Sabtu, 22 November 2014

Pseudoneurisma dan thrombus paska AV shunt lengan kiri yg telah di repair

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | AV shunt yang mengalami thrombus dan aneurisma | kondisi trombus dan aneurisma pada aliran vena atau disebut drain vein mesti di bedakan dengan hipertensi pada vena . bisa saja awalnya adalah hipertensi vena tapi berakhir dengan pelebaran dan terisi dengan bekuan darah . dimana pada thrombus dan aneurisma maka pembuluh darah vena yang melebar ini akan teraba keras dan tidak ada denyutan.. Apa yang akan di lakukan terhadap pasien ini ? tentu pertama kali yang mesti di pastikan pasien memiliki akses untuk cuci darah yang paling utama



Tampak adanya benjolan kecil bekas tusukan pada drain vein yangmembekas pada jalur sepanjang aliran drain vein ini . Dan tindakan av shunt ini telah dilakukan di rs fatmawati sejak 4 tahun yang lalu . Jadi melakukan perawatan dan menjaga aliran drain vein pada av shunt adalah sama vitalnya dengan membuat av shunt itu sendiri. Tusukan yang berulang-ulang di tempat yang sama dan tidak di pindah pindah akan sangat berpotensi untuk membentuk atau terjadinya thrombus . Benturan sekecil apapun mesti dihindari karena akan sangat berpotensi merusak dinding pembuluh darah dan menimbulkan bekuan yang akan berpotensi untuk menyumbat bahkan memimbulkan aneurisma palsu. Merawat daerah tusukan dan technik yang kasar serta sterilisasi alat yang tidak baik akan nyata menjadi penyebab thrombus.


Saat operasi berlangsung dimana pembuluh vena yang telah mengeras dan mengalami fibrosis dengan jaringan sekitar , sehingga mesti dibebaskan secara tajam dan tumpul dengan preserve jaringan sehat di sekitarnya .



Situasi daerah operasi saat jaringan thrombus dan pseudoaneurisma telah di angkat dan dibuang terlihat defek cukup lebar namun jaringan yang tersisa cukup luas buat menutup luka sehingga defek dapat di tutup secara primer..


Jaringan vena yang telah diangkat di lakukan insisi untuk membuka tampak thrombus dan jaringan fibrotik yang menimbulkan stenosis dengan diameter yang cukup lebar untuk di sebut normal, Thrombus ini secara perlahan akan mengeras dan menyebabkan diameter vena semakin membesar dan tentu juga tidak bisa di hindari trombus ini akan jadi sumber atau fokus infeksi.

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Pseudoaneurisma dan thrombus pada AV shunt | av shunt yang mengalami sumbatan setelah 4 tahun di gunakan , merawat av shunt sama vitalnya dengan membuat av shunt itu sendiri, tips dan trick menjaga av shunt jadi tahan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..