Jumat, 21 November 2014

By pass fempop kanan atas indikasi Critical limb ischemia yg kami dilakukan

Ruang praktek bedah - dokter ramzi SpB | By pass femoral - popliteal pada CLI | by pass merupakan tindakan akhir setelah proses endovaskular dan konservatif tidak berhasil dilakukan atau kurang memberikan hasil yang baik . life style di saat muda dan pola diet yang salah adalah faktor-faktor penting yang mesti di pikirkan sebagai penyebab terjadinya atherosklerosis di usia lanjut. Critical Limb Ischemic adalah suatu keadaan kekurangan suplai darah ke bagian ujung tungkai yang sering mengenai tungkai bawah.dan berlangsung tidak serta merta jadi telah melalui jalan yang cukup panjang terakumulasi dan menempel didinding pembuluh darah. dan perjalanan ini dari waktu ke waktu semakin menurunkan diameter pembuluh darah . sehingga volume darah yang sampai ke ujung semakin berkurang dan jaringan yang kekurangan darah ini akan berubah menjadi semakin dingin . kebiruan dan pengisian kapiler yg terjadi semakin lambat . kondisi ini makin diperberat oleh rasa nyeri yang sering timbul seperti jalan sedikit sudah nyeri hebat atau berbaring aja saat di malam hari terganggu karena serangan nyeri yang menggerogoti.




Saat melakukan operasi by pass fempop kanan untuk menyambungkan graft buatan jenis PTFE untuk menambah volume aliran darah kebagian distal.

Mesti juga di ketahui bahwa pemasangan graft harus berhati-hati mengingat gampang terjadi thrombus atau sumbatan karena bekuan darah .Tehnik menjahit yang baik , handling graft yang hamble dan mencegah jepitan yang terlalu ketat saat tunneling perlu di perhatikan . mencegah graft tidak tension atau tegang adalah sisi lain penanganan bypass yg perlu menjadi perhatian khusus . lalu aliran yang lemah atau lemot saat insisi atau sayatan di daerah proximal alias pangkal graft harus di evaluasi dengan baik jika alirannya lemah mesti berpikir ada sesuatu sumbatan di bagian lebih proximal diatasnya seperti lerishe syndroma atau kerap juga di sebut aorto-illiac disease.

Evaluasi yang baik sebelum melakukan tindakan seperti USG doppler yang cermat dan teliti , CT angiografi yang dibaca operator dengan baik akan sangat membantu menemukan kelainan dan tindakan yang lebih proximal dapat menjadi keputusan yang lebih baik . dan pada kasus ini aliran menjadi cukup baik dengan pancaran yang kuat.. Selama bulan september - oktober kami telah melakukan by pass graft sebanyak7 kasus 5 kasus fem-pop dan 2 kasus pop - tibialis anterior.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..