Selasa, 19 Maret 2013

Tiga pilihan cara operasi pada ambeien atau wasir ...yang telah teruji

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | Tiga pilihan cara operasi membuang ambeien atau wasir | Ambeien atau dalam istilah medis kedokteran adalah benjolan pada anus baik yang berasal dari mukosa dalam anus ( interna ) maupun yang berasal dari luar ( eksterna ) dengan berbagai macam keluhan mulai dari perdarahan , nyeri , benjolan yang kadang keluar dan masuk sendiri , benjolan yang keluar dan mesto didorong pakai jari jika tidak dapat masuk sendiri atau benjolan yang besar , keliling , memerah dan sangat menyiksa sehingga tidak dapat masuk kembali . Ada 3 pilihan operasi yang lazim di lakukan di dunia kedokteran bedah yaitu hemorrhoidectomy , stapler haemorrhoidectomy dan HAL & RAR.Apa itu ..?




Secara Umum penanganan ambeien ini selalu di bagi atas tindakan operasi dan tidak operasi . Penanganan tidak melalui operasi sudah cukup banyak di bahas pada berbagai tulisan seperti pemberian obat-obatan anti haemorrhoid oles , peluru dan obat makan , lantas bermacam upaya pencegah dan meminimalisir kekambuhan seperti , aktifitas ringan , hindari diet lemak dan minyak , upayakan diet tinggi serat , banyak minum air putih , olahraga ringan dan sering berganti posisi atau jangan posisi yang statis. menghindari penyakit batuk kronis , prostat cepat di atasi dan BAB yang tidak teratur.

Semua itu tentulah sangat baik dan benar jika kondisi penyakit pile atau wasir itu masih ringan atau disebut stadium I dan II . Namun untuk kondisi ambeien stadium III dan IV tentu dan apalagi telah gagal secara konservatif dengan obat-obat dan tetek bengek itu tentu jika masih dilanjutkan dan di pertahankan cara pengobatan seperti itu akan menimbulkan sakit yang berkepanjangan , marah dan malah bisa membahayakan nyawa pasien karena misalnya datang dalam kondisi yang sesak dan lemas , pucat dengan kadar Hb 3 gr %.

Tentu tindakan adalah pilihan terbaik ....

Nah lho bingung lagi saat konsultasi kedokter di anjurkan operasi ....operasi seperti apa dok ? kagak tau...mau nanya segan ...juga apalagi kalo dokter bedahnya galak atau pendiam...sungkan toh... harusnya tidak boleh begitu juga ..tanya aja itu kan haknya pasien juga untuk tahu apa yang akan di lakukan , apa kemungkinan resiko dan komplikasi yang akan terjadi. Nah jika sudah paham dan mengerti baru ditanda-tangani surat persetujuan operasinya.

Ada 3 pilihan operasi untuk ambeien atau wasir yang telah sering dan banyak di lakukan di indonesia dan di dunia tentunya . Tentu ada keuntungan dan kerugiannya :

1 . Mengangkat pile , ambeien atau wasir dengan membuang langsung jaringan nya ( haemorrhoidectomy )

Ini merupakan cara operasi sederhana dan sering di lakukan untuk kasus ambeien . Cara ini sudah lama di lakukan di indonesia oleh para ahli bedah . Benjolan yang keluar di tarik keluar dan di klem dan di jahit dengan tehnik penjahitan tertentu, keunggulan tehnik ini tentulah , lebih murah dalam hal biaya dengan waktu pengerjaan yang tidak terlalu lama dan kekambuhan lebih rendah . Sebaliknya kerugian tindakan ini adalah : nyeri yang hebat dan lama akibat kulit dan otot bisa ikut terpotong , perdarahan lebih banyak , dan bisa terjadi penyempitan rongga anus.

2 . Dengan stapler haemorrhoid

Merupakan cara yang lebih maju dengan bantuan alat yang dilakukan dengan menjahit benjolan di bagian dalam anus secara jelujur dan memasang alat stepler ditarik dan di jepit dalam hitungan menit maka jaringan langsung terpotong dan terjahit . waktu yang cukup lama hanya saat menjahit jelujur saja dan berdasarkan orang yang sering melakukan maka stepler itu sendiri hanya butuh waktu 20-30 menit untuk tenaga yang eksperient. Keuntunyannya painless , waktu pekerjaan yang singkat , perdarahan sangat minimal kecuali terjadi jahitan yang lepas atau tidak sempurna.Jarang mengenai otot dan kulit disekitar anus. Kerugiannya adalah Biaya alat lebih mahal berkisar 3 - 5 juta tergantung pilihan alat yang digunakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing merek.


sesaat setelah operasi stapler hemorrhoid

3 . HAL & RAR tekhnik

HAL adalah Hemorrhoid Artery Ligation atau melakukan pengikatan arteri hemorrhoin  dan RAR merupakan Recto Anal Repair yaitu dengan memperbaiki daerah anus dan rektum alias muara usus besar. Ini sebenarnya merupakan teknik yang sudah cukup lama di temukan di dunia , hanya mulai di sosialisasikan dilingkungan bedah dan bedah digestif indonesia pada dua tahun ini. Jadi pada alat ini selain probe dan alat yang berongga terdapat juga cahaya dari alat dan doppler usg untuk menentukan dengan pasti lokasi pembuluh darah yang akan di ikat. Keuntungan tehnik ini tentu ketepatan pembuluh yang akan dikat lebih akurat , perdarah lebih minimal dan sangat tidak nyeri. Kerugiannya tentu biaya yang sangat mahal dan alat yang sangat terbatas , denagn angka kekambuhan yang cukup besar karena kita tidak melakukan pemotongan jaringan ,dan waktu operasi yang lebih lama.


kondisi ambeien awal sebelum di operasi

Perlu jadi catatan bahwa dari ketiga teknik operasi pada ambeien di atas pembiusannya sama yaitu bius spinal atau bius separo badan.

Demikian tiga pilihan operasi yang tersedia pada saat ini , semoga ini dapat menjadi guide bagi anda jika keputusan operasi jatuh ketangan anda atau keluarga anda , Mungkin masih ada tehnik-tehnik lain yang bisa kita jumpai untuk pilihan operasi atau minimal invasi namun yang tiga ini adalah yang sering di lakukan di kamar operasi.


saat operasi di mana alat tengah terpasang dan alat dapat mendeteksi posisi arteri sebelum di ligasi jadi seperti dopler usg dimana arteri dapat dengan mudah di deteksi dan di ligasi atau di ikat


sesaat setelah operasi HAL dan RAR



Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , Apa saja tindakan operasi pada ambeien , tiga cara operasi tersering untuk penyakit wasir , tiga tehnik operasi pile , beberap pilihan operasi hemorrhoidektomy , Pihan operasi ambeien di kamar operasi.

232 komentar:

  1. Hallo dok sy menderita wasir akibat melahirkan normal.sampe skrg sy masih bngung mau operasi dgcara apa soalny sy tkut skit dok dan sy prnah baca di gogle ada klnik wasir yg menggunakan salfute yg hnya 15 mnit dan tnpa rwat inap.klo boleh sy mnta tlog pendapt dokter kira2 yg bgs dan tdk skit yg mna ya dok dan cara salfute itu aman gak ya dok.mksh byk ya dok sy tunggu blasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak...wasir atau ambeien yang terjadi akibat hamil umumnya adalah haemorrhoid yang bersifat sementara atau tidak permanent , dimana muncul karena terbendungnya aliran balik dari vena pada pembuluh vena panggul sperti vena iliaka komunis dll akibat tertekan oleh kepala bayi anda sebelum lahir.sehingga pembuluh darah pada ambeien disekitar anus ikut melar juga..

      beberapa saat setelah anda melakukan persalinan dalam melahirkan putra kesayangan anda maka ambeien anda akan berkurang dengan sendirinya.

      pemberian obat-obat oles atau makan guna mempercepat perbaikan ambeien anda sangan saya sarankan seperti hemocain zalf atau venosmil salep. jika ada perdarahan anda bisa menggunakan cairan desinfeksi seperti larutan pk atau cairan dettol.

      sulfat ? saya tidak tahu mungkin prinsipnya sama juga sebagai cairan desinfektan , saya belum pernah menggunakannya di praktek medis saya. tks

      Hapus
  2. Slam doc saya baru menjalanni oprasi 4hari yang lalu, melalui laser.maaf ya doc..sy dapati lubang anal semakin mengecil dan susah untuk keluar, walaupun najis tidak keras...adakah ini masaalah biasa dan sementara doc? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak linda..anda telah menjalani operasi membuang hemorrhoid atau ambeien dengan laser ? saya kurang paham laser yang anda maksud apakah dengan alat stapler ? dan di mana dilakukan operasi ? Salah satu rasa yg kurang nyaman setelah operasi ambeien adalah nyeri dan luka yg sulit dan lama sembuh karena selalu di lewati oleh kotoran. jadi hal yg di sampaikan tadi menurut saya masih normal asal anda selalu menjaga daerah anus dengan berendam dengan cairan anti septik seperti lar pk atau yg sejenis.

      komplikasi jangka lama bisa terjadi seperti penyempitan atau stenosis yg anda sebutkan tadi tapi itu baru bisa di nilai setelah bulanan operasinya. tks

      Hapus
    2. Malama dokter, untuk biaya operasi stapler kira-kira berapa ya dokter biaya di Rs? Saya sudah menderita wasir sejak SMA,sekarang umur saya 30 tahun,jika saya ingin operasi teknik apa yang dokter sarankan?

      Terima kasih

      Hendra

      Hapus
    3. Selamat malam operasi sederhana dan lebih murah tentu dengan operasi terbuka dengan pembiusan separo badan atau hemorrhoidektomi . namun nyeri lebih lama . untuk operasi stapler hemorrhoid lebih cepat hilang nyerinya namun biaya lebih mahal. tks.

      Hapus
  3. salam dok,3 tahun yang lalu saya menjalani operasi ambien,pada wktu itu ambien nya masih kecil tp kalo dipegang agak terasa ada benjolan,,lalu saya mlahirkan anakpertama dengan normal dan sampe sekarang anak saya berumur 1 setengah tahun ambien saya kambuh lagi dan terasa benjolannya agak besar dan terasa ada 2 benjolan,,bagaimana solusinya y dok,,saya tinggal di tangerang,,kalo saya boleh tau alamat tempat praktek dokter dan tlp ditangerang dimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak , kami ikut merasakan penderitaan mbak , ambeien pada wanita setelah melahirkan sebenarnya tidak perlu di operasi namun pada kasus yg telah lama terjadi lebih dari 1 tahun memang sebaiknya segera di operasi jika telah menggangu aktifitas sehari-hari.Mbak telah di operasi 3 tahun yl. hilan dan sekarang muncul kembali.

      Saya belum dapat gambaran operasi ambeien i yg dulu spt apa ? apakah melalui operasi hemorrhoidectomy yaitu membuang langsung massa ambeiennya dan di lakukan penjahitan atau operasi dengan stapler hemorrhoidectomy yaitu dengan alat langsung di jepit.

      Ditanggerang ada banyak rumah sakit negri spt rsu tanggerang atau swasta ibu bisa langsung mendatangi ahli bedah umum atau ahli bedah sal cerna. Pilihan operasi yg painless adalah stapleh hemorrhoid.

      yg perlu di jaga adalah banyak minum air putih , makan berserat dan sayuran , hindari goreng dan minyak 2 , aktifitas ringan dan hindari posisi statis , seperti pekerjaan yg terlalu banyak duduk saja atau berdiri saja. tks

      Hapus
  4. Dok mau tanya..apakag stlah op stapler kkmngkinan kmbuhnya msih besar..soalnya selang semblan blan pasca op stapler...ada bnjolanlg yang kluar...dan trsa skit klu buang air..atau op sya yang ggal dok..mhon infonya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya , maaf baru sempat di balas sekarang , jadi tiga tekhnik operasi yg saya paparkan diatas memang masing - masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada stapler haemorrhoid keunggulannya adalah operasi cepat dan terutama operasi dan pasca operasinya adalah painless , sehingga beberapa hari setelah operasi pasien sudah dapat beraktifitas dengan nyeri yg minimal, begitu juga pada tehnik operasi HAL and LAR . namun angka kekambuhan pada kedua technik diatas lebih tinggi di bandingkan dengan tekhnik operasi hemorrhoidektomi yg baik.Dan ini bukan berarti tekhnik operasi hemorrhoidektomi yang konvensional tanpa efek kekambuhan.Dan pada cara yg konvensional nyeri pasca operasi lebih hebat dan lama baru dapat beraktifitas biasa.Apalagi jika aktifitas dan gaya hidup tidak dirobah. tks.

      Hapus
  5. Salam dok
    Saya mnderita ambein sdah sekitar 5 thn
    Sya sudah konsul ke dkter dan diberikan obat..
    tp smpai skrg ambein sya kdang2 msih kluar saat saya bab..
    Bagaimna dok spkah sya harus operasi ? Berdasarkan stadium sya msih 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak suswanty ..ambeien memang adalah penyakit yg jamak dan sering muncul ditengah masyarakat . jika stadiun ambeien anda pada grade 2 memang masih ada tempat dengan pemberian obat-obat makan atau oles. apakah perdarannya ada ? jika ada dan berlangsung sering mungkin anda harus mengambil sikap dan penanganan untuk stadium 2 ini lebih baik dengan tindakan alat stapler hemorrhoid. Namun untuk kepastiannya silakan anda konsultasikan dengan dokter bedah terdekat.Jika boleh tahu di mana anda berdomisili ? tks.

      Hapus
  6. Malam dok, saya menderita hemoroid stadium 4, sebelum melahirkana anak k-4 saya sempat ke dokter bedah u/ melakukan operasi, tp setelah d periksa oleh dokter bedah katanya hemoroid saya tebal jd aman dan tdk usah d bedah cukup perbaiki pola makan. Namu setelah saya melahirkan cestio hemoroid saya tambah parah, sebentar jalan agak lama saja sudah nyeri dan harus d istirahatkan dengan duduk. Yang mau saya tanyakan, apa mungkin hemoroid yg tebal tdk perlu d operasi ? Lalu u/ painless operasi lbh painless stapler atau RAR dok ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass dan salam kenal ya mbak dina..Hemorrhoid stadium 4 secara kepustakaan jika mengancam hidup dan sangat mengganggu sebaiknya di lakukan operasi.jika tidak biasanya d turunkan grade nya menjadi grade 3 dulu baru di operasi. Namun haemorrhoid pada saat hamil sering bersifat sementara.Namun melihat kondisi sekarang memang pilihan operasi sebaiknya dilakukan.Saya belum melihat ada grade indikasi untuk operasi yg menyatakan ketebalan dari permukaan hemorrhoid , tapi memang setiap kasus diputuskan berdasarkan pengalaman indifidu dari ahli bedahnya.Situasi dilapangan tentu relatif tidak selalu sama satu pasien dengan yg lainnya.

      Operasi yg standar adalah hemorrhoidektomi memang jenis operasi ini lebih nyeri dan lebih lama nyerinya . Operasi hemorrhoidectomy dengan stapler karena kerjanya lebih cepat dan cost lebih rendah di banding HAL dan RAR yang lebih selektif dan perlu spare waktu yg cukup lama serta biaya yang relatif lebih tinggi dibanding stapler hemorrhoid.Sebab arteri mesti di cari dengan alat dopler lalu di ligasi atau di jahit ikat.,jadi ada beberapa arteri yg mesti di cari dan di ikat.demikian tks

      Hapus
    2. Selamat Malam Dok.. , hampir setahun saya merasakan gejala ambeyen.. hanya saja tidak keluar , cuma setiap duduk terasa mengganjal .. dan tidak nyaman... cukup menggangu disaat sedang bekerja..,karena pekerjaannya duduk didepan komputer br jam jam stiap harinya
      mohon pencerahannya dok .. supaya saya bisa sembuh secara alami
      terimakasih banyak sebelumnya dok..

      Hapus
    3. Selamat siang dan salam kenal ya..anda mengalami ambeien sudah setahun dengan keluhan nyeri tapi tidak ada yang keluar ini menurut dugaan saya besar kemungkinan suatu hemorrhoid interna grd 2 sebenranya grd dua dan 3 sangat baik dilakukan stapler hemorrhoidectomy .

      Jika anda belum mau tentu masih ada jalan untuk perawatan konservatif dengan obat-obatan oral dan oles , menjaga aktifitas dengan mobolisasi dari duduk dan berdiri , diet tinggi serat dan banyak minum air putih , olahraga ringan secara teratur , menghindari penyakit-penyakit yg menyebabkan peninggian tek intra abdominal seperti batuk , konstipasi , prostat dll. tks

      Hapus
  7. Selamat malam, saya dulu menderita ambeien. setelah diperiksa interna hemorroid. akhirnya saya disarankan untuk operasi dengan stapler. iya betul hanya 2 hari saja saya terbaring, hari ketiga pup lancar, sampe sekarang sehat. cuma harganya mahal..#recomended banget lah buat pilih stapler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenalnya , syukur anda telah terbebas dari permasalahan yg saya yakin sebelumnya telah mengganggu bagi anda. saya sepakat dengan anda bahwa saat ini tindakan yg paling cepat dan painless dengan biaya yg sedikit lebih besar adalah dengan stapler hemorrhoidectomy..recomended banget ya...tks

      Hapus
  8. dok kalo tindakan wasir pake metode barron modern atau ikat,seberapa efektif tingkat sembuhnya? Dan berapa kira2 biayanya? Tx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kementarnya ...dan salam kenal ya..kami di bagian bedah belum pernah punya pengalaman tentang hal yang anda sampaikan dan belum punya pengalaman tentang tindakan yg anda sampaikan..tks

      Hapus
  9. Selamat sore dokter,,dokter saya mohon saran dan pendapatnya..
    Waktu SMA saya sering BAB tidak lancar dan sering bermasalah saat ngeden,,ngedennya sampai 3 jam,dan itu membuat saya tidak nyaman dan kesakitan.Awalnya saya fikir itu cuma kekurangan serat saja,,tapi ketika saya lulus SMA dan masuk kuliah,,pada anus saya terdapat benjolan dok..-_-
    saya kaget dan baru sadar ternya di pinggir anus saya terdapat benjolan,,
    Benjolan itu memang tidak mengganggu saya,,tapi ketika saya BAB dan ngeden,benjolan itu kadang membeesar..
    Pertanyaan saya,,apa yang harus saya lakukan dok???
    apakah itu wasir???
    saya tidak ingin operasi,,apakah ada alternatif lain??
    Benjolan ini tidak mengganggu saya dok,,hanya saya kwatir membesar.
    trimakasih dok,,mohon bantuannya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...dari paparan yang anda sampaikan saya berkesimpulan bahwa kemungkinan besar anda menderita wasir , ambeien , pile atau secara medis disebut hemorrhiodalis . Hemorrhoidalis anda adalah hemorrhoidalais interna . yang sampai keluar , semua yg saya tulis adalah tehnik operasi yg sering dilakukan dan memberikan hasil yang cukup baik menurut pengalaman kami.

      Jika anda belum mau operasi tentu sah saja , apalagi menurut anda belum mengganggu , namun perlu di sadari bahwa hambeien yang makin besar tentu makin berat resiko operasi yg akan terjadi. Untuk penatalaksanaan secara non operasi tentu mengindari aktifitas berat , makan makanan bersarat dan mengobati segala macam penyakit yang akan meninggikan tekanan di dalam perut anda seperti mengdan saat bab , batuk yg kuat dan sulit bak pada penderita prostat. dan memakai obat oral seperti ardium dan obat - obat oles .tks

      Hapus
  10. Siang dok, sy mohon saran, skrg sy menderita wasir stadium 4, kt dokter hrus di operasi jika wasirnya tidak mengecil sedangkan saya lg hamil 36 weeks, apakah operasi tsb bahaya untuk janin saya? Apa kah lebih baik sy melahirkan dlu secara secar bru operasi wasir ? Mohon jawabannya, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya miftahul jannah ...anda tengah hamil 36 minggu dan menderita haemorrhoid stadium 4 . Apakah hemorrhoid atau wasir anda berdarah atau benjolan yg terlalu besar sehingga mengganggu aktifitas bab atau kegiatan anda yg lain. Sebab operasi di saat hamil memang cukup beresiko sehingga operasi hanya di lakukan jika itu untuk tujuan life saving atau penyelamatan. Jadi menurut hemat saya jika ambeien anda tidak berpotensi untuk mengancam nyawa sebaiknya di tunda sampai anda telah melahirkan. Bahkan terkadang ambeien saat hamil bersifat temporer dan semakin berkurang paska melahirkan. tks

      Hapus
  11. selamat malam dokter..
    saya mau tanya.. sering tapi tdk stiap hari, ketika saya BAB kluar darah dok. berwarna kemerahan, sampai netes2. netesnya stelah feses kluar, ada jga yg bersamaan dg kluarnya feses. sampai kadang saya terasa sakit, panas, dan sulit duduk (harus ganti2 posisi yg pas bt duduk) stelah BAB. dan sekarang2 ini (maaf) diatas anus sedikit (perineum bawah) seperti benjolan keciiiiil gtu. apa itu gejal awal hemoroid ya dok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya mbak puji dan salam kenal ...bab anda sakit dan sering ada darah yang menetes di sertai adanya benjolan kecil pada pinggir anus saat terakhir ini . Dan kami yakin jika benjolan tersebut dapat masuk sendiri setelah anda bab. Menurut hemat kami bahwa anda besar kemungkinan menderita ambeien stadium 1 atau stadium 2. yang saat ini tengah meradang atau mengalami inflamasi . penanganan dengan obat obat an saya pikir cukup baik hasilnya seperti salep anti hemorrhoid dan obat makan antibiotik dan pengurang nyeri yg kuat . hindari makanan yg berlemak dan minyak 2 , diet tinggi serat dan air putih yg banyak. tks

      Hapus
  12. tanya2 ya dok :
    apakah benar HAL RAR satu hari sudah bisa beraktifitas lagi ?
    hasil konsultasi dengan dokter, kalau stappler butuh waktu 3 - 5 hari an untuk opname.
    apakah benar kalau secara kualitas HAL RAR lebih akurat dari stappler,
    HAL RAR itu masih jarang ya dok, kalau di jakarta atau bandung ada rs yang sudah implements ?
    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...operaso hemorrhoid dengan cara stapler dan hal and rar dua-duanya adalah operasi yg baik . menurut hemat saya hal and rar waktu penyembuhannya dan mulai beraktifitas hampir sama saja .Memang pada hal and rar lebih banyak dilakukan ligasi dan menarik massa hemorrhoid ke atas jadi eksisi lebih jarang di lakukan . namun nyeri paska operasi masih akan di rasakan untuk waku 2 - 3 hari. memang tindakan ini masih jarang tapi sudah dilakukan di jakarta dan bandung ..masalahnya alat yang cukup mahal dan ketersediaan di lapangan demikian tks

      Hapus
  13. Selamat siang dok...saya mau tanya tentang hemorrhoid yang saya alami. Sekitar 7 bulan yang lalu, PUP saya mengeluarkan tetes darah, rasanya perih dan panas, (maaf) anus rasanya sering gatal. Waktu itu saya belum sadar kalo itu adalah hemorrhoid. setelah saya cari obat di apotik, saya baru tau dok, saya konsumsi "Venaron" dan 3x1 hari saya konsumsi BAB saya sudah tidak keluar darah. saya sangat legaaa sekali. tapi ternyata sekitar 2 bulan ini, ada benjolan di (maaf) anus saya seperti daging terjepit dan gepeng. saya periksa ke dokter, dan kata dokter itu memang wasir/hemorrhoid tapi masi sangat kecil dan tidak perlu operasi. tapi akhir2 ini ada benjolan disebelahnya lagi, luar anus sepertinya warnanya kebiru biruan. memang tidak sakit dok, dan tidak/belum menganggu. Untuk duduk pun biasa aja, hanya kalo jalan sedikit risih dan kadang gatal. Kira-kira itu ambeyen internal/eksternal dok, dan sudah stadium berapa? Sekiranya ditembak obat saja bisa tidak untuk mengecilkan benjolan dok? atau memang harus operasi?? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya dari penuturan andadan keluhan yg anda sampaikan saya yakin bahwa anda mengalami hemorrhoid std 1-2 atau bisa di sebut stadium awal atau dini . Biasanya hemorrhoid jenis ini adalah hemorrhoid interna artinya ambeien nya berasal dari dalam dan menonjol keluar. Benjolan stadium ini biasanya kecil bisa saja menonjol saat pup atau bab tapi akan masuk kembali secara spontan atau tanpa dibantu dengan tangan. Rasa gatal juga dapat di jumpai pada stadium dini ini kadang saking gatalnya saat di garuk dijumpai bercak kotor pada celana dalam. untuk stadium awal secara prosedur memang masih dapat dilakukan dengan obat-obatan dan upaya-upaya pencegahan atau kuratif seperti banyak minum air putih , diet berserat tinggi , hindari aktifitas yg akan meninggikan tek intra abdominal.dll. Namun jika gagal dengan obat-obatan sebaiknya di lakukan tindakan operasi seperti stapler , atau hal and rar. tks ya

      Hapus
  14. malam dok, saya mau menanyakan efektif mana oprasi stapler atau dengan HAL/RAR, karna saya menderita wasir kira" stadium 2 ada bnjolan kadang bab berdarah, kadang berjalan juga sering panas di anus. mohon pencerahannya dok,. trimakasih

    BalasHapus
  15. Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya mbak ...tks sudah walking ke blog kami ..

      Hapus
  16. selamat pagi dok :)

    saya kan susah buang air besar, ya sekitar 2 atau 3 hari sekali. 1 minggu ke blkang ketika saya buang air besar saya terlalu memaksakan supaya keluar, 2 hari lalu saya mendapati ada benjolan kecil sebesar kacang ijo di bibir anus saya. apakah itu wasir? terus gimana cara menghilangkan atau mengobati benjolan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya ... anda susah buang air besar dan telah berlangsung lama sampai tiga hari , jujur saja itu tentu tidak sehat , mungkin pola makan anda harus di perbaiki. terutama anda harus membiasakan untuk minum air putih jauh lebih banyak dari saat sebelumnya. bisa saja karna anda mengedan menyebabkan muncul benjolan atau disebut ambeien. jika masih dapat masuk kembali dapat di coba dengan obat-obat anti hemorrhoid yg dimasukkan dari lobang pembuangan atau anus. jika tidak menghilang bisa anda konsultasikan ke dokter terdekat.tks

      Hapus
  17. oh bgth, memang sih sudah 1 bulan BAB saya gak lancar, ditambah 1 bulan ini saya kurang mengonsumsi sayuran.

    eh iya dok, kenapa ya benjolan itu seperti jerawat besar atau bisul gth atau memang kalo ambeien seperti itu? maaf dok saya kan tidak tahu.. :)

    kalo beli obat yg dimasukin ke anus itu pasti ada di apotek-apotek kan dok? soalnya ada apotek yg gak jual obat obat tertentu k smbrng orang kan, trus nama obat nya itu apa ya dok?

    terimakasih atas jawabannya, dokter... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan maaf saya telat menjawabnya...memang benjolan yg paling sering akibat sulit bab adalah sering di asosiasikan dengan ambeien atau wasir. Namun untuk pastinya bisa juga anda periksakan ke ahli bedah guna memastikan benjolan yg anda derita karena bisa juga kemungkinan lain seperti abses dan tumor jenis tertentu.Untuk pastinya dokter harus melihat jenis benjolannya sehingga bisa didiagnosa dengan benar..memang benar apotik idak bisa memberikan obat yang tidak dengan resep karena resiko alergi dll. dimana anda berdomisili ?. tks

      Hapus
  18. Selamat pagi dok..
    Sy mau tanya
    Papa sy tahun 2005 pernah operasi hemorrhoid eksterna.. Tapi sekarang muncul lagi dan kata dokter hemorrhoid interna
    Setiap kali pup selalu dengan darah segar dan papa saya merasa seperti ada yg keluar tapi ketika selesai pup benjolannya dpt kembali ke dlm
    kira kira operasi yang bagus agar tidak kambuh lagi apa dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan terimakasih...orang tua anda pernah operasi ambeien 8 tahun yg lalu.Dan dinyatakan itu operasi hemorrhoid eksterna. Jadi secara umum ambeien di bagi atas eksterna dan interna . kalau eksterna itu terjadi pelebaran pada pembuluh vena yg berada di luar pinggir anus.Ini biasanya sudah langsung nampak . Nah untuk hemorrhiod interna kita mambaginya atas 4 grade atau tingkat . Jika baru berdarah saja tanpa adanya benjolan yg keluar itu di sebut grade 1 yg paling ringan dan biasanya kita tidak operasi artinya cukup dengan obat-obatan saja.jika ada benjolan dapat masuk kembali tanpa di bantu dengan jari setelah bab itu stadium 2 ini juga masih ada tempatnya pemberian obat-obatan. Jika benjolan tidak dapat masuk sendiri atau mesti dengan bantuan jari maka ini std 3 dan sebaiknya ini pilihan terbaiknya adalah operasi.Tentu perlu jeli dalam menilai grade ini . Semua jenis operasi tentu ada ke unggulan dan kekurangannya seperti yg telah saya tuliskan diatas. jadi stadium 2 yang berulang artinya gagal dengan obat-obatan masih ada tempat untuk dilakukan operasi. mungkin pilihan stapler cukup baik untuk orang tua anda tks..

      Hapus
  19. Selamat pagi Dok. Saya berdomisili di Malang Jatim,saya menderita wasir internal sudah 10 tahun. Saat ini benjolan wasir sering keluar dengan sendirinya meskipun saya tidak BAB. Pada saat jalan hanya beberapa menit wasirnya keluar sehingga saya harus masuk kamar mandi untuk memasukkannya. Saya sudah minum obat : Ciflon 2 x 3 dan cataflam 3 x 1. Saya sudah memakai salep ultraproct N. Hal ini masih belum dapat mengatasi wasir saya. Pendapat dokter bagaimana ? Terimakasih sebelumnya Dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal mas roni anda mengalami atau menderita ambeien grade 3 karena benjolannya dapat di masukkan dengan jari anda , jika telah gagal dengan pemberian obat oles atau obat makan sebaiknya anda dilakukan operasi saja karena grade 3 ini adalah grade yg paling baik dan pilihan paling tepat untuk di lakukan operasi hemorrhoidectomi . Pilihannya tentu terserah anda mana yg paling baik dari 3 cara yg sudah saya paparkan dan uraikan di atas. tks

      Hapus
  20. Slmt sore dok...saya berdomisili d jambi,,saya menderita wasir sdh 1 thn lebih.awal y seblm melahirkan ad benjolan yg klr kecil dan dpt msk dgn sendiri y.setelah sy melahirkan putra dgn normal yg emg susah.putra sh skrg berumur skrg 1 tahun 5 bln wasir itu semkn membesar dan hrs d dorong dgn jari terkdg setelah d dorong klr lg dan hrs d dorong lg.sy dsaran kan dokter opersi karna kata y ud stadium 3...saya ty metode operasi kata y wasir sy akan d ambil or d potong dgn pengambilan 3 titik tempat?yg d maksud itu metode apa yg dok?truz selain 3 metode yg dokter pa2rkan d atas ad metode lain?kalau menurut dokte sy sebaiknya menggunakan metode yg mn?mohon penjelasan...tks seblom y dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak rosa , anda berasal dari jambi . anda mengalami hemorrhoid stadium 3 merupakan indikasi yg pas untuk suatu tindakan operasi hemorrhoidektomi.Jika dianjurkan oleh dokter ahli bedahnya seperti ini adalah operasi hemorrhoidectomi yg dilakukan secara operasi terbuka. Hasil dengan operasi hemorrhoidectomi terbuka sebenarnya cukup baik , namun penyembuhan luka terjadi cukup lama. Masing - masing technik operasi punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Namun kalau saya harus memilih dan yang pernah di amati memang stapler hemorrhoid adalah pilihan yang cukup di sukai dan disenangi karena painless. tks

      Hapus
    2. Selamat siang dok,saya mau nanya ni,saya bru selesai operasi wasir dngan metode stepler,dok knpa saya masi mrkan nyeri ap lg saat stlh BAB,it biasa atau op gagal ya dok,kira2 hilang nyeri ny bs makan brpa hari y dok,trus kpn saya bisa me lakukan aktifitas seperti. Ber motor tanpa merasakan nyeri dok,saya operasi ny tgl 21 pulang k rmh tgl 23 kmrin,terimakaih dok sebelum ny atas komentar dokter

      Hapus
  21. Selamat siang dok,saya mau nanya ni,saya bru selesai operasi wasir dngan metode stepler,dok knpa saya masi mrkan nyeri ap lg saat stlh BAB,it biasa atau op gagal ya dok,kira2 hilang nyeri ny bs makan brpa hari y dok,trus kpn saya bisa me lakukan aktifitas seperti. Ber motor tanpa merasakan nyeri dok,saya operasi ny tgl 21 pulang k rmh tgl 23 kmrin,terimakaih dok sebelum ny atas komentar dokter

    BalasHapus
  22. Selamat siang dok,saya mau nanya ni,saya bru selesai operasi wasir dngan metode stepler,dok knpa saya masi mrkan nyeri ap lg saat stlh BAB,it biasa atau op gagal ya dok,kira2 hilang nyeri ny bs makan brpa hari y dok,trus kpn saya bisa me lakukan aktifitas seperti. Ber motor tanpa merasakan nyeri dok,saya operasi ny tgl 21 pulang k rmh tgl 23 kmrin,terimakaih dok sebelum ny atas komentar dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...anda baru dilakukan operasi pemasangan stapler hemorrhoidektomi dan masih merasakan nyeri ...keadaan anda ini telah berlangsung 3 hari..menurut hemat kami itu masih sangat baik dan keluhan nyeri anda harusnya akan makin berkurang. hal yg berbeda akan anda rasakan jika pada operasi terbuka dimana nyerinya berdasar statistik akan memakan waktu yg lebih lama. Jangan mengendarai sepeda motor dulu karena bisa menyebabkan penyembuhan kurang baik dan perdarahan nantinya ...tks

      Hapus
  23. selamat malam dok, sy mau tanya dok, sy sudah melakukan operasi pd tanggal 7 januari 2014, kurang lebih 2 minggu setelah operasi, saat ini sy susah buang air besar. padahal saya mengkonsumsi pepaya dan minum air putih banyak setiap hari, apakah ada efek dari obat yang masih sy konsumsi atau efek samping dari operasi wasir saya. oh iya dok, sy melakukan operasi bukan dgn sistem stapler. mohon pencerahannya dok, biar bs bab lancar lg. terima kasih sebelumnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...anda baru dilakukan operasi hemorrhoidektomi kira-kira dua minggu yg lalu , dan sulit bab . menurut saya bukan karena masalah obat-obatan . biasanya karena sebelum operasi anda sudah puasa dan stress sehingga intake makannya memang sudah kurang , lalu dilanjutkan dengan pasca operasi yg masih nyeri...sehingga anda kurang makan atau minum. memang mesti disadari bahwa nyeri pada hemorrhoidektomi berlangsung lebih lama . Jika anda masih kesulitan bab sebaiknya anda coba merangsang bab dengan obat pencahar seperti dulcolax atau yang sejenis. tks

      Hapus
  24. slamat pagi dok mau tanya.
    brapa biaya yg harus saya kluarkan utk operasi wasir stapler?
    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya.. achan....untuk biaya operasi sangat tergantung lokasi rs , kelas ruangan yg di pilih , individu operator dan keslitan di meja operasi...silakan anda tanyakan langsung ke ahli bedahnya sebelum operasi.tks

      Hapus
  25. sya reza
    mw tanya nih dok
    saya sudah selesai operasi ..
    sudah dilepas tampon
    tapi ad abenjolan merah berwarna kecil dan benjolan itu membuat nyeri dab susah buang angin ..
    kira" benjolan kecil itu apa ya dok ?
    dan kalo bab terasa nyeri sekali dok
    hingga susah buat berdiri
    sya menggunakan tehnik operasi yg nomor 1 dok
    sya terus meminum laxidan, antibiotik cefoperazone

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya...mas.reza anda baru selesai dilakukan operasi ambeien namun saya kurang dapat informasi apakah operasi tersebut pake stapler atau op hemorrhoidektomi yg biasa ? untuk operasi tanpa stapler memang rasa nyeri saat bab cukup lama hilang.

      Benjolan yg ada mungkin lipatan jahitan pada hemorrhoidnya dan itu secara perlahan akan mengecil dan menghilang...jadi jangan terlalu risau yang mesti dijaga kebersihan daerah operasi setelah buang air besar agar tidak mengalami infeksi .

      Hapus
    2. op hemorrhoidektomi yg biasa dok ,,
      o0o mang sakit begitu ya dok
      oh ya ketika kita mw (cebok) itu tidak apa" disentuh dok benjolan nya ?
      soalnya setiap abis bab saya cmn pake shower, tidak berani menyentuh langsung dok ,,
      dan benjolan na menurut saya jadi besar dok dan perih bila dipakai duduk
      kira" benjolan akan hilang brpa lama ya dok ?

      Hapus
    3. Selamat malam...supaya bersih biasanya sehabis bab anda berendam dengan cairan anti septikhangat seperti lar pk atau jika tidak ada bisa digunakan cairan dettol. kira-kira 15 menit. jadi tidak perlu digosok dengan jari. pake shower juga boleh asal tidak di gosok karena bisa merengsang perdarahan dan terbukanya jahitan luka.

      Nyeri bisa diatasi dengan obat pengurang nyeri yg dimakan atau yang di masukkan dari anus.dan yakinlah benjolan akan berkurang secara perlahan-lahan.

      Hapus
    4. maaf nih dok bertanya lagi,
      pertannyan saya yg di atas tentang benjolan itu dok, benjolan itu tadinya cuman sekecil huruf o tape setelah 1 minggu nih dok benjolan nya 2 kali lebih besar dari
      huruf O dan merah serta mengeluarkan darah,
      sya ingin berkonsultasi dengan dokter yg bersangkutan sedang berlibur kembali hari rabu,
      tolong dok saya mesti bagaimana perih dan sakitnya bukan maen,
      apa itu seperti kata dokter jahitannya terbuka ?
      dan sya mesti dioperasi lagi ?
      terima kasih dok, saya berharap secepatnya di jawab

      Hapus
    5. Selamat malam ya... benjolan dan masih ada perdarahan yg terus mengalir tentu sebaiknya segera anda periksakan ulang ke dokter yang melakukan operasi . Bisa saja ada bagian pembuluh darah yg terlepas dari ikatan sehingga terus merembes apalagi daerah vena. untuk sementara anda bisa konsumsi anti perdarahan . namun jika terus merembes tindakan penjahitan ulang mesti dilakukan agar tidak terus darahnya keluar.

      Untuk sakitnya seperti yg telah dijelaskan memang cukup lama dan konsumsi pengurang nyeri masih harus anda lakukan sampai nyerinya makin nyata berkurang...tks

      Hapus
  26. Selamat siang dok. Saya iqbal saya bingung dok untuk memilih operasi dengan setepler atau yg biasa y mengingat saya adalah pekerja berat. Menurut saran dokter Manakah operasi yg harus saya pilih dok mengingat saya pekerja berat. Terima kasih dok sebelumnya jawaban dr dokter sangat saya harapakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas iqbal....seperti yang telah di utarakan diatas bahwa masing-masing ada kelebihan dan kekurangan , bisa anda sesuaikan dengan kondisi anda saat ini. Untuk anda yang mesti segera harus masuk kenja maka pilihan operasi stapler tentu lebih baik. pain less , cepat pulih , recurentsi lebih tinggi dan cost juga lebih tinggi.tks

      Hapus
  27. salam dok,
    sy mau tanya, sy menderita ambeyen sejak melahirkan ank pertama sy, benjolannya enggan masuk dengan sendirinya, harus dg bantuan jari, rasanya sangat nyeri, hampir sy sungguh tak nyaman, duduk susah, berdiri pun nyeri.
    sudah parahkah tahap ini dok, mengingat sy selalu kerja berat saat hamil hingga punya anak. apakah perlu oprasi?

    dan untuk anak sy yg berumur 6thn, sy temui benjolan serupa, tp lebih kecil, apakah anak sy jg menderita ambeyen dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...berdasarkan ulasan anda mengenai penyakit yang anda sampaikan besar kemungkinan anda mengalami ambeiyen std 3 sebaiknya di buang jika sudah mengganggu. pilihan stapleh hemorrhiodektomi menurut saya cukup baik.

      Ambeiyen jarang mengenai anak-anak , coba periksakan ke dokter bedah secara serius karena bisa suatu polip atau bisa juga suatu rekahan anus yg merupakan penyakit yang sering pada anak-anak. tks

      Hapus
  28. Selamat malam dok... nama saya ahmad dr jakarta, saya menderita wasir selama 7 tahun dan sekarang sudah stadium 4... saya mau tanya apakah wasir stadium 4 yg benjolannya sudah keluar dan tdk bsa dimasukin lagi masih bisa dioprasi dg metode stapler? Sebelumnya terima kasih atas jawabannya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas ahmad..anda menderita hemorrhoid sudah 7 tahun yang lalu dan sekarang sudah tidak dapat masuk lagi atau stadium 4. Menangani hemorrhoid stadium 4 sebaiknya dilakukan down grade dulu sampai jadi stadium 3 secara konservatif dengan obat-obat berendam. Namun terkadang benjolan yg telah terlalu besar dan terkadang mengeras karena ada jaringan fibrotik mungkin lebih sulit untuk dilakukan operasi stapler , sebaiknya dilakukan operasi hemorrhoidektomi biasa karena dinding yang sangat rapuh. Namun jika jaringan yang keluar masih lunak atau lembut mungkin stapler masih ada tempat.tks

      Hapus
  29. iya dok, terus terang saya takut dg rasa sakitnya kalau harus operasi hemorrhoidektomi. Kalau benjolan sebesar kelereng dan belum mengeras masih mungkinkah di downgrade dg cara konservatif dok? Seandainya bisa saya harus mengkonsumsi obat apa dan berendam dg cairan apa dok?
    Terima kasih jawabannya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore ya ...benjolan yang belum membentuk jaringan fibrotik dan mengeras mungkin bisa dilakukan penurunan dengan berendam dengan bubuk pk sebelum mandi dengan air hangat 5 liter selama 15 menit. minta resepkan ke dokter terdekat obat anti biotik dan pengurang bengkak serta pengurang nyeri.. Dalam beberapa hari kalau sudah bisa masuk konsultasi ke ahli bedah untuk operasi atau stepler .tks

      Hapus
  30. Dok saya menderita wasir sejaj kecil karena keturunan dr klrga, skr saya berusia 23thn, blm menikah. Tepat saat ini, wasir saya kambuh kembali, rasa sakit nyeri, gatal, perih saya rasa,. Sampai saat saya melihat kondisi wasir ada bercak hitam seperti luka ada pada wasir saya yg membengkak, saya sulit beraktifitas namun saya paksa kan karena sedang ujian. Wasir saya semakjn membesar dah sulit untuk masuk kembali. Apa sangat bahaya wasir saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..anda masih sangat muda sebenarnya dan kondisi badan tentu sangat sehat . Ambeiyen yang sakit dan sulit masuk merupakan ambeiyen yang terjadi cepat dan mungkin berada di grade 2 - 3. Bahaya tentu aktifitas yang sangat mengganggu dan ancaman infeksi , apalagi jika berdarah bisa menimbulkan anemi atau kekurangan hb yang hebat dan mengancam jiwa. , jika ada kesempatan sebaiknya segera anda periksakan ke ahli bedah yg berpraktek di lokasi tempat tinggal anda. Saya pernah melakukan operasi pada pasien ambeien dengan hb 3 dan itu sangat sulit serta perlu tranfusi darah yang banyak. dan tentu bagi dokter yang menangani kasus tersebut akan merupakan beban yg sulit.tks

      Hapus
  31. Selamat malam dokter___
    saya LIA domisili di TAIWAN
    kemarin kamis 6 februari saya menjalani operasi ambeien dengan metode laser
    yang ingin saya tanyakan
    1. Normalkah jika di hari ke 6 pasca operasi masih ada bercak darah?
    2. Kenapa tiap habis maaf (BAB) saya merasa masih belum tuntas?
    hingga saya rasa perut saya makin buncit.perlukah saya meminum obat pencahar biar
    BAB saya lancar...???
    sebelum nya terima kasih atas jawaban dokter,

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamualaikum , selamat malam dan salam kenal ya...anda domosili di taiwan , di mana anda operasi ? Metode laser maksudnya bagaimana karena kami juga belum mengenal operasi dengan laser ..jika stapler yg anda maksud mungkin mengerti. anda mengalami sulit bab karena kekhawatirkan akan rasa nyeri yang bisa timbul , sebaiknya bab anda lancar sehingga tidak keras , banyak minum dan berendam dengan larutan hangat ditambah bubuk pk sedikit juga sebaiknya anda lakukan setelah bab. boleh saja anda minum obat pencahar tapi setelah bab obatnya sebaiknya di stop.

      bercak darah bisa saja masih manifest sampai beberapa hari pasca operasi ..tks
      berc

      Hapus
    2. oh maaf dok saya salah tulis,,,iya pake metode stapler
      saya melakukan operasi di salah satu RUMAH SAKIT TAIWAN
      alhamdulillah dok,sekarang dah lebih baikan.
      mungkin jga karena takut rasa nyeri makanya tiap mau BAB bawaan nya takut,,

      satu lagi dok,,
      KIRA-KIRA BERAPA LAMA BISA DI LIHAT HASIL OPERASINYA...?
      karena sampe saat ini saya masih merasa adanya benjolan kecil di luar lubang maaf (dubur) saya..
      Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

      Hapus
    3. selamat malam anda telah di lakukan operasi hemorrhoidektomi dengan alat stapler, jika masih ada benjolan mungkin mesti menunggu sampai bengkak atau oedemnya berkurang. harusnya selesai operasi hasilnya sudah bisa dilihat dong , hanya saja tentu sulit melihatnya...tks.

      Hapus
  32. Selamat malam dokter, saya wanita 25 tahun, pola makan dan defekasi yg tdk teratur. Seminggu ini saya merasa nyeri saat defekasi dan setelah saya periksa ada benjolan yang keluar saat mengejan. Saat keadaan normal perianal tidak tampak perbedaan apapun. Tidak ada darah saat bab. Nyeri hanya timbul saat defekasi. Grade berapa hemorroidnya, dokter? Tindakan awal apa yang harus saya lakukan? Perlukah saya minum percahar? karena feses saya agak keras akhir2 ini (mungkin karena rasa nyeri jadi tidak nyaman defekasinya). Bagaimana cara mengurangi benjolannya dokter? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak...dari penuturan anda saya perkirakan anda mengalami hemorrhoid stadium 2 karena ada benjolan yg keluar tapi dapat masuk kembali..pemberian obat-obat ambeien masih ada tempat dan konsumsi diet tinggi serat serta minum air putih yang banyak . Minum obat pencahar sebaiknya atas indikasi karena jika terus menerus di konsumsi tentu juga tidak baik...yang penting melakukan perobahan gaya hidup dan pola makan. tks

      Hapus
  33. Atas semua jawaban nya,saya ucapkan terima kasih dokter
    semoga SUKSES selalu_____

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum dan selamat pagi ya...lia , tks ya mudahan bermanfaat untuk yg diskusi ini ..

      Hapus
  34. Pagi dok, saya seorang ibu, usia 46 th. Minggu lalu saya operasi wasir dgn stapler. Setelah operasi 2 hari pup lancar. Tp hari ketiga saya agak mengedan dan akibatnya ada pendarahan dan sakit. Setelah itu BAB selalu sakit dan berdarah, dan tiba tiba tadi malam saya saki perut dan ternyata yg keluar adalah darah yg sdh bergumpal gumpal kurang lebih 200 cc. Saya baru kontak dr bedah lwt telpon, dan besok saya rencana konsul, sementara hari ini saya putuskan bedrest. Boleh tanya dok apakah penyebab pendarahan dan apa ada obat luar ? Btw setelah operasi ada wasir luar yg tumbuh lagi kecil2 tapi ada beberapa. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak..anda telah melakukan operasi stapler hemorrhoid 2 hari dan saat bab berdarah cukup banyak hingga 30 cc , perdarahan terjadi bisa akibat adanya pembuluh darah yang sebelumnya terikat atau terjerat lepas sehingga darah keluar cukup banyak dan sebagian besar ke arah dalam lobang rektum dan menumpuk di sana. Obat oles dari luar bisa anda pakai sementara namun sebaiknya jika perdarahan masih berlangsung anda segera ke dokter bedah terdekat atau igd.. benjolan kecil bisa saja terjadi namun itu akan berkurang secara perlahan yang penting infeksinya dapat di kontrol.tks

      Hapus
  35. Selamat Siang Dok,

    Langsung saja, kira2 biaya untuk oprasi ambeien berapa ya dok?

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat palam dan salam kenal ya...operasi ambeiyen ada banyak ragam pilihan dan tekhnik ada open , ada stapler , ada hal and rar , itu tentu sangat operator dependen dan sangat di tentukan pilihan rumah sakit serta kamar di rumah sakit yang dipilih. Sebelum operasi dapat ditanyakan langsung ke dokter bedah yg dipilih. tks

      Hapus
  36. Selamat malam dok.
    Sdh kira2 seminggu ini wasir sy kambuh. Obat dan salep di mempan. Benjolan tidak kempes dan tidak bisa masuk. Tidak berdarah. Sy sdh konsultasi di salah satu rs, dokter menganjurkan saya untuk di suntik (sclerotherapy?). yg disuntik bukan saja wasirnya tp jg otot anusnya. Metode ini sepertinya sangat jarang di gunakan di rs. Bisa tolong kasih masukannya? Mana yg lebih baik di banding dengan stappler? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi ya mas ian ...anda menderita ambeien dan sudah diobati serta sudah di konsultasikan dengan dokter dan dianjurkan untuk di suntik atau schlerotherapy..Dari pengalaman dan banyak tulisan telah di jumpai bahwa penggunaan suntikan sclerotherapy kurang efektif pada kasus ambeien hal yang berbeda jika di terapkan pada varises . Skill dan kemampuan menyuntikkan harus tepat di dalam lobang vena yang melebar. Resiko yg terjadi jika suntikan tidak masuk didalam pembuluh darah vena dan mengenai jaringan luar pembuluh vena akan menyebabkan necrosis dan rusaknya jaringan di sekitar anus dan beresiko untuk terjadi fistel. jika kami boleh menyarankan yg terbaik masih oeprasi hemorrhoidektomi atau stapler hemorrhoid tks

      Hapus
    2. Malam dok,
      Saya kurang paham dengan istilah medis. Usia saya 38 thn. Jika penyuntikan tidak sukses, resiko terburuk apa yg akan saya alami, terutama dlm aktivitas sehari-hari. Berdasarkan pemeriksaan dokter tsb, wasir saya sdh stadium 4 (ada 2 di dalam dan 1 di luar) dan sdh berbau. Dalam satu kali proses tindakan, akan dilakukan kira2 20 kali suntikan. Terima kasih

      Hapus
    3. selamat malam mas ian , apakah saat ini anda di tangani oleh seorang ahli bedah saluran cerna atau minimal ahli bedah ? Karena jika hemorrhoid stadium 4 justru sangat beresiko untuk dilakukan tindakan apalagi seperti suntikan bahan sklerosan. biasanya kita turunkan menjadi stadium 3 dulu, dengan cara berendam dengan obat anti septik . apakah banyak perdarahan ? tks

      Hapus
    4. Pendarahan tidak ada dok. Bbrp hari ini saya rendam air hangat. Benjolan di bagian luar tidak berkurang dan tidak bs dimasukaan. Rasa sakit sudah berkurang, tapi ada rasa gatal.

      Hapus
    5. Dokter tsb spesialis bedah digestiv di rs daerah pulo mas

      Hapus
    6. Selamat malam , lmenurut pendapat kami bahwa pilihan terbaik adalah operasi seperti yang telah di uraikan di atas. tentu jika kemungkinan kadar Haemoglobin darah masih baik dan pilihan konservatif tidak memberikan hasil yang diinginkan. Anda sudah tepat datang ke ahli bedah digestif ( sal cerna ) di rs pulo mas ,jkt . Namun saya masih kurang mengerti mengenai pilihan terapi dengan suntukan yang jadi pilihan beliau.

      Tentu semua kembali ke pada anda yg memberikan keputusan dan persetujuan nantinya. Jika anda ragu silakan cari second opinion atau konsultasi ke ahli bedah digestif yang lain . Baru setelah itu anda ambil keputusan ini hanya saran tks

      Hapus
    7. Pagi dok, Saya mau coba saran dokter untuk konsultasi ke dokter lain. Terima kasih untuk informasinya.

      Hapus
  37. Assalamualaikum,Selamat Siang Dokter.
    dok, ayah saya umur 65 tahun , kamis 20 maret 2014 pagi jam 6.00 mengalami pendarahan karena wasir yang sudah stad 3-4 . beliau di operasi jam 14.00 hari itu juga, setelah pulang dari rumah sakit pada tanggal 23 sampai hari ini ayah saya belum juga BAB, dari rumah sakit sudah di beri obat pelancar BAB, saya takut nanti saat BAB nya ayah saya berdarah dan sakit. hari kamis 27 maret nanti kami cek up ke RS, apakah itu normal dok ? kok belum BAB jg, saya khawatir . apakah makanan nya yang salah , beliau makan nasi bubur, sayur kol,sawi, tempe dan buah pepaya . itu saja menu yang biasa nya beliau makan. mohon saran nya dokter ,terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb.ayahanda menderita wasir std 3-4 dan telah dioperasi 1 mggu yg lalu namun belum bab sampai sekarang.jika sudah sedemikian lama tidak bab memang seharusnya harus di konsultasikan ke dokternya , karena bab yang keras bisa menyebabkan berdarah dan menurut hemat saya sebaiknya mesti di rangsang dengan obat laxatif agar segera bisa bab.
      selain makan yang berserat dan sayur-sayuran sebaiknya orang tua anda banyak minum air putih agar volume feces tidak keras. terkadang rasa takut nyeri kerap membuat pasien takut untuk bab.tks

      Hapus
  38. Assalamualaikum
    dok, saya baru kelas 2 smk. saya mengalami ambeien dalam, mungkin di stadium 2. saat BAB benjolannya membesar, tapi tidak terasa sakit. saya takut semakin lama semakin membesar, saya belum memberitahu orang tua tentang ini karena takut membebani mereka yang ekonominya rendah. Saya minta sarannya dok, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam wr wb..selamat malam dan salam kenal ya alin...anda mengalami ambeien di usia yang cukup belia..menurut anda ambeiennya stadium 2 apakah sudah di periksakan ke dokter ? jika stadium 2 benjulannya hanya keluar saat bab dan mengedan bisa dengan atau tanpa darah dan nyeri . Jika memang benar ambeien stadium 2 maka ambeien anda cukup dilakukan perawatan dengan obat - obatan dan menghindari aktifitas yang statis , seperti lama berdiri atau lama duduk. hindari manahan bab sampai lebih dari 2 hari dan banyak mengkonsumsi air putih , buah dan sayur. apalagi jika di rumah anda banyak berkeringan dan ventilasi udara yang kurang baik.

      jika saya boleh menyarankan bicarakan keluhan anda ini pada orang tua , terutama ibu anda sehingga dapat di obati secara dini jangan sampai penyakit anda sudah berat baru orang tua mengetahuinya ..demikian terimakasih atas kunjungan anda ..

      Hapus
  39. Asslmkm, dok sy pria usia 34thn. Saat usia 27thn sy operasi stapler karena hemoroid interna, sekarang stlah 7thn pasca opetasi wasir saya kambuh lagi. Sy sdh ke dokter poli dlm dan dikasih obat starcef, zaldiar dan faktu. Tp masih berasa sakit saat bab dan stelah bab sakitnya 7 jam masih berasa. Sy sdh menjaga makan berserat dan buah2an. Mohon petunjuknya harus gimana dok. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb dan salam kenal ya mas abdullah ...anda menderita ambeien dan telah di operasi dengan metode stapler hemorrhoid sudah 7 tahun yang lalu. Saat ini masih berasa sakit saat bab. Sudah di obat oleh dr penyakit dalam starcef , zaldiar dan faktu.dll. tapi apakah ada benjolan yang kembali keluar..?

      Ambeien dengan technik staples spt yang anda alami memang bisa kembali muncul dan itu adalah salah satu kelemahan dari technik ini jika aktifitas dan style atau faktor resiko masih ada.Namun jika itu sudah bertahan sampai 7 tahun maka telihat bertahan cukup lama .

      Jika ada tonjolan yang terbentuk kembali maka sebaiknya anda konsultasikan kembali ke ahli bedah untuk melakukan penanganan selanjutnya..tks

      Hapus
  40. Selamat siang dok , maaf mengganggu waktunya . saya masih kelas 1 sma kmren saat bab ngedan ada benjolan di anus kata mama itu ambeien, gatau stadium berapa yang penting ciri2 nya setelah bab benjolannyabesar , harus dimasukan pakai jari , tapi tidak berdarah kira2 itu stadium brp ya dok? lalu saya konsul ke dokter disarankan untuk bedah digestif, sakitnya itu dok? saya masih ragu..
    Terimakasih dokter:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya sonya...anda memiliki hemorrhoid atau ambeien yang jika bab keluar dan masuk jika di dorong pakai jari . Tidak berdarah . Ini menurut pengalaman kami adalah suatu hemorrhoid stadium 3 . dan stadium ini adalah saat yang tepat untuk tindakan operasi hemorrhoidektomi atau stapler. Untuk tindakan bisa ke dokter bedah umum atau bedah di gestif . terimakasih.

      Hapus
  41. siang dok. saya (25th) penderita wasir stadium 2-3 sekaligus diabetes. aman atau tidak melakukan operasi?. jika aman operasi ap yang paling baik? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...anda usia 25 tahun menderita ambeien std 2-3 namun anda adalah juga menderita diabetes atau peninggian kadar gula darah ...memang diabetes jarang di jumpai pada usia muda seperti anda...dimana diusia 25 tahun anda telah mendarita sakit gula berapa kadar gula darah anda saat ini ?. dan sudah berapa lama anda mengidap diabetes karena secara evident base bahwa diabetes yg sudah berlangsung lama akan menyebabkan pembuluh darah menyempit kalau di ibaratkan saluran air yang telah dilalui air cukup lama akan terbentuk endapan dan lumut atau benda 2 lain yang lama kelamaan akan menyempitkan pembuluh darah...sehingga aliran darah akan tersembat dan tidak lancar ke seluruh tubuh. Dan itu kerap terjadi pada penderita diabetes yang telah berlangsung lama khususnya pada penderita dm usia lanjut.

      Pada anda di usia yang muda ini saya percaya bahwa faktor plak atau sumbatan aliran pembuluh darah masih baik sehingga penyembuhan jaringan luka pada daerah operasi dapat lebih baik dan cepat. Seperti yang telah saya bahas di tulisan di atas ada tiga pilihan semua berlangsung sama sesuai untung rugi atau kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal pilih dan sesuaikan dengan kondisi anda saat ini .

      dari pengalaman yg di rasakan oleh banyak penderita memang stapler hemorrhoid masih banyak yg menyukai tks..

      Hapus
  42. Selamat malam dokter, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.
    saya memiliki seorang ibu berusia 49 tahun. Sudah lama sekali ibu saya menderita wasir krn beliau senang menjahit. Awalnya benjolan itu bisa masuk sendiri, tapi sekarang tidak bisa masuk kembali. Selama ini ibu tidak pernah merasakan sakit ataupun panas pada duburnya baik saat buang air besar atau duduk. Hanya merasa tidak nyaman saja krn terasa ada yg mngganjal. Sekitar 2-3 tahun belakangan ibu saya sering mengeluarkan darah segar secara tiba tiba terutama klo beliau kcapekan atau beraktifitas terlalu berat. Tapi meskipun begitu tidak ada keluhan sakit sama sekali.
    Pertanyaan sayaa:
    1. Apakah kondisi spt ini dpt berbahya apabila tdk diobati?
    2. Apakah masih bisa diobati?
    3. Jika memang harus operasi, metode apa yg paling sesuai?
    Demikian pertanyaan saya. Sebagai tambahan informasi selama ini ibu saya takut ke dokter, jadi hanya ke pengobatan alternatif dan pijat saja tapi tidak ada perbaikan. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya dwi...orang tua anda usia 49 tahun menderita ambeien yang tidak dapat masuk sendiri dan mudah berdarah ...perkiraan kami orang tua anda mengalami haemorrhoid grade 3-4..
      Kondisi spt ini tentu harus di tangani segera>>>dan pilihan obat@an tentu kurang baik tks

      Hapus
  43. halo dok, saya membaca di blog lain...katanya tidak semua wasir bisa dilakukan dengan operasi stapler. Keadaan seperti apa yang tidak bisa dilakukan dengan metode tersbut? Bagaimanakah dengan wasir saya yang tipe internal, benjolan masih bisa dimasukan dengan jari (benjolah melingkar) ..dan saat duduk terasa sakit..apakah bisa dilakukan penanganan dengan metode tersebut?

    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya gladis, wah anda udah blogwalking ke banyak site ya...saat ini anda menderita wasir atau ambeien interna stadium 3 yaitu masih dapat di masukkan dengan jari tangan . dan salah satu indikasi yang paling bail untuk di lakukan tindakan operasi pada hemorrhoid interna stadium 3 tentulah operasi dengan cara apapun. Dan menurut hemat kami yang baik saat ini adalah stapler hemorrhoid .

      Kalau hemorrhoid eksterna operasi hemorrhoidektomi sebenarnya cukup baik karena sumber atau pangkalnya dapat di lihat dan di kendalikan dengan mudah.dan tindakan stapler mungkin bukan pilihan terbaik pada hemorrhoid eksterna. tks

      Hapus
  44. Selamat pagi dok dan salam kenal,saya lelaki 19 th .saya ingin bertanya ,sudah 6 bulan ini sya sering susah buang air.dikarenakan feses nya cukup keras sehingga harus mengejan dgn kuat,dan saya pikir itu wajar,namun sekarang ini muncul benjolan di sekitar anus ketika bab dan menyebabkan rasa perih di anus,terkadang sekitar anus terasa gatal sekali dan ini cukup mengganggu,dan kemarin siang ketika bab keluar darah yang cukup
    byk menetes bersama feses yg encer ,setelah itu badan saya terasa lemas,panas dan pusing,menurut dokter apa yang harus saya lakukan?dan apa kah itu wasir?bisa kah dilakukan pengobatannya? Terima kasih

    BalasHapus
  45. Selamat pagi dok dan salam kenal,saya lelaki 19 th .saya ingin bertanya ,sudah 6 bulan ini sya sering susah buang air.dikarenakan feses nya cukup keras sehingga harus mengejan dgn kuat,dan saya pikir itu wajar,namun sekarang ini muncul benjolan di sekitar anus ketika bab dan menyebabkan rasa perih di anus,terkadang sekitar anus terasa gatal sekali dan ini cukup mengganggu,dan kemarin siang ketika bab keluar darah yang cukup
    byk menetes bersama feses yg encer ,setelah itu badan saya terasa lemas,panas dan pusing,menurut dokter apa yang harus saya lakukan?dan apa kah itu wasir?bisa kah dilakukan pengobatannya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...dari penuturan anda dan keluhan yang di sampaikan kami menduga bahwa benjolan di anus anda suatu ambeien yang merupakan stadium dini grade 1 -2 . Sebaiknya anda menjaga gaya hidup , pola makan dan banyak mengkonsumsi air putih , sayur dan buah . Bab yang tidak teratur tentu awal dari permasalahan anda , upayakan menjaga bab teratur setiap pagi sehingga anda tidak perlu mengedan . untuk ambeien stadium awal ini anda cukup menggunakan obat-obatan saja , silakan konsultasi dengan dokter terdekat tks..

      Hapus
  46. selamat pagi dok . . salam kenal
    mau tanya dok . .apakah ambeien itu harus disertai pendarahan?
    karena saat saya priksa ke dokter, dokter berkata ini ambeien grade 3 namun saat ini entah saya sadari atau tidak saat BAB pun tidak terjadi pendarahan . .
    saya sudah diberi obat dan salep ( bentuk peluru ) tapi saya rasa hanya meringankan rasa nyeri saja tanpa mengempeskan si ambeien
    jadi apa yg harus saya lakukan dok??
    menuntaskan obat2an tadi atau tindakan operasi?
    terima kasih atas jawaban nya

    BalasHapus
  47. Selamat pagi dan salam kenal ya , anda dinyatakan ambeien grade 3 . mesti di ketahui bahwa ambeien tersebut adalah terjadinya pelebaran pembuluh balik atau vena di anus baik dalam maupun luar. nah grade ambeien tersebut di tentukan berdasarkan ambeien yang interna ini. Sementara nyeri dan berdarah adalah gejala yang dapat menyertai atau di jumpai pada semua grade ambeien . jadi tidak mutlak harus ada . Perdarahan atau nyeri ini sering terjadi setelah bab yang keras sehingga melukai permukaan massa pembuluh darah yang telah menipis.

    Secara standar jika benar anda mengalami ambeien stadium 3 maka pilihan terbaik adalah operasi mengangkat massa pembuluh darah yang melebar tadi dengan 3 cara yg telah dijelaskan diatas. dan jk untuk stadium 1 dan 2 masih dapat menggunakan obat-obat seperti yang anda sebutkan diatas. tks

    BalasHapus
  48. Selamat siang dok, sy lily domisili jakpus. Sy mengidap wasir sdh lama sejak sy SMP dan sy sdh bekerja skrg. Sy periksa ke metropole hospital daerah glodok kota. Setlh diperiksa luar dan dlm mnrt dokter saya sdh stadium 4 dan mnrt dokternya saya wasir daging tumbuh. Krn selain diluar, di bagian dalam ada daging yg mnrt dokter klo tdk dioperasi bisa jd tumor. Memang saat itu saya diksh liat gmbrnya. Akhirnya sy dioperasi krg lebih 30 menit sdh selesai dan pasca operasi sy tdk merasakan sakit kecuali saat BAB pertm kali perih tp cm sbntr.kmdn dilanjutkan dgn rawat jalan pemberian terapi sinar laser merah dan infus obat antibiotik slm 10 hr. Setlh slsi 10 hr, sy diberi obat rendam dan salep. Krn dokternya berasal dr cina, maka obat rendam dan salepnya merk cina jg dok. Sy penasaran ingin melihat bag dlmnya apakah dagingnya sdh hilang apa tidak, tp mnrt dokter jgn dl krn konsul terakhir setiap BAB sy masih merasa sedikit perih.sampe skrg setiap bab sedikit sakit/perih, tp selesai bab hilang, hy saat keluar fesesnya aja. Mnrt pendpt dokter bgm terhdp kasus sy ini? Trm ksh byk dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..anda mengidap wasir std 4 , yaitu suatu ambeien yg sudah menonjol keluar daru anus dan tidak dapat lagi dimasukkan dengan bantuan dorongan jari. Jika boleh tahu dokter apa yang menangani anda ? dan apa tindakan yang dilakukan pada wasir anda ? Biasanya obat rendam banyak jenisnya termasuk larutan PK dengan menggunakan air hangat lalu bubuk pk di masukkan seujung sendok diaduk dan berwarna coklat ungu.sebagai larutan antiseptik.

      Permasalahannya apa tindakan yang telah dilakukan dokter rs metropol kami belum tahu , mungkin bisa anda informasikan.Karena jika operasi yang dilakukan hemorrhoidectomi maka luka dan nyeri akan cukup lama dirasa nyerinya.

      Sebaiknya anda menjaga bab agar teratur setiap hari dan tidak keras , jadi jika sulit bab tiap pagi anda baiknya mengkonsumsi obat pencahar dan banyak minum air putih tks

      Hapus
    2. Teknik operasinya minimal invasif dok..utk yg bagian luarnya sy merasa dagingnya dipotong dgn laser..dan utk yg bagian dalam seperti ditembak dgn laser dok..
      Mnrt saran dok bgm? Apa ada rs rujukan di jkt yg bagus utk saya periksakan kembali? Skrg pola makan sy sdh byk serat, mengurangi nasi, dan byk mnm air putih. Cm yg saya rasakan saat BAB masih sedikit tdk nyaman.trm ksh dok

      Hapus
    3. Selamat siang ya , tehnik minimal invasif di bagian bedah untuk hemorrhoid adalah mungkin stapler atau hal and lar , namun jika ada bagian yang dipotong langsung itu namanya haemorrhoidectomy . Sebaiknya anda konsultasikan ke ahli bedah atau ahli bedah sal cerna yang melakukan operasi . Karena permasalahan paska operasi hemorhoidectomi juga beragam seperti munculnya penyempitan , ambeiennya kembali muncul dan perdarahan atau infeksi paska operasi bisa saja terjadi .

      Perlu juga di pahami bahwa tipis di bawah pelebaran varises tersebut terdapat juga otot yang berfungsi menahan bab dan saraf 2 sehingga jika terkena banyak hal yang kurang diinginkan akan terjadi tks

      Hapus
  49. Malam dok,
    Saya ambeien sdh 4thn. Kl saya kcapean kadang2 benjolan kluar dan perih lalu berdarah. Kdang2 bab jg brdarah, drah mngucur. Stlah itu benjolan masuk sndri. Untk bab sndiri lancar stiap hr. Yg saya tnyakan stadium brp ambeien saya dok. Apa yg sbaiknya saya lakukan. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya..nurlela...anda mengalami ambeien yang keluar masuk sendiri , nyeri dan berdarah . Jika benjolan anda dapat masuk sendiri tanpa mesti dibantu dengan jari tangan . kemungkinan suatu ambeien std 2 , pada std 2 ini masih ada tempat untuk konservatif atau dengan obat-obatan . Sedangkan operasi bisa saja di lakukan . Namun saat terbaik untuk melakukan operasi adalah hemorrhoid stadium 3 .untuk operasi anda dapat tentukan dari beberapa pilihan di atas tks

      Hapus
  50. yth ibu dokter

    saya baru 2 minggu yang lalu operasi hemoroid dengan sistem haemorrhoidectomy di lombok NTB. nyeri sekali rasanya tp alhamdulillah sdh berlalu, kini nyeri nya makin berkurang. yg sy mau tanyakan kok ada cairan yg terus keluar dari anus sy dlm 2 minggu ini, kata dokter itu salep, tp masa iya sih banyak sekali dan terus menerus, sy jd risih. klo sdh bnyk jd gatal dan sy tetap rendam dengan larutan pK. kira2 sampai kpn cairan ini akn keluar terus? dan apakah ada cara utk mempercepat agar cairan itu berhenti keluar, mungkin anda punya obat yg sy bisa beli? masalahnya dokter yg bedah sy sedang konferensi di bandung sampai minggu depan jd sy tdk bisa kontrol. mohon pencerahan nya. atas jawaban nya sy ucapkan beribu ribu erima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...anda sudah dilakukan operasi hemorrhoidectomi sekitar 2 mgg yg lalu. masih terasa nyeri dan selalu keluar cairan . Normal jika luka bekas operasi mengalami nfeksi sudah tentu akan selalu basah dan jika infeksiya telah teratasi maka cairan akan mengalami penurunan dengan sedirinys. berobat sits bath tentu harus dilakukan jika luka bekas operasi belum sembuh atau masih infeksius. salep untuk ambeien ada banyak jenisnya namun untuk mengurangi cairan tentu tidak ada jadi perawatan yang baik akan mengurangi produksi cairan serousnya...Silakan kontrol kembali ke dokter bedah yang melakukan operasi atau jika masih kongres di bandung ( kami juga berada di bandung untuk work shops vaskuler ) mungkin dapat berkomunikasi melalui telpon atau media - media sosial lain tks ya..

      Hapus
  51. Malam dok..
    Saya mau tanya beberapa bulan akhir2 ini tiba2 muncul benjolan diluar anus saya.. trz setiap kali buang air besar selalu berdarah.. tp akhir2 ini sudah tidak berdarah lagi.. akan tetapi benjolannya semakin besar.. padahal saya uda mengoleskan salep boraginol-n dan terkadang saya jg minum kapsul ambeven..
    Menurut dokter wasir saya ini sudah stadium berapa y?? Trz kira2 agar tidak semakin membesar hrs bagaimana??
    Karena tiap kali buang air saya selalu merasa kesakitan.. apakah saya perlu melakukan operasi?? Klo iya yg operasi seperti apa yg dokter sarankan untuk keadaan saya??
    Terima kasih dok..

    BalasHapus
  52. Malam dok..
    Saya mau tanya beberapa bulan akhir2 ini tiba2 muncul benjolan diluar anus saya.. trz setiap kali buang air besar selalu berdarah.. tp akhir2 ini sudah tidak berdarah lagi.. akan tetapi benjolannya semakin besar.. padahal saya uda mengoleskan salep boraginol-n dan terkadang saya jg minum kapsul ambeven..
    Menurut dokter wasir saya ini sudah stadium berapa y?? Trz kira2 agar tidak semakin membesar hrs bagaimana??
    Karena tiap kali buang air saya selalu merasa kesakitan.. apakah saya perlu melakukan operasi?? Klo iya yg operasi seperti apa yg dokter sarankan untuk keadaan saya??
    Terima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya nanda..dari penuturan dan keluhan anda , kami menduga anda menderita hemorrhoid grade 2-3 , pilihan pengobatan tentu bisa dengan operasi seperti pilihan yang sudah di sampaikan di atas.Jika belum bersdia operasi tentu dengan obat-obatan seperti yang anda sampaikan di atas ditambah menjaga dan merobah gaya atau style hidup dan makan anda .

      Pilihan operasi sudah di jabarkan di atas sekarang tinggal bagi anda mau pilih yang mana ....? tks

      Hapus
  53. Selamat sore dokter... Salam kenal dokter... istri saya menderita wasir stadium 3. Berapa lama proses penyembuhan dengan operasi stapler? Bagaimana penyembuhan dengan minum air rebusan daun ungu atau daun handeuleum menurut dokter? Rumah Sakit Di medan dimana tempat yang bagus untuk operasi hemorhoid ? Terimakasih atas penjelasannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam minum obat-obat tradisional seperti rebusan daun ungu atau handeuleum kami belum punya pengalaman dalam kandungan dan cara kerjanya sehingga belum dapat menjawab pertanyaan anda. anda berdomisili di medan sumatera utara , ada banyak rumah sakit di medan namun untuk tindakan sebaiknya anda berkonsultasi ke ahli bedah atau bedah saluran cerna di dekan anda berdomisili . jika boleh tahu anda berdomisili di daerah mana di medan ?.tks

      Hapus
  54. Selamat sore dokter ....saya menderita wasir stadium 3...apakah wasir stadium 3 hy akan sembuh dg operasi ?ohiya dok...dulu saya menderita wasir sejak hamil 2 bulan Smpai melahirkan...Dan smpai skrg dok...udh 4 thn berlalu ...mohon saran nya dok...dan kalau pun hrs operasi dg menggunakan stappler brp lama ya dok proses penyembuhan? Krn sy takut dok klw dengar crta teman2 yg pnh operasi wasir ... masih menahan sakit Smpai 3 bulan pasca operasi .....Terima kasih dok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda menderita wasir stadium 3 , sering memang ambeien ini datang di saat pertambahan beban di dalam abdomen termasuk saat hamil dan melahirkan , namun sering ambeien karena hamil bersifat sementara dan jika berlangsung lama seperti anda tentu ambeiennya mesti di tangani dengan benar. Pilihan operasi dengan stepler hemorrhoidectomy sudah banyak di lakukan dan penyembuhannya sangan tergantung personal, artinya tentu tidak sama setiap orang.. rerata 2-3 minggu keluhan nyeri makin berkurang..tks

      Hapus
  55. halo pagi dokter, saya ada beberapa pertanyaan :

    1. saya sudah melakukan tindakan operasi stapler pada hemoroid internal grade 3 saya. operasi dilakukan 2 minggu yang lalu.....tapi saat duduk saya masih merasa belum sangat nyaman. Kira-kira dengan metode stapler ini biasanya sampai kapan saya bisa duduk lagi secara normal setelah pasca operasi ?

    2. Setelah operasi, saya sudah menuruti anjuran dokter untuk mengkonsumsi makanan yang diajurkan hasilnya sekarang setiap hari saya bisa buang air besar secara normal dan baik. Keluhan saya, 2 minggu pasca operasi dan konsumsi obat sudah dikurangi, setelah buang air besar muncul lagi benjolan sebesar kacang merah, perih tapi tidak sebesar sebelum saya melakukan tindakan operasi. Saya kira setelah operasi, benjolan seperti itu tidak akan muncul lagi, apalagi waktu operasi setelah saya tanyakan ke dokter yang menangani operasi saya .... memang tidak semua benjolan diambil, karena kalau semua diambil justru akan membuat lubang anus saya semakin sempit dan tidak bisa BAB. Benjolan kecil itu sedikit perih dan baru reda kalau saya masukan sendiri memakai tangan. Dan menururut dokter tersebut, benjolan itu lama-lama akan mengempis sendiri. Apakah hal tersebut benar dok? saya sangat khawatir operasi saya belum tuntas dan saya harus mengulangi tindakan operasi lagi ....

    3. Apakah benjolan kecil yang tidak dipotong itu yang menyebabkan sampai sekarang saya masih belum bisa duduk dengan nyaman dok?

    terimakasih banyak ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda masih merasa nyeri setelah operasa stapler hemorrhoids , operasi sudah di lakukan 2 mgg yg lalu .lama nyeri memang sangat individual namun rerata 2-3 minggu nyeri itu sudah jauh berkurang

      Jika masih ada benjolan sisa , perlu di evaluasi kembali setelah permasalahan operasi saat ini selesai , kadang karena faktor udema dan infeksi benjolan tersebut masih ada sehingga anda merasa kurang nyaman . , mungkin perlu di perhatikan beberapa saat lagi.namun sikap anda dengan selalu menjaga bab dalam keadaan normal dan rutin itu sikap yang baik dan amat membantu anda

      memang rasa nyeri masih terasa namun yakinkan diri anda nyeri itu akan semakin berkurang kedepannya. tks

      Hapus
  56. Selamat malam Dok,salam kenal, saya mau tanya Dok pd tgl 13/5 suami saya mengalami penurunan Hb hingga 5,6 dan ada BAB berdarah menurut dokter hal itu disebabkan karena pendarahan wasir dan hari itu juga diputuskan dilakukan anuscopy dan operasi,saya kurang paham Dok karena menurut dokter operasi tersebut tidak untuk mengangkat wasirnya tetapi hanya diikat saja untuk menghentikan pendarahannya. Saya juga kurang paham Dok mengenai jenis dan stadium berapa wasir yg diidap suami saya Dok karena jika saya lihat sebelum operasi tidak terlihat ada benjolan dan tidak ad nyeri ketika BAB. Suami saya terakhir kontrol pada 22/5 yg menurut dokter bedah yg menangani suami saya kondisinya bagus. Sd hari ini suami saya masih konsumsi obat ardium hd dan masih makan nasi lembek,sayuran dan buah. Yg saya tanyakan Dok sd hari ini suami saya masih kurang nyaman ketika duduk dan akan maupun saat BAB, dan terkadang masih ada bercak darah jika buang angin atau kentut (BAB dari 18/5 sd sekarang sudah tidak berdarah), apakah kondisi tersebut normal Dok? Dan apakah masih ada kemungkinan terjadi pendarahan lagi Dok? Dan jika obat habis (ardium HD) apakah wasir suami saya sudah sembuh atau belum Dok? Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...permasalahan suami anda hb 5,6 gr % ini adalah permasalahan utama , sehingga permasalahan grade ambeiennya tidak menjadi penting lagi dan kontrol perdarahan adalah pilihan tindakan yang harus di lakukan . Saya yakin ini adalah tindakan yang mesti di ambil untuk live saving.

      Sebab hb yang seperti itu 5,6 gr % jika terjadi tiba-tiba maka tentu kondisinya tidak sepeti sekarang ini jadi hb segitu besar kemungkinan sudah berlangsung lama.. saat ini yang perlu adalah penanganan pasca operasi dan menjaga ambeiennya tidak bertambah berat dengan melakukan upaya-upaya gaya hidup yang sehat dan olah raga teratur , konsumsi air putih sebanyak mungkin dan diet tinggi serat .

      Ya menurut kami kondisi ini berlaku norrmal tks

      Hapus
  57. Selamat malam pak dokter. Saya mau tanya sy sdh operasi wasir 1 bulan lalu, tp knp msh susah bab hrs ngeden hebat dan yang keluar cm sedikit aja. Dan bl berdiri tegak lgsg mules pengen bab tp ttp cm sdkt &kecil, seprt lobang anus kecil. Sy operasi nya jenis hermoidectomi. Mhn penjelesannya dokter. Sy sgt menderita sekali smpi skrg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya anjani ... kami turut prihatin dengan penderitaan anda , anda mengalami hemorrhoid dan telah di operasi tapi sekarang menjadi stenosis atau penyempitan paska operasi hemorrhoidectomi.

      Salah satu komplikasi setelah operasi hemorrhoid adalah penyempitan atau stenosis ini, hal ini terjadi saat penyembuhan luka bekas operasi di sekeliling anus yang mengalami perlengketan dengan sesama jaringan di sekitar sehingga diameter dari anus menjadi lebih kecil dari normal atau sebelumnya. teriutama komplikasi seperti hemorrhoidectomi kerap di jumpai perlengketan paska operasi apalagi jika paska operasi tidak dijaga dengan pemasangan alat alat pencegah perlengketan.

      Biasanya kami selalu memasang tube lembut di anus untuk beberapa hari sebelum bab untuk mencegah terjadi pengecilan diameter tersebut. Ada beberapa methode yang dapat di lakukan missal businasi atau reoperasi dengan melukai kembali bagian yang kontraktur atau melengket tsb shie-shie..

      Hapus
    2. Bisa ga tampa businasi atau reoprasi bs sembuh lg.kl pun sdh dilakukan businasi atau reoprasi dijamin sembuh tampa epek samping ga dok ?apa tindakan ini msk lg keruang oprsi dan brpa lm penyembuhannya? Normal gk klu trs2n di kasih garam inggris atau fleet ? Sy ingin smbuh tnpa perlakuan diatas ? Sbb sdh trauma dgn penanganan dokter bedah dll. Apa ada cara almi smbh sprti ini. Mksh pk dokter smg sht sll.

      Hapus
    3. Selamat pagi ya...kami tentu tidak tahu pasti kondisi anda yang sebenarnya , karena tidak melihat langsung kelainan yang anda alami . Jadi sebaiknya anda konsultasikan kembali kelainan yang anda alami ke dokter bedah yang telah melakukan operasi . jika memang ada penyempitan pilihannya bisa salah satu seperti yang telah kami utarakan , businasi bukanlah tindakan yang dilakukan di kamar operasi . tks

      Hapus
  58. Siang Dokter,

    saya direncanakan tindakan dengan suntik, itu karena saya mempertimbangkan saat mendengar kata "bedah" bila dioperasi atau diligasi.
    mohon penjelasannya dokter, bagaimana prognosis dengan tindakan suntik, apakah efek sampingnya dan apakah ada efek yang membahayakan.


    terima kasih.

    Mohon penjelasannya dokter, bagaimana efek samping nya, perawatannya. Dan apakah itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami ambeien gambaran dan grade seperti apa ? anda berencana untuk melakukan terapi dengan suntikan atau sclerotherapy karena anda takut mendengar kata operasi atau pembedahan.sehingga suntikan menjadi pilihan anda .

      Ada beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan tentang penyuntikan , terutama daerah anus , jika ada pelebaran pembuluh darah yang telah melebihi 2 mm dalam diameter maka pilihan penyuntikan sudah tidak efektif lagi .

      penyuntikan harus di lakukan dengan syarat bahan suntikan mesti masuk ke dalam saluran darah sehingga dapat merusak jaringan dalam pembuluh darah dan mesti di tekan. Lalu jika bahan sclerosan tersebut masuk kejaringan sekitar anus atau daerah otot spincter maka jaringan tersebut akan di rusak oleh obat ini dehingga bisa menjadi fistel , infeksi dan borok dan membahayakan kepada anda tks

      Hapus
  59. Malam dok...ayah sya usia 59th setelah oprasi wasir seminggu lalu ayah saya susah BAB,perut sembab/kembung ayah sya tdk nafsu makan nasi maupun buah. Yang sya mau tnya bgmn cara agar bisa BAB tdk keras dan lancar dan juga agar bisa nafsu mknnya kembali.. thx dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..mas..orang tua anda usia 59 thn telah di lakukan operasi ambeien 1 mgg yl. Jenis operasi ???.saat ini sulit bab dan perut gembung. sulit bab biasanya karena konsistensi feces yang keras , kurangnya peristaltik usus dan pola diet yang kurang baik. Banyak mengkonsumsi cairan dan buah yang banyak mengandung air spt semangka , melon , pepaya dll.dan sayur-sayuran tentunya . selain itu jika bab terlambat sehari sebaiknya jangan di biarkan misalnya dengan meberikan obat-obat jenis perangsang bab seperti dulkolak atau sejenis. terutama saat pasca operasi ini...untuk nafsu makan sebaiknya di tambah dengan obat-obat vitamin b dan c ..

      Hapus
  60. mlm dok,...kalau menggunakan metode ikat wasir seberapa parah ya sakitnya ? dan berapa lama dia nyerinya ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..mas ...kami kurang faham maksud anda dengan metode ikat wasir...tapi kalau yang anda maksud stapler hemorrhoid maka nyerinya biasanya cepat membaik berdasarkan pengalaman dan pasien dapat melakukan mobilisasi dini tanpa mesti dirawat..

      Hapus
  61. Selamat malam dok, saya masih umur 17th tapi sufah menderita wasir internal. Memang tidak besar wasirnya, tp kalau BAB sakit sekali dok dan pernah berdarah. Menurut dokter tindakan apa yg harus saya ambil? Operasi atau ada alternatif lain? Karena wasir ini sangat mengganggu. Belum lagi saya mau mendaftar taruni akpol yang harus bersih dari wasir. Mohon jawabannya ya dok. Thanks b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal...ya dinda , anda mengalami hemorrhoid interna , dan berdarah serta sakit saat bab . jika benjolannya telah keluar dan dapat masuk kembali dengan bantuan dorong dengan tangan maka itu adalah grade 3 hermorrhoid interna dan sebaiknya di lakukan operasi hemorrhoidectomy. Jika hanya berdarah dan nyeri itu hemorrhoid grade 1 atau 2 cukup dengan penanganan konservatif dengan obat-obatan. Namun untuk ikut testing akademi polisi anda tentu tidak boleh ada ambeien sama sekali karena akan di periksa oleh dokter polisinya...tks

      Hapus
  62. Selamat siang dok saya masih berumur 19 thn, saya menderita wasir 1 tahun ini yang dirasakan saya nyeri saat bab dan ada percikan darah cukup banyak, benjolan dianus saya cukup besar dan bisa masuk sendiri, saya juga sulit bab dok selama 1-2 jam saya mengejan tetap saja kadang bab saga ngga keluar. Apa yang harus saya lakukan dok, jika harus minum atau oles obat, obat apa yang harus saya pakai makasih dok mohon bantuanya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mbak dewi..berdasarkan apa yang anda sampaikan dengan usia yang masih muda 19 tahun red..anda menderita ambeien stadium 2 dan biasanya masih ada tempat untuk perawatan dengan obat-obatan , namun pilihan operasi dengan stepler juga masih dapat dilakukan jika dengan obat-obat tan di anggap terlalu memakan waktu tks

      Hapus
  63. selamat siang dok...
    maaf dok mau tanya habis oprasi seminggunan ini kenapa ya dok habis bab terasa sangat sakit dan ada jahitan yg lepas saat bab pagi ini
    bahaya atau tidak ya dok?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya lissa awhenza..anda sudah dilakukan operasi ambeien jenis hemorrhoidectomy 1 mgg yg lalu , saat ini sehabis bab terasa sakit dan jahitannya lepas ..Pada operasi dengan tehnik hemorrhoidektomy biasanya di jahit dengan benang yang di serap dengan kekuatan sekitar 1 mgg dan selanjutnya benang akan lepas dengan sendirinya. jadi itu adalah proses yang normal saja dan tidak berbahaya. yang perlu anda jaga adalah jangan sampai terjadi bab yang terlalu keras sehingga bisa merobek bekas jahitan yang telah menyatu tsb. nyeri pada kasus operasi dengan tehnik open tersebut terjadi cukup lama bisa sampai 3 mingguan lebih.tks

      Hapus
  64. Selamat siang dok. Saya mau nanyaa, setiap saya buang air besar selalu ada benjolan besar. Kira2 sekepalan tangan, apa itu ambeien ? Terus dong tiap buang air selalu dibarengi angin dan kentut dgn suara menggangu. Mohon bantuaanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda mempunyai keluhan benjolan yang cukup besar jika sampai sebesar kepalan tangan . kami belum yakin itu apa namun jika sakit dan mudah berdarah tentu bisa berupa ambeien atau wasir . namun mesti juga di ketahui bahwa benjolan lain juga bisa terjadi di anus seperti polips , tumor atau kanker rectum , atau posisi anus yang membalik atau sering di sebut prolaps recti....dll. Sebaiknya anda periksakan benjolan tersebut ke ahli bedah terdekat tks

      Hapus
  65. Dok saya juga terkena wasir kata dokter saya sudah di gread 3 dan dianjurkan operasi,tetapi saya tidak pernah sama sekali merasa sakit saat buang air besar,apa yg harus saya lakuin dok?mengikuti anjuran itu atau ada cara lain,mohon balasannya ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda menderita wasir grade 3 meski tidak sakit jika ada benjolan yang keluar masuk dan biasanya berwarna kebiruan..maka stadium ini adalah sangat baik untuk dilakukan tindakan haemorrhoidectomy. baik secara open surgical , stepler atau hal and rar. Jadi pada prinsipnya jika memang sudah terbukti adanya haemorrhoid maka pilihan terbaik dan tercepat tentu adalah membuang benjolannya. tks

      Hapus
  66. selamat siang dok, saya mau bertanya soal metode BEIM (Biological Electrical Impedence auto Measurement) untuk wasir, apakah metode ini lebih baik dibandingkan dengan steper atau Hal&RAR? dan apakah ini termasuk operasi ringan? dan berapa lama kira2 waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...ilmu kedokteran tentu bersifat dinamis dan sangat berkembang jika suatu bagian berkembang pesat tentu dalam 1 tahun tehnik penanganan Selain yg saya paparka di atas ada beberapa tehnik yang juga pernah di anjurkan atau di cantumkan pada text book , namun secara individual dan pengalaman kami masih percaya 3 tehnik diatas masih yang terbaik menurut kami. ada yang menggunakan rubber band , ada yang menggunakan tehnik sclerotherapi dll. Jujur saya juga baru mendengar metode BEIM ini sepertinya ada penggunaan listrik barangkali..pemulihan operasi atau tindakan pada hemorrhoid juga tergantung tehnik yang di pakai dan perawatan...tks

      Hapus
  67. selamat siang dok, saya mau bertanya soal metode BEIM (Biological Electrical Impedence auto Measurement) untuk wasir, apakah metode ini lebih baik dibandingkan dengan steper atau Hal&RAR? dan apakah ini termasuk operasi ringan? dan berapa lama kira2 waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan nya?

    BalasHapus
  68. Malam dok..saya penderita wasir mulai sma dn kni umur sy 26thn. Terdapat benjolan kecil di anus dn kl kambuh prt sy sakit dn klr darah.Baiknya sya melakukan operasi yg metode apa ya?yg nyerinya tdk berkepanjangn dn tdk mengganggu aktfits kerja saya dn biaya nya berp ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami ambeien sering terasasakit dan berdarah sejak sma , dan ini sangat menganggu aktifitas anda , maka tentu metode perawatan secara konservatif harus sudah dikonversi dengan tindakan operasi ,bermacam tehnik seperti yang telah saya utarakan di atas bisa saja anda gunakan . agar nyri tidak berkepanjangan sebaiknya menggunakan stepler biasanya nyeri pasca operasi lebih singkat dan biaya tentu juga sedikit lebih tinggi tks

      Hapus
  69. Assalamu'alaikum dok..
    Saya mau nanya dok, ibu saya pernah melakukan operasi ambeyen dan gagal. Sehingga ambeyennya sekarang sangat parah (baik dr segi benjolan,pendarahan dan nyerinya) bahkan utk duduk teralu lama tidak bisa.. Saya sangat kasihan melihat kondisi ibu saya skg ini dok, karena beliau tidak bisa diajak berpergian jauh. Kebetulan ibu saya ini mempunyai kartu JAMKESMAS. Apa bisa kartu tsb buat operasi dengan biaya pemerintah (free). Dan apakah setelah operasi penyakit tsb tidak akan tumbuh lagi ? Atau ada pengobatan alternatif selain operasi dok ? Karena ibu saya masih trauma akan hal ini.. Terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb , selamat sore ya mas yogi ..ibu anda pernah operasi ambeien dan kambuh kembali , mesti di sadari bahwa ambeien adalah suatu proses pelebaran pembuluh vena di daerah anus. ada ambeien ekssterna dan dan ada interna atau dari dalam. kenapa kembali ambeien tersebut tentu banyak faktor semisal bab ibu anda keras sehingga kerap mengedan , menderita batuk yang lama , ada sesak nafas berat , pada laki 2 sulit berkemih sehingga harus mengedan dll. sebaiknya orang tua anda di lakukan kembali operasi hemorrhoidectomy Kartu jamkesmas dapat anda pakai di rs pemerintah atau rs yang bekerja sama dengan BPJS , di tempat anda berdomisili. Tidak ada jaminan ambeien tidak paska operasi tidak kambuh lagi apalagi apalagi jika faktor penyebabnya masih ada. , pengobatan dengan obat-obatan bisa dilakukan tapi untuk yang sudah berat akan kurang memberikan hasil sesuai yg diharapkan.tks

      Hapus
  70. Dok ...saya adalah anak smk jurusan teknik elektronika,tapi saya sangat ingin jadi seorang dokter,bisa gak dok saya masuk fk? Setelah lulus nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk masuk fk negeri jurusan yang dapat diterima adalah sma atau yang sejenis dan jurusan IPA atau biology. untuk smk tehniki kami kurang tahu pasti apa bisa diterima . namun di fk swasta mungkin peluang itu ada tks

      Hapus
  71. pagi dok.. saya mau tanya, seminggu lalu saya sudah operasi wasir tapi sampe sekarang masih ada pendarahan meskipun gak banyak dan setiap bab masih terasa sakit,, apa memang proses penyembuhannya lama? apa yang harus saya lakukan dok supaya cepat sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore menjelang malam ya..anda telah operasi wasir atau ambeien seminggu yg lalu dan saat ini masih sedikit berdarah dan nyeri ..jika operasi yg di lakukan adalah haemorrhoidektomy memang sedikit akan lama mereda rasa nyerinya dan perdarahan bisa masih berlangsung sedikit sedikit . nyeri bisa masih terasa hingga 1 bulan karena anus adarlah daerah yang basah dan sangat kotor sehingga luka sulit sembuh . Yang mesti dilakukan adalah menjaga kebersihan daerah anus terutama setelah bab seperti berendam dengan bahan anti septik seperti larutan air dettol minimal 15 menit setelah bab atau setiap pagi soere.tks

      Hapus
  72. Malam dok . Saya berumur 17 thn . Dibagian anus saya terdapat benjolan . Dan baru hari ini benjolan tersebut terasa sakit . Apa yg harus kulakukan dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...riko..anda memiliki benjolan di anus dan mulai terasa nyeri pada hari ini...bicara mengenai benjolan di anus ada banyak kemungkinan terutama adalah abses perianal atau ambeien , selain itu ada juga tumor jinak di anus dan kanker di daerah anus dan rectum. namun ini jarang pada usia muda, meski pada akhir - akhir ini telah mulai di jumpai di usia muda. untuk bisa tahu pasti jenis benjolan anda maka sebaiknya anda periksakan langsung ke dokter . untuk di ketahui ambeien akan memberikan gambaran bab yang nyeri dan mudah berdarah tks..

      Hapus
  73. Selamat malam dok, salam kenal? dok mau tanya diatas anus ada benjolan sebesar kelingking. pada saat bab dan pipis terasa getaran nya. apa itu ambeyen ya? terus penanganan pertama yg harus dilakukan apa dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mas amir andamemiliki benjolan pada anus sebesar kelingking apakah ada nyeri atau berdarah ? untuk ambeien pada tahap pertama biasanya bisa keluar masuk dan berdarah .jadi yg pertama harus dilakukan adalah memastukan bahwa benjolan itu adalah ambeien atau bukan. jika bukan ada kemungkinan abses peri anal , fistule anal , polip atau tumor dll.

      Hapus
    2. selamat sore dok,saya mau tanya apakah ambeien yg ukurannya 2 cm dikategorikan sebagai ambeien yang parah?tapi waktu saya BAB hanya sesekali saja mengeluarkan darah.bagaimana cara penyembuhannya dok?soalnya 5 bulan lg saya mau ikut tes polisi.trimakasih

      Hapus
    3. Selamat malam dan salam kenal ya..ambeien dengan ukuran 2 cm adalah cukup besar masalahnya jika bab benjolan tersebut keluar namun jika selesai bab apa bisa masuk sendiri atau mesti di dorong dengan tangan atau malah gak bisa masuk sama sekali...? sebaiknya kalau sudah keluar dan sulit masuk itu menggambarkan indikasi untuk mesti dilakukan operasi untuk membuang ambeien tersebut . Namun sebelumnya anda mesti periksakan terlebih dahulu ke dokter bedah tempat anda berdomisili agar diagnosanya pasti , sebab masih ada kemungkinan penyakit lain di anus seperti polip recti , tumor ,abses dll. tks

      Hapus
  74. selamat sore Dok, anak saya perempuan umur 4 tahun 3 bulan, sejak bayi memang ada tonjolan kecil dibagian anus nya, sempat beberapa kali BAB mengeluarkan darah. tapi dia tidak ada keluhan, jdi saya pikir tidak ada masalah. 3 minggu belakangan ini dia mengeluh sakit ketika BAB maupun buang air kecil, bahkan 1 minggu balakangan ini dia tidak mau pipis jongkok atau duduk, selalu berdiri. saya sudah cek ke RS. Fatmawati diagnosanya hemoroid external. dan semestinya dilakukan operasi.
    berikut pertanyaan saya :
    1. pengobatan apa yang terbaik untuk anak berusia 4 tahun ?
    2. jika harus dilakukan operasi, operasi apakah yang berdampak relatif kecil bagi anak saya (tidak menimbulkan pendaharan dikemudian hari akibat operasi) dan jenis operasi apkah yang tidak menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat ?
    3. seperti orang tua lainnya, saya inginkan yang terbaik buat anak saya, menurut dokter hal apakah yang harus saya lakukan ?
    4. terhadap hal apakah saya harus berhati-hati (misal : pengobatan yang seperti ... , tindakan operasi yang seperti ... ataupun obat2 yang harus saya hindari ?

    terus terang saya sudah coba browsing mengenai tindakan operasi untuk penyakit ini, tetapi saya sendiri masih belum yakin, maka dari itu saya mohon agar Dokter dapat memberikan saya pencerahan, karena saya yakin Dokter adalah ahlinya dibidang pembedahan. mohon saran dan masukan yang dapat saya lakukan agar saya lebih paham dan terinformasi dengan jelas. atas perhatian Dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak ratna .anak anda usia 4 thn mengalami hemorrhoid eksterna menurut dokter spesialis apa difatmawati? Sebab kasus ambeien pada anak adalah kasus yang cukup jarang . Kasus dominan untuk benjolan atau perdarahan di anus adalah polip recti atau anus luka . jika ambeien atau polip memang pilihan terbaiknya operasi , dan operasi tersering di anus pada anak tetap adalah polip recti,

      Memang operasi daerah rectum anak , bukan lah operasi yang jarang sebab cukup banyak juga operasi kelainan bawaan seperti atresia anus atau hirschprungs yang angkanya cukup tinggi dan operasinya lebih berat.

      Untuk operasi hemorroid eksterna banyak pilihan untuk anak anda apa pilihan yng di berikan..sebaiknya anda bertanya dengan pasti indikasi seperti apa shg operasi harus di lakukan . sebab permasalahan paska operasi seperti nyeri , infeksi dan lain sebagainya dapat saja terjadi seiring operasi yang di lakukan . jika anda meragukan keterangan dokter sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter lain dan sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah anak ...tks

      Hapus
  75. Pagi dok, maaf dok saya menggu, saya mau konsultasi ke dokter dengan keadaan saya pasca oprasi hemeroiddectomi dok, saya sudah 1 mnggu pasca oprasi tapi setelah oprasi maaf alat vital saya gatal dok, apakah itu infeksi akibat oprasinya dok? Lalu obatnya apa dok? Kemarin saya konsul ke dokter bedah saya katanya benang jahitan tersebut suruh lepas sendiri dok, pertanyaannya apakah memang tidak boleh dilepas sendiri? Terus kalo tidak boleh kapan benang itu bisa lepas dok? Saya juga belum bab dok udah 2 hari pdahal saya udh makan bayak serat, juga air putih dok? Tapi belum ad rasangan ingin bab dok, mohon sulusinya dok, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda baru mengalami operasi hemorrhoidectomy 1 mgg yg lalu dan merasa gatal pada kemaluan. memang pada operasi hemorrhoidectomy jaringan bagian dalam anus di jahit menggunakan benang yang di serap biasanya sekitar 10 -14 hari sehingga dalam waktu tersebut kekuatan benang jahit akan berkurang sendirinya. Nyeri dan kembung masih akan lama terasa jika dilakukan operasi hemorrhoidectomy. sehingga bab sedapat mungkin jangan samapai keras jika 1 hari gak bab sebaiknya di rangsang dengan obat pencahar agar tidak keras. dan mesti minum banyak air putih agar bab lembek. kemaluan yang gatal mesti anda lakukan perawatan dan pembersihan setiap hari dengan juga menjaga agar daerah kemaluan kering. tks

      Hapus
  76. Assalamu alaikum dok. Dok, pd oktober lalu saya menjalani operasi wasir dgn metode potong langsung. alhamdulilah tidak berdarah lg n masih sering sakit. sebelum wasir saya punya kebisasaan jogging setiap pagi, bersepeda menuju lokasi jogging lalu berlari mengitari gedung,namun 2 bulan pascaoperasi wasir saya belum jogging pagi hari sama sekali. Takutnya nanti terjadi hal-hal yang tidak saya dan orang tua inginkan. Apakah saya skrg bisa lari pagi pak dokter pasca operasi wasir ini walau saya masih agak sakit shbs BAB? mohon pencerahannya dok, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya..anda telah di lakukan operasi hemorrhoidektomy dengan staplet tehnik jika kami tidak salah mendeskripsikan.sekitar 2 bulan yg lalu. saat ini anda sudah merasa lebih baikan dan ingin melakukan aktifitas rutin anda seperti sebelumnya. pada prinsipnya anda justru mesti melakukan aktifitas olah raga ringan seperti jogging dll namun tentu mulai dengan kegiatan yang paling ringan.dan intensitas serta kwalitasnya ditingkatkan secara bertahap....yang perlu di jaga adalah aktifitas bab tidak keras , serta melakukan olahraga beban berat dll.

      Hapus
  77. Assalamualaikum dok,
    Saya menderita susah bab sekitar 3sma skrng usiasaya 19 th.tp saat itu blm merasakan sakit dok ketika bab.namun skrg dianus saya adabenjolan dan lamalama benjolan itu semakin besar dan membuat saya merasa terganggu sekali .namun saya tdk merasakan adanya darah ketika bab dok.apa yg harus saya lakukan dok? Kalau harus jalan operasi apakah bisa menggunakan bpjs dok? Sehingga biaya operasi stapler bisa berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb selamat pagi dan salam kenal ya . Hemorrhoid atau ambeien atau wasir atau disebut juga dengan pile , memang memberikan gambaran keluhan yang berbeda seperti bab sakit , bab berdarah , teraba benjolan pada anus , rasa gatal sehingga kadang pada celana dalam sering terlihat kotor dan bercak warna ke coklatan.. Ambeien ini ada grade nya atau tingkatannya sehingga jika dijumpai benjolan saat bab namun masih dapat masuk sendiri itu gradenya rendah , sehingga masih ada tempat untuk penggunaan obat-obatan saja. Pilian operasi di ambil jika benjolan sudah mengganggu dan tidak dapat masuk lagi sendiri dan mesti di bantu dengan jari..anda dapat periksakan ambeiennya ke dokter bedah atau bedah saluran cerna terlebih dahulu.

      Jika anda tidaka da biaya anda bisa mendaftar dan menjadi anggota BPJS jika belum punya...pada kasus ini biasanya di lakukan operasi terbuka hemorrhoidektomy , untuk alat stapler kami tidak tahu persis apakah di tanggung oleh BPJS ...tks

      Hapus
  78. malam dok.sy vivi usia 28 thn saat ini sdang hmil ank k 2 usia 24 mnggu.stlh hmil ank k 1 ambei sy sdh tdk bs d masukkn lagi dok tp msh blm keras.skrng ktika hmil sering bengkak.kambuh n berdarah.pernah smpai darah menetes.yg sy tnyakn ktika hamil bolehlh operasi ambeien atau saat mlahirkn dg cesar bolhkah operasi ambein juga d lkukan.. trimkash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya vivi anda hamil 24 tahun dan mengalami perdarahan dari ambeien. memang benar bahwa kehamilan sering akan menyebabkan munculnya ambeien atau jika sebelum hamil sudah ada ambeien maka akan menjadi bertambah berat disaat hamil. Kenapa bisa terjadi ??

      saat hamil bagian yang paling berat dari tubuh bayi terutama kepala akan berada di bawah dan akan menekan rongga panggul selain tulang yang akan tertekan juga adalah pembuluh vena yang akan membawa darah dari bawah akan tertekan sehingga akan terjadi terbendungnya darah dibagian bawah seperti pada tungkai akan terjadi bengkak dan pada daerah vena hemorrhoidalis akan terjadi hemorrhoid yang meningkat.

      jadi pada hemorrhoid atau ambeien pada kehamilan hampir selalu bersifat sementara atau temporary. sementara di satu sisi operasi pada kasus dengan kehamilan yg memerlukan pembiusan dengan general anestesi jelas akan membahayakan dan beresiko gawat janin. sebaiknya jika perdarah tidak berat dan bisa di hentikan maka mempertahankan untuk tidak operasi mungkin adalah pilihan baik . namuin jika perdarahan sangat hebat maka pilihan operasi untuk menghentikan perdarahan tentu harus di lakukan.

      jika anda telah melahirkan nantinya maka hemorrhoidnya akan mengalamai reduksi atau pengurangan segera setelah anda melahirkan. tks

      Hapus
    2. terimakasih untuk infonya dokter.. berarti kalo semisal pada waktu melahirkan itu secara cesar dan pd saat yg bersamaan dilakukan juga operasi ambeien itu bisa dilakukan ya?lalu metode apa yg sesuai untuk itu dok?

      Hapus
    3. Selamat siang ya...anda ingin melakukan operasi sih itu ok saja , namun jika hemorrhoid pada kehamilan mesti anda ketahui merupakan hemorrhoid yg bersifat sementara . dan jika telah melahirkan biasanya ambeien akan berkurang atau hilang dengan sendirinya. kecuali jika saat tidak hamil anda juga sudah menderita hemorrhoid ini. jadi operasi yg di lakukan harus ada alasan yg tepat. tks

      Hapus
  79. Selamat malam dok, saya baru saja melakukan operasi hemorrhoidektomy 10 hari lalu, terakhir saya kontrol katanya operasi nya sedikit bengkak takutnya nanti ada lagu ambeien nya, sementara skrg ini saya merasa justru bekas operasi nya tambah besar karena saya tiap bab masih sakit sekali n pasti mengedan sedikit" itu saja keluarnya hanya sedikit",memang nya ada kemungkinan timbul lagi dlm waktu dekat iya dok kalo luka bengkak? Apakah seiring berjalan nya waktu, luka operasi nya tidak bisa kempes sendiri, kira" saya bisa bab tidak sakit n normal lagi gak iya dok, trus jangka waktunya kembali normal brp lama iya dok? Thanks dok atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda baru mengalami operasi hemorrhoidektomi sekitar 10 hari yang lalu. saat ini masih terasa sakit dan bengkak. sebenarnya keuntungan dan kerugian dari jenis operasi ini kami telah jelaskan di atas. nyeri pada operasi hemorrhoidektomi terbuka adalah nyeri yang lama dan lama juga perbaikan nya. bahkan bisa hingga 1 bulan lebih dan melakukan perawatan yang khusus juga.bab yang belum banyak katena anda masih merasa nyeri sehingga berusaha menghindari bab . sebaiknya jika sulit bab anda meminum obat untuk pencahar silakan anda konsultasikan dengan dokter yang melakukan operasi..tks

      Hapus
  80. pagi dok, saya laki2 berumur 36 th, profesi pengajar. saat ini saya menderita wasir grade 3++ menurut justifikasi saya berdasarkan pengelompokan grade wasir yg pernah saya baca, terusterang saya sedikit kecewa dengan pelayanan dokter dan dokter spesialis yang sudah saya temui. dalam satu bulan terkahir saya sudah 5 kali konsul kedokter tsb, namun pertanyaan dan tindakannnya sama, " bagaimana rasa sakit dan benjolannya?, tanpa pemerikasaan sedikitpun. hal ini saya alami mulai dari minta rujukan dari dokter puskesmas (untuk BPJS)sampai saat konsul terakhir dengan dokter spesialis di RSUD (3 dokter.
    setelah membaca beberapa pertanyaan dan pengakuan dari beberapa rekan penderita saya baru tahu bahwa tidak sama bentuk dan gejala masing2 penderita wasir, contohnya untuk penggunaan metode stapler tidak semua wasir bisa menggunakan metode tsb.? lha artinya untuk memutuskan tindakan berarti harus ada pemeriksaan anatomi dari wasir itu sendiri kan?, tapi kenyataannya yang saya alami hal itu tidak perna dilakukan oleh dokter dan dokter spesialis yang saya temui (mungkin jijik kali ya?)
    terakhir ketemu dokter spesialis saya direkomendasikan operasi, setelah saya tanya metode yang ada di RSUD ini hanya metode konvensional. kalo ingin metode stapler di rujuk ke RS yg ada di provinsi.
    pertanyaan saya apakah wasir yg saya alami dapat di operasi metode stapler jika bentuk/anatominya seperti kembang kol disekitar area anus?
    terimaksih
    salam,
    maaf kalo jadi curhat he,he,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...menarik cerita anda mengenai hemorrhoid yang anda alami.memang benar untuk mengetahui bahwa itu benar wasir dokter harus memeriksa langsung dan tidak boleh ada jijik . karena jika tidak di periksa langsung tentu dokter tsb tidak bisa tahu pasti apakah benar itu wasir atau polips atau tumor dll .pilihan tindakan bermacam pada hemorrhoid spt kembang kol stappler juga bisa di lakukan.tks

      Hapus
  81. Selamat siang dok mohon bantuannya ya dok
    Saya dewi usia 22 tahun
    Saya sudah lama merasa memiliki penyakit wasir, krena beberp kali saya pernh mengalami BAB berdarah karna feses yg keras,dan memang tumbuh daging di dekat anus saya dok
    Sudah 4 hari ini wasir saya kumat dok, setiap saya BAB selalu mengeluarkan darah, sehingga saya minum ambeven, krena saya takut untk perg kedokter, tetapi dgn minum ambeven saya tdk mengalami perubahan
    Menurut dokter apa yg harus saya lakukan sekrg, apakah jika saya ke dokter bedah maka dokter bedah akan selalu menyarankan untk dioprasi? Apakh jika dilakukan oprasi bsa menggunakan bius total? Krena saya sangat takut dok
    Mohon jawabannya ya dok
    Terinakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya dewi...anda mengalami ambeien grade 2-3 dengan bab nyeri dan berdarah serta ada teraba massa . pilihan terbaik adalah operasi sesuai pilihan diatas dengan plus minusnya. untuk pembiusan biasanya regional anestesi tapi jika anda takut bisa juga di lakukan pembiusan umum. tks

      Hapus
  82. Dok saya wasir grade 2 dan telah mengkonsumsi ardium dan salap ultraproct selama 1 minggu tp belum ada efek nya bab saya msh berdarah dan benjolan nya msh ada dok, mnurut dokter apa tindakan yg baik kedepan nya

    BalasHapus
  83. Dok saya wasir grade 2 dan telah mengkonsumsi ardium dan salap ultraproct selama 1 minggu tp belum ada efek nya bab saya msh berdarah dan benjolan nya msh ada dok, mnurut dokter apa tindakan yg baik kedepan nya

    BalasHapus
  84. Selamat siang Dok, saya mengalami yang namanya ketemu dokter model tanya langsung tulis obat 3x..mungkin dokter2 di wilayah saya canggih2, luar biasa. tapi setelah itu saya memutuskan untuk cek ke dokter spesialis penyakit dalam.
    kondisi saya adalah adanya benjolan yg semakin besar di bagian dalam dan kalo BAB akan keluar lalu stlhnya masuk kembali. tapi ada tonjolan kecil yg ada di luar yang saya rasakan ketika di raba sakit. lalu ketika di dokter spesialis ini saya curhat pengalaman saya berjuang menyelesaikan wasir ini, dan dokter melontarkan beberapa pertanyaan setelah itu menyuruh saya untuk memperlihatkan si mr.wasir itu. ketika di cek, dokter langsung memvonis saya untuk segera dilakukan bedah.. muka saya langsung pucat pasih, mana baru beli rumah.. cicilan berjalan, kan gak mungkin dong saya bayar dengan tarian calipso perut buncit saya dok.. apa kata dunia?!
    lalu saya tanya bedahnya seperti apa sih dok? ternyata dokter menjelaskan model bedah yg di iket. saya langsung di rujuk ke dokter spesialis bedah saat itu juga, detiiikkkk itu juga dok..! muka saya langsung putih kay iklan sinzu* sambil berjalan di tuntun suster baik dan ramah. singkat ceritanya ketika sampai di ruangan dokter bedah, ternyata beliau sudah pulang, dan di kembalikan lagi ke dokter spesialis tadi. lalu saya di tanya, mau pilih yg mana?
    1. ini harus di tangani, dirawat skrg dan di bedah disini
    2. bedah di tempat lain nanti saya kasih surat rujukannya
    3. pengobatan konvensional, nanti saya kasih resepnya

    tentu saya pilih ke 3 "sambil inget2 berapa ya sisa di rekening saya?". sambil kami ngobrol2 mengenai wasir ini, dan dokter pun menulis resep beserta surat rujukan, dokter mengingatkan bahwa sebagai dokter beliau harus menyarankan ini harus di operasi. ketika di berikan kertas resep sambil di jelaskan satu persatu kegunaan obatnya, saya diminta untuk tidak BAB jongkok atau duduk, harus berdiri atau tidur (dgn popok).
    setelah saya konsumsi obatnya yang saya rasakan adalah berkurangnya sakit yg sblmnya saya derita dan saya sudah bisa meraba wasir tsbt. tapi sedikit saja mengecil.
    yang menjadi masalah saya adalah darah banyak sekali keluar ketika saya berusaha BAB berdiri. sempat hari ke 2 saya BAB darahnya cukup banyak sampai saya tiba2 merasa panas badan dan pusing dan akhirnya saya minta di antar pulang dari kantor.
    darahnya ngocor tanpa ada batas ketika saya BAB, saya jadi parno ketika harus BAB. bagaimana menangani hal ini dok?
    sebelumnya terima kasih
    mohon petunjuknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...cukup panjang cerita anda dan kami turut prihatin dengan hal yang anda alami ...anda mengalami wasir stadium 3-4 yang pilihannya adalah operasi ...sebenarnya operasi konvensional haemorrhoidectomy bukanlah operasi yang mahal jadi anda bisa pilih sendiri jenis operasi sesuai isi kantong atau asuransi yang anda miliki ...sebab perdarahan yang terus berlangsung tentu akan membahayan kepada tubuh anda ...tks

      Hapus
  85. Mlm dok, sy br melakukan operasi wasir tdk dgn stapler Pd tgl 1 mei, dan skrg knp bekas nya sperti daging merah gitu ya dok? Apakah itu bengkak? Krn kdg sy msh kurg nyaman. Dan skrg sy sdh bs menggunakan mtr walaupun msh pelan2 krn kdg terasa nyeri. Apakah itu bengkak krn sy sdh menggunakan mtr ya dok? Trims vantyannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sellamat malam dan salam kenal ya...pasca operasi hemorrhoidectomy memang akan mengalami nyeri dan bengkak yang cukup lama kadang bisa sampai 1 bulan..berkendaraan sebaiknya di kurangi karena itu juga meningkatkan tekanan ke bawah yang bisa memperlama penyembuhan..tks

      Hapus
  86. Selamat malam dok.. saya menderita ambeien sudahh sekitar satu tahun. Dan belakang hari ini sakit setiap saya bab sangat kuattt dok bahkan untuk duduk pun saya kadang udah gakuat. Setiap saya bab saya darah nya sering mengalir bahkan kemaren kemaren sempet ada gumpalan darah keluarrr yg bikin mules nya ituu. Ambeien nya udah gabisa dimasukin pake tangan, jd udh diluar aja dok. Baiknya saya melakukan tindakan apa yaah. Soalnya setiap saya periksa alasan nya mesti operasi, tanpa diperiksa terlebih dahulu dok . Mohon jawaban nya.. terimakasihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..sebenarnya dari keluhan anda jelas itu suatu hemorrhoid stadium 3-4 dan jika perdarahannya terus berlangsung memang pilihannya yg terbaik operasi anda bisa pilih sesuai pilihan yg kami sampaikan diatas dengan untung ruginya..dan maaf saya juga tidak bisa memeriksa anda ..sebaiknya jika anda ingin dapat keterangan yg jelas anda konsultasikan dan minta dilakukan pemeriksaan oleh dokter bedah nya ...oya di mana anda berdomisili...? tks

      Hapus
  87. selamat malam dan salam kenal ya..ambeien grade 2 masih ada tempat untuk konservatif tapi jika telah mengalami gagal dengan pengobatan lebih dari 1 bulan maka pilihan operasi bisa menjadi indikasi tks

    BalasHapus
  88. Pagi Dok , saya kena ambeiyen eksternal udah 2 bulan , padahal saya sudah memakai salep, pertama saya memakai salep hemocaine lalu sekarang salep visancort dan minum obat amoxilin , ukurannya memang sempat mengecil, sekarang bab lancar , tidak ada terasa nyeri ketika duduk, tapi benjolannya tetap gak hilang hilang.
    Saya mau tanya salep apa yang paling bagus buat ambeiyen eksternal dan obat tabletnya?
    Mohon petunjuknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...penggunaan obat hemocain sudah cukup baik untuk hemorrhoid interna untuk obat makan jika tidak ada infeksi kami rasa tidak perlu karena jika tidak ada keluahan yg mengganggu biarkan saja namun jika terlalu besar pilihan terbaik tentu membuang ambeiyennya melalui tindakan bedah tks

      Hapus
  89. Malam dok. Saya ingin bertnya dahulu memang saya prnh BAB dan keluar daging sprti ambeien ttpi bs masuk lg tanpa harus didorong dgn tgn. Tetapi skr slesai bab saya sudah tidak merasakan ada daging yg keluar. Hanya saja sekitar 1 bln ini saya merasa ad daging yg stngah lepas stngah menempel di anus kdg saya gemas jika tersentuh ingin mencabutnya tetapi tkt berdarah. Kira2 itu apa ya dok? Apakah itu mgkn bekas bab yg berdarah? Saya prnh si bab berdarah 1 ato 2 bln yg lalu. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya dari keluhan yang anda alami kami perkirakan anda bukan mengalami ambeien ..tapi mungkin ada tumor bertangkai yang sering di sebut polip ani ini dapat dilakukan operasi jk benar....atau bisa juga tumor jenis yang lain ...dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
  90. Selamat pagi dok, saya ambeien saat lahiran..pasca lahiran 11hari ambeien saya bengkak gede tp blm mengeras tdk bisa dimasukan lg. Saya minum ambeven & saya olesin salep borraginol tp blm ada perubahan. Apakah ambeien saya masih bisa sembuh tanpa operasi dok?

    BalasHapus
  91. Istri saya baru melahirkan 12hari yg lalu terkena ambeien pd saat melahirkan normal karena geden terus2an. Ambeiennya gede bengkak tp blm mengeras tp tdk bisa dimasukin lg. Selama ini istri saya mengobatinya dngn minum ambeven & diolesin salep borraginol tp blm ada perubahan. Apakah ambeien istri saya bisa sembuh tanpa operasi, menginggat kami mempunyai bayi masih butuh asi. Terimakasih dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..ambeien dapat muncul selama hamil dan saat mengedan waktu melahirkan ...seperti juga pada varises ambeien ini bersifat sementara sehingga pasca melahirkan akan mengalami reduksi atau berkurang . namun perlu juga di sadari bahwa ada ambeien yang bertahan hingga beberapa bulan stlh melahirkan..maka keadaan ini memerlukan penganan seris bahkan operasi..apalagi jk menimbulkan ggn dalam aktifitas ..jika kondisi ini tidak mengganggu maka pilihan konservatif dengan obat-obatan ..masih ada tempat untuk di lakukan..tks

      Hapus
  92. Dok , ambeiyen eksternal saya sudah 3 bulan , saya jarang bab padahal makan saya lumayan banyak , kalau operasi stapler hemoroid itu penyembuhannya pastinya berapa lama?
    jika saya latihan fisik seperti Sit Up, Push UP, Pull Up sebaiknya jangka waktunya berapa bulan setelah operasi , soalnya saya mau meningkatkan fisik saya untuk mengikuti penerimaan polri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..agar bab lancar anda sebaiknya mengkonsumsi makanan berserat yang berasal dari sayur dan buah ..serta meminum banyak air mineral sehingga konsistensi feces tidak keras serta melakukan upaya agar bab teratur setiap hari . pilihan untuk operasi atau tindakan membuang ambeien ada 3 pilihan yang dapat di lakukan staple hemorrhoid cukup baik untuk di lakukan dan cepat pemulihannya.. olah raga dapat di lakukan segera setelah 1 bulan pasca operasi di mulai dari aktifitas yg ringan terlebih dahulu..tks

      Hapus
  93. Salam Dok,Dok Mau tanya..alat untuk melebarkan anus pasca operasi wasir di mana ya dok...? anus saya jadi sempit setelah operasi konvensional..denger2 ada alat businasi yg di masukan ke anus secara bertahap sampai yg besar..kira2 di mana yah Rumah sakitnya .? dan tolong solusinya Dok..sebelumnya saya ucapkan Tirm's..

    BalasHapus

leave a comment please..