Jumat, 07 Desember 2012

Kista aterom di kepala apa berbahaya di operasi ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Kista aterom | aterome cyst merupakan benjolan yang lembut pada kulit dan jaringan lunak akibat terbendungnya kelenjar keringat berupa kantong dan isi berupa cairang kental . Benjolan ini umumnya licin , tidak berbenjol-benjol dan bertambah besar secara perlahan-lahan. Nyeri pada benjolan bisa di jumpai terutama jika telah di tunggangi oleh infeksi dan sering di tekan atau di pencet-pencet penderita.Lalu benjolan ini mau diapakan ? operasi atau biarkan saja....




Secara umum kista aterom dapat di jumpai pada semua orang baik anak , dewasa , orang tua atau laki dan perempuan .Kista aterom jika kecil tidak menimbulkan masalah namun kalau sudah besar maka benjolan ini akan menimbulkan tarikan atau regangan yang menyebabkan rasa baal , kurang nyaman dan gangguan gerakan oleh karena terbatasnya gerakan otot akibat ada massa kista tersebut,Jika timbul masalah in umumnya pasien akan berkonsultasi dengan dokter.

Begitu juga jika benjolan ini mengalami infeksi maka massanya dan kulit di sekitar benjolan akan berobah jadi meradang , merah , bengkak dan nyeri yang juga dapat mengganggu gerakan dan aktifitas.So saat ini pasien juga akan menjumpai ahli bedah minta segera di atasi masalahnya.

Disisi lain terutama bagi wanita muda atau lelaki metrosexual maka benjolan yang ada di kulit tubuh dan nampak dari luar membuat penampilan estetik akan terganggu sehingga juga minta di lakukan penghilangan massa melalui operasi.

Kista tentulah dianggap sebagai tumor namun bukanlah tumor ganas sehingga , tidak ada yang perlu di khawatirkan dan ditakutkan.Pertumbuhan kista memang termasuk cepat sehingga mengkhawatirkan pasien.Jadi jika tidak mengganggu umumnya tidak perlu di buang . Indikasi membuang denga operasi sudah tentu jika di jumpai nyeri , mengganggu gerakan dan estetik pada orang tertentu.

Operasi pada kasus kista tentulah tidak rumit bebaaskan kantongnya dari jaringan sekitar lalu cuci dengan cairan NaCl 0,9 % dan jahit selesai.Sedapat mungkin kantong jangan pecah sebab jika pecah tentu jadi kotor dan infeksi jadi mengancam.Namun pada kasus yang sudah meradang atau infeksi kantong jarang utuh karena sudah rapuh.Jadi untuk setiap operasi kista aterom kantong harus di buang sampai bersih jika tidak maka akan terjadi benjolan baru kembali.


Benjolan kista aterom pada kepala harus di waspadai terhadap kelainan lain pada kepala seperti meningocele , terutama jika benjolan tersebut berada di garis tengah tubuh . Sebab meningocele sudah pasti menempati garis sepanjang garis tengah tubuh.Untuk dapat membedakan suatu meningocele atau bukan benjolan tersebut tentunya sudah ada sejak lahir atau bawaan dan terakhir meningocele adalah benjolan yang berdenyut karena berasal dari aliran serebro spinal fluid di otak. Jika suatu meningocele tentunya sebaiknya jika tidak memiliki brevet bedah atau bedah syaraf harus berhati-hati karena infeksi pada otak akan mengancam kelangsungan hidup pasien dan tentunya juga dokternya ....

Kemungkinan lain tentunya adalah lipoma di kepala , hematom sub galeal , abces ,pembesaran kelenjar getah bening kepala dan lain=lain.

Key word tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , kista aterom , aterom cyst , benjolan di kepala , lipoma , meningocele 

5 komentar:

  1. Saya pnya benjolan dikepala letaknya pas diubun2 kepala munculnya sudah sejak bayi sekrg sudh sebesar telor ayam umur sy sekrg sdh 24 thn..tdk sakit apa solusinya dok..apa hrus dioperasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...anda memiliki benjolan yang terletak di ubun-ubun dan telah ada sejak anda kecil atau dari bayi. benjolan ini berdenyut kah..? saat ini anda berusia 24 tahun..dan benjolan semakin bertambah besar ..saat ini benjolan sudah sebesar telur ayam..

      Jika benjolan berdenyut mungkin mesti diwaspadai suatu meningocele seperti yang telah di jelaskan diatas. dan meningocele mesti di pertimbangkan dan di diagnosa pasti dulu ...baru setelah itu kita memikirkan jenis tumor yang lain.

      Untuk memastikan suatu meningocele selain pemeriksaan klinis medis dapat dilakukan dengan bantuan pemeriksa penunjang yaitu head CT scan . Karena meningocele berhubungan dengan rongga dalam tulang cranium , dimana didalam kantong meningium terisi cairan otak . Jika salah mendiagnosa dan dilakukan tindakan eksisi atau membuang seperti operasi kista superfisial lain maka akan dapat menguras cairan cerebro spinal atau cairan otak bahkan bisa juga mencederai bagian otak yang kemungkinan berada atau masuk ke dalam kantong meningocele. apalagi benjolan tersebut berada di garis tengah tubuh dan di ubun-ubun yang merupakan dugaan kuat suatu meningocele.

      Segera konsultasikan kelainan anda ke ahli bedah atau ahli bedah syaraf..dan jangan di biarkan berlama@ karena bisa berpengaruh kepada bagian dalam otak atau jika terjadi benturan bisa membahayakan .Demikian dulu tks

      Hapus
  2. Slmat mlm, saya punya baby umur 9 bulan, smnjak lahir ada benjolan sebesar kacang hijau di kepala bagian sampinh kiri,tepatnya diatas telinga. Benjolan ini kl dipegang bergerak2 sprti ada kapsulnya, tidak nyeri,tdk ada tanda2 peradangan, tetap ditumbuhi rambut, seiring baby saya besar,bnjolannya sprti ikut melebar. Skrg sebesar biji jagung.
    Mohon pnjelasannya. Trimaksh

    BalasHapus
  3. Jika ada bnjolan sebesar biji jagung, bergerak dan sprti ada kapsulnya, tdk ada peradangan, letaknya di ats telinga kiri. Di kepala samping kiri. Tdk nyeri jg. Apakah itu. Trimksh

    BalasHapus
  4. Selamat pagi dok, dok sy mau tany kmarin siang anak sy umur 3thn 2bulan ktiban tv 21 inc dengan ktinggian tv ada sebatas tinggi orang dewasa. Dan lebam di bagian perut n vagina. Anak sy ngrasain skit trus di bgian yg lebam tuh. Dan sy tdak tau kjadian ny seperti ap soalny dy didalam kmar dan di kunci pintu ny sm anak sy. N sempat demam n muntah sekali. Tuh cara nangani ny gmn y dok? ? N baik2 sj kn dok dlm ny trmks

    BalasHapus

leave a comment please..