Selasa, 02 Oktober 2012

Auto amputasi pada kaki kanan akibat gangren DM

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Auto amputasi kaki pada penderita DM | Luka dan gangren pada penderita DM terutama yang memberikan gambaran necrotic yang kering dan hitam umumnya akan berakhir dengan lepas sendiri atau lazim di sebut auto amputasi . Lepas sendiri pada anggota badan ini tentunya tidak terjadi dengan cepat dan serta merta . Proses ini tentunya berlangsung cukup lama bahkan tahunan.Hal ini sering terjadi pada penderita yang tidak pernah setuju untuk dilakukan operasi amputasi secara pembedahan.


Kasus seorang laki-laki 55 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan kaki kanan membusuk dan lepas sendiri setelah menghitam satu tahun yang lalu.Penderita mempunyai riwayat penderita penyakit gula atau diabetes melitus.Karena ketakutan untuk dilakukan operasi penderita membiarkan kakinya mengalami proses necrotik secara alami sampai akhirnya bagian yang membusuk mengalami lepas dengan sendirinya.Hanya saja tulang tulang telapak kaki kanan penderita masih berada di luar permukaan granulasi sehingga permukaan granulasi sulit menutup.

Kepada penderita di anjurkan untuk amputasi pada sendi pergelangan kaki jika ingin segara di tutup dengan kulit yang sehat atau di buang tulang pedis yang menonjol dan dilakukan penutupan dengan skin graft.Hanya saja ini masih wacana karena penderita belum memberikan keputusan hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..