Selasa, 11 Desember 2012

mengenal 5 penyebab luka bakar , bentuk dan penanganannya

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Luka bakar ( burn ) | Luka bakar berupa kerusakan pada tubuh daru permukaan sampai kedalam akibat panas yang terjadi oleh berbagai sebab.Sebab yang mungkin sebagai penyebab terjadinya luka bakar adalah : api , listrik , cairan panas , kimia dan radiasi.Semua luka bakar ini tentunga menimbulkan reaksi yang beragam , gambaran luka yang beragam , komplikasi yang berbeda dan penangan yang berbeda pula.



1. Luka bakar api ( flame burn )
 
            Merupakan luka bakar yang terjadi akibat api langsung , luka bakar ini sangat tergantung lama kontak dengan api . Jika lama kontak dengan api maka kerusakan lebih dalam , jika sebentar tentu lebih dangkal . Namun secara umum luka bakar api adalah dalam yang dapat mencapai jaringan sub kutis atau otot.Gambaran bulla yang berisi air merupakan gambaran luka bakar grade 2 yang jelas bisa dilihat dan dinilai.Kerusakan yang timbul akibat luka bakar bisa sangat luas.Umumnya penderita di rawat inap di rumah sakit.

            Luasnya luka bakar yang terjadi ini sangat menentukan banyaknya kerusakan yang akan terjadi.Organ yang paling mungkin di rusak langsung adalah ginjal akibat kekurangan cairan yang sangat masif. sehingga pemberian cairan yang cepat dan dalam jumlah besar harus segera di masukkan.diikuti pemberian pengurang nyeri yang sangat kuat bahkan jenis morphin jika di perlukan.Sebagai catatan bahwa luka bakar api lebih dari 60 % sangat jarang dapat di selamatkan.



2. Luka bakar air Panas ( scald burn )

             Luka terjadi akibat terkena air panas , minyak panas atau cairan lain yang panas , Biasanya tidak begitu luas , kurang dalam dan  kontak yang tidak lama sehingga jarang yang berakibat fatal.kecuali orang yang masuk ke dalam tungku atau minyak mendidih. Sering anak-anak yang masuk dalam atau tungku yang berisi air mendidih.Umumnya pasien tidak mesti di rawat.

             Gambaran luka bisa terlihat bulla , namun lebih sering memberikan gambaran kemerahan saja dan dengan obat-obat oles yang memberi rasa dingan lebih di gemari penderita.



3. Luka bakar Kimia ( chemical burn )

             Terkena cairan kimia yang menimbulkan reaksi panas dan reaksi kimia lainnya , adalah sangat berbahaya.Makin lama kontak dengan bahan kimia maka semakin dalam luka bakar yang muncul.Lama dan luas daerah yang terkena akan sangat menentukan beratnya luka bakar yang terjadi,Mengenal dengan baik jenis bahan penyebab luka bakar harus di lakukan untuk mengetahui sifat bahan kimia aktif.

             Gambaran luka yang muncul juga beragam sehingga bentuk , warna dan terkadang di sertai buble adalah khas luka bakar kimia yang membedakannya dengan luka bakar oleh sebab lain.Penenganan yang cepat harus segera di lakukan , melakukan pengenceran terhadap konsentrat bahan kimia yang mengenai tubuh harus sesegera mungkin.Menyalir dengan air , atau normal salin harus di lakukan dengan cepat agar luka tidak semakin dalam.



4.  Luka bakar listrik ( electrical burn )

               Luka bakar listrik hampis sama mekanismenya dengan luka bakar listrik.Hanya saja luka bakar petir lebih menimbulkan efek yang berat dan bahkan tidak jarang langsung menimbulkan kematian.Umumnya luka bakar listrik ini tidak begitu luas namu perlu di ketahui luka masuk dimana karena bagian yang bersinggungan langsung dengan tubuh di sebut luka bakar masuk dan  umumnya di bagian atas tubuh.Sedangkan luka keluar umumnya di bagian bawah berupa hantaran listrik ke bumi.

               Gambaran luka bakar listrik selalu di sertai dengan luka bakar masuk dan luka bakar keluar.Sehingga pada penderita ini harus di lihat dan di cari.Perlu di waspadai luka bakar listrik ini sering datang dengan kondisi pingsan dan tidak sadar . Harus dipastikan terlebih dahulu apakah jantung penderita baik atau mengalami gangguan atau bahkan henti jantung. Jadi pemeriksaan EKG adalah mutlak pada penderita dengan luka bakar ini.

               Jika jantung normal juga harus kita pastikan bahwa penderita ini tidak di sertai dengan kelainan lain akibat trauma yang terjadi karena akibat serangan listrik penderita bisa terjatuh , terbentur atau kejang - kejang saat kejadian.Perlu diingat bahwa setiap luka bakar listrik langsung masuk ke tinkat luka bakar berat yang perlu di tangani dengan serius.



5.  Luka bakar radiasi ( Radiation burn )

               Luka bakar ini jarang berat dan umumnya terjadi akibat proses radiasi , ini sering terjadi sewaktu penatalaksanaan pengobatan seperti radiasi pada breast cancer,Biasanya memberikan gambaran hitam di daerah yang terkena radiasi.


radiasi nuclear 


radiation therapi pada kanker payudara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..