Kamis, 07 Maret 2013

Benjolan pada ibu jari kaki ...dilakukan insisi ternyata suatu kista

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | benjolan pada ibu jari kaki | Benjolan pada jari kaki terutama ibu jari sering di jumpai di poliklinik bedah umumnya berbentuk kista putih dengan lapisan putih yang cukup tebal di perkirakan terjadi akibat benturan atau trauma berulang yang tidak begitu nyeri namun biasanya penderita meminta di lakukan operasi jika telah mengganggu aktifitas. Dari sekian banyak operasi yang telah di lakukan ada beberapa kasus yang kembali muncul kenapa ?



sebelum operasi



Hal ini sering terjadi karena ibu jari dan jari kedua sering terbentur oleh tali sendal jepit sehingga trauma yang berulan-ulang tersebut mempunyai kecenderungan menimbulkan kista kembali meski pada operasi sebelumnya telah diangkat sampai bersih. Jarang memakai alas kaki dan sepatu yang terlalu ketat dan kondisi kaki yang sering basah di prediksi juga berkontribusi untuk terjadinya kista seperti ini.

Pada saat di lakukan insisi operasi dan massa telah keluar

















Tampak insisi yang cukup lebar kearah samping

















Operasi telah selesai dan massa telah terangkat , suatu operasi sederhana dengan pembiusan lokal namun awas resiko kekambuhan akan muncul jika trauma berulang masih terjadi.

Pergunakan alas kaki dengan benar , hindari sepatu yang terlalu ketat , jangan biarkan kaki dalam keadaan basah baik oleh keringat atau bekerja di tempat yang basah. segera di keringkan dll .

semoga kaki anda akan selalu terjaga kebersihannya dan terhindar dari penyakit - penyakit seperti diatas.















keyword tag : ruang prktek bedah - dokter ramzi spb , benjolan di kaki , kista pada ibu jari kaki , kista jari kaki yang sering berulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..