Sabtu, 12 Oktober 2013

Rekonstruksi linfedema karena filariasis ( kaki gajah ) ...dilakukan secara bertahap

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | rekonstruksi filariasis ( kaki gajah ) | Dibagian divisi bedah vascular RSCM  penanganan rekostruksi bedah pada kasus limfedem yang timbul akibat kaki gajah relatif cukup sering dilakukan . Kurang bergairah dan kurang pesatnya perkembangan pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan limf di Indonesia dan di dunia menyebabkan penanganan terhadap pasien dengan permasalahan limfedem mengalami stagnan dan jalan di tempat . Secara individual kami kerasa penanganan belum sampai pada tahap yang memuaskan , Namun apa yg telah dilakukan ini dapat memberikan gambaran seberapa jauh penanganan yg telah kami lakukan.




Permasalahan pada kasus kaki gajah atau limfedem akibat filariasis adalah terjadinya sumbatan dari pembuluh limfe akibat larfa dari yang mati akan menutup aliran balik dari kelenjar sehingga seluruh aliran akan terbendung yang menyebabkan jaringan lunak pada ekstremitas bawah yang menyebabkan tungkai membesar secara sistematis dan bertahap akan terjadi pembesaran yg mempunyai kecenderungan naik ke atas.Bahkan bisa sampai ke scrotum , rongga perut dan seterusnya keatas. 

Secara vaskular thinking jika jepitan dan tarikan yg terlalu kuat pada daerah ring pergelangan kaki terutama sendi angkle pergelangan kaki . Disini sering menyebabkan jepitan pada pembuluh darah vena atau arteri yang akan memperberat sumbatan dan sering menyebabkan nyeri akibat jepitan.Jadi tindakan yang dilakukan selain rekonstruksi untuk membuang massa oedem jaringan adalah juga untuk membebaskan jepitan cicin pada daerah angkle joint tersbut.

Beberapa kasus yg pernah kami lakukan adalah sbb :

1. Sebelum operasi


     setelah operasi



2.  setelah operasi




Jaringan yang dibuang biasanya sampai ke permukaan lapisan kuat saja dan tidah boleh melewati bagian yg kuat tersebut . jaringan yang akan dibuang tentu mesti di design sebaik mungkin sehingga setelah di buang dapat ditutup kembali dengan baik dan terhindar dari kelebihan jaringan yg akan membuat hasil akhir tidak baik. Jika ada perdarahan yang banyak dapat juga dilakukan pemasangan drain vacumm agar penyembuhan dapat lebih baik. Pemasangan elastik verban juga dapat dilakukan untuk mencegahan perdarahan-perdarahan kecil makin berkembang dan mudah menimbulkan hematom yg akan menghalangi proses penyembuhan kedepannya.


2 komentar:

  1. apakah penyakit kaki gajah ini bisa sembuh ? tampilkan dong hasil operasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas....kaki gajah atau yg lazim di sebut filariasis adalah pembesaran pada ekstremitas bawah yg dominan bahkan sampai ke perut dan buah pelir...sehingga bagi ekstremitas yg telah membesar sulit untuk mengecil kembali secara outomatis. proses terjadinya adalah terjadinya pelebaran kelenjar limfe yang sangat amat banyak itu karena alirannya terhambat oleh jasad larva kuman filaria yang mati dan menumpuk di saluran getah bening . jadi meski kuman nya telah di musnahkan dengan obat namun bengkak pada ekstremitas tetap tidak akan berkurang.

      Upaya kita dari bedah vaskular dan endovaskular yang dapat dilakukan adalah dengan operasi rekonstruksi terbuka, Dimana jaringan di buang dan di buat flap secara bertahan dan berkesinambungan sampai di dapat hasil yg baik.

      Disini yang telah di tampilkan adalah foto sebelum dan sesudah operasi mas...tq

      Hapus

leave a comment please..