Senin, 14 November 2011

Hemorrhoid Stadium Lanjut Yang Mengganggu

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | hemorrhoid stadium lanjut | Haemorrhoid atau wasir atau ambeien merupakan pelebaran pembuluh vena hemorrhoidalis , pelebaran ini pada awalnya bukanlah suatu keadaan yang patologis . Seiring dengan banyaknya aktifitas dan beban kerja yang meningkat disertai tekanan pekerjaan yang meninggikan adrenalin stress sehingga pembuluh vena semakin mekar - melar dan bertambah

lebar.Aktifitas yang statis semisal duduk didepan komputer untuk jangka waktu yang lama atau berdiri terlalu lama tanpa adanya perobahan posisi sehingga tekanan kearah bawah akan terpusat pada panggul terutama pada daerah anorectal dan perineum .Hal ini secara konsisten akan semakin memperlebar plexus hemorrhoidalis .Faktor gaya hidup dan pola makan juga amat mempengaruhi kemunculan haemorroid ini.Konsumsi diet rendah serat adalah salah satu penyebab datangnya kelainan ini,dimana akibat bab yang sulit akan meninggikan tekanan oleh faktor mengedan ...so pasti tekanan intra abdomen yang meninggi tersebut akan menambah pelebaran pembuluh vena .Maka harus di upayakan bab dapat teratur dan konsistensi feses jangan sampai menjadi keras . bab yang lebih dari 1 hari mesti dihindari dengan menghindari makanan -makanan yang berlemak,berminyak,bermargarine,bersantan,dll.Minumlah air putih sebanyak mungkin dan sesering mungkin.sebab ini adalah termasuk upaya untuk mengurangi pengerasan feses ," feses membatu",feses sekeras karang .

Banyak yang menyalah tafsirkan hemorrhoid dengan tumor ganas di rongga anus ada lagi yang menyatakan usus terbalik , yang lain menyebut usus keluar ini tentu mengundang penilaian beragam tergantung dari sudut mana kita menilai . Begitulah gambaran hemorrhoid stadium 4 alias stadium lanjut dilirik.Begitulah ambeien ya tetap ambeien apalagi stadium lanjut sangat menyiksa duduk tak tenang ,miring kiri salah miring kanan apalagi .Belum lagi pandangan orang disekitar memperhatikan penuh tatapan curiga dan masygul adaapa gerangan dengan fren ini.hehehe.

Menjaga asupan makanan adalah hal penting lain yang perlu anda lakukan apalagi jika anda mempunyai berat badan yang lebih maka diet adalah kata mati untuk menurunkan berat badan anda boleh berkunjung kealamat ini Http://truthaboutabs.com/affiliate-info.html

Foto diatas adalah picture hemorrhoid stadium lanjut . Penderita sudah mengalami keadaan ini selama 10 tahun lebih . Jarang di obati dan dibawa konsultasi ke dokter . Hari-hari benjolan keluar dari anus dan tidak dapat dimasukkan lagi .penderita ini berumur kisaran 45 tahun seorang laki-laki pekerjaan adalah berdagang banyak aktifitas berdiri eheheh kayak saya juga seorang ahli bedah banyak operasi dan banyak berdiri.oya pak polisi juga hati-hati ya kalo lama berdiri disimpang jalan.guru juga lho kalo ngajarnya bersemangat tinggi hingga selalu berdiri dan menulis di papan tulis.awalnya kondisi ini tidakdikeluhkan , dianggap sepele ,rasanya gak mengganggu kok.biar aja dululah namun apa yang terjadi kondili lokal masih bisa di maklumi tapi situsai general keadaan umum telah mulai beraksi , mulai unjuk gigi badan mulai lemas , lunglai ,rada hilang semangat , nafsu makan berkurang , kadang demem meriang , kepala cenot-cenot seperti mutar padahal kagak.dunia seperti kiamat goyang sana goyang sini penglihatan gak jelas kadang seperti dua.Ternyata setelah diperiksa penderita seringmengalami perdarahan kadang sarung memerah seperti wanita datang bulan sebentar duduk lalu celana dan sarung udah basah kemerahan.Saat di cek hb ternyata udah 3 gr % ? bibir sudah pucat - nafas udah cepat > 28 x per menit walah pakpak pie kabare ?

Permukaan pembuluh vena yang melebar umumnya menipis dan gesekan kecil saja udah cukup dah melukai dan membocorkan darah vena yang telah menumpuk . Tekanan waktu duduk dan gesekan permukaan tonjolan hemorrhoid dengan celana atau kain atau tempat duduk so pasti akan menimbulkan perdarahan  merembes  yang berlangsung terus menerus.Apalagi jika penderita sulit bab dan bab keras maka bab tersebut akan melukai dinding pembuluh vena juga sehingga akan menimbulkan perdarahan berikutnya.nah jika dalam keadaan seperti ini penderita makan - makanan yang pedas dapat di bayangkan betapa tersiksanya penderita ini setelah luka berdarah terpapar cabe lagi wow serem.

Apa yang mesti dilakukan terhadap penderita ini ???

Tentu kata harus melakukan kontrol terhadap perdarahan yang terjadi melalui operasi hemorrhoidectomy . Namun haemoglobin yang sangat amat rendah harus ditangani cito terlebih dahulu.Penderita harus dirawat bed rest untuk perbaiki keadaan umum.lakukan tranfusi PRC sesegera mungkin untuk menaikkan Hb sebab kalau langsung di operasi bisa berabe.Infeksi yang telah terjadi juga harus diatasi sesegera mungkin.Pemberian anti biotik injeksi yang sesuai adalah tindakan yang benar.Setelah Hb > 10 gr % penderita segera di persiapkan ke kamar operasi.setelah infeksi dan udema mulai teratasi.

Pada kasus ini pilihan operasi adalah tindakan operasi haemorrhoidectomy . untuk pilihan yang lain seperti stapler haemorrhoidectomy menurut saya cukup sulit . gak tahu ya bgmn pengalaman sejawat yg lain ???setelah persiapan baik dalam posisi lithotomi di meja operasi dilakukan tindakan haemorrhoidectomy ternyata perdaran yang terjadi sangat hebat sehingga operasi harus dilakukan perlahan-lahan guna menjaga dan menghindari perdarahan yang banyak.Setelah memakan waktu hampir 2 x 60 menit akhirnya usai juga upaya menolong bapak ini.Alhamdulillah ya Allah.
Terhadap penderita ini setelah melalui perawatan yang baik dengan berendang dengan larutan anti septik secara teratur pagi dan sore terutama setelah buang air besar atau sebelum mandi.dengan menyiapkan baskom yang  cukup besar dan di isi dengan air hangat kuku kira-kira 5-8 liter . penderita disuruh berendam selama 10-15 menit .Maka diharapkan penderita akan merasakan perbaikan dengan mulai berkurangnya swelling , tanda-tanda inflamasi berkurang . Warna merah mulai menghilang dan nyeri sudah bergerak turun.Pemberian  obat-obatan seperti anti biotik , pengurang nyeri ,anti perdarahan dan topikal analgetik bisa menjadi pilihan.Sampai akhirnya penderita dapat melangkah pulang guna menjalani pengobatan rawat jalan dengan sedikit senyuman yang sudah lama tidak termunculkan akibat penyakit yang diderita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..