Rabu, 13 Maret 2013

Awas , dua penyakit mengintai para peminum tuak dan alkohol

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | dua penyakit yang sering timbul akibat minum tuak dan alkohol | Meminum tuak dan alkohol adalah hal yang lazim dilakukan orang tapanuli dan daerah lain di seluruh indonesia bahkan dunia . Dan minuman tuak adalah minuman khas orang batak . minuman  ini dapat memabukkan dan menimbulkan rasa hangat disaat udara dingin . Namun jika meminum tuak dalam jumlah yang banyak dan sering tentu akan menyebabkan timbul beragam penyakit. Yang sering penulis jumpai adalah terjadinya perlukaan pada lambung dan perlemakan hati.





1. Perlukaan pada lambung atau sering disebut peptic ulcer



Dapat terjadi akibat meminum tuak yang banyak atau sering di sebut parmitu di daerah batak. sehingga orang yang suka minum tuak akan merasa kenyang dan lupa untuk mengisi perut dengan makanan utama seperti nasi dan roti. Lalu akibatnya lambung akan selalu kosong sementara asam lambung akan selalu keluar .

Akibatnya akan terjadi iritasi dan perlukaan - perlukaan kecil pada mukosa lambung yang lama kelamaan akan berobah menjadi borok atau ulkus. Keadaan ini akan menimbulkan rasa nyeri yang hebat , perut bagian atas serasa ditusuk sembilu dan disayat-sayat dengan pisau. Pada saat ini penderita akan merasakan sakit yang luar biasa , berkeringat dingin dan bahkan bisa merasakan mual dan muntah yang hebat . Pada tahap ini penderita akan hilang selera makan .

Bagaimana tidak diisi dengan makanan maka lambung akan pedih luar biasa , tidak di isi juga akan menimbulkan nyeri yang hebat. Biasanya penderita akan sangat tersiksa terutama saat malam menjelang pagi.

Pada tahap berat penderita akan mengalami muntah darah . Sampai di tahap ini penderita masih dapat di berikan pengobatan - pengobatan medikamentosa seperti obat - obat antasida , obat penghambat pengeluaran asam lambung dan obat pelapis mucosa lambung. Bisa kita bayangkan daging yang kita makan itu dapat dihancurkan oleh asam lambung lantas otot - otot lambung juga begitu akan di rusak oleh asam lambung jika terkena.

Pada tahap yang berat maka terjadi kebocoran lambung , di mana saat muncul muntah darah yang berulang dan tidak di obati dengan serius maka kebocoran atau perforasi lambung bisa terjadi . Keadaan ini di tandai dengan sakit hebat pada seluruh lapangan perut yang berlangsung terus menerus , perut menjadi tegang , dan demam yang tinggi > 20.000 . Jika di periksa sel darah putih akan sangat tinggi dan sering menimbulkan keadaan yang di sebut sepsis.

Atas dasar klinis ini dengan di bantu olah pemeriksaan foto polos perut 3 posisi saja sudah cukup untuk melakukan tindakan operasi besar atau di sebut laparotomi sesegera mungkin sebab jika di tunda setiap jam yang berlalu akan menyebabkan keadaan umum penderita semakin memburuk tindakan ini disebut exploratori laparotomi.

Bagian usus yang mengalami kebocoran itu di buang sampai batas jaringan yang sehat dan dilakukan penjahitan kembali dengan tekhnik khusus. Tentu tindakan ini sangat beresiko dan perlu perawatan yang cukup lama dengan cost yang tidak bisa di bilang sedikit.

Jadi inilah resiko yang mesti di ambil , akibat dari meminum alkohol atau tuak dalam jumlah yang berlebihan.

Mengenang kasus ini penulis teringat saat bertugas di RSU tarutung pada tahun 1994 , selama 2 bulan bertugas di tarutung penulis sering sekali menjumpai kasus infeksi pada seluruh lapangan perut atau di sebut diffuse peritonitis yang disebabkan oleh kebocoran pada lambung dan saat di anamnese hampir semua adalah peminum tuak yang hebat.si jago parmitu....Dan setelah dilakukan operasi ternyata di jumpai kebocoran lambung pada berbagai lokasi di lambung.

So hati-hati lah bagi anda yang suka minum alkohol atau tuak...

2. Perlemakan hati atau disebut fatty liver



Pada tahap ringan akibat meminum alkohol atau tuak akan menimbulkan perlemakan pada hati , ini terdeteksi dengan pemeriksaan USG hati dan perut. Akan di jumpai kondisi hati ditutupi oleh lemak dan tidak sehat pada tahap dini perut akan terasa penuh , tegang dan kurang nyaman.Pada tahap lanjut perlemakan hati akan menyebabkan kerusakan sel-sel hati secara bertahap dan terus berlanjut sampai fungsi hati mengalami gangguan .

Hal ini akan di sertai dengan peninggian test fungsi hati seperti SGOT , SGPT dan alkali phospatase. kadang samapai 2-3 x jumlah normal. Nah pada kondisi ini terjadi kondisi pasien mudah lemas dan lekas capek , lalu pada tahap yang lebih berat terjadi mata penderita akan mulai berwarna kuning dan buang air kecil seperti teh pekat.Pada saat ini hati telah mengalami ganguan fungsi yang sangat hebat. Kerusakan hati yang sudah sangat hebat akan sulit untuk di perbaiki.. Transplantasi hati adalah pilihat yang sangat sulit dan berat.

so ... apakah anda akan terus minum tuak dan alkohol setelah ini..?

Sebenahnya masih banyak resiko penyakit lain yang mungkin akan terjadi namun dari sisi bedah dua kelainan ini lebih dominan dapat terjadi , selain serangan pada jantung , otak , pembuluh darah dan lain sebagainya.

key word tag :  ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , penyakit yang sering timbul akibat minum tuak dan alkohol , 2 penyakit akibat peminum tuak berat , penyakit parmitu .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..