Minggu, 04 Mei 2014

Bengkak besar pada lipat paha kanan akibat tusukan dengan jarum di arteri femoralis ...itu suatu pseudoaneurisma

Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB | Pseudoaneurisma | suatu keadaan bengkak atau benjolan pada lipat paha dapat terjadi oleh berbagai sebab seperti , abses , kista , lipoma , tumor tulang . limfoma maligna dll . Namun jika benjolan terjadi akibat suntikan langsung pada lipat paha untuk kepentingan mengambil darah atau akses cuci darah maka ini adalah salah satu kemungkinan yang akan terjadi akibat tindakan tersebut. Diagnosa lebih tegas dan jelas jika dijumpai adanya denyutan pada tempat yang mengalami benjolan. Penderita dan keluarga mesti tahu dan mengenali jika menjolan ini tipis dan berkilat maka itu adalah tanda bahwa pseudoaneurisma itu akan pecar dan jika itu terjadi resiko kematian jelas akan mengancam nyawa penderita akibat perdarahan yang massive. Pada kasus ini ternyata pseudoaneurisma ini berasal dari arteri paha yang dalam , dimana arteri ini cukup besar dan berjalan ke arah dalam sehingga sangat menyulitkan untuk melanemukan defeknya. Pasien ini telah di operasi oleh announce surgeon tapi kembali muncul lagi dan akhirnya pasien menyambangi div bedah vasculer dan endovaskuler RSCM.


Kondisi atau gambaran awal lipat paha kanan penderita dengan benjolan besar sampai ke belakang paha , terlihat juga bekas sayatan lama dari seorang pria usia 70 tahun. Setelah dilakukan pemeriksaan klinis yang berdenyut , dengan pemeriksaan USG tampak aliran turbulensi , berupa aliran yang berputar dan lambat . serta aliran dan fistule yang kecil dan tajam dan sebelum operasi kita telah menduga bahwa sumber aliran berasal dari arteri paha dalam ( profunda) yang rumit).


Team bedah kamar operation theatre V ok ibp RSCM serta team operator dan anestesi sedang melakukan persiapan sebelum operasi.


dilakukan insisi atau sayatan luas di trac atau jalur pembuluh darah paha dan arteri paha di bebaskan setelah dilakukan kontrol flow ..kantong di buka...dan sumber perdarahan dari arteri di jahit dan di ikat detelah didapat jaringan fistula normal.





bekuan darah yang dievakuasi dari kantong aneurisma


 

paska operasi dan hasil setelah operasi dan sebelum di tutup dan dipasang elastic verban.

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , kemungkinan benjolan besar pada lipat paha , penanganan pseudoaneurisma pada lipat paha , benjolan berulang setelah operasi pada lipat paha karena  apa ? , aneurisma akibat punture pada arteri paha dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..