Selasa, 12 Februari 2013

Apa beda arteriosclerosis dengan aterosclerosis ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb(K)V | aterosclerosis atau arterioclerosis | Sering secara sekilas kedua kata di atas terdengar sama dan banyak di antara kita mungkin juga kalangan medis kurang begitu paham ada perbedaan di antara ke dua kata di atas. Namun secara harfiah dan makna ini berbeda meski masih di sekitar sumbatan pada pembuluh darah arteri . Lalu apa bedanyaa ?


merupakan gambaran penampang arteri secara melintang dengan pemeriksaan Pathology anatomi


Arterosclerosis adalah  : dinding arteri mengalami penebalan pada bagian dalam dari pembuluh darah arteri , daya lentur arteri yang menurun , dan tingginya kadar kalsium , sehingga diameter arteri bertambah tapi diameter lobang bagian dalam tetap atau tidak mengecil.Umumnya terjadi pada usia tua.



Atherosclerosis adalah : Terbentuknya sumbatan pada bagian dalam saluran arteri yang semakin mengecil akibat adanya tonjolan yang terbentuk oleh berbagai sebab seperti kolesterol , karbohidrat , darah dan produk darah , jaringan fibrotik , deposit kalsium dan lain-lain, Atherosklerosis ini telah mulai terjadi dari mulai masa kanak-kanak sampai muncul gejala pada usia pertengahan. Jadi faktor diet dan gaya hidup sangat berperan pada kelainan ini.


Tampak penyempitan akibat penumpukan kolesterol , lipid , endapan darah dan lain-lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..