Selasa, 04 Desember 2012

Allergy dengan plate , bagaimana ini ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Allergy dengan plate dan dan screw | Setelah di pasang plate metal dan screwnya sering penderita kontrol ke dokter dengan keluhan luka bekas operasi yang selalu basah dan tidak kunjung sembuh . Setelah di beri obat anti biotik mulai dari yang ringan sampai yang paling mutakhir golongan anti biotiknya tetap saja luka bekas operasi tersebut tidak kunjung kering bahkan bisa terbuka.Apa yang sebaiknya dilakukan ?


Kondisi seperti ini lazim ,jamak dan sering di jumpai pada kasus pemasangan inplant alat-alat ortopedi pada kejadian patah tulang.Dimana setelah dilakukan operasi pemasangan plate dan screw terutama jenis metal baja atau stainless steel sering setelah dua minggu luka masih basah. Diberi anti biotik sampai 1 bulan luka masih basah.

Dokter bedah bingung , pusing tapi sebaliknya pasiennya makin tidak sabar. Apapun itu kasus ini hanyalah alergy yang masih bisa diatasi dengan perawatan yang baik , munculnya infeksi pada daerah operasi itu yang perlu di jaga dan di awasi.Perawatan yang baik akan meminimalisir timbulnya infeksi.Umumnya alergy ini hanya terjadi di kulit dan jaringan sekitar inplant. dengan menjaga luka tetap bersih dan kering tentunya infeksi pada tulang atau di sebut osteomyelitis bisa di hindari sedini mungkin.

So menunggu penyatuan tulang secara klinis maupun radiologis adalah jalan terbaik yang harus dilakukan , masing - masing usia penderitalahlah yang menentukan lamanya waktu untuk membuka plate tersebut. Makin muda usia penderita tentu makin cepat penyembuhan terjadi dan makin cepat plate metal tersebut bisa di buka,anak-anak dapat di buka dalam satu setengah bulan , dewasa muda sekitar 3 bulan dewasa 6-8 bulan untuk usia tua tentunya lebih lama 10-12 bulan.itupun sangat tergantung kondisi dilapangan.

jadi tidak ada yang perlu di takutkan dan dikhawatirkan.Pemberian anti biotik yang berlama-lama dan terus menerus tentu saja tidak baik dan tidak di anjurkan.Perawatan yang baik adalah kuncinya sambil menunggu waktu penyembuhan tulang.


Penderita dengan allergy pada kulit seperti diatas setelah 12 bulan di buka platenya dan ternyata kondisi tulangnya sudah cukup kuat dan baik.Laki-laki 45 tahun setelah di buka ternyata lukanya mengalami perbaikan dan sembuh dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..