Sabtu, 08 Juni 2013

Kenali jenis - jenis hernia yang anda idap....mudah kok..

ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | mengenali jenis hernia yang di idap | sebaiknya kita mengenali macam-macam hernia yang kita idap agar lebih mudah di gambarkan , mudah di jelaskan dan tahu resiko-resiko yang akan terjadi sesuai dengan letak dari hernia. Selama ini mind set penderita pada umumnya akan tergambar bahwa setiap hernia adalah benjolan pada lipat paha . Namun kita jadi lupa jika ada hernia di rongga perut lain yang resiko dan penanganannya hampir sama dan perlu perhatian serius.Sering pusat yang bodong di anggap itu hal yang biasa padahal itu juga termasuk hernia...Namun hernia yang mana ..hayo







Macam macam jenis hernia sesuai lokasi nya :

1. Hernia Lipat paha samping / hernia inguinal lateral

Hernia yang paling sering di jumpai terutama pada lelaki , sering hernia lipat paha ini sampai ke buah pelir dan membesar sebesar kelapa . tentu kejadiannya bertahap dari kecil kemudian bertambah besar jika tidak segera di perbaiki melalui operasi . Secara kasat mata benjolan ini berbentul lonjong .



2. Hernia lipat paha tengah /hernia inguinal medial

Hernia lipat paha tengah ini sering di jumpai pada wanita , namun bisa juga di jumapai pada laki-laki , dengan bentuk pada kulit yang terlihat cenderung bulat



3. Hernia paha / hernia femoralis

Hernia ini terletak lebih kebawah di daerah pangkal paha , cenderung kecil bahkan sering tidak terlihat ke permukaan. Keluar melalui daerah segitiga yang lemah di paha . Terletah berdekatan dengan pembuluh darah besar di paha yang disebut arteri femoralis . Jadi menangani hernia ini mesti berhati-hati.



4. Hernia pusat / hernia umbikal

Hernia ini mengambil posisi pada pusat sering merupakan kelainan bawaan lahir , dimana dimana terlihat pusat menonkol atau sering disebut pusat atau udel bodong . Hernia ini sering tidak menimbulkan gejala sehingga banyak pasien yang memeliharanya hingga dewasa.Namun jika terjadi jepitan pada usus maka tindakannya hampir sama dengan hernia - hernia yang lainnya.



5. Hernia di sekitar pusat / hernia para umbilikal

Hernia ini adalah hernia yang ada di sekitar pusat atau di sekeliling pusat.



6. Hernia bekas operasi / Hernia Insisional
Hernia ini adalah hernia yang di dapat , artinya hernia ini di peroleh akibat dari suatu bekas sayatan atau bekas operasi di dinding perut . Dimana terjadi didinding perut yang telah dilakukan operasi ada jahitan pada bagian yg paling kuat didinding perut yang mengalami lepas sehingga isi perut terlihat menonjol dan membesar. Hal ini memerlukan operasi ulang untuk memperbaiki bagian yg lepas tersebut.



7. Hernia garis tengah perut atas / hernia epigastrica

Hernia ini manifes pada perue atas dan berada di sepanjang garis tengah perut , ini juga merupakan kelainan bawaan.



8. Hernia perut samping / hernia lumbalis

Hernia ini adalah berlokasi di daerah perut kira dan kanan setentang dengan pusat atau berada di atas pinggang , ini juga merupakan kelainan bawaan



9. Hernia perut atas ke arah dada / Hernia diaphragmatika

Hernia yang terjadi akibat robekan pada pembatas rongga perut dengan rongga dada atau yang lazim disebut diaphragma yang mengalami robek oleh berbagai sebab sering terdi pada kecelakaan lalu lintas di mana sebagian isi rongga perut akan berpindah ke rongga dada , sehingga pasien akan mengalami sesak nafas yang hebat. Tindakan ini jelas memerlukan penanganan yang cepat dan segera. ketelitian dan kejelian dalam menegakkan diagnosa sangan menentukan kelangsungan hidup penderita. Kerap diagnosa ini sulit terdiagnosa dengan cepat jika klinisanya tidak jelai dalam melakukan pemeriksaan.





Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , mengenal jenis-jenis hernia , macam-macam hernia menurut tempat dan lokasi , mengenal hernia dengan baik , bentuk hernia dan penanganannya.

45 komentar:

  1. Malam dok,
    Sy mengidap hernia sejak umur 18 tahun skrf Sudah 26 thn Dan setelah lebaran mau melakukan operasi yg sy tanyakan apakah Ada Cara pembiusan yg sesedikit mungkin terasa sakit? Krn sy dapat cerita Dariteman suntik bius dipunggng amatlah sakit, dalam kasus INI hernia says yg jenis turn kebuah pelir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas herman >> hernia yang turun sampai ke buah pelir tentu punya defek atau rongga yang cukup besar apalagi sudah berlangsung cukup lama . sehingga pilihan anda untuk operasi sudah tepat. memang pembiusan terpilih adalah bius separo badan atau disebut bius spinal. dimana kaki akan terasa berat dalam 1 hari. saat ini hampir semua operasi untuk daerah di bawah pusat dilakukan dengan pembiusan ini. jadi tidak perlu takut dengan pembiusan spinal. nyeri terjadi hanya saat jarum disuntikkan ke kulit tulan belakang dan setelah itu operasi dapat dilakukan tanpa rasa nyeri. pilihan pembiusan lain adalan pembiusan umum dengan memasang alat pada tenggorokan ini juga beresiko karena pasien dibuat tidak sadar.tq

      Hapus
  2. Pak dokter, saya hernia umbilikal sejak melahirkan anak ke 3, sekarang saya hamil anak ke 4, bagaimana dengan kehamilan saya nanti pak dokter? Apakah saya bisa melahirkan normal? Terimakasih pak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..hernia umbilikal biasanya tidak terlalu besar ...dan sangat kecil pengaruhnya terhadap kehamilan ..kecuali jika usus terjepit pada rongga hernia.Jadi biasa saja ibu bisa hamil dalam keadaan normal . perlu di jaga dan di cegah peninggian tek di dalam rongga perut yang berlebihan,tks

      Hapus
  3. Sore Dok.
    Saya baru 3hari ini menjalani operasi hernia dibuah pelir. Tp sampai hari ni kepala masi serasa pusing dan sakit. Dokter bedah nya bilang gak da jaringan yang dibuang. Dan ada lubang yg dijahit. Tp dokter gak memakai jaringan mesh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas toni .. anda baru dilakukan operasi hernia sampai kebuah pelir . memang tidak ada yang di buang , kecuali ada kantong hernia yg di minimalisasi. bagian yang lemah di tutup dengan jahitan , jika track yg tidak terlalu besar pada usia muda dan anak-anak jarang di lakukan pemasangan mesh . namun jika anda beraktifitas berat dan cenderung punya hernia dengan defek yg besar sebaiknya dilakukan pemasangan mesh.

      Rasa pusing dan mual mungkin masih terasa dan pada pasien yg di lakukan operasi dengan pembiusan spinal setengah badan rasa pusing dan nyeri itu dapat masih terjadi.

      Hapus
  4. selamat malam dok,
    saya punya hernia di bawah pelir dan sudah sangat besar, sudah hampir 7-8 tahun yang saya tahu, terkadang bisa di kempisin dengan di tekan dibagian bawah perut dan terasa nyilu. yang saya mau tanyakan apakah hernia yg sudah lama seperti yg saya ini bahaya atau bagaiman?
    saya dengar hernia bisa menyebabkan kematian?
    tapi saya takut nanti operasinya terasa sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya mas hendra ...anda menderita hernia sampai ke buah pelir sejak 7-8 tahun yl.dapat keluar masuk Ini secara medis di sebut hernia inguinal sampai ke scrotal yg bersipat reponible karena masih bisa keluar masuk. Hernia seperti ini saat ini memang tidak termasuk emergensi , namun kalo saya boleh anjurkan bahwa sebaiknya hernia yg anda alami di lakukan operasi secara terencana ( elektif ).Hernia yg terjepit dan tidak dapat buang angin dan bab memang bisa menimbulkan bahaya dan mengancam jiwa , makanya sebelum ini terjadi sebaiknya anda rencanakan untuk operasi sesegera mungkin , konsultasikan hernia anda ke dokter bedah ya..Tidak ada yg perlu anda khawatirkan dengan operasi pada saat ini banyak tekhnik pembiusan dan operasi yg saat ini sudah memberikan hasil yg baik,,tks

      Hapus
  5. Asalamualaikum dokter...
    Salam kenal dokter yg pemurah utk berbagi...
    Dok,saya baru operasi Hernia 4 hari yg lalu,tapi sampai saat ini susah banget buat duduk,kalok dah duduk terasa oyong dan lemas apalagi buat jalan dok... Dan kebtulan profesi saya sebagai MC,btuh berapa lama saya agar tidak terima Job dok??? Mhon balasannya dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam , selamat siang dan salam kenal ya mas fachri...anda telah dilakukan operasi sejak 4 hari yg lalu dan masih merasa lemas dan oyong. karena tuntutan profesi sebagai MC membuat anda mesti cepat harus mobolisasi. Tidak ada batasan pasti untuk mobilisasi semua terpulang bagaimana anda memanage agar secepat mungkin bisa berjalan atau bergerak. Kami pernah punya pasien sudah bisa jalan pada hari ke dua atau ke tiga. Anda tidak perlu takut bahwa jahitan akan lepas jika cepat bergerak. Memang masih ada terasa nyeri pasca operasi namun dengan dorongan semangat untuk bergerak maka anda akan dapat cepat berjalan. mulai sekarang anda latihan berjalan minimal ke kamar mandi atau berjalan-jalan keliling rumah. tks

      Hapus
  6. Assalamualaikum dok. Salam knal sblumnya dok. Sya bru hbis OP hernia scrotalis skitar 10 hari yg lalu mnggunakan mesh. Dan alhamdulillah smua brjalan lancar. Sya mau nanya kira" bkas OPnya udah bsa kna air blum.? Trus kpan sya bisa melakukan aktifitas sbgai mna biasa krna sya seorg mahasiswa. ? Dan kpan sya bsa mngendarai speda mtor ataupun mobil. ? Mhon sarannya. Trimakasih sblmnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam dan selamat sore ya..luka bekas operasi anda udah 10 hari dan anda juga sudah di pasang mesh ..mesti anda ketahui bahwa kekuatan mesh akan maksimal setelah 3 bulan operasi.Jadi bukan saat ini . Maka saya anjurkan meski anda sudah pasang mesh sebaiknya mesti dijaga jangan dipaksakan untuk beraktifitas berat.mengendarai kendaraan jika bisa anda hindari dalam 1 bulan ini. tks.

      Hapus
    2. Makasih ya dok jwabannya tpi maaf dok sya mau nanya lagi aktifitas berat itu sprti apa sih.? Kalau mlakukan kgiatan perkuliahan sbgaimana mestinya udah bisa blum dok.?

      Hapus
    3. selamat sore ya reza...aktifitas berat seperti olahraga , mengangkat beban dll yang setara . kegiatan kuliah tentu bukan aktifitas yg berat kecuali anda pergi kuliah dengan mengendarai sepeda motor sendiri sebaiknya jangan anda lakukan terburu-buru. ikut kuliahnya tentu boleh saja..tks

      Hapus
  7. Slamat pagi dan semoga selalu sehat dokter, amin.
    Saya Ilham tinggal di Ciracas - Jakarta Timur, memiliki seorang putri 5 tahun, dengan pusar menonjol, saat usianya setahun saya prnah bertanya ke dokter, dari sini saya baru tahu penyakit ini bernama hernia umbilikulis, waktu itu dokter tidak berani melakukan operasi, katanya karena usianya belum 4 tahun.
    lama kelamaan usia putri saya semakin bertambah, saya takut ia malu karena benjolan dipusarnya bisa sebesar 2 kali jempol kaki orang dewasa, memang seolah ia tidak merasakan sakit, dan pada saat ia tidur benjolan kempis hanya tersisa seperti daging lebih dipusarnya.
    Saya drop dan gagal menjadi seorang ayah bila tidak mampu menyembuhkannya, apalagi saya tidak tega ia diolok2 temannya, pertanyaan saya dok : apakah putri saya dengan usia 5 tahun dapat dsembuhkan ? paling pokok, kira2 berapa biaya operasinya dok,? sebetulnya inilah yang mengganjal saya, karena pekerjaan saya hanya pegawai rendahan dan ketakutan berlebih saya pada mahalnya biaya rumah sakit, dan biaya konsultasi pada dokter.Kemudian, apa kalau tidak dilakukan operasi brdampak seperti apa dok?
    Sekian dari saya, mudah2an dokter berkenan menjawabnya, Wass bi Maaf

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slamat pagi dan salam kenal ya mas ilham ..anda mempunya putri usia 5 tahun dengan diagnosa hernia umbilikus , jika di bawah 1 tahun adan tempat untuk dilakukan perawatan secara konservatif dan dapat mengalami perbaikan spontan jika kecil .Namun jika diatas 1 tahun sebaiknya pilihan operasi adalah cara yang menjadi pilihan saat ini.

      Sebagai orang tua tentu anda kurang nyaman jika putri kesayangan anda mengalami benjolan seperti itu . Namun itu perlu di sadari bahwa hernia seperti ini bukanlah kelainan bawaan yang semua orang bisa mengalaminya dan anda tidak perlu malu dengan kelainan bawaan seperti itu. Karena banyak orang lain yang juga mengalami . secara general dan pengalaman kita anak usia diatas 1 tahun sudah bisa di pikirkan untuk dilakukan operasi herniotomi pada hernia umbilikusnya , jika terlalu besar dapat di tambah dengan alat mesh. Namun seiring dengan perkembangan tehnik anestesi dan perawatan icu dll maka tindakan operasi bukanlah sesuatu yang ditakutkan bahkan bayi baru lahir saat ini bukanlah sesuatu yangjarang di lakukan apalagi di kota jakarta.

      Coba anda konsultasikan ke ahli bedah anak di rs terdekat di ciracas atau ke poliklinik bedah anak di rscm , jika permasalahan biaya menjadi kendala. coba anda mendaftar sebagai peserta bpjs pada kantor2 terdekat.tks ya

      Hapus
  8. Assalamualaikum dokter. Saya satu bulan yang lalu menjalani operasi hernia di bagian scrotum saya dan di pasang mesh, sekarang beÄ·as otot perut saya di bagian dalam semakin menonjol dok tepatnya di bekas jahitannya dok, dan semakin mengeras. Saya tidak merasa sakit dom hanya saja tonjolan tersebut kelihatan sekali, apakah itu dikarena meshnya atau ada kelainan dok? Apakah itu wajar dok? Saya sekarang kembali aktif kuliah dok, tidak ada aktifitas berat, hanya saja saya duduk bisa sangat lama dok , apa itu brpengaruh juga dok dgnn tonjolan itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb , anda baru menjalani operasi hernia 1 bulan yg lalu dan telah dipasang alat mesh , saat ini benjolan pada bekas jahitan bertambah besar dan mengeras.namun tidak sakit. Namun saat ini anda sudah beraktifitas seperti biasa. mesti kita sadari bahwa mesh akan memiliki kekuatan maks setelah 3 bulan jadi pada waktu sebelum itu maka mesh boleh di katakan belum mempunyai kekuatan apa-apa. jadi tonjolan ini menurut hemat kami dapat terjadi pada saat itu , sehingga anda mesti berhati-hati dalam beraktifitas agar terhindar dari masalah pembesaran..tsb. Jika makin membesar mungkin anda harus kontrol kembali ke dokter yang melakukan operasi tks ya...

      Hapus
  9. Assalamualaikumw.w dok saya op hernia inguinal medial 2 bulan lalu, untuk luka bekas op bagus tapi mes yang dipasang sering nyeri dan bengkak klu saya tidur miring ke kanan karna mes dipasang disebelah kanan. Beberapa hari ini bengkaknya merembes ke tengah dan ke kiri perut bagian bawah. Buang air kecil jg sering gak tuntas. Sekarang nyerinya di tempat pemasangan mes dan di sebelah kiri. Kadang kadang penis saya terasa di tusuk tusuk jarum dok. Apakah normal gejala seperti itu, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass.wr.wb..selamat siang dan salam kenal ya..mohon maaf sebelumnya kami tidak bisa membalah pertanyaan anda pada postingan hernia yang lain berhubung karena komen pada postingan tersebut sudah penuh dan tidak dapat di publikasikan lagi .

      anda sudah dua bulan pasca operasi herniotomy pada hernia medialis kanan namun daerah insisi tersebut saat ini mengalami bengkak , sakit dan bertambah besar , padahal operasi anda menggunakan mesh.

      Perlu kami tanyakan apakah benjolan hernia anda sebelum operasi besar ? karena hernia medialis itu sebenarnya sering berukuran kecil , dan kami sangat jarang menggunakan mesh pada hernia medialis yang kecil.

      Perlu di ketahui bahwa kekuatan mesh itu baru akan meksimal setelah 3 bulan di saat mana ringga-ringga pada mesh tersebut telah terisi jaringan fibrotik dan mature. Jadi disaat 3 bulan tadi kekuatan mesh sangat rendah atau lemah , jika di saat tsb anda sudah aktif bergerak maka benjolan itu akan muncul kembali sebelum mesh menjadi kuat. Coba konsultasikan kembali ke ahli bedah yang mengoperasi anda , karena sudah 2 bulan berlalu...tks

      Hapus
  10. Terimakasih dok atas tanggapanya, karna perut saya banyak lemak jadi menjolanya tdk begitu jelas, jadi sebelum dioperasi sebelah kanan nyeri, apa ada kemungkinan terjadi infeksi didalam dok... trus yang di sebelah kiri seperti ad yg luka dan nyeri juga.... yang saya mau tanyakan bisakah di usg daerah di sebelah kiri dan sebelah kanan pasca operasi hernia kemaren dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya...anda merasa nyeri juga pada lipat paha sebelah kiri sedang pada sisi kanan baru di operasi. Itu bisa saja terjadi karena bisa saja nyeri yang muncul pada sisi kiri sebagai kompensasi anda dalam beraktifitas seeperti berjalan dan beraktifitas.

      Usg sebenarnya bisa saja di lakukan namun ekspertise tentu sangat beragam , terutama jika benjolan teraba. namun kesalahan negatif atau positif bisa saja terjadi tergantung kemampuan dan keahlian yang melakukan usg.

      Sangat jarang di lapangan pasien dengan hernia ini dilakukan pemeriksaan USG, tks

      Hapus
    2. Assalamualaikum.w.w dok terimakasih atas responya. Saya maw menanyakan lagi klu normalnya di tempat pemasangan mes apakah masih bengkak dan sesekali sakit pasca 2 bulan operasi. Terimakasih

      Hapus
    3. Wassalamualaikum wr wb ..selamat siang , anda merasa 2 bulan pasca pemasangan mesh . Memang jika menggunakan mesh tentu ada pertambahan massa selain otot dan jaringan kulit di lipat paha. Namun kami yakin secara bertahap pembengkakan itu akan semakin berkurang.tks.

      Hapus
  11. Kalo kalo perut sudah d opersi hernia bisa sixpack kembali gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas hari ...anda akan dilakukan operasi hernia namun takut sixpack hilang , sebenarnya jika memang perut anda sudah sixpack sebelumnya maka tentu dinding perut anda tetap akan berbentuk sixpack . Hanya saja memang seminggu setelah operasi anda belum bisa latihan dulu karena masih akan terasa nyeri..tks

      Hapus
  12. mlm dok sy mau tanya, klo operasi hernia tanpa bius yg suntikan ditulang belakang apa bisa, soalnya ktnya sakit suntikan tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas martanto..Operasi hernia biasanya memerlukan pembiusan minimal bius spinal seperti yang anda tanyakan . Operasi dengan bius lokal juga bisa di lakukan namun sangat sulit malkukan operasi nantinya. jika anda kurang nyaman dengan pembiusan spinal anda bisa minta di lakukan pembiusan umum atau general anaestesia . namun bicara anaestesi tentu ada untung ruginya . Dengan pembiusan umum anda mesti di pasang alat di tenggorokan yang mana paska operasi tentu kurang nyaman nantinya di tenggorokan. sedangkan pada pembiusan spinal tentu ada juga resiko seperti rasa pusing paska operasi dan rasa tidak nyaman di tempat suntikan.untuk resiko operasi dengan pembiusan spinal ada saya menulis di blog ini juga silakan di baca .tks..

      Hapus
  13. Selamat Siang dok, saya mau tanya, kemarin anak saya umur 11 tahun di operasi karena Hernia, awalnya sy lihat ada pembengkakan di kantung buah zakarnya, dan di ambil tindakan operasi oleh dokter dan sekalian saya sunat. Dan ternyata kata sang dokter yang mengoperasi anak saya, maaf buah zakar yang sebelah kirinya belum turun mkn karena lahir, jd di anjurkan 1 tahun lagi operasi, tapi sy lihat anak sy sdh trauma. Td pagi subuh sy lihat kantungan buah zakarnya masih membengkak, anak sy sdh nanya "jd gmn ini". Sy jd sedih dok. Apa ada cara lain untuk menurunkan buah zakarnya yang kiri, dan kenapa kok masih membengkak ya dok setelah operasi td subuh sy lihat, sewaktu malam sebelumnya sy lihat sdh normal , terima kasih dok, mohon pencerahaanya

    BalasHapus
  14. Selamat Siang dok, saya mau tanya, kemarin anak saya umur 11 tahun di operasi karena Hernia, awalnya sy lihat ada pembengkakan di kantung buah zakarnya, dan di ambil tindakan operasi oleh dokter dan sekalian saya sunat. Dan ternyata kata sang dokter yang mengoperasi anak saya, maaf buah zakar yang sebelah kirinya belum turun mkn karena lahir, jd di anjurkan 1 tahun lagi operasi, tapi sy lihat anak sy sdh trauma. Td pagi subuh sy lihat kantungan buah zakarnya masih membengkak, anak sy sdh nanya "jd gmn ini". Sy jd sedih dok. Apa ada cara lain untuk menurunkan buah zakarnya yang kiri, dan kenapa kok masih membengkak ya dok setelah operasi td subuh sy lihat, sewaktu malam sebelumnya sy lihat sdh normal , terima kasih dok, mohon pencerahaanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anak anda mengalami hernia dan telah di operasi herniorraphy lalu pasca operasi ternyata diketahui ada kelainan buah zakar yang tidak turun atau di kenal dengan undescensus testis . Saya masih kurang jelas tidak turun yang di maksud , karena jika masih ada namun terletaknya lebih tinggi atau memang testis anak anda cuma satu. artinya jika satu yang teraba maka kemungkinan testis tersebut berada di dalam rongga perut , ini mesti dilakukan operasi segera untuk menurunkannya , namun usia anak anda sudah 11 tahun berarti sudah cukup lama di dalam rongga perut . resikonya bisa berobah menjadi tumor atau keganansan jika terlalu lama di rongga perut. mohon kepastian posisi buah pelir tersebut lebih dahulu. tks

      Hapus
  15. Baik sekali informasinya, bisa lihat videonya di klik http://youtu.be/OxaRAEZ2gDY
    Itu pengalaman saya memang lebih baik secepatnya dioperasi utk keselamatan anak dan segera konsultasikan pd Dokter spesialis anak penyakit dalam.
    Saya mengijinkan siapa saja utk menyebarkan link video ini utk kebaikan bersama.
    Thanks admin.

    BalasHapus
  16. @Yusuf Abiynauval
    Salam kenal pak. Sya mau tanya, saat anak Anda diketahui ada Hernia itu pd saat umur nya brp? Dilakukan operasinya pada saat umur brp? Anak Anda cowok/cewek?Krn link yg Anda share ke youtube sudah tdk bs dibuka. Krn anak sya diketahui ada hernia pd saat dia berumur 2 bln lbh. sekarang umurnya 7 bln lebih. Anak sya cowok. Hernia nya sebelah kiri dekat lipatan paha.

    BalasHapus
  17. Dok,anak sya Laki-laki berumur 7 bln 3 minggu. Pada saat dia berumur 2 blnan, ada ditemukan benjolan dilipatan paha sebelah kiri nya (benjolan terlihat jika dia menangis & ngeden). Lalu sya bw ke DSA dan disarankan utk melakukan USG Scrotum, ternyata hasilnya adalah Hernia inguinalis kiri. Kedua testis dan epidydimis normal. Tdk tampak massa. Tdk tampak hydrocele/varicocele. Dan pd saat itu dokter bedah anak menyarankan utk dilakukan operasi. Namun sebagai org tua sya tdk tega melihat anak sya utk di operasi krn usia nya msh sangat kecil. Lalu 2 minggu lalu sya lihat benjolan dilipatan paha kiri nya membesar (sebesar biji durian) pd saat dia ngeden, krn akhir2 ini BAB nya keras. Yg mau sya tanyakan adalah :
    1. Bolehkah dilakukan tindakan operasi utk bayi sya?
    2. Keberhasilan operasi nya brp besar?
    3. Apakah perlu dilakukan cek ulang utk mengetahui kondisi hernia nya?
    4. Apakah boleh sekalian dilakukan sunat pada saat operasi hernia nya?
    5. Biasanya utk bayi diperlukan rawat inap brp hari di RS?
    6. Biaya nya keseluruhan sekitaran brp ya dok? Lokasi sya di Serpong,Tangerang.
    7. Brp besar sayatan operasi nya? Apakah akan terasa nyeri di daerah bekas operasinya?
    8. Bagaimana pemulihannya pasca operasi?

    Trima kasih byk dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...anak anda mengalami benjolan pada lipat paha kiri hingga ke buah pelir atau scrotum kiri dan sepertinya bisa keluar masuk yg dapat di buktikan dengan benjolan yg naik turun artinya belum ada jepitan.sudah ke spesialis anak dan telah di anjurkan operasi oleh ahli bedah anak. saat ini benjolan sebesar biji durian apalagi saat ini anak sering mengedan karena babnya keras.

      1 . saat ini operasi bisa di lakukan pada usia berapapun tentu dengan resiko operasi yg berbeda juga.kami pernah melakukan operasi beberapa hari usia bayi.

      2. operasi hernia hasilnya cukup baik

      3. boleh saja jika anda ragu dengan dokter pertama , anda berkonsultasi dengan dokter lain untuk cross cek atau second opinion.

      4. boleh sekalian sunat jk bayinya laki2 .

      5. sudah pasti paska operasi pasien dirawat inap utk bbrp hari.

      6. biaya sangat tergantung dokter dan rs serta kelas yg anda pilih . ini bisa di konsultasikan dengan dokter saat anda jumpa pertama kali . dan sebaiknya mengenai biaya ini sudah anda tanyakan terlebih dahulu sebelum anda masuk rs untuk operasi.

      7. sayatan mungkin sekitar 3-4 cm tergantung besarnya hernia.dan nyeri daerah operasi sudah pasti ada nyeri namun team manajemen pain killer tentu akan mengatasinya.

      8. Pemulihan operasi sama saja dengan pasien lain yang penting kondisi gizi dan kebersihan lokalize daerah luka akan sangat menentukan penyembuhan luka operasi.

      jika benjolan kecil dan jarang turun dari atas maka pilihan konservatif masih ada pada anak di bawah 1 thn , namun jika neck atau leher sudah besar maka pilihan operasi adalah terbaik , sebab jika usus masuk dan terjepit serta tidak dapat masuk lagi maka pilihan operasi jadi darurat dan resiko operasi juga akan besar. tks

      Hapus
  18. Bismillah. dok, saya mengidap hernia pusat sejak kecil sampai sekarang umur saya sudah 16tahun. Pertanyaan saya, apakah masih bisa ditangani atau sebaiknya dibiarkan saja (berhubung dampaknya biasa saja) ? mohon jawabannya dok, makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ahmad ..anda sudah berusia 16 thn anda mengalami hernia umbilikalis atau hernia di pusar. kami kurang jelas seberapa besar benjolan atau hernianya dan apakah cincin hernianya lebar atau sempit. jika lebar dan tidak ada potensi menjepit maka memang tidak akan menimbulkan masalah yg begitu bermakna . sering permasalahan pada hernia yg mempunya cincin sempit sehingga usus atau bagian isi perut lain yang masuk kedalam kantong melalui cincin ini bisa terjepit dan akan menyebabkan gangguan aliran isi dari usus atau bahkan dapat menjepin pembuluh darah yang mendari usus atau bagian lain isi perut sehingga selain gangguan aliran akan menyebabkan bagian usus tidak mendapat darah dan mengalami mati jaringan dll. jika anda mengalami kondisi ini maka pilihan adalah operasi segera untuk live saving atau penyelamatan nyawa.. tks

      Hapus
  19. dok mau tanyak donk,
    kata nya kalo oprasi hernia nanti alat klaminnya ga bisa hidup sehingga ga bisa berhubungan itim betul apa enggak ya dok ?
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...pernyataan anda itu adalah tidak benar karena operasi yang benar pada hernia tidak merusak apapun mengenai fungsi dari ereksi begitupun saluran sperma tks

      Hapus
  20. siang dokter , saya jaen dari tenggarong seminggu yg lalu saya operasi hernia yg di buah pelir sblh kiri dok, 4 hari setelah oprsi kok ad benjolan keras di buah pelir sblh kiri atas , yg mw saya tnyakn itu ap dok ya ? ,, apa kah cuma pmbngkakan atau apa dok ? saya sdah konsultasi sama dokter , tp lain dokter yg oprasi sy dok , di krnakan dr yg oprasi saya ad urusan di sby 10 hari, info dr dokter kmarin sin aman aj , nti lama kelamaan bisa kempis sendiri,, tp saya takut klo itu herniax kmbuh lagi dok ,, mintak penjelasan nya dok ? tkb

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...sebaiknya anda menunggu dokter yang melakukan operasi sekalian melakukan kontrol luka ...memang benjolan bisa suatu hematom atau tumpukan jaringan di dalam dari bekas jahitan ..dan terlalu dini jika anda berpraduga hernianya muncul kembali....tks

      Hapus
  21. Siang dokter, saya mau bertanya. Dlm waktu dekat kakak saya akan menjalani operasi hernia umbilical. Nah dari rumah sakitnya tidak menyediakan mesh hernia. Kira2 dimana saya bisa mendapatkan mesh tersebut di daerah jakarta yah. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  22. Selamat siang dokter. Mau tanya, Dalam waktu dekat kakak saya akan menjalani operasi hernia umbilical dan dari rumah sakitny tidak menyediakan mesh hernia tapi dokternya menyarankan untuk menggunakannya. Apa dokter ada info dimana saya bisa mendapatkan mesh tersebut di daerah jakarta ,terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  23. Salam kenal dok saya gita 24 tahun. 3minggu yg lalu saya sudah di operasi hernia di bagian pipi vagina, yang saya tanya saya tidak tahu dokternya memasang alat mesh atau tidak ? karena setelah operasi tidak ada konsultasi apa2, dan kenapa di bekas jahitan saya keras seperti ada yg mengganjal di dalamnya? Itu juga di rumah sakit hanya 3 hari 2 malam. Maklum gratis dengan bpjs dok. saya mohon penjelasannya dok terima kasih.

    BalasHapus

leave a comment please..