Rabu, 29 Mei 2013

Apa yang di lakukan jika lidah anak anda tergigit nyaris putus...

Ruang praktek bedah - dokter ramzi | luka robek pada lidah | jika terjadi luka robek yang luas pada lidah sering sebagai orang tua kita akan panik , bagaimana tidak luka sedikit pada lidah dapat menyebabkan perdarahan yang luar biasa banyak , karena pembuluhd darah pada lidah sebagai alat pengecap jelas amat sangat banyak , sehingga luka yang kecil saja sudah membuat panik apalagi jika luka pada lidah yang nyaris putus . kebayang tuh paniknya gimana ..?





Luka pada lidah ini di alami oleh seorang anak laki-laki 7 tahun akibat jatuh terpeleset di lantai dan lidah penderita tergigit sampai nyaris putus. Penderita tinggal di kebun yang jauh dari fasilitas klinik lalu dari klinik oleh general practisioner di rujuk lagi ke rumah sakit yang ada fasilitas kamar bedahnya. Karena penderita masih anak-anak sehingga tindakan repair menjadi sedikit sulit di lakukan karena kurang kooperatif di satu sisi dan disisi lain jika dilakukan tindakan dengan sedikit di pegang orang tua tidak sampai hati.dan akhirnya keluarga meminta di lakukan dengan pembiusan umum.

Jika kasus ini terjadi pada orang dewasa tentu permsalah tidak sesulit seperti pada anak-anak dengan pembiusan lokal saja sebenarnya ini bisa di lakukan. Setelah dalam pembiusan di lakukan pemasangan pack atau tampon di daerah tenggorokan dan dilakukan deisfektan lidah dan rongga mulut dengan betadin encer . Sebaiknya sebelum operasi pasien di suruh gosok gigi bersih dan berkumur dengan betadin kumur nah pada pasien ini kejadian kita lupa..jadi di desinfeksi dengan betadin aja bias sedikit bersih.

Lalu ujung lidah di buat jahitan tegel atau jahitan pemegang sehingga arah lidah dan lidah dapat di tarik keluar lalu kita dapat dengan mudah mengontrol perdarahan mengidentifikasi luka dan melakukan penjahitan dengan lebih telita dan lebih jelas,




Keadaan lidah saat sebelum operasi dengan robekan yg cukup lebar dan perdarahan yg sudah berkurang,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..