Sabtu, 24 November 2012

Hati-hati menyimpan mata pancing ... jika tidak mau jatuh korban.

Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB | Hati-hati menyimpan mata pancing | Memancing ikan di sungai , kolam adalah pekerjaan yang amat mengasyikkan bagi penghobbynya , untuk sebagai sumber penghasilan atau sekedar hobby menghabiskan waktu sambil mencari inspirasi . Namun perlu berhati-hati saat pulang dari memancing , jangan meletakkan mata pancing sembarangan jika tidak ingin kejadian seperti ini..





Penderita adalah seorang anak laki-laki usia 4 tahun yang datang ke igd dengan mata pancing tertancap di dalam hidung sebelah kanan.Hal ini dialami penderita setelah bermain-main dengan pancing orang tua nya yang dapat di raih oleh penderita dengan menggerak-gerakkan atau memutar- mutar pegangan pancing maka mata pancing secara tidak di sengaja oleh penderita nyangkut di hidung sebelah kanan bagian dalam.


Sudah pasti keadaan seperti ini akan sulit bagi orang tua penderita untuk mencabut mata pancing tersebut.karena pada ujung mata pancing terdapat pengait untuk mengunci agar tidak mudah copot.sehingga ikan tidak mudah lepas setelah terkena.Masalahnya ya seperti ini nyangkut di hidung tentu juga sulit di lepas dan masuk kedalam.


Mata pancing yang cukup besar dan masuk agak kedalam membuat lengketnya lebih kuat dari dugaan akhirnya dengan bantuan anestesi pasien di tidurkan mata pancing dapat dicabut.dan perdarahan dari arteri hidung bagian depan tidak terjadi sehingga terhindar dari perdarahan yang di khawatirkan sebelumnya.Nasib baiknya adalah mata kailnya tidak menancap di kornea mata sang anak sebab jika itu terjadi...weleh-weleh..terasa seumur hidup sang buah hati.


Pada kasus seperti ini jujur saja lebih sulit upaya membiusnya dari pada mencabut mata kailnya atau mata pancingnya.namun apapun itu kemungkinan tersulit harus diantisipasi.Dan yang lebih penting pasiennya pulang  dengan nyaman..

Keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi , fish hook , mata pancing , kail ikan nyangkut di hidung . corpus alienum , hati-hati meletakkan mata pancing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..