Selasa, 06 Desember 2011

Apakah plate di tubuh dibiarkan lama berbahaya ?

Plat yang terpasang terlalu lama  dan tidak dilepas dapat menjadi masalah. Pemasangan plate pada kasus patah tulang umum dilakukan oleh dokter bedah atau dokter orthopedi. Banyak orang yang belum tahu apa sih  plate ??.




Yang di maksud plate di masyarakat lazimnya adalah  implant yang dipasang pada tulang dengan tujuan untuk mempertahankan kedudukan tulang dalam posisi  yang benar (anatomis) sampai proses penulangan terjadi . Tujuan pemasangan plate agar penderita lebih cepat melakukan aktifitas sehabis operasi dengan atau tanpa bantuan alat bantu.

Di ruang lingkup pembedahan beragam jenis plate yang tersedia, tergantung dari jenis tulang dan jenis patahan  tulangnya.Makanya pada kasus yang berbeda sudah pasti jenis pen yang dipasang akan berbeda. Secara umum saat ini pen terbuat dari stainless steel dan titanium, sudah terbukti bahwa titanium lebih bagus dari stainless steel , karena reaksi penolakan tubuh hampir tidak ada dibanding stainless , lebih ringan dan lebih kuat dan daya perlengketan terhadap kuman lebih rendah dibanding stainless.

Titanium sudah pasti baik dari pada stainless stell, hanya saja harganya cukup mahal, dan stock di pasaran sedikit sehingga harus di pesan terlebih dahulu, sehingga untuk kasus emergensi agak sulit kita lakukan.

Namun apapun alasannya keberadaan plate and screw yang terlalu lama di dalam tubuh dapat menyebabkan absorbsi dari material tersebut kedalam darah dan terjadi penumpukan bahan metal di dalam pembuluh darah dan di hantarkan keorgan-organ seluruh tubuh , seperti ginjal dan hati.

Selain itu terjadinya reaksi allergi dan infeksi adalah kasus yang sangat sering dijumpai setelah pemasangan plate yang berlama-lama.Apalagi pada anak-anak pemasangan plate adalah hal yang sangat tidak di anjurkan namun jika harus di pasang maka tidak boleh jangka panjang sebab bisa menimbulkan pemendekan akibat gangguan pertumbuhan tulang.

Maka tidak ada pilihan lain setiap operasi pemasangan plate and screw sebaiknya di lakukan pembukaan kembali melalui operasi kedua.

sebelum dilakukan operasi pemasangan plate dan screw



Setelah pemasangan plate and screw


Jika ada yang ingin di tanyakan silakan beri komentar atau pertanyaan anda pada kolom di bawah tks

44 komentar:

  1. Dok sy mengalami kecelakaan mtr yg mengakibatkan bahu kanan sy hrs di pasang plate , namun smpai wktu yg dktr tentukan untuk melakukan operasi pengangkatan sy blm memenuhinya . Sehingga sekarang sy sering sekali merasakan rasa ngilu bahkan sakit yg luar biasa pd bahu . Ap it termasuk krn akibat terlalu lama plate itu tertanam pd tubuh sy ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya riri ..plate di bahu saya masih kurang pasti apa di tulang klafikula , tulang scapula atau di tulang humerus atas . semua akan memberikan gambaran yg berbeda mengenai keluhan.namun bgmnpun plate sebaiknya di keluarkan apalagi plate jenis stainless steel. sebaiknya periksa ulang ke dokter yg melakukan operasi kemaren tks

      Hapus
  2. dok saya mengalami kecelakaan motor,dan menyebabkan jari tengah saya patah dan menjadi pendek sejajar dengan jari telunjuk,patahannya dekat dengan tulang yg ada tempurung nya,apakah bisa dipasang implant tanpa harus membuang tulang tempurung nya ? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore dan salam kenal ya mas donny ..anda mengalami kecelakaan sepeda motor dan jari telunjuk anda patah dan pendek . Saya kurang mengerti maksud anda dengan istilah tempurung ? apa maksudnya sendi ? jika tulangnya lepas dan sudah lama tentu tidak dapat lagi di sambungkan dan di fiksasi dengan wire atau plate. dan sendi biasanya kita buang bagian tulang rawannya agar tidak memproduksi cairan sendi...tks

      Hapus
  3. Selamat malam dok. Saya mau tanya.. saya pernah mengalami kecelakaan motor hingga tulang paha kaki kiri saya patah.. pemasangan pen (plate ) pertama pada Januari 2009.. dan tahun 2010 plate saya bengkok. Dan pemasangan plate kedua untuk menggantikan plate lama yang bengkok itu tahun 2010.. sekarang saya sudah bisa melakukan aktifitas biasa, tetapi saya merasa risih akan adanya plate di paha kaki kiri saya ini. Saya berjalan kaki dengan jarak 500 meter sudah linu kaki saya.. mengikuti kegiatan baris berbaris juga gak sudah tidak mampu.. Juga kegiatan lain yang biasa saya lakukan sudah tidak mampu lagi.. Saya memberitahukan juga bahwa tinggi saya 165cm dan berat 93kg. Menurut anda jangka waktu 4 tahun apa sudah waktunya dilepas ini platenya dok?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal mas..anda mengalami patah tulang kaki kiri dan telah di pasang plate dan screw 2 x karena bengkok mesti di pasang lagi. Yang sekarang sudah berlangsung 3 tahun lebih . dan anda saat ini merasa nyeri dan kurang nyaman . Seharusnya jika anda telah aktif bergerak dan telah bekerja sebagaimana biasa . maka keadaan ini bisa anda konsultasikan ke dokter bedah atau bedah orthopedi yang menangani saat itu. Jika platenya terbuat dari stainless steel , sebaiknya plate tersebut di buka karena kerap akan terganggu aktifitas disebabkan berat jenis dari platenya..

      Melihat perbandingan tinggi dan berat badan anda , sebaiknya anda menurangi beban tungkai dengan benurunkan lagi berat badan anda ke berat ideal..ini cuma saran lho...tks ya

      Hapus
  4. Assalamu alaikum...
    saya hasan thn 2014 bln januari saya operasi tangan untuk pemasangan pen (titanium) karena kecelakaan kerja. Tahun depan rencana saya mau operasi kedua untuk pengangkatan pen. Mohon info rs ortopedi di surabaya sekalian kisaran biaya operasinya. Terima kasih.
    wassalamu alaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wassalamualaikum wr wb , selamat sore dan salam kenal ya mas hasan , anda mengalami patah pada tangan dan telah dilakukan pemasangan plate dengan bahan titanium , jika tidak ada masalah jangka waktu satu tahun sudah dapat di lepas platenya . terutama jika penderita berusia muda.

      Jika anda sudah di lakukan pemasangan plate kemaren sebaiknya anda kembali ke ahli bedah atau ahli bedah orthopedi yang mengoperasi anda pertama , karena selain sudah tahu posisi dan lokasi plate tentu kesulitan saat pemasangan dan kondisi plate yang di pasang lebih di kuasi oleh dokter yang mengoperasi .

      Jika kita membandingkan kesulitan memasang dengan membuka jelas memasang jauh lebih sulit dari membuka jadi anda tidak perlu terlalu khawatir tentang operasi untuk membuka ini , dan jika ahli bedah yang lama jauh anda bisa konsultasi ke ahli orhopedi terdekat. Oh yaa anda tidak mesti ke rumah sakit orthopedi khusus , bisa kerumah sakit biasa yang ada ahli bedah orthopedi nya atau ahli bedah umumnya.

      Mengenai biaya operasi tentu sangat variatif dan yang pasti akan jauh lebih murah dari operasi memasang , karena anda tidak perlu menyiapkan alat plate dan screw untuk operasinya .Konsultasikan terlebih dahulu biaya operasinya sebelum anda menyetujui tindakan operasi . Jadi tanyakan secara jelas dahulu biaya baru anda menyetujui setelah paham .wass tks

      Hapus
  5. ass . .
    mau tanya dok.kan dulu saya pada waktu smp saya jatuh dari tanga dan tangan sya patah tp sbnrnya patahnya gak terlalu cuman retak,nah di pasang pen dok,tp ampe sekarang saya umr saya 21 belum saya copot itu pen .
    pada saat ujan tangan saya nyeri sekali. .apakah itu pnyebab dari pen itu dok??
    saya minta saranya dok
    terimakasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya aan...Anda mengalami patah saat smp mungkin sekitar usia 13 tahun dan di pasang plate sampai usia 21 tahun atau hampir 8 tahunan. Mungkin anda pernah rapatkan tangan anda apakah ada perbedaan panjang antara tangan yang patah dengan tangan yang normal ? . Sebab jika di pasang plate pada masa pertumbuhan sehingga pertumbuhan tulang anda akan terganggu..jadi pemasngan plate pada usia muda sebaiknya di hindari atau secepat mungkin di lepas. Bisa jadi nyeri yang anda rasakan itu adalah terjadinya ganggua pertumbuhan tulang dan jaringan lainnya di tubuh anda .

      Jadi jika kami boleh sarankan sebaiknya anda segera ke dokter bedah untuk melepas platenya tks

      Hapus
  6. Assalamualaikum Wr.Wb..Selamat pagi Dok, ijinkan saya bercerita terlebih dahulu, Dok saya sudah 1,5 tahun merasa nyeri dibagian pinggang, ngilu dan kaku sehingga gerak pun terbatas. Awalnya dokter setempat mendiagnosa Batu Ginjal, tetapi selama 1 bulan ga membaik. Kemudian saya dirawat di Rumah Sakit selama 1 minggu setelah observasi diagnosa dokter adalah LBP katanya. tetapi dengan rawat jalan, fisioterapi dan ketempat alternatif (saking penasaran segala macam dicoba) ternyata ga sembuh juga. hingga pada bulan Pebruari 2014 saya merasakan komplikasi yang hebat, selain tulang pinggang sapai punggung sakit dan kaku, badan demam dan juga adanya cairan diperut hingga sesak napas.
    Dengan kondisi tersebut keluarga membawa saya ke RS Borromeus, singkat cerita saya didiagnosa dokter adalah TBC Tulang dengan hasil MRI pada bagian L3 - L4 bantalannya Rusak karena bakteri/virus (mungkin dokter lebih paham). dari situ dokter menyarankan operasi, tetapi terkendala biaya saya pilih opsi kedua yaitu terapi obat saja sampai sekarang. sakit makin parah dan segera dicek ulang, hasil foto ronsen biasa ternyata L4 sudah kena L3 (L3 bagian atas sudah rusak), alhasil dokter menyarankan harus operasi dan dipasang Pen katanya.
    sekarang saya belum memutuskan karena berbagai pertimbangan, selain biaya, juga resiko kedepannya.
    Nah yang mau saya tanyakan dok:
    1. Apa penyakit seperti ini memang ga ada pilihan lain selain operasi dan pasang Pen?
    2. Mengenai harga Pen bahan stainles dan titanium berapa? (dokter disini gak ngasih tau)
    3. Resiko pasca Operasi bagaiman? (yang saya takutkan malah tambah penyakit baru)
    Mohon penjelasannya dan sarannya dok mengenai penyakit saya, mohon kiranya bapak melihat hasil MRI saya di https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10201781954935959&set=pb.1394207450.-2207520000.1402622720.&type=3&theater
    terima kasih dok ditunggu sarannya !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi dan salam kenal ya ...anda mengalami jika saya tidak salah menyimpulkan dari ulasan yang anda sampaikan suatu penyakit Spondilitis TBC . Jadi perlu anda sadari bahwa penyakit TBC ini bukanlah hanya mengenai paru-paru , tapi bisa pada kepala , usus , kelenjar , sendi dan tulang termasuk juga tulang belakang . Tempat yang paling sering di tulang belakang adalah pada vertebra lumbalis ini karuna pusat beban dan posisi sudut tahanan yang membuat gampang mengalami kompressi. artinya kelainan adalah anatomis yang menyebabkan tertekannya nervus diantara dua tulang vertebra tadi..

      Pilihan terbaik saat ini tentulah operasi yaitu membuang daerah yang infeksi beserta kumannya dan memasang alat untuk stabilisasi pada tulang belakang tersebut. sehingga fungsi operasi disini adalah banyak dan mesti dilakukan oleh seorang ahli bedah orthopedi khusus tulang belakang.

      Bahan untuk fiksasi tulang belakang juga beragam dan kesulitan operasi ini tinggi serta besar kemungkinan resiko nya , namun seiring kemajuan operasi tulang belakang saat ini sudah makin sering di lakukan.

      pilihan terbaik untuk alat stabilisasi tulang belakang adalah titanium namun harganya lebih mahal .harganya bisa anda tanyakan ke dokter bedah orthopedi yang akan melakukan operasi . kebetulan penelitian kami adalah tentang tulang belakang akibat tbc yang memberikan hasil sangat baik pasca operasi pemasangan plate yang membandingkan sebelum dan sesudah operasi. coba anda googling dengan kata pencarian " penelitian dokter ramzi asrial SpB perbandingan hasil sebelum dan sesudah operasi stabilisasi posterior pada spondilitis TB di RS adam malik Medan" . Komplikasi jelas ada dan seperti yang telah kami utarakan di atas , infeksi , perdarahan , cedera nervus dll. tks

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum,,
    Ma'f saya mau nanya dok tentang tulang rahang sya,tulang rahang sya patah akibat kecelakaan dok,untuk pnyembuhan khusus nya tulang rahang itu berapa lama dan untuk mengambil plat itu sndri dalam jngka waktu berapa lama? Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wass wr wb selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami patah tulang rahang dan telah di pasang plat and screw biasanya ukuran kecil ..biasanya penyembuhan tulang sangat di pengaruhi oleh usia dan keadaan gizi . usia muda dengan gizi yang baik maka penyembuhan akan sangat cepat . biasnya penyembuhan sempurna sekitar 6 bulan . namun pada usia lanjut biasanya berkisar 1 tahunan..tks

      Hapus
  8. assalamualaikum dok.
    saya mau tanya, sebenarnya jenis2 plat implan patah tulang itu apa aja?
    soalnya adik saya mau dioperasi tapi kata dokternya harus pakai plat yg bagus supaya hasilnya bagus, kalau menggunakan plat standar resiko patah lagi tinggi. nah berhubung masalah pembiayaannya kami menggunakan bpjs, dan ternyata plat yg ditanggung oleh bpjs itu hanya yg standar, jd kami cukup pusing karena kami tentu ingin yg terbaik tapi disatu sisi kami pun terkendala di biaya. jadi yg ingin saya tanyakan, sebenarnya jenis-jenis / macam-macam plat implan patah tulang itu apa saja? supaya kami bisa tau, terus terang kami sangat awam dengan masalah ini. jika kami sudah memiliki informasi yg memadai, rencananya kami akan mengajukan protes ke bpjs.
    untuk sekedar informasi tambahan, adik saya mengalami fraktur half femur kiri. dan patahnya lebih di satu tempat, patahan runcing dan remuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb , selamat malam dan salam kenal ya mas heru...bicara mengenai plate dan screw memang tersedianya bermacam-macam ada yang terbuat dari baja stainless steel yang telah di rancang khusus untuk bisa tertanam di dalam tubuh dan ada juga jenis titanium . itu dari sisi bahan yang digunakan . biasanya plate yang dari metal stainless steel ini tentu lebih murah dan lebih berat namun masih banyak di gunakan hingga saat ini . jenis titan tentu lebih mahal , lebih kuat dan lebih ringan serta reaksi alerginya lebih rendah. kemudian untuk patah jika hancur tentu butuh plate yang berbeda , apalagi jika mengenai sendi maka pilihan platenya juga akan berbeda di mana untuk plate daerah sendi biasanya juga memiliki harga yang lebih tinggi dengan yang hanya di batang dengan plate yang lurus. kami tidak tahu persis apakah plate stainless atau titanium ini di tanggung oleh BPJS . silakan anda tanyakan langsung ke pengelola bpjs tempat anda berdomisili.tks

      Hapus
  9. assalamualaikum dok.
    ijinkan saya bercerita terlebih dahulu, tanggal 2 februari 2015 lalu saya operasi pasang pen pada kaki tepatnya diatas jari telunjuk kaki kiri.untuk pen yang dipasang, menggunakan pen titanium. sudah sebulan ini alhamdulillah saya tidak merasakan ngilu sama sekali pada waktu dingin ataupun saat petir menyambar juga tidak terasa sakit seperti cerita teman saya yang mengalami sakit ataupun ngilu. dan saya pernah tanyakan kepada dokter, apakah pen ini harus diambil atau permanen. dokter saya mengatakan pen yang terpasang pada kaki saya ini permanen.
    yang saya mau tanya dok, apa sich perbedaan pen titanum dengan pen SS selain yang telah diutarakan diatas. sebaiknya pen titanium yang telah terpasang dikaki saya ini diambil atau tidak?? untuk perawatannya bagaimana ya dok, karena saat ini saya masih agak pincang jalannya?
    wass. tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ..maryani. anda telah di pasang pen pada jari telunjuk kaki kiri sekitar hampir 2 bulan yg lalu. memang harus di ketahui tentang perbedaan material plate ini. titanium sekarang memang di anggap pilihan yang baik oleh ahli bedah karena bahannya yang kuat dan ringan , serta reaksi allergynya juga lebih rendah . masalahnya adalah harga titan lebih mahal dari pada bahan stainless steel. Kami menilai jika usia dewasa atau tua yang menggunakan titanium sebagai bahan plate sebaiknya tidak di angkat karena titan dapat bertahan lama.namun jika pada usia pertumbuhan seperti anak atau remaja yang masih bertumbuh maka sebaiknya mini plate tersebut di buka.tks

      Hapus
  10. assalamualaikum dok.
    ijinkan saya bercerita terlebih dahulu, tanggal 2 februari 2015 lalu saya operasi pasang pen pada kaki tepatnya diatas jari telunjuk kaki kiri.untuk pen yang dipasang, menggunakan pen titanium. sudah sebulan ini alhamdulillah saya tidak merasakan ngilu sama sekali pada waktu dingin ataupun saat petir menyambar juga tidak terasa sakit seperti cerita teman saya yang mengalami sakit ataupun ngilu. dan saya pernah tanyakan kepada dokter, apakah pen ini harus diambil atau permanen. dokter saya mengatakan pen yang terpasang pada kaki saya ini permanen.
    yang saya mau tanya dok, apa sich perbedaan pen titanum dengan pen SS selain yang telah diutarakan diatas. sebaiknya pen titanium yang telah terpasang dikaki saya ini diambil atau tidak?? untuk perawatannya bagaimana ya dok, karena saat ini saya masih agak pincang jalannya?
    wass. tks.

    BalasHapus
  11. Pagi dok, saya perempuan usia 24 tahun . Waktu smp saya pernah menggerakkan rahang bawak ke arah kiri dan akhirnya brgeser dan saya biarkan sampai sekrang. Aikibatnya sekarang telinga saya seperti ada yg menekan dan tumbuh benjolan sebesar telur puyuh.. agak sakit kala ditekan dan saya sudah ke dokter tht dan dokter pnykit dalam katanya kesehatan saya normal, tidak ada gangguan pada lubang tenggorok maupun kotoran yg menpel di lubang telinga serta tidak ada pembengkan getah bning. Katanya kemungkinan itu otot. Lalu apa yg harus saya lakukan karena ini mengganggu srkal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda kemungkinan mengalami temporo mandibular joint dislokasions. Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan foto mandibula baik secara x ray ap atau lateral maupun pemeriksaan panoramic view. jadi coba periksakan kelainan anda ke dokter bedah atau orthopedi. tks

      Hapus
  12. dok apa penyebab klo operasi cabut pen tp masih tinggal 1screw dlm tubuh..tapi kata dokter bilang tdk apa2 screw dlm tulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya...anda baru melakukan operasi dan pembukaan plate and screw . namun terkadang karena terlalu lama atau terlalu keras sehingga drat dari plate atau screw itu jebol atau mengalami patah sehingga tidak dapat di buka . Kami sendiri juga pernah mengalami hal yang sama di mana plate mengalami patah sehingga harus di tinggal di dalam tulang . Selama tidak ada infeksi keberadaan sisa screw tersebut tidak akan berpengaruh . dan akan di tutupi oleh tulang-tulang yang baru. tks

      Hapus
  13. Malem dok,nama saya Widodo laki-laki umur 44 tahun tinggal di surakarta, setelah mri cervical kata dokter bantalan tulang leher saya benjol atau mecotot keluar menekan saraf penyempitan mulai c3-c4, c4-c5,c5-c6 dan c6-c7. penekanan saraf ada di c5-c6, c6-c7, katanya mau di operasi 8 mei 2015 dengan cara dibuang satu ruas dan bantalan atas bawah yang mecotot itu untuk membebaskan penjepitan atau penekanan saraf, di sambung dengan mengambil tulang panggul terus di gif, bgitu dok. yang ingin saya tanyakan pertama apakah resiko/efeksamping/pengaruhnya yang terjadi pada leher saya nantinya, begitu juga efek/pengaruhnya pada tulang panggul saya yang telah diambil tadi. dan kedua apakah ada cara lain yang lebih baik dari cara opersi tersebut diatas menurut dokter serta berapa lama proses penyembuahannya?terimakasih sebelumya atas jawaban dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam ya mas widodo ..,gimana kabar surakarta ? semoga baik-baik saja ya.anda mengalami kelainan pada daerah leher atau cervical yang menekan ramus atau cabang-cabang yang keluar . Jika anda telah mengalami gangguan yang sangat mengganggu maka pilihan operasi adalah pilihan yang tidak dapat di hindari . Bicara masalah nervus atau spinal khususnya di daerah servical adalah sesuati yang sangat sensitif karena itu adalah pangkal dari seluruh aliran syaraf ke anggota tubuh . seorang ahli bedah tulang belakang atau spinal surgery maka operasi di daerah ini adalah resiko yang paling berat dengan efek samping yang paling tidak di inginkan . Namun seiring dengan kemajuan technik dan pengalaman ilmu kedokteran khususnya ilmu bedah maka segala macam resiko operasi bisa di minimalisir atau di kurangi. Segala sesuatu bisa terjadi akibat dari pembedahan so ... kita berserah diri kepada yg di atas sana.

      mengenai tulang yang di ambil dari tulang panggul itu namanya bone graft dan sering di lakukan , kalo ini berdasarkan pengalaman di lapangan tidak terlalu beresiko terhadap hal-hal yang tidak di inginkan kecuali masalah infeksi...

      Hapus
  14. Siang dok, saya pernah mengalami kecelakaan akhir Oktober tahun 2013 lalu, rahang bawah saya kanan dan kiri sama-sama patah, dioperasi dipasang implant dan screw, bibir bawah saya juga mati rasa atau kena di sarafnya, posisi bibir bawah juga miring ke kanan setelah operasi, mungkin karena jahitannya tidak sama.
    Apakah masih bisa dibuka implant dan screw tersebut karena saat ini sudah 1 tahun lebih 4 bulan dari operasi pemasangan tersebut ?
    dan jika dibiarkan apakah ada efek samping yang serius nantinya setelah bertahun-tahun di tubuh kita?
    Mohon sarannya dok.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda sudah di pasang plate dan screw lebih satu tahun jika usia anda masih muda dan luka tempat operasi tidak mengalami infeksi maka plate tersebut mestinya sudah bisa di buka namun sebelumnya dibuat foto mandibula dulu untuk melihat peyembuhan secara radiologis tks

      Hapus
  15. Assalamualaikum dok, ibu sy mengalami pendarahan di bagian otak sehingga harus melakukan tindakan oprasi kraniektomi dekompresi, dan sekitar 3 bulan lagi akan melakukan kranipoplasty/pemasangan kembali tulang dengan dibantu menggunakan titanium dikepala beliau. Yang ingin sy tanyakan apakah bahan titanium mash itu memiliki kekurangan?
    Dan apakah jika titanium itu letaknya ditempurung kepala harus dilepas juga jika sudah setahun atau lebih?
    Mohon bantuannya dok, Terima kasih. Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. wass wr wb selamat sore dan salam kenal ya..titanium adalah bahan protese di dalam tubuh yg cukup sering di gunakan saat ini dengan kelebihan ringan , kuat dan jarang menimbulkan reaksi allergy..selain di kepala bahan ini juga saat ini menjadi pilihan ahli bedah orthopedi di tulang dan sering tidak di lepas ..tks

      Hapus
  16. Malam dokter...saya mau tanya dokter..saya pernah angkat pen di tulang clavicula saya dok...saya pikir pen Nya sudah terangkat jadi ga pernah cek lagi... jadi waktu itu saya pernah sakit batuk lebih dari seminggu karena kwatir saya pun memutuskan untuk rontgen setelah itu saya liat hasil nya saya kaget ada seperti scrub plat yg masih nempel
    Pertanyaan nya bagaimana sebaiknya dok apakah saya tanya kan ke dokter nya langsung apakah yg keliatan dihasil rontgen itu scrub yang tertinggal atau gimana dok
    Dan apakah kalau bener itu tertingg saya harus bayar lagi untuk biaya operasinya? Karena sekali operasi menghabiskan biaya 15 juta an dokter
    Mohon penjelasannya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya rafi...kami kurang mengerti yg anda maksud scrub plate apa maksudnya screw atau mur pemegang plate...jika memang ada mur itu bisa ditinggal karena banyak hal spt patah , atau sulit untuk di buka sehingga beresiko merusak tulang clavicula...namun selalu hal ini telah di komunikasikan dokter yg melakukan operasi dengan keluarga atau pasien . tidak ada resiko yg akan membahayakan terhadap tubuh namun sering kurang nyaman bagi pasien . sebaiknya anda tanyakan langsung ke dokter yg melakukan operasi mengenai kejadian yg sebenarnya . tks

      Hapus
  17. Dok, mau nanya.. baru2 ini habis kecelakaan dan sdah operasi pengangkatan Batok kepala sebalah kanan, dan kata dokter sini akan di pasang titanium,. Pertanyaan saya apakah ada efek samping dikepala untuk kedepanya? Apakah tetap bisa beraktifitas seperti biasa? Misalnya menyundul bola dsb., apakah tidak ada efek ngilu kalau dingin? Terima Kasih

    BalasHapus
  18. Saya hendak tanya...tangan saya patah dan dipasang plate..berapa lama saya hendak pakai anduh...baru 10 hari operation...terima kasih

    BalasHapus
  19. Saya hendak tanya...tangan saya patah dan dipasang plate..berapa lama saya hendak pakai anduh...baru 10 hari operation...terima kasih

    BalasHapus
  20. Saya hendak tanya...tangan saya patah dan dipasang plate..berapa lama saya hendak pakai anduh...baru 10 hari operation...terima kasih

    BalasHapus
  21. Dok saya alima ,.,saya dulu prnh pasang plate th 2010 stlh mlhrkn anak prtma,skrg msih blm d ambil,saya spondilitis tb ,pasang plate d tulang belakang,.,.kira" masa pngambilan plate ny kpn y dok,,.saya tkut g bz jalan lagi,.,,

    BalasHapus
  22. Ass,maaf Dok mau tanya apa bedanya pemasangan screw sama pemasangan pen sudah 3minggu suami saya operasi karna kecelakaan kerja d bagian belakang dengkul kebentur plat,,jadi harus d operasi pemasangan screw yang saya mau tanya screw itu apa sama apa harus d keluarkan, menghilangkan rasa nyeri d beri apa y dok?maaf ea dok dokter nya cuma bilang pemasangan sirup gitu aja

    BalasHapus
  23. Doktor. Saya dari malaysia. Nak tanya doktor saya masuk titanium 6 tahun lepas di peha kanan. Sekarang saya umur 24 tahun peha kanan sy bila banyak berjalan selalu sakit. Perlu ke saya buang titanium tu doktor? Kalau saya buang boleh jadi ke kaki saya pendek sebelah? Sekarang saya jalan normal saja.

    BalasHapus
  24. Dok ayah saya menhalami patah tulang sekitar 20 tahun yang lalu, dan sampai sekarang tdk di ambil. Setiap sya anjurkan untuk bedah ulang ambil platnya selalu di tolak dengan alasan platnya hany satu kata dokter tidak masalah. Namun di bekas lukanya dulu sempat ada borok yg membengkak dan bau, sekarang sudh sembuh tp pindah di pergelangan kaki yang satunya, padahal yg di pasang plat hnya kaki satu yg pertama kali ada borok. Apa itu bisa di katakan respon tubuh trhdp benda asing? Lantas knpa borokny berpindah, awalny hany luka kecil lama2 jd besar. Dan luka stelah operasi sudh sembuh, awal mula boroknya hanya luka kecil smpe benhkak, berbau dan skrng jari2 kakinya hanpir tidak memiliki sekat.

    BalasHapus
  25. Tahun 2012 Saya dipasang plat screw stainless steel di lutut bawah kaki kiri. Sejak setahun lalu bagian tubuh kiri mengalami kelemahan termasuk sulit mengendalikan kencing. Apakah ini akibat samping dari implant yg blm diambil itu? Pemeriksaan dokter syaraf CT scan bersih, nah sekarang disuruh MRI cervical, tapi katanya risko tinggi kalau ada logam. Apakah stainless di kaki terpengaruh saat MRI cervical dan tidak aman? Kalau hrs diangkat dulu berapa lama penulihannya?

    BalasHapus
  26. assalamu alaikum dok. saya mau tanya,
    sebelum itu izinkan saya bercerita dulu.....
    sudah 3 bulan terakhir ini bapak saya menderita tbc ,keluhannya adalah sesak nafas, batuk, sakit di punggung dan dada sama yang lebih parah lagi sekarang bapak saya sudah gk bisa jalan(lumpuh). bapak saya sudah melakukan pengobatan secara rutin,tapi hasilnya tidak sedikitpun dapat di rasakan. setiap malam bapak saya mengerang ngerang kesakitan seperti orang sekarat, selama ini saya sudah sering sekali mondar mandir rumah sakit tapi alhasil itupun gk ada artinya,

    setelah saya banyak bertanya ke sana ke sini ada se orang dokter yg menyarankan untuk mri. dan hasilnya ternyata bapak saya fositip terkena tb tulang belakang, dokter tersebut menyarankan operasi, tapi saya bingung, jujur saja saya terhalang masalah biaya,,, saya hanya orang kecil ..apa yg bisa saya lakukan.?
    saya mempunyai bpjs kelas 3...
    yg saya mau tanyakan adalah apa bpjs ini bisa menutupi seluruh biaya operasi bapak saya?....
    kalau ternyata tidak...
    maka berapa biaya yg harus saya bayar?
    solusi terbaiknya seperti apa?

    BalasHapus
  27. Slmt mlm dok,,saya nana usia saya skrg 29 thn.saat saya kelas 2 smp saya terkena tumor rahang n akhrnya rahang bawah saya hrs dipotong dan dignti dgn platina,,namun bsa diblg operasi itu gagal krn platina itu mkin lama mkin lepas dr daging dan kelihatan,,bahkan seperti berkarat,,
    Saya mau tanya bahaya kah ini dok?
    Trima ksh,,,

    BalasHapus
  28. Slmt mlm dok,,,
    Perkenalkan saya nana usia saya skrg 29 th,,saat saya kelas 2 Smp,saya terkena tumor rahang dan menghruskan saya utk menjalani operasi pengangkatan rahang bawh dan dignti dgn platina,,
    Namun dgn berjalan nya wktu,platina itu justru lepas dr daging sehingga timbul dan klhtan bhkan sampai berkarat,,
    Saya mau bertnya dok apa kh platina itu hrs dignti dan bahaya kah utk saya?
    Trima ksh dok

    BalasHapus
  29. Selamat sore dok... Maaf menganggu, saya kecelakaan pada tahun 2008 dan patah di lengan kiri atas sehingga dipasang platina, hingga sekarang belum saya lepas karna belum ada dana.. Sekrang jadi sering sangat linu... Kira2 bahaya gak ya dok.. Saya masih nabung buat operasinya... Mgkin dalam waktu yg masih lama. Thanks Ika

    BalasHapus

leave a comment please..