Selasa, 18 Februari 2014

Tangan bengkak setelah operasi simino ( av shunt ) di tangan ....kenapa ya ?

Ruang Praktek bedah - dokter ramzi spb | bengkak setelah simino ( av shunt ) | Sering di lapangan pasien yang telah di lakukan pembuatan simino atau av shunt mengalami bengkak setelah di lakukan operasi penyambungan atau anastomose , hal ini sering terjadi karena adanya sumbatan atau stenosis pada vena bagian dalam , jika dulu mengingat sulitnya dilakukan operasi terbuka pada vena central atau vena dalam maka kebanyakan mesti di putuskan untuk di lakukan operasi penutupan kembali av shunt yang baru di buat . Namun itu dulu , saat ini di divisi bedah vaskuler sekarang kita dapat melakukan penerobosan dan memasang balon dan stent untuk membuka dan mempertahankan saluran yang sempit oleh berbagai sebab tersebut.


Sumbatan pada vena yang lebih proximal atau distal jelas akan menyebabkan aliran darah akan tertahan di distal dan volume yang tinggi ini akan menyebabkan tekanan di dalam pembuluh balik atau vena ini akan meningkan atau lazim di sebut  hipertensi vena .


Stenosis terlihat pada arteriografi sebelum pembalonan



Sesaat setelah inflatted balon dan tampak aliran membesar pada pemeriksaan  DSA atau Digital Subtraction Angiography

Secara pemeriksaan klinis saat penderita selesai dilakukan tindakan angioplasti dan tampak aliran yang mulai deras terasa saat di raba pada aliran darah balik , namun saat ini bengkak pada lengan kanan masih dijumpai . Namun setelah pasien kontrol 3 hari berikutnya , ukuran lengan penderita kembali normal...selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..