Kamis, 28 Februari 2013

Apa resiko , jika infeksi akibat tertusuk duri pada jari.tidak diobati.?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | kronis inflamasi pada sendi tengah jari 3 tangan kiri | dialami penderita sudah 2 bulan dan kondisi pada saat ini sendi sulit di bengkokkan dan sangat nyeri.Pada awalnya jari tangan penderita terkena duri sawit telah di coba cari oleh petugas kesehatan di klinik namun tidak di jumpai adanya duri.Lalu penderita di konsultasikan ke bagian bedah . Dari pemeriksaan ternyata telah terjadi kaku pada sendi dan sulit di gerakkan.





Penderita laki-laki usia 40 tahun , dan terhadap penderita di lakukan pemeriksaan radiology pada daerah yang mengalami pembengkakan dengan tujuan untuk melihat apakah ada benda asing yang masih tertinggal terutama jenis massa yang dapat terlihat dengan pemeriksaan x-ray seperti logam , batu-batuan yang keras dan lain sebagainya.


Pada x-ray posisi tampak depan terlihat sendi jari tengah mengalami perkapuran dengan batas antara bagian tulang yang satu dengan lainnya terlihat tidak tegas dan seolah menempel satu dengan lainnya. Lalu permukaan sendi terlihat tidak halus dan tidak tegas terpisah seperti gambaran persendian di atasnya.


Pada x-ray dari penglihatan dari samping tampak bahwa persendian dua juga menempel dan berbeda dengan sendi yang normal diatasnya yang di pisahkan oleh garis hitam yang menggambarkan suatu udara atau rongga di antara dua tulang.

Jadi infeksi yang tidak ditangani dengan baik akan berakhir dengan infeksi daerah sekitarnya sehingga melibatkan intra artikular atau kedalam sendi dan akan berakhir dengan arthritis yang nyari.


Terhadap penderita dilakukan pencucian dan pembersihan luka dengan cara debridement dengan cairan normal salin jaringan yang necritic , infeksius dan kaku di buang secara tajam dan tumpul . Daerah persendian di buka dan di cuci dengan H2O2 3 % sampai bersih lalu di beri injeksi gentamicin 80 mg dissekitar daerah yang mengalami infeksi.

Dalam kondisi terbius dengan lokal anestesi sendi penderita yang mengalami kekakuan di paksa untuk di bengkokkan mendekati kondisi pergerakan sendi yang normal terutama untuk gerakan fleksi.Sampai dirasa benar-badar dapat fleksi maksimal . Lalu penderita di rencanakan untuk melatih pergerakan sendinya ke bagian fisiotherapi  atau rehab medik.

keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , cara penangan jika sendi jari kaku dan bengkak , efek samping jika infeksi pada sendi jari tidak di tangani secara baik , kaku sendi dapat terjadi setelah infeksi karena tertusuk duri sawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..