Sabtu, 06 April 2013

Kontraktur setelah tindakan operasi pembersihan luka dapat terjadi setelah 30 hari ...

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Kontraktur post debridemen | Bulan ini kami menangani kasus terjadinya kontraktur atau perlengketan pada jari tengah tangan kanan setelah dilakukan operasi pembersihan luka dan perbaikan tendon  yang putus satu bulan yang lalu. Jari tengah tangan kanan mengelami fleksi dan tidak dapat di luruskan lagi.Sementara tarikan otot dan tendon teraba sampai ke pertengahan tangan.





Tampak kontraktur pada jari tengah kanan sebelah kiri jari . terlihat kontraktur berasal dari bagian tengah tangan kanan.



















Terlihat jari tengah tangan kanan pada daerah sisi sebelah jari telunjuk tampak kontrakture dan jaringan ffibrotik berwarna kehitaman dalam proses penyembuhan. daerah yang mengalami kerusakan saat kecelakaan adalah phalang proximal dan phalang medial jari III.Sementara phalang distal sendir tampak utuh dan kulit terlihat baik.

Dengan asumsi seperti di atas kami perkirakan bahwa arteri yang mendarahi jari III sisi arah jari telunjuk ada kemungkinan mengalami cedera dan kerusakan.











Pada sisi jari manis dari jari tengah , nampak terlihat utuh dengan prediksi pembuluh darah di sisi jari manis adalah besar kemungkinan masih utuh . Kecuali ada kelainan  kronis pada pembuluh darah sisi jari manis.











Saat operasi membebaskan perlengketan dan tarikan akibat fibrotik pada kulit dan membebaskan tendon dari perlengketan jaringan sekitar.













Dengan tehnik multiple z plasti insisi di lakukan penutupan defek secara non tension setelah pembebasan kulit .

Setelah di bebaskan ternyata pembuluh darah di sisi jari manis masih utuh.











Setelah di bebaskan fibrotik dan jaringan kontrakture dengan teknik z plasti . Dilakukan meluruskan secara perlahan-lahan . Karena jika di paksa kuat takutnya arteri yang melengkung dan sedikit memendek . Jika di paksa lurus bisa terjadi cedera atau robekan pada arteri.

Jika kontraktur sudah sangat hebat , mungkin tindakan bertahap untuk meluruskan jari sebaiknya menjadi pilihan karena jika langsung di luruskan maka besar kemungkinan akan terjadi cedera dan robekan atau putusnya arteri , maka hasinya akan terjadi nekrotik atau matinya jaringan di ujung bagian dari arteri yang putus. jika ini terjadi di sebut malapetaka karena jari harus di amputasi.

Sementara pada kasus ini , dilakukan pemasangan k - wire untuk mempertahankan kelurusan jari. selama kira - kira 1 bulan hingga penyembuhan luka telah baik baru k-wire di cabut.


hasil akhir setelah di lakukan operasi Release kontrakture dan fiksasi dengan K -wire.



















Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB , Bentuk kontrakture , Gambar - gambar kontraktur. cara menangani kontrakture pada jari tangan. kontraktur bisa juga terjadi akibat luka kecelakaan, luka robek lurus memanjang dapat jadi kontraktur
















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

leave a comment please..