Sabtu, 27 April 2013

Perbedaan borok pada kaki dari tampilan kasat mata akibat sumbatan vena atau arteri...

Ruang praktekbedah - dokter ramzi spb | ulkus atau borok pada kaki | perlu bagi kita untu k memahami bagaimana membedakan borok yang terlihat di permukaan apakah berasal dari sumbatan pada pembuluh darah arteri atau vena . Sebab jujur saja sangat sulit bagi seorang dokter sekalipun untk membedakan ini jika kurang terlatih dan kurang pengalaman untuk membandingkannya. Hal ini juga pengalaman pribadi bagi kami juga sebab jika datang luka borok seperti ini pasti yang terpikir pada awalnya adalah suatu diabetes dan infeksi yang mesti di kontrol gula darahnya dan di obati infeksinya . Namun apakah memang demikian adanya ?





Permasalahan pada borok dan apalagi dengan tunggangan diabetes atau sakit gula sebenarnya adalah permasalahan yang cukup unik dan kompleks tidak hanya sebatas infeksi dan kuman yang mesti di atasi .Pada diabetes sering juga adalah permasalahan sumbatan pada pembuluh darah yang mendarahi daerah borok tersebut.

Pernahkah kita berpikir bahwa aliran darah di tubuh kita ini ada 2 yaitu aliran darah arteri dan aliran darah vena yang keduanya berpotensi tersumbat dan menimbulkan borok ... dan secara kasat mata tuhan telah memberikan tanda-tanda yang bisa di pelajari oleh kita manusia ini untuk mengetahuinya . Kalau sudah di ketahui tentunya dapat mengatasinya dengan baik dan tepat.

1. Ulkus arteri .

Adalah ulkus kronis yang sering di jumpai pada jari-jari kaki dan  pada mata kaki bagian luar terutama daerah-daerah yang sering tertekan seperti di belakang tulang ekor dan tumit juga. nampak sedikit mengkilat dan tipis atau mengecil pada kulit disekitarnya.

nyeri pada ulkus arteri lebih hebat dan akan berkurang jika kaki di gantung atau atau di letakkan lebih rendah dari tubuh .

ulkus ini dapat di sertai dengan adanya gambaran gangren , sering tidak berdarah atau dengan manives sedikit perdarahan.

jika bagian ulkus di tinggikan maka akan di jumpai penurunan denyut pembuluh darah arteri serta tampak pucat namun jika di gantung atau di rendahkan dari permukaan tubuh tampak berwarna kemerahan.






ulkus arteri pada jari kaki












2. ulkus vena

Ulkus vena sering di jumpai di mata kaki bagian dalam , dengan gambaran pigmentasi atau pinggir kulit yang berwarna kehitaman atau lebih gelap dari kulit yang lain .

Tidak nyeri atau sedikit nyeri dan akan berkurang dengan meninggikan tungkai atau kaki yang berborok dan umumnya sering tidak disertai dengan ganggren.

Jika berdarah maka darah akan mengalir dan tentunya jumlahnya cukup banyak.

Sering juga kaki mengalami oedem atau pembengkakan , pigmentasi dan juga cyanotic atau pucat kebiruan jika kaki di gantung.








gambaran lain ulkus vena.






















key word tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , mengenal borok secara kasat mata , mengenal ulkus dari melihat bentuknya , membedakan ulkus vena dengan ulkus arteri .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..