Rabu, 05 Desember 2012

Operasi hernia agar kuat , harus pasang alat mesh ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Operasi hernia sebaiknya pakai alat ?| mendengar kalimat usus turun atau hernia sudah lazim didengar . Masyarakat sepertinya sudah faham betul dengan kata ini.Kalau operasi hernia jenis apapun yang mesti dipasang alat tentu suatu yang rasanya tidak lazim , aneh atau bahkan seram . Seolah-olah ini adalah menambah benda asing di dalam tubuh yang fungsinya sendiri mungkin tidak atau belum di ketahui oleh pasien lantas apakah tujuan pemasangan alat mesh tersebut ?

















Alat mesh ini mulai marak digunakan dalam sekitar satu dekade terakhir ini. alat ini berfungsi memberi kekuatan tambahan pada bagian terlemah pada otot dinding belakang perut.Lemah pada otot dinding belakang sering terjadi pada hernia pada usia tua akibat lemah dan kendornya otot - otot tubuh tidak terkecuali otot dinding belakang rongga perut.



 Hernia pada lipat paha yang terlalu besar menyebabkan lemahnya jaringan paling kuat dibawah kulit yang di sebut fascia juga adalah masalah yang tidak mudah di atasi. Hernia yang besar bahkan sampai sebesar kepala bayi dapat di jumpai di lapangan yang bergelantungan pada buah pelir penderita jelas berisi usus dan omentum sebagai pelindung usus dan organ-organ di dalam rongga perut yang lain.Saluran yang begitu besar tentu tidak begitu kuat untuk menahan beban yang sangat banyak apalagi penderita yang sudah bertahun sebagian dari ususnya tergantung di buah pelir jika di paksa masuk kembali ke dalam rongga perut yang nota bene sudah mengecil maka kondisi ini akan meningkatkan tekanan didalam rongga perut.Sehingga jahitan bada fascia dapat menyebabkan robekan lagi.Reccurent hernia.



Selama ini jika di lakukan operasi hernia maka ada dua tahapan operasi , pertama kita membuang kantong hernia dari peritoneum yang mengendor sampai ke buah pelir.atau di sebut herniotomy dan kedua menjahit dan memperkuat dinding belakang tempat saluran hernia turun.atau di sebut herniorraphy.Dan pada orang dewasa kedua tahapan operasi ini harus di lakukan . Sedang pada anak-anak yang mana kejadian hernia ini sering terjadi akibat kelainan bawaan berupa tidak menutupnya saluran tempat turunnya buah pelir atau di sebut testis.sering hanya di perlukan operasi membuang kantong saja. Jadi operasi pada anak dengan rongga yang kecil tidak perlu di lakukan pemasangan alat mesh.

Operasi memperkuat dinding belakang ini macam-macam bentuknya , namun yang paling sering dilakukan adalah dengan menjahit bagian-bagian yang kuat di dinding perut belakang di bawah fascia dengan benang yang tidak di serap dan ukuran yang cukup besar .Ini adalah teori yang sudah berlaku cukup lama. Namun sering menimbulkan rasa nyeri yang hebat karena harus menjahin dan menyimbpul dengan kuat. terkadang bagian yang di jahit tersebut dapat robek jika penempatan tidak benar atau jaringan tersebut telah rapuh sesuai pertambahan usia.Biasanya untuk menambah kekuatan dinding belakang di atas bagian yang lemah tersebut mesti ditambahkan alat mesh ini.

Bentuk alat mesh yang beerongga-rongga ini tentunya butuh waktu untuk menjadi sangat kuat yaitu kira-kira dua sampai tiga bulan jika rongga-rongganya telah terisi oleh jaringan penyembuhan.Banyak orang beranggapan bahwa selesai operasi alat ini langsung berfungsi baik itu jelas tidak benar , maka untuk mempertahankan kekuatan pada tahap awal penjahitan pada dinding belakang masih perlu dilakukan namun harus tidak tegang atau tension sehingga tidak nyeri.Dan penderita di minta tidak beraktifitas berat untuk beberapa waktu.Sampai 2-3 bulan kekuatan alat mesh sudah cukup terbentuk.

Jadi hernia yang kembali muncul umumnya terjadi sebelum kekuatan alat mesh terbentuk baik penderita telah beraktifitas berat atau tekhnik operasi yang kurang baik.

Pemasangan alat ini tentunya telah melalui uji klinis yang panjang , dan sangat jarang menimbulkan allergy. Original alat ini di perkenalkan dengan nama dagang prolen mesh oleh perusahaan johnson and johnson.dan sekarang telah banyak perusahan nasional atau internasional yang memroduksi dan menjualnya. Murah tentu menggambarkan kwalitas meshnya namun hingga kini saya masih yakin dengan original produknya.

mesh berfungsi sebagai penambah kekuatan dinding belakang pada operasi hernia yang besar , pada saat operasi di ada penambahan alat yang dilakukan , waktu yang lebih panjang dan hasil operasi yang lebih kuat tentunya . Jadi terminology dalam membuat laporan tentunya harus di tambahkan herniorraphy dengan pemasangan mesh.Inti dari operasinya adalah herniorraphy sedangkan mesh adalah pilihan lebih baik yang mesti di ketahui oleh pasien untuk bisa di putuskan oleh pasien.

Ada beberapa kasus  hernia scrotalis yang sangan besar yang pernah kami lakukan dengan pemasangan mesh mudah-mudahan hingga kini masih dapat bertahan dalam keadaan baik.dimana saat operasi hampir sebagian besar isi rongga perut telah berpindah ke kantong hernia di scrotum kanan yang amat besar..



Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , kapan operasi hernia mesti di pasang mesh , pasang mesh pada operasi hernia berapa lama boleh berkerja , apakah operasi hernia pada anak perlu pakai mesh , setelah operasi hernia kapan bisa hamil ? , gimana jika hernia kembali muncul setelah operasi.
 

Note : Bagi pembaca semua yg ingin memberikan komentar atau bertanya silakan melalui link dibawah ini  ya karena komentar pada postingan ini telah penuh sehingga tidak dapat di publish .kenali-jenis-jenis-hernia-yang-anda idap . tks

254 komentar:

  1. saya pernah menjadi perawat di IKO dok, dan pernah ikut OP Hernia tp blm pernah px dewasa yg dioperasi dilakukan herniorraphy, apakah pemasangan mess tersebut tergantung besar kecilnya hernia?

    BalasHapus
  2. salam kemal ya sri... hernia yg kecil , usia anak atau muda tidak perlu di pasang mesh prolen. Tapi pada hernia yang besar dan orang tua yang ototnya sudah kendor sebaiknya di pasang mesh.
    Herniorraphy adalah gabuang herniotomi ( membuang kantong) dan hernioplasty ( memperkuat dinding belakang ). Pada anak-anak sering hanya dilakukan herniotomy sebab lobang nya kecil sekali. Sementara pada orang tua laki-laki sering hernia sampai ke scrotum dengan defek lobang yang sangat besar ..dmikian tks ya .

    BalasHapus
  3. Dok..
    Saya remaja SMP kelas 3.. Saya operasi hernia dan sudah di pasang mesh.. Berapa lama mesh akan kuat pada usia remaja seperti saya ?apakah sama seperti orang pada umumnya ? 2-3 bulan juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya rifyal , operasi hernia dengan pemasangan mesh pada usia muda dapat saja di lakukan jika defek atau lobang hernianya besar.Jika dipasang mesh kekuatan maksimal dapat di capai setelah 3 bulan karena jaringan penyembuhan akan mengisi rongga-rongga pada mesh sehingga meshnya terpegang kuat.Ini adalah upaya tambahan agar dinding belakng perut yg telah lemah makin bertambah kuat. Hernia pada anak dan remaja umumnya adalah hernia bawaan dari lahir.yang jika tidak di operasi akan semakin membesar rongganya.Pada rifyal apakah hernianya sudah ada dari lahir atau didapat akibat kerja berat ? tks

      Hapus
  4. Dok, sudah 3 hari setelah habis operasi hernia saya sudah bisa pulang ke rmh..yang saya ingin tanyakan mengapa setelah pasca operasi daerah kantong kemih saya disebelah kiri tmpt kmrin hernia saya sudah dioperasi, sedikit membesar (tetapi tidak turun biji zakar) ketimbang disebelah kanan.

    Apakah itu normal dok?

    BalasHapus
  5. salam kenal ya ..memang terkadang bisa di jumpai beberapa hari setelah operasi hernia di jumpai scrotum atau buah pelir membesar bisa akibat inflamasi , bisa juga tumpukan cairan sisa pencucian atau tumpukan sisa darah . semua itu akan mengecil dan kembali di serap setelah situasi tenang . biasanya paling lama yang pernah saya operasi kadang sampai 1 bulan maks . jika bengkak tsb memerah dan nyeri maka kemungkinan terjadi infeksi terapi anti biotiknya sedapat mungkin tentu lebih lama dan nanah yg ada mesti di keluarkan.jika bengkak melebar ke atas dan ke bawah perut sebaiknya konsultasikan ke dokter yg melakukan operasi apakah ada perdarahan yg masih aktif. tks ya.

    BalasHapus
  6. Dok saya berumur 37 tahun dan 9 hari yg lalu saya dioperasi hernia. Pertanyaan saya kapan saya bisa melakukan hubungan suami istri kembali.

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya bapak , terima kasih atas pertanyaan nya , setiap operasi hernia pada lipat paha secara normal atau standar tidak ada berpengaruh pada ereksi dan ejakulasi pada kelamin pria . jadi secara anatomi hubungan suami istri tidak ada terganggu karena operasi jika sebelumnya memang tidak ada kelainan.tentang waktu tentunya berbeda masing-masing orang , misalnya jika ada infeksi tentu penyembuhan jadi lebih lama jadi waktu yg tepat sekali tidak ada , namun sebagai patokan saja jika nyeri telah berkurang , tidak ada infeksi dan sudah dapat beraktifitas ringan sampai sedang tentu aktifitas suami istri telah dapat dilakukan dengan soft dan relaks tentunya. kira-kira untuk waktu dengan penyembuhan normal diatas 3 minggu .tks

      Hapus
  7. dok...2 hari yang lalu ayah saya di operasi usus turun....dan semenjak itu dia mngeluh soal nyeri di bagian belakang tubuhnya dan memang kelihatan bengkak...apa itu wajar dok??????

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mbak yuphie .. setelah operasi hernia atau usus turun sekarang bengkak di bagian belakang ? maksudnya pada punggung belakang setentang tulang pinggang ya ? Operasi hernia kerap dilakukan dengan pembiusan setengah badan dengan cara melakukan suntikan pada bagiang tengah tulang belakang setentang dengan pinggang dan obat biusnya di masukkan kedalam cairan tulang belakang yang nota bene juga merupakan terusan dari cairan syaraf dari kepala.Jika benar pembuisan seperti itu maka bisa di jumpai keluhan nyeri pada tulang belakang sampai 3 minggu atau lebih , bahkan rasa sakit pada kepala dan rasa tegang pada leher.

      Namun tidak perlu takut karena rasa sakit tersebut akan semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu.Namun jika nyeri masih berlanjut coba konsultasikan kembali ke dokternya,tq

      Hapus
    2. Untuk tambahan mbak yuphie dapat membaca tulisan saya tentang 5 efek bius separo badan atau spinal anestesi di alamat ini http://blokdokterramzispb.blogspot.com/2013/01/5-keluhan-pasien-post-operasi-dengan.html tq

      Hapus
  8. Selamat malam menjelang pagi dok..
    Umur saya sekarng 21thn telah menjalani operasi hernia 1 tahun yg lalu.
    Seminggu yg lalu saya brkerja seharian sampai malam berdiri trs d laborat badan terasa sangat capek skali dan terasa sakit d bekas operasi hernia tsb. Dan malam nya saya trs istirahat dan pagi mulai braktivitas kembali, ttp ada yg aneh, yg saya rasakan kok d bekas op hernia saya keluar benjolan kecil seperti hernia sblm d operasi ttp kecil. Dan kalo d urut pun hilang tp bbrpa jam kmdian muncul lagi sampai skrg dok..
    Yg saya mau tanyakan, apa kemungkinan operasi hernia pemasangan mesh saya gagal?
    Dan apa yg harus saya lakukan skrg dok?
    Thank's
    Salam kenal,
    Deny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenas mas deny dan selamat pagi ,..mesh untuk hernia sudah cukup kuat dalam waktu satu tahun tsb.Pemasangan mesh merupakan salah satu upaya tambahan yang di lakukan untuk memperkuat defek atau rongga yang lemah tersebut.selain tindakan lain sepeti menjahit dan merapatkan otot belakang dengan benang sutera yang ukuran lebih besar dan memperketat fascia dengan berbagai tehnik operasi.

      Jika muncul kembali benjolan yang terjadi akibat kerja yang lebih berat itu bisa saja terjadi terutama jika benjolan itu hilang timbul yaitu hilang jika berbaring dan muncul jika berdiri atau beraktifitas. jadi bisa saja tekanan itu akan mencari dan membuka defek baru dari tempat yang lebih lemah. jadi bukan pemasangan meshnya yang gagal namun ada bagian bagian lemah lain yang tidak tertutup oleh mesh tsb.

      jika benjolan kecil dan menyempil akan berpotensi menyebabkan usus terjepit sebaiknya dilakukan operasi ulang untuk memperbaiki.Jika agak lebar dan tidak begitu tinggi atau luas dan landai potensi jepitan akan lebih kecil namun akan harus di jaga dengan menghindari aktifitas berat dan menggunakan pakaian atau celana hernia. tq

      Hapus
  9. Sore dokter,
    Saya baru sekitar 1 bln operasi hernia. Kata dokter yang operasi saya tidak ada yg dipotong ususnya.krena lokasi ditengah.

    Yang saya tanyakan, kenapa Hari ini saya mengalami masalah sperti kejadian yg lalu. dibagian perut bawah terasa pegal dan buah zakar sebelah kiri agak turun. Pdhl saya tdk melakukan aktivitas yg berat.

    Apakah posisi duduk mempengaruhi hernia kambuh lagi? Pdhl Hari ini saya libur bekerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas , operasi hernia yang tidak terjepit biasanya tidak perlu memotong usus.Operasi hernia yang terjepit nah itu biasanya sering mengakibatkan usus tidak mendapatkan aliran darah dan mengalami mati jaringan karena tidak mendapat darah maka usus akan menghitam dan membusuk ini terjadi pada luka jepitan yang lama kadang ditunda untuk di bawa kerumah sakit.Kondisi seperti ini operasi hernianya adalah operasi emergensi dan resiko operasi jelas lebih besar karena sebagian usus sering mesti di potong.

      oh ya apa benjolan pada buah pelirnya masih besar ? rasa pegal pada perut bawah bisa masih terasa sering timbul akibat jahitan pada dinding belakang perut yang agak kuat namun tidak perlu khawatir karena kondisi ini akan bisa di tolerir tubuh seiring dengan perjalan waktu.

      Buah pelir yang agak turun di bandingkan dengan yang kanan bisa saja terjadi yg penting hernianya tidak timbul lagi.Terkadang setelah operasi buah pelir yang dioperasi lebih tinggi itu bisa saja terjadi tarikan waktu menjahit penggantung buah pelir tsb karena kantong buah pelir itu sering berjalan di dalam penggantung buah pelir.

      Posisi duduk relaks sangat kecil pengaruhnya untuk timbulnya hernia kempali. Hernia bisa timbul karena tekanan yang kuat didalam rongga perut seperti batuk , mengedan dan mengangkat beban berat . tq

      Hapus
  10. Malam Dok,

    Kira-kira berapa ya biaya total operasi hernia, termasuk biaya operasi, obat-obatan, kamar (kelas III aja) , dll.
    untuk kondisi awal udah muncul tonjolah besar di sekitar kantong scrotum dan rasa nyeri, sudak sekitar 2 tahun ini.

    Mohon infonya dok

    Terima kasih

    Eka Surya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas eka , operasi hernia sering di kategorikan operasi sedang sampai besar . besaran tarif sangat bervariasi rumah sakit pemerintah ada tarif perdanya dan tidak sama tiap-tiap rumah sakit.Rumah sakit swasta juga begitu tidak ada tarif yang seragam. Itupun tergantung pilihan ruangan dan kelasnya.Untuk kelas tiga biasanya adalah untuk pemegang kartu jamkesmas atau jamkesda. Umum biasanya kelas II keatas dan askes sesuai golongannya.Jika bolah tahu mas eka berdomisili di daerah mana ya ? agar biaya lebih ringan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokternya sebelum operasi dan jika perlu mohon untuk memakai obat generik saja.Pengalaman saya operasi hernia sederhana tanpa komplikasi paling lama rawat inap untuk 4 hari saja,selanjutnya bisa pulang berobat jalan.tks

      Hapus
    2. Di Kota Banjarmasin dok, Kalsel.

      Rencana memakai yang Umum aja dok, makanya pengen tau kira-kira berapa biaya yang dikeluarkan, sampai sekarang masih belum pernah konsultasi ke dokter.
      Oya yang sakit ini keluarga saya dok, kami keluarga pengen bantu beliau, namun beliau ini tidak mau ke dokter karena memang kurang mampu dan juga tidak mau. tapi tambah lama beliau sepertinya tambah sering merasa nyeri2.
      Kalau pengalaman di rumah sakit dokter berapa ya kira-kira biaya yang dikeluarkan kalau operasi sedang/ berat dengan kamar kelas II plus obat2annya ?

      Tks dok.


      Hapus
    3. bagi kami di pekanbaru riau operasi hernia simple tampa pemasangan alat mesh dengan masa rawat 3-4 hari di kelasII biasanya berkisar 7-8 juta di rumah sakit swasta.Jika di rumah sakit daerah biasanya lebih murah dan obat yang dipakai diminta yg generik saja.

      Sebelum operasi sebaiknya di tanyakan dulu biayanya , supaya tidak melenceng dari perkiraan dan jenis operasinya.itu di bolehkan kok tq

      Hapus
  11. Pagi dokter,

    Ketika buah pelir saya Turun biasanya diiringi dengan legal dan sdkit tidak nyaman ktika duduk atw berjalan.
    Ketika dibawa Tidur , normal kembali.

    Saya pernah Nonton dibioskop, Pada saat itu, buah pelir saya Turun dan bagian bawah perut trasa pegal. Apa itu pengaruh posisi dan celana jeans saya yg ketat.

    Bagaimana Cara mengecek hernia saya timbul atw tidaknya? Di lipatan paha atau pusar tidak ada tonjolan.
    Yg saya tau hernia itu ketika buah pelir Turun sebelah, dan mengalami pegal pegal didaerah perut. Dan saat kt tdr, hilang kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tq mas , and selamat sore saya baru sempat balas sekarang , kebetulan saya lagi ada di balikpapan dalam acara kongres ahli bedah se indonesia.Baik hernia inguinal merupakan suatu benjolan pada lipat paha yng bisa sampai ke buah pelir . Benjolan tersebut bisa timbul kalau beraktifitas dan hilang jika tidur atau berbaring. Lalu bagaimana jika tidak ada benjolan ? kalau tidak ada benjolan tentu kecil kemungkinan suatu hernia atau hernia yang sudah di operasi kembali.

      jadi kalau dia nyeri saja bisa saja terjadi sewaktu berdiri karena buah pelir tergantung dan tertarik oleh gaya berat bumi.

      Pakaian yg terlalu ketat bisa juga membuat pergal dan nyeri , untuk sementara hindari pakaian yang terlalu ketat..tks

      Hapus
  12. Terima kasih atas penjelasannya dok,
    Saya ingin check ke dokter yang operasi saya kemarin.

    Yang menjadi kebingungan saya adalah, rasa nyeri dan turunnya buah pelir disebelah kiri sering terjadi ketika saya sedang bersama kekasih. Selain dari itu, tidak pernah terjadi saat bekerja atau berolahraga(futsal).
    Saat di USG sblum operasi, dokter spesialis USG blg ada gejala hernia dan verikokel.
    Namun saat hasilnya dibawa ke dokter bedah, dia blg hny hernia saja. Hernia saya katanya sewaktu Habis operasi letaknya di tengah.

    Yang saya tanyakan apakah ada erat kaitannya dng hormon atau nafsu? Saat bekerja Capek atau olahraga tdk pernah nyeri atau Turun. Knp Srg sekali Pada saat saya Sdg berduaan pacaran dng pacar saya. Pdhl hny duduk saja. Tdk melakukan aktivitas berat.

    Sebagai informasi, kata org tua saya, dahulu ayah saya dan pakde saya pernah jg mengalami kondisi tsb saat Sdg brpacaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hernia ditengah atau di sebut hernia medialis , hernia yg tidak melewati saluran , sehingga hernia seperti ini jarang yg sampai kebuah pelir .

      kalau hub hernia dengan hormon dan dan nafsu jelas tidak ada hub sama sekali.Apalagi telah dinyatakan sebelumnya saat olah raga dan kerja berat malah tidak nyeri. sementara hernia dan varicocele justru nyeri saat beraktifitas berat.tq

      Hapus
  13. Aslkm dok,salam kenel,saya rendi dari medan:
    Anak saya berumur 2th3bln;suda 1th menggalami hernia,d saat irfan terlalu aktif kantong kemih nya membesar,d saat irfan tdk terlalu aktf hernia(kantg kemih) nya normal dok,bisa d katakan normal,apakah harus d operasi dok?tlg jwbnya dok,wslm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass wr wb , salam kenal juga mas rendy . 5 berdasarkan keterangan dari mas rendi kesannya suatu hernia , jadi benjolannya sampai ke buah pelir anak . Cuma saya kurang jelas di sebelah kiri atau kanan atau dua - dua sisinya ?. Hernia pada anak umumnya adalah bawaan dari lahir di mana testis anak sewaktu dalam pertumbuhan berada di rongga perut dan saat usia janin di atas 35 mgg , testis tersebut akan turun ke tempatnya di daerah buah pelir. Normal jalan tersebut akan menutup , namun pada anak tertentu jalan ini tidak menutup.

      Penanganan konservatif atau disebut tidak di operasi masih ada tempat sampai usia di 1 tahun.jika telah lebih dari satu tahun sebaiknya di lakukan operasi saja , karena berdasarkan literatur dan pengalaman jarang menutup sendiri.

      Malah kalau tidak di operasi bisa timbul resiko usus yang turun akan terjepit dan harus di operasi segera ( emergency ) sebab jika tidak bisa masuk lagi akan membahayakan si irfan nantinya.

      demikian tq

      Hapus
  14. Ass , Dok.. orang tua 70 th saya telah mengalami operasi, setelah operasi kenapa pelir nya masih juga besar seperti belum dioperasi,, kata dokter operasi sudah dilakukan dengan mengangkat usus kecil dan besar,, serta ada pembengkakkan pada usus buntu,, dokter juga sudang angkat usus buntunya.. tetapi tetap masih besar ya,,? seperti sebelum operasi... tolong penjelasannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass wr wb . salam kenal ya. Oya saya masih kurang jelas apa operasinya hernia ? dan sudah berapa lama operasinya ?.biasanya sesaat setelah operasi bisa saja pembesaran masih ada karena tumpukan sisa cucian dan darah . Atau mungkin hernianya reccurent atau kembali karena berbagai sebab seperti mengedan , batuk atau mengangkat benda2 yang agak berat.

      Menganalisa cerita anda , sepertinya operasinya adalah darurat karena hernia yang kejepit dan mesti dilakukan pemotongan usus baik kecil dan besar dan juga di buang usus buntunya.Jadi operasi hernia yang dilakukan pemotongan usus biasanya hernia dengan usus yang telah lama kejepit dan mengalami kematian jaringan sehingga tidak bisa di pertahankan lagi dan mesti di buang dan jaringan yang masih sehat di sambungkan kembali.

      biasanya pasien telah mengalami sakit hebat cukup lama disertai muntah dan perut kembung . Buang angin dan buang air besar sudah beberapa hari tidak ada.tq

      Hapus
  15. ass dok,beberapa hari yang lalu anak saya telah melakuakan operasi hernia usianya baru 16 bulan...setelah sampai rumah berhubung masih kecil jadi belum bisa diatur dan tinggkahnya langsung aktif seperti sebelum operasi (kalau dilihat anaknya seperti tidak merasakan sakit sama sekali)saya kan tidak tau apa yang dia rasakan karena dia belum bisa mengeluh..saya sebagai orang tua tentunya khawatir kalau2 jahitanya rusak lagi.yang mau saya tanyakan hal2 apa yang harus dilakukan dan dihindari setelah anak melakukan operasi?ada ngak batasan2 gerak atau makanan2 yang harus dihindari... tolong dok penjelasan yang sejelas jelasnya..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass wr wb dan salam kenal ya . hernia pada anak biasanya berbeda dengan hernia pada orang dewasa atau orang tua.dimana pada anak merupakan kelainan bawaan yang terjadi karena jalan turunnya testis atau buah pelir saat kehamilan mature didalam rahim yang tidak menutup sempurna. sehingga jalan tersebut masih tetap ada atau persisten . Sedang hernia pada orang dewasa atau usia tua adalah didapat atau aquired bisa akibat kerja berat , mengedan kuat . batuk kronis , atau prostat yang membesar sehingga bak harus mengedan kuat.dan pada orang tua terjadi karena otot bagian belakang telah menjadi kendor.

      Tindakan operasi pada anak dan bayi juga berbeda dengan operasi pada dewasa dan orang tua. Pada anak operasi hernia yang sering di lakukan adalah hanya herniotomy yaitu membuang kantong dan mengikatnya se tinggi atau seproximal mungkin.sangat jarang dilakukan tindakan herniorraphy yaitu upaya memperkuat dinding belakang dengan menjahit otot dan fascia belakang atau memasang alat mesh.Kecuali defek yang terjadi sudah sangat besar.

      Sedang pada orang dewasa dan tua telah terjadi kantong yang sampai ke buah pelir.dengan defek yang lebar dan otot yang sudah mulai kendor sehingga harus kita lakukan meminimalisir dan membuang kantong hernia dan memperkuat dinding belakang dengan jahitan bassini menggunakan benang yang cukup besar.atau dengan memasang alat mesh.demikian.

      Setelah operasi sebenarnya tidak ada masalah dengan jahitan bekas operasi karena jahitan operasi itu ada beberapa lapis . jadi tidak perlu dikhawatirkan.kalau anak bergerak aktif tentu berarti dia tidak ada merasakan nyeri dan lainnya.yang perlu dajaga luka jangan sampai basah dan infeksi.

      meskipun begitu yang perlu di jaga tentu anak jangan di biarkan menangis lama karena akan me naikkan tek di dalam rongga perut.sehingga anak yang menangis harus segera di gendong atau di diamkan dengan berbagai cara tentunya. Jangan sampai sulit bab dengan memberi banyak minum sehingga bab anak tidak keras dan tentunya bab lancar dan tidak mesti di edankan.tq wass

      Hapus
  16. selamat siang dokter, saya cowok umur 19 tahun, saya telah melakukan operasi laparoscopy dengan menggunakan mesh. setelah 1 bulan operasi hernia apakah diperbolehkan naik motor?
    atau kalau saya di bonceng naik motor apakah diperbolehkan?
    apa tidak akan berpengaruh terhadap operasi saya dok ... ?
    terimakasih dok ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..operasi laparoskopic untuk hernia adalah cara operasi yang dilakukan dengan alat laparoskopi dengan sayatan kulit minimal. Pada kasus ini alat mesh di pasang dari dalam rongga perut Saya pribadi belum pernah melakukan operasi hernia dengan alat laparoscopy.Dan belum ada penelitian yang menyatakan bahwa operasi hernia dengan laparoscopi lebih baik dari operasi standar yang biasa di lakukan . hanya faktor kosmetik mungkin lebih baik.

      Operasi laparoskopy yang biasa kami lakukan masih untuk appendik dan batu empedu ( merupakan gold standarnya laparoskopi). Sebagaimana yang kami sampaikan bahwa kekuatan mesh terletak pada rongga- rongganya itu di saat jaringan penyembuhan telah mengisi rongga -rongga mesh tersebut maka kekuatannya sudah cukup baik Biasanya kekuatan mesh tsb maksimal setelah 2 bulan.

      Jadi aktifitas yang ringan bisa saja dilakukan hanya aktifitas yang cukup berat sebaiknya setelah 2 bulan.untuk bersepeda motor jarak dekat di dalam kota dengan jalan yang rata tentu boleh saja namun jika jauh , jalan yang jelek sebaiknya di hindari dulu. tks

      Hapus
  17. Selamat pagi dan salam kenal buat sms dari adinda di padang tentang pertanyaannya mengenai hernia apakah bisa mengenai kedua lipat paha ? . memang benar hernia dapat terjadi pada kedua lipat paha atau sering di sebut dengan hernia pantalon. kami pernah menemui kasus yang seperti ini beberapa kali .memang kejadian hernia pantalon jarang . dan penanganannya sama saja dengan hernia biasa hanya 2 buah insisinya.Pada hernia pantalon sebaiknya dicari penyebab terjadinya karena hernia pantalon sering timbul akibat tekanan di dalam rongga abdomen yang terlalu kuat.

    Seperti telah di jelaskan tadi hernia adalah benjolan melalui rongga yang lemah dimana benjolan akan hilang jika berbaring dan muncul jika beraktifitas.Hernia yang tidak dapat masuk atau mengecil dan menimbulkan gejala nyeri berarti telah terjadi jepitan pada bagian organ perut seperti usus yg kerap disertai muntah2 dan sulit buang angin maka hernia seperti ini menjadi emergensi dan mesti dalakukan operasi segera . sebaiknya segera di periksakan ke dokter bedah untuk memastikan diagnosa nya. operasi hernia bisa menggunakan kartu askes dan yg lainnya.tq

    BalasHapus
  18. Selamat malam dok,,,
    saya ibu yang anaknya mengalami hernia...
    saat ini anak laki-laki saya berusia 1 tahun 7 bulan berat 8 kg. ia mengalami hernia sejak lahir (saya menyadarinya setelah usianya 1 minggu). awalnya hernianya terletak di pusar dan skrotum sebelah kiri. hernia di pusar sdh menghilang, akan tetapi hernia di skrotum sebelah kiri masih ada, bahkan melebar ke skrotum sebelah kanan. Saat kondisi baik, kedua skrotum anak saya berukuran normal, akan tetapi jika menangis kencang dan mengedan, kedua skrotumnya membesar. apakah melebarnya ke sebelah kanan ini sangat berbahaya? sebenarnya saya sudah berencana membawanya untuk operasi, namun karena alasan dana, sampai saat ini saya belum membawanya. Alhamdulillah saat ini dana tersebut sdh ada, akan tetapi saya masih merasa takut. Saya pernah mendengar (dr ibu-ibu lain yang anaknya pernah operasi hernia) bahwa dengan kondisi anak saya seperti ini (hernia melebar ke sebelah kanan) maka kesempatannya menjadi 50-50 ? apakah benar demikian dok. Jika dilakukan operasi, pembiusan seperti apa yang dilakukan dok (lokal atau total)? apakah ada dampak yang mungkin timbul akibat anesthesi untuk anak berusia di bawah 2 tahun?
    mohon penjelasannya dok.... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya ibu ...hernia pada anak satu tahun kebawah masih ada tempat sembuh sendiri seperti hernia pada pusat tentunya sangat dijaga agar anak tidak mengedan dan menagis kuat.Jika umur anak sudah lebih dua tahun dan hernia cenderung bertambah besar maka pilihan terbaik adalah operasi herniotomy.

      Mengenai hernia meski membesar biasanya tetap pada satu sisi dan jika ada di sebelah kanan maka itu adalah pada sisi yang lain dan jalannya juga dari sebelah kanan jadi bukan yg kiri yang melebar kekanan.

      operasi hernia pada anak adalah operasi yang sering dilakukan kalau ibu ingin lebih yakin bawalah ke ahli bedah atau ahli bedah anak. pembiusan pada anak dilakukan bius umum dengan jalan di sungkup.dampak pembiusan pada saat ini sangat minimal seiring dengan kemajuan tehnik anestesi.jadi ibu tidak perlu khawatir tq

      Hapus
  19. mlm dok.!
    Saya amir umur 35th.mau tanya.saya habis oprasi hernia bawaan lahir.setelah oprasi masih ada benjolan yang keras.tp 2 bln ini bisa mengecil.yg saya tanyakan benjolan yg keras ini apa bisa hilang total ya dok?dan buah pelir dan saluranya kalau d pegang agak sakit.mohon penjelasannya dok trimakasih.

    BalasHapus
  20. selamat malam dan salam kenal mas amir ... setelah operasi masih ada benjolan yang makin mengecil setelah dua bulan. jika benjolan makin berkurang dan tidak hilang timbul seperti sebelumnya tentunya bukan benjolan hernia yang kembali. Terkadang jahitan pada lapisan kuat biasanya di gunakan benang yang agak besar atau menggunakan alat mesh.maka benjolan akan muncul di dekan sayatan operasi.dan biasanya benang yang besar itu akan di serap sampai maks 2 bulan.Mungkin itu salah satu penyebab lambatnya mengecil benjolan tersebut. dan jika benang tentu akan hilang dengan sendirinya.

    Mengenai buah pelir dan salurannya yang masih sakit , biasanya sudah jauh berkurang nyerinya jika operasi telah 2 bulan. namun jika tarikan otot misalnya pada hernia yang terlalu besar mungkin nyerinya lama baru berkurang..dan perlu adaptasi tubuh..tks.

    BalasHapus
  21. Di bagian perut tepatnya pusar ada benjolan kecil apakah itu termasuk hernia dok..tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas sigit .. benjolan di pusar tidak selalu hernia , namun jika benjolan pada pusan menonjol waktu berdiri dan beraktivitas lalu menghilang saat berbaring atau istirahat dan umumnya bawaan lahir maka besar kemungkinan itu adalah hernia umbilikus . Namun jika dia tetap saja atau bertambah besar bisa juga suatu tumor jinak seperti kista atau lemak yang mengeras dll.tks

      Hapus
  22. sore dok.!saya amir kurang penjelasan.yang di maksud benjolan d sini,menurut dokter bedah saya,benjolan itu katanya bekas kantong hernia yg ikat.dulu tempatnya d atas buah pelir telur yg memanjang.sekarang sejajar dengan penis.yg saya tanya ikatan bekas hernia itu akan hilang total apa kecil untuk selamnya.maaf saya banyak tanya karna dokter saya agak susah d ajak konsul tasi.terimasik

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas amir ...bekas kantong hernia yang di bawah biasanya di buang sedang kantong yang berasal dari rongga perut biasanya di minimalisasi atau di kurangi sedekat mungkin ke dinding perut dan di jahitkan ke otot dinding perut.Jika ini di buat sesuai prosedurnya tentu akan hilang.tks

      Hapus
  23. mlm dok kemungkinan gagal pasca operasi itu berapa persen.....soalnya saya mau operasi sehabis lemabaran nanti tp sy takut mau operasi hernia lipat paha coz denger cerita dr temen2 serem bgt.... sebelumnya terima kasih dokkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi mas jemianto dan salam kenal ya , operasi pada hernia jika dilakukan sesuai standar harusnya tidak gagal . Hanya saja kekuatan dari masing-masing dinding belakang tiap-tiap orang berbeda-beda sesuai dengan usia , besarnya rongga yang telah terbentuk , jenis pekerjaan yg dilakukan selanjutnya. Usia tua tentu kekuatan dinding belakang lebih rendah , begitu juga orang dengan defek atau rongga yang sangat besar tentu resiko kembali lebih besar dan orang yang aktifitas atau pekerjaannya berat akan lebih besar kemungkinan kembali di banding orang dengan aktifitas ringan.

      Jadi jika usia tua , defek yang besar dan pekerja berat sebaiknya di lakukan penambahan alat prolen mesh yang di tempelkan dan di jahitkan di antara otot dan fascia namun kekuatan alat ini baru maksimal setelah 3 bulan operasi.

      Namun perlu di ketahui bahwa operasi sekarang seiring dengan kemajuan tehnologi kedokteran tidak ada yang perlu di takutkan . dengan pembiusan spinal anestesi dimana pasien sadar saat operasi.

      dari pengamatan kami terhadap lebih dari 250 operasi hernia yang telah dilakukan tidak sampai 0,5 % yang rekuren atau kembali. dan dilakukan kembali operasi dengan hasil baik.

      jadi tidak ada yang perlu di khawatirkan dengan operasi hernia mas . selamat operasi dan semoga tidak ada masalah mas jemi.tks

      Hapus
  24. Selamat Pagi Dokter, anak saya umur 1,5th. baru 2 hari dia melakukan operasi hernia, yang saya mau tanyakan efek samping setelah melakukan operasi hernia pada anak? saat ini gejala yang di alami anak saya sering seperti sakit perut sehingga BAB nya cair, apakah untuk lah ini biasa setelah operasi hernia. dan bagai mana untuk luka bekas operasi nya apakah akan ada maslah jika dia sering sakit perut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang mas agus dan salam kenal , hernia pada anak adalah hernia bawaan lahir atau di sebut kongenital . biasanya operasi yang di lakukan pada anak atau bayi adalah herniotomy yaitu membuang kantong hernia dan mengikat sisa kantongnya. biasa pada anak tidak di lakukan memperkuat dinding belakang atau di sebut herniorraphy , kecuali jika hernia defek yang ada sangat besar.

      Tindakan memperkuat dinding belakang ini yang sering menimbulkan rasa nyeri karena untuk menutup defek kita harus menarik otot dengan jahitan.Jadi nyeri kadang masih bertahan sampai lebih dari 2 minggu.

      Jika operasi baru dilakukan 2 hari yl tentu akan masih terasa nyeri pada daerah operasi dan nyeri tersebut akan semakin berkurang . Apalagi sudah mulai Buang air besar , berarti patensi saluran cukup baik...jadi tidak perlu kita terlalu takut atau khawatir.bab cair mungkin karena sewaktu operasi dan beberapa saat setelah operasi penderita berpuasa sehingga intake sedikit.

      Jika post operasi anak tidak buang angin dan tidak Bab , gembung dan muntah - muntah maka ini yg harus di waspadai ..demikian ya tks

      Hapus
  25. terima kasih dok atas jawabannya & sukses selalu...isya Allah Habis lebaran nanti saya mau operasi.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas jemianto ada koreksi salah ketik dari kasus yg kami tangani bukan 0,5 % tapi sekitar 2,5 % atau sekitar 6-7 kasus yang mengalami rekurent . demikian dan selamat operasi . tq

      Hapus
  26. Siang dok,
    Ibu saya (66 tahun) menjalani operasi hernia dan pemasangan mesh awal April lalu.
    Sampai sekarang masih terasa nyeri di bagian kanan perut, katanya terasa kaku dan nyeri sekali.
    Kami sudah kontrol ke dokter bedahnya namun dokternya bilang hasilnya bagus dan tidak ada apa2, itu karena ada mesh di perut yg masih harus menyesuaikan dengan tubuh ibu saya.. Namun ibu saya masih merasakan nyeri pasca operasi. Apakah itu normal? Terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...ibu 68 tahun telah di lakukan operasi hernia hampir 1 ,5 bulan yang lalu dan di pasang mesh.Kondisi luka baik . Namun saya belum tahu pasti apa jenis hernianya ? karena ada hernia inguinal tengah , ada hernia pada pusat , ada hernia di daerah sekitar pusat , ada hernia pada bekas sayatan operasi ( hernia insisional ) , ada hernia pada perut samping dll . hernia yang menggunakan mesh adalah hernia dengan diameter defek yang besar. sehingga mesti di bantu dengan alat mesh.

      Jika defek besar , maka nyeri mungkin masih terasa sampai alat tersebut terpegang erat oleh jaringan fibrotik.Jika tidak ada infeksi dan tidak demam tidak perlu terlalu khawatir. Namun perlu di ketahui bahwa mesh akan kuat maksimal diatas 3 bulan sesuai dengan kematangan dari jaringan fibrotik yang normal. Agar mesh tersebut tetap terletak pada posisi yang baik dan mencapai kekuatan yang maksimal , sebaiknya dalam waktu tersebut ( 3 bln ) itu untuk tidak melakukan aktifitas yang berat seperti mengangkat beban , mengedan yang terlalu kuat atau batuk yang kuat. demikian ya tks.

      Hapus
  27. Selamat siang dr. Ramzi..
    Bayi saya lahir prematur di usia kehamilan 33mgg. Saat usianya 2 bln 2 mgg, terdeteksi ada hernia di lipatan paha. Awalnya hanya ada benjolan diatas, tp sekarang sdh turun ke kantung buah pelir (jika menangis/ mengedan), tapi kalau kondisi tenang terlihat normal (tidak ada benjolan). Sekarang usianya sdh 5 bln.
    Pada awal terdeteksi, kami sdh berkonsultasi ke dokter anak & dokter bedah anak. Dokternya bilang harus dioperasi. Tp sy tidak tega jika dioperasi, krn waktu itu beratnya belum ada 3kg. Sekarang beratnya sdh hampir 5 kg. Dan sy mulai memantapkan diri utk dioperasi.
    Yg ingin sy tanyakan:
    * Apakah tidak apa-apa bayi sekecil ini dioperasi?
    * Apa ada efek samping setelah nanti dioperasi (efek operasi & efek bius totalnya)?
    * Brp cm luka sayatannya?
    * Apakah rasa sakit pasca operasi akan terasa sekali? (sy khawatir dia kesakitan)
    * Tindakan operasinya nanti seperti apa? (bisa tolong dijelaskan detail)
    * Perawatan sebelum/ sesudah operasi brp hari?
    * Apa ada obat2an yg diminum?
    * Brp lama (brp jam) operasinya?
    * Apabila operasinya ditunda (tungu nanti dia berusia 1 thn/ lebih), bolehkah dokter?
    Terima kasih banyak dokter, atas waktu dan perhatiannya. Kami doakan dokter & keluarga sehat & bahagia selalu. Aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ..terima kasih sebelumnya atas pernyaan mbak puji yang cukup banyak saya jadi teringat saat ujian dulu...hehehe bercanda.Baik hernia pada anak terjadi kelainan penutupan jalan turunnya testis yang tidak sempurna saat didalam rahim . Namun hernia tidak ada hubungannya dengan bayi yang lahir prematur.

      1. operasi saat ini dapat dilakukan pada usia berapa saja , tentu dengan resiko operasi yang berbeda-beda.sebagai gambaran pada pasien yang lahir tidak ada anus operasi akan dilakukan segera dalam hitungan hari , namun itu adalah tindakan yang emergensi dan tidak mungkin di tunda.

      2. jika operasi dan pembiusan sesuai standar tentu tidak efek setelah operasi.

      3. besarnya sayatan itu sangat tergantung ahli bedahnya , kesulitan operasi dll.pada anak-anak 1 thn untuk operasi konvensional kira-kira 2-3 cm.Namun ada juga operasi hernia dengan tehnik laparoskopi yaitu dengan bantuan alat laparoskopi , itu tentu sayatannya lebih kecil.

      4. sakit setelah operasi tentu akan masih terasa sampai berberapa hari namun ada banyak pilihan obat yang akan di berikan untuk pasien anak seperti obat injeksi dari infus , obat tetes pengurang sakit , atau obat pengurang nyeri dari anus berbentuk peluru.

      5. Tindakan operasi pada anak sering adalah membuang kantong saja atau di sebut herniotomi dan tidak memperkuat dinding belakang , kecuali jika defek atau bagian lemah terlalu besar.

      6. Jika operasi berjalan baik dan tidak ada infeksi tentu 3-4 hari kondisi bayi sudah baik.tinggal perawatan luka .

      7. obat tetes dari mulut akan di berikan setelah lepas infus sekitar 3 hari setelah operasi jika tidak ada masalah lain.

      8. operasi biasanya berlangsung sekitar setengah sampai 1 jam jika tidak ada kendala dalam operasi.

      9. hernia pada bayi jika kecil defeknya masih ada ahli bedah yang berpendapat dapat menutup sendiri sampai usia 1 tahun , namun tentu tekanan dalam perutnya harus betul-betul dijaga tidak meninggi seperti tidak mengedan saat bab atau buang air kecil.Tidak membiarkan anak menangis kuat , tidak membiarkan anak batuk dll.

      yg di takutkan pada hernia jika tidak di operasi adalah masuknya organ berongga seperti usus ke dalam bagian kantong hernia , dan terjepit sehingga isi perut tidak bisa mengalir ke bawah dan perut akan gembung serta muntah-muntah . maka kondisi seperti ini memerlukan tindakan operasi segera .

      demikian mbak puji semoga ini dapat jadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan terbaik untuk putra tercinta ...tks

      Hapus
  28. selamat mlm dok,saya seorang gadis usia 23thn dan rencana akn segera menikah dlm waktu dekat ini...tp saya mempunyai penyakit hernia dan insyaallah akn segera dioperasi...yg ingin saya tanyakan "apakah setelah operasi dan menikah setelah waktu kurang lebih 8bln saya sudah bileh hamil Dok..??"
    dan kalau blm,hrs menunggu brp lama untuk saya boleh hamil Dok..?? trimakasih Dok sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi mbak dan salam kenal ya ..hernia pada wanita jika di lipat paha sering adalah hernia tengah atau disebut hernia inguinal medial ciri khasnya adalah bentuk tonjolan bulat , sedang hernia pinggir atau di sebut hernia inguinal lateral bentuk kasat mata adalah benjolan yang memanjang .

      Saya tidak dapat informasi mengenai besarnya dan letak hernia tersebut.

      Jika defek hernianya besar maka sebaiknya di pasang alat mesh namun jika kecil dengan defek diameter di bawah 2 cm mungkin tidak perlu di pasang mesh. kekuatan alat yang terpasang minimal 3 bulan sudah cukup baik , namun karena kehamilan trimester III juga membuat dinding perut bawah harus sangat kuat untuk menahan tekanan beban yang berat. Sebaiknya saat kehamilan trimester III tersebut sebaiknya di bantu dengan penahan perut.

      Jadi kehamilan bisa di lakukan sebaiknya setelah 3-6 bulan operasi dan tentunya operasinya sudah tidak bermasalah tks .

      Hapus
  29. letak hernianya di lipat paha sebelah kiri Dok...
    dan jika saya hamil setelah operasi apakah kemungkinan besar hernia akn kambuh karena tekanan dlm perut tsb Dok...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti itu adalah hernia inguinal medial atau hernia tengah , jika menggunakan mesh operasinya akan lebih kuat. dan tentu mensiasati beban saat hamil juga sangat menetukan . misalnya dengan menggunakan penyangga perut jika hamilnya sudah sangat besar. saya sangat berharap jika telah di lakukan dua hal di atas kehamilannya akan berjalan lancar semoga .tks.

      Hapus
  30. sore dok. saya pria berumur 25 thn, 2minggu lalu saya opearsi hernia menggunakan mesh di penang.
    setelah operasi, memang buah zakar sebelah kanan saya bengkak merah kehitaman. kata dokter itu nanti bisa sembuh
    yang mao saya tnyakan dok, sudah 2minggu operasi. saya berjalan juga sudah tidak sakit lg. cuman nya buah zakar saya agak mengecil,tapi agak naik keatas dan bengkak sedikit (sakit bila di tekan)
    saya harap penjelasan dari dokter ya.tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal mas tiong seng ..buah zakar mengecil saya masih kurang jelas apakah berbeda dan mengecil dari sisi yg satu lagi.Jika letak buah yang sedikit lebih tinggi bisa saja terjadi. misalnya karena jahitan yg ketat sehingga tertarik ke atas. namun jika lebih kecil dari sisi yg normal perlu di waspadai dan kontrol yg lebih teliti.

      Bengkak lebih dari 2 mgg bisa saja terjadi setelah operasi apalagi jika ada bagian pembuluh balik yg terpotong. tq

      Hapus
    2. terima kasih dokter Ramzi atas balasan nya.
      mksd saya itu buah zakar sblh kanan saya agak bengkak dan tertarik ke atas. Tapi tidak sampai mengecil dari yg normal nya
      Apakah saya akan mengalami pembengkakan seperti ini seumur hidup?
      note : kalau berjalan tidak sakit, tp jika saya tekan zakar sebelah kanan dgn tangan terasa sakit sedikit

      Hapus
    3. selamat malam mas tiong seng , bagian buah zakar yang membengkak tentu tidak akan selamanya , seiring dengan perjalanan waktu pembengkakan akan berkurang . jadi tidak perlu terlalu di takutkan , apa lagi untuk berjalan dan beraktifitas ringan sudah tidak nyri lagi . Sabar saja mungkin dalam 1 minggu kedepan keadan sudah kembali ke ukuran normal terimakasih.

      Hapus
  31. assalamualaikum dok...
    bru tiga minggu lalu suami saya operasi hernia scrotalis dekstra,,,
    tapi kenapa sekarang suami saya sering merasa perih di sekitar bawah sayatan operasi memang agak sedikit bengkak tapi tidak memerah,,palagi sehabis naik motor lebih berasa perihnya,apa itu wajar dok?atau ad sebab yg lain?
    makasih dok



    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak ..Hernia yang sampai ke scrotum sering suatu hernia dengan defek yang cukup besar sehingga operasi pada kasus seperti ini sering kepada pasien di anjurkan untuk memasang alat mesh yg merupakan alat bebas regangan atau kerap di sebut tensions free. apakah suami operasi di pasang mesh ? Jika tidak biasanya di lakukan teknik penjahitan standar hernia dengan menjahit bagian yang kuat dari dinding perut dengan menang yang tidak di serap dengan nomor besar. Agar defek atau rongga tadi bisa tertutup , sehingga sedikit di tarik ...Kelemahan dengan teknik operasi hernia yg standar ini tentunya agak nyeri dan lama untuktubuh harus beradaptasi terhadap regangan tadi.

      Jadi kalau nyeri masih berasa bisa saja terjadi namun tentu cenderung berkurang.yg perlu di pastikan benjolannya tidak keluar masuk seperti sebelumnya. Jika benjolan tetap saja berarti bukan hernia yang kembali di tunggu saja hingga mengecil.

      Namun perlu di jaga jangan beraktifitas yang berat dulu karena goncangan berkendaraan akan menimbulkan nyeri dan petensi juga untuk membuat jahitan hernia terbuka apalagi jika benang yang di gunakan adalah benang yang ukuran kecil atau benang yang di serap..jadi daging. tks

      Hapus
    2. terimakasih dok atas penjelasannya...
      alhamdulillah suami saya dipasang alat mesh,
      kira" normalnya sampai kapan ya dok...mulai tidak berasa perihny?
      saya agak kuatir...krna saya liat di bekas sayatan operasinya masih bengkak dan kalau dipegang agak keras dok..

      Hapus
    3. selamat malam .. nyeri post operasi lamanya sangat individual dan tergantung dari hasil operasi. Jika ada tarikan jaringan fascia yang terlalu tegang maka nyerinya akan lama terasa karena tubuh mesti beradaptasi. Memang bengkak dan keras dapat di jumpai post operasi karena jaringan yang membentuk iflamasi dan jaringan baru di daerah mesh pada kumpulan saluran sperma. Namun mesti di waspadai jika ada tanda-tanda infeksi seperti merah , luka yg basah dan bernanah. tks

      Hapus
  32. ass Dok.saya seorang gadis mengidap penyakit hernia sejak kecil dan hingga kini usia saya 24thn blm dioperasi.saya tdk tahu seberapa parah hernia yg saya derita.dulu ketika msh balita sempat diurut..tp benjolan hernia tetap ada.sampai sekolah SMA benjolan tetap ada tp tdk pernah terasa sakit..tp setelah skrng saya bekerja dan sering lembur sampai malam,benjolan saya mulai terasa sakit dok...bahkan pernah karna kecapekan pinggang saya terasa sangat nyeri dan susah utk bangun ketika habis berbaring.
    tp saya tdk pernah merasakan gangguan pencernaan,susah BAB ataupun muntah2..
    yg ingin saya tanyakan apakah hernia saya sdh parah dok..???
    terimakasih dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam wr.wb , selamat pagi dan salam kenal ya mbak..dari paparannya kami menduga ini adalah hernia bawaan lahir atau kongenital yang telah terjadi cukup lama . dan pada wanita tersering adalah hernia tengah atau di sebut hernia medial atau sering di sebut juga hernia langsung dengan bentuk benjolan cenderung bulat.Kalau masih keluar masuk disebut hernia reponible.Jika dibiarkan reponible hernia tidak bermasalah kecuali kalau terjepit dan tidak dapat masuk lagi dengan gejala mual , muntah , gembung dan sulit buang angin maka hernia seperti ini harus segera di operasi .

      Hernia yg sering di urut atau di massage jika menimbulkan lecet pada permukaan mukosa maka secara tidak di sadari bisa saja bagian dari usus atau penggangantung usus atau pelindung usus seperti omentum akan menempel dan melengket pada tempat yang di urut jika ini telah terjadi maka akan timbul rasa nyeri dan seperti di tarik tentu keadaan ini kurang nyaman.

      Jika boleh saya anjurkan agar hernianya di operasi untuk menutup defek atau rongga , sebab keadaan ini sudah pasti menimbulkan rasa kurang nyaman untuk kerja yang ringan saja sudah mulai berasa apalagi nantinya jika menikah dan hamil jelas tekanan intra abdomen atau bekerja lain yg lebih berat.

      Sebenarnya hernia yg mbak hadapi adalah hernia standar yg tidak emergensi jadi tidak parah . hanya saja jangan di biarkan sebab jika usus masuk dan terjepit maka operasi jadi emergensi dan sangat beresiko ketimbang operasi terencana yang dilakukan dengan persiapan yg baik ...

      Maaf jika boleh saya tahu dimana mbak berdomisili ? tks ya.

      Hapus
  33. saya berdomisili di surakarta dok.
    benjolannya msh bsa kluar masuk dan menurut saya tdk begitu besar.
    kalau seandainya hernia ini tdk dioperasi apakah akn berdampak sangat buruk pada saat kehamilan dok?
    dan apakah disaat saya hamil rasa nyeri itu akn bertambah parah dan bisa menyebabkan susah berjalan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ...benjolan yang keluar masuk berarti hernia reponible yang tentu tidak terjepit.Hernia yg di takutkan hanya kalau terjepit usus sehingga aliran makanan dan udara terganggu . ini di sebut hernia incarcerata atau hernia strangulata , hernia spt ini harus segera di operasi karena jika tidak di operasi akan mengancam atau membahayakan . dengan tujuan sesegera mungkin melepaskan jepitan tadi.

      Pada saat hamil tekanan di dalam perut akan sangat tinggi , sehingga berpotensi menekan bagian yang lemah , saat itu tentu kemungkinan hernia akan terjepit cukup besar , selain itu desakan yang kuat pada defek akan menimbulkan rasa nyeri . itu saja . Tapi hernia tersebut tentu tidak berpotensi menyebabkan susah berjalan.

      beberapa hari yang lalu juga ada yang bertanya mengenai hub kehamilan dengan hernia nantinya dan penderita berencana untuk operasi...tks

      Hapus
  34. assalamualaikum dok.. saya pria usia 52 tahun,, saya pengidap hernia .. dok untuk pemasangan mesh biaya sampai berapa ya dik ,, saya d jawa timur .. matur nuwun dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikum salam , selamat malam dan salam kenal mas....mesh hernia harganya bervariatif original produk adalah prolen mesh produk dari perusahaan jhonsons and jhonson , sedikit agak mahal. Namun ada juga produk sejenis dari perusahaan yg berbeda. Harganya bervariasi antara rp 500.000 s/d 1.000.000 tergantung besarnya dan jenis produknya. semoga operasinya berjalan lancar dan penyakit hernianya sembuh dengan baik..tks

      Hapus
  35. ass dok..teman saya pernah melakukan operasi hernia dok,setelah 1 thn dia hamil.tp ketika kehamilannya membesar,mulai terasa nyeri di bekas jahitan luar,bkn jahitan dalam dan terpaksa hrs opname lg di rumah sakit.yg ingin saya tanyakan apakah seseorang yg melakukan operasi hernia memang mebutuhkan waktu yg sangat lama untuk bsa bnar2 pulih jahitan luar dan dalamnya dan boleh hamil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..sebenarnya operasi hernia apalagi yang menggunakan prolen mesh akan sudah memiliki kekuatan yang baik setellah 3 bulan dan dapat optimal diatas 6 bulan.Masalahnya adalah sangat tergantung dengan tekhnik operasi , alat tambahan , kejadian infeksi , terjadinya peningkatan tekanan di rongga perut yg belum teratasi dll. Keadaan hamil jelas suatu peningkatan beban yang lebih dari biasanya dan ini adalah sesuatu yang harus di waspadai oleh sang ibu .

      Pada kasus teman diatas saya kurang paham apakah nyeri di sertai dengan keluarnya benjolan kembali atau hanya nyeri saja. kalau kembali ada tonjolan ada kemungkinan jahitan hernianya kembali terbuka . Tapi jika belum ada tonjolan harus di waspadai dan di bantu dengan penyangga perut agar tekanan bisa di kurangi dan jahitan hernia tidak robek ...tks

      Hapus
  36. selamat pagii dok.saya perempuan penderita hernia bawaan sejak lahir.saya pernah melakukan check up darah dan hasilnya HbsAg reaktive.apakah ini ada hubungannya dgn penyakit hernia saya atau memang ada penyakit lain yg saya derita.dan jika itu penyakit lain apakah akn berpengaruh besar saat saya operasi hernia nanti?
    teromakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya.. terdeteksi suatu Hbs Ag (+) menggambarkan adanya suatu infeksi virus di dalam tubuh dan keadaan ini tidak ada berhubungan langsung dengan hernia yang di idap atau sebaliknya. Jadi kelainan ini berdiri sendiri-sendiri. Operasi sendiri sbenarnya bisa di lakukan dan harus di beritahu kepada dokter bedahnya karena harus di antisipasi dan di jaga tks

      Hapus
  37. Selamat siang Dok, usia saya 29. Sudah 6bln ini saya mengidap hernia, letaknya diselakangan paha sblh kanan. Dan sudah turun ke kantong pelir. Tapi bisa keluar masuk ke perut bila posisi berbaring. Yang mau saya tanya apa hernia bisa menimbulkan penyakit yang lain? Karna didada saya sering nyeri. Thanks dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal mas andi ..hernia yang bisa keluar masuk sering di sebut hernia reponible .. yang telah sampai ke scrotum ..kondisi hernia seperti ini tidak darurat ...namun jika terjepit tergantung pada usus mana yg masuk dan terjepit di kanting hernia tersebut.Terkadang karena terlalu besar hampir sebagian besar isi perut pindah ke kantong hernia..hal ini akan menyebabkan regangan dari penggantung usus . sering hal seperti ini menyebabkan rasa nyeri pada tempat penggantung usus menempel..

      Untuk kasus lain hernia tidak menimbulkan penyakit lain..Namun jika hernia telah sampai ke buah pelir akan menyebabkan gangguan dalam beraktifitas sebaiknya di operasi untuk menutup rongga atau defek yang sudah ada jangan menunggu terjepit . tks

      Hapus
  38. Teman saya seorang laki2 pernah diurut dan hernianya sembuh dan tdk pernah kambuh sampai sekarang dok.apa hal tersebut bsa dilakukan pd penderita hernia pd perempuan dok?
    Kalau seandainya bisa,apakah kemungkinan besar hernia yg hny diurut tsb bsa kambuh saat hamil?
    Terimakasih y dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi ..mbak . berdasarkan teori dan pengalaman yang saya jumpai hampir dua puluh tahun , hernia yg bisa menutup adalah hernia pada anak di bawah 1 tahun itupun sangat jarang. Jadi belum pernah saya menjumpai hernia yg sembuh pada orang dewasa di atas 1 tahun.Jadi jika ada yg bisa sembuh dengan di ururt itu pengalaman yg luar biasa. Tapi saya ragu apakah memang betul sakit temen mbak tersebut diagnosanya hernia sebelumnya ? atau benjolan lain yg sering juga di lipat paha seperti pembesaran kel limfe di lipat paha yang bisa hilang sempurna...demikian .

      Jadi coba pastikan dulu karena kalau urut itukan di lakukan oleh tukang urut atau dukun dll sehingga diagnosa yg di sampaikan terkadan berdasarkan sering dengar-dengar saja , demikian mbak. jadi kalau saya belum yakin hal diatas.

      Apalagi jika sedang hamil bulan ke tiga hati2 jangan dilakukan massage di daerah perut sebab membahayakan terhadap janinnya. tks

      Hapus
  39. Selamat sore dok,perkenalkan nama saya Maman usia saya 30 tahun. saya menderita hernia di sebelah kiri sejak dari SD dan karena satu dan lain hal baru pada usia saya yang sekarang saya bisa melakukan operasi hernia.
    Operasi dilakukan pada pada awal bulan ini dan setelah dilakukan operasi dokter bedah memberitahu bahwa yang turun adalah omentum bukan usus sehingga omentum tersebut dipotong dan dikeluarkan. Pasca operasi skrotum masih terlihat besar dan setelah melakukan konsul menurut dokter hal tersebut adalah inflamasi dan wajar sehingga saya diberikan obat antibiotik dan radang saja. Memasuki minggu ke empat ini ukuran skrotumnya memang sudah mengecil dibandingkan dengan yang awal tetapi masih tetap terlihat besar dibandingkan dengan yang disebelah kanan. Apakah hal tersebut normal dok, dan berapa lama bisa kembali ke bentuk yang normal dok?
    pada minggu ke-3 pada bagian perut bawah sebelah kiri terasa nyeri dan kondisi badan saya gampang drop apakah hal tersebut normal karena saya takut terjadi infeksi ?
    Dan mengingat saya hanya diberikan waktu 1 bulan istirahat saja dari kantor maka mulai 2 hari yang lalu saya sudah mulai bekerja dengan transportasi menggunakan motor dengan jarak yang jauh, apakah hal tersebut dapat mempengaruhi jahitannya dok?

    Mohon maaf bila saya banyak bertanya, karena saya bingung bertanya kepada siapa. Terima Kasih Dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas maman .. hernia inguinal kiri bawaan yang sampai ke buah pelir atau scrotum dan telah di operasi 1 bulan yg lalu . Isi kantong hernia bisa usus beasr , usus kecil , penggantung usus dan tidak jarang juga omentum.

      Omentum adalah semacam tirai yang terdiri dari jaringan tipis dan lemak dengan terlihat gambaran pembuluh darah disatu sisi jika di lebarkan ada yang tembus pandang jika kita terawang ke arah cahaya. Omentum atau tirai ini berfungsi sebagai satpam atau securuty di dalam rongga perut . Jadi jika ada kuman , infeksi dan benda asing yang masuk ke rongga perut akan ditutup oleh omentum ini agar tidak menyebar dan tidak mengenai organ perut yang lain.

      Jumlahnya cukup lebar kalau di kembangkan.Jadi pada mas maman jika omentum yang masuk dan karena terjepit dan sering di massage atau di kusuk terkadang mengalami perlengketan , infeksi dan pengerasan , sehingga ahli bedahnya harus membuang sedikit bagian omentum yang telah rusak tersebut dan itu tidak jadi masalah dan kami sendiri juga sering melakukan hal tersebut.

      Lalu setelah satu bulan buah pelir masih besar meski ada pengurangan , memang benar jk hernia sampai ke buah pelir terkadang bengkak dan oedem yang terjadi masih perlu waktu untuk mengecil . Saya belum dapat informasi apakah operasinya di pasang mesh ?. Jika pasang alat mesh kekuatan maksimal setelah 3 bulan. Nyeri saat bergerak dan beraktfitas bisa saja masih terasa , sebaiknya jangan mengendarai motor dulu apalagi cukup jauh dalam 3 bulan ini , sebaiknya menggunakan angkutan umum atau di antar dulu .tks

      Hapus
  40. Terima kasih dok atas jawaban sebelumnya (maman)
    ketika saya lihat perincian dari rumah sakit tidak ada detail/kata yang menyebeutkan mesh, kalo begitu saya berarti tidak dipasang mesh oleh dokter bedahnya dok. apakah hal tersebut wajar dok?
    Kemudian di bekas jahitannya kembali terasa nyeri ketika dari bangun tidur ke posisi duduk ataupun dari posisi duduk ke posisi berdiri. dan ketika saya tekan diatas jahitannya terasa agak nyeri dan ototnya tegang apakah hal tersebut tanda-tanda hernia saya kembali dok?

    Terima Kasih dan mohon maaf jika banyak bertanya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas maman , mesh adalah salah satu upaya tambahan untuk memeprkuat dinding perut bagian belakang , terutama untuk defek atau rongga yg sudah besar dan otot yang sudah kendor ini sering pada usia yg lebih tua miss diatas 50 thn . dan untuk usia dewasa muda dengan aktifitas yg tidak terlalu berat tehnik standar untuk operasi hernia kadang juga memberikan hasil yg cukup baik.

      Hernia jika kembali tanda-tandanya seperti sebelum operasi ada benjolan yang keluar masuk . kalo nyeri dan tegang itu adalah tarikan otot yang perlu adaptasi untuk beberapa waktu , kecuali jika luka masih basah sebaiknya di lakukan perawatan untuk infeksi. demikian terima kasih..

      Hapus
  41. Ass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya mas..terima kasih atas pertanyaannya melalui sms . Maaf saya jawab di blog ya..hernia inguinal yang sampai di scrotum itu adalah operasi yang sering di jumpai . Operasi standar herniorraphy biayanya sangat tergantung pada daerah , rumah sakit dan dokter bedahnya . klas ruangan yang di ambil , menggunakan alat mesh atau tidak dan kesulitan operasinya. Jadi saya tidak bisa memberikan angka pasti mengenai biaya namun sebaiknya sebelum operasi ditanya langsung ke dokter bedahnya.

    Operasi hernia adalah operasi yang sering dilakukan dan umumnya berjalan baik kadang ada kemungkinan komplikasi infeksi dan komplikasi jangka panjang berupa kembalinya herni karena berbagai sebab.

    Waktu operasi biasanya berkisar 1 - 2 jam .

    Hernia yang tidak terjepit tentu tidaklah suatu yg mesti dioperasi darurat . jika terjepit dengan tanda muntah2 dan perut gembuh disertai tidak buang angin maka itu adalah tanda-tanda terjepit dan harus di operasi segera.Namun tentu jangan sampai terjepit baru dioperasi karena resiko operasi yang sperti itu lebih besar dan membahayakan jiwa. demikian terima kasih.

    BalasHapus
  42. Dok, Saya david umur 20 thn. blkangan ini saya baru tahu kalo saya mendapati hernia, dimna usus menurun ke skrotum..
    saya maw nanya dok, sebelumnya saya tidak tahu kapan mendapati hernia..
    1) rata" berapa lama usus yg turun itu terjadi pembusukan ?
    karena rencananya maw operasi di batam tetapi sedangkan saya berada di perguruan tinggi jakarta..
    2) apakah tiap kali operasi bisa dikatakan sukses ?
    3) jika sudah di pasang MEsh. Apakah didepan kelak Mesh bisa mengalami pemjebolan?
    4) rata-rata biaya operasi dikenakan berapa baik melalui open dan laparoscopy? karena masih belum mengabarkan ke ORTU

    Terima kasih,Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal mas david . usus yang turun jika tidak terjepit tidak akan membusuk , jadi jika usus yg turun masih bisa masuk jika dimasukkan atau jika berbaring makan itu berarti tidak terjepit dan tentu tidak akan membusuk.Operasi yang baik tentu harus sukses namun resiko kembali masih ada karena kekuatan jahitan atau alat buatan tentu tidak sekuat buatan tuhan.Mesh adalah suatu upaya tambahan memperkuat bagian yg lemah tapi tentu masih ada kemungkinan kembalinya hernia.Biaya sangat tergantung ahli bedah , ruangan , rumah sakit dll . operasi laparoskopi tentu lebih mahal dari pada operasi open yg biasa . demikian terimakasih.

      Hapus
  43. slamat sore, dokter,
    saya akhmad, mau tanya dok,,,
    apakah seseorang yang menderita penyakit hernia, bisa terkena penyakit prostat prostat akibat hernia yang di derita orang tersebut?
    apabila orang tersebut ternyata bisa kena dua-duanya (hernia &prostat) penanganan apakah yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu,apakah dilakukan operasi hernia dulu ataukah prosta dulu ataukah harus bersama-sama?

    oh ya satu lagi dokter, apabila seseorang terkena hernia apakah bisa menimbulkan penyakit yang lain dalam diri orang tersebut....... terima kasih atas sharing pengetahuaannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas ahmad...orang yang terkena penyakit hernia bisa juga terkena penyakit pembesaran prostat . bisa saling berhubungan karena prostat membesar sehingga berkemih mesti mengedan maka besar kemungkinan muncul hernia dan bisa terjadi sendiri-sendiri.Tentu sebaiknya di tangani pembesaran prostatnya terlebih dahulu , baru setelah itu di lakukan operasi hernianya.Kalau hernia duluan maka kemungkinan hernianya kembali sangat besar karena masih mengedan untuk berkemih.tq

      Hapus
  44. Salam Dokter,,
    Saya mau tanya...anak saya usia 4,5 th terkena hernia ,saya sudah konsultasi kepada dokter bedah dan dianjurkan untuk operasi.Pertanyaan saya seberapa lama anak saya bisa beraktifitas seperti biasanya setelah operasi dan apakah tidak berbahaya operasi di usia tersebut?
    Mohon penjelasanya Pak Dokter...
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas saputro moga anda dalam keadaan sehat selalu ...tentang anak anda usia 4,5 tahun mengalami hernia sering inguinal dan direncanakan operasi . operasi pada anak usia ini adalah dengan pembiusan umum , setiap operasi ada resiko apalagi dengan pembiusan sehingga kita mesti tahu . namun saat ini resiko pembiusan sangat minimal dan operasi hernia pada anak biasanya tidak berlangsung lama dan sering dilakukan. jadi operasi adalah pilihan terbaik yg mesti diambil . sebab jika tidak dioperasi sekarang jika terjadi jepitan maka resiko yang muncul jelas lebih besar...

      Biasanya setelah operasi hari ketiga anak - anak yang di operasi telah dapat beraktifitas kembali jk tdk ada masalah dan komplikasi ..tks

      Hapus
  45. selamat pagi dok, sy hendar 23 th mau tanya :
    1. apakah hernia dapat menyebabkan impotensi?
    2. apakah setelah di lakukan operasi hernia, hernia dapat kambuh lagi suatu saat?

    terima kasih dok, sy minta penjelasan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas hendar ...hernia sangat kecil kemungkinan untuk menimbulkan impotensi , dan operasi hernia bisa saja dapat kambuh kembali setelah operasi. terutama pada orang dengan aktifitas yang berat dll.

      Hapus
  46. sore dok,
    saya mengidap hernia,umur saya 24thn
    benjolan hernia itu baru munjul pada bualn 3 yang lalu,n rasa nyeri nya mulai terasa pada awal bulan 6 ini, nyeri yang saya rasa itu disekitar hernia n ke pinggang sampe keperut, n pinggang saya panas gitu dok n saya cek up n dokter bilang hernia, stelah dokter kasih obat saya jadi panas selama 2hari. yang saya mau tanya dok, apa hernia yang saya derita ini sudah parah dok?, trus apakah hernia bisa menyebabkan kematian??, n satu lagi dok ap efek hernia yang tidak oprasi dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mbak ratna . benjolan hernia adalah benjolan yang keluar masuk atau benjolan yang terjepit dan menimbulkan keluhan nyeri dan gangguan buang angin dan bab. pada wanita sering di jumpai hernia medialis dan jika kejepit harus segera di operasi . coba pastikan ke dokter bedah tentang benjolan anda karena jika ada demam perlu juga anda pikirkan suatu abses atau pembesaran kel getah bening karena infeksi.

      hernia yang terjepit adalah berbahaya dan sangat beresiko menimbulkan kematian jika tidak di operasi segera.sebaliknya hernia yg tidak terjepit sebaiknya di operasi dengan persiapan yg baik sebab jika tidak di operasi jika terjepit mesti segera di operasi.dan tentu resikooperasi akan jadi besar. tks

      Hapus
  47. Selamat Sore pak ramzi.
    saya andrey 25 tahun dan aktif fitnes. sebenarnya saya masih bingung apakah saya menderita hernia atau tidak. soalnya tidak ada benjolan di daerah perut ,selangkangan, atau paha. namun di daerah skrotum kiri suka terasa agak berat, dan saat di raba d bagian atas skrotum kiri teraba seperti ada urat yg menjalar di sekitar skrotum kiri. namun tidak sakit atau tidak dapat dimasukan kembali, hanya saja saat dingin atau pagi hari skrotum naik ke atas dan tidak teraba, tp saat aktivitas skrotum dan uratnya itu muncul kembali (tetapi tidak sakit/nyeri).
    1. Apakah itu hernia dok?
    2. apakah hernia bisa dialami di biji skrotum sebelah kiri?
    3. indikasi usus/omentum yang turun ke skrotum apa y dok??apaka bentuknya besar?
    ( sebelumnya saya pernah cek di urologi, diraba sekilas dan usg, bukan varikokel,spermatokel, ataupun hidrokel)

    Terimakasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas andrey... dari penjelasan anda saya lebih cenderung kelainan yg dialami bukanlah suatu hernia , sebab jika hernia inguinal yang sampai ke scrotum biasanya keluar masuk . malah saya lebih cenderung suatu varicocele atau torsio testis , hanya saja jika tortio testis mesti disertai rasa sakit.
      mungkin perlu pemeriksaan yang lebih teliti dan lengkap seperti ct scan dll.

      hernia inguinal bisa saja terjadi sampai kescrotum kanan atau kiri.

      kalau usus yang turun ke scrotum akan jelas terlihat pergerakan usus di permukaan kulit dan tentu harus dapat di kembalikan ke dalam rongga perut. jika tidak berarti ada jepitan dan biasanya sakit serta menimbulkan gangguan buang angin dan bab..tks

      Hapus
  48. Salam Dok,
    Saya pernah menjalani operasi Hernia Inguinal kiri 3 thun yang silam. 1 thun blakangan setelah sya menikah Hernia saya kambuh lagi dan trasa smakin membesar. Mohon sarannya dok, apakah say harus operasi lagi ? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...hernia inguinal dan telah dioperasi tiga tahun yang lalu sekarang kambuh dan semakin membesar..sebaiknya di lakukan operasi ulang jika anda seorang pekerja keras atau banyak aktifitas berat sebaiknya di tambah dengan pemasangan mesh prolene..apalagi hernianya makin bertambah besar..tks

      Hapus
  49. dok sy martanto umur 31tahun,sy kena hernia sdh sampe turun ke kandung kemih tp alhmdlh sy ngga pnh mrskn sakt.ngga ada gangguan utk kencing,ini dah parah blm dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas martanto .. hernia yang turun sampai ke buah pelir ( bukan kandung kemih ) di sebut hernia scrotalis , hernia ini tidak menimbulkan gangguan berkemih dan jarang terjepit sehingga tidak nyeri. Namun hernia seperti ini sangat menganggu aktifitas sehari-hari dan jika terjepit mesti segera di operasi. jangan di tunggu lebih lama lagi.tks

      Hapus
  50. Sore dok,, Saya Syafi'i mau nanya ne dok, Apakah pemakaian celana Hernia dalam jangka waktu yang lama dapat menyembuhkan penyakit hernia..
    thanks dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal pak andi , pemakaian celana hernia dalam jangka waktu lama jelas tidak akan menyembuhkan hernianya . namun hanya mencegah isi perut seperti usus dan yg lain turun kebawah dan menyebabkan jepitan . jepitan ini jelas berbahaya ...tks

      Hapus
  51. Malam dok, Saya Ferry.. salam kenal dan salam sejahtera.

    Anak perempuan saya (14 bulan) terkena Hernia di sekitar lipatan paha kanan nya dok, saya sudah berkonsultasi dengan beberapa dokter juga untuk benar-benar memastikan apakah benar itu hernia, sampai melakukan usg juga hingga dipastikan bahwa itu benar hernia. Menurut dsa hernia anak saya tidak parah/tidak menjepit usus jadi utk koreksi disarankan operasi hernia.

    Yang jadi pertimbangan saya sekarang adalah karena saya membaca artikel ini, maaf jika saya memberi link web lain (http://www.news-medical.net/news/2008/11/08/14/Indonesian.aspx). Selama ini apakah dokter pernah menemukan kasus masalah perilaku atau perkembangan lambat pada anak-anak yang dokter operasi?

    Menurut dsa saya operasi hernia utk anak saya hanya merupakan operasi kecil, apakah jika nanti di operasi hernianya bisa timbul kembali/rekuren? Karena memang anak saya kadang suka susah BAB dan tidak teratur (kadang bisa 2 hari sekali BAB) dan tidak suka minum air putih, dan kadang suka mengeden sendiri sampai mukanya memerah. Saya tidak tahu apakah mungkin saat itu dia sedang merasa nyeri, karena sepertinya kalau ditekan tonjolan hernianya dia tidak merasakan apa-apa.

    Kata dsa saya andaikata operasi biasanya 2 hari sudah boleh pulang dok, tapi kalau saya baca-baca komen di blog dokter kayaknya cukup lama yah... lalu sebelum operasi sepertinya harus ada prosedur rontgen dulu, apakah utk pasien anak-anak juga harus di rontgen? karena saya khawatir efek samping terpapar sinar-x pada usia dini dok.

    Terima kasih atas jawaban dokter. Semoga semakin sukses Dr. Ramzi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas ferry , hernia pada anak termasuk kasus yg sering di jumpai , secara pemeriksaan klinis saja sebenarnya sudah dapat ditegakan diagnosa hernia ingunal.pada anak di bawah 1 thn masih ada tempat untuk menutup sendiri tanpa operasi namun untuk usia di atas 1 tahun jarang di jumpai membaik tanpa operasi.

      SEpertinya hernia pada anak bapak sulit menutup sendir juga karena keadaan yg sulit bab sehingga tekanan di dalam rongga perut selalu tinggi akibat mengedan.

      Type hernia yang di alami adalah hernia yang masih bolak balik atau di sebut hernia reponibilis , hernia seperti ini bukan suatu keadaan darurat . Namun tentu pilihan terbaik adalah menutup rongga atau bagian lemah melalui operasi adalah pilihan terbaik.

      karena anak anak tidak kooperatif maka operasi skecil apapun pada anak mesti dalakukan dengan pembiusan umum dan syarat untuk pembiusan umum tentu mesti di evaluasi kondisi paru , darah , fungsi ginjal dan hati.maka di lakukan pemeriksaan foto x - ray dan lab darah lengkap.

      operasinya sendiri tentu kecil kemungkinan akan berpengaruh pada perilaku dan perkembangan anak namun komplikasi infeksi dan efek anestesi lebih memungkinkan untuk menimbulkan keadaan di atas. tks

      Hapus
  52. Dok,saya dave, mau tanya donk. papa saya sudah lama menderita hernia.
    jadi agak membesar di sekitar kemaluannya, seperti testis yg membesar gt.
    nah ususnya itu sudah tidak bisa masuk, atau naik turun. tapi tidak ada rasa sakit sama sekali, sepertinya tidak terjepit.
    rencananya akan dioperasi bulan depan.
    apakah bahaya dok operasi hernia itu? kira2 di umur papa saya yang 59th bahaya tidak?
    apakah itu masih termasuk jenis hernia biasa?
    terima kasih sebelumnya dok. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya dave ...hernia yang tidak dapat masuk lagi namun tidak sakit dan tidak ada gangguan pasase usus seperti buang angin dan bab lancar-lancar saja maka hernia ini di sebut hernia irrepinibilis bisa terjadi karena ada perlengketan dinding usus dengan permukaan kantong hernia atau bisa juga terjadi karena yang masuk adalah omentum atau jar pelindung usus dan melengket . ini biasanya terjadi karena sering di massage atau di dorong ke atas.

      Sudah benar tindakan anda untuk mempersiapkan operasi yg terencana , sebab justru jika tidak di operasi malah jadi berbahaya nantinya . resiko operasi tentu selalu ada tapi saat ini sudah semakin kecil , karena dengan persiapan yg baik bius spinal saat ini banyak menjadi pilihan , secara pribadi kami sering melakukan operasi di atas usia 60 tahun yang penting evaluasi jantung paru dan darah telah dilakukan dengan baik.

      hernia yg dialami orang tua anda , termasuk hernia biasa dan sangat sering di jumpai tks..

      Hapus
    2. OKe dok. terima kasih banyak yah dok atas jawabannya.
      :)

      regards

      Dave.

      Hapus
  53. Selamat Siang Dok,,
    Dok, baru semalam saya mendapat telepon dari ayah saya, klo ada benjolan sebesar telur ayam di skrotumnya (buah zakar), dan ini sudah 2x24jam. Dalam posisi duduk cukup berasa nyerinya, namun jika ayah saya rebahan atau tiduran tdk berasa nyerinya. Benjolan itu dua hari ini tidak berubah ukurannya, namun ayah saya bisa BAB dgn baik, hanya saja nafsu makannya berkurang karena nyeri yg dirasa.Memang ayah saya baru saja melakukan pekerjaan renovasi rumah yg cukup berat. Beliau baru 2 tahun ini menjalani amputasi kaki sebelah kanan, berusia 53 tahun.
    Yang mau saya tanyakan:
    1. berdasarkan keluhan ini, ayah saya perlu di operasi atau tidak kah Dok?
    2. Ayah saya tinggal di pedalaman Sumatera utara (KAbupaten terpencil Tapanuli Utara), jika memang harus operasi atau mendapat tindakan serius kedokteran harus ke Medan (waktu tempuh ke Medan +/- 6jam). Berapa lama waktu yg harus kami toleransi, jika mungkin benjolan ini mengecil? mengingat sudah 2x24jam, apakah sudah sangat terlambat?
    Harap penjelasan yang sangat jelas Dok, karena saya sangat awam ttg hal ini.

    Terima kasih banyak Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya bu frida , saya pernah bertugas di rsu tarutung tahun 2004 . melihat sakitnya orang tua ibu saya yakin itu suatu hernia yang disebut irreponible hernia maksudnya hernia yang tidak bisa lagi keluar masuk dan tapi tidak menyebabkan gangguan pengeluaran isi usus . sehingga tidak menimbulkan keadaan darurat atau emrgensi. Namun hernia seperti ini sebaiknya di operasi agar terhindar dari jepitan yg lebih berat.meski benjolan dapat masuk kembali.sebaiknya orang tua ibu di persiapkan untuk dilakukan operasi menutup celah hernia tersebut. Setahu saya di tarutung operasi hernia bisa dilakukan karena saya pernah bertugas di sana. coba konsultasi ke poli bedah di rs tarutung terlebih dahulu.tks.

      Hapus
  54. Siang dok. Sy jamal. Usia 30 thn. 17 hr yg lalu sy oprasi hernia sebelah kanan. Dipasang mesh. Yg sy tanyakan: knp hmpir 3 minggu ini nyeri masih tersa shg aktifitas masih minim. Yg merisaukan jg 1/3 dr jbekas jahitan setelah 2 mggu lalu kering skrg basah dan bernanah.meski tdk trlalu parah. Apakah ada obat yg bs direkomendasikan utk sy? Skrg msh pake cefadroxil 2x1 dan asamafenamat 2x1. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas jamal >> operasi hernia dengan mesh harusnya tidak tegang dan tentu bebas nyeri.Namun nyeri bisa juga timbul karena infeksi sebaiknya luka mas jamal di rawat dengan baik sebab perawatan luka dengan baik adalah antibiotik terbaik. luka yang bernanah sangat tidak baik untuk operasi dengan adanya benda asing di dalam tubuh jadi harus di rawat dengan serius. mungkin sedikit lebih sering mengontrol luka nya ke dokter yg melakukan operasi. obat tentu masih banyak pilihan namun yang terbaik adalah diperiksa jenis kumannya yg di ambil dari pus melalui kultur dan test kepekaan terhadap obat pada laboratorium klinik. obat bisa di konsultasikan ke dokter yang melakukan operasi tks

      Hapus
  55. O ya dok. Sy jamal td. Nambah tanya: knp syatan operasi sy kok sampek 12 cm. Apa prosedurnya sepanjanh itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. insisi 12 cm bisa saja terjadi tergantung kesulitan dari operasi yang dilakukan..tq

      Hapus
  56. Jamal. Sy nikah d luar kota (mojokerto) n ikut istri. Tp wkt oprasi kmrn dilakukan d tmpt ortu (Lamongan) n skrg sy sdh balik k. Mjkrt. Jd gk bisa kontrol k dokter bedahnya. Saat obat anti biotiknya habis. Istri sy cari k apotek. Di sana ditawari antibiotik yg cukup baik katanya n hrganya 10 x lipat. Kata apotekernya bisa lebih cepat keringkan luka. Apa benar begitu dok? Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika antibiotik itu cukup beragam ada generik dan paten . biasanya obat paten memang lebih mahal dari produk generik . jika anggaran terbatas cukup di minta ke dokternya untuk meresepkan obat generik yang baik...Perlu diketahui pihak apotik tidak boleh merobah obat yang telah di resepkan oleh dokternya tanpa konfirmasi ke dokter yg meresepkannya.tks

      Hapus
  57. assalamualaikum dok Ramzi,
    waktu saya sekolah kelas 1 smp biji kelamin saya normal ada 2, tetapi waktu menginjak kelas 2 smp saya merasakan ada yg aneh dg biji pelir saya seperti ada 3 .
    hal itupun saya sembunyikan tanpa sepengetahuan ortu hingga saya skarang mnginjak umur 17 tahun
    sampai skarang hanya saya yg mngetahuinya.

    saya mohon bagaimana saran dokter........

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ... normal buah pelir tentu ada dua jika jadi tiga tentu harus di pastikan silakan periksakan ke dokter umum atau dokter bedah barangkali ada satu yg bukan testis seperti suatu kista , lemak , spermatokel dll . ada pemeriksaan-pemeriksaan khusus untuk itu..tks

      Hapus
  58. Pak Dokter Ramzi pada tahun 1993 di RS Koja Tanjung priok saya pernah operasi hernia disebelah kiri dan pada tahun 2012 penyakit hernia saya mengalami benjolan lagi disebelah kiri, saran dokter apakah harus operasi lagi kata dokter jangan operasi dulu karena benjolan masih kecil dan apakah operasi yang kedua kali berbahaya sangat berbahaya atau tidak. Mohon jawabannya dengan jelas atas jawaban saya mengucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya>> hernia walau telah di operasi masih ada kemungkinan kembali ..apalagi kalau aktifitas berat . Jadi sebaiknya hernia nya kembali dilakukuan operasi ulang ...tidak berbahaya dan resikonya sama saja dengan operasi pertama . Hanya saja bagi dokter bedah nya operasi kedua tentu lebih sulit dan waktu sedikit lebih lama , tks

      Hapus
  59. siang dok....barusan saya konsultasi sama dokter tanggal 13 nanti saya mau operasi hernia,,,,yg saya tanyakan dengan usia saya yg menginjak 30 tahun ini perlukah menggunakan mesh.....soalnya kata dokter tidak pake mesh kalau pake mesh saya harus tanda tangan kata dokter beresiko alergi leih besar....mohohn jawabannya dok saya jadi bingung nih antara operasi atau tidak...kalau tidak pake mesh saya takut gagal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam mas jemianto , mohon maaf lambat membalas ,,, jika benjolan kecil dan tidak sampai ke scrotum serta usia muda saya juga tidak akan memasang mesh . alat mesh menyebabkan allergi terkadang bisa tapi pengalaman kami dilapangan jarang di jumpai alergy..tks.

      Hapus
  60. selamat sore dok Ramzi.
    saya mau tanya saya sudah operasi hernia inguinal 3 bulan yang lalu tapi sekarang masih ada sedikit rasa sakit dan pegal2 sedikit sich rasanya. tapi benjolan yang sering keluar masuknya sudah tidak ada setelah oprasi.
    yang saya mau tanyakan apakah wajar masih meninggalkan rasa sakit sedikit2 selesai 3 bulan operasi dan berapa bulan untuk sembuh total pasca oprasi.???

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas fantas ..operasi hernia jika masih nyeri sampai tiga bulan sebaiknya di konsultasikan ke dokter yg melakukan operasi ..tapi jika tidak ada lagi benjolan yg muncul berarti hernianya tdk kembali namun mungkin saat penjahitan bagian yg lemah sedikit lebih ketat sehingga perlu lebih lama adaptasi terhadap regangan tadi.tks

      Hapus
  61. Dok, suami saya baru operasi hernia kanan dan kiri Tgl.6/8, sejak Tgl. 7/8 sdh kembali di rumah, aktivitas hanya berbaring, duduk dan kadang berdiri/jalan sedikit serta sudah menggunakan underwear (meskipun jarang-jarang). Tp sejak kemarin, tgl 9/10 bagian pangkal batang kemaluan berwarna kehitaman, dan hari ini sdh menjalar ke buah zakar dengan warna merah kehitaman, juga di bagian kedua pinggang (sebelahan dengan luka jahitan) ada berkas spt itu. Apakah hal ini biasa atau harus diwaspadai? dan adakah yg bisa saya lakukan, dok? karena dokter baru ada Tgl.12/8 nanti. terima kasih.
    -riva, Jakarta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak riva .. saya kuranng paham maksud warna kehitaman ini , sebab jika hitam karena ganggren atau mati jaringan pasti akan sangat sakit , saya curiga hal ini karena ada infeksi saja namun jika khawatir sebaiknya segera kontrol mungkin anti biotik mesti di ganti dan jika ada pus atau nanas segera di ketahui dan di bersihkan tks..semoga suaminya cepat sembuh

      Hapus
  62. Mlm dok.. maaf mengganggu mlm"...
    Sy aris dok, 21th dg bb 60 n tggi 165cm. sy bru mnjalan kan op usus trun atau hernia yg scrotum sblah kanan dok.. bru lwat 10 hri dok.. dgn pemasangan mesh..


    Yg ingin saya tanyakan.
    Apakah wajar dok sya msih mngalami rasa nyri abdomen n disekitaran jaita...?
    Diet apa sja dok yg hrus sy jlan kan ?
    Lalu bagaimana dok agar jaringan di mesh sy brtumbuh jdi bagus n kuat...?
    dan sya sdah mmbawa motor dok, apakah dprbolehkan aktifitas sperti it...?
    Serta mengapa seperti msih ad semacam urat ya dok di pelir bagian kanan sya...?

    Mhon maaf dok sy agak bnyak nanya..
    N tolong dibalas ya dok...
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas aris...masih wajar jika nyeri masih terasa pada hari ke sepuluh apalagi anda telang membawa sepeda motor .. saya yakin nyeri tidak sehebat sewaktu operasi..namun sebaiknya jangan anda terburu beraktifitas yg berat sebab kekuatan mesh itu sendiri baru maksimal setelah 3 bulan , jadi saat ini kekuatan mesh itu belum bisa di andalkan. seluruh operasi agar baik hasilnya sangat di anjurkan untuk makanan tinggi protein guna mempercepat perbaikan luka operasi.
      normal itu adalah saluran sperma dan pembuluh darah yang masih oedem atau bengkak itu tidak perlu membuat anda jadi cemas..tks

      Hapus
  63. Selamat pagi dok...
    Sy aris umur 21th. Dok sy bru mnjalani op usus turun ke scrotum sblah kanan tggal 3 kmrin dgn pemasangan mesh dok. Sya cma drwat sehari sja lgsung plg. Seminggu paska op sy sdah mmbawa motor dok. Dan dksih obat oral yg bagus kta dokternya.sprti : ponsamic 500, exaflam 50, omeprazole 20, ciflos 500.
    it dsruh mnum n stlah konsul kmbali di tggal 12 sy dbri obat asam mefenamat 500 dan ciprofloxacin yg generik dok..

    Nah yg ingn sy tnyakan. :
    1. Dok bgaimana cra sya dpat mmperkuat otot" perut sy lgi dok...
    2. Bagaimana dok agar dpat memperkuar mesh yg tertanam di tbuh sya...
    3. Apakah obat fungsi obt it dok, n baik nya obt mna sja dok yg sy konsumsi untuk luka dlm sya dok n buat mesh it sndri..
    4. Di pelir sy sblah kanan kok msih terdapat sperti urat ya dok...
    5. Slah gk dok aktifitas sy brktifitas, dan memang sy ank yg aktif dok...
    6. Boleh kah sy memakai pkaian dlam dok dgn paska op 13 hri in dan msih perlukah sy memakai pkaian dlam husuh pndrita hernia...?


    Maaf dok sya bnyak tnya, dokter sya dsni krang bgtu baik mnjelaskan...
    Tolong dibalas ya dok...
    Terimaksih.

    BalasHapus
  64. Siang dok...
    Salam knal...
    Sy aris dok..


    Yg ingin sy tnyakan yakni tntang shbis op apakah boleh memakai sempak...

    BalasHapus
  65. Selamat sore dokter, saya pria berumur 19 thn, panggil saja saya andi, sepertinya saya terkena hernia, buah pelir sebelah kiri sering turun, dan kadang-kadang disaat dingin buah pelir yang kiri justru naik, dan yang kanan jadi terlihat lebih turun. selain itu beberapa minggu ini, saya sering merasakan rasa yang tidak enak di daerah perut di atas kelamin sy, terkadang di bagian perut bawah sebelah kanan jg.
    -Yang ingin saya tanyakan, apakah untuk operasinya dapat ditunda hingga 3-4 tahun kedepan? apa resikonya?
    -kemudian, ketika sesudah kencing, seringkali ada sisa kencing yang keluar, apakah saya jg terindikasi terkena prostat juga?
    -terakhir, kira-kira berapa biaya opresainya, apabila sy tidak memiliki asuransi apapun (termasuk askes). sy berdomisili di daerah bandung, apakah ada ada rumah sakit yang bagus dan murah yang anda rekomendasikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal...ya mas andi.anda besar kemungkinan mengalami hernia ingguinal reponible.usia seperti anda sangat jarang mengalami pembesaran prostat..sebaiknya dilakukan operasi lebih cepat karena tidak ada yg bisa memperkirakan kapan hernia anda akan terjepit dan perlu segera di operasi emergensi.

      untuk operasi yg murah dan bagus tentu dapat anda lakukan di rumah sakit hasan sadikin . mengenai biaya amat bervariasi.. tks

      Hapus
  66. Dok, saya perempuan 30 tahun sudah menikah dan punya anak. 3 minggu lalu saya operasi hernia di lipatan paha kanan, dan dipasang mesh. Sebelumnya benjolan di paha ini sudah ada setahun sebelumnya. Karena tidak mengganggu, dan saya tidak tahu itu hernia, saya biarkan. Karena membesar (nonjol 2 cm), ketika cape terasa nyut-nyut akhirnya saya cek dan divonis hernia, 2 hari kemudian operasi. Dari seminggu habis operasi, saya raba di bagian benjolan yang ada sebelum operasi, kok masih ada benjolan tapi lebih kecil dan lebih keras. Apakah ini efek setelah operasi? Maksudnya belum sembuh. Atau ada yang gagal? Saya tunggu sampai 3 minggu ini, masih ada benjolannya. Apakah itu dok? Apakah memang belum pulih dan nanti hilang sendiri benjolannya?
    Bekas sayatannya sekitar 8 cm, dan kulit di bawahnya sampai sekarang seperti menebal/kebal agak mati rasa. Kenapa ya Dok?
    Lalu, dengan operasi ini, apakah ada batasan untuk hamil lagi? Misalnya berapa lama setelah operasi? Karena saya sedang program anak ke-2. Terima kasih Dok

    Wassalammualaikum
    Ina

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass , selamat malam dan salam kenal ya mbak..hernia pada wanita yang paling sering adalah hernia medialis..jika telah operasi dan dipasang mesh tentu sedikit akan masih menonjol , saya rasa bukan operasi yang gagal..jadi tidak perlu khawatir..rasa baal setelah operasi bisa terjadi dan perbaikannya bisa lebih lama .
      hamil sebaiknya setelah 6b bulan post operasi karena kekuatan mesh belum maksimal dibawah 3 bulan. tks

      Hapus
  67. selamat malam dan salam kenal eko ..hernia jika kambuh kembali sebaiknya di operasi ulang , sebab yg di takutkan pada hernia adalah usus yg turun dan terjepit . Jadi resiko terjepit selalu ada jika masih ada bag yg lemah di bawah.. tks

    BalasHapus
  68. assalam'mu alaikum wr wb

    maaf pak dokter mlm2 menggangu,saya inggin bertanya pak,bpk sya punya penyakit hermia yg sudah turun di kelamin nya sudah 2thun an lebih,sya sbgai anak kasian melihat ortu sakit
    klw oprasi biaya nya berpa ya pk dokter? alamt sya cikupa tangerang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass wr wb , selamat siang dan salam kenal ya..orang tua lebih sering terkena hernia dan sampai ke crotum atau buah pelir karena sudah lemahnya otot - otot di belakang bawah dinding abdomen. biaya operasi sangat bervariasi dan tergantung menggunakan mesh atau tidak..bisa di tanyakan langsung ke dr bedah yg akan mengoperasi.rs daerah tentu lebih murah di bandingkan dengan swasta demikian tks..

      Hapus
  69. Malam dokter.. Saya fabian usia 30thn 4bln. Sy terkena hernia di perut bawah sblh kanan, dan sering ada benjolan hingga ke kantung testis saya hingga terlihat sprti ada 3 buah,tp jika berbaring atau duduk santai benjolannya kembali masuk. Dan selama 1.5thn ini saya tdk oerbah merasakan nyri. Saya aktif bermain futsal pun tdk terjadi masalah apa2. tapi karna terlihat menggangu dan saran dr istri n kel.. Akhirnya saya putuskan utk oprasi.
    Hingga pada tgl 16-08-2013 /10hr yg lalu sy oprasi dan diambil kantung hernia saya,bekas potongannya pun saya liat dn sy smpan. 3 hari sy opnam.. Dan diperbolehkan rawat jalan. 6 hr kmudia sy chek ke dokter sy lagi katnya ok..bagus dan tdk ada masalah.
    akan tetapi sy tanyakan pantangan makan apa, , tp dokter bilang tdk ada.. Yg penting jng yg keras2. Trus dokter sy bilang sy tidak boleh aktivitas berat slama 3 bulan..trutama olah raga futsal.
    yg ingin sy tanyakan dok..!!!???
    1. Knapa pasca oprasi ini sy masih merasakan nyeri,cenat-cenut di daerah bagian dkt penis sblh kanan / tmpt benjolan hernia yg dl kluar masuk itu? ?
    Trutama skarang saat bangun tidur,atau saat mnahan kencing..atau duduk dan berdiri. Trsa nyeriii skali dok.... !! Tp stlh minum obat nyerinya hilang 3-5 jam..stlh itu nyeri lagi. Padahal sblum nya 3-4hr pasca oprasi pun sy sdh bs jalan..bahkan ibadah sholat..krna tdk nyeri..walaupun agak sakit kl tertawa or batuk or bersin. Apakah pemasangan mesh saya gagal atau mesh nya copot ya dok??
    2. bolehkah saya bermain futsal lagi setelah 5-8bulan kemudia???
    apa saja pantangan nya dok.??
    clana hernia sperti apa rekomendasi utk sy dok.. ?? Trims n wslm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass , selamat siang dan salam kenal ....pasca operasi hernia 10 hari masih akan terasa nyeri ...meski telah di pasang alat mesh tetap kegiatan yang berat untuk sementara di hindari dulu karena kekuatan dari mesh tadi mulai mengalami kekuatan maks setelah tiga bulan sehingga aktifitas berat sebelum itu akan berpotensi reccurent.gejala nyeri saat beraktifitas perlu di waspadai.jika telah terjadi reccurant tentu akan terjadi pembengkakan kembali.demikian terima kasih.

      Hapus
    2. trims dok atas infonya,,,,
      skarang saya sdh tidak nyeri n sakit lagi,, tapi sesaat setelah berdiri or baru duduk,, saya sering sakit di bagian perut bawah,,, dan seperti pegal2 di daerah selangkangan paha kanan saya,,!!! knapa ya itu dok,,??gttapi apakah saya bs bermain futsal lagi dok,,???? saya rencana istirahat futsalhingga 6 bulan kedepan....
      ditunggu sarannya dok,,

      Hapus
    3. selamat malam .. syukurlah rasa nyari anda semakin berkurang ..dan saya yakin nyeri pada selangkang kanan anda juga akan semakin berkurang kedepan..Saya sangat setuju jika bermain footsal anda mulai setelah 6 bulan operasi...tks

      Hapus
  70. Siang dokter.... Kok postingan cooment saya lom di balas ya dok...?? Trims

    BalasHapus
  71. bgmn dgn hernia yg sdh ada sejak lahir,, hernia apa namanya dok..??
    smakin lama semakin besar tapi bisa memasukkan lg dgn cara mendorong.
    dan apkah gara2 hal tsbut ukuran penis terus mengecil...
    mohon bantuannya dok..!!
    kalo dioperasi dmana alamt dokter...dan brp biayanya...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya ... hernia itu disebut hernia inguinal yang reponible atau masih bolak balik. jika di operasi dapat dilakukan operasi terencana . penis yg mengecil tentu tidak benar sebat akan terlihatb kecil karena benjolan yg mengcover jaringan sekitar penis..jk boleh tahu dimana anda berdomisili.karena biaya operasi sangat bervariasi dan tergantung kesulitannya..tks

      Hapus
  72. malam dokter... anak saya laki-laki baru berusia 1 bulan 29 hari. baru satu minggu yang lalu terdiagnosa hernia pada bagian kiri skrotumnya, kadang ada di sebelah kanan. dokter anak menyarankan untuk segera dioperasi dan dikonsultasikan dulu di dokter bedah. apakah pada kasus seperti ini anak saya ada harapan sembuh sendiri atau memang perlu operasi pada umur yang relatif kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas m fahroly..untuk hernia anak saya juga sudah bahas beberapa pertanyaan yang sama ..sebab pada prinsipnya jika di bawah satu tahun masih ada tempat untuk membaik sendiri ...namun jika terjadi jepitan harus segera mendapat penanganan emergensi. serta mesti di cegah anak menangis kuat , mengedan dll yang bersifat meninggikan tekanan intra abdomen tks.
      Jika memungkinkan operasi juga tidak ada masalah karena kemajuan tekhnik pembiusan dan perawatan pasca operasi saat ini lebih baik. demikian tks

      Hapus
  73. dok, anak saya umur 4tahun bulan juni kemarin. tanggal 13 agustus kemaren dia menjalani operasi hernia. di lipatan paha kiri. kata dokternya dijahit aja. operasi sekitar setengah jam, selain operasi anak saya juga sekalian di sunat. yang mau saya tanyakan, tanggal 15 agustus dia udah boleh, kondisi baik. dicek baik. sunatnya juga udah sembuh. tapi 3 hari belakangan bekas luka operasinya memerah. kira2 kenapa ya? maunkonsul ke dokter, tapi dokternya lagi ke bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dalam kenal ya , operasi hernia pada anak memang lebih sederhana di banding operasi hernia pada orang dewasa apalagi jika benjolan tidak terlalu besar sehingga cukup di buang kanong hernianya saja. Jika di jumpai adanya warna kemerahan besar kemungkinan akan mengalami infeksi , sebaiknya anda membawa anak untuk kontrol kembali mungkin ada jahitan yang mesti di lepas atau pemberian anti biotik yang perlu di tambah dan lain sebagainya. apalagi jika anak agak gemuk infeksi lebih mudah terjadi karena sel lemak yg banyak tks.

      Hapus
    2. iya dok, agak gemuk c. kalo misalkan infeksi itu penangananya gimana ya? ga sampe harus di infus lagi kan? soalnya anak saya sepertinya trauma. dia nangis waktu dibawa cek kemaren.

      Hapus
    3. selamat malam mas kardinus , jika infeksi tidak hebat dan anak bisa makan atau minum biasa sudah bisa di alihkan ke pemberian obat makan tentunya. sebaiknya didiskusikan dengan dokter yg merawat . Obat yg di berikan tentu adalah jenis anti biotik ada yang injeksi jika berat atau obat makan dan pada anak dapat juga dalam bentuk sirup.pemberian harus sesuai dosis yg dianjurkan tentunya tks.

      Hapus
  74. Dok saya jufri, umur saya 20 tahun
    Saya telah melakukan operasi 2 bulan yg lalu dengan pemasangan mesh ..
    saya hanya ingin bertanya dok
    Brpa lama wktu yg dbtuhkan agar bisa kmbli olah raga dok ?
    Dan olah raga apa saja yg bisa sya lakukan dok ?
    Trimksih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas jufri .. kekuatan mesh akan maksimal setelah 3 bulan jadi untuk olah raga mesti di mulai setelah waktu tersebut. tks

      Hapus
  75. dok anak saya pasca operasi hydro sepalus, buah jakarnya gede sebelah apa penyebabnya ya, terlihat seperti hernia ,apa ada hubungannya pasca operasi hydro cepalus yang bisa menyebabkan buah jakar jadi gede sebelah
    trim's

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..operasi hidrosefalus adalah operasi untuk mengurangi tekanan pada kepala akibat terhalangnya pengaliran cairan otak sehingga mesti di alirkan ke dalam rongga perut melaui sebuah slang khusus yang selanjutnya akan di serap oleh usus. Sebenarnya tindakan ini tidak ada hubungan langsung dengan timbulnya pada anak anda.

      mesti anda pastikan terlebih dahulu apakah benar suatu hernia , sebab ada kemungkinan lain seperti , hidrokele , infeksi , hematom , tumor dll . coba pastikan ke ahli bedah terlebih dahulu mengenai kepastian benjolan tersebut. tks

      Hapus
  76. dok, saya 3 minggu yg lalu operasi varikokel bilateral,skrg kok skortumnya lebih besar dari pada sebelum dipoerasi dok, trs gumpalan seperti urat di skortum jg masih ada, apa itu normal dok, trs kira2 kapan saya bisa ber olahraga kembali..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas asep ...anda telah di lakukan operasi varikokele pada ke dua scrotum 3 minggu yg lalu biasanya dilakukan jika tehnik ligasi tinggi pada pembuluh vena yg melebar . sehingga di harapkan pembuluh baliknya bisa berkutang jumlahnya karena sebagian vena yg melebar telah diikat. Pada tahap awal bisa saja scrotum masih membesar namun jika sudah 3 minggu sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter bedah yg melakukan operasi karena bisa saja ada infeksi dan lain sebainya. tks

      Hapus
  77. dok,saya mau tanya anak saya umurnya 14 bln di kantong telur buah jakar seperti ada tiga,tapi menurut dokter spesialis anak itu cuma cairan yg nanatinya akan hilang dengan sendirinya, jika umur anak 1,5tahun tidak hilang akan di sedot cairan nya. apakah ini dikatagorikan hernia tolong penjelasan nya dok.......? tank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal mas triyono ..anak anda terkesan menurut anda memiliki tiga buah pelir . jika ingin memastikan bahwa benar anak anda memiliki 3 buah pelir dapat di senter di ruang gelap jika ada 3 bayangan hitam bisa di yakini anak anda memiliki k3lainan bawaan 3 buah pelir tapi jika hanya dua warna hitam dapat di yakini satunya bukanlah buah pelir.hernia biasanya jarang yang berdiri sendiri . Perlu di curigai kelainan ini berupa kista pada testis . coba konsultasikan ke ahli bedah anak tks.

      Hapus
  78. hallo dok saya seorang ibu hamil 5 bulan, apakah saya nantinya bisa melahirkan secara normal. saya takut hernia bisa menganggu saat saya mengejan sewaktu melahirkan.trm ksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ibu..anda tengah hamil lima bulan dan memiliki kelainan hernia . Biasanya hernia pada wanita adalah sering merupakan hernia medialis pada lipat paha. Hernia memang akan semakin hebat resiko untuk terjepit jika tekanan pada rongga hernia semakin besar . semakin bertambah usia kehamilan tentu tekanan didalam rongga perut akan semakin tinggi dan mengalami puncak saat partus atau mengedan jika akan melahirkan.

      Jadi permasalahan yg ditakutkan pada hernia adalah isi perut seperti usus yang turun lalu terjepit dan tidak dapat keluar lagi.

      Sebenarnya proses melahirkannya sendiri tidak terganggu oleh hernianya.

      Sebaiknya jika anda hamil seperti saat ini gunakan penyangga perut yang akan mengurangi tekanan pada defek hernia anda.tks

      Hapus
  79. scortum udah normal pak, tapi testis sebelah kanan kok lebih besar dari sebelum dioperasi.....menurut dokter apa itu normal, trs kira2 bengkak ditestis itu kapan normal kembali..makasih

    BalasHapus
  80. halo dok
    saya ada keluhan nyeri di testis kiri, kadang pegal tapi sepanjang hari terasa tidak nyaman..
    kemudian disertai nyeri pada perut namun hanya terjadi bersamaan dengan nyeri pada testis kiri..
    apa yang harus saya lakukan dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal mas...rasa sakit dan pegal pada testi atau buah pelir anda dapat di sebabkan oleh banyak hal , seperti buah pelir yang terputas , pelebaran pembuluh balik atau vena daerah buah pelir atau di sebut varicocele , tumor atau infeksi di daerah buah pelir. Dari semua penyebab di atas maka infeksi adalah kasus yang paling sering sebagai penyebab nyeri pada buah pelir sering karena proses infeksi yang terjadi berulang dan sulit di sembuhkan. dan jalan nya atau tracknya melewati bagian bawah rongga perut sehingga sering di duga suatu peradangan usus buntu.

      Coba lakukan pemeriksaan lab urine dan darah tks

      Hapus
  81. apa dampak negatif dr operasi hernia

    BalasHapus
  82. ass mau nanya dok saya hery sdh menikah 5 th belum dikasih momongan sdh periksa dilep seperma saya banyak yg mati apakah sebabnya karena hernia, selama ini saya ada hernia dari smp sampai skr umur 35 th belun dioperasi kata orang kalau operasi bisa mandul kalau pada saat opersi perlukah tambah darah mohon saran dan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal mas hery...sepengetahuan saya dan dari banyak kasus yang saya tangani serta jika merujuk pada beberapa referensi buku maka banyaknya sperma yg mati tidak ada hub dengan hernia yg anda idap . Jadi ini adalah kasus berbeda.

      Sementara hernia anda adalah kasus yg lain lagi..Jika operasi hernia kemungkinan terkena saluran sperma itu tentu ada namun seperti sopir kendaraan yang mesti mengidentifikasi jalan yg di lewati sebab jika keluar dari jalan tentu akan masuk jurang dll , dokter juga begitu dalam proses belajarnya dokter harus mengikuti kaidah-kaidah yg telah di buat dan menjadi standar operasi prosedure sehingga daerah-daerah yg mesti di hindari tentu tidak boleh di ganggu demikian..tks

      Hapus
  83. Assalamualaikum.
    Saya Tsabit dok, saya baru operasi HIL sin dgn mesh 3 hari yg lalu, saat ini masih terasa nyeri yg mengganggu dan masih terus ditempat tidur di rumah. Di tempat incisi bengkak ttp tdk ada tanda tanda infeksi sepert kemerahan atau panas, yg saya tanyakan apa keadaan ini masih dlm batas normal atau wajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ass dan salam kenal ya mas , anda baru operasi hernia inguinal lateral 3 hari , masih nyeri dan bengkak , dari pengalaman kami ini masih wajar dan bengkak akan perlahan-lahan berkurang dan menghilang..Namun anda sebaiknya tidak hanya berbaring karena itu akan memberlambat penyembuhan . Jika sakit sekali anda makan obat pengurang sakit dan jika sakit masih kuat sebaiknya di konsultasikan dan kontrol ke dokter yg melakukan operasi. tks

      Hapus
    2. assalamualaikum
      saya upy dok,saya dah 2 mnggu mnjalani OP hernia
      baru satu mnggu saya sudah melakukan aktivitas bekerja lagi,apa mungkin hernia saya bisa kambuh lg dlam waktu yang singkat

      Hapus
    3. assalamualaikum
      saya upy dok,saya baru saja OP hernia 2 mnggu yang lalu,tapi stelah 1 mnggu menjalani OP saya sudah mulai beraktvtas lg,apa mungkin hernia saya kambuh laghi dalam jangka waktu yang pendek setelah operasi

      Hapus
    4. ass dan salam kenal ya..kemungkinan kembali post operasi hernia tentu akan selalu ada ..tergantung besarnya , menggunakan alat tambahan , tehnik operasi yg dilakukan , aktifitas setelah operasi , penyakit lain yg diderita spt ada pembesaran prostat , batuk kronis , obstipasi dll. selalu konsultasikan keadaan anda ke dokter bedah yg melakukan operasi. tanda - tanda kemunculan kembali tentu adanya benjolan , nyeri yg hebat didaerah operasi dll.

      Hapus
  84. Selamat malam dok, waktu usia 1-5 bulan anak kami sering menangis tiap malam, pusernya waktu itu bodong, usia 6 bulan bodongnya hilang tapi ada benjolan kecil dilipatan paha, sekarang usia anak kami 13 bulan benjolan dilipatan pahanya makin besar, kalau menangis makin keras, tapi kadang-kadang benolannya hilang. anak kami menderita sakit apa? bagaimana pengobatannya? terima kasdih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak ratna dewi...hernia pada pusat dengan gambaran bodong di sebut hernia umbilikalis dan jika tidak ada masalah dapat menutup sendiri sampai usia 1 tahun . Jika lebih 1 tahun tidak dapat menutup maka akan sulit untuk menutup sendiri. Sekarang muncul lipatan di paha yang hilang timbul maka ini disebut hernia inguinal lateral. jika sudah lebih 13 bulan atau di atas 1 tahun penanganan konservatif sudah kecil untuk menutup spontan . Jadi pilihan terbaiknya adalah operasi . Sebab jika tidak di operasi dan tiba-tiba terjepin maka pilihan operasinya adalah emergensi atau darurat. tks

      Hapus
  85. asslmkum
    saya buyung dok, kata orang tua saya sejak lahir saya sudah mengalami kelainan pada testis sebelah kanan, yaitu bisa besar dan bisa mengecil kalo diurut dengan tangan mengecil kedalam lagi dan sekarang sekali2 tersa nyilu.
    yang paling aneh lagi Penis saya semakin hari semakin mengecil dok,,!!!
    mohon pecerahan, apa nama penyakit yang saya derita da kemana saya harus berobat serta berapa kira2 biaya pengobatannya,..tks
    salam kenal
    wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ass wr wb selamat malam dan salam kenal ya buyung , benjolan dari kecil pada buah pelir atau testis kanan yang keluar masuk dapat di bantu dengan tangan..memang secara telaah dari keluhan dan paparan anda besar kemungkinan suatu hernia yang reponible , hernia seperti ini bisa di lakukan untuk membuang jika telah mengganggu aktah terlalu besar.. Namun hernia tidak berhubungan langsung dengan ukuran penis anda , saya khawatir karena benjolan pada lipat paha anda yg menyebabkan penis anda seperti mengecil padahal itu belum tentu. Tapi begitupun mohon anda pastikan apakah pada pagi hari anda mengalami ereksi setelah bangun pagi.? jika normal saja saya yakin prediksi anda itu tidak benar alias meleset... tks

      Hapus
  86. Met pagi dok...saya baru operasi hernia 2 hri lalu dan udh diperbolehkan plg kerumah.apakah boleh daya naik tangga dok..sedangkan kamar saya di atas.berapa lama saya istirahat dirumah..sementara saya harus bekerja.kenapa buah zakar saya yg sebelah kanan setelah operasi masih terlihat turun dan nyeri...apa itu wajar dok..thanks sblmnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas wandy...mudah - mudah kondisi anda semakin membaik paska operasi hernia..operasi hernia sebenarnya 2-3 hari sudah dapat pulang dan latihan berjalan...jika tidak ada komplikasi infeksi..nyeri mungkin masih dirasa jadi sering membuat takun pasien untuk berjalan..tidak ada yang perlu anda khawatirkan untuk berjalan dan naik tangga di rumah , karena jahitan hernia itu cukup banyak lapisannya. Namun aktifitas olahraga dan beban berat sebaiknya anda tunda dulu ...tks

      Hapus
  87. Dengan wandy kembali dok..thanks atas jawabannya..maaf kl saya banyak bertanya. Kenapa pasca operasi 2 hari lalu penis saya tidak bs ereksi dan mengkerut dok..apakah itu wajar? Saya udah berusaha biar bs ereksi dgn cara nonton film porno tp hasilnya sia2 dok..dan kenapa jg penis saya jadi berubah warna yg td nya putih kemerahan sekarang kd kecoklatan...apakah itu juga wajar dok..saya mohon jawaban dokter demi masa depan saya dok..krn sebentar lagi saya mau menikah..sebelumnya trima kasih banyak dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang ya mas wandy..anda sepertinya sangat cemas dengan operasi hernia yg baru saja anda lakukan ...jika operasi hernia sepanjang yang pernah saya lakukan dan dengar belum pernah saya menjumpai kasus yg mengalami disfungsi ereksi setelah dilakukan operasi hernia.Jadi anda tidak perlu terlalu cemas , sebab menurut analisa saya rasa cemas anda yg berlebihan tersebut justru yg membuat anda sulit ereksi atau rasa nyeri bisa juga menyebabkan anda sulit ereksi. Jadi santai aja , mungkin setelah nyeri post operasinya reda anda akan kembali normal. tks ya

      Hapus
  88. Dok, ni q dwi bkrja di pt astra daihatsu mtor usia q 21. Q pnya pnykit hrnia sjak kcil.... rncnax q mau oprsi tpi tkut gg bsa krja lgi di stu.... gimna kmntr dokter......n brp lma lgii q hrus krja kras.....trima ksih

    BalasHapus
  89. Dok, ni q dwi bkrja di pt astra daihatsu mtor usia q 21. Q pnya pnykit hrnia sjak kcil.... rncnax q mau oprsi tpi tkut gg bsa krja lgi di stu.... gimna kmntr dokter......n brp lma lgii q hrus krja kras.....trima ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore dan salam kenal ya mas dwi anda mengalami hernia daru kecil , jika bisa keluar masuk disebut hernia reponible sebenarnya lebih baik dari usia kecil dulu diatas 1 tahun, namun pada usia sekarang juga masih baik. sebenarnya operasi hernia adalah operasi yg sering dilakukan dan tidak mesti ditakutkan secara berlebihan dan bukan berarti setelah operasi adalah kiamat bagi karir anda. sebaiknya jika bagian yg lemah terlalu besar maka bisa anda pasang prolen mesh . jadi jangan menunda operasi jika masih ada kesempatan.. tks

      Hapus
    2. Asslm wr wb..salam kenal dok..sy sngt kagum sm dokter...krn Jwbn dokter sngt membantu kpd smua yg bertanya di blogger dokter..sy kmrn sdh melakukan operasi hernia inguinal reponsible..sdh 3 hr dok..cm yg sy rasakan smpai saat ini msh terasa sakit pinggang sy yg sblh kanan dkt bks jahitannya,jangka satu minggu apa tdk mslh bila mana sy sdh melakukan aktifitas kembali..dan saat ini yg sy alami pasca operasi slalu buang air kecil trus..apakah itu bagus dok?sy sambil minum daun2 an dr orng tua sy selain obat dokter..mf ya dok ganggu..trims

      Hapus
    3. ass wr wb , selamat siang dan salam kenal ya mas gugun, mudah mudah apa yg ada di blog ini dapat bermanfaat untuk semua dan apa yg saya share ini akan semakin menambah khasanah ilmu bagi saya. Sakit pinggang dapat juga terjadi akibat operasinya jika di depan atau pada lipat paha , namun jika sakit pada pinggang belakang lebih kearah bekas tusukan atau insersi dari jarum untuk spinal anestesi . Jadi masih akan terasa untuk waktu beberapa hari. aktifitas mobilisasi atau berjalan sudah dapat dan cukup baik anda lakukan namun jangan beraktifitas berat dulu. Buang air kecil sebenarnya tidak ada hub langsung dengan op hernianya., bisa juga karena banyak minum atau udara dingin.Obat-obat lain yg anda sampaikan saya sungguh kurang tahu saran saya sebaiknya tidak diminum jika anda tidak tahu apa kandungan zat yg bernilai sbg obat di daun2 tersebut..tks ya.

      Hapus
  90. Maaf dok. saya mau tanya, hari senin (28 Oktber 2013) kemarin anak saya (2,5 tahun) operasi tetrahecel testis (atau ada pembungkus cairan di sekitar buah pelirnya) setelah dioperasi ternyata setelah dioperasi buah pelirnya terjadi pembengkakan. setelah di USG kata dokter ada pembekuan darah. yang ingin saya tanyakan 1) apakah penyebab pembengkakan tersebut. 2) bagaimana menghilangkan pembengkakan tersebut? 3) katanya setelah 2 minggu jika bengkaknya tidak hilang maka akan di operasi lagi, apakah seperti itu ? Maksih atas jawabannya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...mohon maaf atas keterlambatan kami merespon komen anda , anak anda telah dilakukan operasi hydrokele atau kerap disebut hidrokelektomi.dijumpai adanya pembengkakan dan sisa cairan . Secara alaminya jika operasi yg dilakukan benar suatu hidrokelektomi maka kantong dan isinya harus sudah terbuang . Pembengkakan setelah operasi bisa saja terjadi untuk sementara waktu dan akan berkurang secara perlahan. bekuan darah dan sisa cairan pencucian daerah operasi dengan normal saline serta oedem pada jaringan akan berkurang seiring dengan waktu. Sesuai dengan anjuran dokter yg mengoperasi maka saya juga sependapat mudah-mudah setelah dua minggu pembengkakan akan berkurang , mohon untuk di kabari perkembangannya. tks.

      Hapus
  91. Pak dok, penykit hernia apa bisa mnybabkan bdan kurus... n dampak pnykit hernia apa bila tdak di oprsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya dwi..hernia perdefinisi adalah adanya bagian tertentu yang masuk melalui suatu rongga atau defek yang lemah . Bisa isinya bermacam2 . dan dapat juga terjadi di otak spt hernia tentoralis, tulang belakang seperti hernia Nucleus pulposusu dll . Disini kita membahas hernia di rongga perut .Secara kejadiannya hernia di perut ada yg keluar masuk , ada yg ter jepit dll.Jika belum terjeput biasanya pasien tidak sakit dan tenang-tenang saja namun jika telah terjepit baru akan di bawa berobat. Pada saat hernia terjepit atau bagian dari rongga usus telah terjepit maka pasien akan muntah , sulit makan dan sulit bab dan buang angin di saat spt ini pasien bukan hanya akan menjadi kurus tapi malah mengancam nywa atau jiwa .karena badan tidak bisa menerima makanan dan kotoran tidak bisa di buang demikian tks

      Hapus
  92. tman saya umur 18 th..buah nya besar seblah ,apa itu hernia?
    tdak skit , tpi ke bdan jdi kurang fit... apa bsa d tunda slama 1 th lgi??,,mw cri uangnya dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..teman anda mengalami pembesaran pada buah pelir yg tidak sakit lantas anda menduga itu suatu hernia . Memang benjolan yg berkurang jika tidur dan bertambah besar jika beraktifitas besar kemungkinan suatu hernia . Namun perlu juga kita ketahui banyak kemungkinan lain selain hernia pada pembesaran buah pelir atau scrotum seperti infeksi yg kronis , tumor pada testis , hydrokele , hematom , spermatokele dll.

      Coba konsultasikan terlebih dahulu kelainan yg anda alami ke ahli bedah di tempat anda berdomisili . persoalan anda harus operasi itu kan keputusan anda jika belum setuju itu boleh saja . dan jika anda memang tidak punya uang kan banyak juga asuransi dan jaminan kesehatan yg bisa anda urus di kantor pemerintahan untuk mendapatkan pengobatan gratis . tks

      Hapus
  93. permisi dok,saya pasca operasi hernia baru sekitar 3 bulan yang lalu.
    dan itupun tanpa menggunakan mesh.
    kira-kira apakah aktivitas yang berat tidak lagi boleh dilakukan?

    soalnya saat saya tanya kepada dokter,tidak boleh menggendong anak seumur hidup,dan terlalu sering naik turun tangga.
    tolong pencerahannya dokter.
    oiya umur saya baru 19 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya sky...Anda baru operasi hernia 3 bulan yg lalu apakah saat ini operasi anda ada bermasalah ? Kami tidak dapat gambaran seberapa besar benjolan hernianya dan besarnya defek yg dijumpai. Memang benar sebaiknya anda menghindari beberapa hal yg akan meningkatkan tek intra abdomen seperti mengangkat beban berat , batuk yg lama , sulit bab dll. apalagi usia anda masih muda 19 tahun masih panjang perjalanan hidup dan pekerjaan yg akan di lakukan..tks

      Hapus
    2. thx dokter atas jawabannya.
      saya ingin bertanya lagi,kira2 berapa lama ya sampai saya melakukan aktivitas normal sampai berat.

      untuk saat ini olahraga apakah yang cocok untuk saya

      Hapus
    3. Terima kasih , anda sudah lebih tiga bulan operasi , menurut hemat saya anda sudah dapat beraktifitas biasa , namun untuk aktifitas berat atau olahraga yg berat tentu sebaiknya anda hindari , sebab kekuatan jahitan tentu tidak sekuat buatan yg maha Kuasa. tks

      Hapus
  94. sore dok , ibu saya mengalami benjolan merah keluar di vaginanya dan ahir2 ni sering keluar benjolan tersebut, tp di di barengi dgn pendarahan yg hebat ttpi bukan pada saat menstruasi..
    apkah ini termasuk hernia? jika ia, perlu dioprasikah?
    dan kakak saya juga mengalami demikian tetapi pada saat hamil tua dan tdk mnglmi pendarahan, tetapi setelah melahirkan hanya kadang saja keluar tetapi sedikit kmudian masuk lg.. apakah in i juga perlu di operasi dok? trimakasih.

    anif

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya anif , dari penuturan anda tentang ibunda yg mengalami benjolan merah yg keluar dari kemaluan atau vagina yg di sertai dengan perdarahan hebat , besar dugaan saya ini bukan suatu hernia melainkan prolapsus dari uterus atau rahim , hati-hati karena jika ada luka atau robekan akan mengalami perdarahan yg hebat dan membahayakan ibu anda. Segera konsultasikan ibu anda ke dokter bedah atau dokter kandungan terdekat ...sebab rahim atau kandungan yg terbalik harus segera di masukkan dan di kembalikan ke posisi normalnya , begitu juga dengan kakak anda .terimakasih.

      Hapus
  95. Dok saya umur 15 thn. 3 hari lalu baru dioperasi heniai.. tp dijahit aja ga dipasang mesh dok.. itu ga masalah ya untuk kedepannya? trus kira2 boleh berolahraga lagi brp lama ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang ya...jika defek atau bag yg lemah di belakang perut tidak terlalu besar tidak masalah jika tidak di pasang mesh . olah raga dapat dilakukan setelah operasi 3 bulan namun olah raga yg berat sebaiknya di hindari..tks

      Hapus
  96. Selamat siang dok ibu saya umur 78 thn ada benjolan diperut disebelah bawah kalau dibawah berdiri terasa sakit.Beresiko ngak untuk orang tua seumur itu untuk dioperasi. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...ibu anda mempunyai benjolan di perut bawah dan jika berdiri terasa sakit , apakah pembesaran perut ibu anda bertambah besar jika berdiri dan akan berkurang saat tidur ? jika benar mungkin itu hernia . Karena sangat banyak penyakit benjolan pada perut bawah tersebut . Anda mesti memastikan terlebih dahulu apakah memang benar ibu anda menderita hernia atau penyakit yg lain . Sebaiknya anda pastikan terlebih dahulu ke dokter atau dokter bedah untuk di periksa langsung dan bisa di pastikan penyakit ibu anda terlebih dahulu.
      Pada saat sekarang ini usia 78 tahun bukanlah suatu halangan untuk di operasi , banyak alat , tehnologi dan ahli yg berperan dalam operasi dan pembiusan. Jika sebelumnya sangat bersiko anda akan di beri tahu mengenai situasi ibu anda dan akan ada pemeriksaan jantung , fungsi ginjal dan hati , darah dan faktor pembeku darah dll. pilihan pembiusan juga beragam baik , lokal , spinal , dan general sehingga tidak ada yg perlu dikhawatirkan tks.

      Hapus
    2. Salam Kenal..
      Saya berumur 41 tahun dan telah menjalani operasi hernia pada tanggal 14 Nopember 2013. Ada keterangan dari dokter yang mengoperasinya bahwa tidak dilakukan pemotongan kantung dikarenakan terjadi pendarahan yang cukup banyak. Apakah tidak ada pengaruh untuk waktu selanjutnya bila tidak dilakukan pemotongan kantung tersebut? dan apakah ada pantangan makanan pasca operasi hernia?
      Trima kasih

      Hapus
  97. Salam Kenal..dokter.
    Saya umur 41 tahun dan pada tanggal 14 Nopember 2013 menjalani operasi hernia yang sudah diderita selama 8 tahun.
    Pada proses operasi ada pemasangan mesh tapi tidak dilakukan pemotongan kantung. Pertanyaan saya....Apakah ada pengaruh bila tidak dilakukan pemotongan kantong tersebut? dan apakah ada pantangan makanan pasca operasi?
    Terima kasih.

    BalasHapus
  98. assalamu'alaikum wrwb...met siang dok.perkenelkan say sapar disolo surakarta,saya mengalami tedun ato usus masuk kekandung kemih atau buah zakar sejak lahir,dan orang tua saya tidak mlakukan tindakan oprasi ato pengobatan gitu,dan sampe sekarang saya berumur 33 tahun,tedun itu masih dan tidak trasa sakit sampe sekarang,usus klo masuk kezakar bisa aq masukan kembalilgi keperut tanpa sakit dan mudah,jika aq ngeden gtu pasti usus masuk kezakar dan dapat aq kembalikan dgn mudah pula,trasa sakit cuman jika beraktifitas yang memerlukan tenaga agak lebih saat usus didalam zakar tidak aq kembalikan keatas/dlam perut,tpi setelah aq dorong keatas gak masalah dan gak sakit,ususnya itu seperti udah bebas dan lancar kluar masuk kezakar,jika masuk zakar aq dorong lagi masuk perut,begitu terus,apakah utuk ngatasi itu cuman oprasi dok.tpi aq takut jika oprasi,sampe sekarangpun aq biarkan karna tidak sakit,cuman agak mengganggu jika aktifitas yang berat.tolong pencerahanya dok,trimakasih sebelumnya...
    wassalamu'alaikum wrwb......

    BalasHapus

leave a comment please..