yang begita banyak dan luas harusnya tidak adalagi gap informasi dengan satu kata operasi. Meski resiko operasi tetap ada namun keadaanin dan perkembangannya tentu sudah sangat maju resiko yang akan di ambil akan semakin di persempit.Pemasangan plate dan screw , pamasangan besi intra medullari atau menanam besi di dalam lobang tulang paha , mengganti mangkok sendi dan mengganti bantalan sendi itu bukannlah teknik operasi yang mesti di takutkan sehingga harus di hindari.Tindakan seperti itu sudah kerap dilakukan dan informasi serta datanya dapat di pelajari dan dilihat.

Kesalahan , keterlambatan dan kelalaian dalam mengambil keputusan tentu semua akan bermuara pada penderitaan berkepanjangan dari pasien , pertimbangan yang masak dan menggali info sebanyak-banyaknya harus di lakukan dalam pengambilan keputusan.sehingga rasa takut atau phobia yang berlebihan tersebut dapat makin di reduksi dengan tingginya pengetahuan keluarga.

Di negara tetangga kita , satu rumah sakit  bisa melakukan operasi ganti sendi panggul pada orang tua mencapai angkan ratusan orang setiap bulannya. Jadi tidak ada yang mesti di khawatirkan . Dan kita bisa melihat sangat banyak orang tua di negara tersebut yang masih produktif dengan bekerja dan beraktifitas

Dan kita saat ini apakah pernah melakukan kesalahan seperti diatas terhadap orang tua atau kerabat terdekat ...? wallahualam..



keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , 5 kesalahan keluarga dalam penanganan fraktur femur , kesalahan - kesalahan dalam penatalaksanaan patah tulang paha , yang mesti di hindari keluarga dalam penanganan patah tulang paha. apa yg terjadi jika patah di obati dukun. akibat penanganan fraktur yg telat.




Medical Supply Depot

174 komentar:

  1. keren banget neh artikelx bpk. dokter

    TOP dah

    nb.
    suryaman marsaoly(fracture femur)
    malang city

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal mas suryaman ....tks kebetulan ada sedikit waktu untuk sharing , semoga bermanfaat tks .

      Hapus
  2. Salam Dok,saya mau tanya. Saya saat ini sedang mengalami patah tulang paha sejak bulan Februari 2013 dan langsung melakukan operasi pemasangan pen pada fraktur tsb. Yg jadi masalah,kenapa setelah operasi saya terkena infeksi dan melakukan operasi lg untuk pembersihan yg terkena infeksi tsb. Tak cukup dari itu,setelah pulang sampai kerumah... Selang berapa minggu kemudian,luka saya infeksi kembali. Dan ini mau melakukan operasi yg ketiga. Dokter mengatakan untuk melepas/mengganti pen sebelumnya dengan yg baru.... Haduh,sungguh tersiksanya saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal uliez ...patah pada tulang paha kesulitannya tergantung lokasi patah . Daerah sendi panggul dan lutut jika patahannya dekat dari sendi penanganannya tentu lebih sulit dari pada di tengah . kemudian patah di beberapa tempat dan patahan tulang yang garis patahan benyak dan saling berhubungan maka penanganannya juga lebih sulit dari pada patahan simple atau dengan garis patah cuma satu.

      Kemudian ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika luka operasi sering basah , tentu yang pertama adalah infeksi karena pengerjaan yang kurang steril , atau perawatan luka yg kurang baik atau allergy dengan plate and screw dan ini adalah termasuk yang paling sering kami jumpai pada pasien yang di pasang plate .

      plate yg terbuat dari stainless steel sering menimbulkan allergy ..sekarang ada plate yng terbuat dari titanium lebih kuat , ringan namun lebih rendah kemungkinan allerginya. Hanya saja plate titanium lebih mahal.

      Gimanapun kesulitan yg di jumpai namun itu sudah benar artinya prosedur yg di lakukan sudah benar , mungkin beberapa saat kita merara kurang nyaman , tapi jika sudah hilang masalah yg sekarang mudah-mudahan bisa berjalan kembali mendekati normal . dari pada di tangani dengan tidak benar dan terjadi bengkok atau pemendekan maka dan terjadi penyatuan... maka akan sulit berjalan atau pincang maka ini akan di alami dalam jangka panjang.

      dan jika ini di alami , untuk perbaikan tetap mesti dilakukan operasi yg mesti dilakukan sampai dua atau tiga tahap operasi.saya anjurkan agar semangat untuk menjalani operasi ke tiga mudah-mudahan setelah ini masalah anda sudah selesai.semoga.

      Apakah saat ini anda di tangani oleh ahli ortopedi atau bedah umum ? tks ya.

      Hapus
  3. Terimakasih Dokter untuk informasinya. Saat ini saya masih kontrol terus(selasa dan jumat). Letak fraktur saya di tengah pada tulang paha dan saat terjadi fraktur tidak ada luka sobek sdikitpun,dikarnakan tertimpa motor saat saya sedang duduk nyantai dilantai(musibah).

    Yg bikin saya berat,karna pernah terjadi pada teman saya yg bisa terbilang fraktur cukup parah dan luka mengangah(fiksasi eksternal) tidak sampai 2 bahkan 3 kali operasi(tidak seperti saya).

    Yg ingin saya tanyakan,dari infeksi yg saya alami.. Kira2 dapat sembuh gk dok..?
    Dan jika mana resiko terjadinya amputasi karna infeksi..?

    Sekali Lg terima kasih banyak dokter atas semua masukannya. Saya berusaha terus semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih dan terus semangat ya ... fiksasi eksterna tentu kerusakan yang terjadi lebih berat bahkan cenderung hancur atau ada bagian tulang yang lama sudah hilang sehingga tidak memungkinkan untuk di lakukan pemasangan alat plate di dalam atau di sebut internal fiksations. Jika luka operasi yg selalu basah saya khawatir ada reaksi allergi atau reaksi penolakan tubuh terhadap plate yg terpasang.Jika luka terbuka maka akan di sertai dengan infeksi. Masalahnya infeksi pada tulang tidak bisa sembuh dan mesti di buang bagian tulang yg infeksi tersebut.

      Jika masih di anjurkan untuk pasang plate di dalam berarti masih ada tempat untuk membaik .

      Saya ada kasus juga di praktek yang telah di operasi pasang plate pada tulang tungkai bawah atau tulang tibia.mengalami alergi dan terbuka lalu berlanjut jadi infeksi dan ini telah berlangsung cukup lama hampir 2 tahun..sekarang telah mulai menyatu tulangnya dimana saat operasi ke dua di buang tulang yang rusak dan dilakukan graf tulang dari tulang panggul dengan pemasangan plate interna kembali..pada pasien ini di lakukan 2 kali operasi.tks.

      Hapus
  4. salam Dok, saya mau tanya saat ini saya berumur 22 tahun dan akhir bulan januari kamarin mengalapi patah tulang tibia dan fibula setelah 1 bulan paska operasi ternyata ujung dari luka operasi tersebut terdapat memar dan sebagian kulit yang mati tersebut dubuang. Sampai sekarang luka bekas kulit yang di angkat tersebut belum sembuh dan kulit di atas plate sedikit bengkak dan terasa sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas regant , salam kenal ya...mengalami patah pada tulang tibia dan fibula 4 bulan yg lalu dan di operasi 1 bulan yg lalu. Patah pada tulang tibia dan fibula biasanya yang di operasi hanya tulang tibia sedang tulang fibula di tempelkan saja.

      Kemudian perlu di ketahui bahwa untuk tulang tibia yang di pasang plate akan menonjol di permukaan kulit kenapa ? karena tulang tibia depan hanya di tutupi oleh kulit sehingga sangat tipis dan tidak ada otot yg melindungi. sehingga kulit yg terlalu tipis ini akan sangat mudak mengalami bengkak , infeksi atau mati,

      Bagi kami jika melakukan operasi pemasangan plate di tibia akan menghindari meletakkan plate tepat di bawah kulit yg tipis pada bagian tengah, jadi di upayakan pada permukaan sisi sebelah luar yang masih ada otot penutupnya.

      Namun ini hanyalah salah satu upaya menhindari nekrik dan infeksi . Namun jika telah infeksi atau adanya reaksi alergy tetap menyebabkan nekrotik dan luka terbuka..perbaikan sangat tergantung perawatan luka ..tks

      Hapus
    2. Terima kasih Dokter atas informasinya , dan mohon maaf yang saya mau tanyakan lagi apakah saya bisa melakukan olahraga angkat beban seperti dulu lagi sebelum mengalami fraktur?

      Hapus
    3. tentu saja boleh , karena penyembuhan pada tulang boleh dibilang sempurna . dan ini sangat berbeda dengan penyembuhan organ lain seperti kulit , otot dan lainnya. tulang mencapai kekuatan maksimal dalam penyembuhan sekitar 1 tahun secara teoritis namun terkadan dalam 8 bulan jika usia masih muda kekuatan tulang juga sudah baik.Jadi jika sudah diatas 1 tahun sudah bisa melakukan aktifitas seperti biasa. jika tidak ada masalah infeksi dan kegagalan penyembuhan tulang. tks

      Hapus
  5. tulang paha saya sekarang seperti hasil rontgent di dalam blog,
    kecelakaan maret 2011, saya berobat di alternatif,
    pertanyaannya dok.
    apakah masih bisa diperbaiki...
    persendian dengkul saya tidak bisa melipat full, apakah masih bisa di perbaiki dok...

    Trimakasih Dok,

    BalasHapus
  6. selamat malam mas jajang dan salam kenal ya..patah pada tulang paha sangat khas dan berbeda dari tulang lain ditubuh , tarikan otot yg kuat dan fungsi sebagai tumpuan untuk berdiri dan berjalan.

    kemungkinan jk telah berlangsung 2 tahun tentu jika menyatu telah jalan kalau sudah jalan dan tidak pincang ya sudah , namun permasalahan pada patah tulang paha yg tidak di tangani secara baik adalah pemendekan , bengkok , terputar atau malah tidak menyatu.

    Tulang paha yg memendek , bengkok atau terputar akan menimbulkan masalah yg berkepanjangan. Keadaan ini terjadi akibat tulang menyatu tapi posisinya salah. jadi untuk tulang yg telah menyatu tindakan perbaikannya lebih sulit karena tulang yg telah melengket harus di lepas kembali lalu di tarik dan di pasang plat ini perlu beberapa tahap operasi.

    komplikasi yg sering muncul jika patah pada tulang paha adalah tungkai bawah lama terletak dan tidak di fungsikan sehingga sendi lutut dan panggul akan mengalami kaku sendi jika tidak bergerak 1 bulan maka sendi akan kaku jadi kaku sendi , jika telah berlangsung lama maka kaku sendi akan jadi permanen dan mesti di perbaiki dengan operasi juga...tks

    BalasHapus
  7. Halo pa dokter yang terhormat, sy melakukan operasi di RS akibat tulang pangkal paha/acetabulum sy patah/retak, setelah dioperasi dokter menyarankan sy utk pake tongkat selama 2 bulan, tapi dalam waktu 1,5 bulan sy sudah lepas tongkat karena sy merasa sudah bisa berjalan dengan baik, tapi setelah 2 harinya paha sy terasa nyeri dan sy merasa sakit kalo melangkah.. Mungkinkah hasil operasinya belum sempurna atau retak lagi.? Mohon penjelasan pa dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...patah tulang paha pada acetabulum atau leher tulang paha penanganannya sulit..saya kurang mengerti apakah tulang acetabulum yang retak tersebut di ganti atau bagai mana ? karena yg di maksud dengan acetabulum tsb adalah tulang atap dari sendi paha yang berasal dari tulang panggul. apakah operasinya mengganti tulang paha ? atau acetabulum ? . Rasa nyeri setelah operasi bisa saja terja apalagi tulang yang pernah patah sehingga perlu waktu untu pulih mendekati keadaan normal. jika masih nyeri sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter bedah tulang yg melakukan operasi , ada banyak pilihan obat untuk mengurangi nyeri tsb .. demikian tks

      Hapus
  8. Dok mau tanya??? Tulang paha saya patah da sudah oprasi udah 1 thn yg lalu tpi jln saya pincang apa bisa normal lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal nur ..jalan pincang biasanya tungkai bawah tidak sama panjang . apakah waktu operasi di pasang plate atau ada bagian tulang yang hilang ?

      cara untuk mengatasinya jika panjang tungkai bawah kiri dan kanan selisih min 2 cm . maka upaya sederhana tentu sol sepatu atau sendal bagian yang pendek di tambah sesuai selisih panjang tungkai yang memendek tks..

      Hapus
  9. selamat pagi pak Dokter,
    anak saya kecelakaan & paha kirinya patah (saat usia 4 tahun, skg usia 8 tahun). langsung operasi & pin dilepas 4 bulan setelahnya.
    saat ini anak saya alhamdulillah kondisinya normal, aktifitasnya juga tidak ada masalah.
    akan tetapi ada kekhawatiran di diri saya melihat kok paha kiri anak saya terlihat sedikit lebih kecil dari yang kanan.
    pertanyaan saya:
    1. apakah memang paha yang pernah patah akan berbeda pertumbuhannya?
    2. apakah setelah pelepasan pin seharusnya ada treatment lagi? (krn dokter tidak mengatakan apa2 setelah operasi)
    3. makanan/vitamin apa yang penting buat anak saya?
    sekian & terimakasih banyak dokter atas perhatiaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak nina ...jika jalan anak mbak nina tidak pincang dan seperti orang normal tentu tidak ada yang mesti di khawatirkan. sebab paha yang pernah patah pertumbuhannya akan sama dengan paha yang tidak patah. jika kaki kiri lama tidak di gerakkan memang benar otot akan mengecil.Tretmen lain dapat saja di berikan seperti vitamin dan suplement untuk tulang tapi itu hanyalah sebagai tambahan.tks

      Hapus
  10. Malam dok.. Sy punya pasien permpuan 10 tahun post fraktur femur 5 bulan lalu.. Dan sekarang sudah menyatu tanpa tindakan oprasi, sekilas sy liat ronsen fraktur mengalami overlaping, sehingga mengakibatkan selisih tUngkai 2cm.. Rencana sy kann mendesain alat traksi femurnya.. Apakah akan membantu utk mengejar selisih tungkainya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya fraktur dengan selisih overlapping lebih 2 cm secara medis jelas akan menyebabkan pincang nantinya ..namun jika negelgted atau terlambatnya sudah 10 tahun tentu telah terjadi penyatuan atau uniion namun penyatuan tsb tidak pada posisinya ( malunion ) jelas untuk traksi juga tidak memungkinkan lagi.kecuali jika belum menyatu..Jika sudah mengeras dan jalan pincang berarti sudah nyatu tulangnya sebaiknya dilakukan operasi refrakturasi baru di traksi dan sebaiknya di pasang internal fiksasi seperti plate . jadi traksi tidak bisa di lakukan jika tulang telah menyatu..demikian terima kasih..ya

      Hapus
  11. Pagi dok, mama saya yang berumur 78 tahun, tanggal 8 juli 2013 kemaren jatuh dari kursi, hasil rontgen memperliharkan patah di daerah pangkal paha, waktu konsul ke dokter bedah tulang di sarankan untuk di operasi dengan memotong tulang pada pangkal paha tersebut dan dipasang penggantinya (maaf saya tidak terlalu familiar dengan istilah kedokteran), dengan masa penyembuhan skitar 2 minggu, karena kami anak-anaknya masih agak ragu, oleh dokter untuk penanganan sementara dikasi obat pereda nyeri dan obat untuk menumbuhkan tulang, yang saya tanyakan apakah dengan usia mama saya tersebut serta kondisi fisiknya yang ringkih dan sakit-sakitan, operasi tersebut tidak membahayakan bagi kesehatannya, mohon srannya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal mas kustaman ... saat ini operasi ganti sendi panggul dapat dan sering di lakukan jadi tidak ada yg perlu di khawatirkan >>>tks

      Hapus
  12. Selamat Pagi dok, Saya mau tanya kalo patah tulang paha itu boleh/tidak makan sambal dan minum the trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas chris..tidak ada masalah makan cabe dan minum teh .Makan harus lebih baik dan tinggi protein guna mempercepat proses penyembuhan tulang tks

      Hapus
  13. pagi pak dokter Ramzi Asrial...ini kasus kakak saya pada pebruari 2012 lalu kecelakaan dan mengalami patah tulang paha tepatnya diatas lutut dan sudah melakukan operasi empat kali pertama penataan tulang, kedua pemasangan plat trus setelah dua bulan ternyata platnya patah lalu dilakukan operasi lagi penggantian plat dan ternyata terjadi infeksi karena tulang tidak bisa menerima adanya plat tersebut hingga bengkak dan dilakukan operasi pengerokan infeksi tersebut tapi tulang tak kunjung nyambung hingga sampai saat ini belum bisa jalan dan masih menggunakan krek 2 bagaimana yang harus dilakukan kakak saya?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas wawan ..kami ikut prihatin dengan permasalhan kakak anda . tindakan anda sudah tepat . karena kalau mendengar cerita anda bahwa patahnya kemungkinan tidak simple , melainkan berbentuk pecahan-pecahan sehingga mesti di susun . sehingga operasi pertama adalah operasi untuk mengontrol infeksi.dan patahan sedikit di atas lutut memang sering menimbulkan masalah karena kekuatan pegangan plate pada bagian bawah sangat lemah dan tulang di dekat sendi itu tidak sekuat tulang di bagian tengah. mungkin pilihan plate yg lebih baik seperti titan sehingga lebih kuat dan lebih rendah kemungkinan allergi akibat penolakan plate. memang sedikit lebih sulit penanganan pasien dengan reaksi penolakan terhadap plate.kakak mas wawan berdomisili di mana ? dan apakah sudah di tangani oleh bedah orthopedi ? tks

      Hapus
  14. Selamat pagi dok, saya mau tanya saya kan operasi pemasangan pen pada paha kanan saya tahun lalu, waktu itu terjadi infeksi pada tulang, jadi ada bagian tulang paha saya yg dibuang, panjangnya kira-kira 8cm, namun menurut dokter saya, kaki saya bisa panjang kembali atau sama dengan operasi untuk meyamakan panjang kaki kanan saya dengan alat bantu yg diputar sampai panjangnya sama, soalnya sekarang saya jadi pincang jalannya dok... Apa benar dok kaki saya bisa dipanjangin kembali dengan operasi, rencana dalam waktu dekat ini saya melakukan operasi... Terimakasih dok!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas adhe..jadi jika tulang yang di kurangi 8 cm jelas akan menimbulkan kepincangan waktu berjalan..namun mungkin karena tidak ada pilihan lain sehingga tulang anda mesti di buang sepanjang 8 cm tersebut.Memang pilihan untuk operasi memanjangkan kembali adalah lebih rumit shg butuh waktu dan kesabaran.jadi kemungkinan terbaik adalah dengan graf tulang yang di ambil dari donor lain di tubuh anda dan di harapkan dia jadi jembatan guna pertumbuhan tulang muda nantinya..tks.

      Hapus
  15. Pak dokter makanan yang baik untuk saya yang saat ini menjalani patah tulang paha apa saja ya, terima kasih !

    BalasHapus
  16. Dokter yg baik..sy mw tanya. sy mngalami kecelakaan bulan 8 tahun 2008, mengalami fraktur femur sbelah kanan. stlah kcalkaan lgsg dioperasi gips (tanpa pmasangan pen). sekrg sy berjalan pincang krn kaki kanan sy memendek dan tidak bisa ditekuk sepenuhnya. yg ingin sy tanyakn:
    saat ini usia sy 28 tahun, masih bisakah sy berjalan normal jika melakukan operasi pemasangan pen?
    trimakasih dok atas saran berharganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...jalan akan pincang jika pemendekan lebih dari 2 cm . agar tidak pincang pilihannya ada dua operasi pemanjangan dengan graft tulang atau sol sepatu yg di tambah.

      permasalahan lain jika sendi lutut tidak bisa di tekuk itu adalah masalah ikutan akibat sendi lutut lama tidak bergerak sehingga terjadi kaku sendi yg berlama-lama .

      operasi pemasangan plate tentu tidak pada tempatnya dilakukan pada saat ini.karena tulang telah menyatu dan melengket kuat dngan posisi yg tidak benar.apalagi sudah 5 tahunan.coba anda konsultasikan masalahnya ke ahli bedah tulang tks..

      Hapus
  17. Slmat mlm dok,saya mau tanya, tulang paha kiri saya patah pada febuari 2013 lalu, sekarang jalan saya pincang dok tapi ukuran kaki saya sama panjang, lalu apa yg harus saya lakukan agar kaki saya tidak pincang dok? Dan saat berjalan saya merasa ada tarikan dilutut saya dan rasanya sakit,apa penyebabnya dok.....
    Trma ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..kalau jalan pincang memang yang paling sering penyembuhan tidak baik dan tidak sama panjang jika panjang sama berarti posisi saat tulang menyatu tidak benar secara anatomi sebagai mana sebelumnya.Biasa untuk tahu bahwa tulang tungkai berbeda atau sama panjangnya mesti di ukur secara hati-hati dan teliti pada titik-titk yg tertentu. beda 2 cm saja sudah cukup untuk berjalan pincang demikian terima kasih.

      Hapus
    2. Selamat malam dok..mama saya umur 70 thn terpeleset dan retak/patah tulang paha dekat sendi pinggul kiri..menurut dokter lebih baik mana pasang gips atau pen..dimana mama saya ada riwayat jantung dan asma dan untuk penyembuhannya sendiri kira2 berapa lama..tks

      Hapus
    3. selamat malam ...patah tulang panggul pada orang tua mesti di perhatikan secara seksama dan teliti . selain itu penyembuhan pada orang tua tentu lebih lama. apakah sudah di lakukan pembuatan foto rongent atau x ray ? jika sudah tentunya mesti di baca oleh ahlinya seperti spesialis radiologi atau spesialis bedah . Jika di jumpai adanya patah pada orang tua sering pada leher atau bongkol atas panggul.

      Jika benar ada patahan pada bongkol paha dekat panggul mesti ditatalaksana dengan baik sebab jika tidak benar maka pasien atau orang tua anda tersebut akan sulit berjalan atau pincang.

      pada patah tulang paha sebenarnya tidak ada tempat untuk pemsangan gips . pilihan terbaik adalah memasang plate khusus daerah panggul, dengan bentuk sesuai daerah yg terkena jadi sudah di disain khusus . tks

      Hapus
  18. Assalamualaikum Pak Dok...
    2 bulan kmaren sy dioprasi pasang pen di tulang paha sblh kanan. Patahnya 13 senti diatas lutut.

    Tp ada sdikit masalah Dok. Pen dipaha saya jd longgar (mur nya sedikit kecabut) tp sukurlah tulang sy tidak begeser. Cma sy merasa nyeri dilutut kalo banyak gerak.

    Yg ingin sy tanyakan, sy harus oprasi lg dok?
    Dan kalau pennya dibiarkan longgar αρα tulang sy masih bisa nyambung dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas farid ..patah 2 bulan yl dan telah di pasang plate sekarang longgar karena screw yg tercabut..Jika longgar ini sangat potensi untuk bergeser. disisi lain tulang dalam 2 bln belum menyembuh sempurna. sehingga jika anda beraktifitas agak berat maka kemungkinan akan terjadi patah kembali bisa saja terjadi. penyembuhan pada fraktur secara klinis adalah nyeri yg hilang jika di injakkan.jadi jika masih nyeri kemungkinan kekuatan penyembuhan tulang masih belum baik.

      Jadi saat ini yg penting adalah saat berjalan tidak ada pincang da n adanya gangguan gerak yg nyata. Jika nyeri saja mungkin anda hanya perlu sabar untuk bergerak seperti biasa dalam beberapa waktu. demikian terimakasih.

      Hapus
  19. dok saya mau tanya..saya pria umur 22 tahun..
    saya mengalami kecelakaan di motor sekitar 8-9 bulan yg lalu..waktu itu saya langsung di oprasi di solo. di RS dr.suharso.. selama pasca oprasi saya tidak mengalami apa2,hanya saja pisioterapy seperti biasa..karna saya kecelakaan di oprasi nya di bagian paha dan tempurung..di pen..
    selama 8-9 bulan sampai skrg saya selalu latihan jalan agar seperti normal lagi..dan konsul ke dokter masih rajin..
    namun pas kemarin saya mengalami benturan di paha pas bekas oprasi nya bgt..dan skrg seperti ada lebam di sekitar bekas oprasi yg patah paha nya..dan sangat sakit klo di raba..tetapi jalan seperti biasa ,ga ngefek apa2..maksudnya jalan normal seperti biasa hanya saja sedikit ngilu (kata dkr sih wajar klo ngilu karna beban badan ).sampai skrg pen masih ada belum di buka.karna kata dokter minimal buka pen selama 1 tahun..

    yg saya mw tanyakan,,apakah efek benturan tersebut bisa fatal ? karna sampe skrg ada lebam tetapi ga mencolok..sedikit lebam maksudnya..dan klo di raba sangat sakit sekali..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal mas arif..anda mengalami fraktur atau patah tulang paha dan telah di pasang plate besi. setelah 9 bulan mengalami benturan dan ada nyeri dan lebam , tapi jalan masih baik.dari cerita anda sepertinya tidak ada permasalahan dengan tulang namun ada cedera pembuluh darah . jika anda ragu dapat di lakukan pemeriksaan foto rongent jika tulang tidak patah ya tidak ada yg perlu di khawatirkan.Jika perdarahan tidak banyak akan diserap kembali.demikian tks.

      Hapus
  20. owh begitu ya pa dokter..makasih ya pa..
    1 lagi saya mw tanya..apakah memang normal ya begini adanya ketika jalan kaki gampang terasa lelah dan ngilu di bagian ujung pen ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ,, gampang lelah tentu bisa oleh sebab lain bisa saja terjadi apalagi anda dalam pemulihan dan masih memerlukan kalori untuk penyembuhan kerusakan tulang dan jaringan lain , apalagi pasokan kalori yang kurang dan selama ini anda lama berbaring. rasa nyeri bisa saja terjadi namun coba anda kontrol lagi guna melihat apakah ada kelainan pada posisi plate nya tks.

      Hapus
  21. selamat malam dok,pak dokter saya mau tanya anak saya berumur 7 Tahun kecelakaan dah patah tulang paha, posisi tulang terpisah.. saya bawak ke tukang urut tulang setelah 1 bln ternya setelah di rotgen tidak berhasil di satukan posisi tulang masih seperti semulah, sekarang sudah bisa jalan tapi kai panjang sebelah dan berjalan pincang, sedangkan posisi tulang nya masih tidak berubah, yg mau saya tanyakan kan dok
    - apakah tanpa operasi tulang anak saya dapat kembali normal.
    - apakah apa sudah berjalan 2 bulan masih dapat di operasi
    terima kasih dok

    BalasHapus
  22. selamat malam dok, dok anak saya berumur 7 tahun kecelakaan tertabrak motor dan patah tulang paha, posisi tulang setelah di tray patah merosok sekita 2cm, saya bawa ke tukang urut patah tulang, setelah 2 bulan hasil nya posisi tulang masi seperti semula tidak nyambung, sekarang sda 2 bulan anak saya sudah belajar berjalan tapi kaki nya pendek sebelah dan posisi patah masih seperti semula. yg mau saya tanyakan
    - apakan tulang anak saya bisa menyatu kembali normal seperti semula.
    apakh masih dapat di operasi sementara kejadian nya 2 bulan yg lalu teria maksih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal pak martinus ,..tulang yg telah menyatu dengan posisi yg tidak benar seperti terputar , bengkok atau memendek maka sampai saat penyembuhannya sempurna tetap akan terbentuk dengan posisi seperti awal menempel ( kalus). Sampai kapanpun , Ketiga permasalahan diatas akan menimbulkan gangguan berjalan spt pincang dan rasa nyeri yg terus menerus pada sisi tungkai yg sehat sebagai penyeimbang tubuh.

      Untuk memperbaiki tulang yg telah melengket satu-satunya jalan mesti di lepaskan kembali perlengketannya , jika masih baru upaya melepaskan kalus yang udah terbentu relatif lebih mudah ketimbang jika telah bertahun.kemudian posisi di kembalikan ke posisi yg seanatomi atau se normal mungkin lalu di pertahankan diposisi itu dengan berbagai cara seperti besi plate dan screw , atau bermacam tehnik operasi lain.

      Sebaiknya segera anda konsultasikan dengan ahli bedah umum atau ahli bedah tulang terdekat , tks

      Hapus
  23. Malam dok,,saya mengalami patah tulang paha pda kaki kiri pd tanggal 18 September 2013 melakukan oprasi dan dipasang pen,Ʊϑaђ brjln hampir 3 minggu.kok lutut saya susah ditekuk.saya mau tanya bgmna agar syaraf kaki saya bsa lemas kmbli dan lutut saya bisa ditekuk sampai full..Ʊϑaђ bgtu ª∂a̲̅ dok terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya robby ...sudah di pasang pen setelah fraktur pada tulang paha ...lutut susah di tekuk jika anda lama terbaring sehingga lutut lebih dari 2 bulan tidak pernah di tekuk seperti terpasang gips lebih dari 2 bulan dan tidak di pendekkan . Mungkin sebelum plate anda lama terbaring atau gmn..penanganannya cukup dilakukan latihan oleh tim fisitherapy dan memang sedikit agak nyeri tks

      Hapus
  24. selamat siang dok, saya berumur 24 tahun mengalami patah tulang tibia dan fibula kemudian saya berobat kealternatif sudah 6 bulan tulang saya masih belum pas dok, yang ingin saya tanyakan, tulang yang sudah menyatu apa bisa diperbaiki lagi dok??? saya sedih melihat kondisi tulang saya yang sekarang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya.....anda mengalami patah pada tulang tibia dan fibula sudah 6 bulan namun hasil penyatuan sepertinya kurang memuaskan anda baik secara bentuk dan fungsi . sangat sayang waktu anda terbuang cukup lama karena mendapat penanganan yg salah , jika di operasi dan pasang plate mungkin maks 1 bulan anda sudah dapat berjalan dan bekerja ringan.

      Di bag bedah atau bedah tulang patah yg seperti ini di sebut patah terlantar ( neglected fraktur ) , penanganan patah yg telah menyatu maka operasinya menjadi 2 tahap pertama di refrakturasi atau omong kitanya di patahkan kembali lalu baru di operasi kedua dengan pemasangan plate dan screw.

      Secara pribadi kami ikut sedih dengan hal seperti ini , tapi anda harus tegar dan punya keinginan yg kuat untuk sembuh silakan konsultasikan segera tungkai anda tersebut ke ahli bedah atau ahli bedah tulang terdekat.tks

      Hapus
  25. Slamat pagi dok dan salam kenal, saya mengalami patah tulang paha kiri, di oprasi 4 hr stelah kecelakaan, keluhan saya, otot paha terasa sperti di tarik2 saat kaki kiri dgerakkan dan daerah sekitar lutut terasa sakit, kaki sulit untuk di tekuk, kaki kiri saya bengkak setelah di spallek slama 4 hr sblum oprasi, dan saat latihan krek, saya merasa agak pusing dan jantung berdetak lbh cepat, saat duduk kaki terasa sangat pegal kaku di bagian paha, mohon nasihat dr dokter supaya saya bsa cepat pulih dan kuliah lagi.
    Terima kasih, wass wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami patah tulang paha kiri dan telah dilakukan operasi sayangnya anda belum menjelaskan sudah berapa lama di operasi dan apa operasi yg telah di lakukan sehingga sulit saya mendeskripsikan jawaban kepada anda ...namun perlu anda ketahui bahwa tarikan yang kuat pada otot dan bengkak bisa karena otot tidak pada posisi yg baik dan akan beradaptasi nantinya sesuai perkembangan waktu..tks

      Hapus
  26. Selamat sore dok.
    Saya pernah mengalami patah tulang paha pada bulan mei 2011 dan langsung dioperasi pasang pen. Saya sudah bisa berjalan dan beraktifitas seperti biasa. Dua hari lalu saya operasi untuk lepas pen. Yang saya tanyakan apakah setelah lepas pen saya langsung bisa beraktifitas seperti biasa ataukah saya harus menggunakan tongkat dulu untuk beberapa saat. Trimaksih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas hari....anda telah mengalami patah tulang paha dan telah di pasang alat plate dan screw 2,5 tahun yg lalu , saya yakit penyembuhan tulang anda sudah cukup baik karena jika usia dewasa dalam 1 tahun saja itu plate sudah dapat di buka jika telah bisa berjalan tanpa nyeri dan pada foto rongent tidak terlihat lagi bagian yg mengalami patah atau garis patahannya.. Setelah dilepas sebenarnya tidak perlu pakai tongkat lagi kecuali pada orang tua yg telah mengalami osteoporosis tentu mesti berhati-hati. Atau kecuali dokter bedahnya menganjurkan dengan alasan temuan durante atau selama operasi>>...tks ya

      Hapus
  27. dok, boleh minta cp nya? saya sedang patah daerah fibula, sudah sekitar sebulan yang lalu patahnya. saya phobia operasi dok, jadi ngga saya apa-apakan cuma di pakaikan deker dan kruk. enaknya gimana ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya cp kami bisa anda lihat di tab tentang saya di atas, namun menurut kami sebaiknya kita bicarakan di blog ini agar yg lain bisa mengambil manfaat dari pengalaman yg anda rasakan atau alami. Anda mengalami patah pada tulang fibula dan anda tidak ingin di operasi . Sebenarnya jika patah pada tulang fibula tapi tulang tibia tidak secara standar operasi prosedur kita tidak melakukan operasi terbuka. sering yang kita lakukan cukup tindakan konservatif untuk mempertahankan posisi tulang fibula tersebut. dari luar agar ujung-ujung tulang tersebut menyatu dan berjumpa. Secara pribadi kami juga tidakpernah atau jarang melakukan operasi pada patah tulang fibula tertutup. kecuali jika ada patah tulang terbuka atau bagian tulang fibula yg patah mengalami tusukan yg menembus keluar dari kulit..

      Bahkan di bagian bedah tulang atau orthopedi tulang fibula ini sering dijadikan graft tulang untunk sebagai jembatan atau bridging pada patah tulang di daerah lain. tks

      Hapus
  28. Saya rara,umur 20thn,kecelakaan pada 5 mei 2013,patah paha kiri femur,sekarang sudah 6 bulan,terakhir di ronsen sekrup bagian bwh geser karna sering memutar kaki,akibatnya geser sedikit tp kata dokter tidak apa apa,kira kira apa berpengaruh bila saya tidur miring ke kanan ke kaki yg sehat sebagai tumpuan?
    Gerakan apa agar paha saya tidak mengecil?
    Dan kenapa lutut saya berbeda dgn yg sehat,lebih menonjol jika berdiri,apa karna kaki blm di beri beban?
    Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya rara , saya ikut prihatin dengan apa yang telah anda alami . Namun sesuai dengan apa yg di sampaikan ahli bedah yang menangani anda saya yakin itu tidak terlalu berpengaruh. operasi yg telah berlangsung selama 6 bulan yg lalu dengan umur anda yg 20 tahun atau masih muda maka seyogyanya luka operasi anda dan penyembuhan patah tulang anda harusnya sudah cukup baik. Berputar dan bertumpu sebaiknya harus anda lakukan dengan hati-hati karena banyak posisi plate itu yang hanya membentuk garis lurus sehingga saat anda beri gaya berputar dan tulang yang patah belum menyatu dengan kuat.akan menyebabkan plate dan screw terlepas karena tidak kuat menahan gaya memutar. harusnya anda sudah mulai beraktifitas biasa jika operasi telah terjadi sejak 6 bulan yll. Mengenai benjolan yg lebih menonjol pada lutut coba anda konsultasikan ke dokter yg mengoperasi mungkin perlu dipastikan dengan foto x ray dll.tks

      Hapus
  29. Dok sya bru seminggu yg lalu operasi ptah tulang trbuka di bagian jari kelingking kaki kiri,,dan skrng di kasih pen,kata dokter orthopedi nya 1 bln ato 3 minggu lgi bru d lepas pen nya,,tpi skrng bru kerasa ngilu dan nyeri nya,,trs kalo misal pen sdh di lepas apa tetap trs ngilu dok??trs kira kira brpa lama smbuh nya setelah pelepasan pen itu,,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya...anda mengalami patah tulang terbuka pada kaki kiri , dan rencana di operasi 1 bulan lagi untuk melepas k wire nya .Kapan sembuh ? mungkin harus di pahami bahwa permasalahan pada patah tulang terbuka adalah tulang dan luka pada pada jaringan lunak . Ini harus di pisahkan karena penyembuhannya akan berbeda . Tulang jika menempel dengan baik akan mengalami penyembuhan secara alami untuk waktu diatas 3 bulan paling cepat sesuai usia penderita. Sedangkan luka yg bersih akan menyembuh dengan cepat kecuali ada gangguan pembuluh darah dan infeksi. Jadi memang benar biasanya jika usia muda k wire kita pertahankan sampai satu setengah bulan kemudian baru di buka.tks

      Hapus
    2. Terima kasih sudah di balas dok,,saya sudah kontrol dok , terakhir tanggal 14 nov kemarin dan hasilnya baik,lukanya bersih tanpa darah atau nanah dan sudah kering,,usia saya 22 thn,,rencana awal dulu pen nya mau di cabut sekitar tanggal 8 desember terhitung 1 bulan setelah operasi,,jadi kira2 mungkin ya januari sudah sembuh dok ?? Terima kasih

      Hapus
    3. selamat malam ya ...usia anda yg masih 22 tahun sangat baik untuk penyembuhan tulang , penyembuhan tulang sangatlah sempurna sehingga anda tidak perlu khawatir dengan patah pada tulang jari anda tersebut , namun penyembuhan tulang dianggap sempurna setelah 6 bulan jadi kekuatan tulang sebelum 6 bln tersebut belumlah baik , kalau anda beraktifitas sehari-hari sebaiknya mungkin anda masih harus berhati-hati dan beradaptasi secara perlahan-lahan. tks.

      Hapus
  30. Selamat pagi dok..saya robby dok...saya mengalami patah tulang paha kanan pada maret 2012 dan sekarang saya sedang menjalankan pengobatan alternatif....pertanyaan saya dok..paha kanan saya masih bisa ga di operasi dok mengingat kejadiannya sdh lama sdh hampir 2 tahun dok ....???dan kira2 brp ya dok biaya utk operasi pemasangan pen pada paha kanan saya....mohon sarannya dok...tks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya roby ...anda mengalami patah tulang sudah hampir 2 tahun dan sekarang tengah berobat ke alternatif. kami tidak dapat informasi mengenai kondisi kaki anda saat ini apakah sudah menyatu bekas patahnya tapi posisi tidak tepat atau mengalami pemendekan atau patahannya belum menyatu hingga kini oleh berbagai sebab ?. pada prinsipnya semua patah tulang tetap bisa di operasi hanya saja jika telah menyatu dan mengalami pemendekan tentu operasinya jadi beberapa tahap karena tulang yg telah patah tersebut mesti di bebaskan kembali dari tulang mudanya lalu di tarik dan setelah itu baru di pasang plate and screwnya. dan kalau patahnya belum menyatu harus di cari kemungkinan penyebab yang lain seperti infeksi dll. mengenai biaya tentu sangat tergantung dari kondisi dan kemungkinan kesulitan operasi serta rs yg anda pilih.jadi sangat bervariasi. kalau di bandingkan dengan kondisi anda saat ini dan selama 2 tahun tidak bekerja tentu biaya tersebut sebenarnya jauh lebih rendah apalagi saat ini masalah biaya bisa di atasi dengan karju berobat bagi yg tidak mampu. Jadi yg penting niat anda untuk berobat dengan benar dan ingin sembuh itu yg lebih di perlukan...tks

      Hapus
  31. Terima kasih Bpk. dr. Ramzi Asrial ...atas sharing info yg sangat bermanfaat buat khalayak umum ini..

    Saya terkena musibah tunggal pada saat mengendarai sepeda motor...Yang mengakibatkan tulang paha kaki kiri saya patah...
    Pada saat kejadian saya Langsung membawa ke pengobatan alternatif patah tulang haji gopli Pondok Aren...saya sampai detik menulis komentar ini sudah berjalan 10 hari....waktu itu saya takut sekali dibawa kerumah sakit Karena faktor biaya....saya minta saran dari bapak apa yang harus saya lakukan....terima kasih...salam...supri (bekasi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas supri...anda mengalami patah tulang paha kiri , terbuka atau tertutup ?. dan saat ini anda berobat ke alternatif..untuk informasi berdasarkan teoritis dan pengalaman di lapangan pada kasus patah tulang paha sangat jarang berhasil dengan baik jika di tangani oleh pengobatan alternatif karena stabilitas dan tarikan otot paha yang sangat kuat. Sangat beda dengan penanganan tulang tungkai bawah atau tangan. Untuk patah tulang paha kita ahli bedah atau orthopedi tidak boleh di pasang gips karena hasilnya tidak baik. pemasangan plate dan screw adalah yg paling baing saat ini. Masalah biaya memnag selalu menjadi masalah tapi di bandingkan dengan masalah panjang yg akan anda hadapi seperti kebanyakan penderita lain tidak akan sebanding nantinya. apalagi sampai tahunan. Jika anda karyawan mungkin bisa ditanggung perusahaan atau jika anda tidak mampu sama sekali tentu anda bisa mengurus surat keterangan miskin seperti yg banyak sekarang digunakan oleh masyarakat. yg perlu di tanamkan bahwa anda harus mendapat penanganan secara baik dan benar. tks.

      Hapus
  32. dok,saya mau tanya,ayah saya dua tahun yang lalu mengalami kecelakaan,beliau tidak mengalami patah tulang,namun hanya keseleo urat,akan tetapi,sampai sekarang,kaki ayah saya masih bengkak dan berjalan pincang,padahal dia tidak patah tulang,dan sampai sekarang ayah saya belum diperiksa secara medis.terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..mbak zahara..ayah anda 2 tahun yg lalu mengalami kecelakaan, kaki bengkak dan berjalan pincang..namun belum di periksakan secara medis..artinya kaki ayah anda dinyatakan tidak patah secara penglihatan kasat mata saja dan dinyatakan keseleo. Perlu kita dan anda ketahui bahwa pernyataan patah pada tulang panjang seperti tulang paha , tungkai bawah , lengan dan jari memang mudah di nilai secara kasat mata atau mata telanjang. Tapi pada tulang-tulang tapak kaki dan telapak tangan sangat sulit di katakan tidak patah jika tidak di x ray foto atau foto rongent. apalagi bengkak dan sakit pada tulang tapak kaki yg tidak membaik setelah satu minggu harus kita foto . Saran kami sebaiknya anda periksakan ke dokter bedah atau dr orthopedi masalah kaki ayah anda tersebut.Jika boleh kami tahu anda berdomisili di daerah mana ? tks ya semoga info ini dapat membantu anda agar tidak salah dalam mengambil keputusan.

      Hapus
  33. salam doktor, saya dari malaysia.... penang
    2011 saya patah di distal femur operasi dan pasang plate n screw, tetapi non union... tiada penyambungan, jadi nov 12 2012, saya jalani kali kedua operasi di tempat yang sama , tukar new plate n screw yg lebih besar, dan juga di buat bone graft dari hip bone. sekarang sudah masuk minggu ke 6 dan luka operasi semua sudah sembuh termasuk di pinggul(bone graft diambil). kaki saya juga mulai rasa ringan sekarang, appt doctor last dec 20, xrary menunjukkan ada penyambungan pada bone graft yang di masukkan... jadi berapa lamakah lagi kaki saya boleh cantum sepenuhnya? ketika ini saya masih di pijak lagi walaupun doctor kata boleh pijak sedikit demi sedikit... pada minggu ke berapakah tulang ini akan cantum sepenuhnya..? jika saya mulai pijak sedikit adakah tulang yang mulai cantum itu akan terbeban?... mohon pandangan doctor... 2 jan 2014 ini saya akan start kerja balik.... apakah nasihat doctor langkah langkah yang perlu saya ambil berat dan jaga...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore , terimakasih dan salam kenal Mr sempoi from penang , malaysia.anda pernah patah tulang femur dipasang plate dan screw namun non union kira2 penyebab non unionnya kenapa ? sering karena platenya yg goyang sehangga tulang femur tidak terfiksasi dengan baik ( biasanya itu yg paling sering) . Lantas di putuskan untuk di ganti plate yg baru dan lebih besar. Biasanya untuk femur kita sebaiknya memakai plate femur minimal 10 hole , supaya kuat memegangnya karena femur itu kan menahan hampir seluruh gaya dan beban tubuh.

      Bone graft dilakukan jika ada bagian tulang yang hilang dengan mengambil dari tulang panggul , tulang fibula atau iga.Fungsinya adalah sebagai jembatan atau bridging untuk memancing pertumbuhan tulang muda baru dari kedua tepi patahan.
      Saat ini sudah minggu keenam post operasi pasang platenya. Mesti anda menjaga untuk tumpuan kaki karena kekuatan masih full menggunakan plate tersebut. Jika usia anda masih muda mis di bawah 30 tahun biasanya kita anjurkan mulai dinjakkan penuh setelah bulan ketiga , karena penyembuhan tulang yg baik itu maks setelah 6 bulan. jika usia tua tentu lebih lama lagi apalagi jika gizi kurang baik..tks

      Hapus
  34. thax sebab response Dr. so minimal 10 hole/screw? kali pertama cuma 8 screw yang di pasang pada plate saya itu, dan maybe sebab itu non union barangkali... dari 8 screw, 6 screw telah patah sebab itu doctor saya adv buat bone graft dan pasangkan new plate, kali ini plate lebih panjang dengan 11 screws di pasang.. saya sudah 35 tahun sekarang... doctor kata dengan plate baru ini lebih stabil dan adv saya boleh mula berlatih pijak sedikit demi sedikit tetapi jangan letakkan beban yang lebih pada kaki kanan saya kuatir yang tulang itu boleh patah... cumANYA entah kenapa saya masih takut takut untuk mula pijak ... saya lebih selesa buat masa ini gunakan topang ketiak tanpa perlu memijak kaki kanan saya ini... doktor, jika saya excercise dengan berbaring di lantai dan mengangkat kaki saya adakah tulang yang baru mula bersambung boleh patah semula? boleh memandu kereta auto dengan meletakkan pillow di bawah kaki saya dan hanya gunakan pergelangan kaki saya untuk menekan minyak dan brek.... sejak post operasi saya masih mengambil pil kalsium supllement adakah ini dapat membantu percepatkan percantuman tulang saya doktor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan mohon maaf baru dapat dibalas sekarang , anda saat ini tentu sudah relatif aman jika telah terpasang plate yg 12 hole, itu tentu relatif stabil dan kuat namun tetap anda mesti menjaga aktifitas dan beban tahanan pada paha yg mengalami patah tersebut Jadi gaya tekan terhadap tulang bisa kebawah , bisa menyamping atau berputar atau kombinasi dua atau tiga gaya tersebut.jadi kekuatan plate tersebut mesti mengcover ketiga arah gaya tadi.kalsium tab boleh anda konsumsi tapi juga jangan berlebihan karna makanan dan minuman yg kita konsumsi juga ada yg mengandung kalsium.Membawa mobil sebaiknya setelah anda dapat berjalan dengan baik...atau 4-6 bulan untuk umur seperti anda tks

      Hapus
  35. Selamat Sore dr. Ramzi.
    Senang membaca artikelnya. Bagus. Dok, calon suami sy umur 25th kurang 1 bulan menikah mengalami kecelakaan dan patah tulang paha kiri tepatnya tengah paha. Karena calon saya mengalami koma selama seminggu maka dari itu operasi tulang baru dilakukan hari ke-8. Karena kesadaran blm penuh krn ada pembengkakan otak juga,baru turun dr bed setelah 18 hari. Setelah 18 hari baru latihan berjalan pakai kruk dan kaki yang sakit ditapakkan. Sekarang sudah 1,5 bulan dr sejak operasi dan jalannya masih dibantu pakai kruk. Dan skrg calon sy terapi menekuk kaki dan kaki tinggal satu jengkal nempel pantat. Yang ingin sy tanyakan, apakah ada hubungannya kaki bs ditekuk dg patah tulang yg akan sembuh? apakah itu pertanda?
    Dengan kondisi yg demikian, kira2 untuk bs berjalan tanpa kruk butuh brp lama waktunya dok?
    Dan apakah nantinya bs berjalan seperti normalnya?
    Atas jawabannya sy ucapkan terimakasih Dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak estik terima kasih ya sudah menyambangi blog kami semoga bermanfaat ..calon suami anda usia 25 thn mengalami patah tulang paha kiri dan cedera kepala serius. Untuk patah tulang paha tidak ada masalah apalagi patahannya simple dan sudah dilakukan operasi pemasangan plate dan screw barangkali ya. Itu sudah cukup baik dan sesuai dengan standar di bedah . saya yaking calon anda akan dapat berjalan mendekati normal nantinya. untuk laki-laki usia 25 tahun penyembuhan patah tulang cukup cepat , biasanya dalam tiga bulan nantinya sudah cukup kuat untuk berjalan tanpa menggunakan tongkat atau kurk.

      Untuk sendi lutut yang tidak digerakkan dalam waktu yg lama memang kerap menimbulkan kaku sendi , sehingga mesti di tekuk dan di bengkokkan guna mencegah terjadinya kaku pada sendi lutut , minimal mendekati sendi lutut normal. jadi hubungan tidak langsungnya seperti itu.demikian ya tks

      Hapus
  36. dokter saya mau tnya
    1. jenis2 screw itu apa saja ya dok ?
    2. retraktor untuk bedah thoraks dan skin itu nmnya apa
    3. alat pengukur panjang plate sebelum dipasang itu apa
    4. alat untuk memegang tulang saat dilakukan reposisi sebelum pemasangan plate itu nmnya apa

    mhon jawabanya ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya nury...bicara screw biasa di kita di sebut sekrup untuk memegang plate logam. ada macam bentuk kepala screwnya namun yang paling sering di gunakan adalah bentuk hexagonal . panjangnya juga sangat tergantung keperluan .panjang plate tidak perlu di ukur , bentuk dan jumlah holenya yg perlu di ketahui.
      Retraktor artinya pemisah atau hak yg terfiksasi di torak ya namanya retraktor thorak .
      alat untuk memegang tulang bone klem , banyak macam dan bentuknya juga. tks ya..

      Hapus
  37. dok, nama sya lukas. 22 thn. tgl 23 september 2013 yg lalu sya mengalami kcelakaan motor, yg menyebabkan fraktur femur 1/3 distal. sya dioperasi dngan plate 10 screw. tanpa infeksi, dan sendi2pun smuanya sudah normal sepenuhnya. hasil ronsen tgl 10 januari 2014 sudah sngat baik, callus terlihat banyak, rongga patahan sudah bnyak terlihat tulang muda dan bekas patahan hanya tersisa sedikit rongga. skarang sya sudah diizinkan memakai 1 kruk. yang ingin sya tanyakan, untuk pertimbangan sya boleh/belum melepas smua kruk apakah berdasar pada waktu teoritis saja yaitu slama 6 bln? jika hasil ronsen menunjukkan sudah memungkinkan melepas kruk namun belum mencapai 6 bulan penyembuhan, knapa belum diperbolehkan? sya dianjurkan untuk control kembali bulan maret mendatang. krna sya hrus bsa masuk bekerja tpa kruk bulan februari mendatang.mohon dijawab dok. thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas lukas....anda mengalami patah tulang paha bagian bawah sudah 4 bulan dari sekarang dan anda telah di pasang plate and screw..penyembuhan tulang pada anak muda seusia anda memang cukup cepat pada pemeriksaan foto x ray terlihat sudah cukup baik menurut anda , kalus muda sudah terbentu namun masih terlihat bekas patahan .

      Secara pemeriksaan radiologi saja kami masih beranggapan patahan tulang anda belum menyatu baik . Biasanya ahli bedah tulang akan menilai untuk boleh di injakkan dengan bantuan tongkat atau dengan tumpuan ringan , dengan tumpuan berat badan atau dengan tumpuan berat badan tambah beban . itu tentu punya tahap-tahap tersendiri.

      Jadi tidak hanya indikasi penyembuhan radiologis yang jadi patokan tapi ada kriteria penyembuhan secara klinis misalnya masih ada rasa sakit , ngilo saat anda coba bertumpu jika masih ada rasa ngilu dan nyeri berarti fraktur paha anda belum dianggap menyembuh secara klinis.

      Namun perlu anda ketahui bahwa penyembuhan sangat individual , jadi tidak bergantung kepada lama penyembuhan rata-rata spt 6 bulan tadi. keadaan - keadaan di mana penyatuan tulang yang lama , atau tulang yang tidak bisa menyatu spt infeksi , keadaan gizi yg tidak baik , adanya benda asing di antara patahan tulang yg menghambat penyatuan , faktor penolakan tubuh seseorang terhadap plate dan screw yg terpasang.dan lain-lain ini akan memperlambat atau malah menyebabkan tulang tidak menyatu . tks

      Hapus
    2. terima kasih bnyak untuk balasannya dok, sya sudah tidak merasakan nyeri/ngilu sama skali di daerah fraktur ketika berjalan dgn 1 kruk, dan asupan gizi sya sudah sesuai dgn yg dianjurkan, 3 x mnum susu, makanan berprotein dan kalsium, plus suplemen osifit dan calcitriol 0,25 mg. sya jg sering bergerak agar metabolisme terjaga. yg ingin sya tnyakan lgi, apabila bulan dpan (5bln pasca op) sya melepas tongkat, apa akibat yg mungkin terjadi sbab belum melalui pemeriksaan dokter kembali? dan indikasi radiologis apa yg menjadi syarat sya diizinkan melepas tongkat? terima kasih dok, blog anda sungguh bermanfaat.

      Hapus
    3. Terimakasih ya mas lukas...indikasi radiologis mutlak berdasarkan penilaian ah terbenahli medis dan sangat tergantung pengalaman dalam membaca ronsen. secara teoritisnya secara radiologis garis frakture sudah tidak nampak lagi dan kalus sudah terbentuk baik. tks

      Hapus
  38. assalamu'alaikum war wb
    dok saya laki laki usia 17 baru jatuh tgl 17 kemarin tulang jari sebelum sendi engsel ke 2(jari telunjuk atas) saya retak,hanya di gips karena posisi tulang bagus dan kl di operasi agak beresiko karena dekatsendi dan tulang saya agak kecilyg mau sy tanyakan
    1)apa tulang saya yg hanya di gips bisa kembali seperti semula(kurang lebih 95% lah)dalam hal bentuk dan fungsi?
    2)apa saya boleh mengkonsumsi nutrisi calsium karena sebagian orang berpendapat akan terjadi penumpukan cal di fraktur yg mengakibatkan tulang tidak tumbuh rata?
    terimakasih atas infonya dan lebih lebih anda berkenan menjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami kecelakaan seminggu yg lalu .tulang jari tengah telunjuk anda mengalami patah dan dianjurkan hanya di pasang gips. hasil yang terbaik tentu mesti dilakukan reposis atau mengembalikan posisi patahan sedekat ke bentuk anatomisnya lalu di fiksasi atau dipertahankan. kecuali jika patahan tidak bergeser dan cukup stabil.

      Konsumsi kalsium boleh saja namun tidak benar pernyataan orang2 tadi karena efek ke tulang bukan seperti itu.tks

      Hapus
  39. Selamat pagi dok, saya apri tanggal 2 Desember 2013 lalu kakak saya mengalami kecelakaan dan mengalami patah tulang pada paha kanan dok, tanggal 3 desember 2013 kakak saya melakukan operasi untuk pemasanangan pen dok, kira2 2 minggu kemudian kakak saya melakukan operasi lagi untuk penambalan kulit di telapak kaki sebelah kanan sehingga kakak saya harus istirahat total dan belum bisa sama sekali latihan jalan dok. kira2 akhir desember kakak saya sudah mulai menggunakan tongkat 2 untuk berlatih dok, nah pertengahan januari kakak saya mulai menggunakan tongkat 1 dan awal februari kakak saya mulai melepas kedua tongkatnya karena dia merasa sudah bisa namun tetap jalannya masih pincang dok, nah tiba2 pada tanggal 14 februari kemarin kakak saya merasakan sakit sekali dan nyeri pada lututnya sampe lemes dok. nah yang ingin saya tanyakan apakah sakit dan nyeri pada lututnya tersebut penyebabnya apa? dan apakah berbahaya dok? dan satu lagi dok, apakah jika kakak saya sudah sembuh bisa berjalan normal lagi seperti sebelum kecelakaan dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...kakak anda mengalami kecelakaan dan patah tulang paha kanan.terjadi sejak 2 bulan yg lalu.telah dipasang plate dan screw.juga dilakukan pembuatan skin graft atau flap untuk menutup defek kulit. Mulai melepas tongkat sebaiknya setelah 3 bulan. Jika masih sakit sebaiknya di istirahatkan dulu dan kontrol dengan ahli bedah tulang yg melakukan operasi.. nyeri bisa karena penyatuan tulang belum baik.

      Jika hasil operasi baik tentu harusnya bisa sembuh dan berjalan baik , kecuali jika ada bagian tulang yang hilang sehingga panjang bagian paha kanan lebih pendek dari paha kiri. Jadi kasus patah tulang tentu tidak sama pada semua orang , sangat tergantung mekanisme trauma , posisi dan lain-lain.ada kehilangan kulit misalnya tentu lebih berat dari tidak ada . tks

      Hapus
  40. salam kenal dok....adik saya 33 thn,3 thn yg lalu mengalami kecelakaan dan dipasang pen pada patah tulang di paha hingga pangkal lutut.dan baru di buka pennya br2 ini.saya ingin tanya bagaimana cara melatih agar lutu adik saya bisa ditekuk lagi dok.terima kasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya mbak susi , adik anda mengalami patah tulang paha dan telah di buka pennya . patah telah berlangsung 3 tahun dan sampai ke pangkal lutut. apakah sendi lututnya ikut patah ? karena kaku sendi atau joint stiffness bisa terjadi karena tulang sendi yang ikut patah atau karena kurang di gerakkan lebih dari 2 bulan saat patah .

      Sebaiknya untuk melatih sendi anda konsultasikan dengan ahli rehabilitasi medis atau fisioterapi karena mereka lebih mengetahui tentang hal ini. Untuk dapat sendi lututnya kembali mendekati normal pada kaku sendi perlu keinginan yg kuat karena sangat nyeri bagi pasiennya dan mesti sabar untuk melatih sampai sudut sendi lutut benar-benar mendekati normal..tks

      Hapus
  41. Salam Kenal Dok...dok kakak saya mengalami patah tulang paha kanan Juni tahun 2013 lalu, dan telah dipasang pen...selama 8 bulan ini hasil kontrol menunjukkan kondisi tulang semakin membaik dan mulai menyambung...tetapi pada kontrol terakhir pada bulan Februari 2014 hasil rontgen menunjukkan Pen tersebut telah patah , padahal belum sembuh betul...dokter menyarankan agar dilakukan operasi penanaman Pen kembali untuk tetap menjaga pertumbuhan tulang,..yang saya ingin tanyakan apakah perlu dilakukan operasi lagi seperti saran dokter tersebut atau adakah cara lain yang dapat dilakukan? Dan apakah patahan Pen tersebut berpengaruh pada tulang? Terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya juli..kakak anda mengalami patah tulang paha juni 2013 dan telah di pasang plate 8 bulan.Saya kurang dapat informasi apakah kakak anda telah berjalan dengan baik dan telah bisa mengangkat beban-beban ringan..? dan apakah terasa nyeri saat berjalan ? Dan sudah berapa lama plate itu patah? serta berapa umur kakak anda sekarang ?. Sebab jika garis patah tulang masih terlihat jelas pada rongent , masih nyeri saat di injakkan dan usia lanjut mungkin perlu di lakukan pemasngan plate kembali..tks

      Hapus
  42. malam dok.....saya jimmy 30 tahun. Saya nov 2013 kecelakaan dan patah femur melintang rapih.....krn ekonomi,saya ke alternatif,sekarang femur saya agak bengkok dan panjang kaki saya beda 2,5 cm. Rencana saya, 3-5 tahun lagi berniat utk rekonstruksi supaya panjang bisa sama. apakah bisa direkonstruksi dok?dan maksimal berapa tahun lagi dan di umur berapa? Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas jimmy anda telah mengalami kecelakaan patah pada tulang paha dan saat ini tulang paha mengalami bengkok serta pemendekan 2,5 cm.Anda berencana akan melakukan operasi rekonstruksi tapi 3-5 tahun lagi.Jika boleh tahu dimana anda berdomisili dan lokasi patahan paha anda di tengah , di ujung atau di pangkal. penanganan patah ini sebaiknya secepat mungkin dilakukan . Jika sudah keras mungkin perlu operasi 2 tahap karena patah dengan pemendekan lebih dari 2 cm dan pasti akan menimbulkan jalan menjadi pincang. tks

      Hapus
    2. Malam dok. saya domisili di Tangerang kota dok. lokasi patahannya pas di tengah dok. Jika memang perlu 2 kali tahap operasi tidak apa2 dok jika memang kaki saya bisa disamakan panjangnya. Jadi apakah bisa ya dok disamakan lagi? karena sepertinya saya sanggupnya paling cepat 2 tahun dok utk mengumpulkan dana. Terimakasih dok

      Hapus
    3. Selamat malam ya jika anda kesulitan biaya , kenapa tidak mencoba dengan mendaftar sebagai peserta JKN di tempat anda tinggal . Sebaiknya penanganan patah tulang anda segera di perbaiki sebab prinsipnya makin cepat adalah makin baik. Secara umum jika tidak ada bagian yg hilang maka upaya untuk meluruskan tungkai anda yang bengkok dan membuat tungkai bawah anda sama panjang tentu bisa , namun jika lebih dini di tangani saya yakin tungkai anda akan semakin baik hasilnya demikian terima kasih.

      Hapus
  43. Salam dokter Ramzi, saya Dina 23 tahun, bulan januari lalu saya kecelakaan didiagnosa fracture of lower end tibia, ujung tulang kering dilutut pada kaki sebelah kanan, kemudian saya operasi pemasangan screw pada 11 februari sekitar 3 minggu setelah kecelakaan, pasca operasi 2 minggu jahitan dibuka, yang jadi masalah mengapa area sekitar jahitan terasa tebal dan mati rasa, kemudian masih terdapat sedikit pembengkakan, kemudian paha dan betis saya mengecil dibanding kaki kiri saya yang normal, dan saat ini kaki baru bisa ditekuk sekitar 90 derajat, apakah ini wajar ya dokter? kemudian saya masih menggunakan alat bantu 2 kruk karena kaki belum boleh dipijakkan, sampai kapan saya harus menggunakan alat bantu ini ya dokter? kemudian apakah nanti kaki saya bisa normal kembali sehingga bisa digunkan untuk bersujud dan duduk diantara dua sujud dalam shalat? mohon penjelasannya dokter, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak dina , anda mengalami patah pada tulang tibia di bawah lutut dan telah di pasang plate ? dan screw...kira 3 mgg. daerah di sekitar jahitan terasa tebal dan mati rasa itu bisa terjadi karena ada persyarafan yang di sekitar kulit yang luka ada yg mengalami rusak dan putus namun itu akan membaik secara bertahap.. Sendi anda terasa kaku dan otot betis mengecil hal itu terjadi karena tungkai bawah anda tidak bergerak atau tidak di gerakkan untuk waktu yang cukup lama. dan pada saatnya nanti otot betis anda dan kaku sendi pada lutut akan kembali membaik jika sudah mulai dilakukan mobilisasi atau di gerakkan. tks

      Hapus
  44. Assalamu Allaikum Dok,

    Salam Kenal Saya Arief... saya memiliki anak berumur 1.8 tahun yang patah di tulang paha. setelah itu anak saya ini dipasangkan gips sampai ke pinggang selama satu bulan... saat ini gips sudah di lepas namun dengkulnya masih tidak bisa membengkok banyak... jalannya pun sulit... membaca artikel dokter saya jadi kawatir akan terjadinya hal-hal yang salah.... untuk saat ini bagaimana seharusnya saya bertindak... saat ini anak saya sudah 1 kali di bawa ke alternatip untuk dilatihkan atau dilemaskan otot2nya....terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya mas arif..dari penuturan dan uraian tentang anak anda usia 1 tahun 8 bulan ? yang mengalami patah pada tulang paha di pasang gips sampai ke perut. Memang benar bahwa pilihan untuk anak cukup dilema karena penyembuhan patah tulang anak sangat baik dan cepat dan gips memang masih ada tempatnya untuk waktu satu bulan atau kurang. di sisi lain pemasangat plate dan screw juga tidak menjadi pilihan yang tepat karena dapat mengganggu pertumbuhan tulang anak beserta otot dan lain-lainnya.

      Permasalahan untuk sendi pada anak yang di fiksasi kedua sendi tungkai bawahnya dengan gips tentu adalah kaku pada sendi , namun dari pengalaman jika dalam satu bulan saja kaku sendi ini dapat di atasi dengan melatih gerak dan saran saya adalah di bawa ke dokter atau bagian rehab medik atau minimal fisiotherapi oleh ahlinya. karena ada banyak tehnik dan pilihan latihan yang mesti di lakukan oleh tenaga yang mengenal anatomi tungkai dengan baik. jangan ke alternatif...karena kelalaian yang makin memperlambat atau delay penanganan bisa membuat tungkai anak anda menjadi kaku permanen yang sulit ditangani meski dengan operasi sekalipun...tks

      Hapus
  45. Selamat sore Dokter, saya Waya. Saya ingin konsultasi, kakek saya yg berumur 86th tidak bisa berjalan karna mengalami patah tulang dibagian paha atas. Kakek saya bisa mengalami patah tulang paha karna sempat terjatuh, pada waktu itu tidak langsung dilarikan ke rumah sakit dan hanya dibiarkan saja berbaring selama setahun lebih. Yang mau saya tanyakan, apakah masih bisa diusahakan untuk sembuh dan bisa berjalan lagi Dok? karena semangat kakek saya untuk bisa berjalan masi sangat besar Dok. Demikian, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas waya...Kakek anda usia 86 tahun sungguh usia yang sangat baik dan sehat. Saat ini mengalami patah tulang paha atas akibat terjatuh. dan di biarkan terbaring selama 1 tahun lebih. Memang sangat di sayangkan apalagi jika kakek anda tersebut masih bisa beraktifitas normal sebelumnya. Jadi jika saat itu langsung di operasi dengan pemasangan sangat baik tentu hasilnya akan baik..apapun itu semua udah terjadi , permasalahan saat ini adalah paha yang patah bisa saja menyatu tapi dengan posisi yang salah atau tidak benar sehingga mesti di refrakturasi kembali. Begitu juga dengan sendi lutut dan panggul tungkai yang patah tentu sudah mengalami kaku sendi dan jika telah lebih dari satu tahun kaku sendi akan sulit di atasi dengan fisioterapi saja jadi tindakan bedah sendi juga besar kemungkinan akan terjadi dengan hasil yang sulit kita prediksi. Jadi penanganan patahnya jadi permasalahan yang tidak sederhana kesimpulannya..segera konsultasikan dengan ahli bedah tulang terdekat di tempat anda berdomisili tks..ya

      Hapus
  46. Salam pak dokter, saya umur 33 tahun 30 Oktober 2014 saya mengalami patah tulang femur sebelah kanan dan sudah dioperasi dan dipasang pen, yang mengoperasi dokter bedah umum karena tidak ada ada dokter orthopedi. Setiap bulan saya kontrol dan selalu ronsen., hasil ronsen yang kelima (setelah lima bulan) hasilnya saya lihat patahan tulang yang sebelah atas semakin menebal, sedangkan patahan bagian bawah tidak ada perubahan jadi belum ada perubahan pada patahan tersebut. Kata dokter yang menangani hasilnya baik dan masih proses pemulihan. Saya ragu dengan penjelasan dokter itu, saya takut mengalami nonunion pada femur tersebut. Saya tinggal dipapua dok, saya pingin berobat ke jawa, tapi karena membutuhkan biaya yg besar saya masih menunggu hasil untuk beberapa bulan lagi..
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam panton pangaribuan anda dari nomensen medan dan sekarang bekerja di timika irian jaya dari ujung barat sampai ke ujung timur luar biasa. Setahu saya di timika ada rumah sakit cukup besar dan juga freeport , namun belum ada ahli bedah orthopedi.kami di bagian bedah vaskuler dan endovaskuler center di jakarta sering mendapat kasus yang sulit kiriman dari daerah anda..

      Anda khawatir dengan patahan tulang femur anda yang patah dan telah di pasang plate dan screw yg di lakukan oleh dokter bedah umum. Sebenarnya jika patahan pada tulang femur anda simple dan tidak pada sendi penanganan oleh seorang ahli bedah umum menurut saya sudah cukup baik .

      Nonunion adalah keadaan di mana patahan pada tulang dan tidak menyatu sama sekali selama lebih 6 bulan.bahkan bisa terbentuk sendi palsu. sedangkan patahan yang lama menyatu disebut delay union. Namun karena anda sudah terpasang plate tentu sulit dinilai dan saya yakin anda tidak mengalami delay apalagi non union. Apakah saat ini anda sudah bisa menginjakkan tungkai yang patah atau bisa menggerakkan dan mengangkat tungkai ? lalu bagaimanakah keadaan luka daerah patahan atau daerah luka operasi ? demikian dulu terima kasih >>

      Hapus
  47. Selamat siang dokter...saya umur 30 tahun...saya mengalami fraktur femur di tengah dan sudah di operasi pemasangan plate 1 tahun lalu. Saat ini kondisi plate saya longgar dan terjadi pergeseran tulang, tapi kata dokter ga papa karna callusnya mulai banyak...Saya juga diberi suntikan untuk mempercepat pertumbuhan callus. Kondisi saat ini sudah tidak sakit apabila di pijakkan, menekuk juga sudah sempurna hanya bagian lutut yang sakit karna kata dokter ada pengikisan. Yang ingin saya tanyakan, apakah tidak perlu perbaikan tulang paha karna mengingat terjadi pergeseran tulang? BB saya juga over, apakah pengaruh juga nanti dalam menopang berat badan? sebelumnya terima kasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas bagus...anda usia 30 tahun , mengalami patah tulang paha 1 tahun yang lalu dan telah di pasang plate , plate yg terpasang longgal namun anda sudah bisa bisa berdiri dan di tekuk . Apakah anda sudah dapat berjalan ? dan bagaimana maksud pergeseran tulang yang anda utarakan tadi ? Sebab jika bergeser samapai menyebabkan overlapping dan kaki memendek lebih dari 2 cm itu mungkin harus di perbaiki lagi . Tapi jika hanya bergeser ke samping dan tidak menyebabkan pemendekan tentu itu tidak perlu terlalu anda khawatirkan karena setelah beberapa lama nantinya tulang anda akan mengalami remodelling atau membentuk tulang yang baik kembali namun sedikit akan membengkok sesuai arah geseran tulang tadi.

      Mengenai berat badan anda yang over memang secara general mesti anda kurangi , tidak hanya untuk kelainan patah ini namun juga untuk terhindar dari penyakit-penyakit lain yang berbasis akibat obesity spt jantung , pembuluh darah ,dll.tks

      Hapus
    2. Sebenarnya saya wanita dok, kebetulan kemaren pake akun suami. Saat ini saya masih menggunakan 2 tongkat karna belum ada ijin lepas dr dokter saya. Tulang saya bergeser kesamping karna pennya longgar dan selisih kurleb 1 cm kata dokter saya. Apakah ada pengaruhnya dok dengan pen yang longgar apabila saya sudah lepas tongkat? dan apa maksud pernyatan dokter tentang "sedikit akan membengkok sesuai arah geseran tulang "...sebelumnya terima kasih ya dokter untuk membalas kembali...

      Hapus
    3. selamat pagi ya...jadi yang menentukan posisi anatomis tulang tersebut adalah saat awal tulang anda mulai menyatu , jika sudah bergeser 1 cm dan menyatu maka untuk selanjutnya tulang akan membentuk sendiri sesuai arah geseran tadi , namun jika 1 cm masih dapat di toleransi ...dan benjolan yang terjadi nantinya tidak begitu nyata....tks

      Hapus
    4. Terimakasih dokter atas jawabannya.....Oya dokter kalo kaki yang patah saya coba naikkan ke atas dalam posisi duduk atau tidur agak susah dan gemetaran.,apakah itu normal.? Dan olahrga apa yang bisa mengembalikan lagi fungsi paha yg patah? maaf ya dok banyak nanya.

      Hapus
    5. Jika anda sudah berjalan dan bekerja seperti biasa , posisi meninggikan kaki disaat tidur mungkin tidak terlalu masalah . apakah kaki anda ada mengalami bengkak pada sisi yg patah ? jika ada mungkin aliran pembuluh darah balik yang belum baik atau belum terbentuk kolateral2 nya. anda mesti bersabar dan selalu melakukan latihan di bawah konsultasi ahli rehab medik atau fisiotherapies.tks

      Hapus
    6. Iya dokter, dibagian tulang yang bergeser atau paha dalam nya (bukan sisi yang ada pen) mengalami pembengkakan...normalkah dokter?

      Hapus
    7. iya bisa didalam tergantung arah geser patahannya...tks

      Hapus
    8. terima kasih dokter atas semua jawabannya...

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Selamat malam Dok....,sya dari Sumedang Jabar.
    Terus terang baru sekarang ini sya dapat menemukan dan membaca postingan demi postingan di blog Dokter ini,isinya sangat2 menarik. Ada sedikit penyesalan di hati saya,knp sya baru bisa menemukan blog Dr. ini sekarng bukan nya dari 1 tahun yg lalu. Tpi ga apa2lah,mungkin baru skrng waktunya sya bisa di pertemukan sama Dr.
    Ada satu hal yg mau sya tanyakan kpd Dr. mengenai sendi palsu, dan sya sangat2 berharap sekali Dr. mau menjawabnya dengan detail sehubungan dgn keterbatasannya pengatahuan sya di seputar Ortopedi.
    Sya mengalami Fraktur kaki kanan 4 Februari 2013 lalu,satu titik di femur sekitar 15cm di atas lutut,satu titik di tibia sekitar 15cm diatas angkle,dua titik di fibula di ujung atas dan bawah. Sya menjalani pengobatan hanya ke alternatif di sertai pengawasan dan pengobatan Dr.umum setempat. Alhasil..,menurut Foto Rontgen terakhir di usia 9bln sambungan di femur saya numpuk dan agak memutar keluar sehingga ada pemendekan sekitar 7-8cm,sambungan di fibula dua2 nya baik,nah..,untuk yg di tibia disanalah terjadi "sendi palsu" sehingga meskipun tidak teramat longgar,disana sya dapat merasakan sambungan nya agak sedikit bergerak dan terkadang ada terdengar sedikit bunyi "krek/trek" sewaktu2 sampai sekarang ini,tpi saya tidak merasakan sakit (cuma ada rasa linu sedikit) meskipun sekarang saya sudah mulai bisa berjalan tanpa tongkat walau belum bisa terlalu jauh. (Usia sya 35thn dan berat badan sya sekitar 70kg,disaat sya berjalan tanpa tongkat,Allhamdulillah sya tidak merasakan sakit di ke-4 titik patahan tsb).
    Pertanyaan Sya....,
    "Seberapa kuat sambungan yg menjadi sendi palsu di tibia itu untuk kelanjutan aktivitas sya Dokter ???" Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..mas danilla di sumedang...Anda mengalami neglected fracture atau penanganan fracture yang tidak tepat , sehingga tungkai bawah kanan anda mengalami pemendeken 7-8 sentimeter dan terbentuk delayed union bahkan bisa berlanjut menjadi sendi palsu atau pseudoarthrosis pada tulang tibia .

      Dari pengalaman kita pemendekan yang sedemikian panjang akan sangan menyulitkan anda untuk melangkah dan berjalan . Pemendeken yang masih dapat di toleransi oleh tubuh adalah di bawah 2 cm dan jika pemendekan diatas itu mesti dilakukan koreksi. Begitu juga dengan patahan di tulang tibia anda , dari pengalaman sangat jarang patah di daerah tibia menjadi sendi palsu , dan kami belum pernah mendapatkan kasus sendi palsu di tibia . ada 2 -3 kasus yang pernah kami temukan di paha dan dua kasus kami operasi dengan hasil yang cukup baik.

      Untuk keadaan patahan tada tungkai atas dan bawah seperti yang anda hadapi yang sering di sebut dengan floating knee atau lutut mengambang penanganannya mutlak di pasang plate pada tulang paha dan tulang tibia. dan penanganannya karena sudah lebih setahun dan terbentuk tulang mudanya maka penangananya jadi lebih sulit dan perlu beberapa tahap . serta di perlukan barangkali graft tulang dari bagian tubuh lain .

      Kami yakin anda akan mengalami kesulitan untuk berjalan normal , apalagi jika terjadi rotasi dan membentuk sudut . coba anda lakukan pemeriksaan ulang terhadap tungkai bawah anda ke rumah sakit mungkin perlu di buatkan foto x ray untuk melihat sendi tibia yang palsu . tks

      Hapus
    2. Selamat pagi...,
      Terima kasih atas jawaban dan saran nya Dok...,Insya Allah akan sya pertimbangkan.

      Lantas bagaimana dengan pertanyaan sya tentang kekuatan sendi palsu apabila memang terbentuk di tibia dalam kelangsungan aktivitas sya apabila sya membiarkan keadaan nya tetap seperti ini tanpa melakukan operasi untuk merekontruksi ulang? Apakah kemungkinan untuk terlepasnya kembali sambungan sangatlah besar? Ataukah sendi palsu itu memang sudah cukup kuat walau mungkin ada sedikit pergerakan seperti sendi2 yg lain pada umumnya (lutut/pergelangan tangan misalnya)?

      Sya masih berharap Dr. bisa melanjutkan menjawab pertanyaan sya ini. Terimakasih

      Hapus
    3. Selamat pagi ya..kekuatan sendi palsu tentu sangat rendah dan tidak akan pernah menyatu jika itu benar suatu sendi palsu..bukan delay union atau fraktur yang lambat menyatu. Karena ada pemisahan berupa tulang rawan dan cairan yang di produksi di antara sendi. Terkadang kaki bisa di injakkan tapi tidak kuat dan tetap goyah. Ini bisa di lihat dan di periksakan kembali ke dokter yang melakukan tindakan operasi atau ke dokter ahli orthopedi lain yang jadi pilihan anda, tks

      Hapus
    4. Terima kasih Dok...,jawaban nya detail sekali dan Allhamdulillah bisa saya pahami. Tpi kalau saya boleh meneruskan pertanyaan saya apabila memang tidak menggangu waktu Dokter,

      Mengenai Delay Union dalam kasus yg sya alami,apakah memang masih bisa terjadi sementara Fraktur sya sudah berusia 15bln? Kalo boleh sya tahu,waktu atau lama nya proses delay union itu bisa terjadi dalam tempo/kurun waktu berapa lama setelah terjadinya fraktur sebelum fraktur itu bisa dinyatakan sebagai keputusan akhir gagal nya sambungan tulang atau istilahnya yg biasa disebut No Union kalau sya gk salah?

      Sya ucapkan terima kasih banyak apabila Dr. masih berkenan untuk meneruskan atau merespon konsultasi sya ini. Terima kasih

      Hapus
    5. Terimakasih ya...untuk frakture spt anda yang telah berlangsung lebih dari 1 tahun jika masih goyang di sebut suatu Non union fraktur , jadi kelanjutan dari patah tulang yang mengalami delay union jika tidak menyatu akan masuk fase non union apalagi untuk penderita yang berusia muda . Untuk penderita yang usia tua bisa saja delay union nya lebih panjang di banding penderita berusia muda . begitu juga untuk penderita lain spt malnutrisi , penderta dengan penyakit kronis dll.Semoga bermanfaat tks

      Hapus
  50. Saya bobby umur 23 thn,tgl 13 maret saya di tabrak orang dan mengalami patah tulang paha kanan dan pada hari itu saya di operasi dan dipasang pen 10 screw yg mau saya tanyakan kenapa kaki saya pas di tekuk terasa sakit di paha dan paha saya sedikit membengkak y dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya bobby , anda mengalami kecelakaan tabrakan dan patah tulang paha kanan pada tanggal 13 maret 2014 dan pada hari itu juga anda langsung di operasi dan di pasang plate and screw 10 buah . dan saat ini setelah operasi atau sekitar 1 bulan 5 hari kaki anda sulit di tekuk dan terasa sakit serta menalami bengkak.

      Rasa sakit dan bengkak pada paha bekas tempat operasi bisa terjadi akibat berbagai sebab , Luka yang mengalami infeksi , aliran vena yang terbendung atau sering di sebut jyga dengan sindroma kompartemen , Adanya penumpukan darah atau hematom di bawah kulit dll. ini harus di pastikan pada kasus anda .

      Pada pasien dengan patah tulang karena immobilisasi yang lama sehingga sendi lutut jarang di gerakkan juga akan dapat menimbulkan kaku sendi atau di sebut dengan frozent joint ., Sehingga sendi lutut mesti dilatih oleh seorang ahli rehab medik atau fisiotherapi. begitu juga dengan otot yang mengalami tegang atau tension..tks

      Hapus
  51. Selamat pagi dokter , saya berusia 23tahun dan sekitar 1 bulan yang lalu mengalami fraktur di bagian lengan atas tangan kanan saya , tepatnya di atas siku . Saya sudah dioperasi 3 Minggu yang lalu. Tp tangan saya belum bisa ditekuk sempurna dan agak sedikit bengkak . Yang saya tanyakan tepat pada bagian atas kulit yang bengkak tersebut kok kaya terasa mati, jadi klo di pegang g kerasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi ya mas ben dan salam kenal , anda usia 23 tahun mengalami kecelakaan dan patah pada tulang lengan atas tangan kanan dan sudah di operasi 3 minggu yang lalu . belum bisa di tekuk dan bengkak . Masalah yang mengganggu bagi anda adalah pada daerah insisi terasa mati dan kurang berasa.

      Untuk permasalahan bengkak dan sulit di tekuk anda harus meninggikan tungkai yang mengalami patah tersebut karena masalah gangguan pembuluh balik tentu bisa terjadi dan anda dapat konsultasikan masalah tersebut ke dokter ahli bedah vaskuler jika anda di jakarta.atau kota-kota lain yang ada ahli bedah vaskularnya spt medan , padang , manado dll.Dan nyeri serta kaku sendi harus anda lakukan melatih gerakan setiap hari meski terasa nyeri.

      Rasa baal dan hilang rasa dapat terjadi pada aderah sayatan luka operasi , tapi itu dapat mengalami perbaikan kembali karena syaraf halus yang berada di daerah sayatan perlu waktu untuk membaik kembali setelah mengalami trauma..tks

      Hapus
  52. Selamat malam Dokter, saya mau bertanya. istri saya baru saja mengalami operasi patah tulang di ruas paling kiri telapak tangan (disebut metakarpal ?). proses operasi sudah selesai tanggal 14 April 2014, sudah cabut benang operasi juga pada tanggal 23 april 2014, namun belum dicabut pen nya (menggunakan implant 7 ?). jadi 2-3 bulan kemudian harus operasi lagi cabut pen.

    yang ingin saya tanyakan kepada Dokter, saat ini kondisi jari kelingking istri saya bisa bergerak, hanya saja tidak bisa menekuk rapat ke dalam (seakan-akan sudah mentok). apakah istri saya perlu fisioterapi atau nanti saja fisioterapinya tunggu setelah cabut pen dokter ? sebab saya dapat info dari teman, kalau masih ada pen di tulang, memang jari tidak bisa menekuk sempurna.

    bagaimana menurut pendapat dokter ?

    terima kasih banyak Dokter.

    salam,
    Frans

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mas frans , istri anda mengalami patah tulang metakarpal tangan kanan , sudah di operasi sejak 1 bulan yang lalu. Kondisi saat ini jari kelingking sudah baik namun sulit di tekuk rapat.

      Pada tulang ruas jari yang patah jika terlalu bergeser atau patah lebih dari satu , atau patah yang tidak tabil memang memerlukan tindakan pemasangan plate atau kawat ( wire ) . Nah keunggulan dari plate kecil tentu sendi dapat di tekuk setelah operasi karena plate tersebut dirancang tidak mengganggu gerakan sendi . kalau wire atau kawat memang di buat harus menembus sendi.

      Jika sendi karpo metakarpal sulit digerakkan tentu lama kelamaan akan mengalami kaku sendi . untuk mencegah terjadinya kaku sendi memangseharusnya sendi mesti digerakkan seperti keadaan normal . Mestinya anda tidak menunggu untuk melakukan fisiotherapi sampai pen di cabut setelah 2 bulan atau 3 bulan. jadi segera saja mulai dilakukan melatih atau fisiotherapy.

      meski untuk jari karena kecil untuk kaku sendi masih dapat dilakukan fisiotherapi untuk melatih sendi , namun lebih baik tentunya mencegah terjadinya kaku sendi ketimbang mengobatinya..tks

      Hapus
  53. Slmat sore dok.sy brumur 18 thn 2 thn lalu sy mgalami kcelakan mtor sy mraskan skit pd kaki kiri dan tdk bs brjalan.sy mmerikskan dirumah skt stlah mlakukan foto rontgen dokter spesialis ortho kaki ry tdk apa apa sy hax mglami trauma yg diakibtkn dr kclkan trsbt.rlma 2 thn sy trus mrskan skht rmpai akhrx sy kmbli ke dok trsbt untk mlakukan pmeriksan krn sy brfkir knp rmpai 2 thn trauma tdk kunjung smbuh.sy sgat trkejt stlah mlakukan fto untk k2 x nya dokter menyrankan sy untk mlakukan operasi pnggantian sendi panggul dgn pemarangan implan sblah kiri.krena prsendian panggul sy sdah nyaris hbis trkikis.org tua sy mmbwa sy keluar kota untk operasi.
    sy mlakukan operasi pd blan 3 yg lalu skrang sdah 7 minggu stlah operasi ,sy dsarankn untk mggunkan tongkat.yg sy ingn tnykan brapa lama proses pmulihan stlah operasi ini?latihan apa sj yg hrus sy lakukn agar dpt brjlan lagi.krena sy msih mraskan sakit pd bekas operasi sy..sy mgharapkan saran dri anda dok.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya ulvy ...anda usia 18 tahun mengalami kecelakaan sejak 2 tahun yl, dan anda telah berkonsultasi ke dokter waktu kejadian namun anda terus mengalami sakit.Dan sakit itu terus berlanjut hingga sekarang . lalu anda ke dokter orthopedi itu kembali dan dinyatakan mengalami kerusakan sendi dan sendi yg habis terkikis dan mesti dilakukan penggantian sendi panggul.

      Anda sudah dilakukan operasi 7 minggu yl dan di sarankan menggunakan tongkat.

      Dari penuturan dan keluhan yang anda sampaikan , sepertinya saat kejadian ada masalah pergeseran pada sendi panggul anda yang sebelah kanan , atau panggula anda keluar dari mangkoknya atau patah pada daerah kaput atau kepala panggul anda. Perlu di ketahui bahwa di kepala tulang panggul itu ada arteri atau pembuluh nadi yang keluardan masuk ke atap panggung / pelvis. dan pembuluh darah itulah yang mendarahi daerah caput atau kepala panggul. Jika arteri atau nadi satu-satunya tersebut mengalami tarikan atau benturan yang berakibat putusnya arteri caput femur tersebut maka hilanglah pensuplai darah ke caput dan lama-kelamaan tulang pada kaput akan terkikis dan habis karena sumber darah untuk mempertahankannya sudah tidak ada.

      Ini sebenarnya pada tahap awal kecelakaan tidak terlihat dengan pemeriksaan foto x ray atau ct scan , nah permasalahan yang terjadi anda juga tidak mengkonsultasikan lagi dengan ahli bedah orthopedinya sehingga tidak dilakukan pemeriksaan ulang x ray.

      Kami kurang tahu apakah operasi yang di lakukan mengganti panggul sendi aja ( partial hip replacement ) atau mengganti seluruh panggul (total hip replacement ) ?
      tahap awal mungkin anda mesti menggunakan tongkat dan menyesuaikan atau adaptasi alat. mestinya saat ini memang anda sudah bisa belajar berjalan dan menekankan sebagian berat badan setengah saja.

      tks ya..

      Hapus
  54. Malam dok. Blognya bagus sekali :)
    Sy mau tanya. Kbtln pacar saya 9maret2014 kmrn mengalami kecelakaan umurnya 24th. Dan mengalami patah kaki kanan tulang paha dok, sejak awal kecelakaan dy tdk bs menggerakkan pinggul dan kakinya sm sekali. Dan akhrnya dy mencoba pengobatan alternatif dgn urut patah tulang. Stlh satu bulan menjalani urut perkembangannya dy mulai bs menggerakkan pinggulnya untuk duduk. Tetapi stlg sebulan itu, dy dn keluarganya mencoba konsultasi ke dokter bagian tulang paha di rs. Stlh dirontgen trnyta patahnya ckp jauh dok 3-4cm ke atas dn kebwh.. Dn dokter menyarankan untuk menanam pen dlm tulang pahanya. Skrg sudah hampir dua bulan stlh kejadian trsbt. Insyaallah rabu dpn tgl 14 dy akan mlkkn operasi. Pertanyaan sy, apkh dy dpt brjln kmbli sprti biasanya dan apkh tulangnya dpt mnytu kmbli dok? Kira2,bth brp lama fase penyembuhan dy untuk bs berjalan dok. Trmksh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ade fitri ...teman anda mengalami kecelakaan , patah sudah ke alternatif tidak membaik lalu di bawa ke dokter , xray dan di anjurkan operasi karena mengalami pemendekan 3-4 cm. dan syukurnya sudah mau di rencanakan operasi rabu depan . Jika telah terpasang plate mudah-mudahan teman anda akan berjalan baik dan bisa kembali berjalan dengan baik . tentu jika tidak ada masalah infeksi dll.tulang akan menyatu secara normal 3-6 bulan apalagi dengan usia yang masih muda, Untuk berjalan biasanya sudah bisa di latih injak setelah 1 bulan..tks

      Hapus
  55. Selamat siang dokter ramzi......Saya mau nanya lagi dok...Bulan yang lalu saya cerita masalah tulang saya yang bergeser ke samping dan dokter berkata bahwa tulang saya nanti akan remodelling dan sedikit akan membengkok sesuai arah geseran tulang. Nah yang ingin saya tanyakan, apakah dengan keadaan tulang yang sedikit bengkok itu sama kuat nya dengan tulang yang sehat dalam menopang tubuh? dan satu screw saya lepas dari pennya, apakah berbahaya kalo dibiarkan saja? Saya sudah 13 po dok, tapi mengapa hasil nya masih ada celah pada bagian yang patah? apa yang harus saya lakukan agar tulang cepat menyambung dok...untuk mengingatkan kembali saya wanita 31 th dan fraktur femur kanan pas di tengah dan saat ini pen longgar dan lepas 1 screw tulang bergeser ke samping.

    BalasHapus
  56. selamat malam dok, dok saya mengalami patah tulang 2bulan yang lalu dan sudah dioprasi, tp knapa dibagian pen kulit saya mati rasa ya? apakah itu normal dan bisa sembuh, trus kayak ada yang gerak gerak didalam area tersebut bila di gerakkan, padahal dirongent gpp kata dokternya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas...anda mengalami patah tulang apa ? dan telah di operasi.., namun terasa ada sensitifitas di kulit anda yang berkurang atau menurun . Menurut kami itu bisa saja terjadi karena ada bagian kulit yang di potong dan di jahit .,itu secarah bertahap akan mengalami reduksi dan perbaikan . namun jika ada bagian yang menurut anda seperti bergerak kami khawatir ada bagian screw yang kurang ketat berapa hole pada plate yang terlihat di foto x ray . jika kurang dari 10 hole tentu kekuatan plate jika di paha adalah kurang. jadi anda mesti berhati-hati dalam beraktifitas agar screw yang terpasang tidak terlebas. tks

      Hapus
  57. Selamat siang dokter ramzi......Saya mau nanya lagi dok...Bulan yang lalu saya cerita masalah tulang saya yang bergeser ke samping dan dokter berkata bahwa tulang saya nanti akan remodelling dan sedikit akan membengkok sesuai arah geseran tulang. Nah yang ingin saya tanyakan, apakah dengan keadaan tulang yang sedikit bengkok itu sama kuat nya dengan tulang yang sehat dalam menopang tubuh? dan satu screw saya lepas dari pennya, apakah berbahaya kalo dibiarkan saja? Saya sudah 13 bulan po dok, tapi mengapa hasil nya masih ada celah pada bagian yang patah? apa yang harus saya lakukan agar tulang cepat menyambung dok...untuk mengingatkan kembali saya wanita 31 th dan fraktur femur kanan pas di tengah dan saat ini pen longgar dan lepas 1 screw dr pen nya, tulang bergeser ke samping.....mohon di balas dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya...screw yang longgar bisa bergeser dan bergerak kemana saja , yang penting saat ini tungkai anda sudah nyatu atau belum . jika sudah nyatu dan dapat di injakkan maka celah yang terlihat pada saat di x ray tentu akan menyatu . tapi jika masih goyang anda mesti sering berkonsultasi ke dokter bedah atau bedah orthopedi yang melakukan operasi . tks

      Hapus
  58. selamat malam dokter ramzi.
    saya bagus santoso
    sekitar 1 setengah tahun yang lalu saya mengalami kecelakaan sewaktu bekerja
    yang mengakibatkan paha kanan saya mengalami pecah .atau hilang skitar 3-4cm
    dan mengalami pemendekan.
    oleh dokter dipasang traksi setelah beberapa minggu dilakukan pemasangan pen
    dan sekarang sudah tidak memendek lagi
    pada saat rongtgen terakhir dokter mengatakan kaki saya sudah menyatu dan pen bisa dilepaskan..
    tetapi yg jdi pertanyaan saya.
    -kenapa saya berjalan pincang ..padahal kaki saya sama panjang
    -dengkul /lutut saya tidak bisa di bengkokan krena ada sedikit pergeseran di kaki skitar 2cm
    pada saat liat hasil rongten..
    kira kira apa kah kaki saya nanti bisa berjalan normal kembali..
    setelah pengangkatan pen tersebut.
    tolong bisa memberikan solusi atau pencerahan nya.
    saya ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas bagus,..anda mengalami kecelakaan dan tungkai kanan anda mengalami pemendekan sekitar 3-4 cm. Sudah di traksi dan di lenghtening dan saat ini sudah sama panjang. namun anda masih berjalan pincang .

      Permasalahan kaku sendi adalah permasalahan ikutan dari penanganan patah tulang yang lama atau terdelay sehingga dengkul atau panggul sangat minimal bergerak..ini juga berpotensi membuat gait tidak normal . lalu posisi tulang saat menyatu mesti di pastikan bahwa posisi tidak terputar atau memebentuk sudut karena komponen ini juga akan menentukan bentuk kaki saat melangkah .

      lalu di kaki anda sendiri ada pergeseran 2 cm maksudnya ke arah samping ? kami yakin bahwa anda akan bisa berjalan dengan fisiologis dengan perbaikan - perbaikan secara bertahap , dan anda juga harus yakin bahwa masalah anda dapat di selesaikan oleh dokter anda tks

      Hapus
    2. assalamualaikum.. dok nama saya rahman umur saya 25thn saya mengalami patah tulang hermus atau lengan atas akibat olahraga panco dan saya masih bingung apakah mau dibawa ke pengobatan patah tulang atau kah ke dokter utk dioprasi,, yang mau saya tanyakan apa dampak buruk nya jika patah tulang hermus tdk segera ditangan? dan yg kedua apa dampak buruknya juga jika patah tulang saya dibawa ke pengobatan tradisional jika penangannanya kurang baik? mohon info dan sarannya dok . terima kasih

      Hapus
    3. Wassalamualaikum wr wb , selamat sore dan salam kenal ya rahman ...anda mengalami patah tulang lengan atas ( humerus ) setelah olah raga ponco .tuk .Tulang humerus atau lengan atas sering kurang stabil seperti pada tulang paha sehingga jika patah yang lepas atau bergeser atau telah membentuk sudut , maka pilihan operasi dengan pemasangan plate dan screw adalah yang terbaik dan biasanya di lakukan oleh ahli bedah atau bedah tulang yg telah berpengalaman. , Sebab ada resiko terkena bagian syarah di tulang humerus yang mesti di preserve atau di jaga..

      Jika patahannya tidak bergeser atau hanya retak dan garispatahannya simple atau sederhana maka masih ada tempat pemasangan U slab atau hanging alias di gantung saja dan dalam 2-3 bulan biasanya sudah menyatu pada penderita seusia anda.

      Kami tidak menganjurkan anda untuk berobat ke pengobatan trtadisional.

      Resiko jika patah tulang yg bergeser dan tidak di tangani secara baik maka bisa menyebabkan tangan menjadi bengkok , kaku sendi atau terpuntir akibat tulang menyatu dalam posisi yang salah .tks

      Hapus
    4. terimakasih dok atas infonya saya sgt terharu,,, saya sndiri brkeinginan untk oprsi tp sampai sekarang saya belum dioprasi dok soalnya ayah saya malah membawa saya ke pengobatan alternatif patah tulang yang katanya dikenal bisa mengatasi patah tulang sampai sembuh, dan org tua saya malah bilang begini orang lain saja katanya patah dibawa ke tmpt tsbt bisa sembuh... begitu dok,, bagaimana saya bs meyakinkan org tua saya dok ? tp skrg keadaan jari jari sya normal dok mksudny bisa digerakan,semua bhkan mengepal dgn keras menggerakan pergelangan juga bisa, hanya saja tulang hermusnya patah,,
      dan yang ingin saya tanyakan lagi apakah jika penyambungan tulng yang tdk sempurna seperti terputir dan bengkok maka akan beresiko rentan untuk patah lagi di kemudian hari walaupun sudah sembuh dok ? dan bagaimana dengan kekuatannya?

      Hapus
    5. Selamat malam ya..permasalahan seperti anda juga dialami oleh banyak keluarga di seluruh negara kita ini rendahnya pengetahuan membuat orang tua berpikir sederhana atau meringankan penatalaksanaan patah di tubuh , apalagi itu patah yang tertutup atau patah dalam yang tidak di sertai luka menganga.

      Sering permasalahan biaya telah membuat orang tua berperilaku reject atau penolakan terhadap kata rumahsakit atau operasi , tapi saat ini harusnya tidak seperti itu karena banyak sarana yang telah disediakan oleh pemerintah untuk membantu pasien yang kurang mampu.

      Untuk patah tulang lengan atas jika tidak melibatkan atau mencederai otot , syaraf dan pembuluh darah tentu di bagian ujung atau distalnya tidak ada masalah , seperti gerakan 2 biasa , hanya saja tidak punya kekuatan seperti tangan yang normal..tks

      Hapus
  59. Selamat pagi Dokter... Saya Putu dr Bali.

    maaf saya mau bertanya

    +- 4 thn lalu saya mengalami kecelakaan. ginjal saya pecah dan tulang paha kanan saya patah. tim medis akhirnya mengambil tindakan u/ mengangkat ginjal saya yg pecah dan melakukan oprasi kembali untuk pemasangan pen d kaki setelah menunggu kondisi saya agar benar2 fit yaitu kira2 lg 3 minggu lebih setelah oprasi ginjal .

    dan sampai saat ini pen dikaki saya masih belum di lepas. padahal dulu di sarankan sebaiknya minimal lg 2 thn harus di lepas. sedangkan sekarang sudah 4 thn.

    yg saya mau tanya dok.. apakah aman jika saya ,menjalani oprasi buka pen. sedangkan ginjal saya tinggal 1. dan kondisinya sedang ada batu buli-buli ber ukuran klo tdk salah 1.2mm, kondisi fisik saya juga sudah tdk sebugar dulu lagi ( gampang sakit, cpt lelah )...
    dari 2 thn lalu saya ingin menjalani oparai tersebut namun saya takut setelah oprasi kondisi ginjal saya yg tinggal 1 ini akan memburuk....
    di satu sisi saya juga takut kalu tdk di angkat pen nya akn menimbulkan efek buruk di kemudian hari. kerana dr 2 thn ini saja saya sering merasakan sakit dan nyeri pada ujung pen yg di pangkal paha bagian luar dan di ujung 1 nya yg dkat lutut....

    saya mohon informasi dan saranya dok... agar saya tidak ragu dan bingung lg untuk mengambil keputusan ini...

    terimaksih banyak sebelumnya dok
    mohon maaf sudah mengganggu, dan bertanya panjang lebar...

    sy tunggu jwaban dr dokter.
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya mas putu...kami turut prihatin dengan kejadian yang telah menimpa anda . Anda telah dilakukan tindakan medis seperti nefrectomy dan ORIF pada tulang paha..

      Jika melakukan tindakan operasi pada pasien dengan fungsi ginjal 1 dibanding dengan operasi fs ginjal ada 2 tentu lebih baik yang dua . Namun itu sangat relatif artinya jika fungsi ginjal baik meski satu tentu tidak ada masalah dibanding dua tapi fungsi sudah menurun.

      Jadi anda tidak perlu khawatir sebab jika dilakukan pemeriksaan funsi ginjal seperti lab ureum creatinin dan dalam batas normal , maka operasi tentu dapat dilakukan . biasanya dokter bedah akan berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam dan dokter anestesi untuk bisa dilakukan tindakan operasi.

      Anda juga punya masalah adanya batu kandung kemih yang tentunya mesti jadi bahan pertimbangan juga , sebab batu saluran kemis juga berpotensi memperburuk kondisi ginjal yang baik akibat sumbatan atau akibat infeksi.. dan justru ini lebih cepat menimbulkan penurunan fungsi ginjal..

      Jika kami boleh berpendapat sebaiknya masalah batu ini juga mesti mendapat prioritas dalam penanganan tks

      Hapus
  60. Assalammualaikum dok,nama saya bobby umur saya 24 th dan 3 bln yg lalu saya mengalami kecelakaan yg mengakibatkan tulang paha kanan saya patah dan pd hari itu di pasang pen 10 screw,alhamdulilah kaki saya skrg bisa di tekuk n di gerakan secara normal dok,yg jadi pertanyaan saya kpn saya bisa melepas tongkat saya ini y dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb , selamat pagi dan salam kenal ya bobby , anda mengalami patah tulang paha kanan dan telah di pasang plate and screw 10 hole . saat ini kondisi tungkai sudah baik atau dengan kata lain sudah mendekati normal ...secara fungsi . Namun mengingat masih 3 bulan anda mesti selalu menjaga jangan sampai alpa dan lupa bahwa penyatuan tulang anda belum sekuat normal...

      Biasanya di usia seperti anda plate dapat di buka pada usia 10-12 bulan tergantung penilaian penyatuan patah secara klinis dan foto yang dilakukan secara rutin..tks..

      Hapus
  61. Pagi dokter.. Calon sy berumur 26th yg mengalami patah tulang paha dan pernah sy konsultasikan dg dokter Ramzi, sekarang ini memasuki bulan ke-6. Dan kemarin terakhir kontrol, dokter yang menangani bilang kalau penyambungan sudah 50% dan dianjurkan tongkat tetap dipakai. Sebelumnya, 2 bulan yang lalu dari hasil rontgen terlihat patahannya melebar drpd rontgen sebelumnya. Dan penjelasan dari dokternya memang prosesnya demikian. Membukanya bagian patahan karena memang ada proses pengisian sumsum...apakah memang demikian ya dokter?
    Kalau 6 bln penyambungan skitar 50% apakah ukurannya lama dok?
    dan apakah kondisi yg pernah koma dan operasi patah tulang paha dilakukan setelah 8hr itu bs menjadi faktor penyembuhan patah tulang yang lama?
    Trimakasih sebelumnya atas jawaban yg diberikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya , Saat ini suami anda sudah di operasi selama 6 bulan yang lalu , dan dari pemeriksaan klinis maupun radiologis tampak bahwa penyatuan tulang masih belum sempurna 50 % ini termasuk penyatuan yang lama dan sifatnya individual . untuk orang seusia suami anda normalnya lebih cepat . Namun jika ada faktor-faktor intake yang kurang atau ada kelainan organ metabolit maka bisa jadi penyembuhan tulang menjadi terdelay.

      Kondisi pernah koma secara tidak langsung bisa menyebabkan perlambatan penyembuhan karena intake makanan yang kurang baik sewaktu tidak sadar atau koma sehingga memngganggu dan memperlambat proses penyembuhan karena pabrik pembuat sel2 tulang baru kekurangan bahan untuk pembuat nya.

      Secara eksperience operasi yang tertunda seminggu tidak begitu berpengaruh terhadap lamanya penyembuhan dan penyatuan tulang....Tks

      Hapus
  62. Sambung lagi dokter, kira2 kelainan organ metabolit apa ya dokter yang memperlambat? setelah sadar dari koma hingga sekarang intake makanan sudah byk yang mengandung protein dan kalsium. Dari susu yang berkalsium tinggi, madu,teh hijau, berbagai ikan, CDR, obat dari dokter hingga obat herbal seperti gamat gold rutin dikonsumsi. Dan calon sy juga bukan perokok dan sekarang menghindari juga minum kopi. Latihan sendi juga rutin hingga skarang sudah bisa ditekuk full.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore , jika asupan sudah cukup baik tentu roda metabolit penyembuhan juga akann bergerak jadi...gak adalagi ya tinggal menunggu dan mempertahankannya..tks

      Hapus
  63. Selamat sore dok ..
    Aq linda 22thn ..
    Aq patah di bagian tibia fibula dan sudh menjalani operasi bln nov 2013.. awal nya gak pnah terasa sakit sma sekali begitu masuk bulan ke 6 pasca op lutut qu sering sakit bgt pdhal aq nekuk udh ful dan jalan pun udh lepas tongkat walo jalannya msih jingklek"an .. aq juga jarang berjemur di bawah matahari tapi aq rajin latihan ringan dan minum obat teratur ..
    Lutut qu knapa ya dok ?? Mohon infonya. .. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal serta maaf jika baru menjawab pertanyaan anda sekarang , anda mengalami patah pada tulang tibia dan fibula dan telah di lakukan operasi . 6 bulan pasca kecelakaan dan operasi , oh ya berapa lama anda di operasi setelah mengalami kecelakaan ? sebab jika sudah lama mungkin telah terjadi kaku sendi dan pengisian atau peradangan daerah sendi yang akan memudahkan terjadinya perkapuran di daerah sendi akibat faktor metabolisme. atau bisa juga saat trauma dan patah ada bagian dari daerah sendi yang mengalami trauma atau retak yang tidak di ketahui sehingga menyebabkan pembentukan tulang muda di daerah sendi tks

      Hapus
  64. selamat malam dok.. saya raisa..
    bulan februari kmrn saya kecelakaan, tulang yang menuju jari2 kaki tengah n manis patah (metatarsal)..hari itu juga langsung dioperasi dan di pasang 2 pen.. sekarang sudah jalan 4 bulan pasca operasi... pada bulan ke 3 sudah rontsen.. kata dokter sudah terlihat pertumbuhan kalus dan perkembangannya bagus.. pernah saya tanya ke dokter, apakah sudah boleh lepas kruk, dokter bilang boleh kalau kuat.. dari bulan 3-4 ini memang saya sudah belajar utk lepas tongkat.. tetapi klo dipakai jalan kadang sakit kadang gak.. klo lg gak sakit saya bisa berjalan hampir normal, tetapi jika sakit itu datang, jalan saya jadi terpincang2, bahkan pakai kruk lagi.. wajarkah kondisi seperti itu? apakah tulangnya masih belum cukup kuat? berapa lama saya bisa berjalan tanpa rasa sakit? atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya raisa..mohon maaf baru bisa di jawab sekarang ...anda mengalami patah tulang metatarsal dan telah di operasi dan pasang mini plate and screw 4 bulan yl.namun saat di coba berjalan masih terasa sakit . Ini adalah proses normal apalagi kaki anda baru mengalami pertumbuhan kalus sehingga belung sempurna menyembuh atau menyatu . Masih ada tahap pembentukan soft kalus lalu hard kalus dan penyatuan sempurna yang akan memakan waktu 6 bulan hingga 1 tahun tergantung usia anda saat ini. jadi anda mesti bersabar untuk berlatih jalan dan sesuai dengan pertambahan waktu nyeri akan semakin berkurang secara bertahap..tks

      Hapus
  65. Selamat pagi dok,saya ifa masih umur 15 tahun
    dok ,obat apa sajakah yg bisa mempercepat pertumbuhan tulang selain kolkatriol?
    dan sehabis operasi pengambilan plate di paha kiri tanggal 1 juli 2014 kemarin,punggung saya jadi terasa pegal sekali,apakah itu efek dari obat bius yg di suntikan di tulang belakang dok? Dan bagaimana mengatasi nya?
    sehabis operasi tidak mual,dan setelah semalaman perut saya terasa sakit dan ingin muntah,sampai sekarang masih terasa mual dan ingin muntah,apakah itu gara" obat antibiotik dan pereda nyeri yg saya minum?
    atas perhatian nya,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...ifa. anda telah terpasang plate and screw dan di buka tanggal 1 july 2014 . anda merasa nyeri pada pinggang atau punggung dan menurut hemat kami jika dilakukan pembiusan spinal memang akan menimbulkan beberapa komplikasi ( di tulisan blog ini ada membahas bius separo badan dan komplikasinya )

      Rasa mual dan muntah sampai sekarang mungkin juga bisa di sebabkan oleh konsumsi analgetik ( pereda nyeri ) termasuk gol mefenamic acid dan anti biotik jenis tertentu..tks

      Hapus
  66. Salam.dok saya mengalami open fracture femur dan close fracture patella setelah melakukan pembedahan saya tidak dapat merasai atau menggerakkan bahagian bawah buku lali yg patah itu dok udah sebulan operasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas nabil ..anda mengalami patah terbuka tulang paha dan patah tertutup pada tulang lutut dan telah dilakukan operasi 1 bulan yg lalu...dan sekarang keluhan anda kurang jelas bagian bawah kaki tidak dapat di gerakkan atau tungkai bawah yang tidak dapat di gerakkan ? . dan operasinya bagaimana apa di pasang plate atau di gips saja ? kalau di gips saja memang terkadang dapat terjadi kaku sendi dan mesti di lakukan fisiotherapi tks

      Hapus
  67. Selmt pagi dokter yg baik hati. Sy fitri. Adik sy 16thn, 6 thn yg lalu cidera dan paha kanan paling atas patah dan bergeser, km tdk ke dokter krn alasan keuangan dok, skrg kondisi kaki kanan msh sakit dan ngilu, kl sdg berdiri telapak kaki tdk bs lurus menghadap ke dpn kecuali di paksakan dan pasti sakit, jd posisinya menyamping begitu jg kl berjalan kaki kanan ttp posisi menyamping dan pincang dan sakit. Dok seandainya ada rezeki, msh bs kah kaki adik sy disembuhkan dgn jln operasi mengingat kejadiannya sdh lm?. Dok untuk tahap awal chek up, brpkh kira2 dana yg km siapkan, dan untuk lgkah operasi berapakah sedikitnya dana yg hrs km siapkan dok, km sgt menyesalkan nasib afik sy dok, dan km terpukul melihat nya, apalagi dia sering di ejek dok, tolong dibalas ya dok. Terimakasih byk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya fitri , mohon maaf kami baru dapat menjawab pertanyaan anda karena kesinukan yang ada. Adik anda mengalami cedera 6 tahun yang lalu dan mengalami patah pada tulang paha kanan atas dan bergeser. dan saat ini telah mengalami penyatuan secara tidak lurus atau salah . memang benar bahwa patah pada tulang paha termasuk sulit untuk di tangani secara konservatif saja. bahkan pemasangan gips saja juga tidak menjadi pilihan yang baik. apalagi pada daerah leher atau kepala tulang paha.perlu kemampuan ahli bedah tulang yg khusus dengan alat yang spesifik juga.

      Sebaiknya anda berkonsultasi ke ahli bedah tulang , meski patah sudah terjadi 6 tahun namun tentu kelainan ini masih dapat di perbaiki di tangan ahlinya , sebab patah yang seperti ini kerap terjadi namun pengobatannya lebih serius dan bisa terjadi beberapa tahap dan direkostruksi ulang.

      Jika keluarga anda memang keluarga tidak mampu anda bisa mengurus kartu berobat jaminan pemerintah atau BPJS . Dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  68. Salam dok, nama saya Denny.
    Sekitar 1 1/2 bulan yg lalu saya mengalami kecelakaan dan mengakibatkan fraktur tertutup pada tulang radius dan ulna saya. Saat ini saya hanya menjalani pengobatan tradisional patah tulang.
    Melihat hasilnya pada tangan saya, saya merasa kurang puas karena 2 minggu yg lalu saya rontgen tulang ulna saya tidak menyambung dengan sempurna (menumpuk kurang lebih 1-2 cm) sehingga tangan saya menjadi pendek, dan tulang radius saya juga mengalami malunion karena terlihat dari tulang yg dkt pergelangan tangan lebih menonjol dari yang normal, dan lengan bawah saya terlihat membengkak. Lengan bawah saya juga tidak bisa memutar seperti lengan yang normal, seperti ada yang tertahan dibagian lengan bawah sekitar patahan.

    Kiranya apa yg sebaiknya sya lakukan mengingat kejadian ini sudah lebih dari 1 bulan? Apakah saya diharuskan operasi? Dan apakah bisa kembali seperti normal? Saya tunggu jawabannya.

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya denny ...anda berobat ke pengobatan tradisional 1 setengah bulan namun hasil tidak sesuai dengan keinginan...kami menyebut patah yang tidak di tangani dengan benar sebagai neglected fracture atau patah yang terlantar. Malunion + shortening + frozzen atau stiff joint.

      Sebenarnya ini masih dapat di perbaiki , tentu saja melalui operasi dan mungkin perlu beberapa tahap jika sudah ada bagian yang menyatu..Normal yang anda maksud untuk bentuk dan fungsi ? . Jika boleh saya tahu di mana anda berdomisili ? tks

      Hapus
    2. Terima ksih atas jawaban dokter..
      Sepertinya tulang yg menumpuk sudah ada penyatuan mengingat tangan saya bisa digerakan/ditekuk keatas dan diluruskan. Hanya lengan bawah saya tidak bisa gerakan supinasi dan pronasi. Jari2 pun bisa menekuk dengsn sempurn, hanya saja ketika saya mengangkat/menahan benda dengan posisi lengan menekuk 90 derajat maka akan terasa nyeri di daerah patahan radius.
      Normal yg saya maksud apakah nanti saya bisa melakukan gerakan pronasi dan supinasi kembali dan serta fungsi dan bentuk kembali normal.?
      Berapa tahap operasi yg perlu saya jalani dok? Dan berapa biaya yg dibutuhkan? Mengingat saya pun kurang mampu mengeluarkan biaya yg cukup besar.
      Domisili saya di tangerang dok? Ada saran dokter ortophedi yg bgus di tangerang dok?

      Thanks saya tunggu jawaban dokter

      Hapus
  69. Pagi dok saya mau tanya nih suami saya tiga bln yang lalu habis oprasi pemasangan pen tapi udah tiga hari kesini bekas kaitannya keluar air berwarna kuning terus sehingga perbanan selalu basah dan hari ini cairan yang keluar dari jaitan itu beruh warna menjadi keruh hampir mirip nanah tuh dok
    Yang saya mau tanya apakah masalah ini berbhaya trs harus dilakukan apa ya dok biyar perbanannya gak basah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..melihat jenis cairan yg keluar dari luka bekas operasi sesuai penuturan Anda dan operasi yg telah dilakukan dari 3 Bln yl. Kami cenderung ini adalah proses alergy

      Hapus
  70. Terima ksih atas jawaban dokter..
    Sepertinya tulang yg menumpuk sudah ada penyatuan mengingat tangan saya bisa digerakan/ditekuk keatas dan diluruskan. Hanya lengan bawah saya tidak bisa gerakan supinasi dan pronasi. Jari2 pun bisa menekuk dengsn sempurn, hanya saja ketika saya mengangkat/menahan benda dengan posisi lengan menekuk 90 derajat maka akan terasa nyeri di daerah patahan radius.
    Normal yg saya maksud apakah nanti saya bisa melakukan gerakan pronasi dan supinasi kembali dan serta fungsi dan bentuk kembali normal.?
    Berapa tahap operasi yg perlu saya jalani dok? Dan berapa biaya yg dibutuhkan? Mengingat saya pun kurang mampu mengeluarkan biaya yg cukup besar.
    Domisili saya di tangerang dok? Ada saran dokter ortophedi yg bgus di tangerang dok?

    Thanks saya tunggu jawaban dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya denny.....anda sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis bedah orthopedi..jika permasalahan biaya anda dapat berobat ke dokter bedah tulang di RSUD tangerang..dengan menggunakan kartu BPJS . di sana ada ahli bedah tulang teman saya yaitu dr Patar spot. Bisa anda berkonsultasi terlebih dahulu. Sepertinya permasalahan lengan anda yang dominan pada sendi sikunya...untuk biaya bisa anda tanyakan saat konsultasi kedokternya tks.

      Hapus
    2. Terima kasih atas saran dokter ramzi...
      Sepertinya dalam waktu dekat ini saya memutuskan untuk ambil tindakan operasi karena menyangkut sendi putar lengan kiri saya.
      Saat ini saya sedang berkonsultasi dengan Dr. Rizal Pohan SpOT.
      Beliau menyarankan untuk segera operasi agar fungsi lengan saya bisa kembali normal.. mohon doa nya juga dok. Thanks

      Hapus
    3. selamat sore ya denny...saya turut senang dan mendoakan semoga operasinya berjalan lancar..tks

      Hapus
    4. Selamat pagi dok... Saya sudah menjalani operasi pemasangan plate/pen pada tgl 13 September yg lalu. Terima kasih atas doa nya... Operasi berjalan lancar saja tapi saya harus dirawat selama 6 hari di rs karena setelah operasi tangan mengalami pembengkakan.

      Saat ini kondisi tangan saya sudah tidak ada bengkak, hanya otot disekitar sikut dan atas sikut masih sakit. Apabila ditekuk lalu diluruskan kembali, otot masih terasa sakit.
      Sudah bisa mengepal walau tidak terlalu kencang seperti tangan yg normal, telapak tangan bisa menekuk keatas/hiper-ekstensi tapi masih terbatas apabila di tekuk kebawah/fleksi, otot diatas telapak tangan dan lengan terasa nyeri apabila ditekuk kebawah.

      Gerakan supinasi dan pronasi masih belum bisa saya lakukan, masih terasa kaku.

      Apa kiranya yg harus dilakukan agar fungsi lengan kiri saya kembali normal dok?

      Latihan seperti apa yg bisa mengembalikan fungsi gerak pronasi dan supinasi lengan bawah saya dok? Masih belum terlambat kan dok untuk dilatih? karena sudah 10 hari pasca op?

      Saya tunggu jawaban dokter.. thanks

      Hapus
    5. Selamat pagi dan salam kenal , syukurlah akhirnya anda telah melakukan operasi dan sepertinya berjalan lancar . Memang harus di sadari operasi yang lancar dan baik jika tidak di sertai maintenence atau latihan yg baik akan memberikan hasil yang kurang baik juga. Untuk lebih baik hasil nya memang biasanya untuk latihann tersebut di coach oleh ahli rehab medik atau ahli fisiotherapi.

      Makin lama di lakukan tentu hasilnya kurang baik jadi latihan yg lebih dini adalah lebih excellen ketimbang delay atau telat . Namun tentu lebih baik lambat ketimbang tidak sama sekali...tks

      Hapus
  71. Slmt pagi dok ..sy mengalami kclkaan pd tgl 12 sep dan menyebabkan pth tlng paha bgian tengah tapi tdk robek (pth dalam) 15 sep sy melakukn oprasi pasang pen di RSUD Soedono madiun..

    yg mau sy tanyakan knp sendi lutut dan kaki bawah sy tdk bisa ditekuk sampai full dok dan butuh brp lama untuk bisa normal kmbali? Mohon saran dan solusinya dok trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya anda mengalami patah tulang paha dan sudah di operasi pasang plate dan saat ini sendi lutut tidak bisa di tekuk full . Dan memang benar permasalahan pada patah tulang paha atau tulang tibia adalah sendi lutut jadi tidak bisa di gerakkan . anda yang rentang waktu dari patah hingga operasi cuma 3 hari saja sudah cukup membuat sendi lutut anda menjadi kaku atau kerap disebut frozen joint atau joint stiffnes.

      Permasalahan yang lebih berat bisa anda bayangkan pada orang yang sudah mengalami delay atau terlambat di tangani sehingga sendi - sendi seperti sendi lutut , paha atau angkel mengalami kaku sendi secara bersamaan dan jika telah berlangsung cukup lama..maka kaku sendinya tentu bisa menjadi berat bahkan permanen.

      Yang diperlukan adalah melatih sendi lutut anda terutama setelah operasi , atau bisa juga dengan konsultasi dengan ahli rehabilitasi medis. memang saat awal mulai dilakukan latihan fisiotherapi dan menekuk sendi maka nyeri yang di rasa cukup hebat..dan anda mesti yakin kaku sendi tersebut dapat kembali normal jika selalu di latih tks

      Hapus
    2. Slmt malam dok... allhamdulilah skrng agak membaik dok , stiap hari saya latihan terus dok , skrng sudah bisa nekuk lebih dr 90drjt ,

      Saya mau nanya lg dok, minggu lalu saya kontrol di RS tmpt saya oprasi, dsana saya dsuruh menekuk kaki sampai full tapi kaki saya masih nyeri dan sakit kalau ditekuk, tapi oleh dokter dtekuk paksa dan rasanya sakit skali dok, apakah dngn cara sperti itu benar dok? Dan apa masih bisa normal kembali dok?

      Oiya dok saya laki" remaja umur 16thn tinggi 168cm berat 51kg

      Hapus
    3. Selamat sore...syukur kaki anda sudah mulai membaik , memang benar ahli orthopedi sering gatal tangannya untuk kasus joint stifness tersebut sehingga terkesan di paksa , namun yakinlah itu semua untuk kebaikan hasil operasi secara keseluruhan. kami yakin kaki anda akan bisa kembali normal..bagaimana dengan anda...?

      Hapus
  72. Slmt sore dok ... jadi bgtu ya dok?? Soalnya saya takut stiap akan kontrol di RS, pasti dtekuk lg (sedih rasanya dok)

    skrng mulai membaik dok, sudah bisa duduk normal tapi msh agak nyeri. Saya yakin akan kembali normal dan bisa melakukan aktivitas sprti dulu dok (amin) trmksh atas jwbnnya dok :)

    BalasHapus
  73. selamat sore dok saya mau bertanya ,adik saya 2 1/2 bulan yang lalu menjalani operasi pemasangan pent setelah mengalami patah tulang paha kiri pada bagian tengah,adik saya berusia 14 tahun dan saat ini sudah merasa kuat untuk melepas tongkat pada saat berjalan ,nah pertanyaan saya dok apakah adik saya sudah boleh melepas tongkat pada umur operasi yng masih berumur dua setengah bulan tersebut dok,dan apa akibatnya jika hal tersebut terus di lakukan jika belum mendapatkan intruksi dari dokter yang menanganinya dok,apakah ini berbahaya.dan berapa jarak sebenarnya adik saya bisa melepas alat bantu jalannya dok?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya ihsan ..adik anda berusia 14 tahun , masih sangat muda mengalami patah tulang paha kiri dan telah di pasang pen ..Untuk penderita yang telah di operasi pemaangan pen jika tidak di jumpai adanya masalah tentu lebih cepat di suruh atau di anjurkan untuk belajar berjalan . Jika sudah tidak nyeri saat di injakkan dan apalagi tidak nyeri saat berjalan maka pasien sudah boleh melepas tongkat tentu semua bertahap , mulai dari lepas satu tongkat , lalu injak dengan beban ringan . Namun mesti disadari untuk olahraga atau melakukan aktifitas berat dan mengangkat beban berat mesti di hindari .

      Usia 14 tahun tadi tentu berbeda dengan usia dewasa atau usia tua dalam hal penyembhan , jadi pada waktu 2 ,5-3 bulan tahun menurut kami sudah cukup kuat untuk berjalan dan menggerakkan kaki agar tidak terjadi kaku sendi lutut dan panggul .namun jika anda masih ragu silakan konsultasikan ke dokter yg menanganinya tks

      Hapus

leave a comment please..