Selasa, 04 Juni 2013

Gibus ...suatu gambaran TBC pada tulang belakang ...

Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb | Spondilitis TBC | Gibus adalah gambaran benjolan dan patah pada tulang belakang yang terjadi akibat infeksi kronis oleh kuman basil tuberkulosa . Suatu bakteri tahan asam yang bisa menyerang pada hampir seluruh bagian tubuh seperti paru-paru , kelenjar getah bening , tulang belakang , sendi , usus , kulit dan lain-lain. Lantas apakah gibus seperti ini dapat di perbaiki ?






Gibus menandakan suatu infeksi tbc pada tulang belakang sudah mengalami patah dan peradangan kadang di jumpai adanya abcess . Tulang belakang yang telah keropos di makan basil tersebut sudah tidak sanggup lagi menahan gaya grafitasi terhadap berat tubuh sehingga pasiennya hanya bisa berbaring . Ini di sebut spondilitis TB. Pada pasien diatas selain adanya gibus juga dapat terlihat adanya suatu fistel yang selalu basah pada punggung bagian bawah .

Permasalahan pada tulang belakang yang patah tidak hanya sebatas tulang , ada banyak serabut syaraf besar dan kecil yang keluar dari sela-sela antar tulang vertebra tersebut , belum lagi saluran syaraf spinal  di dalam rongga tulang belakang yang akan terjepit akibat patahan atau tekanan antar tulang belakang tersebut.Dan ini mesti dikoreksi dan diperbaiki jika tidak ingin kedua tungkai bawah mengalami lumpuh.

Ada beberap cara yang dapat dilakukan terhadap pasien seperti ini jika belum mengalami kelumpuhan seperti pemasangan gips sampai keatas perut . Namun jika telah mengalami kerusakan lanjut mungkin tindakan operasi ke ahli tulang belakang plate dan screw atau rod plate PSSW. Pemberian obat-obat anti tuberkulosa adalah mutlak sesuai aturan standar obat tbc.

keyword tag : Ruang praktek bedah - dokter ramzi spb , spondilitis TB , penanganan pasien dengan gibus tulang belakang , gambaran gibus tbc tulang belakang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

leave a comment please..