Rabu, 01 Agustus 2012

Colostomi dan macam-macam bentuknya

Kolostomy adalah tindakan operasi yang di lakukan untuk mengeluarkan satu atau dua-dua lumen proximal dan distal dari colon kepermukaan kulit untuk diversi feces untuk tujuan tertentu atas indikasi medis.

Tipe Kolostomi :
1. Kolostomi loop
Jenis kolostomi ini didesain sehingga baik segmen distal maupun proksimal usus terdapat pada permukaan kulit.




2. Kolostomi double barrel
Pada kolostomi double barrel, dibuat dua stoma yang terpisah pada dinding abdomen. Stoma bagian proksimal berhubungan dengan traktus gastrointestinal yang lebih atas dan akan menjadi saluran pengeluaran feses. Stoma bagian distal berhubungan dengan rectum. Kolostomi double barrel termasuk jenis kolostomi sementara. Kolostomi double barrel mudah dan aman digunakan pada neonatus dan bayi.




3. Kolostomi devided
Kolostomi ini sering dibuat pada sigmoid pada karsinoma rektum yang tak dapat diangkat, sehingga karsinoma tersebut tidak teriritasi oleh tinja.


4. Kolostomi terminal
Tipe ini dilakukan bila diperlukan untuk membuang kolon karena terlalu membahayakan bila dilakukan anastomosis yang memudahkan timbulnya sepsis. Kontinuitas dapat diperbaiki kemudian hari bila sepsis telah dapat diatasi dan kondisi penderita lebih baik.



5. Sekostomi dengan pipa (tube)
Sekostomi merupakan kolostomi sementara. Berguna untuk dekompresi gas dalam usus. Sekostomi tidak cocok untuk diversi aliran feses. Saat ini sekostomi jarang digunakan karena stoma sering tersumbat oleh feses dan seringkali diperlukan irigasi untuk kembali melancarkan.




6. Hartmann prosedure
Hartmann prosedure adalah prosedur standar yang di lakukan jika kita harus melakukan kolostomi yang emergensi seperti ileus obstructif , trauma colon yang belum dilakukan persiapan.sehingga dilakukan satu kolostomy dari bagian proksimal sedang bagian distal di tutup dan di jahit lalu di tinggalkan di dalam cavum abdomen.Ini hanya bersifat sementara sebab tidak boleh lebih dari 1 minggu.reseksi ususnya harus di sambung kembali.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

leave a comment please..