Kamis, 30 Mei 2013

pipis berwarna hitam pada pasien luka bakar listrik...itu dsebut haemoglobinuria

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | haemoglobin uria | suatu gambaran dimana urin penderita luka bakar berwarna gelap selama beberapa hari setelah kejadian di mana akibat terjadinya luka bakar maka haemoglobin di keluarkan melalui saluran kemih dan bercampur dengan urine.haemoglobin uria sering juga di sebut myoglobinuria.






haemoglobinuria terjadi karena hancurnya sel darah merah dan oleh ginjal di buang melalui urine .

haemoglobinuria selain pada luka bakar dapat juga di jumpai pada :

akut glomerulo nefritis

kanker ginjal

malaria

paroxismal nocturnal haemoglobinuria

reaksi trabfusi darah

pyelonefritis

sicle sel anemia

tuberkulosis

adanya haemoglobinuria ini sering menyebabkan kerusakan tubula ginjal atau yang sering disebut akut tubular necrosis dan dapat menyebabkan kematian dalam perawatan. Namun haemoglobinuria ini sangat selctif sebab pada luka bakar ringan dan sedang keadaan ini jarang di jumpai.

Suatu terapi cairan yang baik jelas akan sangat bermanfaan dalam mencegah kerusakan ginjal penderita , sehingga resusitasi yang baik akan sangat menetukan keberhasilan terapi luka bakar.

Perlu di ingat bahwa haemoglobin uria berbeda dari haematuria di mana pada haemoglobinuria pada pemeriksaan mikroscopis tidak di jumpai adanya sel darah merah dalam urine. Haemoglobinuria ini hanya kan terjadi jika kapasitas haptoglobulin buat mengikat haemoglobulin bebas meningkat jumlahnya misalnya pada angka diatas 1,4 g/l dan terlihatnya haemoglobinuria ini hanya memungkinkan terjadi jika terjadi haemilisis atau pemecahan masif di dalam pembuluh darah..

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , apa aemoglobinuria itu dokter , myoglobinuria , jika urin berwarna hitam tanda-tanda apa ya ? , apakah urin berdarah bisa di obati ?.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..