Sabtu, 10 November 2012

Penyakait Buerger , hasil yang didapat dari merokok di usia belia..

Ruang praktek bedah - dokter ramzi | penyakit buerger | buerger desease adalah penyakit sumbatan-sumabatan di pembuluh darah kecil terutama pada jari tangan dan kaki sehingga menyebabkan ujung jari mengalami nyeri yang hebat dan terus menerus.Nyeri terutama di malam hari . didapat hubungan yang jelas dengan riwayat merokok pada masa muda.


Nyeri terjadi akibat tenyempitan pembuluh darah kecil pada ujung-ujung jari kaki dan tangan sehingga aliran darah berkurang dan jaringan tubuh yang mengalami kekurangan darah akan menimbulkan reaksi nyeri yang hebat.

Sebagai contoh jika kita ingin merasakan nyeri yang terjadi sama dengan jika pangkal jari tangan kita di ikat kuat dan tunggu beberapa menit aliran darah berhenti maka akan terjadi rasa nyeri yang hebat.Pada kasus buerger ini hampir seperti itu nyerinya.

Sumbatan yang disertai nyeri yang berulang-ulang akan menyebabkan jaringan lunak dan tulang yang ada di ujung jari akan mengalami kekurangan darah dan oksigen yang berulang-ilang sehingga pada saatnya jaringan tersebut akan mengalami kematian , pucat dan dingin dan terakhir menghitam dan tentu akhirnya akan copot dengan sendirinya. Terhadap penderita seperti ini yang mengalami nyeri dan necrotik pemebrian pengurang nyeri atau analgetik tidak begitu membantu. Anjuran untuk berhenti merokok tidak juga memberikan hasil pengurang nyeri yang serta merta .

Namun penghentian merokok akan menurunkan angka kekambuhan dan perluasan kerusakan jaringan pada ujung - ujung jari penderita yang mungkin masih cukup baik pembuluh darahnya.


Penderita adalah laki - laki usia 39 tahun datang dengan keluhan nyeri yang hebat dan berlangsung sudah tiga bulan ini . Jari tengah tangan kanan penderita telang mengalami necrotik dan lepas dengan sendirinya.Karena penderita tidak tahan dengan nyeri yang di alaminya , penderita selalu bermohon untuk membuang jari tengah dan jari manisnya . telah di coba dengan obat pengurang nyeri nyeri tetap tidak berkurang. terutama pada jari tengah dan jari manis penderita.

Penderita ini mempunyai riwayat merokok yang hebat sewaktu usia belasan tahun , setiap hari penderita sanggup menghabiskan 2 bungkus rokok . Banyak kasus penyakit buerger ini yang telah kami jumpai dan selalu disertai dengan riwayat merokok pada usia belia dan telah berlangsung dia atas 10 tahunan.

Terhadap penderita akhirnya di lakukan tindakan amputasi pada jari tengah sampai ke pangkal sendi jari dan untuk jari manis penderita di buang sampai sendi ke dua atau di buang sebanyak 2 ruas.Dan pada kenyatannya bahwa penderita segera setelah di lakukan amputasi malamnya baru bisa merasakan nikmatnya tertidur.Memang benar saat kami datang untuk visite beliau masih tertidur dengan nyenyak dan tampak sangat segar serta bisa tersenyum saat pulang.

Tak bisa di pungkiri bahwa penderita penyakit ini sangat sulit untuk bisa tidur malam , maka sering penderita ini datang keruang praktek atau ke poliklinik dalam keadaan lemah , lusuh dan sangat letih.dan sudah pasti produktifitas penderita seperti ini akan sangat jauh menurun.

so...buat bapak ini hanya ada satu pesan saya segera berhenti merokok dan jangan pernah menyentuhnya lagi...titik.kejam....

Keyword tag | ruang praktek bedah - dokter ramzi | buerger disease | penyakit buerger | akibat merokok | menuai hasil merokok | efek rokok | rokok berakibat amputasi | buerger mengancam perokok berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..