Senin, 22 Oktober 2012

Giant lipoma ( Tumor Lemak besar ) pada lipat paha kanan

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | giant lipoma | tumor lemak dapat di jumpai pada hampir seluruh bagian tubuh paling sering di daerah tempat penumpukan lemak seperti lengan atas , paha , perut , dada , punggung dan leher . Selain tempat tersebut bisa juga di jumpai pada leher , wajah lengan bawah , tungkai bawah dan kepala . Tumor pada jaringan lemak ini tidak ganas jadi tidak perlu di takuti .
 Biasanya penderita minta di bedah massa tumornya jika merasa ada nyeri , kebas , baal atau  kurang nyaman dan mengganggu pergerakan akibat regangan pada otot atau tendon karena massa tumor tersebut.

Massa tumor itu sendiri pertumbuhannya lambat dan berlangsung cukup lama . Kejadian lipoma ini tidak sama juga terjadi pada tiap-tiap orang ada yang gemuk tapi tidak ada dijumpai lipoma nya tapi ada yang kurus ee.. malah ada lipomanya.Banyak orang tidak memiliki lipoma ini , ada pula orang yang memiliki lipoma satu buah , dua buah dan seterusnya bahkan ada yang memiliki simpanan lipoma puluhan bahkan ratusan wah... bisa banyak banget..


Tapi ada pula yang memiliki lipoma 1 buah tapi dipelihara sehingga menjadi besar bahkan sangat besar.sehingga selain mengganggu kegiatan sehari-hari juga menjadi tidak bagus untuk di lihat.Umumnya jika datang setelah besar begini penderita minta segera di operasi...

Ini adalah kasus seorang lelaki , datang dengan keluhan benjolan pada lipat paha kanan sudah sekitar 10 tahun , tidak nyeri dan konsistensi kenyal dan mobile.diputuskan operasi pengangkatan massa tumor dengan pemeriksaan klinis.



Di meja operasi di lakukan insisi pada lipat paha kanan persis di atas massa kulit , dan jaringan di bawahnya di buka tampak massa kuning keemasan dan di bebaskan secara tumpul tampak massa di lapisi oleh jaringan tipis kemerahan .

Jika tumor lemak seperti ini terlihat bahwa lipoma ini masih alami belum pernah di operasi dan tidak di obok=obok dengan memencet atau urut-urut sehingga tindakan operasi lebih mudah dan cepat karena perlengketan belum terjadi , dan kantong lipome masih utuh.

Berdasarkan pengalaman pada kasus lipoma yang sering kita lakukan jika lipoma didaerah bahu atau punggung yang sering tertekan karena beban atau tekanan sewaktu tidur maka sering lipomanya terbentuk berkantong-kantong dan kantong lipomanya lebih tebal dari yang berada di daerah lain.


Proses operasi giant lipoma sedang berlangsung , operasi berjalan lancar dan tidakdijumpai kendala yang sangat berarti.

Setelah di lakukan pemeriksaan pathologi anatomi jaringan tumor di dapat hasil kesimpulan suatu lipoma



Massa tumor giant lipoma setelah terbebas dari jaringan lunak atau soft tissue di sekitarnya dan dilakukan pengiriman ke ahli pathologi anatomi


gambaran bekas insisi setelah di tutup dan dijahit.

keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | giant lipoma | lipat paha | insisi | patologi anatomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..