Jumat, 31 Mei 2013

Saat ginjal kanan terletak di rongga bawah perut ....suatu ren mobilis atau ektopic kidney

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Ren mobilis | ektopic kidney | merupakan kelainan bawaan di mana salah satu atau dua-duanya ginjal berada pada tempat yang tidak semestinya . Sering kali ginjal terletak di dasar panggul atau pada bagian bawah rongga perut . Kadang-kadang ginjal bisa juga di jumpai di rongga dada dimana hal ini pernah di laporkan oleh khirsenbaum , puri dan rao pada tahun 1981. Untuk bertahan ginjal biasanya mendapat suplay darah dari pembuluh darah terdekat dan sering di jumpai saluran kemih atau disebut ureter yang pendek.


Pada x ray IVP 45 menit  terlihat gambaran ginjal kanan berada di atas pelvic kanan dengan gambaran tumpukan zat contras di tempat pelvico caliceal ginjal kiri.




Jika ginjal terletak di bawah tentu akan sering dijumpai saluran ureter yang terlipat terputar . Hal in bisa terjadi karena posisi yang dapat berubah sesuai dengan posisi penderita . Goncangan saat berjalan , berlari atau berkendaraan tentu sedikit banyak dapat menyebabkan posisi ginjal tersebut berubah . Posisi yang berobah-robah ini tentu rawan untuk menyebabkan terjadinya sumbatan akibat saluran yang terlipat , terputar dan teregang .

Begitu juga sumbatan tersebut akan selanjutnya menyebabkan aliran urin terbendung , sementara urin selalu di produksi oleh ginjal dan di alirkan melalui saluran jika terbendung tentu akan terjadi aliran balik yang pada saatnya akan menjadi beban bagi ginjal itu sendiri sehingga lama kelamaan dapat menyebabkan cairan tertumpuk di ginjal , semakin membesar dan dinding ginjal akan makin menipis . Lalu apa yang di takutkan pun akan terjadi yaitu gagal ginjal.

Sementara itu di sisi lain posisi letak ginjal yang rendah tentu akan menyebabkan aliran urin pada ureter , akibatnya tentu aliran saluran kemih akan melambat . Keadaan ini akan menyebabkan infeksi pada saluran kemih dimana pasien akan mengalami nyeri pada daerah di mana ginjal terletak , di sertai dengan timbulnya demam .

Selain itu aliran yang melambat berpotensi untuk meningkatnya pembentukan cristal-cristal batu yang jika berlangsung lama akan menyebabkan terbentunya batu di saluran kemih. Keadaan seperti ini akan masuk siklus lingkaran infeksi , batu dan sumbatan.

Pada pasien yang kami rawat di jumapai keadaan di mana nyeri di jumpai pada perut kanan sudah 1 bulan dengan keluhan yang menonjol pada perut kanan bawah oleh seorang pasien laki-laki usia 40 tahun . namun buang air kecil penderita masih lancar dan tidak ada masalah , pada pemeriksaan di jumpai adanya infeksi pada urine dan tidak di jumpai adanya peninggian lab penanda gangguan ginjal dari pemeriksaan darah seperti ureum dan creatinin .

Dugaan kami mengkristal ke arah appendisitis , namun pada pemeriksaan teraba adanya gambaran massa pada perut kanan dengan diameter sekitar 20 Cm dan konsistensi kenyal. Jadi di putuskan dilakukan pemeriksaan x-ray BNO dan IVP .

Hasil dari pemeriksaan X - ray BNO dan IVP di jumpai adanya gambaran rongent bahan kontras yang terletak di dasar panggul sebelah kanan sehingga besar dugaan bahwa kasus ini adalah suatu ren mobilis atau ektopic kidney..Lantas apa yang akan di lakukan ....

Penanganan ada yang konservatif dan ada yang berprinsip operatif , jika tidak ada gejala masih ada tempat untuk perawatan secara konservatif namun jika telah menimbulkan gejala seperti obstrusi dan infeksi  berulang sebaiknya dilakukan tindakan operasi untuk mengembalikan injal keposisi yang lebih anatomis namun itu jika anatomis memungkinkan . Karena kelainan bawaan ektopik ginjal ini juga beragam bentuk dan variasinya . Seperti ginjal yang berbentul ladam kuda , ginjal yang dua-duanya ada di sebelah kiri dll.

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , mengenal kelainan ektopik ginjal , Ren mobilis itu apa dok  , ada kelainan ginjal ektopik pada rongga pelvic kanan menyerupai gejala appendisitis , Bagaimana sikap jika menderita kelainan ren mobilis.

1 komentar:

leave a comment please..