Selasa, 16 April 2013

Gambaran transiluminasi benjolan pada buah pelir....Hydrokele atau bukan..?

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | Transiluminasi test | Adalah test yang dilakukan pada kasus pembesaran pada buah pelir baik pada anak maupun dewasa. suatu transiluminasi test di anggap positif jika tampak bayangan merah pada buah pelir anak yang dilakukan di ruang gelap atau dimalam hari dengan menggunakan lampu atau senter dan gambaran merah yang muncul adalah rata tanpa ada bayangan gelap atau hitam. Sebab jika ada bayangan hitam maka besar kemungkinan itu bukanlah hydrocele , melainkan suatu hernia atau malah tumor pada testis.


Gambaran transiluminasi (+) pada kasus hidrokele anak 1 tahun


Sebelum dilakukan tindakan membuang kantong hydrokele , dilakukan tindakan diaporosis ulang dengan senter di ruang gelap untuk memastikan bahwa kasus ini murni suatu hidrokele dan bukan hernia atau tumor testis. Setelah yakin baru di lakukan tindakan hydrokelectomy.

Kondisi luka operasi sesaat setelah di lakukan operasi hydrocelectomy pada anak . Selain cairan yang ada di kantong maka kantong dari hydrokele juga harus diangkat . sebab jika tidak di buang beserta kantongnya maka kantong akan membesar kembali karena cairan masih akan di produksi oleh mukosa kantong.

Seminggu kemudian kantong luka sudah kering dan jahitan sudah bisa di buka..

alhamdulillah..













Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , apa transiluminasi itu , apa beda transiluminasi test dengan diaporosis , transiluminasi test positif artinya apa ? , bagaimana cara membedakan hydrocele dengan hernia atau tomor pada testis?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..