Senin, 29 April 2013

Gondok sebelah kiri dilakukan operasi setelah dipastikan tidak beracun dan tidak ganas ....

Ruang praktek bedah-dokter ramzi spb | Gondok tidak beracun kiri | Gondok tidak beracun atau sering di sebut dengan Struma Nodosa Non Toxica ( SNNT) adalah pembesaran massa di leher kanan , kiri atau kedua sisi yang menempel pada saluran nafas ( trachea ) tanpa adanya tanda-tanda toxic dan keganasan.Gondok tidak beracun ini sering di jumpai di tengah masyarakat biasanya pada daerah pegunungan atau kantong-kantong rendah yodium.Ada yang kecil sampai sangat besar sehingga masuk ke dalam rongga dada.Semua gondok yang tidak beracun dapat di buang dengan indikasi yang jelas seperti adanya penekanan ke arah sal nafas , saluran cerna atau mengganggu suara.


keadaan pasien saat telah terbius dan akan di operasi dengan posisi kepala hiperekstensi dan kulit leher tegang





setelah dilakukan sayatan pada leher depan sesuai arah lipatan garis kulit .dan setelah itu dilakukan pembuatan flap atau kulit yang di bebaskan dari jaringan di bawahnya . Lalu di lakukan penjahitan kulit yang di telah di bebaskan kearah atas dan bawah dan di jahitkan ke kain penutup lapangan operasi yang steril sesuai arah 8 penjuru mata angin.

Lalu otot - otot di atas massa  struma di bebaskan dari massa dengan cara membakar dan memotong sampai massa ekpose dan melakukan kontrol perdarahan setiap bergerak maju di arena lapangan operasi.




Massa struma yang telah ekspos dilakukan pembebasan massa dari trachea di mana di situ berjalan syaraf pita suara yang masuk di samping trache kiri dan kanan dan berjalan disisi bawah massa tumor . Tentu ini adalah bagian terberat dan ujian yang sulit dalam membuang massa tumor thyroid . Sebab jika syaraf ini terkena maka resiko yang akan terjadi adalah suara akan serak dan hilang jika mengenai satu sisi . 

Selain itu ada beberapa aspek lagi yang mesti di amankan seperti kelenjar para thyroid yang ada di lateral atas atau tengah kiri dan kanan daerah thyroid , ini juga harus di amankan dan save agar tidak di buang karena jika terbuang semua resiko terjadi kejang-kejang dapat terjadi. dan mengontrol perdarahan yang akan terjadi di setiap pembebasan pada massa bagian atas , tengah dan bawah yang masing-masing diperdarahi oleh arteri thyroid bagian atas , tengah dan bawah.

Dan selanjutnya membebaskan massa dari perlengketan pada trachea , ini juga fenomenal jika di buang terlalu bersih dan tulang rawan trachea menjadi tipis dan kurangnya otot atau jaringan penyangga yang menahan jatuhnya atau kollapsnya lumen trachea atau di sebut tracheomalacia yang juga akan sangat berbahaya paska operasi dan ini juga mesti di perhatikan dan di pertimbangkan saat operasi oleh seorang operatornya.


Selanjutnya massa yang telah di angkat dan di bebaskan mesti di nilai makroskopiknya denga melakukan sayatan pada massa untuk melihat gambaran kasat mata dan bagi ahli yang berpengalaman tentu secara kasat mata dapat menilai dan suspek gambaran makroskopic berupa benign dan malignant.

Setelah penilaian makroskopik maka massa harus di berikan dan disimpan dengan cairan formalin yang mestinya telah di persiapkan untuk mencegah kerusakan dan pembusukan massa . Selanjutnya dengan botol yang bail massa di transportasi ke ahli pathologi anatomi buat menilai diagnosa mikroskopic dari massa struma tersebut.


111 komentar:

  1. saya penderita gondok beracun yang masuk ke rongga dada. bagaimana proses pembedahan dan berapa biayanya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ...terimakasih atas komentar anda ..gondok beracun atau lazim disebut Struma Nodosa Toxica ( SNT ) yaitu benjolan pada leher dengan peninggian kadar T 3 , T 4 dan TSH ( thyroid Stimulating Hormon ) didalam darah .Keadaan seperti ini adalah sangat berbahaya untuk dilakukan operasi sebab sayatan operasi yang menyebabkan perdarah dari massa tumor akan menyebabkan pelepasan bahan-bahan kimia diatas dan menyebabkan serangan badai thyroid atau lazim disebut dengan thyroid storm yang sangat sulit untuk dapat ditolong ditengah operasi . Sehingga banyak ahli bedah menghindari operasi pada pasien jika kadar hormon thyroid diatas masih tinggi.

      Jadi permasalahan pertama pada kasus anda adalah normalkan terlebih dahulu kadar T3,T4 dan TSH anda tadi dengan konsultasi keahli endokrin atau ahli bedah tumor jika sudah normal baru dapat di rencanakan guna penjadwalan operasi.

      Permasalahan ke dua adalah struma atau gondok yg terlalu besar dan masuk ke rongga thorak kerap memerlukan tindakan membuka rongga thorak atau sternotomi. dengan tujuan agar ekpose dari masa tumor dapat lebih mudah. Jadi tindakan operasi pada kasus anda ada juga kemungkinan untuk melibatkan ahli bedah thoraks. Jika kami boleh tahu dimana anda berdomisili ? tks

      Hapus
    2. Assalamu'alaikum dr Ramzi, trm blsnnya, Alhamdulillah saya baru selesai melakukan serangkaian tes tuk persiapan operasi di RSU dr Soetomo SBY, hasil T4 tinggi T3 TSH normal, namun dokter bilang bisa dilakukan operasi. Bagaimana resiko operasi yang akan saya lakukan mengingat ada sebagian yang masuk ke thorax. Sebagai catatan semua hasil lab dan foto bagus hanya T4 yang tinggi mohon penjelasannya terimakasih. Semoga Allah membalas budi baik dokter Amin

      Hapus
  2. Malam dokter,saya penderita SNNT yg besarny kira2 sekepalan tangan anak kecil,yg mau saya tanyakan pasca operasi apakah ada efek samping yg berbahaya?krn saya msh takut utk melakukan operasi,sedangkan benjolanny sdh sangat besar..domisili saya dijakarta,trmksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang mbak pipit dan salam kenal ya ...benjolan pada leher yg telah di tegakkan suatu SNNT atau Struma Nodosa Non Toxica adalah secara awam di sebut juga dengan gondok yg tidak beracun . Jika sudah besar dan secara fisiologis atau fungsi sudah mulai menimbulkan gangguan sebaiknya di buang saja , Apakah strumanya pada kedua sisi kiri dan kanan ? . Jika operasi pada kedua sisi maka hormon thyroid tentu tidak adalagi sehingga mesti makan thyrax atau atau obat sejenis seumur hidup setelah operasi nantinya sebagai asupan tambahan.

      Sebaiknya anda tidak menunggu sampai lebih besar lagi sebab jika sangat besar tentu operasi akan sulit apalagi jika masuk kerongga thorax.Anda berdomisili di jakarta bisa berobat di mana saja spt di cipto atau darmais dll.

      Hapus
    2. pak dokter ramzi yang terhormat..sy mw tnya ni..kakakq sy punya penyakit gondok dan belum terlalu besar..rencananya mw operasi..yang saya tanyakan kira kira bianya berapa ya? dan apakah bisa menggunakan BPJS? terimakasih sblmnya..

      Hapus
    3. Selamat malam dan salam kenal ya ulan ...kakak anda mengalami penyakit gondok , jika sudah di pastikan suatu gondok yang tidak beracun baik dengan FNAB atau USG dan kombinasi pemerriksaan anamnese dan klinis oleh seorang ahli bedah atau ahlo bedah tumor .

      Operasi pembuangan jaringan gondok ini dapat di lakukan dengan kartu BPJS atau dengan biaya sendiri jika anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS .

      Biaya operasi sangat tergantung rs dan dokter yang akan melakukan operasi dapat di tanyakan langsung saat konsultasi pertama ke dokter bedahnya..tks yaa..

      Hapus
  3. dok ibu saya juga mau operasi gondok, kira2 apa saja yang harus dipersiapkan dok? makanan apa saja yang harus dihindari setelah operasi? lalu makanan atau obat apa yang harus dikonsumsi agar luka operasinya nanti cepat sembuh? satu lagi dok apakah setelah di operasi gondok bisa sembuh total dan g akan tumbuh lagi dok?? mohon pencerahannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum , selamat malam dan salam kenal ya mbak aya . Orang tua anda akan dilakukan operasi pembuangan massa gondok , yang perlu mungkin kami pastikan apakah gondok yang beracun atau tidak ? sebab penanganan gondok atau pembesaran kelenjar tiroid (Struma tidak beracun) berbeda dengan struma yang beracun . di laapangan pada kenyataannya yang paling sering adalah gondok yang tidak beracun . Kalau gondok yg beracun tidak bisa langsung di operasi melainkan harus di obati dulu untuk menghilangkan racunnya. Struma kalau telah di operasi biasanya tidak kembali lagi , tapi kalau kanker tiroid penanganan sangat sulit dan perlu radiasi interna ke jakarta. Jika operasi pengangkatan gondoknya semua ( kiri dan kanan ) maka besar kemungkinan harus makan obat seumur hidup.
      Anda tidak perlu khawatir ahli bedah tumor yang menangani anda tentunya bisa untuk anda bertanya secara lengkap dan kasus operasi pada struma adalah kasus yang sering dilakukan dan anda bisa sharing pertanyaan , diskusi dengan sesama penderita nantinya baik sebelum maupun sesudah operasi. tks

      Hapus
  4. Sore dok. Saya penderita gondok yang tidak ganas dan sedang mengkonsumsi obat thyrax selama setahun ini namun msh sering putus2
    . Saya ingin bertanya, rambut saya rontok apakah ini akibat dari gondok atau dr obat. Rontoknya pun sudah termasuk parah, rambut saya sangat tipis sekarang. Kira2 apa yang harus saya lakukan ya dok? Kalau operasi, apakah rambut saya akan ttp rontok? Obat yg diberikan stlh operasi itu sifatnya seumur hidup atau hanya pada jangka waktu tertentu ya dok? Dan jika tdk operasi namun ttp mnm obat thyrax kira2 sembuhnya brp lama ya dok? Terimakasih. Ditunggu balasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya anda menderita benjolan di leher dan saat ini mengkonsumsi thyrax..dan telah dilakukan operasi mungkin suatu ismulobektomy atau total thyroidektomy , sehingga mesti mengkonsumsi obat thyrax seumur hidup..

      Permasalahan yang anda hadapi saat ini adalah rambut anda mengalami kerontokan yang semakin hebat..,Untuk paska operasi kami yakin bahwa sangat jarang di jumpai adanya gangguan rontonk rambut . Sering karena faktor chemotherapi yang membuat rontok rambut . sementara thyrax berdasarkan pengalaman jarang menyebabkan kebotakan....tks

      Hapus
  5. assalamu'alaikum dok,,saya berencana pengen mengoperaikan gondok ibu saya..tetapi pakai BPJS kelas III, kira-kira rumah sakit mana yang bisa nerima, saat ini posisi ada di kab.magelang. terima kasih. dan selisih yang tidak di cover berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr wb , selamat siang dan salam kenal ya ..untuk operasi dengan kartu BPJS jika sudah ada tinggal anda kunjungi RS daerah magelang milik pemerintah . keanggotaan BPJS juga beragam ada yang untuk pasien tidak mampu itu adalah untuk kelas III dan tidak bisa naik ke kelas II dst , tapi untuk keanggotaan mandiri sesuai dengan kelas yang anda minta sewaktu mendaftar. jika mau naik kelas mesti menambah selisih biaya. untuk pastinya berapa biaya operasinya silakan di tanyakan langsung bagian administrasi rs daerah magelang tks

      Hapus
  6. assalamuaaikum dok,.. ibu saya mengalami penyakit gondok tyroid, ibu saya takut kalo dioperasi apakah gondok beracun itu bisa disembuhkan tanpa operasi dok? kalo dioperasi biasanya biaya yang dikeluarkan berpa ya dok ? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wassalamualaikum wr wb selamat malam dan salam kenal ya..ibu anda mengalami SNT atau struma dodosa Toxica alias gondok beracun , tanda2nya suka gemetar , berdebar 2 , banyak makan , mudah berkeringat dan pada tahap berat mata menonjol keluar . dan dapat dibuktikan dengan labor kadar T 3 dan T 4 tinggi di darah .

      Gondok beracun ini tidak di operasi namun harus di normalkan terlebih dahulu sampai hasil labornya normal ...jika telah normal baru dipersiapkan untuk operasi. Gondok beracun jika aktif sangat berbahaya di operasi karena dapat menyebabkan thyroid storm ...alias serangan thyroid...yang bisa berakibat fatal di meja operasi..tks

      Hapus
  7. Asalamualaikum dok ini hasil laboratorium temtamg gondok ibu saya FREE T4 7.69 ng/dL
    TSHsnya < 0.004 ulU/mL Itu hasilnya gimana dok > terimakssih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb , dari hasil lab t4 bebas dan tsh dari orang tua anda saya melihat nilainya masih dalam range normal coba konsultasikan kembali kenapa dinyatakan gondok beracun dan mesti di konfrontir dengan tanda-tanda klinis yang ada..tks

      Hapus
  8. assalamualaikum,
    dok sy mau nanya,jumat lalu sy telah melakukan operasi SNNT sy,dan sekarang sy mengalami gangguan seperti susah minum air,tiap minum air pasti tersedak,kalo makan malah ndak papa,,selesai operasi,suara saya kecil dan serek,kalo sy berbicara,terdengar hanya seperti berbisik2,,,,sy di jadwalkan kontrol nya jumat 18 juli 2014 ini sih dok,,,cuman sy browsing2 di internet ,,katanya kalo suaranya jadi ilang atau berubah menjadi serek atau kecil itu dikarenakan syaraf penggerak pita suara nya cedera atau putus ketika operasi,,,saya sangat takut menjadi cacat dok,,apa yg harus sy lakukan ,saat ini sy banyak diam,,karena katanya kalau terlalu banyak bicara akan membuat proses penyembuhannya lambat,,,,dan makanan dan buah seperti apa yg sebaiknya sy konsumsi ,mohon informasinya ya dok,,terimakasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wassalamualaikum wr wb ..selamat malam dan salam kenal ya milda sari..maaf sebelumnya jika anda tidak keberatan di mana anda berdomisili dan di mana dilakukan operasi...SNNT adalah jenis pembesaran kel jinak thyroid . jika operasi relatif lebih sederhana dan tidak lengket jika di bandingkan dengan operasi pada kanker thyroid.dan biasanya di lakukan pada satu sisi . Sehingga kemungkinan terkenanya kel syaraf laringeus reekurent adalah kecil . Jika terkena satu sisi biasnya penderita akan merasa suara serak dan tidak bisa berbicara lama karena suara akan semakin menghilang. Jika terkena dua-duanya maka untuk bernafas juga akan mengalami kesulitan. Tersentuh atau tergesek saat operasi juga dapat membuat suara terganggu..namun tidak bersifat permanen dan akan kembali kekondisi biasa lagi setelah oedem atau bengkak jaringan berkurang. sebaiknya anda konsultasikan langsung dengan dokter bedah yang melakukan operasi tks ya..

      Hapus
  9. Assalamualaikum pak dokter. Saya mau nanya ni. Beberapa hari yang lalu saya kedokter karna leher saya agak bengkak tapi tidak terlihat begitu jelas. Hanya cuman di rasa saja agak bengkak. selain itu saya juga meriang,kedinginan dan sulit menelan salifa,tapi kalau makan & minum tidak masalah.dokter bilang teroid saya bengkak dan dia bilang setelah di kasih obat jika tidak mengecil maka harus di tindak lanjuti seperti cek labor. Karna kemungkinanan ada gejala gondok.setelah makan obat si saya lumanyan tidak begitu sulit lagi untuk menelan salifa tapi saya sangat sulit bernafas dok, dan leher saya terasa nyeri dan tidak nyaman, Dan saya rasa leher bagian kiri saya juga agak bengkak. Padahal sebelum nya saya rasa tidak bengkak. Sebenarnya leher saya bagian kanan itu sudah agak bengkak semenjak awal tahun ini pak, tapi tidak saya perdulikan karna mungkin itu perasaan saya saja dan saya juga tidak merasakan sakit di bagian leher atau menelan ketika makan dan minum.apakah saya memang terkena gondok pak ? Dan selain operasi apakah ada cara yang lain untuk sembuh dari penyakit ini dok ??
    Saya takut dok karna saya masih 16 thn. Makasih pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wassalamualaikum wr wb , selamat malam dan salam kenal ya ratih..anda mengalami benjolan pada leher kanan sudah setahun yang lalu terasa ada benjolan . sulit menelan dan bernafas. Untuk dapat suatu kelainan gondok mesti dilakukan pemeriksaan klinis oleh dokter , terutama dokter bedah atau bedah tumor atau kepala leher. Karena cukup banyak kemungkinan diagnosa lain yang ada di leher seperti , kista , pembesaran kgb leher , ca nasofsaring , tbc , abses dll. selain itu kelenjar gondong sendiri punya banyak variasi , ada yg jenis jinak atau di sebut adenoma saja , ada kanker thyroid ada kista thyroid ,ada juga gondok yang tidak bisa di operasi atau gondok beracun.

      Penaganan tiap penyakit jelas berbeda dan perlu diagnosa yang pasti sehingga ..anda perlu pemriksaan yg pasti spt FNAB..tks

      Hapus
  10. assalamalaikum dok,
    saya mau nanyak, dokter tempat saya periksa menyartakan kalau saya mengidap penyakit gondok, namun beliau tidak menjelaskan saya mengidap penyakit gondok beracun atau gimana, beliau hanya memberikan obat yang saya harus meminumnya rutin, setelah saya lakukan anjuran dokter bengkak dileher saya hilang dok, karna saya pikir udah sembuh saya tidak lakukan pemeriksaan ulang, beberapa bulan kemudian bengkak dileher mulai kelihatan lagi dok,walau secara kasat mata tidak telalu kelihatan namun jika diraba akan terasa benjolannya, saya udah lakuka tes darah dan usg namun hasil nya saya belum tau dok, untuk gejalanya saya hanya merasakan sulit bernapas pada malam hari saat mau tidur, hanya itu aja dok, menurut dokter penyakit saya ini gimana ? atau apa yang harus saya lakukan sebelum bengkak dleher saya membesar dan kelihatan ? saya takut dok, penyakit saya ini parah, mohon bantuannya dok, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..hernita..anda mengalami benjolan pada leher dan telah periksa ke dokter , spesialis apa ? dinyatakan gondok tapi tidak dijelaskan di beri obat hilang dan sekarang timbul kembali . Jika gondok yang benar jarang yang akan hilang dengan obat-obatan, untuk membedakan gondok beracun dan tidak dapat anda di baca pada tulisan 2 sebelumnya.

      Gondok yang menekan kedalam tentu berpotensi untuk menekan saluran nafas dan saluran cerna., dimana anda berdomisili ?

      Hapus
  11. dok,apakah orang yang sudah pernah dioperasi karena thyroid bisa kumat kembali penyakitnya?Terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...yuyun ..pembesaran kel gondok ada bermacam-macam , dan terdapat pada 2 sisi . Jika pembesaran satu sisi dan dibuang juga satu sisi masih ada kemungkinan muncul disisi lain . begitu juga jika pembesaran tumor kel gondok ini adalah keganansan maka kemungkinan untuk kembali muncul juga besar seperti pada ca thyroid jenis papiller , follikuler , analitik dll yang tentunya akan lebih berat gejalanya..

      Hapus
  12. Dear pak Dokter selamat pagi
    salam kenal
    saya ema, 3 tahun yang lalu sy ke salah satu RS dijakarta untuk mengecek benjolan pada leher saya , dan hasilnya
    tyroid kanan , tampak masa padat bentuk masa padat oval berdiamter 4,65 cm, vaskuler tak meningkat
    tyroid kiri : ukuran 26,5 x 13,3 mm , tampak masa padat bentuk agak iregular damter 1,73 cm tak tampak kalsifikasi , veskuler tak meningkat
    kesan : nodul padat kanan kiri / struma nodosa

    hasil t3 = 1,05 ng/ml rujukan : 0.79- 1,49
    TSHS = 1.042 miu/ml rujukan : 0.47 - 4, 64

    saya tidak pernah minum obat dokter , saat ini kelihatnya sudah sangat besar , ingin operasi tapi secara physicologi belum berani, apalagi lihat gambar dokter diatas ,
    yang saya tanyakan apakah masi memungkinkan untuk benjlan dapat kecil kembali, jika saya rajin minum obat ? jika tidak, apakah jenis ini harus di operasi dokter .
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ema , dari penuturan anda sepertinya anda mengalami SNNT ( Struma Nodosa Non Toxica ) bilateral yang kanan lebih besar dari kiri . Untuk struma seperti ini konsumsi obat-obatan tidakakan mengecilkan masa tumor thyroidnya lagi. Jadi saran kami pilihan terbaik dan termudah adalah membuang tumornya melalui operasi .

      Tumor di angkat semua kiri dan kanan atau biasa di sebut operasi total thyroidectomy. Biasa disisakan sedikit untuk memenuhi kebutuhan yodium tubuh . jika tidak maka anda mesti mengkonsumsi obat yodium tablet setiap hari yang disebut thyrax atau obat yg sejenis.

      Makin cepat tindakan di lakukan tentu makin baik , karena jika semakin membesar maka akan menyebabkan operasinya menjadi bertambah sulit dan dapat menekan kebelakang sehingga mengganggu pita suara , ggn menelan dan bernafas..

      Untuk lebih jelas anda dapat berkonsultasi ke ahli bedah atau ahli bedah tumor yg terdekat di sekitar tempat anda berdomisili..tks

      Hapus
  13. Assalamualaikum Pak Dokter, Saya Simud..
    saya mohon pencerahan dari gangguan kesehatan yang saya alami.
    saya sudah periksa T3 dan T4 dan USG Tyroid.
    Hasil T3 dan T4 normal dok, kalo hasil USG nya benjolannya berdiameter 2mm, haruskah dioperasi?
    sebab saya ingin sekali program kehamilan.
    Bolehkah saya hamil? apa harus terus pantau T3 dan T4 selama hamil? jika iya, berapa jarak waktu saya harus cek lab?
    Mohon maaf dok, apakah dokter punya rekomendasi RS yang terbaik di Jakarta timur untuk operasi tyroid?
    terima kasih atas perhatiannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb ...selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami struma atau thyroid yang tidak beracun atau di sebut SNNT .dengan benjolan 2 mm kanan atau kiri ?.Pada SNNT tidak ada masalah dengan kehamilan artinya anda bisa hamil . penanganan yang terbaik adalah melalui operasi thyroidectomy . bisa dlakukan oleh ahli bedah umum atau oleh seorang ahli bedah tumor. apapun rumah sakitnya yang penting ada ahli bedahnya atau ahli bedah tumor di situ. Tentu sebelum operasi anda jumpa dulu dengan dokter nya jika sudah sepakat akan adalagi persiapan-persiapan operasi seperti lab , foto dada , konsul ke dokter penyakit dalam , jtg dan anestesinya..tks

      Hapus
  14. Salam.
    Dokter, saya positif ada gondok di leher, tp saya belum tanya lebih lanjut gondok macam apa. Saya jawab saya masih nunggu semesteran/UAS, jad bsk Januari saya baru siap utk operasi.
    Mama dan tante saya baru saja operasi gondok. Dokternya tante bilang efek setelah operasi selain pada suara, tp juga membuat tulang keropos dan kalau kekurangan yodium bisa tumbuh lg. Karena itu disarankan oleh dokter harus mengonsumsi yodium dan kalsium yang banyak.
    Apakah itu benar dok?
    Mohon beri saran, setelah saya operasi gondok, makanan apa yg baiknya saya konsumsi dan adakah pantangan setelah operasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya....gondong adalah pembesaran pada kelenjar tiroid di leher ada gondong yang beracun ada yang tidak . ini dapat di buktikan dengan klinis dan labor . lalu gondok yang bisa di operasi adalah yang tidak beracun ( SNNT) atau gondok beracun yang telah di obati . operasi gondok bisa sebagian bisa total ( kiri dan kanan) . jika setelah operasi yg total inilah yang mesti mengkonsumsi yodium ( thyrax ) seumur hidup . jika operasi hanya satu sisi seperti lobektomy saja biasanya tidak mengkonsumpsi yodium terus-terusan .tks

      Hapus
  15. SELAMAT MALAM
    dokter saya liat di internet di rsu zainal abidin banda aceh terdepat operasi gondok tanpa sayatan dengan menggunakan teknologi dari korea. yang mau saya tanyakan apakah operasi semacam ini bergantung kepada ukuran gondoknya? apa pasien penderita gondok toxin bisa menggunakan metode seperti ini?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya..dwi farida ..anda berdomisili di banda aceh kah ..?. di banda aceh telah di lakukan operasi thyroidectomy tanpa sayatan atau kerap di sebut laparoscopy thyroidectomy . ya itu sudah sering juga di lakukan di jakarta atau kota-kota lain di indonesia . tujuannya adalah untuk kecantikan sehingga tidak terlihat bekas operasi yang panjang hanya berupa titik2 saja. memang benar keadaan ini sangat tergantung pada besar gondok untuk yg beracun tetap tidak bisa di lakukan operasi sampai dia tidak beracun lagi meski dengan tehnik spt ini. Di banda dr apa yang melakukan laparoskopi thyroidwctomy ini ? yg saya kenal ada dr iskandar dan dr ismet ?

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. salam
    dok, saya mohon pencerahannya ya..
    hasil lab saya tanggal 28.8.2014
    hasil t3 = 4.73 ng/ml rujukan : 0.60 - 1.81
    hasil T4 = 20.20 ng/ml rujukan : 4.5 - 10.9
    TSHS = < 0.008 ng/ml rujukan : 0.550 - 4.780
    ciri-ciri:
    -berat badan menurun 5 kg/5 bln, padahal makan rutin/banyak
    - jantung berdebar
    - mata agak menonjol
    - tensi naik
    -sering marah-marah
    -rasa lelah/cape

    dok ahli dalam memberikan obat propanol (100 tablet) & Neo Mercazole (100 tablet) di minum 3x sehari.
    yang saya tanyakan, apakah penyakit ini berbahaya? dengan pengobatan rutin apakah dapat sembuh total? apakah perlu di operasi??
    demikian, trimakasih dok atas solusinya sebelumnya, MOHON pencerahan/penjelasannya..

    salam kenal
    Velly (wanita 33 thn) - AMBON - MALUKU

    BalasHapus
  18. Selamat malam dan salam kenal ya mbak velly , kami turut prihatin dengan keluhan dan penyakit yang anda alami . dari paparan anda mulai dari klinis , anamnesis dan laboratorium dan obat-obatan yang di berikan dokter ahli penyakit dalam kepada anda semua menggambarkan suatu kelainan gondok beracun atau secara medis di sebut SNT ( Struma Nodosa Toxica ).

    Perlu anda pahami bahwa gondok beracun ini bisa di normalkan dengan menggunakan obat-obatan dan selanjutnya jika telah normal maka gondok beracun ini dapat di lakukan tindakan operasi untuk membuangnya . apakah benjolan yang anda alami pada kedua sisi atau cuma satu sisi ? Jadi obat-obatan hanya dapat menurunkan racunnya saja dan jika telah normal maka operasi dapat di lakukan untuk membuang massanya. Selain ke dokter ahli penyakit dalam anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli bedah atau ahli bedah onkology atau bedah tumor. Jika didaerah anda sulit dilakukan anda bisa konsultasi dan melakukan operasi di jakarta rscm atau di kota besar lain yang ada ahli bedah tumornya. tks

    BalasHapus
  19. slamat malam dokter, ibu saya sudah lama menderita gondok. dulu ukuran gondoknya masih kecil. tapi lama kelamaan ukuran gondoknya membesar di bagian tengah tenggorokan dan keras, dan juga timbul lagi gondok ukuran kecil bagian kanan (seperti cairan yang benkak). menurut dokter itu gondok beracun atau gondok biasa ? apa masih bisa dioperasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya orang tua atau ibu anda menderita gondok atau struma yang membesar di bagian tengah leher . Gondok yang membesar dengan cepat dan keras harus di curigai adanya massa yang tidak jinak.atau sering juga di sebut dengan ca thyroid. ini berbeda dengan gondok beracun hal ini mesti di lihat dari gejala klinis dan hasil lab . atau bisa juga gambara kista pada struma nodosa yg tidak beracun.

      gondok beracun biasanya belum di operasi hingga kadar lab t3 dan t4 nya normal. sedangkan pada ca thyroid dan struma biasanya bisa di lakukan tindakan operasi .tks

      Hapus
  20. Malam dok, saya mau tanya ibu saya senin minggu lalu operasi tiroid ganas. Tp setelah operasi ketika minum ibu saya selalu tersedak,tp saat makan tidak apa2.
    Apakah ada yang salah? Atau hanya efek sementara dan bisa sembuh dengan sendirinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya , ibu anda baru satu minggu yg lalu operasi total thyroidectomy ai ca thyroid . saat ini merasa sering tersedak saat minum >>

      Hapus
    2. Iya dok.sampai sekarang pun masih sering tersedak saat minum. Apakah ada yg salah saat operasi?atau kenapa? Saat tanya ke dokternya disuruh minum ke sebelah kanan (yang dioperasi kiri). Tp menurut saya tetap aneh.masa makan minum disuruh sebelah kanan. Udah di ikutin saran dokter itu pun, ibu saya tetap tersedak. Jadi dok sebenarnya tersedak itu wajar setelah operasi dan akan sembuh atau memang ada kesalahan atau efek samping setelah operasi?
      Maaf tanya panjang lebar.karena saya kasihan ibu saya yang setiap hari harus tersedak saat menelan.mohon pencerahannya dok.

      Hapus
    3. Selamat malam ya tikah ..orang tua anda sering tersedak saat makan setelah dilakukan operasi . Keluhan seperti itu relatif jarang kami jumpai . kerap permasalahan pada kasus ca thyroid adalah terkenanya syaraf yang di sebut nervus laringeus recurrent . Ini adalah syaraf yang akan berfungsi untuk membuka dan menutup pita suara sehingga kita bisa bersuara atau berbicara. Tadi anda bicarakan bahwa dokter nya menyuruh minum sebelah kanan karena operasinya di sebelah kiri . artinya jika pun ada cedera syaraf maka akan terkena bagian sebelah kiri dan pita suara juga yang kiri . Hanya saja keluhan yang terjadi jika terkena syaraf adalah pasien sulit untuk bersuara.atau suaranya jadi kurang jelas sampai menghilang. Mungkin anda harus konsultasi juga dengan dokter rehabilitasi medis atau dokter fisiotherapy mungkin ada cara-cara minum atau makan yang mesti di perbaiki tks ya

      Hapus
    4. Ow jadi seumpama yang dioperasi kiri ,jika ada gangguan pun disebelah kiri y?
      Kalo ibu saya suaranya juga mengecil dok . Tp yg mengganggu tersedaknya itu.
      Baik dok. Terima kasih byk

      Hapus
  21. Assalamualaikun dok, saya sinta dari palembang. Skitat 3minggu yg lalu saya menjalankan oprasi benjolan dileher sbelah kiri dan setelah hasil lab nya keluar di diagnosa papillary thyroid carcinoma dan disarankan oleh dokter yg membedah untk mnum obat seumur hidup, krna bila dilakukan penyinaran dkter nya tkut akan merusak sel" lainnya karna umur saya baru 19 thun. Smpai skg suara saya msh serak akibat oprasi, apakah suara saya bisa kembali normal lagi dok ? Dan apakah saya bisa sembuh seperti semula ? Saya tkut benjolan itu muncul lagi karna oprasi rasanya sakit skali. Trimkasih sbelumnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb , selamat siang dan salam kenal ya sinta dari palembang sumsel. syukur anda telah dilakukan operasi pengangkatan tumor ganas thyroid jenis papillary ca. di rs m husin palembang oleh ahli bedah tumor ?

      anda di lakukan total thyroidektomi sehingga mesti mengkonsumsi obat jenis pengganti t 3 dan t 4 untuk metabolisme seumur hidup.. memang ca thyroid ada kemungkinan kembali karena konsepnya adalah keganasan , sehingga anda mesti sering melakukan kontrol sendiri atau ke dokter bedah jika di jumpai tanda- tanda rekuren dll.

      Hapus
  22. Met sore dok... saya nur di solo
    Pd bln juni 2013 tiroid sya membesar yg kanan dan dri hasil fnab ternyata dicurigai ada keganasan. Carsinoma. Dan dokter menyarankan untuk operasi. Berhubung sya takut dng resiko suara hilang. Saya membatalkan operasi. Tpi ternyata sya perhatikan tiroid sya tambah membesar. Bahkan yg kiripun ikut membesar. Walaupun pertumbuhannya lambat. Desember 2015 sya kembali ke dokter. Dan berhubung sudah satu setengah tahun maka dokter menyarankan untuk usg abdomen. Dan hepar Dan rongsen torax karena ditakutkan terjadi penyebaran. Ternyata hasil tdk ad penyebaran. Operasi dilakukan tgl 19 jan 2015. Untuk mengangkat semua tiroid. Hasilnya setelah 3 hari. hasil dari lab PA Ternyata tidak ditemukan tanda tanda ganas. Dan skrg sya mengkonsumsi thirax seumur hidup. Tpi setelah op suara sya awalnya normal tpi sekrg bervolume kecil. Leher msih kaku dan seperti otot tertarik. Yg ingin sya tanyakan. Apkh suara sya bisa normal lgi dok? Krn temen sya bilang proses ke normal bisa 3-6 bln an. Trimakadih dok untuk jawabannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..nur di solo. sering memang hasil fnab berbeda dengan hasil histopatology dan yang menjadi pegangan adalah hasil histopatology. kerap jika kita ragu terhadap hasil suatu pemeriksaan fnab kita melakukan pemeriksaan second opinion ke ahli PA lain sehingga hasil lebih di percaya. Anda mesti bersukur jika hasil akhir ternyata bukan suatu ca thyroid sebab jika ca thyroid maka penanganannya lebih berat dan perlu radiasi atau masih ada kemungkinan kembali muncul. jika dilakukan total thyroidektomy maka mengkonsumsi thyrax sebagai therapy pengganti adalah seumur hidup. tks

      Hapus
  23. Selamat siang dan salam kenal ya jesika anda memiliki benjolan di leher atau yang sering di sebut gondok , atau struma ( SNNT) jika tidak meracun yg bisa di ketahui dari gambaran t3 t4 dan TSH maka pilihan operasi kita adalah mengangkat strumanya . hasil FNAB apa sudah ada ?.

    Struma jenis adenoma di operasi jika mengganggu fisiologis seperti susah bernafas , mengagnggu proses menelan , atau permintaan penderita karena faktor keindahan dan gangguan pergerakan leher.. Jika anda merasa tidak ada keluhan seperti itu anda dapat mempertimbangkan untuk menunda operasi . namun perlu anda ketahui bahwa pilihan terapi untuk mengobata struma ini hanyalah melalui operasi baik total maupun ismulobektomy dll.

    struma yang tidak beracun ini biasanya tidak berpengaruh langsung pada kehamilan jadi banyak orang dengan struma yang cukup besar hamil dan melahirkan seperti wanita pada umumnya. tks

    BalasHapus
  24. Pagi dok.. Tadi sebelum ini saya sudah komet tp gk tau apa udah masuk ke blog ini.
    Saya penderita struma jinak. Saya memutuskan utk melakukan operasi pengangkatan. Ditahap awal ini saya sangat deg deg an dok. Tapi saya tetap semangat.
    Dokter, berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk penyembuhan total pasca operasi ini. Apa saja yg saya harus hindari pasca operasi. Makanan apa saja yg harus saya hindari.
    Terimakasih sebelumnya dok.

    BalasHapus
  25. Pagi dokter..
    Salam kenal dari saya.
    Dokter saya penderita struma yg tidak ganas. Ini terjadi setelah saya sakit hypokalemi yg cukup lama. Setelah hypokalemi gak ada lagi timbul benjolan di leher setelah saya cek ke dok,hasilnya adalah gondok yg tidak ganas. Saya memutuskan utk melakukan operasi pengangkatan. Saat ini saya mulai melakukan tahap awal.
    Saya sangat deg degan dokter. Baru juga tahap awal. Tapi saya tetap semangat .
    Dokter pasca operasi berapa lama untuk bisa sembuh total baik jahitan bekas operasi dan pemulihan fisik.
    Kegiatan apa saja yg saya harus hindari pasca operasi?
    Dan makanan apa saja yg saya harus hibdari juga.terina kasih sebelumnya dok..blog anda sangat bermanfaat. Semoga doker selalu rendah hati dan sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya cut astri apakah anda berdomisili di aceh ? sebab kami pernah bertugas di aceh selatan kira-kira tahun 2008. sebelumnya terima kasih telah berkunjung ke blog kami semoga bisa membantu anda. ada dua koment anda di sini namun kami rangkum saja dalam satu pemaparan. Anda menderita struma nodosa non toxica (SNNT) jika telah di kuatkan oleh pemeriksaan klinis dan PA oleh seorang dokter bedah. dan anda berencana untuk melakukan operasi pengangkatan massa tumor gondok tersebut . apakah satu sisi atau kedua sisi .. Memang sebaiknya struma atau gondok ini dilakukan operasi pengangkatan bisa melalui pengangkatan operasi terbuka atau melalui tehnik baru dengan laparoskopic surgery. anda harus semangat dan yakin untuk melakukan operasi tersebut dan biasanya dokter yang melakukan akan optimis. perlu anda ketahui bahwa operasi ini sudah sangat banyak di lakukan baik di indonesia dan di dunia . yakinlah anda tidak sendiri dan dokter yang melakukan operasi sudah berulang-ulang kali melakukan operasi.

      Pemulihan operasi ini tidak lama biasanya sekitar 10 harian . namun anda sudah bisa beraktifitas dan berjalan setelah bebas dari efek pembiusan. Biasanya jahitan pada kulit adalah dengan benang yang tidak di serap sehingga mesti di buka kembali. biasanya setelah 2 mgg. kegiatan jika luka operasi sudah sembuh biasanya tidak ada batasan . jika baru operasi laka sebaiknya jangan basah dulu. makan jika anda tidak ada alergi dengan makan tertentu juga tidak ada batasan. selamat operasi tks

      Hapus
  26. Dokter saya baru melakukan operasi Tiroid bagian Kanan, kurang lebih satu minggu ini.
    Kenapa kok setelah perban di buka saya baru sadar kalau leher bagian tengah persin agak bengkak atau menonjol kurang lebih setelor puyuh. Dan rasanya nyeri jika di pegang, Apa itu ormal setelah operasi. Tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda mengalami benjolan yang seharus nya tidak ada pasca operasi thyroidectomy .....sebaiknya anda kembali kontrol ke dokter yang melakukan operasi ...kemungkinan bisa suatu tumpukan darah yang mengumpul di satu rongga yang berbentuk bulat..tks

      Hapus
  27. Salam kenal dok. Saya baru saja melakukan operasi tiroid bagian Kanan kira2 udah 10 hari ini. Kenapa setelah perban di buka saya baru sadar kalau leher bagian depan saya bengkak sbesar telor puyuh kurang lebihnya pas di tengah jahitan, dan jika di sentuh terasa pegal dan agak keras, Apa itu wajar dok setelah operasi ada pembengkakan jaringan di sekitar tiroid. tanks

    BalasHapus
  28. Dokter mohon advise dari hasil test..
    apakah gondok ini beracun dan perlukah operasi ?

    Test fungsi thyroid :
    hTSH : 0.507 range : 0.35 - 4.94
    Free T3 : 4.81 range : 2.63 - 5.70
    Free T4 (ng/dl) : 1.10 range : 0.7 - 1.48
    Free T4 (pmol/L) : 14.16 range : 9.01 - 19.05

    Hasil radiologi :
    Beberapa iso untuk nodul hypoechoic di kedua lobus kanan dan kiri kelenjar tiroid.
    Ukurannya kira-kira 10-33 mm dmasing-masing diameter, dengan salah satu terbesar di lobus kiri, tidak ada perpanjangan retrosternal

    Kesan : gondok multinodular

    Dan apakah ini semua bisa mengecil atau hilang..
    Apakah ada makanan yang dilarang untuk menghambat agar tidak bertambah besar,
    terimakasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya..dari hasil lab yang kami lihat tergambar bahwa hasil lab nya dalam batas yang normal saja jadi kemungkinan suatu Suatu struma multinodular non toxica..yg tidak beracun.

      untuk mengecil sendiri itu tidak mungkin , dan pilihan untuk mengecilkan tsb adalah operasi membuang strumanya. obat-obat untuk mengecilkannya tidak ada . tks

      Hapus
  29. malam dok. alhamdulilah sya sdh melakukan tyroidectomy tgl 26 april 2015 di rs. advent bandung dgn dr. dimyati ahmad spes bedah onk. hasil PA hispatology adalah adenomatous goiter. yg diangkat 3 jaringn tyroid dg masing2 ukrn 6x4x4 cm, 3x2x2 cm, 3x2x1 cm.
    yang saya ingin tanyakan pertama suara saya masih mengecil. kira kira sampai kapan suara saya akan normal kembali. atau suara saya akan mengalami perubahan pasca operasi.
    yang kedua tgl 8 juni saya di anjurkan datang kembali konsul ke dr dimyati di bandung dg membawa hasil lab FT4 dan TSHS yg di lakukan awal juni. yg mau saya tanyakan perlu atau tidak saya konsul lg ke bandung apabila nanti hasil lab normal. mengingat domisili saya di bandar lampung. atau bisakah saya cukup konsul dgn dokter bedah umum di bandar lampung saja.untuk di bandar lampung saat ini dr. spes bedah onk. tidak ada. trimksh banyak. di tunggu infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak endah...syukur alhamdulillah anda telah dilakukan operasi thyroidectomy dengan lancar ..suara yang kecil atau serak akan membaik secara perlahan...untuk kontrol luka saja jika suatu adenoma sec PA bisa anda lakukan ke ahli bedah umum saja.tks

      Hapus
  30. sekedar info dok saya tyroid yg di angkat kanan dan kiri. tenkiu

    BalasHapus
  31. SELAMAT SIANG DR....KAKAK SAYA DARI JAWA DIDIAGNOSA GONDOK JINAK BERAPA LAMA MASA PENYEMBUHAN PASCA OP. (RENC.AKAN SY BW KE JKT U OPS) MENGINGAT BIAYA YANG AKAN SAYA KELUARKAN NANTI KARENA DARI JAWA TIDAK BERI RUJUKAN KARENA APS KATA KAKAK SAYA....SEKIAN T.KASIH S.SIANG

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...penyembuhan setelah operasi bisanya cepat hari ke 3 pasca operasi pasien sudah dapat berjalan dan bisa pulang jika tidak ada komplikasi..infeksi. selanjutnya bisa kontrol ke dokter bedah atau dokter umum yang ada di dekat tempat tinggal anda tks

      Hapus
  32. Selamat siang dok salam kenal. Ibu saya barusan operasi struma tidak ganas pada 14 hari yang lalu, namun suaranya kecil dan semakin kecil disertai berasa ada dahak, apakah itu hal yang normal pasca penyembuhan apa ada kelainan atau kesalahan saat operasi? Dan kira-kira waktu yang dibutuhkan agar suaranya dapat kembali normal? Mohon kejelasannya dok, Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..pada operasi struma biasanya menggunakan pembiusan umum dengan memasang alat ke dalam tenggorokan oleh ahli anestesi .bisa mmuncul oedem atau infeksi saat pemasangannya dan itu biasanya akan membaik hal ini di buktikan dengan adanya slem atau dahak .penyembuhan tentu tergantung kondisi pasiennya .....tks

      Hapus
  33. selamat sore dokter. salam kenal..saya Nisa dari kab.hulu sungai utara prov.kal-sel. saya penderita gondok sudah sekitar 5 thn lebih sejak saya belum menikah, saya punya anak 1 sudh berumur 4 thn. sewaktu belum menikah masih kecil gondoknya tp setelah melahirkan normal makin membesar & sekarang sudh makin ketengah & ada tumbuh yg kecil di sebelah kanan.
    Beberapa bulan yg lalu saya cek lab di Rs.Sari Mulia Banjarmasin dg hasil lab kelenjar teroidnya normal & disarankan dokter spesialis bedah utk operasi & beliau tdk mengijinkan saya utk hamil lg sebelum teroidnya di buang krn takut ada resiko kelainan pada ibu & janin.
    Yang saya konsumsi sekarang obat herbal ekstrak kulit manggis & daun sirsak dan juga madu utk daya tahan tubuh. dan saya pke alat kontrasepai IUD utk menghindari masuknya hormon kedalam tubuh.
    Rencana dalam waktu dekat saya mau operasi di RS.Ulin di banjarmasin menggunakan BPJS Mandiri kelas 1 karena saya ingin sekali punya anak lagi.
    yg saya tanyakan : resiko apa yg akn terjadi jika saya hamil tanpa melakukan operasi ? apakah setelah operasi benjolannya benar2 hilang ? dan apakah aman jika hamil lagi setelah operasi?
    kisaran biayanya berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak nisa ..anda mengalami struma multi nodosa mungkin yang tidak beracun jika mengacu ke keluhan anda. sebaiknya anda pastikan dengan memeriksa lab T3 , T4 Dan TSH jika norma berarti tidak beracun dan sangatdi anjurkan untuk di operasi.biasanya benjolan akan hilang sama sekali. Struma yg tidak beracun seyogyanya tidak berpengaruh pada ke hamilan tapi pada yg beracun memang tidak diperbolehkan hamil. permasalahannya benjolan anda sudah ada di kedua sisi dan ini berpotensi untuk membahayakan diri anda jika telah menekan saluran nafas atau saluran makan. sebaiknya segera anda lakukan operasi untuk membuang benjolan tersebut tks

      Hapus
  34. assalamualikum dok saya rizky 20 tahun
    dok saya ada benjoan dileher sebelah kanan seukuran jari telunjuk kurang lebih, engak saya sadari sebelumnya , saya ketahui saat berkaca dicermin dan memegang leher apa yang harus saya lakukan dok cemasss sekali sekarang kayak orang streeesss akhir2 iini saya hanya berikhtiar kepada Allah supaya tidak terjadi apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya ..dari keluhan yg anda sampaikan kami agak kesulitan untuk mendiagnosanya ..apakah memang suatu gondok atau benjolan lain karena jarang sekali gondong yang berbentuk panjang tsb.jika boleh tahu di mana anda berdomisili tks

      Hapus
  35. Dokter tolong penjelasan atas penyakit saya:
    Saya penderita hipertiroid dan sudah minum ptu dari 2013 lalu... saat itu
    t3 >6.51 nilai ukur 0,846-2.02
    T4>24,86 nilai ukur 5,13-14,06
    Tsh 0,006

    Dan sekaran Alhamdulillah sudah normal dimana
    T3 1,40 nilai rujukan 0,92-2,33
    T4 98,40 nilai rujukan 60-120

    Dan pemeriksaan usg tiroid
    Trachea di tengah
    Kel.tyroid kanan dan kiri tampak membesar, diffuse, homogen, isoechoic, batas tengah, dengan ukuran kanan 2,31cmx2,50cmx1,83cm
    Kiri : 1,82cmx2,87cmx2,11cm
    Tampak gambaran peningkatan flow vaskuler (hipervaskuler), tidak tampak pembesaran KGB region colli
    Kesan: struma diffusa (toksik/graves)

    Saya mau nanya dokte, soalx pas ama dokter saya gak di jelasin satu-satu jadi belum puas, karna pasien yang banyak antri di rumah sakit. Jadi saya di rekomendasikan untuk operasi, sebaik nya saya harus operasi atau egak dokter, soalnya itu nanti bisa balik lagi gak normal, apa lagi kalo hamil hormonnya gak normal lagi...
    Sebaiknya apa ya dokter yang mesti saya ambil... di satu sis ada rasa takut operasi takut kalo jadi hipo
    Tapi kalo egak takut juga hormonnya naik lagi
    Mohon rekomendasinya dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...pada struma toxica jika kadar T3 , T4 dan TSH telah normal maka pilihan operasi sebaiknya di lakukan karena memang betul bahwa kdar hormon ini akan naik kembali atau berfluktuasi.memang banyak prosedur lagi yg mesti di lalui namun untuk anda saya sarankan untuk di lakukan operasi pengangkatan strumanya tks

      Hapus
  36. Selamat siang dok,salam kenal.saya novi dari sidoarjo saya barusan melakukan operasi struma.setelah operasi hasil labnya menunjukkan klo saya terkena papillary carcinoma dan follicular varian.sblm operasi hasil test T3:1.04,T4:89.99 dan TSH :2.98.apa penyakit ini bisa sembuh dok setelah dilakukan operasi?apa yang harus saya lakukan dan obat apa yang harus saya minum? karna dokter saya tidak memberi/menganjurkan saya minum obat apapun.mohon pencerahannya dok.
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami struma yang ganas yaitu ca papillary ..berarti operasi yang dilakukan adalah mengangkat semua kelenjar gondok atau di sebut total thyroidectomy..dan anda akan mengkonsumsi obat pengganti yodium seperti tyrax seumur hidup.. ca papiller adalah kanker kel thyroid yg berpola progresivitas lambat namun tetap saja ini adalah ca yang mesti di terapi dengan baik ...pilihan radiasi adalah yg jadi alternatif baik saat ini ..namun untuk informasi lengkapnya sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan seorang ahli bedah tumor atau ahli bedah onkology di mana anda berdomisili tks

      Hapus
  37. Selamat sore dan salam kenal Dok..

    Saya terdiagnosa kista tiroid sebelah kiri. rencananya akan operasi bulan depan. yang ingin saya tanyakan, apabila tiroid sebelah kiri saya diangkat, apakah saya perlu minum obat seumur hidup?apakah setiap operasi suara selalu berubah?adakah yang baik2 saja suaranya?

    Mohon penjelasannya Dok..

    Terima kasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang dan salam kenal ya...kista thyroid kiri biasanya di buang yang sebelah kiri dan tengah atau ismusnya ...jika tidak dilakukan pembuangan semua kista anda tidak perlu mengkonsumsi terapi pengganti ...karena masih ada produksi dari sisi yg tidak di buang. jika tidak melibatkan syarah massa tumornya biasanya tidak menyebabkan gangguan suara..tks

      Hapus
  38. Sore Dok....

    salam kenal ya. Sy indhi dr Jakarta. Beberapa waktu lalu ay periksa tiroid dok. Hasilnya...

    hTSH 1.784 ulU/ml
    Free T3 : 4.53 pmol/L
    Free T4 (ng/dl): 1.10 ng/dl
    Free T4 (pmol/L : 14.16 pmol/L

    lalu..the cystic lesion measures 19.6x15.2x29.9 mm dan mural nodule measures 15.2x12.1x16.3mm

    dengan hasil lab tersebut dok...perlukan sy operaai? Atau cukup dengan obat2an saja.

    terima kasih dokter.
    Salam anget,
    Indhika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya...indhi..dari hasil lab kel gondoknya sepertinya dalam batas normal dan gambaran kistik spt penuturan anda dan multi nodul..kesan saya bukan gondok beracun ...jika mengganggu sebaiknya dilakukan operasi tks

      Hapus
  39. Assalamualaikum wr wb ..Pagi dok ....1 thn lalu sy pernah operasi gondok tdk beracun ....tp ini kok terasa masih ada benjolan lg di sebelah kiri ...8 bln yg lalu sy kontrol ke dokter yg menangani ...penjelasan dr dokter ktny ktny cm kelenjar / otot leher sy besar ...yg sy mau tanyakan ...apa gondok itu ...bisa tumbuh atau besar lg meskipun sdh di operasi ...??? Dan apa yg mesti sy lakukan ???Trims dok wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..mbak nur azizah...jika hasil pa suatu gondok yang mukan ganas serta bersih mestinya tidak muncul lagi..tapi jika tumor atau ca thyroid maka tentu besar kemungkinan akan kembali muncul ..mesti di konsultasikan ke ahli bedah tumor jika benjolan kembali bertambah besar ...dimana anda berdomisili...? tks

      Hapus
  40. Slmt pagi dok.. Saya hadi , berdmisili di pekanbaru..Salam kenal.. 4 bulan lalu timbul benjolan d sblah kanan atas leher saya.. Setlah cek PA drmh skit ternyta kista.. Jika operasi apa ada efek smpingny dok? Trims

    BalasHapus
  41. selamat sore dok saya mau numpang nimbrung di sini, terkait penyakit gondok kebetulan ibu saya mengalaminya dan mulai muncul benjolan pertama kali setelah melahirkan kakak pertama saya sekitar tahun 1972 dan baru tahun 2015 tepatnya 28 november ibu saya di oprasi, ibu saya juga punya riwayat tekanan darah timggi setalh opname selama 3 hari di RS dan tekanan darah sudah normal kemudian masuk ke ruang oprasi nah setelah kami menunggu kami di panggil oleh dokter bedah yang melaksanakan oprasi dokter menyampaikan tidak bisa melanjutkan oprasi pengangkatan dikarenakan terkadi pendarahan hebat saat baru mulai melakukan penyatan kulit dan dokter tidak berani ambil resiko untuk melanjutkan tatepi dokter sempat mengambil sedikit kelenjar atau apakah namanya untuk di observasi apakh ganas atau jinak, kemudian apa yg selanjutnya harus kaminlakukan apakah kami harus minta rujukan ke dokter atau RS yg lebih spesifikblagi atau bagai mana dan apakah nntinya gondok ibubsaya bisa di angkat jika tekanan drahmya tinggi, terima kasih

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum dok, saya agus tadi malam ibu saya operasi gondok namun baru pada tahap penyatan dokter menghentikan tindakan karena terjadi pendarahan hebat ( bilang dokter bedahnya) yang dibsampaikan pada kami, dokter juga sempat ambil secuil untuk di analisa apakah ganas atau tidak. nah saya jadi bingung ibu saya sebelumnya sudah sekitar 6 bulan selalu mengkonsumsi obat yg diberikan oleh dokter bersangkutan tapi dokter blm tau stromanya ganas atau tidak,. ini bagaimana dok. trus apa yg harus kami lakukan lagi apa harus juga ikut menunggu hasil dr observasi hasil sampel atau kami bisa minta rujukan ke rs yg lebih kompeten lagi supaya bisa di onservasi detail dan dilakukan tindakan secepatnya dan atau rumahnsalit mana yg kompeten dan terjaangkau atau menetima pasien dengan ASKES di wialayah jawa tengah terimakasih

    BalasHapus
  43. Assalamualaikum dokter, ibu saya punya benjolan di leher sebesar telor ayam oleh dokter dipegang sama di sruh mnelan ludah kemudian didiagnosa gondok. Kemudian d sarankan untuk operasi. Tapi kami takut dengan resikonya karena RS kami kecil hanya ada 1 dokter bedah. Domisili kabupaten seruyan kabupaten kecil di kalimantan tengah. Gimana dok ?

    BalasHapus
  44. Asslamualaikm dokter
    Ibu saya punya benjolan d leher sebesar telor ayam kampung. Cek ke dokter di pegang &di srih nelan ludah kemudian di diagnosa gondok di sarankn operasi. Tapi kami takon karena RS yg kurang meyakinkan. RS Kami kecil dgn 1dokter bedah saja. Kami tinggal di kabupten seruyan kabupten kecil di pedalaman kalimantan tengah. Gimana dok ? trims

    BalasHapus
  45. Selamat siang dokter salam kenal saya nita satu bulam lalu saya usg leher hasilnya ada kista tiroid 2,1cm dengan pembentukan calculus,dan hasil lab saya tsh,t3,t4 normal apa kah saya bisa sembuh tanpa operasi trimakasih dokter

    BalasHapus
  46. Assalammuailaikum wrwb.. salam kenal dr ramzi.. saya sdh membaca artikel ini beserta komentar n jwbn'a dr atas smpe bawah.. maap klo saya tdk salah inti'a klo tiroid tu hrs di operasi jk sdh mengganggu pernapasan n proses menelan.. dokter perkenalkan saya perawat dirsud.. saya menderita tiroid sejak 2012 hingga skrg.. saya tau klo tumor itu tdk ada obat nya selaen operasi.. sejak 2012 massa tiroid nya msh kecil jd saya tdk lakukan operasi krn alasan takut sakit tp 2bln blkgn ni jd membesar.. drsu tmpat saya krj tdk ad dokter bedah tumor hny bedah umum.. wkt 2012 saya berobat ke rs gatot subroto tnyta ad dokter ahli bedah tumor tp klo ke jakarta saya hrs dirujuk. Sdgkn drsud tmpat saya bekerja ad dokter yg bs melakukan'a. Yg sya tny kn bisakah dilakukan oleh dr sp.bu krn tdk ada dokter ahli bedah tumornya ? Terimakasih

    BalasHapus
  47. Ass.. dokter ramzi saya td sudah bertanya di blog dokter.. mngkn tdk terlihat.. jd saya bertanya ulang.. bisakah dr bedah umum yg melakukan operasi tiroid sdgkn shrusnya dr bedah tumor.. terimakasih

    BalasHapus
  48. Selamat pagi dok, saya windi dok saya ingin bertanya saya menderita follicular neoplasma, apakah ini harus di angkat? Apa resikonya apabila tidak diangkat? Lalu apabila di operasi apa ada kemungkinan tumbuh lagi? Lalu bagaimana dengan suara? Apa setelah di operasi suara saya akan tetap parau atau bisa kembali seperti sedia kala? Terimakasih dok ^^

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum dok.. saya mengalami benjolan kecil pada leher sejak SMA sekitar th 1999, tp sy mebiarkan saja. Setelah th 2004 sy cek labor dan positif gondok tp sy tdk mengerti hasil diagnosanya. Th 2010 sy cek lagi dan dokker menyarankan operasi tp sy tidak berani. Skg th 2016 sy lihat benjolannya sdh mulai agak membesar dan sebelah kiri ketika sy menoleh kesebelah kiri dan menekuk ke bawah sy merasa tdk nyaman dileher sy. 3 bulan lalu sy mengalamu keguguràn. Apakah itu disebabkan tiroid yg sy derita dok? Skg sy kg program hamil lg setelah pasca kegugura. Apakah bahaya jika saya hamil saat ini dok? Mohon oencerahannya apa yg harus sy lakukan, apakah bahaya jika sy hamil,, atau s harus mengobati tiroid dul. Trimaksih banyak dok sebelumnya... wassalam

    BalasHapus
  50. Slmt mlm dok.ramzi
    Saya asri dari bali,bln dpan saya mau op snnt dok.benjolan membesar sblh kiri..apakah itu berbahaya utk pita suara??
    Kira2 brpa lma sya hrus istrirht stlh op??mhon saran dan informasinya dokter.trimakasih.

    BalasHapus
  51. Slmt pgi dok.ramzi.saya asri dari bali
    Saya penderita tyroid sebelah kiri dengan ukuran pnjang kira" 4cm.dan benjolan padat kenyal,gerak mengikuti saat menelan,tdk gemetar,dan tdk ada deg"an.saya akn mendapat tindakan op bln februari depan drsud,yg mau sya tnyakan apakh itu berbahaya utk pita suara sya dok?dan apakah sya bisa hamil stlh op?dan brapa lama sya masa pemulihanya?mohon bntuan dan pnjelasanya dok.trimaksih

    BalasHapus
  52. Selamat siang dok.. Saya aryati, saya punya penyakit gondok, tapi saya udh operasi, kelenjar tiroid yang biasa dan tidak beracun,kenapa sekarang bisa ada lagi ya yg di sebelah kanan,padahal udah di operasi dok.. Waktu itu kiri sama kanan,tolong bls ya dok.. Thankyou,

    BalasHapus
  53. dok saya mau nanya saya sudah melakukan operasi kanker tyroid dan saya sudah difonis minum obat seumur hidup apakah saya akan bisa punya anak dok?apakah obat yang saya minum akan mempengaruh kesuburan saya?saya minum obata tyrax mohon balasannya dok

    BalasHapus
  54. dok saya pasien operasi kanker tyroid sudah diangkat dan saya difonis minum obat seumur hidup saya mengonsumsi tyrax dan eutyrax dok pertanyaan saya apakah saya akan hamil dok dan bisa punya anak?apakah obat itu tidak mempengaruhi?

    BalasHapus
  55. Selamat malam dan salam kenal,dok. Saya mau bertanya mengenai penyakit gondok yg dialami oleh Ibu saya. Dulu sewaktu Ibu saya masih gadis sekitar 30th lalu pernah operasi pengangkatan kelenjar gondok, kemudian setelah saya berusia 5th muncul kembali dan dilakukan operasi pengangkatan kelenjar tsb. dan sekarang setelah berjalan 20th lebih, kenapa masih muncul kembali pembengkakan pada leher ibu saya ? memang sih ibu saya blm sempat melakukan pemeriksaan detail k dokter, tp sekiranya memang hrs dilakukan operasi lg. apakah itu aman dan tidak berefek ??

    Mohon infonya,dok

    BalasHapus
  56. Selamat malam dan salam kenal,dok. Saya mau bertanya mengenai penyakit gondok yg dialami oleh Ibu saya. Dulu sewaktu Ibu saya masih gadis sekitar 30th lalu pernah operasi pengangkatan kelenjar gondok, kemudian setelah saya berusia 5th muncul kembali dan dilakukan operasi pengangkatan kelenjar tsb. dan sekarang setelah berjalan 20th lebih, kenapa masih muncul kembali pembengkakan pada leher ibu saya ? memang sih ibu saya blm sempat melakukan pemeriksaan detail k dokter, tp sekiranya memang hrs dilakukan operasi lg. apakah itu aman dan tidak berefek ??

    Mohon infonya,dok

    BalasHapus
  57. Dok, bulan september 2015 lalu saya ada struma di leher sebelah kiri, sudah di operasi. Tapi 5 bulan setelah itu (feb, 2016) leher saya mulai berasa nyeri lagi dan terasa ada benjolan lagi.. apa struma saya tumbuh lagi??

    BalasHapus
  58. Selamat malam dokter, saya berumur 21thn dari purwokerto ada pembekakan kelenjar tiroid kanan ukuran kurang dari 5cm.
    kalau efek operasi tiroid adalah suara yang berubah, butuh berapa lama sampai suara kembali normal dok? Terimakasih.

    BalasHapus
  59. Assalamu'alaikum.. dok ada bnjolan pda leher dpan tngah agak kiri... tdak trasa skit atau mngganjal sma skali... sampai orang lain yg prtma tw klo ada bnjolan dlher sya.. sya priksakan k bbrpa dokter smw mnganjurkan u/oprasi dan tdak ada obatx.. trakhir saya priksakan k spcialis bdah hanya draba bnjolanx trus diagnosa awal tyroid jinak dan harus oprasi jg...
    Akhirnya sya ngikuti sran smw dokter yg sdah priksa n meraba bnjolan tiroid u/ oprasi pngangkatan...
    Stlah oprasi bnjolan yg sudah diangkat dprksa lab... trnyata hsilx tumor ganas....
    Apa bhya yg mungkin trjadi pda sya dan apa yg hrus sya lakukan slain minum obat seumur hidup itu...?
    Mohon ptunjuk dan sranx y dok...

    BalasHapus
  60. Selamat Sore Dok.. sy mau tanya ada benjolan yg menonjol keluar dileher kiri sy klo g salah bulan Oktober 2015. sy cek darah utk T3 T4 katanya smua normal tetapi disuruh operasi sy dr.bedah (tanpa ada penjelasan apapun). beberapa bulan kemudin benjolan yg adanya diluar itu menghilang tetapi rasanya dia menonojol kedalam( rasa spt dicekik,nyeri, sesak nafas dll) kemudian sy lakukan USG denga hasil sbb:
    bagian kanan : ukuran normal, intensitas echo parechym normal, tak tampak nodul/cyst, vascular mapping normal
    bagian kiri : ukuran membesar disertai single nodule solid mixed cystic ukuran 1,84 x 1,46 x 2,79 cm. tak tampak vaskularisasi intranodal.

    isthmus normal tak tampak lymphadenopathy di regio colli kanan kiri


    Kesan : Struma unidosa KIRI

    yg saya tanyakan termasuk jenis gondok ganas apa tidak ya dok??? tdk ada penjelasan dr dokter sebelumnya tetapi smuanya menyarankan untuk operasi. mohon penjelasannya.. Terima kasih

    BalasHapus
  61. Selamat malam dok...
    Saya punya benjolan theroid sebelah kiri sebesar kepalan tangan orang dewasa.jika dilakukan operasi adakah resiko2 yg mungkin timbul? Dan apakah pasca operasi hrus mgkonsumsi obat2n yg terus menerus? Terima kasih ya dok

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum Dr. Ramzi... saya mau tanya dok, pada tgl 11/3/2016 lalu ibu saya melakukan oprasi gondok benjolannya di sebelah kiri... tp pasca oprasi ibu sy malah sering lemas, pusing, gemetar dan lambungnya jg sering perih dok... kira2 kenapa bisa terjadi demikian ya dok apakah smua itu normal dok? pasca oprasi ibu sy sdh 8kali bolak balik ke dokter... mohon penjelasannya ya dok terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  63. assalamualaikum Dr. Ramzi.. saya mau tanya dok, ibu saya usia 60thn melakukan oprasi gondok pada tgl 11-3-2016, tp pasca oprasi ibu saya sering mengeluh pusing, lemas gemetar dan lambungnya jg sering perih dok, suaranyapun hilang dan semenjak selesai oprasi ibu sy jg sdh 8x kedokter karna sering mengalami lemas apakah smua itu wajar dok? mohon penjelasannya ya dok... terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  64. selamat pagi dok, mohon bantuannya. ayah saya gondok nonjolnya ke dalam. itu penanganannya bagaimana ya? kalau operasi apa resikonya? trims

    BalasHapus
  65. Selamat Malam Dokter,
    Ibu saya telah dioperasi pengangkatan tyroid total (kanan dan kiri) pada bulan April lalu dirumah sakit di RS Premiere Jatinegara. Operasi pertama dilakukan pada tanggal 7 April untuk mengangkat nodul berukuran cukup besar dengan diameter +/- 10 cm. Pada operasi pertama ini tidak ada gangguan pada suara dan tenggorokan dalam hal fungsinya untuk makan dan minum (normal) Setelah dilakukan patologi, pada tanggal 12 April dokter kembali memutuskan untuk kembali mengangkat tyroid sebelah kiri karena dikhawatirkan pasien diatas 50 tahun akan terimbas kanker tyroid. Operasi kedua ini mengakibatkan sulitnya minum (tersedak) dan suara menjadi serak, meskipun menurut dokter kondisi syaraf pita suaranya normal dan tidak terganggu.
    Mohon sarannya Dok, apakah benar suara yang menjadi serak akan kembali normal? dalam kurun waktu berapa lama? dan apa yang bisa kami lakukan untuk mempercepat penyembuhan pada syaraf pita suara Ibu saya Dok? Karena kondisi suara sepertinya menimbulkan kekhawatiran berlebih pada beliau dan saya takutkan akan memperlambat proses penyembuhannya. Sebelumnya terima kasih atas sarannya ya Dok, saya salut atas kesabaran anda membalas pesan2 dengan bijak. Semoga Allah merahmati Dokter dengan kebaikan2 yang Dokter lakukan.

    BalasHapus
  66. Ass...
    Dok saya reza,usia saya 17 thn
    Udah 4 hari ini ada benjolan d bawah rahang sebelah kiri saya
    Menurut beberapa artikel yg saya baca gejala yang saya alami sama seperti penyakit gondok
    Dok sy sangat d repotkan dg penyakit ini krn saya tidak bisa makan untuk menelan ludah saja sangat sakit
    Dok berapa lama gondok akan sembuh ,?
    Makasih dok

    BalasHapus
  67. Selamat siang dok....
    Ibu saya dulunya sewaktu muda pernah mengalami gondok di sisi kanan dan sudah dilakukannya operasi,yg kemudian 8 atau 10 tahun kemudian sekitar tahun 1993 timbul kembali di sisi kirinya dan dilakukan kembali pengangkatan benjolan tsb,
    Yg saya bingung kenapa ya di th 2016 ini, leher ibu saya terlihat ada benjolan lagi, kiranya apa masih bisa dilakukan operasi lagi atau harus dilakukan tidakan apa ya baiknya?
    Mohon infonya ya dok...
    Terima kasih

    BalasHapus
  68. Selamat siang dok....
    Dulunya sewaktu ibu saya masih muda pernah mengalami gondok di sisi kanan dan dilakukan pengangkatan kelenjar tsb,namun setelah 8 atau 10 tahun sekitar tahun 1993 muncul kembali di sisi kirinya dan itupun juga langsung dilakukan operasi pengangkatan kelenjar tsb.
    Dan mengapa belakangan ini saya memperhatikan keadaan ibu saya leher nya nampak timbul benjolan lagi, kira-kira harus bagaimana ya dok..? Apakah masih bisa dilakukan operasi atau harus bagaimana baiknya dan apakah menimbulkan efek lagi ?
    Karna penanganan kami saat ini hanya dengan meminum jamu tradisional rempah-rempah saja untuk pencegahannya...
    Kami mohon infonya dok..demi kesehatan dan kesembuhan ibu saya ...
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya

    BalasHapus

leave a comment please..