Jumat, 10 Januari 2014

Perdarahan Berulang pada patah tulang tibia dengan adanya pseudoaneurisma dilakukan embolisasi coiling

Ruang praktek bedah – dokter ramzi SpB |Pseudoaneurisma pada tungkai kiri bawah | pseudoaneurisma ini terjadi akibat trauma kecelakaan yang menyebabkan terbentuknya kantong aneurisma yang berasal dari robekan arteri tibialis posterior. Permasalahannya adalah kantong tersebut berada pada daerah tulang tibia yg patah sehingga menyulitkan untuk dilakukan perbaikan . Dimana setiap dilakukan operasi akan memasang plate maka akan terjadi perdarahan yg sangat banyak ( massive ).


Ct angiografi dengan kontras
Pasien ini telah dicoba dilakukan operasi  berulang hingga 7 x di daerah , namun karena perdarahan masif yg berulang minta di rujuk ke jakarta . Saat dilakukan penjajakan awal dilakukan pemeriksaan ct angiografi oleh vaskular center team di dapat gambaran adanya pseudoaneurisma di daerah proximal patahan tulang tibia.
Setelah diketahui adanya pseudoaneurisma tersebut di putuskan untuk dilakukan embolisasi  atau dengan memasang coil suatu alat khusus untuk menutup aliran darah dan menymbat sehingga selanjutnya aliran akan berhenti dengan sendirinya. Alat coil atau penyumbat ini diletakkan di muara aliran masuk ke kantong pseudoaneurisma. Hal ini dilakukan di cath lab dengan tehnik endovaskular .
Setelah dilakukan pemasangan coil aliran darah langsung berhenti mengisi kantong pseudoaneurisma dan kantong tersebut secara perlahan diharapkan akan copot dengan sendirinya. Jika ini terjadi sesuai dengan skenario dan planning maka operasi untuk reposisi dan fiksasi tulangnya dapat dilakukan .


Ct scan tungkai bawah tanpa kontras



Setelah di lakukan operasi endovaskular coilling tampang bahan koiling telah menempel dan pada ct angiografi kantong sudah tidak terlihat.




Pseudoaneurisma tidak terlihat lagi setelah coiling pada ct scanning.

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB , kasus langka dengan perdarahan massif 7 x operasi selalu gagal , fraktur dapat menimbulkan pseudoaneurisma , pseudoaneurisma yg di tutup dengan embolisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..