Minggu, 04 Mei 2014

Olga Saputra ternyata disimpulkan oleh team medis RS PIK mengalami meningitis...

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | Olga saputra mengalami meningitis | Meningitis merupakan penyakit peradangan lapisan otak yang terjadi oleh infeksi yang berasal dari berbagai sumber . Setelah simpang siur berita mengenai sakitnya olga , diserta dengan publikasi yang berlebihan dan pernyataan dari olga dan ahli pengobatan tradisionalnya di media massa yang menyatakan segala sesuatu mengenai pengobatan medis yang dinyatakan kurang baik , ternyata saat ini olga mulai kembali ke jalur pemeriksaan dan pengobatan secara medis. Memang benar di dalam penanganan secara medis tidak ada pengobatan yang langsung jadi , perlu pemeriksaan 2 secara teruji dan sistematis untuk menyingkirkan penyakit 2 pembeda atau sering di sebut differential diagnosa . Begitu juga therapy tidak ada obat yang langsung di berikan pasien langsung baik , apalagi infeksi sperti yang telah mengalami lapisan otak atau meningitis ini , jelas ini adalah proses inflamasi yang berjalan secara kronis atau berlangsung lama . Kesabaran dan disiplin jelas harus di tempuh agar terhindar dari miss dan kesalahan penanganan.

Mesti diketahui dan di cari di mana sebenarnya sumber infeksi yang berhasil masuk ke dalam rongga cranium tulang kepala yang nota bene harus di tembus oleh kuman pathogen ini secara perlahan dan perlu waktu yang cukup lama . Serta mesti di ingat bahwa kuman setelah mendapat anti biotik tapi tidak sesuai dosis akan bisa bertahan dalam keadaan dorman alias mengurung diri di dalam selaput perlindungannya dan akan berkembang kembali di saat kondisi tubuh memburuk atau jelek. Bisa port d entry kuman ini dari telinga , dari rongga mulut , hidung , kelenjar , pembuluh darah dll. yang secara medis dibiarkan dan tidak di terapi secara tuntas akhirnya akan masuk ke intra cranial secara perkontinuitatum atau merembet pelan2 menembus jaringan otak.

Jika telah masuk , maka sejujurnya penganan infeksi akan menjadi sangat sulit bahkan jika infeksi hebat operasi craniotomy bisa saja tidak dapat dihindari dan menjadi pilihan akhir dengan konsekwensi kerusakan jaringan otak tempat mengalami infeksi tersebut . Kemunduran dan penurunan berbagai hal kognitif , motorik atau sensorik dll bisa saja menyertai kejadian infeksi dan operasi pada selaput mening apalagi jika proses ini telah melibatkan jaringan otak seperti encefalitis , ventrikulitis dll ..massagenya jangan pernah mendelay penanganan infeksi di rongga kepala ..

Pemeriksaan head CT  scanning pada tahap awal memang sering tidak memperlihatkan  gambaran kelainan pada otak atau selaput otak , sehingga jika dari ct scan tidak terdeteksi maka ketajaman pemeriksaan klinir dan anamnese adalah jawabannya.Jadi jangan berpuas diri dulu jika ct scan tidak dijumpai..sehingga penanganan menjadi terlambat atau telat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..