Minggu, 12 Januari 2014

Apa yang dilakukan jika seluruh akses av shunt di lengan atas tidak mungkin lagi di lakukan ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Autograft great saphenous pada AV shunt lengan atas | ada beberapa  pilihan yg dapat dilakukan jika semua vena di lengan tidak memungkinkan untuk dilakukan penyambungan atau pembuatan fistel av. Dapat dikenali permasalahan yg terdeteksi dengan duplex usg seperti diameter yang terlalu kecil akibat bekas suntikan yang berulang-ulang . Gimana tidak dalam kenyataan di praktek sehari-hari terjadi sering di jumpai pasien minta dilakukan pembuatan akses setelah melakukan cuci darah melalui tusukan langsung pada vena di lengan dan paha minimal 4 x nah kondisi seperti ini jelas akan menyebabkan pembuluh darah vena menjadi rusak ada hematom , ada robekan atau ada thrombus.

Untuk antisipasi keadaan ini ada banya alternatif seperti :

1.Membuat sambungan ke vena basilika lalu setelah itu kita rencanakan operasi merobah posisi secara
    transposisi dan ke tempat yang ideal.

2.Membuat hubungan ke vena dalam dengan menggunakan graft buatan.

3.Membuat saluran dengan menggunakan autograft dari vena safena magna.

Suatu penelitian di turki telah dilakukan dengan pasien sebanyak 26 orang , lalu dilakuka follow up rata-rata dalam 5 bulan atau dengan range antara 3 - 15 bulan .Dimana terjadi infeksi pada 2 kasus ( 9,5 %) dan thrombosis pada graft sebanyak 4 kasus ( 19 % ).Dan sekitar 65 % dianggap patensinya baik.

Disimpulkan bahwa kreasi av fistel dengan vena saphena magna sebagai suatu alternatif akses hemodialisa , terutama pada pasienyang telah tidak mempunyai kesempatan untuk dipasang av fistula pada lengan atas pada vena aslinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..