Minggu, 24 Februari 2013

Benjolan pada daun telinga sering berulang setelah dioperasi

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | benjolan pada daun telinga | sering di jumpai benjolan pada daun telinga yang kembali muncul setelah di operasi . Memang harus kita pahami terlebih dahulu apakan jenis benjolan ini adalah keloid atau murni tumor jinak pada jaringan lunak . jika hanya tumor jinak atau kista saja biasanya tidak sampai berulang paska operasi karena umumnya akan bersih terbuang dengan kantongnya . Lain halnya jika tumor tersebut adalah keloid , hypertropik scar atau malah tumor ganas ...maka kemungkinan kembali setelah operasi adalah besar



Pada gambar diatas terlihat tampilan tumor pada daun telinga kiri telah terjadi sejak 2 tahun yang lalu , dan tumor ini telah di buang pada saat itu . namun tumor tersebutmuncul kembali . tumor ini di jumpai pada seorang gadis usia 22 tahun dan merasa kurang nyaman dengan benjolan ini sehingga memohon untuk di buang kembali.



Jika di perhatikan dan di lihat secara cermat tumor jinak ini tampak cukup besar dengan panjang hampir 7 cm dan keras . namun kenyataannya yang betul-betul menempel ke kulit adalah lebih kecil dengan diameter sekitar 2 cm . Tentu kita berpikir ini lebih mudah . namun sebenarnya untuk daerah yang tipis defek yang 2 cm ini termasuk kasus yang cukup rumit tentunya untuk di tutup lukanya setelah di buak karena kontur yeng tidak rata dan daerah tersebut yang miskin jaringan lunak atau soft tissue..

Massa seperti ini berpontensi untuk kembali muncul jika di reoperasi kenapa karena ini adalah jenis keloid atau hypertropik scar yang akan muncul pada orang - orang tertentu yang punya bakat keloid.Penderita umumnya akan cenderung merasakan nyeri dan gatal.Ini akan berbeda dengan kasus kista dan pada tumor jinak lainnya yang akan menjadi lebih mudah dan tanpa rekuren.


Ini adalah kasus dengan diagnosa yang sama dan terjadi pada orang yang berbeda , massa lebih besar dan defek yang timbul paska operasi juga lebih besar.



Ini adalah gambaran lain dari tumor pada daun telinga kanan yang lebih sederhana , merupakan massa kistik yang berbatas tegas dan lebih mudah bergerak atau disebut mobile.benjolan seperti ini tentunya lebih sederhana , kecil kemungkinan kembali jika penderita tidak berbakat keloid dan tampa defek yang lebar.


Kasus diatas ini juga merupakan kista pada daun telinga kanan yang sederhana dengan kemungkinan kembali setelah operasi lebih kecil dan jarang terjadi rekurensi.


Hasil operasi beberapa saat setelah operasi keloid pada belakang daun telinga , dimana kulit di belakang telinga di bebaskan secara tajam dan tumpul sampai ke pangkal telinga agar defek pada kulit dapat ditutup dengan baik , kebetulan daerah belakang telingan ini adalah daerah dengan kulit yang kendor sehingga cukup banyak bisa di tarik guna menutup kulit. Ini apakah masih akan kembali ? walahuallam kita mungkin harus berdoa semoga tidak kembali  lagi.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kembalinya massa keloid setelah operasi seperti tidak boleh hasil tutupan defek tegang , jahitan harus rapat dan bahan jahitan halus dan tehnik operasi harus tidak kasar dan lain sebagainya.

Secara pengalaman pernah benjolan yang telah berulang kali dilakukan operasi eksisi atau membuang tumor datang dengan putua asa dengan memohon agar di lakukan pembuangan benjolan tersebut . Dan akhirnya saya putuskan untuk di lakukan pembuangan massa tumor sekaligus dengan tulang rawan sekalian dengan insisi baji . dan setelah di lakukan dengan tehnik itu hasilnya mudah-mudahan sampai sekarang kira-kira 10 tahun tidak ada kembali lagi.

keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb . benjolan yang sering kembali setelah di operasi , membedakan jenis tumor yang sederhana dengan tumor yang kemungkinan rekuren , penanganan keloid pada daun telingan , cara meminimalisir rekurensi setelah operasi.

107 komentar:

  1. ini beda dengan kelenjar , penanganannya dibuang namun terkadang setelah di buang masih ada kemungkinan kembali lagi tks

    BalasHapus
  2. kalo ada benjolan di bagian bawah daun telinga seperti gmbar ketiga apakah selalu tumor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mbak sri ..tentu tidak semua benjolan pada daun telinga adalah tumor , justru lebih sering suatu keloid akibat lobang tindikan untuk anting - anting ..tks

      Hapus
  3. kalau ada sedikit benjolan di lutut, itu termasuk bahaya ga kang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya..benjolan yg kecil di mulut paling sering karena trauma yang berulang sehingga membentuk retensi cyst atau hanya sariawan dll jika retensi cyst bisa di buang dengan lokal anestesi tks

      Hapus
    2. maaf tadi salah postingannya mas..benjolan dilutut tergantung ya kira-kira deskripsi lokasinya ada di mana ya . Benjolan pada belakang lutut yang sering adalah kista baker cyst namun kadan ada juga kisa ganglion di bag depan dari lutut.kita dapat di buang hanya saja jika cara membuangnya kurang baik angka kembali cukup tinggi. tks

      Hapus
  4. dok kejadian yang saya alami saat ini sama persis dengan gambar no 3, memang benjolan itu berada dekat dengan lubang tindik saya, apakah itu berbahaya dok ??? bagaimana cara mengatasinya? saya takut jika itu adalah tumor dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya mbak hidayati ...benjolan pada luka bekas tindikan di telinga adalah kejadianyg sering terjadi di poliklinik . Jujur saja hal ini juga pernah dialami oleh orang tua saya dahulunya sehingga selalu membekas di ingatan saya di mana benjolan tersebut telah dilakukan oleh beberapa ahli bedah namun selalu muncul kembali sampai 3 x operasi eksisi . sehingga sampai akhir hayat beliau benjolan itu tidak pernah bisa dihilangkan sama sekali.

      Umumnya benjolan terjadi akibat luka tusukan yg berkembang menjadi keloid atau hypertropic scar yg cenderung bertambaha besar dan bertumbuh , seriing juga timbul rasa kurang nyaman , panas , gatal dan sedikit nyeri sehingga hal ini mendorong pasien untuk segera berkonsultasi. Cara terbaik untuk menghilangkannya tentu tentu malaui operasi ..sering benjolan ini bukan tumor yg ganas..sehingga anda tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya namun sebaiknya anda segera membuang benjolan dan jangan menunggu sampai besar karena akan lebih sulit penanganannya nantinya.dan tentu secara penampilan juga kurang baik demikian terima kasih , maaf jika boleh saya tahu anda berdomisili di daerah mana ? tks

      Hapus
    2. Dok,
      Saya mengalami semacam ada benjolan lunak tp seperti berisi cairan jika dipegang, adanya di bag dalam daun telinga dekat lubang telinga. Saya sudah ke THT tp hanya sedikit membaik saja, daun telinga luar yg tadinya sedikit bengkak sdh normal, hanya cairan didalam nya yg msh spt semula.. Apakah ini hrs melalui pembedahan dok? Sebelumnya oleh THT saya diberikan salep diprosone & obat minum, sampai skg berarti sakit saya sudah 2mng-an .. Thankyou dok mohon info jika saya hrs menemui dokter

      Hapus
    3. Selamat pagi dan salam kenal ya nay...anda mengalami benjolan sekitar 2 minggu pada daun telinga dekat lobang telinga..namun sekarang sudah normal dan tidak nyeri...Jika baru dua minggu saya lebih cenderung suatu proses infeksi atau radang biasanya karena trauma seperti gatal yang di korek 2 pada kuping . Atau suatu abses jika abses sebaiknya di insisi karena secara prinsip abses mesti di keluarkan atau di drainase . Saya pikir sebaiknya di berikan obat antibiotik dulu sekitar 1 minggu lagi secara obat makan , jika belum sembuh konsultasikan ke spesialis THT lagi atau dokter bedah. Coba anda pastikan tidak ada infeksi di rongga dalam telinga tks.

      Hapus
  5. Selamat malam pak dokter, saya Alifa, 15 tahun. saya mau bertanya dok. Di daun telinga kanan saya (kulit bagian bawah antitragus) terdapat benjolan kecil seperti biji kacang ijo yang berwarna seperti kulit dan agak keras dan sepertinya tidak berisikan cairan. Isinya seperti daging kalau di pegang. Gangguan apakah ini dok? Apa ini ganglion? Waktu kecil, saya pernah mengalami semacam benjolan di ruas jari tangan kiri, tepatnya ruas jari telunjuk. Katanya ada daging tumbuh, namun sudah di operasi. Apakah ada hubungannya tangan saya dengan telinga saya dok? dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih atas perhatiannya.

    BalasHapus
  6. selamat pagi dan salam kenal ya...anda pada daun telinga sebesar kacang ijo agak keras seperti daging . jika permukaan licin dan dapat bergerak besar kemungkinan ini suatu aterom kista . benjolan ini tidak ganas tentunya tapi jika terlalu tipis dapat pecah dan keluar lendir putih kehitaman yg amat bau.Tindakan terbaik adalah membuang benjolan dan kantongnya sekalian. Hal yang berbeda antara benjolan di telinga dan tangan anda adalah bahwa benjolan di sendi tangan sering merupakan ganglion yang berasal dari sendi dan isi cairan sendi.ganglion juga mesti dengan operasi untuk menghilangkannya , namun mesti di ingat angka rekurensi ( berulangnya ) ganglion lebih tinggi tergantung operator yg melakukan tks

    BalasHapus
  7. Slmt Pagi Dok,..
    saya mw bertanya.. di dalam telinga, pas dilekukan telinga, ada benjolan kecil.. sdh hmpr sebulan n tdk kempes. terkadang benjolannya itu mjd kering n spt kulit n terkelupas. tapi benjolannya tdk kempes, tetap spt semula. Dan menghitam.
    pada gambar2 diatas tidak ada contohnya.

    kira2 itu semacam jerawat atau bagaimana dok??
    apakah dibiarkan saja nanti akan sembuh, atau saya harus ke dokter tht..
    terima kasih atas jawaban n perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mbak indi ..anda mempunyai kelainan di telingan berupa benjolan kecil sejak 1 bulan yl, benjolan dapat pecah dan menghitam dan masih tetap bengkak. benjolan dengan gambaran seperti diatas biasanya merupakan kista yg berasal dari kelenjar keringat.atau di sebut kista sebaceous atau bisa juga aterom cyst. jika anda ingin hilang sebaiknya benjolan tersebut di buang beserta kantongnya. sebab jika tidak maka benjolan akan muncul kembali.tks

      Hapus
    2. apakah itu berbahaya dok??

      jika ingin dihilangkan, kira2 biayanya berapa..??

      terimakasih...

      Hapus
    3. selamat malam ya...operasi dengan benjolan yg kecil dengan pembiusan lokal punya resiko yg kecil dan sering tidak membahayakan. hanya yg perlu di kenali adanya alergi dengan obat-obat anestesi lokal. Biaya jk kecil tentu tidak mahal silakan tanyakan ke dokter yg akan mengoperasi karena sangat bervariasi. tks

      Hapus
  8. selamat siang bapak
    saya ada sedikit pertanyaan. saya ada benjolan kecil (sekecil batu krikil) tapi dibagian dalam daun telinga (bukan bagian luar kulitnya). jika dilihat dari luar tidak nampak benjolanya, tapi bisa dirasakan ada benjolan ketika saya sentuh dan saya tekan pada bagian daun telinga.
    benjolan ini bila saya tekan tidak terasa sakit apa2.
    dan baru muncul 1 Minggu lebih satu hari stelah saya bangun tidur

    apakah ini termasuk klenjar getah bening. atau yg lainya. mohon penjelasanya pak

    trima kasih atas perhatianya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mas yahya...anda memiliki benjolan di dalam daun telinga , kecil sebesar kerikil dan tidak sakit sekitar 1 minggu deman tidak ada. dari keluhan anda tadi bisa saja itu suatu proses infeksi atau kista atau jerawat. Pada daun telinga bagian dalam tersebut sangat jarang dijumpai adanya pembesaran kgb , karena tidak ada jalur penyebaran kelenjar getah bening di sana.tks

      Hapus
    2. semoga saja hanya jerawat, karna memang saya sedang diserbu jerawat di pipi kanan kiri. umur sya baru 19th
      bagaimana penanganan yg perlu saya lakukan dok. apa mungkin saya harus konsultasikan dulu dengan dokter di daerah saya dahulu ?

      Hapus
    3. selamat pagi ...jerawat tentu ada fase-fasenya seperti jerawat di bagian kulit lain akan mengalami perbaikan sendiri , jika ada memakai obat anti jerawat tentu bisa juga di pakai pada bagian daun telinga anda namun jika jerawat di tempat lain telah sembuh namun di daun telinga belum juga atau malah bertambah besar berarti besar juga kemungkinan bukan jerawat nah itu sebaiknya dilakukan konsultasi ke dokter tks.

      Hapus
    4. slamat pagi dok...
      kasus saya hampir sama dengan mas Muhammad Yahya,,, benjolannya berada didalam daun telinga,, tapi bedanya saya tidak tindikan dan benjolannya klo ditekan terasa sakita??
      apa ini dok????
      apakah ini ganas????

      Hapus
    5. selamat sore dan salam kenal ya mas ihsan...benjolan tanpa ada bekas trauma seperti pada tindikan biasanya suatu kista atau abses . jika kista dapat di buang dengan operasi dengan pembiusan lokal ..dan jika abses dapat dilakukan insisi. Abses bisa terjadi karena luka atau infeksi pada kel keringat. tks

      Hapus
  9. Salam kenal dok,
    Anak sy perempuan waktu usia 4bln ada benjolan diblkg daun telinganya,usia 6bln benjolan tsb semakin besar,kemudian sy periksakan hasilnya kista epidermal katanya,spt gbr no 4 diatas,krn msh terlalu bayi sy tdk berani utk dioperasi,skrg usia anak sy sdh 2,5thn,benjolannya berkembang sesuai dgn perkembangan telinganya semakin besar dan ada spt gumpalan darah diujungnya dlm benjolan tsb.
    Apakah kista epidermal anak sy akan bertmbh besar trs bila tdk dioperasi?
    Dgn usia anak sy skrg berbahayakah bila dilakukan pembedahan?krn sy pernah diberitahu kl usia segitu hrs dibius total.
    Penyebab munculnya benjolan tsb disebabkan oleh apa?krn waktu sy periksakan kata dokter ditmpt sy blg tdk apa2 nanti akan hilang sendiri,ternyata benjolan tsb semakin membesar,skrg kira2 sdh berdiameter 2cm.atas penjelasan dokter sy ucapakan terima kasih,mohon sarannya dok,apa yg hrs sy lakukan.

    BalasHapus
  10. Selamat malam, saya ingin bertanya, jika ada benjolan di sekitar pipi dekat dengan lubang telinga, itu kenapa ya ? Tapi dulu waktu saya bayi pernah di operasi katanya kista, tapi dari saya kecil sampai sekrang masih ada benjolan itu sedikit berpindah menjadi naik dan keras, itu bahaya tidak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mbak lili , anda memiliki benjolan di pipi dekat dengan telinga..dan telah ada sejak bayi serta pernah di operasi...sepertinya sudah cukup lama dan tidak mengganggu . saya tidak dapat gambaran seberapa besar benjolannya saat ini , namun dari rentang waktu jelas bukan suatu keganasan. kalau pertumbuhannya cepat sebaiknya anda periksakan ke dokter terdekat.. tks.

      Hapus
  11. Selamat sore dan salam kenal ya mbak fenti....anak anda menderita kista dermoid..dan bertambah besar...Biasanya kista dermoid adalah kelainan bawaan dari lahir dan isinya bermacam-macam bisa rambut , tulang dll.Kista dermoid sebaiknya di operasi dan di buang saja. usia masih kecil tapi jika saat ini operasi bisa dilakukan . Namun mesti dipahami itu bukanlah suatu tindakan emergensi.tks

    BalasHapus
  12. anak s 21 saya umur 21 bulan.ada benjolan lunak sebesar kacang ijo di bagian dalam daun telinga.kalau dipegang kayak ada air di dalamnya.kondisi dia masih ceria dan tidak ada demam. apa itu dokter?makasih atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ...mbak nadya anak anda memiliki benjolan pada daun telinga , tidak sakit dan tidak demam , sebesar kacang ijo seperti berisi air . saya kurang dapat informasi sudah berapa lama diketahui ? jika sudah cukup lama dan membesar secara lambat mungkin ini suatu kista aterom atau kista jenis lain. Jadi jika tidak ada keluhan biarkan saja dulu sampai agak besaran dikit bisa dibuang dengan pembiusan lokal saja.tks

      Hapus
    2. Dok umur saya 16thn. Di telinga kiri saya kyk ad benjolan kecil di dlm daun telinga saya persis kyk gmbar no 3 dan sya baru tau td mlem gak sengaja pegang, sy sngat khawatir dok apa itu tumor? Setau sya kmaren2 gk ada sesuatu di tlga sya. Apa bisa diobati dgn cara tradisional? Dengan daun sirsak atau buah manggis?

      Hapus
    3. Selamat sore dan salam kenal ya natasha...dari pengalaman kami sangat jarang menjumpai tumor yang berperilaku ganas pada daun telinga apalagi di usia seperti anda. besar kemungkinan benjolan itu suatu kista atau infeksi atau jenis-jenis tumor jinak lainnya.Kami tidak ada pengalaman tentang cara therapi dengan daun sirsak atau manggis. sebaiknya anda konsultasikan ke dokter terdekat ...tks

      Hapus
  13. selamat pagi pak..
    di daun telinga saya sebelah kiri tepatnya diluar tumbuh semacam benjolan. jika disentuh terasa sakit. bagaimanakah kejadian ini ya pak? apa solusinya? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan mohon maaf baru saya lihat saat ini , anda memiliki benjolan yang nyeri pada daun telinga , mungkin abses atau kista , untuk pastinya anda dapat mengunjungi ahli bedah terdekat tks

      Hapus
  14. ass... kang saya mau tanya. knp bekas tindikan di kuping saya yg sudah tertutup lubang tindikanya kalo di tekan terasa sakit... seperti ada benjolan di dlmnya, apa kah itu berbahaya kang??? dan itu sudah dari waktu saya SMA, saya nindik dari kelas SMP
    mohon bls....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass dan salam kenal ya anda mengalami pembengkakan dan nyeri pada daerah tindikan , dari penuturan anda sepertinya ini merupakan proses inflamasi jika ada warna kemerahan dan sakit. Namun untuk referensi bagi anda benjolan pada daerah tindikan bisa juga membesar akibat terjadinya keloid dan berpotensi berulang. Pengobatannya jika benar suatu keloid di operasi dan berpotensi berulang cukup sering.tks

      Hapus
  15. Selamat siang dan salam kenal ya..anda memiliki benjolan di daun telinga kiri...terasa sakit jika di sentuh . bertambah besar gak ? kemungkinan benjolan anda suatu abses atau kista aterom yg sering di penvcet-pencet..penanganan sebaiknya melalui operasi dengan bantuan bius operasi lokal.>>>tks

    BalasHapus
  16. dok...anak saya usia 14 bulan,pada ujung daun telinga bagian kanan ada benjolan sebesar kacang ijo,warna persis kulit daun telinga,jika dipegang keras mirip tulang rawan.dipegang juga tidak bergerak,warna juga tidak merah...alhamdulillah anak saya sehat,tidak demam,n kondisix baik baik saja,klo boleh tau kira kira itu apa ya dok?bahaya tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya mas joko ...anak anda usia 1 tahun lebih 2 bulan dengan benjolan sebesar kacang hijau pada telinga dan terfiksir . benjolan tidak nyeri dan tidak merah...benjolan yg terfiksir seperti ini bisa berasal dari tulang rawan daun telinga namun bisa juga jenis yg lain.. sudah berapa lama benjolan itu anda ketahui ? melihat usia bayi dan tidak ada keluhan dari bayi sebaiknya keadaan itu di awasi dan di nilai terlebih dahulu apakah ada pertambahan yg cepat ..jika pertambahannya cepat sebaiknya anda konsultasikan ke dokter terdekat..Jika boleh tahu di mana anda berdomisili...? tks

      Hapus
    2. Terima Kasih Dok atas jawabanx...saya baru melihat benjolan itu ketka anak saya usia lebih kurang dr 3 bulan,awalx saya kira bekas gigitan semut atau yg lain,tp koq tidah merah...ternyata sampe skrg pun msh ada,saya tinggal di Pare Kediri,Jatim...

      Hapus
    3. Selamat malam ya ....kami harap anda sekeluarga dalam keadaan baik dan sehat selalu...kami yakin bahwa benjolan pada daun telinga anak anda di awasi dulu perkembangannya..jika bertambah besarnya progresif atau cepat coba anda periksakan ke dokter bedah terdekat di kediri..tks ya

      Hapus
  17. maaf dok saya Rio umur 21 ,mau bertanya ,saya ada benjolan kecil klo dipegang sebesar kerikil kecil ,letak nya disebelah daun telinga kiri saya atau lebih tepatnya bates sebelom lekukan pipi ke telinga,uda bbrapa minggu tapi sempat mengecil dr awal saya tahu klo dilihat kasat mata ga terlihat cmn terasa klo dipegang,kira2 itu apa ya dok? berbahaya kah? dan perlu konsultasi ke dokter kah dan bila harus ke dokter apa? maaf bila saya kebanyakan nanya,terima kasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya rio..anda mengalami benjolan pada telinga kiri bagian pangkal dekat pipi , benjolan kecil ...jika tidak sakit bisa suatu kista yang berasal dari bendungan keringat . kesan bukan tumor yang ganas , sebaiknya anda konsultasikan jika benjolan tersebut bertambah besar dengan cepat , tks.

      Hapus
  18. dok sy 25 thn ...daun telinga kanan sya sprti bengkak dn klo d pgang trasa skit dn sprtinya brisi cairn ddlm bengkaknya?? apa itu pnykit yg cukup srius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas ucup...dari penuturan anda kemungkinan benjolan di daun telinga anda adalah suatu abses atau kista aterom yang mengalami infeksi. Jika ada nyeri dan kemerahan kemungkinan suatu infeksi yang sebaiknya cepat di atasi . segera konsultasikan apa penyakit anda yang sebenarnya dan apa penanganannya yang tepat dapat di tanyakan ke dokter bedah yang memeriksakannya. tks ya

      Hapus
  19. Selamat Malam,
    Dok.. saya juga memiliki benjolan diatas daun telinga atas , telinga sebelah kanan, benjolan ini lembek n bisa mengeras sewaktu2 (terutama dirasakan jika sedang pusing) kira2 sudah 3tahun tp ukurannya tdk berkembang signifikan bahkan saya tidak mengalami keluhan apa2 (sakit, nyeri, pusink,dll) dari benjolan ini, hanya denyut nadi yg cukup mengganggu saja terdengar saat saya tidur miring menghadap kanan, apakah ini kista? Terima kasih

    -Heny- 26Thn

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat pagi dan salam kenal ya heny...anda mengeluhkan telinga kanan anda mengalami benjolan yang lembek , tidak bertambah besar dan tidak nyeri , rasa pusing dan vertigo namun ada rasa berdenyut., dan anda menduga benjolan ini suatu kista .

      memang bisa saja dugaan kisa suatu kista yg besar kemungkinan berisi cairan kental dan ditutpi dengan kantong . jadi jika curiga kista maka massa tumor itu adalah berbatas tegas dan mobile atau tidak melengket baik ke tulang atau kejaringan lain di sekitar. Jadi periksakan dulu ke dokter bedah dan biasanya baru di assestmen untuk di lakukan tindakan operasi ...tks

      Hapus
  20. slamat malam,
    Dok, saya memiliki benjolan di bawah telinga, sudah 3 minggu ini saya rasakan, terkadang terasa nyeri tetapi kadang juga hilang rasa nyerinya, jika benjolanya ditekan terasa sedikit nyeri, benjolanya terasa agak keras, diameternya sekitar 3cm namun tidak terlalu menonjol keluar, jadi jika di lihat kasat mata tidak terlalu jelas benjolanya. saya sudah konsultasi ke dokter bedah dan menjalani USG, dan setelah menjalani USG, dokter menyatakan benjolan itu adalah tumor. setelah dinyatakan tumor, saya diberi obat, dan di tunggu hingga seminggu kedepan dok, jika dalam seminggu tidak hilang benjolanya dokter mengusulkan untuk di oprasi.

    yg saya tanyakan dok, apakah tumor saya ini bisa sembuh tanpa oprasi? dan jika di oprasi apakah akan menganggu saraf-saraf di wajah saya? karena menurut penjelasan dokter, tempat di mana tumor itu tumbuh banyak saraf wajah dok, dan jika di oprasi menurut penjelasan dokter, akan menggangu saraf-saraf di wajah saya dok.

    mohon pencerahanya dok, terimakasih :)

    -Trias- 24Thn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda memiliki benjolan diameter sekitar 3 cm , benjolan ada sekitar 3 mgg , nyeri dan agak keras.dari pemeriksaan usg dokter bedah menyatakan suatu tumor dan mesti di operasi serta jika tidak hati-hati dapat mengenai dan mencederai syaraf wajah.

      Dari keluhan dan pernyataan dokter bedah yang telah memeriksa benjolan anda saya menduga itu adalah tumor parotis , karena tumor ini yang sering menyebabkan cedera nervus atau syaraf yang mempersyarafi wajah . Syaraf ini mempunyai cabang 5 buah. yang semuanya mempersyarafi daerah wajah.
      Operasi tumor parotis termasuk kategori yang sulit dan perlu hati-hati.

      Kemungkinan lain adalah kista atai jenis tumor jinak lainnya di daerah bawah telinga. tks

      Hapus
  21. Malam dok, mohon pencerahannya, sekitar 1 minggu yang lalu tiba2 didalam daun telinga kiri saya muncul benjolan lunak, tidak sakit kalau di pegang, tapi sekarang sudah satu minggu agak besar sekitar 3 cm, dan kadang terasa panas. apakah ada cara lain tanpa operasi, saya sudah konsultasi katanya akibat trauma dan harus dikeluarkan cariannya dengan pembedahan. terima kasih banyak sebelumnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya.mas rizal...anda mengalami benjolan lunak pada daun telinga , nyeri dan bertambah besar sampai ukuran 3 cm dalam 1 minggu. Benjolan yang sakit , merah dan berkembang cepat dalam satu minggu . apalagi jika di sertai demam maka besar kemungkinan itu suatu proses peradangan akibat infeksi . maka pemeberian obat anti infeksi dan jika permukaan kulit telah lembut dan lunak maka benjolan telah berobah menjadi nanah atau abses maka insisi atau sayatan dengan pembiusan lokalguna mengeluarkan nanahnya mesti dilakukan agar abses cepat mengering dan sembuh. sebaiknya anda tidak perlu takut karena itu bukanlah tindakan yang luar biasa dan minimal sekali resikonya tks.

      Hapus
  22. Dok sya juga mempunyai benjolan seperti gambar no 1 bekas luka tindikan. Saya bingung bagaimana cara mengatasinya dok???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya ...anis..anda mempunyai benjolan pada telinga bekas tindikan , apakah benjolan bertambah besar dan diserta nyeri dan gatal ? jika massanya juga sedikit keras maka besar kemungkinan ini adalah suatu keloid , dan mesti di sadari bahwa membuang keloid sangat berbeda dengan penanganan tumor jenis lain. kemungkinan kembali dan bahkan bisa amplitudo secara progressive. jadi selain operasi yang ,mesti di jaga tidak terlalu tegang waktu penjahitan . juga harus di berikan tks

      Hapus
  23. Slmt siang dok..saya mau tanya anak saya umur 3.5 tahun. Mulanya antingnya lepas lalu saya coba pakaikan kembali, tapi tidak jadi karena dia menangis. Namun telingannya mulai berair dan luka..beberapa hari kemudian luka itu mengering dan mengelupas. Tadinya saya pikir sudah sembuh, tapi tiba-tiba muncul benjolan merah lunak dan sepertinya berisi air. Saya jadi takut, mohon pencerahan dok. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anak anda usia 3,5 tahun dipasang anting dan kesakitan serta berair . sepertinya bagian tindikan tersebut mengalami infeksi atau bisa juga allergi dengan bahan anting jika cairannya berbau dan bernanah . sebaiknya anda konsultasikan ke dokter bedah untuk merawat luka telinga anak anda..tks.

      Hapus
  24. selamat sore dok, mau tanya,,
    saya ada benjolan di daun telinga sebelah kiri tapi jika dipengang rasanya lembek seperti didalamnya ada cairan kadang sakit jika habis di pegang
    itu kenapa ya dok ?
    fahmi 16th

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya fahmi , anda mengalami benjolan pada telinga sebelah kiri , lembek dan diduga berisi cairan . Dari penuturan anda besar dugaan kami bahwa benjolan di kuping anda suatu kista jenis ateroma . jika mengganggu sebaiknya di ekstirpasi saja..tks

      Hapus
  25. selamat malam dok...saya mau tanya...2 bulan yg lalu saya tindik hidung...tapi pas dbuka anting nya...kulit dekat lubang tindikan saya terkoyak...lalu tumbuh daging baru dan menonjol...apakah bisa kempes dok akibat kulit yg terkoyak tadi?...mohon pencerahan nya dok...terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dik Sen Lee salam kenal, luka yang terjadi akibat suatu trauma dalam hal ini truma tajam walaupun kecil, menyebabkan tubuh akan merespons berupa reaksi inflamasi dan penyembuhan luka, proses penyembuhan berupa pembentukan jaringan kolagen oleh tubuh akan berusaha menutupi defek luka yang terjadi, reaksi penyembuhan luka yang berlebihan akan menyebabkan penutupan defek yang melebihi tingginya permukaan kulit, ini yang kita kenal dalam dunia medis dengan istilah granuloma,jika terkontaminasi infeksi menyebabkan reaksi peradangan, solusi yang bisa kami sarankan berupa perawatan luka, membuang jaringan granuloma (eksisi) atau bisa dengan obat topical yg bersifat erosif seperti albothyl drops, jika belum ada solusinya bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah terdekat, makasih


      Hapus
  26. Selamat pagi dok,,
    Saya ingin bertanya
    Saya sering mengalami bengkak dibawah telinga setiap 2-3 bulan sekali, rasanya nyeri dan biasanya setelah 3 hari, bengkaknya mengeluarkan nanah disaat saya tidur menyamping, mgkin karena tekanan dari kepala saya..
    Kira kira nama penyakit saya apa yah dok..
    Sebelumnya terima kasih untuk responnya Dok.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..anda mengalami bengkak di bawah telinga dan itu terjadi setiap 2 - 3 bulan sekali , bengkak dan mengeluarkan nanah terutama saat tidur menyamping..Benjolan yang seperti ini sebenarnya sudah berlangsung berapa lama ? sebab infeksi atau adanya cairan yang keluar dari fistula yang berlangsung lama dapat berasal dari infeksi yang kronis dan atau dari kista yang terinfeksi sehingga fistel tidak pernah menutup dengan sempurna dan cenderung untuk relaps. Sebaiknya anda periksakan jenis benjolan tersebut ke dokter bedah .. dan di therapy dengan baik . Mungkin perlu di lakukan tindakan eksisi atau membuang jaringan yang infeksi atau membuang massa dengan kantongnya secara sempurna secara proses operasi...tks

      Hapus
  27. dok aku juga kaya nomer 3 dok
    tapi ga krasa sakit sama sekali ,itu bahaya ngga dok ?
    dan kira2 lambar taun bakalan memebesar ndaaa
    dan gimana cara ngilanginnyaa,risik dokk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya...usman...anda memiliki gambaran benjolan besar seperti nomor 3 benjolan ini seperti gambaran kista pada belakang telinga bisa suatu aterom kista atau dermoid kista. Benjolan ini bisa bertambah besar , tidak nyeri kecuali jika mengalami infeksi. biasanya benjolan ini dilakukan eksisi dan membuang kantong kista..tidak sulit dan cukup cepat biasanya..jadi pilihan terbaik dengan operasi saja dan pembiusan biasanya dengan lokal anestesi . Namun anda harus konsultasikan dulu benjolan tersebut dan mesti diperiksakan secara langsung untuk memastikan diagnosanya tks

      Hapus
  28. Dear Dokter
    Saya juga mempunyai masalah dengan Keloid dok di kedua daun telinga saya dan sudah beberapakali melakukan operasi dirumah sakit,Namun sampai saat ini masih tumbuh keloid saya dan saya sangat tidak nyaman dan tidak PD dalam ber aktifitas dok.
    Al hasil saya jd trauma dengan rmh sakit dan operasi dok,Kira kira apa yg harus saya lakukan dok agar Keloid saya dapat sembuh dan normal ?
    Apakah bedah plastik bisa menjadi cara untuk membuang keloid dan menjamin utk tidak tumbuh lg dok ?
    Klo operasi plastik seperti kasus keloid saya,biasanya menggunakan bius lokal atau total dok ?
    Pasca operasi plastik apa yg saya rasakan dok?
    Apakah cabut benang jahitan atau tdk ?
    Mohon info dan pencerahanya dok..

    Warm Regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya cinta..anda mempunyai keloid di daun telinga kiri dan kanan dan telah di lakukan beberapa kali operasi namun selalu belum berhasil dan anda menjadi trauma...sebenarnya prinsip pada kasus keloid mesti di ketahui mempunyai angka kembali yang tinggi..jadi harus rapat , tidak boleh tension atau tegang ..dan hrus bersih dengan minimal manipulasi. Bius lokal dapat dan biasa di lakukan kecuali misalnya keloid yang terlalu besar. biasanya paska operasi masih akan terasa nyeri beberapa hari .

      oh ya untuk menjahit dan menutup luka paska operasi kami biasanya lebih suka menggunakan benang yang halus dengan jarum yang tidak merobek kulit dan monofilamen dan menang ini mesti di cabut dalam 4-5 hari..tks ya

      Hapus
  29. Kira kira jika dengan bedah plastik bagaimana dok ?
    Biasanya prosedur saat akan menjalani bedah plastik bagaimana ya dok ?
    Ada referensi dok,untuk saya berobat ? Agar segera tuntas dok,dan gambaran biaya untuk bedah plastik berapa ya dok ?

    Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya...anda dapat juga berobat ke ahli bedah plastik atau bedah umum , jika boleh kami tahu di mana anda berdomisili ..? semua tindakan ini tentu namanya upaya yg baik dan maksimal..siapapun yg melakukan tentu tidak ada jaminan pasti akan sembuh sempurna dan tidak kambuh lagi namun semua mesti di upayakan secara baik.biaya untuk ahlinya tentu tergantung di mana anda berdomisili..tks..

      Hapus
  30. Selamat malam dok... saya ingin bertanya, saya memiliki benjolan di belakang daun telinga saya persis seperti contoh gambar nomor 4, hanya saja dengan ukuran yg lebih kecil, jika disentuh benjolan ini terasa keras. Apakah benjolan ini berbahaya dok? Mengingat benjolan ini sudah ada beberapa tahun belakangan dan ukurannya pun tidak bertambah.. saya takut untuk dioperasi krna sedang mengikuti program kehamilan.. mohon jaeabannya y dok.. terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda memiliki benjolan di belakang telinga bulat dan lembek seperti gambar no 4 dan lebih kecil , benjolan ini merupakan kista di bawah kulit yang bisa berasal dari kelenjar keringat yang terbendung. jika benar suatu kista aterom atau yang sejenis tentu tidak berbahaya dan penanganannya sebaiknya di lakukan operasi untuk membuang kantong beserta isinya . Jika anda saat ini sedang hamil , operasi kista ini dapat di tunda dulu karena bukan sejenis tumor ganas yang mesti segera di operasi tks

      Hapus
  31. Siang dok, saya mau tanya nih, ada bendolah di depan telingan saya, apakah itu tumor parotis?
    jika ia, apa yang harus dilakukan , apakah operasi? jika operasi apa ada resiko yang terjadi?

    adakah cara lain selain operasi dok?
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..mas rudi..bendolan di depan telinga tidak selalu suatu parotis , bisa banyak jenis tumor yang muncul di depat daun telinga. Sebaiknya anda periksakan dulu ke ahli bedah atau dokter yang ada di lokasi anda berdomisili..

      Jika telah dapat di pastikan bahwa itu tumor parotis maka yang harus di lakukan adalah operasi mengangkat tumor parotisnya , bisa semua atau total dan bisa juga sebagian luarnya. Resiko yang terjadi adalah operasi yang mencederai syaraf wajah sehingga menyebabkan gangguan persyarafan pada wajah . cara terbaik sampai saat ini masih melalui operasi apalagi jika tumornya jenis yang ganas..tks

      Hapus
  32. Dok saya punya anak berumur 2 th dileher dekat bawah telinga kanan ada benjolan ukran kira2 1 cm. Sudah pernah saya bawa ke dokter anak dan diberi antibiotik s/d 2x pertemuan. Benjolan bulat lembut tidak keras tpi tidak bergerak. Sekarang benjolan tsb agak memerah, bagaimana dok saya bisa tahu lebih lanjut apakah benjolan tsb dan apakah harus selalu melalui pembedahan dok utk tindakannya. Mohon pencerahannya Trimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya dan salam kenal ..anak anda usia 2 tahun ada benjolan lunak dan terfiksir sekitar 1 cm dan agak kemerahan ..sudah berapa lama ? dan apakah ada batuk ?. Benjolan pada leher anak mempunyai beberapa alternatif kemungkinan diagnosanya seperti pembesaran kel getah bening atau limfadenitis TB namun ini kerap bukan hanya satu biasanya ada beberapa benjolan . benjolan ke dua adalah infeksi atau abses jika luna , nyeri , panas dan berfluktuasi mungkin ini abses biasanya di keluarkan melalui sayatan kecil di igd atau poliklinik bedah di kulit untuk mengeluarkan pusnya. ketiga bisa suatu kista aterom yang ini mesti di keluarkan melalui operasi kesil dengan pembiusan karena kantongnya mesti di buang juga . tks

      Hapus
  33. Kalau seperti gambar no 4 setelah di operasi kemungkinan bisa tumbuh lgi besar atau kecil dok ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..pada gambar no 4 besar kemungkinan itu merupakan kista aterom sebagai mana yang telah kami lakukan dan lakukan tindakan operasi.. Jika telah di operasi memang bisa timbul kembali .namun untuk aterom kista harusnya tidak muncul lagi jika operasi yang di lakukan benar dan sesuai dengan standar operasi pada kista dimana kantongnya mesti di buang dan bersih , sebab jika kapsulnya masih ada maka kemungkinan kembali cukup besar.tks

      Hapus
  34. Selamat siang Dok..
    Sy mau nanya apakah penderita keloid bila membuat tatto di paha dan betisnya bisa menimbulkan keloid di kemudian hari?
    Mohon bantuannya Dokter.
    Terima kasih atas waktunya.

    BalasHapus
  35. Selamat siang Dok..
    Sy mau nanya, Apakah penderita keloid bila membuat tatto di paha dan betisnya dapat menimbulkan keloid pd bekas tatto nya di kemudian hari?
    Mohon bantuannya dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..apakahdengan membuat tatto bisa menimbulkan keloid terutama di kaki atau betis.? jawabannya tentu bisa terutama pada orang yang punya bakat keloid dan tentu tattoo yang permanent dengan tusukan jarum yang cukup dalam semissal sampai kelapisan subkutis. Namun perlu di catat bahwa kejadian keloid justru lebih tinggi saat pasien minta membuang tattonya di banding saat membuat....tks

      Hapus
  36. selamat pagi dok.
    saya ingin bertanya, di telinga saya terdapat benjolan kecil sepeti kacang hijau namun lebih kecil lagi tepatnya di bagian bawah dok
    apakah itu berbahaya. bagaimana cara penanganannya
    apakah bisa saja itu jerawat dok ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya...anda mengalami benjolan kecil sebesar kacang hijau di daun telinga kiri .sudah berapa lama ?, bagaimana pertumbuhannya ? dan apa kira 2 penyebabnya . jika mengganggu benjolan sekecil itu dapat di buang saja dan jaringannya di periksakan ke dokter pathology anatomi untuk mengetahui jenis benjolan tersebut secara histipathology. jerawat bisa saja jika muncul dalam waktu singkat atau sekitar 1 mgg kemudian menghilang...tks

      Hapus
  37. Assalamualaikum, kang mau nanya saya punya benjolan di dalam daun telinga saya awal nya membesar sekarang sudah mengecil semenjak saya tusuk pakai jarum dan keluar daging dan darah. itu kista atau bukan? dan di telinga kiri saya ada benjolan seperti jerawat dekat lubang telinga itu knp ya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb .selamat malam dan salam kenal ..anda mengalami benjolan pada daun telinga dan anda lakukan penusukan sendiri ..maaf jika tindakan anda itu jika kurang bersih dan steril dapan menyebabkan infeksi pada daun telingan anda. melihat adanya jaringan dan darah yang keluar sepertinya itu adalah kista aterom atau kista dermoid jaringan bisa sangat berbau . jika benar suatu kista maka kemungkinan benjolan akan muncul kembali karena kantong kista masih ada..tks

      Hapus
    2. Bagaimana cara menanggulangi nya dok?

      Hapus
    3. selamat malam , sebaiknya anda periksakan ke dokter bedah jika memang suatu kista sebaiknya di lakukan operasi membuangnya..tks

      Hapus
    4. Apa penyebab terjadinya Kista dok?

      Hapus
    5. selamat pagi ...pada kasus anda kami belum pastikan suatu kista karena tidak memeriksa langsung anda harus konsultasi langsung ke dokter bedah terdekat.
      kista bisa terjadi pada kulit bisa terjadi oleh banyak penyebab , di kulit wajah biasnya karena terbendungnya aliran keringat ,tks

      Hapus
  38. Selamat sore dok .
    saya pernah punya keloid sejak kecil akibat tindikan , kemudian menjalani operasi kecil untuk menghilangkan nya , ttpi keloid nya tumbuh kembali , bahkan keloid di daun telinga sebelah kanan ukurannya lebih besar drpd sebelum di operasi , saya operasi dengan dokter spesialis tht karena pada waktu itu belum tahu .
    Jika saya melakukan operasi kembali apakah keloid nya bisa hilang total ? Dan dokter spesialis apa yg hrs saya kunjungi untuk berkonsultasi ? Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..keloid memang suatu benjolan yang kerap berulang , siapapun dokter yang melakukan pembedahan kemungkinan untuk kembali reccurent selalu terbuka peluamgnya. yang perlu di jaga adalah luka setelah operasi mesti di tutup dengan zero tension , minimal manipulasi , penutupan kulit dengan benang yang halus dan monofilamen serta pemberian obat pencegahan rekuren pasca operasi . untuk konsultasi ke spesialis bedah umum atau bedah plastik . pengalami kami dalam melakuka insisi keluaid ada yang berulang namun ada juga yang hilang sama sekali .tks

      Hapus
  39. Selamat malam dok.
    Klw bunyi kresek pd kuping itu akibat apa dok, sudah lama tidak hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya nia , anda mengalami bunyi yg mengganggu di dalam liang telinga. atau kuping . Biasanya karena ada ganguan atau rangsangan mekanik pada gendang telinga tapi bisa juga oleh faktor-faktor lain seperti pengaruh obat-obatan , trauma mekaning , atau suara keras. Tapi dari semua itu faktor cerumen atau kotoran kuping yang keras kadang juga menyebabkan bunyi berdenging pada liang telinga. Pastikan dulu apakah ada cerumen didalam gendang elingan..

      Hapus
    2. Dok hari hari ini saya kaget ada benjolan kecil di bagian bawah daun telinga , ketika di pegang aga sakit , apakah itu gejala tumor parotis dok ?? Tindakan apa yg saya lakukan ? Adakah pengobatan selain operasi klo benjola. Itu tumor dok

      Hapus
    3. Selamat malam dok , umur saya 19 th , saya baru menyadari ada sedikit benjolan kecil di bagian bawah daun telinga saya dan klo di sentuh aga sedikit sakit , apakah itu gejala tumor dok ? ? Tindakah yg harus saya lakukan apa ?? Klo misalkan tumor adakah pengobatan selain operasi , dan saya mau tau penyebab tumor parotis itu apa ?? Makasih dok

      Hapus
    4. selamat malam ya ..apakah benjolan lengket atau bergerak ...?

      Hapus
  40. Malam dok, tiba-tiba dibagian luar telinga sy,letakny didepan dekat pipi, muncul benjolan kecil. Terasa panas. Jika diraba keras dan sakit. Sebagai informasi tambahan rahang sy tidak bisa dibuka lebar selama kurang lebih 6bln.dan jika rahang dibuka lalu ditutup kembali akan terdengar bunyi klek. kata dokter,hal ini tdk berbahaya. Hanya saja mengenai benjolan,sy belum priksa karna baru 2hari ini tumbuhnya.
    Kira kira itu benjolan apa ya dok? Mungkinkah itu jerwat atau bisul krn rasany panas. Apakah ganas dan berbahaya? Lalu penangananny seperti apa?
    Mohon penjelasann,
    Trimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..benjolan yg muncul tiba-tiba dan nyeri biasanya bukan tumor yg ganas ...mungkin suatu kista atau abses coba anda periksakan untuk pastinya ke dokter bedah terdekan . oya rahang anda adalah kasus yg berbeda .mungkin suatu dislokasi sendi rahang yang habitual sebaiknya di periksakan juga karena kalau di biarkan berlama-lama anda bisa jadi tidak bisa membuka mulut nantinya tks

      Hapus
  41. dok mau tanya di daun telinga kiri dan kanan sayang muncul benjolan, yg kiri cmn kecil ttp yg kanan sperti bengkak.., pernah saya cba pencet keluar cairan putih sperti jerawat, apa itu tumor ringan atau apa dok? mohon jwb.an nya trimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...dari penuturan anda sepertinya benjolan tersebut adalah fistula yang berasal dari kista di jaringan bawah kulit dan bukan suatu tumor...untuk pastikan apa yg anda alami sebaiknya konsultasikan benjolan tersebut dengan dokter bedah terdekat...tks

      Hapus
  42. Selamat malam dok. Sy perempuan usia 25th. Sminggu yg lalubsy menemukan benjolan sebesar biji kacang hikau di daun telinga sblh kiri saya. Tepatnya di dekat sekali dgn lubang tindik sy dok. Benjolan tsb apabila disentuh terasa nyeri dan mobile. Sy sgt khawatir krn saat sy menyusui anak sy di usia 6bln sy jg menemukan benjolan yg mobile tp tdk sakit di payudara bagian bawah. Kata dokter tumor jinak. Stlhnak sy berhenti asi, benjolan tsb sudah sulit utk sy raba. Sy blm usg lg dok. Utk benjolan di telinga kira2 apa ya dok? Apa bisa sembuh hanya dgn obat? Apa mungkin itu keloid dok? Mengingat sy riwayat caesar tp bekasnya tdk menjadi keloid. Mohon maaf pertanyaannya sy banyak dok. Terimakasih dokter

    BalasHapus
  43. Selamat siang dok..dulu saya punya benjolan di bawah daun telinga.rasanya panas dan nyeri..setelah saya periksa ke dokter.katanya hanya jerawat dan di opRasi lokal..setelah satu tahun timbul benjolan lagi yg sama...apakah saya harus.oprasi lagi...

    BalasHapus
  44. Assalmualaikum dok.
    saya mmpunyai pnyakit tumor yg letak ny di daun teling dulu kecil, tapi pas melakukn oprasi tambh besar dn sering melalukn oprasih skrng mlah tmbh bnyk mnybar kesulurh bgian daun telinga, tolong aku dok aku pngn lngsng dtng ke praktek dn melalkn oprasi boleh tau alamat nya ttimksih

    BalasHapus
  45. Slmt mlm dok.
    Sy mau nya 1 thn yg llu bagian daun telinga sy ada benjoln kecil lmbek kyak ada airx gtu trus sy bwa krmh skit kmudian disuntik untuk dkluarin cairan stlh itu benjolanx hilang
    Tp brpa minggu ini benjolanx kbli tumbuh tpi kras tp tidak sakit kira"solusix gimana dok mhon infox dok

    BalasHapus
  46. Slmat mlm dok
    Sy mau nya.1 thn yg llu bagian dlam daun tlinga sy ada bnjolam,kecil lmbek kyak ada airx gtu trus sy bwa kdoktr trdkt trus cairanx disuntik untuk dkluarin.kemudian hbis itu telinga sy sdh norml kmbli tp skrng muncul lgi benjolanx tp kras tp tidak sakit kira"solusix gmna ya dok mhon infox

    BalasHapus
  47. Selamat malam dok..nama saya khotib,..di daun telinga kanan saya bagian dalam muncul pembengkakan yg berisi air yg makin lma makin membesar dan terasa panas ini terjadi sdh 2 minggu..dan 2 hri yg lalu saya priksakan ke puskesmas.kata dokter itu akibat dari gangguan kelenjar getah bening, kemudian dilakukan penyedotan cairan yg ada didalm pembengkakan itu..tpi skrg sdh muncul lgi pembengkakan..dok itu penyakit apa?, terus pengobatannya dgn apa..? berbahaya apa tidak? makasih
    atas jawabannya...

    BalasHapus
  48. Selamat malam dok..nama saya khotib,..di daun telinga kanan saya bagian dalam muncul pembengkakan yg berisi air yg makin lma makin membesar dan terasa panas ini terjadi sdh 2 minggu..dan 2 hri yg lalu saya priksakan ke puskesmas.kata dokter itu akibat dari gangguan kelenjar getah bening, kemudian dilakukan penyedotan cairan yg ada didalm pembengkakan itu..tpi skrg sdh muncul lgi pembengkakan..dok itu penyakit apa?, terus pengobatannya dgn apa..? berbahaya apa tidak? makasih
    atas jawabannya...

    BalasHapus
  49. Selamat malam dok..nama saya khotib,..di daun telinga kanan saya bagian dalam muncul pembengkakan yg berisi air yg makin lma makin membesar dan terasa panas ini terjadi sdh 2 minggu..dan 2 hri yg lalu saya priksakan ke puskesmas.kata dokter itu akibat dari gangguan kelenjar getah bening, kemudian dilakukan penyedotan cairan yg ada didalm pembengkakan itu..tpi skrg sdh muncul lgi pembengkakan..dok itu penyakit apa?, terus pengobatannya dgn apa..? berbahaya apa tidak? makasih
    atas jawabannya...

    BalasHapus
  50. Selamat malam dok.. saya mau bertanya, Apakah benjolan pada atas daun telinga bisa dihilangkan. Bagaimana caranya dok, dan apakah pengobatannya bisa menggunakan bahan" tradisional? juga penyakit apakah itu dok?

    BalasHapus
  51. saya udh oprasi k dua x tp msih tumbuh lg,solusinya g mna pak
    dan brpa biyayanya?
    trimakasih

    BalasHapus
  52. selamat malam dokter, ketika smp telinga saya terbentur tiang sehingga menyebabkan daging tumbuh tumbuh di bekas luka akibat benturan itu. saya sudah coba oprasi dan daging tumbuh itu mengecil, tetapi daging tumbuh itu tumbuh lagi dan membesar. bagaiman cara menghilangkannya secara permanen dan berapa biayanya ?
    semoga pertanyaan saya dijawab.
    terimakasih

    BalasHapus

leave a comment please..