Selasa, 21 Mei 2013

Apa phren's sign atau tanda phren's itu dokter ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | phren's sign atau tanda phren's | merupakan usaha atau pemeriksaan yang bertujuan untuk membedakan kelainan pada buah pelir atau scrotum . dilakukan dengan mengangkat atau meninggikan buah pelir atau scrotum dan di nilai nyeri yang timbul . dengan melakukan pemeriksaan ini kita dapat membedakan apakah nyerinya akibat epididimitis atau torsio testis . Ini memberikan nilai klinis yang berbeda pada penyakit epididimitis jika testid diangkat maka akan terjadi nyeri yang meningkat. sedangkan pada torsio testis jika testis diangkat maka nyeri akan berkurang.

phren's sign positif artinya adalah sakit pada testis adalah suatu epididimitis dan terapi di tujukan pada pengobatan infeksi

phren's sign negatif artinya rasa nyeri berkurang jika testis diangkat ini adalah suatu torsio testis yang mesti dilakukan operasi emergensi dalam 6 jam untuk mengembalikan posisi testis yg terpuntir.

Pemeriksaan phren's saat ini masih di gunakan di perifer untuk membedakan secara klinis kedua penyakit pada testis di atas , namun dalam perkembangannya di perkotaan dan di daerah yang lebih superior maka alat doppler usg telah menggantikan fungsi ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..