Selasa, 19 Maret 2013

Kenapa anak laki-laki saya sulit buang air kecil dan ujung kulit kemaluan membengkak dok ?

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Ujung kemaluan anak mengembung dan sulit buang air kecil | Ini adalah suatu keadaan dimana ujung kulit kemaluan tidak terbuka dengan baik sehingga aliran urine terperangkap dan rongga pada ujung kulit yang sangat kecil akan menyebabkan juga penderita harus mengedan untuk berkemih dengan pancaran yang sangat kecil. Keadaan ini jika merupakan bawaan dari lahir di sebut dengan Phymosis . Sementara urine yang sering tertahan secara berulang dan berkepanjangan akan menyebabkan infeksi yang berulang dan terbentuknya endapat yang mengeras seperti batu atau sering di sebut smegma yang berwarna keputihan . dan untuk jangka yang lebih lama dapat juga terbentuk cikal bakal batu saluran kemih.




Sering orang tua datang dalam keadaan panik dan stress melihat anak tercinta mengalami kesakitan dan kesulitan dalam berkemih , lalu pada saat di raba , teraba seperti massa pada batang kemaluan sang anak . Benjolan ini sering di takutkan sebagai suatu tumor atau kanker ganas yang mengancam keselamatan sang anak.

Benjolan yang teraba pada batang kemaluan penderita ini biasanya terjadi bisa karena tumpukan urine di bawah kulit preputium tersebut belum habis keluar semua dan berada di antara preputium dan gland peniis , sedangkan urine tersebut telah keluar dari saluran dan muara urethra . Sementara aliran keluar dari kulit preputium sangat kecil dan cenderung membentuk aliran turbulensi yang berputar di antara dua dinding yang membentuk kantong tersebut.

Lalu pasien ini sebaiknya di apakan ? ada dua pilihan sederhana tentunya :

1 . Dilakukan sunat , atau sirkumsisi sesegera mungkin

Ini adalah pilihan terbaik , biasanya dengan pembiusan lokan jika kooperatif atau dengan pembiusan umum dengan di sungkup pasien bisa di lakukan operasi sunat , tentu tidak lama dan setelah preputium di potong maka permasalahan sumbatan aliran urine akan segera teratasi. Permasalahan pada pasien phymosis ini karena jarang di lakukan pembukaan kulit preputium maka kerap terjadi perlengketan antara kulit preputium dan permukaan gland atau kepala kemaluan . Untuk membebaskan perlengkenan ini akan terasa ngilu dan nyeri yang hebat sehingga pembiusan lokal terkadang kurang memberikan efek maksimal .

Perlu juga di ketahui oleh orang tua bahwa akibat dari perlengketan tersebut akan timbul luka pada gland penis yang tampak seperti borok dan luka tersebut akan sembuh untuk waktu yang cukup lama . Bahkan bisa lebih lama dari luka bekas sunat itu sendiri . Ini perlu di ketahui karena sering orang tua komplain atau mengeluh karena luka yang agak lama sembuh dan berkeropeng pada kemaluan sang anak . Namun dari pengalaman luka tersebut akan mengering dan keropeng akan lepas dengan sendirinya setelah 2 minggu.

2 . Dilakukan pelebaran dari lobang preputium dengan alat klem dengan membuat luka secara tumpul atau di sebut Dilatasi.

Dengan pembiusan lokal atau spray anestesi muara saluran kemih tersebut di buka secara tajam dengan alat yang tumpul saya sering menggunakan alat klem mosguito kecil .Dengan cara membuka klem tersebut secara lebar sehingga kulit preputium akan luka dan urin dapat keluar.Namun perlu di ketahui bahwa tindakan ini adalah tindakan sederhana dan sementara . Potensi untuk menutup kembali juga sangat besar. Jadi tindakan ini hanya kita anjurkan untu retensi urin yang harus di keluarkan dengan cepat. Gold standar yang terbaik dilakukan tetap adalah sunat atau sirkumsisi.

Keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , kemaluan anak laki bengkak dan sulit berkemih Mau diapakan , apa kemungkinan penyebab benjolan pada kemaluan anak laki-laki. Pancaran kecil anak laki-laki kecil sebaiknya diapakan ? , cara menangani benjolan dan sulit berkemih pada anak laki-laki .

12 komentar:

  1. Malam Dok, kemarin anak saya disunat, tetapi kok jadi acak-acakan ya, maksudnya kepala penis juga jadi keropeng, apa itu normal ya Dok?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya , mohon maaf sebelumnya lambat di balas karena saya beberapa hari ke luar kota . pasien yang di sunat dengan glan penis atau kepala penis acak-acakan dan keropeng biasanya bisa terjadi jika kulit penutup gland penis anak sewaktu akan di sunat belum terbebas atau masih melengket sehingga saat akan di sunat harus di bebaskan dari perlengketan dan setelah bebas dari lekukan gland baru disunat . nah bekas dari pembebasan itu akan meninggalkan luka pada permukaan kepala penis, namun itu akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.akan meninggalkan keropen dan selanjutnya keropeng terkelupas dan luka akan mengering. jadi orang tua tidak perlu terlalu khawatir terhadap keropeng tersebut. Namun seandainya lebih dari sepuluh hari belum mengering sebaiknya kembali konsultasikan dengan dokter yang melakukan sunat tks

      Hapus
  2. Dok. Saya pria usia 24. Bulan lalu saya op dengan metode hal rar, tapi kmrin klr darah segar segumpal.. Itu knpa yaa dok?? Trimakasih sebelumnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda telah di lakukan operasi secara hal and rar pada bulan yang lalu , dan saat ini ada keluar darah lagi , melihat kondisinya anda sudah cukup lama di operasi atau lebih dari 20 hari , dan baru mengalami perdarahan lagi saat ini , mungkin masih ada bagian pembuluh darah yang mengalami varises dan terkena gesekan oleh bab yang keras sehingga mengalami iritasi kembali...jika perdarahan itu masih berlangsung maka sebaiknya anda konsultasikan kembali dengan dokter bedahnya. mungkin ada bagian yang belum terikat atau terligasi sempurna...tks..

      Hapus
  3. dok saya pria berusia 29 thn.saya mengalami kecelakaan . dan mengalami luka dalam pada bagian bawah batang penis saya.dan sudah sembuh tapi bekas luka membentuk benjolan di dalam .bagamana cara mengatasinya dok.terimaksih sebelumnya wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya ..anda mengalami trauma pada batang penis , luka dan telah menyembuh ..saat ini dijumpai adanya benjolan . adanya benjolan tersebut apakah mengganggu baik dalam fungsi berkemih atau fungsi erksi ? Jika tidak ada pengaruh kami merasa anda tidak perlu mengkhawatirkannya , namun jika mengganggu kedua fungsi diatas atau salah satu saja maka itulah saatnya anda mesti berkonsultasi dengan ahli urologi . Kenapa >>>? karena banyak permasalahan yang bisa terjadi pada bagian dalam dari kemaluan anda bisa meyebabkan beragan kerusakan , baik pada pembuluh darahnya , robekan dari saluran urethra , rusaknya corpus spongiosun dan cavernosum tempat darah mengumpul,dll jadi semua itu memerlukan pemeriksaan yang lebih teliti tks

      Hapus
  4. Siang dok..
    Kemarin anak saya yang umur 7 bulan disunat. Tapi setelah itu ada benjolan sprti kantung air di deket jahitan .. bahaya ga dok? Cara menanganinya bagaimana?
    Thks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..benjolan itu bisa kami perkirakan suatu oedem pada kjaringan pasca circumsisi anda tidak perlu khawatir beberapa hari nantinya akan berkurang yg penting pipis anak jangan mengenai luka nya tks..

      Hapus
  5. Malam dok sy mw tanya penis anak sy umur 7tahun tiba2 membengkak dan bagian ujung penisnya klo d pegang sakit.
    Tapi klo buang air kecilnya lancar dan tdk sakit.
    Kira2 anak sy knp ya dok...???

    BalasHapus
  6. Malem dok, saya mau tanya anak saya umur2thn klo kencing penis nya slale melembung tapi tidak sakit dok apakah itu normal dok, ? Mohon info nya ia dok. .

    BalasHapus
  7. Malam dok sya mw tanya,,anak sya umur 3 thn dan ada benjolan di btang penisnya,dan saat sya tnya terasa sakit??
    kira2 ank sya knpa y dok??dan prlu di takutkan ga??

    BalasHapus
  8. Malam dok sya w tnya,,knpa pda batang penis ank sya timbul benjolan dan terasa sakit!!
    Kira2 knpa y dok??dan ap penyebabnya?

    BalasHapus

leave a comment please..