Sabtu, 26 November 2011

penanganan fracture clavicula sering telat

Patah tulang clavikula baik kiri atau kanan merupakan kasus yang jamak di jumpai pada kecelakaan lalu lintas . Pada frakture tulang clavicula paling sering di jumpai adalah frakture tertutup di bandingkan fracture terbuka.Karena tertutupnya inilah maka sering penderita merasa tidak perlu untuk membawa ke rumah sakit segera.


Masih baik nasibnya jika fraktur clavicula tersebut tidak bergeser sehingga penyembuhannya akan memberikan hasil yang baik tampa dilakukan reposis terbuka.Nah untuk kasus yang seperti ini hanya diperlukan hanging atau menggantung tangan yang fraktur dengan menggunakan mitella atau pakai elastic verban guna membentuk figure angka 8 di belakang.

Ini jika penderita duduk atau berdiri.Bila penderita berbaring sebaiknya di gunakan ganjal inter scapular pillow atau bantal di antara 2 tulang scapula atau tulang bahu belakang di buat memanjang sepanjang tulang vertebra atau tulang belakang.Sehingga pada waktu tidur dadapenderita akan membusung seperti jagoan alias parjago-jagoan.

Tujuannya supaya tidak terjadi pemendekan dari tulang clavicula dan posisi lebih mendekati posisi anatomis

Namun dilapangan kejadiannya berwujud lain.sering penderita datang ke poliklinik spesialis bedah setelah penderita mengalami fraktur clavicula diatas seminggu sehingga menyulitkan penanganan . Setelah mendapat perawatan dari dukun atau tradisional medicine . Dan penderita belum merasa mengalami perbaikan seperti sulit mengangkat tangan , nyeri yang masih terasa hebat , atau tangan sulit di gerakkan  barulah penderita merasa perlu untuk konsultasi ke dokter bedah atau orthopedi.

Datang ke poliklinik bedah juga terkadang hanya minta di buatkan foto x ray terlebih dahulu untuk memastikan apakah janji-janji dukunnya yang sering menyatakan sudah baik posisinya setelah di massage memberikan gambaran alignment alias kesegarisan yang baik wallahuallam.Terkadang seorang dukun kerap menganjurkan pasien untuk ke poliklinik bedah atau ugd hanya untuk minta dibuatkan foto rontgen.

Apabila telah di jumpai adanya gambaran suatu fraktur yang mengalami super posisi atau pemendekan atau fragmen fraktur bergeser maka setelah di jelaskan dan diterangkan rencana tindakan medis terhadap penderita.Umumnya penderita akan minta waktu berembuk terlebih dahulu dengan keluarga atau dengan dukunnya untuk kesediaan dilakukan operasi.

Sebagai gambaran secara garis besar penanganan penderita :
1. Jika fraktur tertutup dengan tanpaatau minimal pergeseran dapat dilakukan konservatif dengan 8 figure bandage
2.Jika Fraktur terbuka dengan bone ekpose tanpa atau minim pergeseran , sebaiknya dilakukan pencucian luka dan membuang jaringan mati dan kotor sebab jika tidak di bersihkan potensi untuk menjadi infeksi tulang atau osteomyelitis adalah sangat besar .Kemudian terhadap tulangnya  dilakukan fiksasi untuk mempertahankan posisinya.
3. jika fraktur tertutup atau terbuka yang mengalami pergeseran maka pilihan terbaik adalah operasi reposisi seanatomis mungkin dan fiksasi untuk mempertahankan posisi yang telah di reposisi tadi yaitu dengang Plate dan dengan kawat K-wire 2 mm.keuntungan menggunakan plate tentu lebih kuat dan lebih rapi hasil akhirnya. Namun kerugiannya adalah harus di lakukan operasi membuka platenya kembali setelah  6 bulan atau 1 tahun kemudian sesuai kondisi.Sedangkan jika menggunakan kawat K-wire kita cukup menarik ujungnya setelah penyatuan tulangnya baik.Untuk tindakan ini hanya di perlukan dengan pembiusan lokal.VIDEO YOUTUBE OPERASI CLAVICULA FRAKTUR KU


67 komentar:

  1. Dok, anak saya (2y) mengalami fraktur klavikula. Tdk terpisah dan tdk terbuka. Skrg memakai figure 8 sudah 2 minggu. Saya msh bisa merasakan tonjolan tulang bila diraba. Akankah teetap seeperti itu, atau lama2 akan membaik (tdk terlalu menonjol lagi)? Terima kasih

    BalasHapus
  2. selamat malam bapak atau ibu , jika pada foto posisi patahannya tidak bergeser dan tertutup tidak perlu di operasi atau di pasang plate.pada anak usia 2 tahun dalam waktu 2 minggu ini sudah terbentuk tulang muda dan mulai mengeras.Tonjolan itu termasuk proses pembentukan tulang muda atau di sebut kalus.jika mulai fase pembentukan atau remodelling maka tonjolan itu akan berkurang biasanya 1-2 bulan.X figure bandage dapat saja di lakukan dng tujuan ujung patahan bisa menyatu secara proporsional.mohon jangan di urut atau di tekan daerah tonjolan nanti akan menyulitkan penyembuhan tulang tq.

    BalasHapus
  3. dok sy umur 25 thn fr clavicula dan sudah di lakukan operasi 1 bln.untuk pemulihan pasca operasi tindakan ato gerakan yg harus sy latih seperti apa dok...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya dani , jika telah dilakukan operasi itu sudah baik apalagi jika fragmen patahannya sangat jauh bergeser , tentu resiko nyeri dan potensi luka karena tertusuk oleh ujung tulang yang tajam sudah lebih aman.sekarang tinggal pemulihan dan fisiotherapy.o ya saya belum tahu apa operasinya di pasang plate dan screw atau do pasang kawat saja? Upaya pemulihan adalah mengupayakan menagangkat tangan keatas secara perlahan-lahan , jika sulit dan masih sakit , coba tangan yang baru di operasi di gerakkan keatas dengan perlahan-lahan dan terus dinaikkan ke atas sampai maksimal atau paling tinggi.jika itu sudah dilakukan tidak sakit lagi maka boleh dilakukan gerakkan-gerakan lagi.tq

      Hapus
  4. dok, saya sudah pasang pen di clavicula sebelah kiri selama 13 tahun tapi ingin saya lepas sekarang...apakah masih bisa dok...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang putra dan salam kenal , Plate dan screw yang di pasang ada dua macam bahannya yang pertama adalah stainless steel ini sebaiknya di buka biasa nya kekuatan tulang sudah cukup kuat atau mature dalam 1 tahun apalagi pada penderita usia muda.Kalau 13 tahun ya sebaiknya di buka aja pasti masih bisa . Kesulitannya justru pada dokter bedah yang mengerjakannya karena terkadang jk terlalu lama plate dan screw akan tertutup oleh tulang yg baru sehingga saat membuka perlu di angkat dulu tulang penutupnya baru di putar screwnya.

      plate lainnya adalah jenis titanium lebih ringan dan lebih save inipun masih di anjurkan untuk di buka.Sebab metal atau logam yang terlalu lama di dalam tubuh dapat juga terserap sedikit-sedikit di pembuluh darah dan tentunya tidak baik untuk tubuh. semoga operasinya jadi berjalan lancar tks.

      Hapus
  5. Dok, selamat siang, saya Asni, 21 tahun, saya mengalami fraktur clavicula pada bagian kiri, dan saya baru saja di operasi 5 hari yang lalu, dari hasil rontgen setelah operasi nampak ada seperti 4 baut yang berdiri tegak di sekitar fraktur clavicula saya, orang tua saya selalu memaksakan saya untuk memakai gendongan tangan dengan alasan supaya posisi tulang yang baru di operasi tidak menurun atau cenderung menjadi miring dan bisa kembali normal, tetapi dengan selalu menggendong tangan saya, lengan kiri saya merasa kebas dan kesemutan, dan saya tidur juga tidak dialas bantal pada bagian tulang bahu belakang, apakah bisa mempengaruhi pundak saya akan menjadi miring atau dapatkah terjadi pemendekan clavicula bila tidak menggunakan gendongan tangan tersebut? Trim's..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal asni , maaf saya terlambat membalas pertanyaan nya ... Patah tulang klafikula yang telah di operasi yang telah di operasi plate dan screw dengan hasil yang baik tidak ada nyeri lagi atau nyeri yang telah berkurang .Jika tidak ada masalah lain jika telah operasi pasang plate tersebut sedah bisa di latih dan di gerakkan kesamping dan keatas jika sudah bisa tentunya tidak perlu di gantung atau di gendong lagi. hanya saja tentu juga belum bisa di lakukan aktifitas biasa dengan beban atau aktifitas yang berat. karena penyatuan tulang baru akan kuat setelah 3 bulan pada usia seperti asni. tidur dialas bantal juga tidak perlu lagi karena sudah ada plate yang menahan.dan tidak akan terjadi pemendekan lagi. jadi aktifitas ringan sudah boleh. tks

      Hapus
  6. Sore dok.... Saya sudah 1bulan patah tulang clavicula dan sudah bisa mengangkat lengan saya.. Tapi ada tonjolan di daerah yg patah? Apakah itu akan hilang?

    BalasHapus
  7. selamat malam dan salam kenal ya andrie , maaf saya baru jawab sekarang ... pada patah tulang clavicula usia muda dan telah 1 bulan biasanya patahannya sudah cukup kuat pada anak malah dalam waktu dua minggu penyatuan tulang sudah bisa terjadi..tonjolan yang terjadi jika patahan tulang berdempet dan melengket...jika terjadi overlapping maka tonjolan itu dapat berkurang tapi sedikit.

    Kalau tangan sudah bisa diangkat berarti penyatuan tulang sudah cukup kuat dan tidak bisa di ganggu lagi. benjolan untuk hilang mungkin tidak tapi sedikit berkurang bisa saja terjadi karena tulang yang menyatu dengan posisi overlapping akan sedikit melandai hasil akhirnya. tks

    BalasHapus
  8. dok saya juga sudah pasang pen di clavicla kanan yg patah>>
    kapan ya saya bisa bawa motor lagi?
    apa bawa motor itu termasuk aktivitas berat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas eko...telah di pasang plate pada tulang clavicula jika telah lebih tiga bulan tentu sudah bisa beraktifitas terutama jika sudah tidak nyeri...mengendarai sepeda motor sebaiknya setelah 3 bulan dan bebas nyeri seperti ini..termasuk berat jika jalannya berlobang dan tentu resiko jatuh dan tabrakan lebih mengancam demikian tks.

      Hapus
  9. dokter ramzis yg terhormat saya baru saja oprasi clavicula kiri pasang plate dan srew karena tulang remuk jadi tiga bagian sudah satu bln yg lalu dan control di x-ray blm nyambung oleh dokter disuruh gendong lagi satu bln lagi tapi bahu jadi nyeri saya coba pakai perban figur angka8 bahu tidak nyeri. saat ini tangan saya angkat ke atas juga sdh tidak sakit gimana kalau tidak digendong dok. dan saya mohon saran supaya cepat nyambung patahannya terimakasih dari sarkowi,usia 43 th jepara

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas sarkowi..maaf atas keterlambatan menjawab pertanyaannya. Patah tulang clavicula menjadi tiga bagian tentu lebih sulit dari pada patah simple dengan satu garis patahan..trauma yang terjadi juga lebih hebat..jadi pilihan pemasangan plat termasuk choice yg baik.sebenarnya jika telah di pasang plate harus lebih dini di mobilisasi jadi jangan di gantung lagi atau x figure apalgi sampai satu bulan..anjuran saya tangan bapak sudah bisa di gerakkan ringan tentu tanpa beban.

      penyembuhan tulang sempurna sekitar 6 bulan sampai satu tahun pada orang dewasa . sehingga jika masih 1 bulan mungkin masih akan terasa nyeri dan rasa sakit ini akan semakin berkurang seiring bertambahnya waktu..amin..tks

      Hapus
  10. malam dok, usia sy 26 th, sdh hari ke 9 sejak sy kecelakaan dan patah pd clacicula kiri sy, dr hasil rotngen dan keterangan dokter kasus sprt sy tdk perlu operasi, krn menurut dokter posisi tulang tdk terpisah..hanya perlu digantung/digendong agar posisi tulang tdk turun/bergeser selama 3 mggu pertama dan akan di lihat kembali setelah 3 mggu tersebut..

    sy tdk meragukan analisa dan saran dokter yg menangani sy, tp yg sy ingin tanyakan, butuh wkt brp lama smpai tulang tersebut cukup kuat utk aktivitas ringan sampai berat?
    utk skrg ini blm ad keluhan berarti tp sy merasakan nyeri jk bgn tdr tp kemudian sprt biasa kmbl dan terasa seperti ad yg mengganjal jk sy bergerak..

    mohon penjelsannya dok...terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas anggo has .. patah tulang clavikula masih terasa nyeri setelah perawatan konservatif selama tiga minggu .. berdasarkan beberapa pasien kami memang waktu tiga minggu masih akan terasa nyer terutama jika tangan di angkat atau di jadikan tumpuan.untuk bisa sembuh baik dan tidak nyeri pada tulang orang dewasa biasanya setelah 3 bulan dengan rasa nyeri yang makin berkurang seiring waktu. jika tidak bergeser mudah-mudahan patahnya akan sembuh kembali. tks

      Hapus
  11. saya mengalami patah tulang lengan kanan dan sudah di gips dan setelah 3 bulan tulan tsb ternyata tidak menyatu dan tangan saya tampak mengecil apa masi bisa di oprasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. seelamat malam ya ..patah tulang lengan atas permasalahan lebih kompleks pasang gips dan di gantung tentu bukan penanganan terbaik . jika belum menyatu sebaiknya dilakukan operasi pemasangan plate humerus . sehingga anda bisa beraktifitas untuk menggerakkan lengan kanan lebih cepat. Sebab otot - otot lengan anda akan makin mengecil jika tidak di gerakkan. Dan berapa lama lagi akan menunggu penyatuan tulang tsb ? apalagi permasalahan syaraf yg bisa mengalami cedera pada daerah tersebut ..tks

      Hapus
  12. minal aidin dok..
    Saya edo patah tulang lengan kiri dan sudah di gips dan mungkin karena pertumbuhan tulang belum total kini patah kembali..
    Apakah saya masih bisa oprasi meski sudah 4bln telat
    Tks

    BalasHapus
  13. Malam dok, sy surya, 31 thn, sudah 1 bulan mengalami patah tulang clavicula tertutup sebelah kanan. Saya dibawa teman saya ke Perobatan alternatif patah tulang. Yang ingin saya tanyakan,
    1.untuk tulang tersebut apakah tidak apa-apa kalau tidak operasi?
    2. dan apabila tidak dioperasi berapa lama proses penyatuan tulang tersebut?
    Terimakasih dok sebelumnya

    BalasHapus
  14. Malam dok, sy surya, 31 thn, sudah 1 bulan mengalami patah tulang clavicula tertutup sebelah kanan. Saya dibawa teman saya ke Perobatan alternatif patah tulang. Yang ingin saya tanyakan,
    1.untuk tulang tersebut apakah tidak apa-apa kalau tidak operasi?
    2. dan apabila tidak dioperasi berapa lama proses penyatuan tulang tersebut?
    Terimakasih dok sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. slamat malam dan salam kenal ya mas surya .. patah pada tulang klavicula jika tidak bergeser ekstrim dan tidak mengalami patah yg multiple atau patah lebih dari 2 atau patah yang hancur dan berkeping seperti gambar-gambar yang lain yang saya tampilkan pada salah satu postingan saya pada media blog ini sebenarnya tidak masalah jika dilakukan perawatan konservatif asalkan bisa di jaga untuk tidak beraktifitas berat dan mengangkat beban yg berat.

      Namun jika di jumpai adanya adanya patah yg bergeser ekstrim , lebih dari satu atau hancur seperti ket diatas maka pilihan operasi adalah yg terbaik .

      Operasi atau tidak di operasi patah pada tulang klafikula jika tidak ada infeksi akan mengalami penyembuhan seperti penyembuhan tulang pada umumnya yaitu sekitar 3 - 6 bulan tks

      Hapus
  15. selamat malam dok.. saya sudah 2 minggu menjalani operasi pemasangan pen pada tulang clavicula kanan saya.. saya sudah perlahan2 menggerakkan tangan kanan saya dan mengangkatnya,, tetapi terkadang saya merasakan tulang yang dipasang pen serasa mengencang dan ingin keluar rasanya terus saya juga merasakan dada saya seperti tertekan2 oeh tulang tersebut.. apaagi jika saya sedang berjalan dan tidur seperti mengencang rasanya sekitar tulang yang terpasang pen..
    apakah rasa yang saya rasakan memang normal dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal mas juna ..anda sudah dua minggu menjalani operasi pemasangan pen pada tulang klavikula kanan saya masih ragu tentang pen maksud anda apakah dipasang plate kecil dengan screwnya atau di pasang kawat baja didalam tulang ?.Memang tahap awal terasa nyeri spt mau copot apalagi jika tangan diangkat keatas.Tapi jika tidak ada perobahan bentuk dan posisi tulang maka anda tidak perlu khawatir dengan tulang yg patah. memang nyeri pada daerah dada agak lama hilangnya bisa karena nyeri akibat bernafas dimana tekanan saat udara masuk menyebabkan otot dada dan tulang teregang.

      Jika anda ragu dengan kondisi post operasi dapat anda minta kembali foto dada dan klavicula ulang sebagai kontrol. tks

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat siang ya riantika ...anda sudah menjalani operasi pemasangan plate clavicula setelah mengalami patah...berdasarkan pengalaman saya jika sudah di pasang plate justru harus sudah mulai dilakukan gerakan aktif . memang agak nyeri tapi sudah harus digerakkan . Hanya saja hindari mengangkat beban yang berat untuk sementara waktu atau gerakan yang terlalu keras atau kuat seperti memukul dll. semoga ini membantu tks.

      Hapus
  17. Pagi dok, saya icha 18 thn. Saya mengalami fraktur clavicula kanan dansudah dioperasi 3 minggu yg lalu dan di pasang plate and screw. Knp otot pundak saya rasanya nyeri sekali yaa dok kadang2 pergelangan bahu dan sekitar daerah yg patah terasa nyeri. Apa itu wajar dok? Mohon dijawab ya dok
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat sore icha dan salam kenal ya mohon maaf baru balas sekarang ...anda mengalami patah tulang klavikula 3 mgg yg lalu dan telah di operasi pemasangan plate dan screw namun otot bahu masih terasa nyeri sekali . Biasanya jika patahan tulang sudah di reposisi ke keadaan anatomi nyeri akan semakin berkurang . tapi itu tentu terpulang kembali ke posisi saat sebelum di lakukan operasi apakah cedera otot atau jar sekitarnya berat. namun secara umum nyeri yang timbul akan semakin berkurang. masa tiga minggu mungkin masih akan anda rasakan adanya nyeri tersebut . terutama jika di gerakkan . Nyeri yg paling hebat akan anda rasakan jika mengangkat tangan atau lengan ke atas. jika setelah 1 bulan nyeri yg anda rasakan semakin menghebat mungkin anda perlu kembali kontrol ke dokter bedahnya , mungkin ada suatu infeksi dan lainnya yg tidak di ketahui. coba pastikan kondisi tulang klavikula anda setelah operasi di foto kontrol untuk melihat hasil dari operasi. tks.

      Hapus
  18. Permisi dokter
    Nama saya Adi Pabeta
    Saya pria 25th
    Saya fraktur clavicula kiri, kejadian-nya 10 desember 2013

    Saya sudah ke poli orthopedi rs umum setempat
    Saya disuruh pulang dan cukup menggunakan armsling katanya
    Lalu saya bilang bahu saya memendek, dokternya menjawab itu hanya perasaan saya saja
    Saya tidak bisa lagi bertanya lebih mengenai bahu saya yang memendak karna dokternya bilang itu hanya perasaan saya saja

    Lalu saya pergi ke pusat informasi dan bertanya apa kah ada dokter lain
    Katanya untuk bertemu dr senior tanya dulu ke dokter yang tadi
    Saya tidak kembali, saya takut dokter tadi tersinggung, jadi saya putuskan pulang dulu untuk berpikir
    Juga karna bahu saya sudah lelah sekali
    Biasanya perlu berbaring biar enakan

    Jika tangan saya gantung biasa akan terlihat ujung tulang patahan bawah menonjol ke atas
    Jadi saya menahan posisi pundak agar ujung patahan tulang tidak menonjol

    Bahu kiri saya memendek dokter
    Itu bukan cuma perasaan saya saja
    Saya bercermin setiap hari
    Apa hanya operasi yang bisa membuat bahu saya kembali normal
    Apakah tulang yang memendek karna patah bisa dilatih setelah sembuh agar bisa kembali normal
    Dan bagaimana latihan-nya untuk tulang selangka dokter

    Terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya mas adi ... anda mengaalami patah pada tulang clafikula , sudah konsultasi namun anjuran hanya arm sling . Patah tulang clafikula jika hancur atau memendek atau menonjol sebaiknya dilakukan operasi untuk mempertahankan posisi dan mempercepat proses perbaikan . sebaiknya anda konsultasi ke ahli bedah atau ahli bedah tulang terdekat..dimana anda berdomisili ? apakah andadapat mengangkat lengan ke atas ? untuk patah tulang klafikula jika stabil bisa dengan arm sling tapi jika bergerak dan menusuk keatas sebaiknya dilakukan fiksasi dengan wire atau pasang plate dan screw. jika dokter di kota anda tidak mau memberi pengantar mungkin anda harus konsultasi ke dokter di propinsi atau ke jakarta tks..

      Hapus
  19. ass, saya wendra 33 tahun
    kurang lebih satu tahun yang lalu saya patah clavicula kiri tertutup, dan saya hanya di ransel aja sebulan setelah di ransel saya uda bisa bergerak seperti biasa walau ada rasa sedikit nyeri. di ronsen pada saat itu terlihat tulang clavicula nyambungnya bertindihan.
    pada hari ini 13 jan 2014 saya melakukan suatu aktivitas( mendorong dengan kuat dengan tangan kiri ) tiba2 terasa nyeri pada tulang clavicula kiri saya, saya ronsen sambungan tulang clavicula saya yang patah kurang lebih 1 tahun yang lalu merenggang kurang lebih 2 mm.
    sekarang saya di ransel kembali, apakah tulang saya akan nyambung lg, atau solusi terbaik bagi saya apa ya dok,
    sebelum n sesudahnya terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya mas wendra...anda mengalami patah tulang clavikula dan telah dipasang x figure bandage atau balutan ransel sejak 1 tahun yang lalu . Seyogyanya patah tulang usia 1 tahun yg lalu dengan usia 33 thn telah menyembuh dengan baik. Mungkin akibat benturan tg terlalu kuat dan penyembuhan tulang yang belum sempurna sebagai penyebab patah kembali . dimana anda berobat ??.Jika saya boleh usul dari pada berulang ulang anda pasang plate atau wire dengan perbaikan posisi secara terbuka..

      Hapus
  20. tikno 42 tahun, satu bulan yang lalu mengalami pecah tulang clavikula sblh kiri jadi tiga bagian, hari ini saya baru rontgen, kata dokter tulang sudah menyambung tapi tumpang tindih karena tidak di pen/ dioperasi, hanya memakai ransel saja, dokter juga bilang katanya nggak papa kalau nggak sakit, bagaiman proses selanjutnya apakah saya harus memakai ransel terus, sampai berapa lama?, selanjutnya untuk penyembuhan dan kembali normal saya harus bagaimana, dan kapan saya boleh naik motor dan olah raga bulutangkis, terma kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya mas tikno , anda mengalami patah tulang ckavikula 1 bulan yg lalu fraktur yg lebih dari 2 garis fraktur atau di sebut multiple fraktur.. Telah di lakukan penanganan secara konservatif saja dengan x figure bandage. Nyeri akan berkurang jika telah terjadi penyatuan tulang dan tidak ada pemendekan tentunya. waktunya bervariasi diantara 4 - 6 bulan tergantung usia , status gizi ketertiban dll.

      Jika sudah diatas 6 bulan dapat beraktifitas baik kecuali bila ada pemendekan dari tulang maka tentu bahu tidak seimbang dan nyeri serta gangguan pergerakan yg cukup lama. jika di gerakkan tidak sakit dan lengan bisa diangkat lurus keatas itu berarti penyatuan tulang cukup baik . Olah raga yang berat tentu sebaiknya anda lakukan diatas 6 bulan dan bebas nyeri saat di gerakkan ke segala arah..tks

      Hapus
  21. Salam kenal dok, saya mengalami accident saat melakukan hoby sy dan mengakibatkan lepasny tulang clavicula sebelah kiri dan mnjalani operasi pemasangan kawat.Berapa lama cidera sy akaan pulih dan apakah sy msh bisa melakukan hoby sy yg tergolong ekstrim.tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya echa ...anda mengalami fraktur atau dislokasi ? pada clavikula kir dan telah di operasi berapa lama ya...? karena penyatuan tulang minimal akan kuat dan baik setelah 6 bulan untuk anda bisa beraktifitas secara normal kembali, itupun dengan ketentuan tidak ada gangguan atau masalah dalam penyembuhan seperti infeksi , posisi penyatuan yang salah dll.Mungkin hobby anda tang ekstrim akan terganggu juga nantinya..tks

      Hapus
  22. Dok, selamat mlm, saya mengalami kecelakan dan mendapatkan benturan keras sehingga clavicula kiri saya patah. Setelah operasi,3mgg kmdian kok saya liat bahu kiri saya tinggi sebelah dan pendek dari yg normal. Itu knp pak dokter? Wajar atau tdk thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam ya dan salam kenal , anda mengalami patah tulang klafikula kiri dan telah di operasi 3 mgg yang lalu...operasi apa yang yg telah dilakukan ? apakah dibersihkan saja , dipasang plate and screw atau di pasang k wire ? ini perlu kami ketahui karena kalau tidak di fiksasi dengan plate atau wire jelas hasilnya akan tetap tidak stabil dan kembali bergeser..jadi jika masih bergeser dan operasi telah di pasang plate atau k wire tentu ada bergerak atau lepas dan perlu di lakukan kontrol misalnya dengan membuat foto rontgen ulang dll tks

      Hapus
  23. halo dok, usia sy 32 tahun, saya sudah terpasang pen di klafikula sebelah kanan sejak 7 tahun lalu, kalau hasil ronsen diketahui di klafikula kanan sudah baik kedudukannya dan tidak terdapat lagi garis fraktur, cuman kalau saya liat posisi nya agak miring sedikit (kurang sempurna) , apakah hal ini wajar dok ? kalau memang tidak masalah, dalam waktu dekat saya akan lepas pen. sekian dan mohon pencerahannya , terimakasih. salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya anda telah terpasang plate di clavikula kanan selama 7 tahun dan itu adalah waktu yang cukup lama mestinya tidak selama itu..kecuali jika ada masalah dengan patahan yang ...posisi yang tidak begitu miring dan tanpa adanya keluhan tentu tidak ada masalah...dan tidak perlu dilakukan tindakan operasi untuk memperrbaikinya...jika tidak ada keluhan sebaiknya plate yang terpasang tersebut sudah bisa di lepas...tks..

      Hapus
  24. Selamat malam dok, saya ica 21th. Saya dulu pernah patah dok 4 tahun lalu kemudian dipasang pen, baru di buka 2 tahun lalu. Tulang yang dulu pernah patah akhr bulan agustus retak lagi dan hampir patah tapi masih ada sambungannya ternyata dok karna saya di bonceng terjatuh tetapi bahu kanan yang menahan padahal dok. Sakitnya ga terlalu sakit seperti dulu patah. Cuman memang terasa sakit. Saya datangi dua kali rs. Yg pertama tidak perlu oprasi melihat kondisi saya yang ketakutan tp mereka hanya memberikan saran di gendong. Rs yang ke dua memberi saran di oprasi atau memakai penyangga ransel itu dok. Saya sedih dok karna harus menahan sakit lagi tersiksa lagi.

    Yang sayang ingin tanyakan :
    1. Berapa lama proses penyembuhan jika pake penyangga ini? Tulang akan kuat berapa lama jika masalahnya pernah patah dua kali dok? Apa kah satu bulan boleh di lepas penyangga ini?
    2. Kalau oprasi dua kali ada kah efek lain yang tidak baik? Karna 4kali bedah di tmpat yang sama.
    3. Susu merk apa dan buah apa yang berkalsium tinggi dok.

    Terima kasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya ica serta maaf atas keterlambatan kami untuk merespon pertanyaan anda..anda pernah mengalami patah tulang klavikula sembuh dan saat ini patah lagi namun tidak bergeser atau mungkin hanya mengalami retak.
      kami sepakat dengan dokter yang menangani anda jika patahan anda yg tidak geser cukup di rawat secara konservatif dengan di gantung atau di pasang x figure bandage.

      penyembuhan untuk orang seusia anda akan terjadi cukup cepat mungkin dalam 2 - 3 bulan telah terjadi penguatan tulang. 1 bulan kecepatan untuk orang seusia anda namun pada anak 2 usia 5 tahun 2 minggu sudah cukup kuat.

      operasi dua kali tidak ada masalah dan tulang akan mengalami penyembuhan sempurna tanpa bekas jika posisi saat menyatu benar hal ini akan berbeda dengan kulit yang luka jika sembuh akan tetap meninggalkan bekas.

      Boleh saja anda mengkonsumsi susu berkalsium dari berbagai merek namun jika anda makan cukup variatif dan ada sayur , daging dan buah kami rasa sudah cukup untuk kebutuhan harian tubuh anda.. tks

      Hapus
  25. Salam kenal juga dokter. Dokter saya ingin bertanya lagi mohon maaf. Berarti untuk satu bulan ini belum boleh di lepas ya penyangga ini? Memang waktu yang pas untuk tulang agak kembali pulih 2-3 bln saya baca di internet. Tp dokter saya ga kuat sebenernya pake penyangga ini, kulit ketiak saya terkelupas sampai lapisan putihnya terlihat perih sekali dokter. Td nya mau di ganjal perban tp takut nempel ke luka sehingga saya kasih handsaplas setiap hari ganti. Tp di tangan sebelah kanan. Kalau yang patahan ga berani dokter. Apa kah harus tetap di pakai? Atau nanti sewaktu sudah sebulan ketika di ronsen sudah mulai menyatu di lepas tidak apa2 kah dokter? Kenapa ya dokter dr awal mereka tidak memberikan lilitan perban agar mengurangi goresan

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam ya...memang pemakaian hanging tools yang lama membuat aktivitas kurang nyaman dan dapat menimbulkan lecet pada kulit sebenarnya anda boleh saja memasang pelapis yang lembut seperti soft band atau pelapis lembut jenis yang lain . disini terkadang dokter tidak tahu karena mungkin jarang di keluhkan langsung ke pada dokternya , namun jika anda merasa kurang nyaman boleh saja anda beinovasi untuk menggunakannya. Soft band ini adalah bahan lembut pelapis gips antara gips dengan kulit . Namun harus sering di ganti sebab jika kena keringat akan timbul rasa gatal tks

      Hapus
  26. Pagi dok, saya bambang 24 th. Gini dok pas tgl 16 agustus 2014 saya jatuh pas main bola, trus dibawa ke RS dirongsen ternyata tulang clavicula sebelah kiri saya patah. Pada waktu itu hari itu dokternya ga ada dan saya disuruh pulang kerumah trus tgl 18 nya suruh balik ke sana lagi.. dapet saranh dari tetangga suruh ke alternativ aja, saya ikutin dok . Saya pergi ke arlternatif disana cuman di perban trus dikasih obat cina... 3 minggu tak buka perbanya tapi tulangnya njendol. Lalu saya konsultasi kedokter . Dokter bilang tulangnya sudah nyambung. Trus kata dokter kaya gitu udah gpp asal akunya ga risih.. tapi juga disaranin dokter klo benerin bisa tapi harus di operasi dan saya melakukan saran dokter untuk operasi... akhirnya dilakukan operasi pda tgl 19 september 2014 dan dipasang pen +baut 6. Kata dokter tulang saya kemaren udah nyambung trus dipatahin lagi.. sehari setelah operasi saya diperbolehkan pulang, tapi saya tetap harus memakai gendongan selama 3 minggu. Tapi saya ga nyaman dok pake gendongan , gendonganya jarang tak pakai. Klo gendonganya gak dipakai bisa mempengaruhi posisi tulang yg di pen tidak dok ? Trus kira2 berapa lama tulang saya akan nyambung lagi? berapa lama saya boleh mengendarai motor? Mksih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..anda mengalami patah pada tulang clavikula kiri sudah di operasi meski sebelumnya berobat alternatif ke dukun..dan saat dilakukan operasi plate and screw pada clavicula..dan juga karena sudah terjadian penyatuan tulang maka di lakukan refracturasi..Jika patahannya simple dan tidak terasa nyeri boleh saja anda lepas , namun ini di lakukan agar anda tidak menggunakan tangannya secara spontan misalnya anda lupa bahwa kondisi tangan anda belum sehat betul...

      Hapus
  27. Saya hafiz 24th, saya mo tanya 2 minggu yg lalu tulangselaka saya patah dan berobat dgn dukun patah tulang saya merasa tulang saya tidak tersambung sempurna, akhirnya 2hri yg lalu saya pergi kedokter dan benar tulang saya tidak tersambung sempurna, dokter bilang tidak usah operasi karena tulang saya sudah menempel, dokter memberi saya prnyangga seperti angka 8, setelah terpasang akhir2 ini saya sering merasakan adanya suara kretek gituh dibahu saya seakan tulang saya itu bergerak, disaat saya sedikit menggerakkan tangan saya atau disaat saya menarik nafas dalam2, perranyaan saya
    1. Berapa lama kira kira saya sembuh
    2. Bagaimana caranya mengetahui tulang yg sudah menempel atau belum?
    3. Bila tulang saya sering bergerak apakah tulang selangka kiri saya akan sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat siang dan salam kenal ya..anda mengalami patah tulang clafukula atau belikat bukan tulang selaka ...2 mgg tentulah waktu yang belum cukup untuk tulang bisa menyatu apalagi bagi tulang anda yang aktif bergerak juga . Kami tidak tahu pasti bagaimana sevenarnya bentuk patahan tulang belikat anda namun yang pasti jika masih bergerak tentu belum terjadi penyatuan .

      Penyembuhan tulang akan sangat tergantung usia anak balita penyembuhan lebih cepat 3 mgg sampai satu bulan biasanya sudah menyatu namun orang dewasa pembentukan kalus muda baru 1-2 bulan dan patahan akan kuat menyatu diatas 3 bulan bahkan sampai 6 bulan . Sedang usia tua tentu lebih lama lagi tergantung keadaan umum dan nutrisi diet. bisa 6 bulan sampai satu tahun . sedang fiksasi atau kondisi tulang tidak bergerak adalah kunci keberhasilan dalam melakukan peyembuhan tulang pada posisi yang anatomis dan benar ingat posisi menyatu tulam dalam posisi yang tidak benar adalah akan menjadi masalah dan petaka di kemudian hari.

      Untuk mengetahui tulang udah mengalami penyatuan dapat di lakukan dengan klinis misalnya nyeri saat di injakkan di gerakkan sudah tudak terasa dan pada pemeriksaan x ray yang akan di nilai oleh ahli bedah atau radiologisnya,

      Tulang yang tidak terfiksasi dengan baik akan menyebabkan penyembuhan jadi lambat di banding tulang yang terfiksir atau tidak bergerak ..tks

      Hapus
  28. Dok apakah pasca pelepasan PEN di bagian clavicula butuh pemulihan lagi seperti saat pemasangan PEN? Dan apakah jika PEN di lepas, tulang akan kuat seperti sebelum ny dan bisa di gunakan untuk kerja berat lg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..memang benar bahwa pemasangan plate atau screw atau wire yang terbuat dari metal mesti di lepas kembali. dan tulang yang telah menyatu tadi akan mengalami penyembuhan dengan lengkap saat diatas 1 tahun .dan proses ini berjalan secara normal dan alami. jika baru di buka bisa saja timbul adanya keluhan namun ini akan berkurang sesuai dengan adaptasi yang di lakukan tubuh. kerja berat bisa saja di lakukan namun ini sangat tergantung dengan adanya cederangan jaringan lain di sekitar daerah yang mengalami injury seperti , otot , tendon , dll.

      Hapus
  29. Dok, untuk clavicula yg bergeser dan jadi tumpang tindih,sehari setelah di xray, bagaimana kebijakan yg tepat untk pengobatannya? Sya 24thun pria, kalau consevatif, apakah bsa puliha sambing tulangnya?

    BalasHapus
  30. Dok, untuk clavicula yg bergeser dan jadi tumpang tindih,sehari setelah di xray, bagaimana kebijakan yg tepat untk pengobatannya? Sya 24thun pria, kalau consevatif, apakah bsa puliha sambing tulangnya?

    BalasHapus
  31. Dok, untuk clavicula yg bergeser dan jadi tumpang tindih,sehari setelah di xray, bagaimana kebijakan yg tepat untk pengobatannya? Sya 24thun pria, kalau consevatif, apakah bsa puliha sambing tulangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam dan salam kenal ya..saya kurang paham apakah ada patah pada tulang clavicula...atau bergeser pada sendinya...? untuk dapat hasil yang baik jika pergeserannya terlalu ekstrim sebaiknya di pasang wire untuk fiksasi melalui operasi...tks

      Hapus
  32. dok,umur saya 20 th dan 2 minggu yg lalu mengalami kecelakaan smpe patah clavikula,trus dokter yg menangani bilang posisinya baik saja sehingga tdk perlu di oprasi,tapi saya merasa ada benjolan tulang ke atas dokter,apa itu tdk berbahaya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya...apakah sudah di lakukan pembuatan foto clavicula atau foto thorak ...mungkin suatu dislokasi pada sendi atau gambaran superposisi dari tulang yang mengalami fraktur..dimana anda berdomisili ?.tks

      Hapus
  33. dok, jika sudah operasi pemasangan pen tulang lengan dekat pergelangan tangan selama 2 minggu itu pelepasan bandage kpn ? nunggu kontrol lgi atau gmana ?

    BalasHapus
  34. Dokter , saya ingin bertanya
    3 minggu lalu saya oprasi fraktur clavicula sebelah kanan . 2 minggu pasca oprasi keadaanya normal. Beberapa hari kemudian muncul tonjolan di bekas jahitan . pen saya yg bentuk seperti kawat yg dimasukan ke dalam tulangnya. Benjolan ini berada di bagian kawat yg melengkung sbg kait ( dekat dada ) . Ada rasa nyeri sedikit pada benjolan tersebut . Apakah ini normal ? Atau ada kelainan ( pen bergeser / karna ketidak sengajaan bergerak saat tidur ) . Apa harus rontgen dan konsultasi dg dokter ? Teeimakasih

    BalasHapus
  35. Malam Dokter, anak saya laki-laki (5 tahun) jatuh dan mengalami fraktur clavicula sinistra tertutup dan segaris. terapi dari dokter ortopedi hanya dengan menggunakan arm sling dan vitamin calsium. anak saya sangat aktif, bahkan tangan kiri yg sudah terpasang arm sling sering bergerak aktif. yang ingin saya tanyakan apakah ada pengaruh dalam proses penyembuhan tulangnya Dok dengan kondisi gerakan tangan kiri yang aktif menjadi lama proses penyambungan tulangnya? trima kasih Dok
    ""

    BalasHapus
  36. Dokter saya mengalami patah tulang clavikula kanan, dan sdh menjalankan operasi,pasca operasi ada pembengkakan di area ketiak dan sdah dua minggu blm kempes2, dan terjadi pembengkkan di bekas operasi, apakah ini normal dokter?

    BalasHapus
  37. Selamat pagi dok..
    Dok, saya sudah hampir 5 th menggunakan pen di clavicula sebelah kanan. beberapa hari yg lalu di bekas jahitan muncul benjolan merah dan tangan kanan hingga jari-jari terkadang nyeri dan seperti mati rasa. apakah itu termasuk bentuk penolakan tubuh terhadap pen yg saya pakai? tetapi kenapa baru muncul setelah 5 th digunakan? Dan apakah sebaiknya pen segera dilepas?
    Terimakasih atas jawaban yang diberikan

    BalasHapus
  38. Dok, bayi saya umur 6 bln terjatuh dr tempat tdr yg tinggi ny kurang lebih 1m lh, dg posisi kepala dan badan ny yg bawah sebelah kanan, g ad muntah dan lgsg nangis kenceng bgt dok, lalu lgsg saya bawa ke dokter anak, saat itu dokter anak mengatakn gpp, dan hanya beri obat syaraf neurotam, tp bayi rewel..lalu saya bawa ke tukang pijit, plg dr sna bayi nampak nyaman sprt biasa, beberapa hr ke depan saya memandikan bayi dan baru melihat tulang selangka bahu sblh kanan ny menonjol, saya tekan tp bayi ny gpp, lalu saya bawa ke dokter tulang, di rontgen, dokter jg blg gpp, tp saya khawatir dg tulang yg menonjol tsb, Apakah bs kembali sprt semula lg g menonjol? Adakah cara pengobatan tw olahraga bayi yg bs buat tulang yg menonjol kembali ke posisi ny? Apakah bs buat perkembangan bayi saya terganggu? krn sblm bayi jatuh, bayi sdh sgt aktif tengkurep, skrg sdh 2 minggu stlh jatuh, g pernah bayi tengkurep lg, mohon jawaban dokter yg sejelas-jelas ny y dok..krn saya skrg khawatir dg keadaan bayi saya..terima kasih sblm ny dok..

    BalasHapus
  39. Selamat mlm dok., bbrp hari yg lalu tepatnya tgl 9 maret saya mengalami kecelakaan motor dan mengalmi patah tulang pd bahu dpn sblh kiri.
    Saya sedikit heran dgn kejadian patah tulang bahu kiri setelah saya di rongent..,hasil rongent menyatakan bahwa bahu kiri saya patah(tdk sejajar)., tp knp ya saya tidak terlalu merasakan sakit yg berlebih sprti yg di rasakan pd kasus org lain yg patah tulang.,
    Sakit nya cuma terasa nyeri seperti otot dada nya ketarik .
    dgn dasar rasa sakit yg tdk terlalu mengganggu ini yg membuat saya jd ragu utk operasi pemasangan PEN.,
    Mohon saran nya bpk dokter ...
    Apa akibat nya jika tidak di pasang pen..?

    BalasHapus
  40. dok..saya patah tulang selangka sblh kanan.dan sdh di pasang pen atau sejenis plat..krng lbh sdh 2 minggu tp sy merasa ganjil saat tdr.di bagian yg patah saat diraba agak termasuk..tapi kalau saat duduk tlgx rata...kira2 aman ga..buat tulang sy...

    BalasHapus
  41. Dokter, adik saya berusia 14 tahun mengalami fraktur klavikula tertutup dan bergeser saat dilihat di hasil rontgen 5 bulan yg lalu tetapi keluarga menolak untuk operasi, adik saya selalu merasa sakit yg menusuk dan menyebar disekitar klavikula, saya minta penjelasan dan sarannya dok. Terimakasih

    BalasHapus
  42. Dokter, adik saya berusia 14 tahun mengalami fraktur klavikula tertutup dan bergeser saat dilihat di hasil rontgen 5 bulan yg lalu tetapi keluarga menolak untuk operasi, adik saya selalu merasa sakit yg menusuk dan menyebar disekitar klavikula, saya minta penjelasan dan sarannya dok. Terimakasih

    BalasHapus
  43. Dokter, adik saya berusia 14 tahun mengalami fraktur klavikula tertutup dan bergeser saat dilihat di hasil rontgen 5 bulan yg lalu tetapi keluarga menolak untuk operasi, adik saya selalu merasa sakit yg menusuk dan menyebar disekitar klavikula, saya minta penjelasan dan sarannya dok. Terimakasih

    BalasHapus

leave a comment please..