Sabtu, 08 Desember 2012

Jangan anggap enteng memar kecil pada perut akibat terbentur stir mobil

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Rupture liver | Sering kita menganggap enteng luka memar pada dinding perut . Banyak hal yang mesti diwaspadai pada benturan daerah perut.Bagaimana tidak lokasi memar di permukaan dinding perut akan memproyeksikan organ apa yang berada di bawahnya.Kasus perdarahan karena robekan pada hati baik lobus kanan maupun kiri , pecahnya limpa , robeknya lambung beserta usus halus , robekan pada ginjal , pancreas atau kandung kemih bisa terjadi akibat benturan di perut.Jadi jangan pernah menyepelekan benturan di perut.


Terlihat memar kecil yang sangat tidak berarti dari luar , kalau dilihat seperti tidak ada masalah harusnya.Bahkan beberapa kali kita menjumpai tidak ada jejas sama sekali tapi penderita mengeluh nyeri yang luar biasa dan terus menerus pada perut setelah mengalami kecelakaan yang juga tidak terlalu keras.Namun siapa nyana hantaman dari benturan di perut terutama akan dihantarkan ke organ terdekat yang ada di bawah dinding perut.

Gejala yang muncul juga tidak sama , ada benturan yang masih bisa di tahan penderita nyerinya hingga beberapa hari , namun ada yang beberapa jam saja sudah menimbulkan rasa nyeri hebat bahkan menyebabkan penderita masuk ke syok baik hypovolemic maupun neurogenik syok dalam waktu yang sangat cepat.

Daerah proyeksi kerusakan organ di bawah dinding perut dapat di lihat dari jejas atau memar pada dinding perut.Secara umum daerah ini di bagi atas 9 daerah atau disebut juga regio yaitu kanan atas , kiri atas , tengah atas , pusat lumbal atau pinggang kiri dan kanan , kiri bawah , kanan bawah dan tengah bawah.

Jika di tengah atas seperti pada gambaran di atas maka besar dugaan kita bahwa yang paling mungkin adalah  organ yang solid atau organ yang keras yaitu hati , namun organ yang berongga seperti labung atau usus besar tranversus , usus dua belas jari , kandung empedu atau pancreas bisa juga mengalami robekan.Namun apapun itu pikiran utama atau mainset utama adalah robekan di hati.

Berdasarkan keluhan nyeri yang timbul maka perdarahan masif yang terjdi akibat robekan pada hati termasuk cepat menimbulkan nyeri . Jika robekan pada usus maka tentu Haemoglobin penderita tidak akan menurun dengan cepat,Namun cairan usus beserta makanan akan menimbulkan nyeri yang hebat

.Apalagi jika lambung yang robek maka cairan lambung kita yang bisa melembutkan daging ayam atau rendang yang kita makan tentu juga akan merusak jaringan - jaringan di dalam rongga perut kita termasuk peritonium dinding perut kita yang sangat sensitif dengan sensasi kimia.

Pasien ini adalah seorang laki-laki 30 tahun pekerjaan adalah sopir yang membawa mobil travel jenis colt diesel antar propinsi , mobil penderita bertabrakan dengan mobil lain dan perut penderita terbentur pada stir mobil.Penderita langsung meraskan nyeri hebat di daerah seluruh perut setelah di lakukan pemeriksaan kadar Hb penderita secara serial tiap 1 jam mengalami penurunan yang cukup signifikan sehingga di putuskan untuk dilakukan operasi segera mencari penyebab pasti dan sumber perdarahan.Sebelum di operasi kata kunci kita jelas ada perdarahan yang masif atau cukup banyak di rongga perut.

Pada operasi seperti ini jelas kita mempersiapkan tranfusi darah untuk antisipasi jika perdarahan sulit di kontrol nantinya dan keluarga penderita yang cukup kooperatif dengan cepat menyiapkan darah yang kita minta sebanyak 2 kantong darah segar di PMI.

Setelah operasi dilakukan dengan persetujuan tertulis dari keluarga saat di lakukan pembukaan peritoneum sudah terlihat warna kemerahan membayang di bawahnya. dan saat peritoneum di buka tampak adanya perdarahan masif yang terus berlangsung seperti terlihat di gambar.

dilakukan pencucian dan sedot berulang-ulang berhasil di evacuasi darah sebanyak kira-kira 1 liter setelah di cuci berulang-ulang sambil tranfusi darah dilakukan di exsplore ternyata sumber perdarahan adalan dari pangkal liver bag sebelah kanan yang dekat sekali dari duodenum dan pancreas.Secara perlahan dan ekpose sebaik mungkin di lakukan penjahitan dengan vicryl jarum hati sebayak 8 jahitan sam pai perdarahan dapat di kendalikan . Lalu sisa-sisa perdarahan yang masih merembes di tekan dengan sponge anti perdarahan.

Selanjutnya di lakukan pemeriksaan ke daerah lain tidak di jumpai adanya masalah lain maka segera di lakukan penutupan kembali dengan meninggalkan  tube drain  di rongga bawah perut.

Dengan pemberian obat anti perdarahan post operasi drain masih terliahat produktif menghsilkan cairan kemerahan gelap yang makin berkurang sampai hari ke tiga selanjutnya hari keempat drain di buka.Kondisi penderita semakin membaik.Penderita di pulangkan setelah benar-benar dalam kondisi bisa makan dan berjalan ke kamar mandi.

Saat penderita di pulangkan kondisi liver fungsi test dalam keadaan normal dan icterus tidak di jumpai...

69 komentar:

  1. selamat malam dok,saya mau menanyakan sesuatu,4 hari lalu perut bawah saya tidak sengaja terinjak keponakan umur 6thn,saya perempuan usia 28thn,stlh kejadian itu perut saya tidak nyaman,sering terasa nyeri,tp kadang hilang dengan sendiri.apalagi untuk posisi sujud,atau tidur terlentang,terasa lebih nyeri. apakah bahaya dok?dan bagaimana penanganannya?terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak ..terinjak perut bagian bawah oleh anak umur 6 thn 4 hari yl.jika di deskripsikan jika terinjak di perut bawah bag tengah itu ada kandung kemih dan rahim di bawahnya maka bisa kita lihat dari urine jika tidak merah atau berdaran urinenya atau perdarahan dari kemaluan kemungkinan kedua organ berongga tersebut masih baik.jika perut bawah bagian kiri dan kanan maka di bawahnya ada usus besar.Jika terjadi benturan pada organ berongga usus besar ada 2 kemungkinannya yaitu perdarahan atau bocornya usus . ini sangat tergantung dari beratnya benturan pada perut.Jika ini terjadi tentu ada gejala berupa sakit dan tegang pada rongga perut bagian dalam dengan disertai demam yang hebat.

      jika melihat besaran trauma dan waktu yang telah berlangsung maka saya lebih meyakini nyeri berasal dari otot dinding perut yang dalam beberapa hari kedepan akan semakin berkurang sebab nyeri sekarang lebih menonjol jika di gerakkan. namun jika dalam 1 minggu makin bertambah sakit mohon konsultasikan ke dokter. tks

      Hapus
    2. Maaf dokter...jika tiada demam hanya nyeri bagaimana

      Hapus
  2. assalamualikum,,,
    terima kasih atas artikelnya dok, begini saya ingin menanyakan, perut saya keluar benjolan pasca kena hantam setir motor, apakah bahaya dok?? bagaiman penanganannya? terima kasih banyak dok,,
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak indana ... benjolan pada perut akibat benturan dptmenimbulkan manifestsi klinis yang beragam.yg berbahaya tentu jika terlalu keras sehingga menimbulkan rasa sakit dan terganggunya pergerakan usus.apalagi jika sakit perut yg di sertai penurunan kadar haemoglobin berupa perdarahan yg terjadi di dalam perut.Jika hanya bengkak dan sedikit nyeri kemungkinan suatu hematom.jika hematom saja hanya di awasi saja dan di beri obat anti biotik dan pengurang nyeri . Jika masih nyeri coba konsultasi dengan dokter bedah demikian terimakasih.

      Hapus
  3. dok,saya kemaren juga kena stir motor dok, gara2 ditabrak mobil dok, pas kclakaan itu, saya merasa nyeri sekali dok, sampai pemdangan saya memerawang dok. stlah 1 hri, perut saya juga masih sakit dok, tapi sakit y disebelah kanan hilang dok, tggal y d tengah bgian bawah prosesus sipoideus dok. tapi ga ada memar dok, kalau beraktifitas, rasanya sakit dok. makasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya..syukurlah nyeri sudah semakin berkurang ..dan nyeri pada prosesus xyphoideus lebih cenderung ke bagian atas terutama rongga dada . memang benar bahwa nyeri pada bagian atas sangat di pengaruhi oleh pergerakan otot - otot dada sewaktu anda bernafas sehingga nyeri di bagian atas akan berlangsung sedikit lebih lama di bandingkan dengan nyeri di bagian bawah atau tengah. kecuali jika benturan di bagian bawah ada melibatkan kerusakan pada organ-organ di dalam. harap tetap di amati dan kontrol ke dokter terdekan jika timbul keluhan yg serius tks.

      Hapus
  4. Dok, desember 2008 saya juga pernah operasi serupa bedanya perdarahan terjadi akibat limpa dan liver yang sobek. Setelah itu saya 3 kali harus opname karena SGOT dan SGPT yang tinggi. Syukurlah sekarang saya sudah sehat. Tapi dok, saya masih sering khawatir mengenai efek jangka panjang limpa dan liver yang pernah luka tersebut. mohon penjelasannya. makasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..dari paparan anda yg juga pernah mengalami operasi dengan indikasi rupture atau robekan pada limfa dan liver . sebenarnya yg sering menyebabkan peninggian hasil lab SGOT dan SGPT tentu adalah cedera pada hatinya pada awal trauma dan ada robekan pada hati tentu mesti di jahit jika ada robekan dan perdarahan sehingga itu butuh waktu buat pemulihan. Khusus untuk limfa tidak perlu di khawatirkan sebab limfa jika hancur dapat kita buang langsung apalagi pada orang dewasa.Pengalami tidak begitu bermasalah kecuali jika terjadi pada anak biasanya kita tanam jaringan limfa yg masih baik di otot perutnya.tks

      Hapus
  5. Selamat siang dok,saya beberapa minggu yg lalu menjalani operasi usus buntu,smpai sekarang luka setelah operasi msh ad biru2 atau memar..itu bahaya ga ya dok???kl konsultasi di sini katanya ga papa dan ga berpengaruh sm operasi,bnr ga dok??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...mohon dijelaskan lagi beberapa minggu tadi jika satu atau dua minggu memar dan biru-biru mungkin masih normal..jika luka kering memang sebaiknya anda lebih tenang dan sering memar seperti itu bisa muncul karena setiap operasi pasti ada pembuluh darah arteri dan terutama pembuluh balik atau vena yg terpotong dan jika kontrol perdarahan kurang baik atau ada ggn dan perlambatan faktor pembekuan darah di tubuh anda maka perdarahan dari pembuluh-pembuluh kecil bisa saja terjadi dan tentu perlu waktu untuk berkurang dan menghilang.

      Hapus
  6. Selamat pagi pak..
    Mama sy jumat lalu mengalami kecelakaan..trus dia mengalami benturan di area perut karena stir motor. Skarang ada memar banyak di perutnya berwarna ungu dan merah..juga ada benjolan sebesar telur. Bagaimana pak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak selvie...mama anda mengalami benturan pada perut kira 4 hari yl.ada benjolan , merah dan berwarna ungu..Memang benar kita mesti hati-hati dan waspada terhadap setiap ada benturan pada perut , kenapa ? ..karena didalam rongga perut kita itu isinya banyak sekali organ-organ vital yang lembut bahkan sangat lembut beserta pembuluh darahnya. Jadi setiap benturan harus kita awasi dan observasi terutama terhadap kemungkinan cederanya organ - organ dalam . terutama untuk keluhan sakit di dalam rongga perut , rasa kembung yang hebat , mual dan muntah2 , penurunan Kadar Haemoglobin darah ,mata yang menjadi kuning , Bab dan bak yg tidak normal dll yg merupakan tanda cederanya organ didalam dinding perut. Jika tanda seperti ini anda lihat dan rasakan di alami oleh mama anda sebaiknya anda cepat konsultasikan ke dokter atau ahli bedah. benjolan dengan warna merah dan biru mungkin itu suatu hematom pada dinding perut jika minimal akan hilang dengan sendirinya secara perlahan-lahan tanpa perlu di opersi.tks

      Hapus
  7. selamat sore dok, saya mau tanya. tadi siang suami saya kecelakaan motor. trus perutnya membentur setang motor. ada warna biru diatas pusar. dia juga merasa nyeri yang hebat sampai saat ini. lalu apakah itu juga termasuk dalam penjelasan diatas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..mbak, suami anda baru saja mengalami kecelakaan dan perut terbentur stang motor , ada warna biru di daerah sekitar pusar. lalu hingga saat ini masih merasa nyeri yang sangat hebat..Jika rasa nyerinya semakin hebat , tentu sebaiknya anda periksakan perut anda ke dokter apalagi sudah mulai perut gembung dan membesar di serta dengan demam yang tinggi .
      Jika ada benturan yang sampai mencederai usus , biasanya bisa di ketahui dokter dengan melakukan pemeriksaan klinis , laboratorium dan foto x ray perut dalam posisi tegak berdiri. Jadi pastikan dulu dengan memeriksakan perut anda ke dokter atau ke rumah sakit . Jika nyeri hanya akibat benturan sebatas didinding perut dan otot perut tentu relatif lebih aman di banding adanya robek , luka atau perdarahan pada organ berongga seperti usus dan lambung atau organ padat di spt hati , limfa , ginjal dll. tks

      Hapus
  8. sore dok. saya marwan
    terimakasih, infonya sangat membantu sekali dok.
    saya ingin menanyakan. kalau saya habis jatuh dan yang terbentur adalah perut saya.
    saya merintih kesakitan kurang lebih 30. menit, karena untuk nafas sangat nyeri.
    dan kondisi saya saat ini masih merasakan nyari di perut.
    dan kenapa perut saya itu selalu merasa kenyang meskipun tidak makan.
    tapi ketika saya makan itu normal normal aja/ tidak nyeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas marwan , anda mengalami benturan yang nyeri hingga selama 30 menit dan nyeri juga saat bernafas..kami belum dapat informasi sudah berapa lama anda mengalami benturan dan seberapa kuat benturan tsb ? jika saat ini anda bisa makan , tanpa muntah dan gembung serta nyeri yang makin berkurang mungkin anda butuh observasi dan pengawasan saja dan jika perut tegang dan nyeri makin menghebat di serta demam mungkin anda harus memeriksakan diri ke dokter terdekat tks

      Hapus
  9. selamat malam dok,
    saya sangat bersyukur dapat menemukan blog ini,
    begini dok, beberapa hari yang lalu, ibu saya sempat kecelakaan jatuh dari motor, lalu kepala ibu saya terbentur di jalan raya dan sempat pingsan 30 menit. secara fisik tidak ada yang parah, hanya memar ringan di wajah ibu saya.
    tapi beberapa hari kemudian, ibu saya mengeluh pusing yang berat dan memar kembali di wajahnya. padahal sebelumnya memar di wajah ibu saya sudah sembuh dok. apakah ibu saya kena gejala geger otak dok ??
    saya sangat bingung, tolong solusi nya dok.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya nurdiana ...ibu anda mengalami benturan di kepala dan sempat tidak sadar selama setengah jam ..cukup lama keadaan tidak sadar nya . dan kembali beberapa hari berikutnya ibu anda mengalami pusing yang hebat.

      Secara umum tentu cedera pada kepala tidak jauh berbeda dengan cedera pada perut dimana memar atau benturan yang tidak luas dapat mengancam keselamatan penderita..

      Untuk lebih pastinya penyakit orang tua anda sebaiknya di lakukan konsultasi ke ahli bedah atau neurology dan jika memungkin dilakukan pemeriksaan head ct scan , karena bisa saja hanya bengkak seperti yang anda duga atau malah ada perdarahan yang sedang berlangsung di dalam rongga kepala . Jika kemungkinan perdarahan sudah dapat disingkirkan maka tentu anda akan lebih tenang..tq

      Hapus
  10. selamat siang dok.
    terima kasih atas infonya...
    dok,saya ingin menayakan,tadi malam saya latihan pencak silat,dan saya mengalami benturan yg cukup kuat dibagian perut kiri akibat tendangan dok...waktu kejadian rasa nyerinya tidak begitu terasa,karena saya masih bisa tahan...tapi siang ini perut saya terasa sakit dok,nyeri melilit,dan keram...waktu saya makan terasa perih dok.
    mohon informasinya dok,apa yang terjadi dan apa yg yang harus saya lakukan dan aktivitas apa yg harus saya kurangi.
    terima kasih dok.

    salam...@arief_pontianak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya arief..anda mengalami benturan akibat tendangan yang cukup kuat 1 hari yang lalu dan saat ini perut nyeri dan kram . Jika anda masih bisa beraktifitas seperti biasa mungkin masih ada tempat untuk observasi saja . Namun jika kwalitas nyeri semakin hebat disertai kembuh , muntah dan sulit buang angin anda mesti waspada . Sebab organ-organ di dalam ringga perut adalah jenis yang lembut dan mudah rober , memar atau berdarah . sehingga perlu mendapat perhatian serius . Jika nyeri yang makin meningkat segera konsultasikan ke dokter terdekat atau igd. Saat ini sebaiknya hindari aktifitas yang berat dan melakukan massage atau pijat didaerah perut . makan upayakan yang tidak merangsang seperti pedas , asam dan dikunyah lebih lama supaya lembut masuk ke lambung...tks

      Hapus
  11. Selamat Malam Dokter...
    Terimakasih banyak atas informasinya.
    Mohon Maaf dokter, Bapak saya umurnya 60 tahun, sebulan yang lalu mengalami kecelakaan dan patah tulang pada paha sebelah kanan. akhirnya dioperasi untuk mengganti tulang bonggol pangkal paha. Alhamdulillah operasi berjalan lancar. namun ternyata selama bapak saya mulai dari kecelakaan hingga saat ini yang dikeluhkan adalah perut. perut bengkak dan rasanya sakit. setiap buang air besar warnanya merah kehitam-hitaman. waktu masih sekitar seminggu setelah kecelakaan sering muntah-muntah darah kental seperti kopi. Keterangan dari dokter bapak mengalami luka pada lambung akibat benturan. selama kurang lebih satu bulan ini bapak saya dirumah sakit sudah menghabiskan 16 kantong darah dok untuk menyetabilkan HBnya.
    Yang ingin saya tanyakan dok, Bagaimana dengan bapak saya apakah perlu dioperasi untuk mengobati lambung yang luka akibat benturan atau hanya perlu bengobatan saja.
    Yang kedua, ada beberapa rekan yang mengatakan agar bapak saya diberi jamu untuk mengobati luka pada lambung tersebut dengan meminumkan air perasan kunyit dan temu lawak serta madu. apakah itu diperbolehkan dok..?
    Terimakasih sebelumnya,
    Salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya..orang tua anda mengalami kecelakaan dan patah tulang paha serta saat ini telah dilakukan operasi mengangkat bonggol paha dan mengganti dengan bongkol buatan sejak 1 bulan yll. Kondisi sekarang masih muntah dan bab darah warna kehitaman dan sudah menghabiskan 16 kantong darah.

      Masalah operasi tulang adalah berbeda dengan di perut tentunya . dan perlu ditangani secara terpisah serta oleh ahli yang berbeda. tulang lebih ke ahli orthopedi dan perut lebih ke ahli bedah digestif atau sal cerna. Mungkin perlu di lakukan pemeriksaan yang serius untuk ke sal cernanya saat ini dan permasalahan tulang dan panggul telah selesai. selanjutnya yang mesti dilihat apakah ada obat-obat pada bagian tulang tersebut yang menyebabkan gangguan atau iritasi pada lambung dan usus...tks

      Hapus
  12. slmt siang Dok sy mau tny, saya jatuh dari motor dan terkena setang d bagian dekat pusar, sudah 3-4 hari bagian agak pinggir dari pinggang saya sakit klo bgn tidu, tertawa, tarik nafas panjang, bersin, batuk. Tidak ada kluhan lain spt muntah atau sulit mkn atau buang air... apakah berbahaya? Terimakasi byk kpd dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..anda mengalami benturan pada bagian perut dekat pusar..sejak 4 hari yl..masih terasa nyeri jika beraktifitas...bab dan bak tidak berdarah , perut tidak tegang dan tidak muntah serta kembung..jika tidak ada nyeri yang semakin hebat mungkin anda perlu di awasi saja hingga 1 mgg ke depan dan di evaluasi setiap 2 hari jika nyeri semakin berkurang atau menghilang maka mungkin tidak perlu terlalu khawatir . mungkin tidak ada kejadian akut yang perlu tindakan operasi segera. namun jangka panjang mesti selalu di waspadai..misalnya perut gembung dll tks

      Hapus
  13. Selamat pagi Dokter, salam kenal.

    4 hari lalu saya sempat tidak sengaja terkena pukulan dan tendangan di bagian perut (atas dan bawah). Sejak itu yg saya rasakan adalah nyeri yg luar biasa di bagian itu hingga untuk menarik nafas pun sakit. sehingga 2 hari lalu saya ke RS untuk check dan dokter yg Menangani saya menemukan ada memar di perut saya, dan menemukan lambung saya sedikit robek dan menjelang infeksi. Saya hanya dianjurkan untuk Rawat jalan terlebih dahulu. Apakah keadaan yg seperti ini tidak masalah kalau Rawat jalan saja Dok? Karena sampai hari ini saya masih merasakan sakit yg luar biasa pada perut saya.

    Terima kasih sebelumnya.
    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami benturan tumpul ok tendangan di perut kami pikir ini mesti ditelaah lagi apakah tendangan tersebut kuat dan di lakukan oleh orang yang badannya besar , laki dan terlatih atau gmn ? dan apakah anda berobat ke rumah igd rumah sakit dan ke dokter umum ? Kami kurang yakin atas diagnosa lambung robek tersebut maksudnya seperti apa dasn bagaimana pemeriksaan yang telah dilakukan . Jika masih sakit yang hebat di perut sebaiknya dilakukan kontrol ulang , pemeriksaan x ray , usg perut atau CT abdomen . lebih baik anda yakin aman dari pada ditahan-tahan di rumah dan ketahuannya saat sudah buruk.

      Nyeri di dada atau perut atas memang bisa terasa lebih lama karena berkorelasi dengan gerakan pernafasann yang turut menekan diafragma dan iga bawah ke arah abdomen sehingga nyeri akan lama baru berkurang .. tks

      Hapus
  14. Selamat siang dok,perkenalkan saya endang dua hari yg lalu saya tertabrak sepeda motor dan karena saya merasa kuat menahan sakit saya diantar pulang ternyata sampai dirumah saya sudah dalam kondisi pingsan, tidak ada luka yg berarti sih dok, hanya saja sewaktu saya sadar saya merasakan sakit yg luar biasa di perut bagian kiri bawah spai bawah pusar dan ternyata fidaerah tersebut menghitam karena memar..
    Apakah ini berbahaya dokter, mengingat. saya pernah operasi Caesar Dan menstrual itu termasuk dalam bekas jahitan yang kebetulan vertikal kebawah pusar, Dan saya rasakan saya jd lbh sering BAK dan perut terasa begah...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mbak endang anda mengalami kecelakaan dan benturan pada perut .dan terlihat memar.anda saat ini merasa sering bak dan bengah. Mungkin saya butuh informasi sudah berapa lama anda megalami benturan ini ? jika ada perdarahan atau robekan pada usus maka proses infeksi dan perdarahannya akan berlangsung cepat dan bisa diserta sesak. untuk dapat gambaran pasti sebaiknya anda melakukan konsultasi ke dokter bedah atau bedah saluran cerna , jika di perlukan di lakukan pemeriksaan x ray abdomen atau ct abdomen..tks

      Hapus
  15. Selamat malam dokter, perkenalkan Nama saya deni, saya cukup bersukur menemukan blog ini. Dokter ada Hal yang ingin saya Tanya kan,
    1. Apa kah cedera / memar di hati akibat benturan memerlukan waktu yg lama untuk sembuh.
    2. Obat apa yg bisa di konsumsi untuk Hal ini.
    3. Apa kah di perbolehkan mengkonsumsi herbal?

    BalasHapus
  16. Selamat malam dok, perkenalkan Nama saya deni, ada Hal yang ingin saya tanyakan
    1. Apa kah cidera/ Luka/ memar di hati cukup lama proses penyembuhannya.?
    2. Obat atau treatment apa kah yang bisa di lakukan untuk membantu proses penyembuhan?
    3. Apakah boleh obat herbal di konsumsi?
    Demikian pertanyaan dari saya dokter.. Terima kasih

    BalasHapus
  17. Selamat sore dan salam kenal ya..deny ..anda mengalami trauma atau benturan di hati mungkin setelah kecelakaan ya..? jika ada perdarahan atau robekan di hati atau robekan pada pembuluh darah hati maka emergensinya adalah operasi membuang darah yang sudah menumpuk dan menjahit kembali hati yang robek tersebut. kalau ada pembuluh darahnya yang robek mesti di perbaiki atau di sambung., memar atau hematom pada hati sulit terdeteksi dengan pemeriksaan fisik saja . perlu pemeriksaan usg , ct scan perut atau MRI. obat yang bekerja cepat tentu tidak ada namun ada obat yang memperbaiki fungsi hati seperti cursil yang juga terbuat dari bahan alami seperti kunyit dll. lalu menghindari-obat yang memperberat funsi hati untuk sementara waktu seperti obat parasetamol dll. tks

    BalasHapus
  18. Dok Selamat sore saya jatuh dari pohon dalam keadaan jongkoksepertinya nyeri dan tidak ttp skrg sdh brkurang apakah tidak apa apa Dok atau hanya Saya yg terlalu Khawatir saat mandi saya mual dan memuntahkan warnanya merah memang saya habis makan keripik balado tp hanya dua pakah tidk apa Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya .. kami senang dengan judul anda dengan panggilan manusia yang bersyukur ... memanglah seharusnya kita semua mesti begitu sehingga secara psikologis ini bernilai positif bagi perbaikan tubuh secara fisik dan jiwa. serta membuat kita menjadi lebih sabar . Anda terjatuh dalam posisi jongkok setinggi berapa beterkah kira 2 ?. anda mengalami muntah darah , seberapa banyak ? dan berwarna merah segar atau atau kehitaman dan frekwensi berapa kali ? ..Namun sebagai indikasi bahwa adanya robekan pada organ dalam spleen , hati atau atau usus . anda akan merasa nyeri hebat , gembung ,dan sulit bab . bisa karena perdarahan di rongga perut atau adanya isi usus yang keluar dari lumen atau lobang usus ke dalam rongga perut sehingga akan terjadi infeksi pada rongga perut.jika sudah seperti ini maka pilihan operasi mesti segera untuk mencari bagian yang bocor dari usus atau mencari sumber perdarahan dan menghentikannya serta membersihkan rongga perut dari darah atau kotoran yang banyak dirongga perut. tks

      Hapus
  19. Selamat malam dokter , perkenalkan nama saya cindy .. saya ingin bertanya belakangan ini saya merasa nyeri dibagian atas perut atau tepatny di bagian hati sebelah kiri smpai ke tengah terasa nyeri .. dan bila ditekan terasa susah untuk bernafas .. dan saya merasa sperti sesuatu yg mulai membengkak dibagian itu .. apakah itu berbahaya dok? Mohon jawabannya dok . Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya cindy ... anda mengalami rasa nyeri di bagian atas rongga perut dan bila di tekan terasa sesak untuk bernafas. Mungkin anda perlu lebih memperjelas spesifikasi nyerinya , mungkin juga di serta dengan kembung dan rasa mual yang hebat .. atau adakah riwayat benturan atau truma pada rongga perut . jika tidak ada mungkin anda mesti memperbesar dugaan pada lambung yang mengalami iritasi atau perlukaan . pemeriksaan endoskopi atau yang lainnya mesti dilakukan untuk memastikan kelainan ini dan jika masih baru mungkin dengan obat-obatan penyakit anda bisa membaik dan dengan disertai menjaga pola makan ..tks

      Hapus
  20. Malam dok, pacar saya mengalami kecelakaan. Beberapa jam kemudian dia muntah2 darah dan sakit di bagian dada. Setelah di periksa dokter mengatakan ada luka di bagian hatinya. Apakah harus di operasi dan berapa besar kemungkinan selamat saat dioperasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..lambok ..teman anda mengalami kecelakaan dan muntah 2 darah dan sakit di dada. . dan telah di lakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis apa ? dinyatakan ada luka di bagian hati atau liver.serta di anjurkan operasi. Jika telah dilakukan pemeriksaan oleh seorang ahli bedah baik secara klinis dan pemeriksaan penunjang lain seperti laboratorium USG dan foto polos abdomen lalu di curigai adanya perdarahan serta gambaran sumber perdarahan yang berasal dari hati. di tambah keluhan sakit perut yang hebat , pasien pucat dengan Haemoglobin yang terus menurun maka pilihan operasi membuka perut untuk mencari sumber perdarahan harus di lakukan...itu mungkin salah satu cara yg paling baik untuk menolong dan menyelamatkannya . kecepatan operasi dan waktu sangat berpengaruh untuk menolong teman anda tsb..

      namun jika muntah darahnya saja yg menjadi patokan itu bukanlah satu-satunya indikasi untuk melakukan operasi membuka perut ( eksplorasi laparotomy). perlu konsultasi dan pemeriksaan yang lebih lengkap dan teliti semoga berhasil baik tks

      Hapus
  21. Dokter . Saya punya keluhan .
    Dibagian atas perut saya sakit dok . Sempat tdk bisa bernafas . Karena terkena tendangan teman saya ..

    Itu kira2 kenapa ya dok .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya ..anda mengalami trauma akibat tendangan di daerah perut dan saat ini mengalami sakit dan sulit bernafas. Sudah berapa lama anda mengalami tendangan tersebut..?.jika telah lama sebaiknya anda periksakan ke ahli bedah atau dokter bedah saluran cerna agar cepat di ketahui apakah ada kelainan bermakna di dalam rongga perut anda . biasanya pemeriksaan usg atau pemeriksaan CT scan rongga perut dapat mendeteksi kelainan 2 yang mungkin ada. tks

      Hapus
  22. pagi dok, perkenalkan saya selamat prayadinata, saya memiliki anak umur 11 tahun menagalami sakit perut akibat benturan. sudah dua hari dua malam masih nyeri, makanpun sedikit sudah kenyak, luka lecen di pinggang, sempat muntah dua kali. dan kini kami orang tua maerasa was-was akan traoma yang dialaminya, masih dalam opserpasi medis, gimana solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..maaf terlambat merespon coment anda...anak anda mengalami benturan di perut sudah dua hari masih terasa nyeri dan saat ini dalam observasi. sudah benar penatalaksanaan anda di rumah sakit ,,,saat ini di awasi untuk menilai jika ada bagian yang bocor dari usus akan terlihat berupa rasa nyeri yg semakin hebat maka tanda-tanda infeksi seluruh lapangan perut semakin jelas maka tindakan operasi akan menjadi pilihan...tks

      Hapus
  23. Assalamua'laikum
    Selamat malam dok, malam tadi saya mau mengusir kucing yang berkelahi, karena suasana hujan jadi lantai rumah saya licin, dan waktu saya ingin mengusir kucing itu saya kepleset ke depan sehingga perut saya terbentur ke dinding rumah. Ketika terbentur perut saya nyeri dan sakit, juga saya serasa ingin muntah karena baru sudah makan. Perut saya yany terbentu bagian kanan dibawah rusuk sedikit. Apakah ada dampaknya dok? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb mbak siti hafiza salam kenal dan maaf terlambat merespon pertanyaan anda karena kesibukan . anda mengalami benturan pada perut jika muntah saja bisa di maklumi ...namun perlu di waspadai jika sakit perut anda terus berlanjut disertai gembung ...jadi perlu anda awasi dan kontrol ke dokter jika anda merasakan nyeri yang makin hebat ..karena efek dari benturan atau yang sering di sebut cedera tumpul pada perut bisa menyebabkan perdarahan atau bocor yang akan menyebabkan nyeri dan bisa membahayakan anda tks

      Hapus
  24. Sore dok,saya mau tanya,5 hari yang lalu saya kecelakaan,lalu lebamnya besar sekali diperut dekat pinggang,saya sudah minum obat antibiotik dan mengoleskan trombophob kenapa bengkaknya tidak berkurang sama sekali ya dok?yang berkurang cuma lebamnya,tapi bengkak dalam perutnya tidak mau berkurang,kalau dipegang seperti ada benjolan,bagaimana dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...benjolan di perut itu kemungkinan hematoma atau tumpukan darah di bawah kulit....jk terlalu besar sulit di serap kembali dan bisa berobah menjadi abses atau jika menyembuh akan sangat lamat dan berobah jadi jaringan fibrotik..sebaiknya di lakukan evakuasi atau mengeluarkan tumpukan darah tersebut dimana anda berdomisili...? tks

      Hapus
  25. Pagi dok... kemarin saya jatuh dari motor karena selip. ketika jatuh saya berusaha menahan jatuh saya sehingga ketika jatuh badan saya terdorong kearah depan dan jatuh ke kanan sehingga perut kanan bagian bawah saya terbentur spedometer dan dada payudara sebelah kanan bawah terkena spion. pasca jatuh saya tidak mengalami muntah2 ataupun pusing. tetapi memang cukup nyeri di kedua bagian yang terbentur tersebut. setelahnya saya pijit pelan sendiri dengan minyak urut dan kadang saya kompres dengan air dingin. kawan saya ada yg menyarankan minum obat anti radang nonflamin saja terlebih dahulu. rasa nyerinya sudah jauh berkurang namun masih agak terasa terutama jika ditekan.
    saya khawatir karena takut kenapa2 apalagi rahim dan payudara. tetapi memang tidak ada keluhan memar atau keluar bercak darah, dan tidak ada keluhan juga saat BAB, BAK maupun buang angin. Saya berharap ini hanya trauma biasa saja. Apa masih tidak apa2 ya dok?
    Mohon jawabannya ya dok, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..benturan di dada dan perut jika kuat tentu akan menyebabkan rasa nyeri yang hebat ...benturan didada yang di takutkan tentu perdarahan atau adanya bagian tulang dada yang patah , sedang di perut tentunya adanya bagian rongga perut yang luka baik usus , ginjal , kantong kemih , hati , limpa dll manifest perdarahan ,sakit dan kembung akan sering menyertai benturan itu jika trend nyeri yang meningkat atau sesak nafas sebaiknya anda periksakan ke dokter atau rs terdekat tks

      Hapus
  26. Selamat siang dok. Saya mau bertanya , saya wanita berumur 18 tahun. Perut saya belum lama ini terinjak oleh keponakan saya yang berumur 8 tahun, kejadian sekitar pukul 1 tengah malam. Saat itu saya sedang tertidur dilantai dan keponakan saya tidur diatas ranjang yang lumayan tinggi dan ketika tidur dia terjatuh dan menginjak perut saya, pada saat itu saya hanya merasakan sakit yang tidak begitu parah. Tetapi ketika pukul 5 subuh saya terbangun dan perut saya sangat sakit hingga saya menangis kesakitan seperti kram. Dan sampai saat ini perut saya sakit jika menarik nafas dalam2 dibagian uluh hati dan sakit dibagian perut bawah sebelah kiri. Apakah tidak apa2 dok? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anak 8 tahun dengan berat sekitar 25-30 kg terinjak dari ketinggian dapat menimbulkan cedera yang cukup berat sebaiknya anda memeriksakan masalah perut anda tersebut ke dokter terdekat dan selalu untuk waspadadi rumah jika perut sakit makin berat , kembung , perut menjadi tegang dan sulit buang angin itu adalah tanda-tanda yang mesti di waspadai dan saat yg seharusnya untuk segera ke rumah sakit tks

      Hapus
  27. Malam dok nama saya juang GW.skitar 4 hari yg lalu saya mengalami kecelakaan motor dgn perut saya terhantam stang motor kemudian sy dibawa ke RS dan didiagnosa terkena trauma tumpul tp pada perut sya tdk trdapat memar,2hari brikut saya dperbolehkan pulang tapi smpai sekarang perut saya sekitar limpa masih terasa nyeri dan seperti terlilit.mohon solusinya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..trauma tumpul yang anda alami sepertinya belum memperlihatkan adanya indikasi untuk operasi ..namun ini tentu dengan catatan bahwa tetap mesti selalu di awasi dan dikontrol sehingga segala gejala yang membahayakan dapat di ketahui secara dini tks

      Hapus
  28. selamat sore dok. perkenalkan nama saya arina. saya mmpunyai keponakan usia 6 tahun dengan tidak sengaja saya menendang dia bagian dada. dia kesakitan dan memaksa untuk bernafas. apa akibatnya dan apa yang harus segera dilakukan. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..benturan atau trauma pada dada memang akan menimbulkan nyeri yang hebat dan rasa sesak nafas yg cukup lama ..jika sesak yg masih hebat anda bisa lakukan konsultasi ke dokter atau dokter bedah terdekat jika pada pemeriksaan ada tanda gangguan fisik mungkin juga dokter nantinya akan meminta pemeriksaan x rau dada.tks

      Hapus
  29. Asalamualaikum dok ... Sy mau tnya ...td sore saya tidak sengaja menendang anak sy berusia 3 thn , waktu sy berlari mengejar adek nya yg mau keluar rumah... Klo g salah anak sy itu kehantam lutut saya trus kiya berdua jatuh tersungkur dengan posisi sy diatas anak sy di bawah terlentang tertindih kaki sy ...setelah kejadian dy katanya merasakan sakit di bagian perutnya trus muntah2 dri keluar nasi sampai air saja.... Trus dy hilang nafsu makan cuman mau minum ... Tp selang 20 menit dy muntah lg sudah sy coba dua kali sperti itu trus.... Tp setelah 3 jam dri kejadian setiap sy tnya "sakit g nak perutnya"? dy blang g.... Trus itu kira2 sakit apa nya y dok... Perludi ronsen g?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb...selamat malam dan salam kenal ya mas..anak anda mengalami benturan dan tertindih badan anda dan mengalami muntah yg berulang ...ini perlu anda waspadai kemungkinan ada sesuatu yang bermasalah di dalam rongga perut anak akibat benturan tumpul tersebut ...sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak agar lebih singkron pemeriksaan langsung oleh dokternya dengan hasil pemeriksaan foto x ray atau ct scan abdomen dll. meski saat ini belum merasa sakin anda mesti selalu mengawasi sampai beberapa hari agar di ketahui dengan cepat jika perutnya sakit di tekan atau di sentuh atau ada terasa tegang pada perut...tks

      Hapus
  30. Selamat malam dokter, saya ayu 26th, 5hari yg lalu saya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan bagian pinggang sampai paha saya sakit karena terbentur aspal, untuk lebam di bagian badan saya sebagian sudah menghilang perlahan, tapi dibagian pinggang terutama di pantat (maaf) masih lebam dan terasa nyeri, dan sudah satu minggu ini saya hanya buang air besar 2 kali itupun terakhir tiga hari yg lalu. Apakah hal seperti ini wajar, dok? Kalaupun berobat apakah cukup hanya konsultasi dg dktr umum atau harus ke dokter spesialis? Mohon sarannya, dokter..terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..ayu..perlu anda kenal dan ketahui bahwa benturan hebat yang berbahaya dan mesti di waspadai adalah benturan di daerah perut yang menyebabkan sakit pada perut bagian dalam dan menyebabkan gembung atau perut menjadi tegang akibat adanya perdarahan dari organ intra atau di dalam perut atau adanya organ berongga seperti usus yang menyebabkan robekan usus sehingga menyebabkan isi usus yang relatif kotor dan mengandung kuman pencernaan masuk ke dalam rongga perut dan menimbulkan infeksi menyeluruh di rongga perut dengan nyeri dan sakit yang hebat..melihat waktu yg sudah berlangsung 5 hari dan nyeri yang anda rasakan tidak begitu hebat dan cenderung mulai berkurang maka kemungkinan sesuatu yg darurat sudah bisa kita anulir..namun untuk melihat dan mencari sesuatu yg lain anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter spesialis bedah atau bedah saluran cerna tks

      Hapus
  31. Selamat malam dok.. Saya mau tanya.. Beberapa jam lalu saya mengalami benturan di dada saya dok sampai saat ini dada saya sakit dan nyeri dok,, kalo untuk bangun dan nafas panjang dong,, tolong di bales ya dok

    BalasHapus
  32. Siang dok,saya mau menanyakan anak saya umur 8 tahun tidak sengaja dilempar helm sama om nya di pinggang sebelah kanan,waktu kejadian anak saya menangis keras dan pinggangnya sakit,saya kasi trombopop penghilang memar,selang 2 hari waktu memandikan saya lihat memar dipinggangnya tdk terlalu kentara,tapi pada saat disentuh untuk menggosok sabun dia mengeluh sakit jika tertekan,itu bagaimana ya dok mengingat organ dibawah pinggang kanan adalah ginjal,ama cuma memar kulit pinggang atw ada indikasi ke organ dalam.terimaksih dok....

    BalasHapus
  33. Malam dokter,
    Dok sy susi dr Medan.Kakak saya sebulan yg lewat mengalami mobil menabrak pohon.kk saya terhentak dikursinya.setelah itu kk sy merasakan sakit dipangkal paha kiri dan juga ( maaf )vagina sebelah kirinya.dan skrg pinggang juga sakit.
    Sudah diurut beberapa x dan tdk ada perubahan.jika kakinya telentang,maka kaki kirinya tdk bisa diangkat ke kaki sebelah kanan tanpa bantuan tangan.
    Mohon bantuannya dok,apa yg hrs dilakukan.
    Terimakasih bnyak dokter.

    BalasHapus
  34. Siang dokter,
    saya baru saja kecelakaan tunggal gara-gara ban depan bocor.tidak mengalami luka serius,tetapi ada lebam kecil di daerah sebelah kanan bawah bagian perut,saya tidak merasakan nyeri namun jika ditekan lebamnya cukup sakit, mohon bantuan dan penjelasan apa yang harus saya lakukan dok.
    Terimakasih bnyak dokter

    BalasHapus
  35. Salam kenal Dokter... :)
    Saya terpeleset ketika menguras kamar mandi dan terjatuh dengan posisi perut membentur bath tub batu dgn sangat keras.
    Setelah dilakukan USG Abdomen dan X-Ray, ternyata bbrp ruas iga retak dan limpa mengalami minor haemorrhage. Saya diminta bedrest selama sebulan.
    Apakah kondisi saya ini sangat berbahaya? Perlukah pemeriksaan tambahan? Sudah tepatkah terapi dgn hanya bedrest saja?

    Terima kasih banyak sebelumnya, Dok...

    BalasHapus
  36. selamat siang dokter,
    salam kenal.Saya mau tanya.. 15 tahun yang lalu saya mengalami kecelakaan/benturan di perut saya dan dioperasi karena mengalami pendarahan.pertanyaanya dok sampai saat ini kadang masih merasakan gatal disekitar bekas luka operasi.apakah hal itu wajar atau ada masalah yang laen..Mohon bantuannya dok,apa yg hrs dilakukan.
    Terimakasih

    BalasHapus
  37. Selamat Pagi dok, saya julius dari jakarta, ibu sya sakit pda perutnya, sebelum nya ibu sya prh jatuh, mau menanyakan tentang memar di perut sebelah kiri ibu sya, sampai skr sakit nya kalau lg kambuh sakit sekali dan seperti keras di gigit , apa kah itu membahaya kan dok,
    Terima kasih

    BalasHapus
  38. Selamat siang dok.
    Saya seorang atlit beladiri. Kemarin saat saya latihan karena telat tqnpa pemanasan. Langsung bertarung, entah bagaimana kejadiannya. Apa saya tertendang atau saat sama-sama menedang. Tiba setelah latihan saya lihat tepat diselakangan atau paha kanan atas benjol. Saya anggap biasa. Besoknya ketika bangun tidur saya meriang dan tidak bisa jalan. Sekarang sudah 3 hari sudah bisa jalan, tapi memar dan benjol masih ada. Agak sakit dipakai jalan. 2 hari saya panas dingin. Sekarang sudah tidak panas, tapi memar dan benjol masih ada. Saya berikan voltaren gel untuk oles dan voltaren pil untuk diminum. Mohon informasi dok. Terima kasih

    BalasHapus
  39. Apakah bisa sembuh total dok?

    BalasHapus
  40. Dok tolong bagi tau obat luka habis operasi..
    Karna sudah 8 bulan lebih setelah operasi perut dekat bawah pusar masih ada keluar darah..
    Apa perlu pergi ke rumah sakit lagi..
    Thank you dok..

    BalasHapus
  41. Dok tolong bagi tau obat luka habis operasi..
    Karna sudah 8 bulan lebih setelah operasi perut dekat bawah pusar masih ada keluar darah..
    Apa perlu pergi ke rumah sakit lagi..
    Thank you dok..

    BalasHapus

leave a comment please..