Senin, 03 Juni 2013

Ibu jari kaki yang menghitam , amputasi nggak ya....?

ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | ibu jari kaki menghitam | Terjadi akibat komplikasi gula yang menyebabkan pembuluh darah yang mendarahi bagian ujung atau perifer dari tungkai bawah terutama jari-jari kaki mengalami sumbatan sehingga bagian ujung dari daerayang diperdarahi oleh pembeluh darah yang tersumbat tidak mendapatkan darah sehingga lama kelamaan akan membiru dan menghitam . Sering kondisi seperti ini bagi penderita di minta jangan di buang atau di amputasi padahal jika tidak di amputasi akan menyebabkan infeksi yg meluas. Lagi pula pilihan untuk yg telah menghitam tersebut adalah amputasi atau copot sendiri untuk waktu yang cukup lama.





Sangat banyak pasien yang ragu dan sangat keberatan jika kaki yang menghitam seperti ini bila di anjurkan untuk di buang atau di amputasi mengalami syak dan ketakutan , padahal jika tidak di buang hasil akhirnya sudah jelas adalah jari tersebut tetap harus lepas . Hanya saja banyak pasien perlu waktu untuk bisa mencerna dan menerima anjuran  dokter bedah atau dokter orthopedi untuk membuang bagian yg sudah hitam tersebut.

Bicara masalah ganggren diabetes mesti disadari penyebab utama adalah aliran pembuluh darah yang tersumbat dan matinya jaringan di ujungnya kondisi ini akan makin diperberat oleh infeksi yang menyertai karena adanya luka terbuka. Jadi mesti di sadari bahwa borok ini bukan infeksi murni dan pemberian obat-obat anti infeksi atau anti biotik kurang rasional dan tidak ada logikanya akan menyembuhkan daerah yg nekrotik , kecuali perawatan luka yang baik dan membuang jaringan yg sudah mati atau inflamasi dan menutup dengan jaringan sehat atau sampai pada jaringan yg sehat.


Bekas luka operasi yang terlihat saat operasi dilakukan 



! minggu setelah operasi yang dilakukan perawatan luka terbuka , tampak kondisi luka sudah bersih dan hanya terlihat bagian putih sedikit yang merupakan tendon atau bagian otot yang dalam . Sementara bagian lain telah memperlihatkan kemajuan yang sangat berarti terlihat dari tumbuhnya jaringan granulasi dan merupakan indikasi jaringan yg menuju perbaikan dengan infeksi daerah sekitar yang semakin terkontrol.


Pada foto dari samping terlihat telapak kaki terposisi pada tempatnya dan mengalami perbaikan yg cukup berarti . Jari-jari kaki minus jempol terlihat tadak mengalami hipoksia atau nekrotik sehingga di yakini luka akan mengalami perbaikan dalam beberapa hari atau satu minggu kedepan.

keyword tag : ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , amputasi ibu jari , apa yg dilakukan sebaiknya jika ibu jari menghitam , apakah ada komplikasi jika ibu jari di buang . apa saya masih bisa jalan jika ibu jari kaki di buang,

2 komentar:

  1. Dear Dr Ramzi

    apa kabar dok? salam kenal.
    saya Johan , dokter umum di jawa, senang masih ada blog yang share hal hal teknis dan juga beberapa dasar penting di bidang medis ini

    btw dokter mengupload sendiri kisah kisah ini atau ada tim khusus bagian upload kasus ?

    he2 just ask dok

    untuk kasus amputasi , pernah kami mendapati kasus ini waktu ada tugas di daerah Tamong , Kalimantan Barat. sulit sekali untuk memotivasi pasien untuk amputasi. butuh kesabaran dan seni tersendiri ya dok ?

    Terimakasih BLOG nya yg informatif ini, selamat bertugas dan melayani di Riau ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat malam dan salam kenal ya dokter johan semoga dalam keadan sehat di jawa . oh ya.. saat ini saya tengah pendidikan di rscm jakarta untuk brevet bedah vasculer.jadi mohon maaf saya punya sedikit waktu untuk up date tulisan atau membalas diskusi di blog.Saya mengarang dan meng up load sendiri tulisan ini shg tidak punya tim khusus.

      Ya memang benar bagi kita sebagai dokter memang susah untuk memotivasi pasien apalagi untuk tindakan yg ekstrim seperti amputasi.namun jika kita tegas dan memaparkan apa adanya maka akan dapat diterima pasien yg kita sampaikan. tks.

      Hapus

leave a comment please..