Minggu, 16 Desember 2012

Apa yang di lakukan jika jari tangan anak terjerat cincin dan bengkak ?

Ruang prakte bedah - dokter ramzi spb | Cincin tidak dapat di lepas dari jari | Sering kita jumpai di ruang gawat darurat orang tua datang dengan ketakutan dan cemas luar biasa , dimana jari tangan penderita mengalami bengkak yang luar biasa disertai tanda-tanda peradangan dengan nyeri yang semakin menghebat. Sering penderita dibawa setelah beberapa hari , ditunggu bengkaknya mereda terlebih dahulu tapi kenyataannya makin membengkak lalu apa yang harus dilakukan...?


Sering cincin yang sulit di buka seperti ini  di anggap enteng oleh penderita atau keluarga penderita . namun seiring dengan perjalanan waktu dan tekanan-tekanan yang dilakukan pada daerah jeratan maka jaringan di ujung atau di sekitar cincing yang menjepit tersebut akan mengalami oedem , bengkak dan nyeri secara perlahan akan muncul dan dengan semakin hebatnya bengkak akan terjadi luka lecet yang lama-kelamaan akan masuk ke infeksi.

Sangat di sadari bahwa aliran darah masuk melalui pembuluh darah arteri terletak lebih dalam dan pembuluh darah balik terletak lebih kepermukaan atau superficial.Sehingga jika terjadi bendungan seperti ini maka aliran darah masuk dari arteri dapat melewati cincin tapi darah dari ujung jari yang terjerat , tidak dapat di alirkan lewat pembuluh balik atau vena .

Pada saat ini sebaiknya kita sebagai penderita atau keluarga anda serius menanggapi situasi ini , sebab jika semakin tinggi bendungan dan semakin tinggi tekanan akibat bengkak ini maka aliran darah masuk atau arteri akan terbendung pada titik tertentu dan sudah bisa di pastikan jari tangan tersebut akan membiru dan kemudian menghitan . Akhir dari situasi ini adalah amputasi atau potong jari yang telah menghitam.

Pemberian , obat-obat anti bengkak , anti infeksi dan anti nyeri pada saat ini harusnya sudah tidak menjadi pilihan lagi.Cincin yang menjepit atau menjerat jari tersebut harus di buka dan di lepas sesegera mungkin , apakah dengan cara memotong , gunting ,di patah . atau cara lainnya .

Jika kondisi daerah yang terjerat sudah seperti diatas , maka pilihan menggunakan pelicin , jeli  dan pemberian minyak sudah tidak pada tempatnya lagi.aksi harus segera di ambil untuk membuka jeratan . Mungkin kita harus perhatikan apa material cincin yang ada di tangan penderita . hal ini bisa di tanya langsung jika penderita dewasa atau menanya orang tua penderita pada pasien anak. Atau melihat langsung dan meraba material cincinnya.

Beberapa bahan yang sering sangat menyulitkan yang datang ke ruang emergensi adalah cincin berbahan , besi , emas , dan metal lainnya , keramic , plastik yang cukup keras atau karet gelang yang keras.Pada kondisi bengkak yang hebat maka sentuhan sedikit pada daerahjepitan akan menimbulkan nyeri yang hebat sehingga sangat tidak memungkinkan untuk memotong atau melepas cincin tersebut tanpa pembiusan.

So..untuk kejadian seperti ini mutlak harus dengan pembiusan. Pada penderita dewasa tentunya pilihan dengan pembiusan loka dapat dilakukan . namun pada anak-anak yang tidak kooperatif maka pilihan pembiusan secara general atau umum adalah pilihan terbaik.

Untuk bahan metal dapat digunakan pemotong metal , untuk plastik dan karet dapat di potong dengan gunting besi dan untuk keramik dapat digunakan alat penjepit buat memecahkan keramiknya.

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , ring strangulasi , jeratan cincin , cara membuka jeratan cincin sebelum beengkak , cara membuka jeratan yang sudah bengkak, akibat terlalu lama di biarkan jeratan pada jari, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..