Kamis, 21 Februari 2013

Cucu Presiden menderita penyakit hirschprungs ....?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | penyakit hirschprungs  | Beberapa hari belakangan banyak kita baca di media masa sebuah pernyataan bahwa cucu dari bapak presiden SBY mengalami gangguan pencernaan , lalu masuk rumah sakit dan dioperasi atas kelainan bawaan saluran cerna yang di sebut penyakit hirschprungs . berita terakhir kita baca bahwa operasi telah berhasil baik dan di bolehkan pulang oleh dokter. lalu  sebenarnya apa sih penyakit hirschprungs


perut membesar dan tegang



Penyakit ini lazim juga disebut aganglionik megacolon yaitu tidak adanya saraf pada bagian usus besar yang terjadi sejak lahir berupa pembesaran usus besar di daerah pangkal atau disebut proximal dan pengecilan pada bagian usus besar yang ujung dekat anus atau di sebut distal.Selalu bagian yang kecil dan tidak melebar tersebut adalah bagian yang tidak memiliki syaraf dan yang yang melebar biasanya adalah bagian usus yang normal.

Tentu bagian yang tidak memiliki syaraf  ini yang notabene berada di rectum dan sigmoid colon atau usus besar yang berada dekat dengan rectum dan anus cenderung mengalami kontraksi dan menyebabkan kotoran tidak dapat melewati bagian tersebut . Maka usus besar di bagian pangkal atau proksimalnya akan melebar dan membesar . Kerap akibat penumpukan kotoran yang terus menerus akibat kotoran yang terbentuk terus menerus dan buang air besar yang sulit akan menyebabkan perut mengalami membesar . Pada bayi dan anak-anak pembesaran perut ini akan terlihat pada permukaan kulit .

Sehingga perut terlihat sangat besar dan permukaan berbenjol - benjol seperti cetakan usus sehingga terlihat tidak rata.


hasil post operasi tampak pengecilan bagian distal 

Untuk tahu pasti diagnosa penyakit hirschprung maka perlu di lakukan pemeriksaan jaringan langsung oleh seorang ahli Patology anatomi.Dan jaringan di ambil langsung secara endoscopi atau colonoscopy pada jaringan mucosa di dalam rongga usus.Namun untuk pegangan sederhana diagnosa dapat di lakukan dengan memasukan zat contras dari anus dan di buat foto rontgen atau sering kita sebut dengan istilah barium enema.


Pada barium enema terlihat bagian kolon yang mengecil dan yang melebar

Pada pemeriksaan secara colok dubur maka kotoran akan menyemprot sewaktu jari datarok dari lobang anus , ini juga tanda klinis yang cukup spesifik dan sederhana untuk mengetahui diagnisa penyakit ini. Selain pembesaran perut yang di alami sejak lahir.

Jika daerah aganglion atau usus yang tidak memiliki syaraf terletak di dekat rectum dengan panjang yang sangat minimal maka biasanya penderita bisa bertahan sampai dewasa . Namun perut yang membesar tersebut selalu akan dijumpai. Namun jika bagian yang aganglion lebih panjang maka biasanya penderita harus segera di lakukan pengalihan muara tempat buang air besar ke dinding perut yang di sebut colostomy . Colostomi atau pengalihan ini sifatnya sementara setelah 6 bulan  atau bila BB penderita telah lebih 10 kg maka  penderita di persiapkan untuk dilakukan operasi defenitif dengan membuang bagian yang aganglionik dan menyambungkan dengan anus di bagian bawah atau sering di sebut dengan pull through prosedure.

Perlu kita sadari bahwa penyakit hirschprungs adalah tidak sederhana dan mudah seperti yang kita bayangkan kalo boleh saya buat perumpamaannya maka hirscprungs tersebut sesulit mengucapkan dan menuliskan  nama penyakit tersebut...hehehe.

Setelah sukses melakukan operasi di negara sendiri terhadap cucu presiden yang mengalami kelainan bawaan hirschprung's desease Bapak presiden ikut pula mengembangkan Dan mensupport untuk terbangunnya  gedung-rawat-baru-RS KIARA RSCM  yang merupakan center pelayanan ibu dan anak untuk seluruh indonesia.

gedung-rawat-baru-rscm kiara ini semakin melengkapi gedung - gedung yang terdahulu seperti gedung A yang merupakan gedung perawatan terintegrasi , rscm kirana yang merupakan fasilitas layanan swastanya RSCM , rscm kirana yang merupakan center pelayanan mata. kedepan akan diharapkan munculnya center-center lain yang akan semakin meningkatkan kualitas pelayan prima rscm selaku rumah sakit rujukan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..