Minggu, 25 November 2012

Serpihan logam yang merobek arteri radialis tangan kiri

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | benda asing metal | Arteri atau kerap di sebut urat nadi bagi masyarakat umum adalah pembuluh yang cukup tebal di banding pembuluh balik.Jika bukan karena terpotong oleh senjata tajan seperti parang , arteri termasuk sulit atau jarang terkena cedera . Namun jarang tentu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin sebab dalam bulan ini dapat di jumpai kasus serpihan metal yang langsung merobek arteri radialis.





Keadaan ini dialami oleh penderita seorang laki-laki usia 20 tahun yang bekerja sebagai pekerja pada perusahaan besi dan las.keadaan in kenyataannya telah di alami sejak 3 hari yang lalu sewaktu bekerja memukul besi dengan martil terlontar serpihan kecil dan mengenai pergelangan tangan kanan penderita , berdasarkan diskusi dengan penderita kecepatan serpihan itu cukup tinggi.

Lalu penderita ini di bawa ke sebuah klinik dan di jahit , perdarahan berhenti . namun karena kurang puas penderita minta di lakukan pemeriksaan x-ray atau rontgen dan tampak ada serpihan besi dengan panjang kira-kira 1 cm.

Pada pemeriksaan klinis tampak luka bekas jahitan masih basah dan sewaktu nadi di periksa teraba adanya bruit kesan suatu penyempitan atau kelainan yang mencurigakan adanya robekan atau rupture. Setelah dilakukan pemeriksaan lab , foto thorak dan konsul penyakit dalam dan anestesi penderita di siapkan untuk operasi exsplorasi corpus dan debridement luka dan tentunya pemberian anti tetanus dan anti biotik .


Dari foto samping terlihat posisi benda asing berada tidak begitu jauh dari permukaan kulit.setelah desinfeksi dan luka lama di buka tampak daerah luka penuh dengan stool cell dilakukan pembersihan secara perlahan ternyata dugaan awal benda asing tersebut merusak arteri terbukti sudah di mana darah muncrat dari arteri setelah stolcell di buka dengan buldog klem yang sudah di siapkan perdarahan langsung di klem dan evaluasi tampak pembuluh darah rusak cukup banyak dan sulit untuk di repair , maka diputuskan untuk di ligasi saja mengingat masih ada arteri ulnaris yang masih baik .

butuh kira-kira 40 menit hanya untuk mengontrol dan mengendalikan perdarahan arteri radialis tersebut sampai terligasi.Selanjutnya eksplorasi di lanjutkan untuk mencari benda metal tersebut dan di jumpai tidak jauh dari lokasi pembuluh darah radialis. Dilakukan pencucian lika dan menjahit lapis demi lapis dan pasang elastic verban.


 Tampak kondisi terakhir setelah di operasi , ligasi dan bersihkan daerah operasi tangan kiri penderita , dan kondisi penderita di pulangkan dalam kondisi yang baik dan stabil.



Merupakan serpihan metar dengan bentuk tidak beraturan masuk dengan kecepatan yang cukup tinggi menurut perkiraan kita , sehingga dapat merobek arteri radialis yang nota bene adalah pembuluh yang cukup kenyal dan tebal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..