Jumat, 09 Mei 2014

Benjolan pada rahang yang makin bertambah besar II ( lanjutan )




Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB | Adamantinoma | Ameloblastoma adalah suatu tumor dirongga mulut terutama pada rahang bawah atau atas.Dapat saja manifest dalam bentuk satu atau berongga-rongga. Ameloblastoma ini biasanya mengalami pertumbuhan besar meski lambat. Tulang rahang penderita akan membesar dan menonjol keluar dan benjolan tersebut akan bertambah besar namun bagian dalamnya biasanya kosong. Pada x-ray foto panoramik diatas terlihat pada rahang sebelah kiri  bagian yang berwarna gelap atau abu-abu merupakan massa yang kopong dibandingkan dengan sisi sebelah kanan.

Tulisan ini merupakan lanjutan dari yang I karena telah penuh ruang public untuk komentar semoga komentar yg ingin di sampaikan dapat melalui postingan di tulisan ke 2 ini...


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIO1PGGBXqLGH8oysnb0jOWFCub-Jpq33vJ9ZKacuiycCjT3CuINck9kDqNh-hi_pkWOdxicT5cgSGvFDZR2vc9rImM9ffmWBbop-fd_ZfzOPtpAMJ57x62NGW6I5lvobz7kDJHHQd3io/s1600/adamantinoma+88.jpg

foto panoramic view mandibula zoom

Tumor ini lebih bersifat lokal progressive dengan merusak jaringan disekitar secara perlahan-lahan , Tumor ini juga tentunya bisa menimbulkan rasa sakit dan bahkan dapat berakibat kematian jika di biarkan. Secara mikroskopic pathologi anatomi maka akan di jumpai gambaran berbentuk flexiform dan follikel

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyJT8TxJGz5MVgVMifd3gE4akJTANoATaCxnxGuqK3re1hIzPGEfbOxFfpT5awKPRJ7JMimVd7vHAipE-2FJw5ZNxJL2DvXdsGM4DAMVMGMnNFwG7eF0ifaEYW8mYojrNH0_2wl6MgLpQ/s1600/Bangkinang+Barat-20130206-01948.jpg

Kebanyakan dokter gigi atau rumah sakit yang agak lengkap fasilitas radiologisnya sering menyediakan peralatan foto panoramic view ini , namun tidak semua rumah sakit memiliki vasilitas panoramic view rongent tersebut.


dari panoramic view diatas yang di perbesar terlihat bagian hitam pada foto rongent di bawah gigi , jadi gigi hanya terlihat menggelantung pada bagian atas mandibula dengan bagian bawah yang kosong dan keropos. perkembangan adamantinoma ini sangat lambat namuin terus berkembang .

Pada pasien dengan telah terdiagnosa dengan ameloblastoma ini sebaiknya dilakukan hemimandibulektomy kiri. Maksudnya dengan membuang bagian rahang yang terkena sebagian.

Hampir 80 persen ameloblastoma terjadi pada mandibula dan biasanya di jumpai pada bagian posterior.

beberapa gambar penderita adamantinoma atau ameloblastoma :

1. tampilan wajah penderita adamantinoma yang masih ringan



2. Tampilan wajah penderita yang sudah lebih jelas dan lebih besar :






keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , mengenal adamantinoma , benjolan pada rahang apa saja kemungkinannya , macam-macan bentuk klinis adamantinoma , melihat adamantinoma dengan panoramic view.



8 komentar:

  1. siang Dokter,
    perkenalkan nama saya Ami, saya mau tanya msalah keretakan tulang, pada tahun 2011 saya kecelakaan sepeda motor dan menyebabkan pergelangan tangan kanan saya retak, waktu itu saya di Gip selama sebulan ,dan dirongen hasilnya sudah baik,yang mau saya tanyakan disini walaupun sudah bertahun2 tapi kenapa saya masih sering merasakan sakit di pergelangan tangan saya ya Dok?bahkan kadang kalau lagi kumat bisa sangat ngilu rasanya. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum wr wb , selamat siang dan salam kenal ya ami , saya sudah walking ke google plus anda dan melihat aktifitas anda . Oya ini adalah koment pertama anda pada postingan lama saya yang udah full komment sehingga di buat postingan baru dengan tambahan sedikit dari yang lama.

      Anda mengalami kecelakaan pada pergelangan tangan dan dinyatakan retak , dan telah di pasang gips saat ini sudah rontgent dan dinyatakan baik .Namun saat ini masih dirasa nyeri meski telah terjadi 3 tahun yang lalu.

      Pergelangan tangan jika kami deskripsikan adalah daerah sendi pergelangan tangan , masalah pada sendi jelas akan berbeda dengan permasalahan pada pertengahan tulang panjang . sehingga harus di bedakan , karena patah atau jika tidak bergeser dinyatakan retak , pada pertengahan tulang akan memberikan hasil berbeda dengan patahan pada sendi , Pada sendi jika tulang menyembuh dan membentuk sedikit tonjolan saja sudah bisa mencetuskan rasa nyeri yang luar biasa , karena akan selalu bergerak , sedang jika di bagian tengah tidak akan menimbulkan gejala spt diatas. Sehingga penanganan pada sendi lebih sering disertai gejala ikutan seperti yang anda rasakan tadi .

      Belum lagi perkapuran dan fibrotik daerah sendi tentu akan semakin hebat jika anda mengkonsumsi sesuatu atau pada temperatur tertentu yang sering di sebut kalsifikasi atau osteoporesis post trauma..tks

      Hapus
  2. Selamt pagi, wassalam wr wb
    Saya siska purnianti 33 tahun di bandung, sya dalam 10 hari ini ada 5 benjolan di sekitar leher sebesar kacang merah, di bawah dagu tengah leher depan; di bawah rahang kiri bwah telinga dekat sudut siku;dibelakang kepala kiri dan kanan (tengkuk), kemudian di dekat cuping telinga dekat pipi, dan semua sakit kalau ditekan, saya ke spesialis THT dan diminta untuk dibiopsi, hasilnya selasa atau rabu, benjolannya kenyal, dan seperti membengkak sakit u yg dibawah rahang kiri.
    Sebelumnya atau saat bersamaan sekitar 2 minggu suara saya hilang batuk dan pilek cairan hidung saya sampai berwarna kuning kental, lalu saya ke dokter gigi u bersihkan karang gigi,dan menambal ada yg bolong gigi geraham belakang kanan, tp dimatikan syarafnya dl baru di tambal, tapi kata donter gigi, tdk ada infeksi dr gigi berlubang dan karang gigi.
    Yang ingin saya tanyakan apakah jenis benjolan itu?mengapa sampai tumbuh banyak dan HANYA di sekitar leher dan kepala?
    apakah hanya pembesaran KGB krna infeksi saluran pernafasan atas ataukah tumor jinak atau ganas?
    Terimkasih banyak.dok atas bantuan penjelasannya, krna menunggu selasa atau rabu hasil biopsi saya banyak mambaca2 artikel dan membuat saya takut.
    Wassalam wr wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mbak siska ..anda mengalami pembesaran pada kelenjar leher yang mencapai jumlah lebih dari 5 buah pada beberapa tempat. prmbesaran KGB di leher sering oleh sebab infeksi baik yang akut maupun yang kronis seperti Infeksi oleh kuman TBC , bisa juga oleh karena perkembangan tumor ganas yang mengalami anak sebar sehingga kelenjar sebagai pertahanan tubuh kita mengalami pembesaran oleh karena penumpukan sel radang dan anti body yang mengalami kematian.

      Untuk bisa mengatahui pasti apa jenis penyebab terjadinya pembesaran KGB memang sebaiknya dengan pemeriksaan sel melaui FNAB namun untuk dapat tahu diagnosa pasti mesti dilakukan pemeriksaan histopathologis berupa pengambilan jaringan melalui operasi..hasilnya tentu infeksi atau keganasan ? tks

      Hapus
  3. Pagi dok nama sya nanda laki laki,umur 22thn
    Saya mau tanya dok di rahang samping pipi kiri saya ada benjolan keras,klo di pegang sakit sdikit
    2 bulan lalu stelah bagun tdur tiba" pipi saya sperti sedang menyempilkan permen nggak terlalu besar juga,,saya fikir ini panas dalam. sekitar 4hari benjolan nya mengecil,pdhal saya tdk pernah sakit gigi,1 bulan lewat sya panas dalam lagi,tiba" rahang pipi saya sperti yang saya jelasin td,saya bru sadar 2 mggu bnjolan keras ini tdk hilang" sebesar biji kelerang kecil yang di belah dua. Itu apa ya dok ??? langkah apa saja yang harus saya lakukan saya harus periksa ke dokter apa? 
    Terima kasih banyak dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya nanda ..anda mempunyai keluhan benjolan keras pada pipi dan sakit itu clue nya .sudah terjadi kira 2 mgg. jadi dari keluhan anda kami masih berpraduga ini bukan suatu adamantinoma , jadi masih berasumsi suatu infeksi atau pembesaran kelenjar bening apalagi ada rasa nyeri yang berlangsung cukup cepat. untuk pastinya sebaiknya anda periksakan ke dokter gigi atau dokter umum dulu guna memastikan benjolan tadi..jika perlu mungkin di minta untuk melakukan pemeriksaan foto rongent wajah atau rahang..tks

      Hapus
    2. selamat malam docter saya putra mw nanya tulang rahang saya yang sebelah kanan kayaknya lebih besar dari sebelah kiri penyakit apa itu docter apakah bahaya ...kalau saya selfie pipi saya yg sebelah kanan tersa lebih besar

      Hapus
  4. Mlm dokter, ni sy mengalami musibah, mungkin krn ketidak tauan sy, 2 minggu sy sakit gigi, trus ada pembengkakan di dagu, krn tidak tau sy tetap lakukan aktivitas sprt biasa, ternyata benjolan tersebut semakin membesar, dan 2 hari yang lalu pecah di luar dan mengeluarkan aroma tak sedap, akhirnya sy periksakan kermh sakit, sampai hr ini msh tahap pembersihan ronga dagu yang di sobek td, langkah cpt apa yang harus sy ambil dok biar cpt sembuh?

    BalasHapus

leave a comment please..