Selasa, 16 April 2013

Benjolan besar dan merekah seperti sayur lobak dan semerbak .....disimpan bertahun-tahun.

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Giant fibroma | Awalnya benjolan ini di duga suatu Squamous Cell Carcinoma , namun setelah dilakukan wide eksisi dan di periksa mikroskopis oleh ahli Patologi anatomi di nyatakan suatu fibroma . Perkembangannya yang pelan dan tidak menyebabkan pembesaran kelenjar inguinal pada regio saliran KGB telah meragukan penegakan diagnosa secara klinis namun karena sudah sangat mengganggu di rencanakan suatu tindakan debalking berupa membuang jaringan yang bau dan  tidak normal , secara wide eksisi dan di PA kan.




Penderita adalah seorang wanita paro baya di usia 40 an tahun , telah menyimpan benjolan dan bau seperti ini selama bertahun yang bermula dari diameter yang kecil hingga sebesar sebagaimana terlihat pada gambar di atas. Dizaman sekarang ini di mana pasien miskin telah di tanggung oleh pemerintah biaya kesehatannya , namun masih ada segelintir orang yang belum mendapat sosialisasi dengan baik. 

Setelah memendam penyakitnya cukup lama karena ketiadaan biaya akhirnya luluh juga hati si ibu diajak oleh temannya berkunjung ke poliklinik bedah rumah sakit.dengan berbekal surat miskin tersebut akhirnya si ibu tersebut di persiapkan untuk membuang jaringan tumor dengan penampakan seperti malignasi tersebut . Dan dengan Pembiusan GA atau bius umum akhirnya penderita ini dilakukan operasi .

Namun sebelum di lakukan operasi Kondisi umumnya mesti di perbaiki terlebih dahulu , terutama Hb atau haemoglobin penderita yang masih rendah 5,6 gr % dilakukan penambahan darah dulu dengan darah segar sebanyak 4 kantong. Terjadinya penurunan hb ini karena adanya perdarahan dari massa tumor yang berlangsung sedikit - sedikit namun berjalan terus menerus.

Terus terang saya salut dengan keluarga penderita dan penderita sendiri yang sanggup bertahan dengan kondisi seperti ini, belum lagi waktu tidur bagaimana cara tidur mesti dilakukan penderita.


Kondisi daerah operasi setelah massa tumor diangkat , dan jaringan yang mengalami perobahan di buang seluas mungkin kira-kira diameter 5 cm diluar proximal massa. 


Keadaan luka bekas operasi wide eksisi pasien 2 minggu setelah operasi , tampak jahitan kulit telah di buka semua dan luka mulai kering . Penderita telah dapat tersenyum senang dan keadaan ini sangat berbeda dengan kondisi saat penderita pertama konsultasi ke poliklinik bedah , datang dengan keadaan pucat dan lemah akibat kurang darah , dengan aromatik yang kurang sedap dan wajah muram dengan gambaran beribu beban di pundaknya....selamat ya bu ... mudah-mudahan kedepan dapat jadi lebih leluasa bersosialisasi dan bekerja tanpa rasa malu dan minder..Selamat beraktifitas dan berproduksi ya..



Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , Apakah fibroma itu , beda fibroma dengan SCC , Apa yang mesti dilakukan pada benjolan besar di punggung , Benjolan besar yang sering berdarah apa kemungkinannya dok ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..